American Football, pengen nyoba nih… #2

Sambungan sebelumnya, posisi menyerang lainnya nih…

Tight End (TE): Tight End ini mempunyai dua kemampuan, harus bisa mem-block defender lawan dan menerima passing dari QB. Bila seorang TE berada jauh dari Defensive Tackle, dia disebut Split End. Dalam formasi pertandingan modern biasanya terdapat satu Tight End dan satu Split End. Atau mungkin saja meniadakan TE dan menggantinya dengan Wide Receiver. Di komik Eyeshield, si idiot Taki ada di posisi ini.

Wide Receiver (WR): Ini dia, pemain yang mutlak harus mempunyai kecepatan dan teknik menangkap bola yang bagus. Dia bertugas menangkap pass dari QB, dengan cara melakukan pass route dan mencari ruang kosong untuk menerima bola. Tugas si WR ini ga gampang, karena dia dijaga oleh Corner Back lawan, yaitu pemain defender lawan yang khusus untuk mengawal si WR ini. Kalo di komik Eyeshield 21, nih posisi punya Monta ama Yukimitsu.

Fullback (FB): Ia bisa melakukan run, menerima pass, dan mem-blok lawan. Fullback zaman dulu biasanya mempunyai kemampuan yang lebih dari pada Running Back. Namun, kebanyakan formasi permainan sekarang ga masukkin FB. Kebanyakan tugas FB jika diperlukan adalah mem-blok lawan, yaitu dengan berlari menuju tengah, dan membuka jalan untuk Running Back.

Running Back (RB): Kalo soal kecepatan, si RB ini adalah yang tercepat di tim menyerang bersama dengan WR. Sena Kobayakawa di Eyeshield 21 adalah contohnya. Denger2 nih, syarat seorang RB di NFL tuh lari 40 yard (sekitar 36 meter) harus 4,4 detik! Bayangin aja, kecepatan segitu ga gampang!

Tailback (TB): Gw ga banyak tau tentang TB ini, yang gw tau yang namanya TB tuh sama dengan RB tapi dia berada jauh di belakang line, seperti di gambar sebelumnya.

Nah, serunya Amefuto tuh, taktik yang dijalankan bisa macem2! Bisa 1 RB, 2 TE, ama 2 WR. Bisa juga 2 RB, 1 TE, dan 2 WR. Ato bisa 1 RB, 1 TE, tapi WR-nya 3. Bisa juga ditambahin satu lagi WR, tapi TE ditarik keluar. Untuk formasi Shotgun, biasanya menggunakan yang itu, ato mungkin tanpa RB, jadi LIMA WR yang nyerbu. Bakalan kewalahan Corner Back lawan.

21 Comments

  1. oi,bro! aku juga mau maen,nih!! aku kehabisan cara gimana supaya aku bisa maen american football.cari bolanya susah banget,apalagi denger2 helmnya sekitar 500 ribuan gitu! ada saran,ga? kebetulan aku suka posisi QB n RB,sedangkan temenku WR.gimana klo kita maen??

    Reply

  2. Hehehe… makin banyak aja neh yang pengen maen.

    Gw udah punya bolanya!! Gw minta tolong keluarga gw di Surabaya nyari, dan ketemu di ACE Hardware. Ga tau merk-nya apaan, yang penting punya dulu dah! Lupa gw ga nanyain harganya.

    Lo di kota mana?

    Reply

  3. Waduh! 40 yard harus 4,4 detik, berarti setiap 10yardny sekitar 1,1 detik! kecepatan kuaja 35-40km/jam gak mungkin kan ikut NFL? Blm stamina? Bertahan? Menyerang? Harus bw tabung O2 nih biar ad nafas buatan!!! He he he!

    Reply

  4. Mungkin gak y bs keNFL semenjak sakit lambung lariku menurun drastis jd 25-30km/jam.bener lbh enak nonton aj CPU VS CPU DUH !

    Reply

  5. Bukannya pesimis nih ya….

    Tapi… untuk ukuran orang Indonesia, gw rasa amat sangat sulit sekali kalo mau maen di sono… Pertama, dari fisik, kita kalah. Kalo fisik kalah, stamina dan kekuatan otomatis juga kalah. Oke lah kalo dari segi kecepatan, gw rasa kita bisa menandingi mereka. Tapi, kalo fisik ga kuat, sekali di-tackle bisa2 langsung dibawa ke UGD…. +_+

    Satu2nya yang bisa kita lampaui adalah otak… Hehehhe… jangan remehkan kepintaran orang Indonesia…. 😀 😀

    Reply

  6. Ha___!!!/!-+ masuk UGD +_+ hrs pakai Baju Besi nih.Orang Ind Pintar ??? Waduh Jepang&Amrik kalah dong? DiIND cuma makan Tempe,Tahu & Singkong +_+ bisa jd cerdas.Cek…Cek…Cek! Ok semoga jd Ngr Pintar seDUNIA.HE__HE!

    Reply

  7. Huahuahua…. 😀 Berani juga kamu yah? 😀 Jangan remehin orang Indonesia lho… Kalo ada yang baca komen kamu ini, bisa2 orang se-Indonesia pada tersinggung…. ^^

    Reply

  8. Maaf+_+ +_+ *_* Deh!! Ampun *_+ Insaf. Emang bener byk orng Ind yg berprestasi cuma makan seadany kan? Tp jgn remeh kan semangatny lho! contohny gw tinggal diDesa mknny tempe&tahu aj. He____

    Reply

  9. Masih maen amefuto kak asop.Tapi lebih banyak orang mengatakan amefuto itu Rugby yang betul yang mana sih… dimana ya peralatan lenkapnya amefuto sudah sekalian dengan pelindungnya berserta bolanya.

    Reply

  10. Hey, ada lagi nih kan maen pake pelindung sama kagak pake. lebih baek yang mana ? pake pelindung berat helmnya yang bisa beresiko menurunkan tinggi badan sementara. sedangkan nggaakk pake benjol-benjol. oke good luck Amefuto

    Reply

  11. Iya ak sh udh tau bedany Rugby dan Amefuto. cuma ngetes ternyata kak asop benar2 pemain yg cerdas Kayak Yoichi Thank ya atas semua informasinya. Jd tambah pinternih maenny.Dan tolng y diblog kasih tips n trik dan strategi di futbol [klo sempet].

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s