Kuliah Itu Susah lho!

Dari judul di atas aja emang udah ketahuan apa maksudnya.

Saia baru merasakan (bukan menyadari, kalo menyadari udah dari dulu…) kerasnya berkuliah sekarang, semester 4 ini. Kenapa gak dari dulu saia merasakan, dari semester 3 kek? …….. nah itulah dia yang saia gak tau… mungkin karena semester 3 kemaren saia telaten mengerjakan semua tugas2 yang ada, dicicil dari awal… dan juga MaKul (mata kuliah) semester kemaren lebih gampang dari pada makul sekarang…

Gawatnya, entah kenapa saat ini saia merasa “sedikit” malas dengan tugas2 yang diberikan oleh dosen. ….. ini disebabkan karena di dalem pikiran saia, udah terbayangkan liburan panjang di depan mata. Iya lah, hanya itu alasannya. Terbayang liburan selama bulan Juni, baru balik ke Bandung bulan Agustus… Apalagi bulan Juli ntar saia sekeluarga mau ke Palembang, nengok asal daerah ayah saia…. (yosh! ayah saia asli Palembang! Meskipun lahir di Martapura…) Mau gak mau itu jadi hal yang paling saia nantikan. Lha wong saia belum pernah sama sekali seumur hidup 18 tahun ini menginjakkan kaki ke Sumatera….

Gara2 pikiran liburan ini lah, gw jadi gak konsen mikirin makul2 yang ada. Bawaannya malah pengen cepet2 selesai kuliah, bulan Juni pertengahan balik ke Surabaya, dan Juli ke Palembang… Parah deh…!!!!!

Tapi….penyebabnya gak hanya itu aja loh! Emang makul di semester ini susah! Lebih susah daripada semester lalu! Ada Ekonomi Wilayah dan Kota, padahal gw jelas2 gak suka (dan gak bisa…) ekonomi. Semua hal yang berbau ekonomi gw gak suka! ….. kecuali duit jelas suka lah, gak bisa dipungkiri… Nah, pelajaran ekwilkot (singkatannya) ini tugasnya lumayan banyak dan GAK gampang!! Kemaren Kamis tanggal 15 Mei barusan ngumpulin tugas kelompok. Saia dan teman2 semua mengira ini adalah TUGAS AKHIR SEMESTER untuk makul ini. GAK TAUNYA pas kuliah di hari yang sama, ada tugas akhir semester yang sebenernya!! …….. Buset dah…….. Mana tugas kelompok yang kemaren itu susah….. kerja rodi…..

Ada Perencanaan Kota, sebuah makul pengantar yang menurut saia bukanlah pengantar biasa, tapi sebuah “pengantar yang bukan main banyak sekali materinya”. Kalo ini lumayanlah gw suka, karena awalnya minat gw emang ada di bidang kelompok keahlian rancang kota. Tapi…. kok gw lama2 ga minat ama perencanaan kota, malah tertarik ama perencanaan wilayah…. …. yang ini jangan dibahas di sini sekarang… Perkot (singkatannya) ini ada dua tugas, tugas yang pertama (kelompok) dan tugas yang kedua. Tugas kedua ini individu dan untuk tugas akhir semester. Syukur deh, berkat bantuan banyak pihak saia udah punya semua bahan untuk tugas makul ini, tinggal belum saia baca aja bahannya… 😀

Selanjutnya ada Perencanaan Transportasi. Jujur, gw sama sekali ga tertarik ama bidang transportasi. Menarik sih emang, cuman harus telaten dan sabar untuk mengurus sesuatu yang namanya transportasi ini. Dosen saia untuk makul ini ada tiga, dan dari tiga itu yang ngajarnya enak cuman satu! …. eh, dua ding. Yang satu dosen senior, jelas enak ngajarnya, banyak cerita pengalaman2nya. Satunya sebenernya enak ngajarnya, cuman bapak ini belum pernah ngajar di kelas. Jadi yang ngajar selama ini cuman dua dosen aja. Yang sisanya kenapa? ….. jujur aja, gw kurang ngerti apa yang beliau omongin… suaranya pelan… kecil banget ga sulit didenger… mana kelasnya gede,.. untung aja gw nyatet materinya dan gw pelajari lagi di rumah…

Makul lain ada Metode Analisis Perencanaan. Udah jelas dari namanya, isinya ya metode2 untuk menganalisis di bidang perencanaan. Dulu saia kira makul ini isinya udah jauh dari statistik, eh ga taunya isinya statistik semua! Gak semua sih, ada yang kualitatif, cuman yang diutamain di sini metode kuantitatif-nya. Satu lagi, saia dari dulu benci ama yang namanya statistik… kata seorang tokoh dunia siapa gitu namanya saia lupa, statistik adalah salah satu kebohongan dunia… hahaha…jangan marah ya, kalian orang statistik… Tugas akhir semester untuk makul ini adalah penelitian kecil, yang isinya jelas harus menggunakan metode2 analisis yang telah diajarkan selama ini. Sebenernya gampang tugasnya, cuman mikirin topiknya yang susah….ga ada ide….

Lain lagi ama makul yang satu ini, Studio Survey Perencanaan. Studio di sini jangan dikira kuliahnya cuman di dalem ruangan aja. Justru setengah dari perkuliahan kita harus ke lapangan, namanya juga survey. …. mungkin itu terlalu berlebihan, gak sampe setengahnya lah ya, 30-40%. Yang repot sebelum survey primer-nya, musti mempersiapkan segalanya, desain survey-nya. Pas survey-nya sih asik, jalan2 soalnya… kembali repot pas bikin laporannya…. uuurrghh…….seandainya ga usah bikin laporan…. hahaha…. jangan gitu lah, apalah gunanya survey kalo ga ada laporannya… lagian laporan ini sekelas kok, bukan laporan individual… katanya sih UAS makul ini lisan. Seperti apakah? …. who knows……

Dari semua makul di atas, semuanya memberikan tugas akhir semester. Yang berat pula! …. dan BANYAK! Ukh…. seandainya waktu bisa berhenti, pake alatnya Doraemon, bakalan gw berhentiin nih waktu dan ngerjain semua tugas sampe selesai!! Dan saia bakalan belajar sehari sebelum UAS, tapi dengan waktu yang berhenti! Hahahaha….. mimpi kali yee…..

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s