23
Jun
08

Kejutan Rusia di Euro 2008

Hmmm…. event yang satu ini wajib diikuti bagi penggila bola. Gak terkecuali gw. Selain Piala Dunia, Piala Eropa ini udah suatu keharusan untuk diikuti. Dan, semalem gw emang sengaja ga nonton pertandingan satu ini, karena gw pengen dapet kejutan pagi2, siapakah yang lolos, Belanda ato Rusia? Dan ternyata…. berita yang membuat gw ternganga…. gw kaget banget waktu ngeliat berita olahraga di TV pagi ini, bahwa semalem tim yang gw jagokan, Belanda, kalah lawan Rusia!! Uuuh…. secara materi pemain, jelas lah kalo Belanda di atas Rusia. Pemainnya banyak yang muda2, dapat bersatu dengan pemain2 veteran macem Mario Melchiot, Andre Ooijer, Van Der Sar, dan Giovanni Van Bronckhorst. Berkat kesatuan yang apik inilah, strategi total football khas Belanda racikan Van Basten bisa berjalan dengan baik. Terbukti mereka memenangkan semua pertandingan di penyisihan grup C. Terakhir yang membuktikan bahwa Belanda adalah calon juara, adalah saat mengalahkan Romania dengan kebanyakan pemain cadangan. Ini membuktikan bahwa perbedaan kemampuan dan kualitas tim lapis kedua tidak terlalu jauh dibandingkan dengan tim utama. Dibandingkan dengan Belanda, jelas Rusia ga ada apa-apanya. Pemain Rusia kebanyakan hanya bermain di liga lokal, dan sebelum kepelatihan Guus Hiddink, Rusia tidak bersinar seperti ini. Pemain yang bersinar di Euro ini hanya Pavlyuchenko, yang mencetak gol penentu kemenangan atas Swedia, dan Ivan Saenko, yang bermain cukup bagus di pertandingan2 penyisihan grup D.

Dilihat dari sisi mental juga, Belanda sedikit di atas Rusia, karena Belanda moralnya lagi terangkat karena berhasil memenangkan semua laga di penyisihan grup. Rusia juga sebenernya lagi bagus moralnya, karena mereka yang gak diunggulkan di grup D bisa lolos dengan posisi runner-up, menyisihkan tim sekelas Swedia dan juara Euro 2004 Yunani. Mungkin, perbedaan ada pada pemberian motivasi oleh pelatihnya kali ya. Hiddink dikenal pandai memberikan motivasi. Gw baca di koran, itulah yang membawa Rusia mampu mengalahkan Swedia. Berkat motivasi Hiddink kepada anak asuhnya. Kalo Van Basten, gimana yah? Dia masih muda (untuk ukuran pelatih), dan belum terlalu banyak pengalaman melatihnya. Dia jago di segi pemilihan taktik. Dia jago banget mengkombinasikan pemain2 mudanya dengan pemain veteran. Liat aja, Belanda punya stok pemain depan muda yang banyak. Ada Arjen Robben, Robin van Persie, Dirk Kuyt, dan Ryan Babel. Udah tahu kan, mereka ini bermain di tim2 besar macem Real Madrid, Liverpool, dan Arsenal. Begitu pun di barisan tengah dan belakang. ada sang “kapten kedua” John Heitinga, Nigel De Jong, Demy de Zeeuw, dan Joris Mathijsen. Dan Van Basten lah yang mengatur semua lini hingga padu.

So… dengan keunggulan di semua lini yang ada, apa kira2 yang menyebabkan Belanda kalah? Gw udah liat siaran ulang sore ini. Permainan Belanda ga jelek kok. Cuman, Sneijder tuh kebanyakan melepaskan tembakan di luar kotak penalti. Dia terlalu tergesa-gesa. Padahal gw yakin kalo dia mau dribble dikit aja, dia bakalan ngelewatin bek Rusia. Terhitung kalo ga salah inget ada tiga kesempatan di babak pertama di mana Sneijder dapet bola, tapi dia terlalu buru2. Terus, gw baru tahu, ternyata Van Der Vaart jago banget mengeksukesi tendangan bebas yak. Hehehe… gw sampe dibuatnya takjub selama babak pertama. Bola2 dari Van Der Vaart hasil tendangan bebas sebenernya pas banget. Ada tiga kesempatan bola mati yang menurut gw hampir bisa diselesaikan dengan baik sama Nistelrooy, De Jong, dan Kuyt. Untuk Rusia, gw baru kali ini nonton pertandingannya, dan gw kaget, ternyata pemain muda Rusia mainnya bagus! Contohnya si Andrei Arshavin. Juga ada dua kali tuh tendangan jarak jauh gelandang, siapa namanya lupa, Zhirkov ato Zyryanov, keras banget pas ke gawang Belanda.

