Bandung Menyengat, Bandung Membeku

Bener kata koran Pikiran Rakyat yang gw baca pagi ini, hari Selasa 8 Juli. “Bandung Dilanda Cuaca Ekstrim”, gitu katanya. Keadaan ini udah mulai katanya sejak beberapa hari yang lalu. Makanya, kemaren hari Jumat Sabtu ma Minggu gw takjub melihat keadaan Bandung yang seperti “ini”. Biasanya, sebelum hari itu, sore hari Bandung pasti berawan, bahkan ga jarang mendung (meskipun gak hujan, karena terakhir hujan di sini udah cukup lama). Pagi hari, dingin tapi ga sedingin hari Jumat sampe pagi ini. Mulai Jumat itu setiap gw bangun gw ngerasa kayak di puncak gunung Bromo (Sotooooy! Belom pernah ke Bromo aja ngomong!). Duingiiiiiiin banget! Rasanya gak pengen keluar dari selimut! Belom pernah gw ngerasa kayak gitu. Yang serunya lagi, hari Senin pagi kemarin, gw mencoba isi bensin jam 5 pagi! …. Ngapain jam segitu? Karena…. gw lupa isi bensin hari Minggu… jalanan macet hari minggu, dan gw mencari saat2 sepi… kapan lagi kalo bukan pagi2 buta? 

Mau tahu rasanya naek motor jam segitu di Bandung yg lagi dilanda cuaca ekstrim? ….:D

Bayangin aja ada di dalem kulkas, dan di sana ada angin yang ditiupin. Mantap…. 🙂 Di pom bensinnya, mas2 pelayannya sampe make topi kupluk ama sarung tangan tebel saking dinginnya….

Kenapa bisa begini? Yang gw baca di koran, katanya ini wajar terjadi pas musim kemarau. Pas musim ini penipisan awan sering terjadi. Karena itu, pagi hari udara dingin banget, tapi pas siang, jangan tanya… rasanya puanas banget!! Teorinya sih kayak di daerah gurun, karena ga ada awan, maka pagi hari radiasi gelombang panas dari bumi langsung lepas ke angkasa, ga ada yang menahan. Karena tipisnya awan itulah, pas siang hari suhu menjadi naik karena pemanasan dan radiasi matahari ga bisa lepas ke angkasa. Kenapa? karena banyaknya gedung tinggi dan di sini pohon cuman dikit! Banyaknya polusi di langit juga pengaruh. Karena banyaknya polutan itulah radiasi panas dari bumi ga bisa lepas ke luar.

Heee… makanya itu, mulai jam 10 aja, suhu udara langsung berubah drastis. Sampe jam 8 masih oke, gw masih ngerasa dingin. Jam 10? … weleh-weleh….panasnya bukan main… tapi, masih ada sisi bagusnya. Meskipun panas, tapi langit cerah! Biruuuuuu banget langitnya… padahal selama ini ga secerah ini, ada awan2 tebel pekat yang bergantung di atas sana. Selain cerah enak dilihat, anginnya juga enak, semilir, sepoi2, bahkan sesekali kenceng… nikmat banget deh di sini, di kosan lantai dua, diterpa angin, menikmati langit biru nan cerah sambil mendengarkan gemerisik dedaunan pohon2 yang digoyang oleh angin….

langitnya biru kan? ... Itu pohon apa tugu ya?

langitnya biru kan? ... Itu pohon apa tugu ya?

cerah banget... tapi panassss..!!

cerah banget... tapi panassss..!!

4 Comments

  1. Amboy…. di Bandung lagi kayak di gurun yak?

    Kok di Jakarta sini biasa2 aja? Siang berawan, pagi ga terlalu dingin….

    Sop, “tugu” di foto pertama mengingatkan gw dengan sesuatu.. 😀 huakakakakkaka…!!

    Reply

  2. waduh bandung aja gitu palagi surabaya gak ada beku2nya sama sekali… PANASSSSS mulu. jadi mungkin kalo aku dibandung dilanda panas itu udah makanan sehari2 di surabaya. tapi kalo rentang waktunya deket gitu siapa juga yang mau, abis beku trus panas. ntar retak donk kayak gelas yang abis dikasih dingin trus dikasih panas???

    tapi emang udah dari sononya kan?? jadi nikmati ja.. hehehe

    Reply

  3. klo d bandung beku..d sby dan grsk lg puuuaaaaaaannaaaas bgt…
    sampe males kmana2,
    engga ada dingin2ny, kcuali klo malem ato lg makan permen pindi mint..hehehehe…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s