American Football, pengen nyoba nih… #3

Jadi pemain bertahan kayaknya boleh juga. Tapi posisi yang cocok buat gw yang mana yah?? Liat dulu deh penjelasannya…

Defensive Line: Mereka ini hampir sama kayak Offensive Line tapi udah jelas bahwa tugas Defensive Line ini adalah untuk “menghajar” barisan pertahanan penyerang lawan, meskipun semua pemain bertahan bisa merobohkan Quarterback lawan sesuai dengan taktik apa yang digunakan. Defensive Line ini ada pembagiannya lagi:

Defensive Tackle: DT ini yang berada di tengah-tengah line bertahan, biasanya ada dua, bahkan tiga juga bisa. Defensive Tackle bertugas untuk menghajar si QB (kalau mereka bisa melewati Offensive Linemen yang badannya ga kalah gede n kuat ama mereka), dan menghadang lari pemain yang membawa bola lewat tengah (bisa Running Back, bisa Fullback, bahkan bisa si QB sendiri).

Defensive End: Mereka ini yang ada di sisi luar Defensive Line. Fungsinya sama dengan DT, cuman DE ini menghadang runner yang lewat sisi luar. Biasanya, DE yang paling cepat ditaruh di sisi kanan defensive line (sisi kiri QB lawan) karena sisi itu adalah sudut mati si QB.

Linebacker: Nah, bagi yang baca Eyeshield 21, ini dia posisinya Seijuro Shin, (yang katanya) Linebacker terkuat sepanjang sejarah Jepang (dalam komiknya loh…). Linebacker posisinya ada di belakang defensive line, dan tugasnya kalo gak menghadang runner (dari tengah bisa, yang ke arah luar juga bisa), melakukan serangan ke QB, ya mengawal pergerakan wide receiver. Di permainan NFL, biasanya tim-tim sana make dua ato tiga Linebacker. Bayangin aja, tim yang punya TIGA Shin Seijuro… berjuang ampe mati deh tim yang nyerang… Bagi yang pernah ato sekedar tau game NFL Madden buatan EA Sports, kan ada tuh di dalemnya posisi LOLB, ROLB, dan MLB. Itu adalah linebacker, ada left outside linebacker, right outside linebacker, ama middle linebacker. Dari pembagian itu, ada yang termasuk dalam strong side dan weak side. Strong side linebacker biasanya ditaruh bersebrangan dengan tight end penyerang. Yang ada di posisi ini adalah linebacker yang terkuat karena dia harus mampu melewati blocker lawan untuk segera men-tackle running back penyerang. Kalo MLB, dia tuh seperti Quarterback-nya pertahanan. Jadi dia harus mampu membaca taktik penyerangan lawan dan menyusun strategi pertahanan. Untuk yang weak side, mereka ini adalah yang tercepat dari linebacker yang ada, karena mereka biasanya “berlaga” bersama wide receiver lawan.

Corner Back: Masih berhubungan dengan Eyeshield 21, ini posisi Ikkyu Hosokawa. Dia bener2 jadi pengganggu buat si Monta. Tugasnya ya jelas, mengawal wide receiver untuk mencegah bola ditangkap ama mereka. Kalo dalam blitz attack CB bisa men-sack quarterback lawan.

Safety: Ini adalah garis pertahanan terakhir. Karena posisinya yang paling jauh dari line of scrimmage (line di mana permainan awal di mulai), mereka bisa melakukan coverage terhadap pass yang datang. Ini artinya mereka juga membantu tugas CB. Dalam bertahan biasanya ada dua safety, Strong Safety (SS) dan Free Safety (FS). Sesuai dengan namanya, Strong Safety mempunyai kekuatan yang lebih di antara berdua, dan menghadang runner lawan. Untuk Free Safety, lebih cepat dari SS, dan mem-blok pass lawan.

Oh ya, corner back dan safety biasa disebut sebagai defensive back.

Ini nih variasi formasi bertahan:

– 6 defensive linemen, 2 linebackers and 3 defensive backs (formasi 6-2)

– 5 defensive linemen, 3 linebackers and 3 defensive backs (formasi 5-3)

– 4 defensive linemen, 3 linebackers and 4 defensive backs (formasi 4-3)

– 4 defensive linemen, 4 linebackers and 3 defensive backs (formasi 4-4)

– 3 defensive linemen, 4 linebackers and 4 defensive backs (formasi 3-4)

– 4 defensive linemen, 2 linebackers and 5 defensive backs

– 4 defensive linemen, 1 linebacker and 6 defensive backs

1 defensive linebacker, 3 linemen and 7 defensive backs

9 Comments

  1. Wah…. Informasi penting nih…
    Terkadang kalo nonton eyeshield 21 Q ga ngerti yang kayak gitu..
    Tp berkat info mu q jadi merasa tertolong banget…

    Kunjungi juga blog ku di anime1019.wordpress.com
    N beri comments juga yah…!

    Thanx…

    Reply

  2. Halo…!! gmn? msh Maen AmFot ?? Wah Kayakny Gue Gagal jd RB nih. katany gue mash terlalu kecil utk jd RB yg Handal. Lari y Lumayan Wuzzz,Stamina OK,otak y bisa diandelin deh,Kekuatan Attack dan Defnd Siap.Apa y Kira yg pas buat posisi Ku! Dan Dimana y Lapangan Rugby ato AmFot yg ADA DI INDONESIA yg berstandar Internasional maupun Nasional.

    Reply

  3. Halo…!! gmn? msh Maen AmFot ?? Wah Kayakny Gue Gagal jd RB nih. katany gue mash terlalu kecil utk jd RB yg Handal. Lari y Lumayan Wuzzz,Stamina OK,otak y bisa diandelin deh,Kekuatan Attack dan Defnd Siap.Apa y Kira2 yg pas buat posisi Ku! Dan Dimana y Lapangan Rugby ato AmFot yg ADA DI INDONESIA yg berstandar Internasional maupun Nasional.

    Reply

  4. Masih maen amfot??
    Ya masih lah!!!

    Kalo nyari di mana lapangannya, ya jelas gak ada. Tepatnya, belum ada. Orang maen rugby aja di lapangan sepak bola biasa kok… 😦

    Reply

  5. Apa Jd bener gak ada neh…??? Klo lapangan sepak bola gimana y ?? Gak ada angka2 pd lapangan yg menunjukan jarak YARD ke END ZONE terdekat Donk. lalu Gawangny gak diluar end zone malah gak berbentu “Y” ato “U”. Ya udh klo gitu !! Apa bener neh bila maen Amfot bisa menurun kan tinggi badan apabila memakai perlengkapan lengkap misal “Helm” yg terlalu berat dan berat ???

    Reply

    1. Ya elah, ga usah dipikirn lah gak ada angka2nya…. cuman segitu aja… ya kita emang ga bisa maen serius. Tapi bukan berarti kita ga menikmatinya ‘kan?
      Kalo cuman adanya lapangan sepak bola, ya diasikin aja bos…. apa2 itu kalo dipikirin mulu ga bakal bisa maen2…. >.<

      Kalo soal yang menurunkan tinggi badan, itu iya bener saya pernah baca. Tapi itu hanya sementara, karena ga ada cerita orang makin tua makin pendek. Makanya pemanasan yang bener sebelum maen olah raga apapun.

      Reply

    1. Yang peling aman? Saya jawab serius yah….

      Posisi pelatih dan asistennya! :mrgreen:

      Ya ga ada lah pemain yang posisinya yang paling aman…. 😦 Semua maen pada capek dan berresiko tubrukan… 🙂

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s