11
Feb
08

Pertama Kuliah di Bandung, Gimana Rasanya?

Aaaaah,….ga kerasa udah hampir dua tahun gw kuliah di Bandung. Sekarang lagi menjalani semester ke-4 penuh tantangan dan “cobaan”, karena semester ini ada mata kuliah yang dulu gw pernah “gagal”. Hwakakakak… “Gagal” dalam artian….hmmm….itu… apaan yah… ya pokoknya “itu” lah!

Hmmm…. coba gw flash back dulu… Jujur, semasa SMA gw belum ada niatan sama sekali kuliah di Bandung. Gw ga mikir tuh mau kuliah di mana. Bahkan gw masuk jurusan gw sekarang ini sebenernya karena “terpaksa”. Iya, “terpaksa” gara2 masuknya ke jurusan ini, bukan jurusan yang gw mau. Apa jurusan yang gw mau? yah, biasa lah, sebagai seorang lelaki sekaligus gamer sejati, apalagi kalo bukan… yang itu… pasti tau lah…

Hmmm…. pas pertama kali ke Bandung ini, yang pasti adalah masalah adaptasi. Sebagai orang yang sejak lahir tinggal di Surabaya, jelaslah masalah apa yang gw hadapin di sini. SUHU UDARA! Ya! Suhu udara di Bandung sangat berbeda dengan dg Surabaya! Dari yang tidur cuman pake celana pendek (….rahasia terbuka nih..) tanpa pake selimut saking panasnya, sampe di Bandung tidur malem ga bisa lepas dari selimut (dengan baju tentunya…) Bawaan penyakit nih, pertama-tama tinggal di Bandung siklus pup kacau. Yang mustinya bisa tiap hari, malah dua hari sekali. Udara dingin juga mempengaruhi siklus mandi juga ^^. Bukan berarti gw ga mandi sampe beberapa hari! Gak sampe segitunya lah! Gw cuman ga mandi pagi, tapi pulang kuliah gw langsung mandi. Kan panas tuh siang2, Bandung siang2 sama aja panasnya! Bayangan gw sebelumnya, sampe rumah gw ga basah oleh keringat. Eh, ga taunya panasnya panas juga… Yaaaa…secara gw pulang jalan gitu loh… mana mungkin ga keringetan… Untung beberapa bulan pertama kuliah gw tinggal di rumah budhe yang punya pemanas air, jadi bisa mandi…. Yah, walopun abis mandi air anget tetep aja kerasa dingin setengah mati kena udara dingin… Jadi ga ada gunanya…

Sebagai anak perantauan dalam pulau antarkota yang belom pernah bergaul dengan anak Jawa Barat dan Jakarta kecuali sodara sepupu (panjang bgt kalimat majemuknya…), ada perbedaan kultur yang harus disamakan. Pertama nih, gw lupa sama sekali kalo gw tuh produksi kelas aksel, yang mana lebih cepat satu tahun. Belum lagi, umur gw pas masuk SD kecepetan setahun juga. Jadi deh umur gw dua tahun lebih muda dari pada anak kebanyakan di kampus. Jelaslah gw jadi bahan omongan dan candaan pas pertama kali temen2 gw tau bahwa gw termuda se-angkatan. Bener2 gw lupa sama sekali kalo gw lebih muda dua tahun. Nah, udah gw paling muda, ditambah perbedaan bahasa, jadi deh gw sedikit kagok dengan pergaulan di kampus. Dari Surabaya yang sehari-harinya bicara dengan bahasa daerah, grammar Suroboyo tentunya, langsung berubah 180 derajat harus bicara “lu-gue” di Bandung ini. Yaa…ga harus juga, itu cuman kalo ngomong ama anak Jakarta dan sebagian anak Bandung asli. Kalo anak Bandung asli sih masih ada sebagian yang bisa diajak ngomong pake “aku-kamu”, lantaran gw ga bisa bahasa Sunda (udah hampir dua tahun lho jek! gak bisa2 bhs Sunda!).

Huadhuh…akhirnya gw terbiasa juga make kata “lu-gue”. Tapi, kepikiran juga, kenapa orang Jakarta seperti alergi ama kata “aku-kamu” yah? Apa karena mungkin kata “aku-kamu” udah terlanjur di-cap najis gara2 selalu dipake di sinetron? Hmmm……. Kalo alasannya itu, saia bisa mengerti perasaan Anda. Saia juga pembenci sinetron…really hate it…

Terakhir dan ter-ga penting nih, apa mungkin cuman perasaan gw aja, dulu waktu awal2 kuliah di Bandung, gw ngerasa cewek2 Bdg lebih cakep dari pada cewek2 Sby. Apa bener? tapi setelah gw pulang k Sby pas liburan semester dulu, …. Hmmm… nggak juga kok… gak segitunya cewek2 Bdg cakep. Mungkin arena Sby panas kali ya, jadi semua orang Sby termasuk para wanita jadi terlihat “kumus-kumus”.

