System Corrupt….

Huaduh… kenapa bisa begini?

Di saat awal-awal kuliah, di saat gw sebentar lagi presentasi pertama mata kuliah Hukum & Pengendalian Perencanaan, Di saat udah mulai banyak tugas kuliah lain yaitu Studio Perencanaan Kota dan Teknik Evaluasi Perencanaan, laptop gw malah error….

Yang rusak bukan laptop-nya, tapi sistem-nya… Ada file yang korup (istilahnya gitu, corrupt).

Kejadiannya, Rabu malem gw nge-defrag HDD gw, dan di tengah jalan gw berhentiin, gw cancel. Habis itu belum terasa apa2 efeknya. Udah gitu, gw coba restart, entah kenapa kok gw pengen nge-restart. Tau-tau…. yang seharusnya booting-nya normal, kok malah dapet disk check? Tau kan, layar biru yang biasanya muncul pas booting (ato habis booting?) yang terjadi kalo biasanya komputer mati tiba2? Nah, nih laptop gw matiin normal kok, kenapa tau2 ada disk checking?? Aneh! Udah gitu disk check-nya LUAAAAMMAAAAAAA BUANGEEET!! Ya elah, kalo biasanya kan ga begitu lama, lumayan cepet. Tapi ini…!!! Lambreto!! Sampe gw tinggal tidur!! Pas Subuh gw liat……………….. KOK MATI??? APA YANG TERJADI!!

Gw ambil napas dalam2………….. Gw berpikir ga mau kehilangan laptop gw yang tersayang ini…………

Gw nyalain lagi……….. Eh disk check lagi……… Set dah……. Akhirnya gw matiin paksa…

Gw nyalain lagi, tapi gw coba skip proses disk checking-nya….. dan BISA! Bisa masuk ke Windows!!

Tapi…………….. Berbagai keanehan terjadi…………… Gw ngerasa laptop gw melambat…. Ga bisa ngejar motor Valentino Rossi lagi… Halah! Bukan, bukan….. Melambat dalam artian mem-proses aplikasi…. Ga bisa buka Mozilla…. Ga bisa nge-defrag pake defrag-nya Windows…. Aneh lah pokoknya…. Gw sebagai pemilik bisa merasakan perubahan yang ada dengan laptop ini……

Ya udah, akhirnya gw mau reboot ulang (bener gak ini istilahnya??) pake DVD Back-up Acer eRecovery Management, yang punya laptop Acer pasti tahu lah….

Sialnya…….entah kenapa, gagal di tengah jalan, katanya “fail to open and create file….” Nah loh….. Gimana nih? Apa yang musti gw lakuin??

Masalah makin muncul dan timbul (?) mulai dari ini. Pas di-restart, malah ga bisa booting….. ada tulisan NTLDR (ato NLTDR gw lupa) file is missing. …………. Wuaduh…….. gawat ini….. kok sekarang malah ga bisa booting!?

………….

………………….

Jalan terakhir………… bawa ke dealer Acer di BEC, 3G-Power………. Akhirnya sekarang beres deh……

Yang ga gw suka dari habis install ulang adalah…… Gw lupa program apa aja yang ada sebelum install ulang, dan semua program di drive C tentunya hilang…. Apalagi beberapa program di drive D juga ga bisa berfungsi, karena registry-nya juga katut hilang di drive C…. Sial………. SPSS-ku…. CorelDraw X4-ku……

Sekarang masih donlot update Windows Media Player 11 nih…… ga sabar lagi….

4 Comments

  1. bos… q punya acer aspire 4720, bawaannya windows vista home premium. kemarin DVD recoverynya yang uda ku persiapkan rusak waktu mau instal ulang, aq jadi bingung bgt nieh.. gimana cara kembaliin windows vista yang aslinya.???? tanpa menggunakan DVD recoverynya itu yang uda rusak??

    sayang bgt kan buang vista asli itu n harus menggunakan windows bajakan..

    tolong bgt boss pencerahannya..

    Reply

  2. Wah, kayak masalah laptopku nih…

    Gw lupa caranya, tapi perasaan bisa kok ngebalikin ke keadaan sebelum error… lupa..

    Maap ga bisa banyak ngebantu, jalan terbaik bawa ke service center…. 😀

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s