Kunjungan Singkat ke Surabaya…

Yosh! Akhirnya gw bisa juga pulang ke Surabaya, meskipun cuman sebentar, cuman beberapa hari. Yah, setidaknya gw bisa merasakan kembali panas menyengatnya kota pahlawan. Gw pulang kemaren hari Kamis malem, bareng bokap gw naek pesawat jam 9 dari Cengkareng. Beruntung banget, kami dapet yang jam 8, coba-coba siapa tau ada kursi yang kosong jam segitu. Eh ga taunya ada yang kosong.

Selama di Surabaya, gw jalan2 ke SuTos, Surabaya Town Square, ama Gramedia Basuki Rahmat yang baru, sekarang udah gede banget. Sebenernya tujuan gw pulang tuh mau registrasi database di kelurahan. Ini peraturan baru di Jawa Timur (ga tau di daerah laen), semua orang harus registrasi ulang dengan cap jari. Proses registrasi database ini udah dilakukan bulan Juni lalu, dan berhubung gw bulan itu ga ada di Sby, gw baru bisa registrasi kemaren Jumat pas pulang. Tujuan lain adalah, gw mau buat kartu debit BNI. Tapi… ga taunya, kartu ATM BNI gw UDAH TERMASUK DEBIT!! Bangke dah! Jauh2 dengan niat mau buat debit, ga taunya udah bisa dari sejak pertama gw buat! Bilang dong mas…. Eh ternyata, bokap gw nyuruh gw bikin kartu debit BCA. PAdahal gw pikir  udah cukup lah BNI aja… ga tau kenapa, apa ga repot ngurus banyak buku tabungan? 🙂

Surabaya Town Square menurut gw bagus banget. Tempat yang mirip ama CiWalk ato PVJ di Bandung sini, tempat yang pas banget buat nongkrong bareng ama temen2. Ada ruang terbukanya di dalem, jadi enak gitu, AC-nya pake AC alam. Kalo beruntung, kita bisa makan malem sambil ditemani bulan purnama. Indah banget…. Hampir semua stan yang ada saat ini adalah restoran dan cafe, di lantai 1 atopun 2, semua yg gw lihat kebanyakan tempat makan. Lantai 3 bioskop, dan sayang seribu sayang, masih bioskop 21, bukan Megaplex.

Perubahan yang sangat besar terjadi di Gramedia Basuki Rahmat. Gramedia yang dulu begitu kecil, dengan lapangan parkir yang melebihi bangunannya (suer!), saat ini menjelma menjadi toko buku terbesar di Jawa Timur, mempunyai gedung Gramedia Expo yang (katanya) hampir ga pernah sepi acara di sana. Ga ada lagi yang namanya parkir di luar, digantikan oleh parkir basement dua tingkat ke bawah. Begitu gw masuk ke dalam, gw jadi inget ama toko buku di mall Takashimaya di Singapore. Cuman satu lantai sih nih Gramedia, di lantai dua, tapi luasnya bukan main! Koleksi yang gw rasa dan gw yakin jauh lebih banyak dibandingkan dengan yang dulu, gw dibuat takjub dengan kemegahan toko buku ini. Cuman dalam benak gw yang iseng membandingkan dengan toko buku lupa-namanya-di-Takashimaya, Gramedia masih kalah. Toko buku di sana tuh gedenya lebih gede dari ini, sama-sama satu lantai doang, tapi susunan rak bukunya lebih rapat. Apa artinya itu? Artinya ya jelas, bahwa koleksi buku di sana lebih banyak dari pada di sini! Ck ck ck…. gile yah…. Ini membuktikan bahwa keinginan membaca warga Singapore lebih besar dari pada warga Indonesia. Salut…

Tidak lupa, saat pulang ke hometown adalah saat untuk perbaikan gizi. Maka, di Surabaya sana gw merasa bersyukur banget bisa pulang, dan rasanya gw ga mau balik lagi ke Bandung. Gw sekeluarga makan hari Jumat malem di SuTos, tepatnya di Qua-Li. Meskipun gw udah lumayan sering dulu makan di sini, tapi tetep aja rindu ama makanannya entah kenapa. Apalagi di sana ada telur pitan yang gurih gimanaaaaa gitu…. Gw kira di Indonesia ga ada telur pitan, cuman ada di Cina (gw tau telur ini di komik “Cooking Master Boy”). Ternyata eh ternyata, keluarga gw udah wisata kuliner ke sana kemari selama gw di Bandung!

Hari Sabtu malem, kami makan di Warung Steak. Rencana mau makan di Boncafe, cuman karena salah waktu (malem minggu gitu loh!), jalan macet, akhirnya ke yang deket rumah aja deh, di jalan Indragiri. Ada kejadian lucu pas makan di sana. Bokap gw salah baca menu makanan.

Adik gw        : Ma, aku Tenderloin aja deh.

Gw : (setelah berpikir males nyoba yang laen) … Aku juga deh Ma, sama…

Nyokap : (Ngomong ke waiter) …. Tenderloinnya dua ya mas…

Bokap : (setelah sekian lama diam akhirnya ngomong) Mas, ini perawan steak apa ya mas?