Ada yang ga ngerti kumus-kumus? ……….. itu artinya kayak dekil gitu lah, kacau balau, macem seluruh tubuh keringetan, muka berminyak, macem orang abis kerja berat ga karuan + kacau balau…

19 Responses to “Pertama Kuliah di Bandung, Gimana Rasanya?”


  1. 1 Vahn
    24 February 2008 at 08:42

    Kuliah di Bandung tuh kayaknya enak yah? Ga kayak di Jakarta ini…

    Brrr…..kalo lagi ga hujan, panas. Ya kena polusi asep lah, debu lah, ga ada pohon lah. Banyak masalahnya.
    Kalo hujan…. eh, malah banjir! Gile….
    Blom kalo pulang kuliah sore, wiiiih…..macet gila…

  2. 2 asopusitemus
    24 February 2008 at 11:17

    Huehehehe…siapa suruh lahir dan tinggal di Jkt??

    Mumpung masih tingkat 2, pindah aja ke sini! 😀

    (gw ngomong gampang banget yah?)

  3. 3 Silvya
    1 October 2008 at 00:42

    Hmm..bisa jadi acuan juga nih cz aku dari semarang juga pingin kuliah di Bandung.. Btw, kamu kuliah di univ. mana?

  4. 5 October 2008 at 13:57

    Hohoho…. monggo ayo ke sini….

    Mau masuk jurusan apa? Gw di ITB….

  5. 5 Rio
    14 November 2008 at 15:21

    Malah gw skrng dbandung pengen tinggal di jakarta….gak ada tantanganya coy…hidup kita dimanjain terus,,,

  6. 26 April 2009 at 04:13

    Jadi + bingung..
    Enak kul d bdg pa jkt ya??

  7. 9 July 2010 at 11:30

    elu guwa mude on..

    hiihihi..

    indah juga dulu cuma 6 bulan di jakarta….. udah fasih ngemeng elu guwa…hehehehe…..

    😆

    enak juga seh…berasa jadi anak metropolitan…

    tapi begitu balik ke semarang..ngomong elu guwa…langsung dikapruki sama temen2..

    • 10 July 2010 at 13:23

      Hehehe iya, pas di Surabaya juga saya balik lagi ke mode “aku-kamu-kowe”. 😆
      Bisa dianggap orang asing saya kalo pake “lu-gue”. 😀

  8. 9 July 2010 at 15:07

    pengen sih kul di sana dulu waktu keterima d UNPAD, cuma ga ada DO-IT
    skrg dah kerja malah mikir mw kul d sana ga imbang soale gaji minimum d sana kecil dibanding di sini ^^

    • 10 July 2010 at 13:25

      Oh ya? Debby domisili di mana sekarang? 😮

  9. 10 July 2010 at 05:02

    temen saya bibirnya pecah-pecah…sakin dinginnya di bandung….tapu kalau saya udah biasa…..

    • 10 July 2010 at 13:23

      Kalo saya malah kulit kering. Itu temen Karzanik panas dalam kali. :mrgreen:

  10. 11 July 2010 at 14:45

    Wahh kayaknya bandung seru juga nih..gue-lo-gue-lo terus ngomongnya,kirain cuma di tipi aja ternyata dah jadi kebiasaan ya..
    Mas,surabaya mana,,ane jg dr surabaya tp kuliahnya nggak jauh2 kayak mas,seputaran surabaya aja cz i like surabaya,hohoho…

    Salam persahabatan ,-

    • 11 July 2010 at 19:48

      Sama, I love Surabaya. 😀 Saya tinggal di deket TVRI, Dukuh Kupang situ. 😀

  11. 31 December 2010 at 20:33

    bukannya orang Jkt pake loe-gw itu gr aku-kamu itu istilah yg dipake bwt org pacaran ya…

    • 16 avid
      5 August 2011 at 10:47

      tolong bantuin gue cari kuliahan di bandung donx/……..

      • 7 August 2011 at 14:00

        Cari kuliahan? ❓


Leave a Reply

Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 972 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



