Header Image: Mengapa Samurai?

Yah, mengapa gambar header saia adalah salah satu scene di film “The Last Samurai”?

Sebelumnya saia sempat bingung juga mau diisi apa gambar header blog saia ini. Saia bingung mau memakai gambar apa karena saking banyaknya gambar yang saia punya di harddisk maupun di internet (^^). Lalu, akhirnya saat saia mencari-cari di folder yang bejibun banyaknya, saia menemukan folder kumpulan foto-foto The Last Samurai. Perasaan suka saia terhadap samurai kembali muncul.

Ah… Samurai…. saia senang samurai karena:

1. Armor/zirah-nya menarik, tidak ada di negara lain,

2. Pedang (katana dan wakizashi) yang juga tidak ada di negara lain,

3. Kesetiaannya pada sang majikan, dan

4. Harga diri mereka yang sangat tinggi.

Namun walau begitu, ada satu hal yang tidak saia sukai. harga diri dan ego yang terlalu tinggi inilah yang malah menurut saia menjadi pedang bermata dua. Di satu sisi dengan merasa harga diri yang tinggi mereka jadi disegani oleh anak buah dan musuh mereka. Di sisi lain saking mereka merasa tingginya harga diri, mereka malah melakukan bunuh diri saat kalah perang. Bahkan, mereka bisa saja bunuh diri saat merasa bahwa akan kalah, dan sebelum ditangkap musuh. Mereka berpikir, dari pada ditangkap oleh musuh, lebih baik bunuh diri, sekaligus sebagai tanda penyesalan pada sang majikan karena telah gagal menjalankan tugas.

Seperti di film “Letters from Iwo Jima”, pasukan Jepang di bukit Suribachi malah melakukan bunuh diri bersama, padahal menurut saia mereka masih mampu untuk mempertahankan bukit tersebut. Menurut saia, mengapa mereka tidak terus berjuang melawan sekutu? Seandainya mereka bisa mengesampingkan dulu rasa ego dan harga diri mereka, mungkin sejarah Iwo Jima akan lain sekarang, dan Hollywood tidak akan membuat film-nya. ^^

Nah, jadi samurai sudah mempengaruhi hidup saia….eh, belum denk, bukan gitu maksudnya… maksud saia samurai telah memberi saia suatu pandangan hidup yang lain, lain dari yang lain. Samurai telah mengubah pandangan hidup saia terhadap kehidupan di dunia ini.

Oh ya, kalo mau tahu seputar samurai, mulai dari kehidupan mereka sampe arti dari nama mereka, kunjungi ini.

4 Comments

  1. hahahaha..ini ya post perdananya?
    PERTAMAX GAN………….. 😀
    nasib blog perdana..postingan pertama kaga ada yang komenin..:D
    jadi ingat perjuangannya wkwkw

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s