Rindu Surabaya… (Dan orang-orangnya…)

Hmmm….gw terakhir ke Surabaya pas kemaren liburan semester 3…. cuman seminggu lebih dikit! Mana cukup! Gw rindu banget ama Surabaya! Soalnya libur panjang semester 2 yang lalu, gw ga pulang, sebulan itu dipake Osjur (Ospek Jurusan a.k.a Orientasi Studi Jurusan). Bayangin….. kalo anak jurusan laen, selama kuliah di sini sampe lulus, mereka punya libur panjang empat sampai lima kali. Sedangkan di jurusan gw…kasihan banget, Osjur selalu telat, musti nunggu setahun, menjelang tingkat dua, sedangkan jurusan laen di-ospek udah sejak semester 1… So, liburan semester genap mereka ga keganggu sama sekali…

Balik ke topik, gw ngerasa (setelah tiba di Bandung) bahwa Surabaya tetaplah kota yang terbaik untuk ditinggali. Hmm….kok sebegitu yakinnya? Ya iya lah…masa’ ya iya dong…. eh, nggak, maksudnya, mungkin karena gw lahir dan sampe SMA di Surabaya terus. So, nih hati udah kepincut ama Surabaya, kota terpanas di Jawa Timur (Jakarta gw yakin lebih panas dari Surabaya). … Oh ya? bukannya karena panas itu justru ga enak? Nah loh… ini dia yang ngebuat gw bingung,… emang sih Surabaya panas banget. Rasanya ga mungkin setiap rumah di Surabaya ga punya AC. Rumah temen SD gw yang kecil aja punya AC kok. Gw juga pernah denger dari temen gw bahwa semua rumah2 di gang-gang kecil tuh ternyata ber-AC! ….. Rumah gw aja kalah, AC di rumah udah bertahun-tahun rusak, ga pernah dibenerin… Kata Ortu sih, “Biarin aja lah, toh kan kita udah biasa… hemat duit juga lah…” ……….. Udah biasa?? Kayaknya sih bener iya. Hemat duit? Hmmm….iya juga sih…sebenernya bisa aja beli AC baru, cuman ntar takutnya rekening listrik jebol gara2 pemakaian AC yg berlebihan…..

Nah, meskipun panas, entah kenapa gw tetep ngerasa ‘sreg’ tinggal di Surabaya. Bahkan, sekitar semester 2 yang lalu, saat2 di mana gw masih harus beradaptasi dengan air yang dingin di Bandung (mau mandi aja susah, dingin banget…), gw sempet nyesel juga, napa ga sekolah di ITS aja yah? … Bah! Tapi sekarang gw udah gak berpikiran seperti itu lagi! Karena saat ini Bandung juga UDAH PANAS!! PANAS OLEH POLUSI UDARA DARI KENDARAAN BERMOTOR!! Ga ada lagi kabut di pagi hari seperti yang diceritain para dosen! Ga ada lagi yang namanya ga mandi gara2 airnya dingin! Ga ada lagi yang namanya kota hujan! (lah, itu kan Bogor!)

Intermesso aja, beneran loh, Bandung sekarang udah panas, bangeeeeeet….. Meskipun masih lebih panas Surabaya, tetep aja gw akuin BANDUNG PANAS!

Saking panasnya di Surabaya, tiap hari tuh gak mungkin gak keringetan. Pasti kita keringetan. Gak peduli kerja ato ke sekolah naek mobil lama ber-AC baru atopun sepeda motor ber-AC (loh?), pasti kita suatu saat akan merasakan panasnya hawa di Surabaya. Jelas aja, kita kan ga mungkin berada di dalem mobil terus2an pake AC kan? Pasti kita keluar dari mobil untuk berjalan ke tempat kita sekolah ato bekerja. Nah… saat berjalan itulah saat-saat “menyengsarakan” kita. Percaya deh, keluar dari mobil, jalan lima puluh meter aja pasti keringetan! (Apalagi kalo lari…) … Justru bagi gw, asiknya ya di situ itu…. di mana lagi bisa mandi keringat hanya dengan jalan sebentar aja? Gw pernah tuh jalan ke masjid mau shalat Jumat, jaraknya lumayan lah, 500 meter-an. Bisa dibayangin, jalan tanpa pelindung kepala, baru mandi, langsung keringetan! Tapi asik juga, entah kenapa gw bisa lebih khusyu’ shalat-nya.

Penambah rindu gw untuk pulang udah jelas, karena gw pengen ketemu ama keluarga gw, juga temen2 SMA gw. Meskipun tiap hari telpon2an ma Ortu, tetep aja rasanya lebih afdol ngobrol langsung. Pengeeeeeen banget rasanya segera menceritakan kisah2 dan pengalaman2 selama kuliah di semester genap ini, termasuk temen gw yang nikah… hahahaha100x….. Temen2 gw SMA, udah setahun ga ketemu. Kemaren pas buka puasa bareng di Surabaya ketemu sih, cuman gak semuanya. Reyner, temen gw yang putih kurus tinggi (ini cowok lho, jangan salah), kacamata minus gedhe banget, si maniak game, yang kuliah di Farmasi UNAIR sambil kerja jadi kontributor di majalah game ZIGMA. Gondez (nama panggilan aja..), cokelat kehitam-hitaman (haha…), gempal, pinter banget orangnya (ga kelihatan dari tampangnya), yang kuliah di FK UNAIR, maniak game juga, khususnya game online. Heri, seorang yang ga pernah gw temuin lagi sejak semester dua kuliah, (dulu) gemuk, kecil, pake kacamata, maniak game (juga!), kuliah di UNAIR (juga!). Maap banget Her, gara2 kita udah lama tak berjuma, aku jadi lupa kamu kuliah di jurusan apa…. aku juga membolehkanmu melupakan jurusanku, Her…..

Banyak lagi temen2 gw SMA yang ga bisa gw sebutin di sini, banyak banget, entah dari kelas akelerasi maupun yang bukan… temen zaman SD juga… Hohoho…. betapa susahnya belajar buat UAS kalo mikirin mau pulang melulu…. Udah ah! Lupakan dulu pikiran mau pulang! Pikirkan dulu UAS dan tugas akhir semester! Ciao!

14 Comments

  1. kalo aku si memang lebih suka suhu hangat macam surabaya,

    walau kelewat “hangat”… hihihi

    iya, bandung udah kagak dingin lagi, biasa. harus lebih naik lagi kalo mau lebih dingin.

    ehm,,,makanya,, cepet lulus n balik surabaya…hihihi

    gud luck lah..!

    Reply

  2. kalo kangen ya pulang to mas, mas … 😛

    napa ga sekolah di ITS aja yah? … Bah!

    ga pengen pindah? masih ada kesempatan satu tahun loh… *ngompori*
    xixixixixi…..

    Reply

  3. Hahahahahaha…… (tawa yang ganjil)

    Udah dua tahun masa’ pindah sih?

    Eman pek, nilaiku lumayan nang kene…belum tentu bisa terulang kembali di ITS, Wakakkakakka! 😀

    Dhuit kuliah larang pisan…..eman rek….

    Reply

  4. ehm,,,makanya,, cepet lulus n balik surabaya…hihihi

    Yah, itulah tujuanku, anakku…. daddy juga pengin banget cepet lulus…. semoga daddy bisa lulus empat tahun pas, dengan umur 20 tahun…hahahaha….

    Reply

  5. Gak usah pindah ke ITS, ITB udah cukup!!! (maksudnya??)
    Jangan kaya mas Agung(yang di atas), saking cintanya Surabaya gak pernah pulang kampung.. (Nang lab terus..)

    Reply

  6. Ya ya ya….

    lagian kita kan udah semester 4, Di…. eman rek moso’ aku kuliah saka awal maneh… males…

    Lah, mas Agung kuwi asale saka endi to?

    Reply

  7. hmm.. gak ada salahnya nie baca tulisan lamanya mas as0p..

    lha masku lho padal anak malang, skrg wez ‘kesirep’ SUKA juga ma SURABAYA!! lha aku dijak kuliah di sana jugag.. had0oh… gak isa mbayangin panasnya!! dan ternyata di sini ada yg malah rindu ma panasnya, wikikiik…

    e,tapi di p0stingan barunya mas asyrop ada yg tentang KABUT di ITB gitu, alhamdulillah.. 😀

    Reply

  8. Heehehhehee.. makasih nih udah mau ngubek-ngubek tulisan lamaku… 😀 Tampaknya kamu punya banyak waktu yah? Huakakakakakakak!

    Lama2,kalo kamu tinggal di tempat yang bersuhu rendah alias dingin, kamu pasti bakalan rindu ama cuaca di kampung halaman. APalagi aku kan lahir n gede di Sby… so, ga heran kalo aku emang sebenernya doyan panas. Meskipun kadang benci juga ama panas.. ^^

    Bagus lah kalo makin suka ama Surabaya.. hahahahaha… 😀 Mank napa kalo kamu kuliah di Surabaya? Enak lho.. dari pada jauh2 kuliah di Bandung sini… Hehehhe…

    Kabutnya bukan cuman di ITB lho… di seluruh Bandung…
    *kapan yah di Surabaya berkabut kayak gitu*

    Reply

  9. Mas asop,lama jg g main2 ksini,hehe..
    Iya mas,surabaya ngangenin,,aq jg gtw apa yg hrus d kangenin dr kota penuh sesak ni,hehe..
    tp wktu kluar kota bentar, rasanya q pingin cpet2 kmbali ke kota ini..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s