Nyokap, Gw & adik gw : ? ? ? ?

Si Waiter : (ketawa ngakak)

Gw : Perawan? Bukan Pa! Prawn Steak! Prawn! Udang tuh!

Bokap : ….. (diem) Hahahahahah! (ngakak)

Begitulah kalo kacamata bacanya ga dibawa, salah baca sering terjadi. Hahaha…

Akhirnya hari Minggu ini, gw balik lagi deh ke Bandung. Naek pesawat jam 1 siang ke Cengkareng, trus naek travel ke Bandung. Gw jujur aja lebih milih naek pesawat yang ke Bandung langsung. Tapi bokap gw ga mau gw naek langsung, karena pesawatnya bukan Garuda. Yeah, bokap gw khawatir dengan cuaca yang kurang baik. Padahal gw yakin dan tau bahwa selama ini cuaca di Bandung normal2 aja, dan jarang hujan. Tapi, gapapa lah, namanya juga orang tua, khawatir adalah hal yang biasa. So, jadi lah gw naek pesawat ke Jakarta, dan untuk pertama kalinya gw naek travel dari bandara ke Bandung, naek travel Cipaganti. Jujur, gw lebih suka ama travel Cipaganti dibandingin ama X-Trans. Pertama, gw lebih suka mobilnya Cipaganti yang KIA Pregio. Di jalan lebih halus dan suara mesinnya ga terlalu keras. Mobilnya X-Trans tuh gede banget, mobil tipe wagon gitu lah, Bison, yang biasanya dipake angkutan antar kota jarak dekat. Kalo jalan kerasa berat banget dan cuma gede suara doang. Kedua, karena mobilnya lebih kecil, jumlah penumpang juga lebih dikit. Penumpang di Cipaganti cuma 7 orang, dengan tiga baris bangku. Sedangkan X-Trans 10 orang, dengan empat baris bangku. Gw ngerasa dengan jumlah penumpang yang lebih dikit gw lebih nyaman. Dan terbukti tadi selama setengah perjalanan sebelum tempat peristirahatan di Cipularang, gw tidur.

Yah, begitulah kunjungan singkat gw ke Sby, cuman untuk bertemu berkumpul dengan keluarga, beli CD musik baru, beli novel Bartimaeus Trilogy yang ketiga, dan minta installer software RPGMaker VX ke adek gw yang jago nemu software ber-crack di internet. Akhirnya gw bisa mencoba software baru ini, hehehe….

Kapan2 kalo ada waktu gw pengen pulang lagi nih ke Sby… mungkin abis daftar ulang semester 5 ntar bulan Agustus kali ya….

8 Comments

  1. Bravo! Bravo!

    Akhirnya lo pulang juga! Bravo! Gw ikutan seneng Sop! Hahahahahaha….!!

    Surabaya Town Square baru yah? Ntar laen kali kalo gw ke Sby gw nyoba ke sana ah!
    Ah seandainya bener2 ada Perawan Steak…. :)) Huakakakkakakakak..!

    Reply

  2. Iya nih, gw juga ikutan seneng lo akhirnya balik juga ke Sby.

    Saran gw nih ye, lo mending ga usah balik ke Bandung, tinggalin aja! Wakakakkaka…! Becanda kok,…

    Reply

  3. oiaa..sop..kpn hari aq jg pengen bli bartimoeuz trilogy (bener g sih judulny? pokokny aaq tau bukuny).. tp aq ragu, bagus ato g..
    kpn hari nanya selvina yg jg dah bli,,tp trnyata blom dbaca..
    so,,kpn2 ulas sedikit yach.. crita2 bagus apa g tuh novel..k?!
    thx a lot,,

    Reply

  4. Wohohohoho…

    AKhirnya kamu pulang juga yah Sop…

    Sop kikil

    Sop Ayam

    Sop Kaki sapi

    ……
    ……….

    No offense here, i just want 2 say those sentences…. :))

    Reply

  5. asiknya di surabaya…

    aku baru sekali kesana, cuman jalan2 di Tunjungan ajah abis itu gw langsung ke kediri di desanya pula (penyesalan seumur idup dateng ke desa ntu)

    hmmm…pengen ke surabaya lagi deh….

    Reply

  6. Hoooo….pernah ke Surabaya toh? 😀

    Sayang sekali cuman ke sana… tahun berapa pula itu? Sekarang ada mall tempat nongkrong baru yang lebih sip dari pada TP.

    Reply

  7. Hahahahaha! Perawan steak!
    Eh,ga usa tkt lah naek pswt k bndung. Biasany pake sriwijaya aq. Berdoa saja. Hahahaha. Tp bndaranya kcl. Uda lm ga ngeblog nie. IP How? Hahahahaha!

    Reply

  8. Iya sih Nin, aku pengennya juga gitu, tapi gimana lagi, ga direstui ortu, hahahaha…..

    Harga tiket Sriwijaya air berapa??

    IP? 3,4 nih…. Kmu sendiri berapa tho?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s