Italia Kandas…

Perkiaraan gw Italia bakalan lolos ngalahin Spanyol salah rupanya… 😀 Bukannya gw mendukung Italia, tapi melihat fakta bahwa ketiga tim juara grup udah pada rontok semua. Portugal, Kroasia, bahkan Belanda. Jadi, kalo gw lagi hoki (halah…), Spanyol bakalan dikalahkan ama Italia, dan lengkaplah sudah keajaiban Euro kali ini, yaitu semua juara grup digulingkan ama runner-up grup. Gapapa, gw emang pesimis Italia bisa lolos kalo terus bermain dengan formasi seperti itu. Seandainya Italia bisa menang, asik kan, karena semua runner-up dari semua grup bakalan berperang untuk mencapai final.

Gw ga suka dengan strategi Donadoni yang terus masang Luca Toni sebagai striker. Kenapa gak masang aja Marco Boriello ato penyerang laen? Padahal sudah terlihat selama pertandingan di penyisihan grup Toni MANDUL dalam mencetak gol! Padahal, seperti yang dikatakan temen gw, kemampuan sorang striker itu dinilai saat dia mencetak gol. Nyatanya, si Toni ini selama penyisihan ga pernah nyetak gol! Kenapa gak diganti aja dia!! Kalo alasannya “memberi kesempatan”, jelas gak bener! Ini udah di babak perempat final, dan terbukti tiga pertandingan penyisihan Toni ga bisa nyetak gol. Apa yang bisa diandalkan lagi dari seorang Luca Toni? Inilah yang membuktikan bahwa Donadoni ragu untuk menurunkan striker selain Luca Toni. Bisa jadi kayaknya diacenderung meng-“anak emas”-kan beberapa pemain yang menurut gw lebih layak dibangkucadangkan. Contohnya, si Panucci, Barzagli, Ambrosini, Camoranesi, sama si Toni. Entah kenapa, menurut gw permainan pemain2 ini jelek. Tapi si Donadoni tetep aja keukeuh mainin mereka. Pemain yang layak di timnas menurut gw malah ga dibawa. Vincenzo Iaquinta contohnya. Dia dibawa Marcello Lippi saat Italia Juara Piala Dunia 2006. Christian Panucci justru ga dibawanya saat itu. Dan memang benar, menurut gw sampe saat ini pun Panucci ga pantes berada di Timnas. Memang sih, pengaruh kehilangan bek Cannavaro sangat besar. Italia memang sial kehilangan pemain sekaliber dia. Padahal Cannavaro adalah jantung tim, seorang kapten yang hebat di lapangan. Terbukti selama Piala Dunia 2006. Gawang Buffon hanya sedikit kemasukan gol. Permainan barisan bek Italia di bawah kepemimpinan Cannavaro sungguh menawan. Bandingkan dengan saat ini. Jauh banget…. Permainan duet bek tengah Barzagli dengan Materazzi jauh dari memuaskan waktu lawan Belanda. Gw yang liat sendiri saat itu sampe ga percaya bahwa yang main pake seragam biru-putih tersebut adalah Italia yang kemarin juara Piala Dunia 2006. Ditambah kesalahpahaman antara Zambrotta dan Buffon yang menyebabkan gol ketiga Belanda. Panucci di kiri juga ga terlalu berguna menahan gempuran pemain sayap Belanda.

Berhubung gw pendukung Jerman (HIDUP JERMAN…!), so gw ga bisa menilai lebih jauh lagi tim Italia. Kalo Jerman sih, oke2 ajah, tapi entar aja, hari Rabu pas Jerman mau maen hari Kamis dini hari. Perkiraan gw, Jerman bakalan lawan Rusia di final. Hohoho… saatnya Jerman juara tahun ini!

2 Comments

  1. Iya nih…. huhu…ITalia jagoan gw kandas…
    Gw sebagai pemain bek terlihai di perumahan gw (kayak gini kok dibanggakan..), suka dengan permainan Italia yang terkenal dengan catenaccio-nya. Tapi, selama Euro ini berlangsung, terutama saat penyisihan grup, gw sama sekali ga ngelihat pertahanan Italia yang ketat itu!
    Aneh emang, ini aneh. Gw kayaknya setuju kalo lu bilang ini faktor pelatih. Dulu waktu dilatih ama Lippi di PD 2006, bisa dilihat dibawah komando Cannavaro perthanan Italia begitu perkasa. Sekarang, di bawah kepelatihan Donadoni? ….. MELEMPEM!! MEMBLE! Emang, Donadoni ga bisa disalahin begitu aja, masih ada faktor kehilangan bek Cannavaro… hiks hiks… dasar…. Donadoni ga becus nih… Lippi, latih Italia lagi dong….. Donadoni ga tau malu, mundur aja lu…..

    Reply

  2. Hmmm…. meskipun gw ga ngejagoin Italia, gw tetep sayang aja gitu ama performa Italia sepanjang Euro 2008 ini. Tim juara dunia 2006 masa’ dengan mudahnya kandas di perempat final? Hanya karena kehilangan satu pemain bek, apakah sampai seperti ini dampaknya?

    Nah, malem ini Jerman maen, gw yakin menang lah lawan Turki, assssoy…!!
    Ketemu Rusia di final!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s