Di babak kedua, permainan Rusia berkembang, dan entah kenapa kok Belanda jadi aneh mainnya. Akhirnya, gol pertama Rusia terjadi juga. Umpan dari kiri oleh Sergei Semak di menit ke-56, berhasil diselesaikan sama Pavlyuchenko. Hebat… Kombinasi Engelaar dan De Jong rasanya jadi ga berkutik di babak kedua ini. Engelaar sampe diganti sama Ibrahim Afellay. Masuknya Van Persie juga kok rasanya ga terlalu berpengaruh juga? Sampe menit ke berapa gitu, gw ga tau, pertahanan Belanda semakin kelihatan “lemes”. Gimana nggak, Gelandang Rusia Zyryanov dengan mudahnya bergerak di deket gawang tanpa dikawal! Untung ada Van Der Saar yang langsung nahan bola. Walopun di menit ke-86 Belanda berhasil menyamakan kedudukan 1-1 lewat sundulan Nistelrooy, ga ada artinya kalo Rusia mencetak dua gol lagi jadi 3-1 di perpanjangan waktu. Gol ketiga Rusia memalukan banget buat Belanda. “Ini bukan Belanda yang biasanya,” gw pikir gitu. Gampang banget bola lolos dari pinggir ke Arshavin, bahkan si Ooijer ama Heitinga dilewatin. Heitinga ga bisa disalahin, justru menurut gw si Ooijer yang gagal menghalau bola operan ke Arshavin. Gw pikir dia bisa ngehalang bola itu. Tapi entah kenapa, mungkin udah capek, dia ngebiarin aja bola itu. Kayaknya Van Der Saar kaget, kok bisa si Arshavin lolos? Makanya dia ga bisa mengantisipasi tendangan rendah Arshavin yang lewat di antara kakinya.

<menghela nafas panjang banget…> Yah…. inilah sepak bola. Bola itu bundar, apapun bisa terjadi. Tim sekelas Belanda bahkan ga berkutik lawan Rusia. Total Football Belanda ga kelihatan lawan sepak bola gaya Guus Hiddink. Dia emang pelatih yang fenomenal, hebat banget dia… Tim jagoan gw tinggal Jerman nih. Impian Jerman ketemu Belanda di final gagal deh…

Advertisements

3 Responses to “Kejutan Rusia di Euro 2008”


  1. 1 Dodol
    24 June 2008 at 17:17

    Iya nih, Rusia bener2 mengejutkan di Euro kali ini, di bawah asuhan Guus Hiddink…

    Salut buat Hiddink juga nih, dia emang pelatih hebat euy… Berhasil membawa tim underdog kayak Rusia ke semifinal…

    Kalo kamu ngejagoin Jerman, aku teteo, Spanyol Sop… Hahahaahahaha….

  2. 2 Corak
    25 June 2008 at 01:29

    Yoi Feb, berarti jagoan kita sama, Belanda… (meskipun kamu ga jagoin Italia, tapi Jerman..)

    Kaget bin kaget pas ngelihat permainan Belanda. Apa bener ini Belanda? Mereka banyak ngebuang peluang choy! Sneijder banyak nendang jarak jauh tapi akurasinya ga ada. Van Persie kurang maksimal. Bisa dibilang lini tengah Belanda waktu itu kropos, rapuh, kayak gak maen sepak bola.

    Kenapa yah? APa karena mereka meremehkan RUsia? Hmmmm….. mungkin aja….

  3. 25 June 2008 at 14:26

    Hehehe…. bener kan? Semua juga setuju kalo Belanda kemaren maennya jelek banget….

    Lini tengah Belanda keropos, iya bener tuh…

    Si Andrei Arshavin langsung ditawar di klub2 Inggris. Arsenal gila, nawar dia berapa miliar rupiah tuh… Sayang sekali dia mau maen di Spanyol, padahal kalo dia mau maen di Inggris, bakalan seru kayaknya, karena dia di Arsenal menggantikan Hleb…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 972 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: