Periksa Dompet Sebelum Naik Angkot!

Udah lama nih ga nulis, tau2 langsung nulis “kalimat aneh”…. Dasar nih si Asop… Hehe 🙂 Well, maap lahir batin yah untuk semuanya, abis libur lebaran nih, cuman dua minggu, dan seperti tipikal liburan lainnya, liburan ga akan pernah terasa. Pasti selalu “gak terasa”. Meskipun cuman seminggu gw di Surabaya (lebaran keluarga besar di Bandung), gw ngerasain banget “atmosfer” kota kelahiran gw itu. Atmosfer kotanya, atmosfer orang2nya, pokoknya gw lumayan puas berada di sana walo cuman seminggu. Kalo ditanya panas, jangan tanya…. Di sana lebih panas dari terakhir kali gw pulang… Katanya suhu siang hari bisa mencapai 36 derajat celcius….. mantabh….

Gw jadi inget nih pengalaman gw pas naik angkot yang sangat memalukan. Udah lama sih ini ceritanya, pas gw semester 3, tapi gw pengen ngasih tau betapa pentingnya memeriksa dompet sebelum naik angkot, bukan setelah…

Jadi gini, gw waktu itu mau ambil fotokopian di jalan Tamansari. Kosan gw di jl. Sumur Bandung, deket banget. Nah, gw ke Tamansari naek angkot, dan sebelum berangkat dari kosan, gw GAK ngecek dompet dulu! Gw lupa dan ga tau ada berapa duit di dompet gw! Akhirnya gw nyegat angkot di depan kosan, dan akhirnya sampe di tujuan. Gw bayar angkot itu dengan uang yang udah gw siapin sebelum berangkat tadi, bukan dari dompet.

Sampe sini, semua masih berjalan lancar. Gw selesai ambil fotokopian, bayar dengan uang PAS di sana. Sampe sini gw masih belom nyadar dengan keadaan dompet gw. Gw malah dengan santainya naek angkot lagi dengan rute berlawanan dari arah berangkat menuju kosan. Nah… masalah dimulai di sini. Biasanya sebelum naek angkot gw pasti udah nyiapin dulu duit buat bayar angkot. Gw ga pernah ngeluarin dompet di dalem angkot. Gw rogoh2 saku, kantong, ga ada duit? Akhirnya gw liat dompet. Isinya? …… GAK ADA…!!!!! DOMPET GW KOSONG MELOMPONG!!! …. keringat dingin mulai membasahi tengkuk gw… gw coba periksa sekali lagi saku dan kantong baju-celana gw…. KOSONG! Uh-oh…. dengan apa gw membayar angkot ini??

Gw liat di dalem angkot cuman ada seorang lagi selain gw, mas-mas dengan barang bawaan sekantong kresek dari Gramedia. Kayaknya dia bukan mahasiswa, he’s older than us… Gw liat ke depan, angkot udah mulai mendekati kosan. Uh-oh…. gw bener2 bingung waktu itu… apa yang harus gw lakukan? Apa gw musti bilang jujur ke supir, “Pak, maap saya lupa bawa duit…” seperti itu? Ato apakah gw dengan segala kekuatan meloncat keluar dari angkot? (gila…)

Tidak, semua ide itu gila. Tapi, ada satu ide lagi yang LEBIH gila… Dan gak terpikirkan oleh gw selama ini… yaitu… MEMINTA! Yosh! Gw akhirnya dengan segenap kemaluan alias rasa malu yang tertahankan, gw beranikan diri untuk “minta” duit ke mas-mas itu. And finallythanks God, Alhamdulillah, dia baik banget mau ngasih gw duit seribu… Dia tanpa ragu ngasih seribu ke gw, bahkan dengan senyum ikhlasnya dia memberikan uang seribu itu tanpa bertanya apakah gw bener2 ga bawa duit…. Owwh…. betapa senengnya gw, terselamatkan oleh mas itu… Alhamdulillah, kata gw berkali-kali dalem hati… Gw sampe bilang “terima kasih” berkali-kali ke dia, dia cuman senyum2 dan manggut2… Ya Allah, terimalah amal baiknya itu, semoga Engkau membalasnya dengan yang berkali-kali lipat lebih banyak dari itu…. Amin…

Gw sejak itu langsung sigap kalo mau berangkat ke kampus ato kalo mau naek angkot. Pasti gw periksa dulu duit di dalem dompet, dan sebelum naek pasti udah gw siapin duit buat bayar angkot. Jadi, inilah pelajarannya, jangan lupa periksa dompet sebelum dan sesudah naek angkot. Sebelum untuk memeriksa apakah ada duit yang pas untuk bayar angkot, dan sesudah untuk memeriksa apakah kita kecopetan ato nggak…. ^_^ Karena itu, supaya ga kecopetan, ada pelajaran tambahan lagi. Jangan sekali-kali ngeluarin dompet ato barang berharga lainnya such as hape selagi di angkot. Siapin duit angkot di kantong sebelum naik! Ini penting terutama buat anak cewek yang seringkali gw liat dengan santainya ngeluarin dompet ama hape di dalem angkot. Bahaya banget tuh… Seperti kata Bang Napi, waspadalah! Kejahatan bisa terjadi karena ada kesempatan!

25 Comments

  1. Heee….. sori udah lama gak berkunjung ke sini…. abisnya gw masih “terlena” dengan indahnya kebersamaan lebaran… Huakakakakakak…. :)) :)) :))

    Parah banget lo… masa’ ga bayar naek angkot? Eh, emang bener sih, naek angkot emang ga bayar, tapi turunnya bayar… haha…..masih syukur lo ga bawa duit pas di angkot, coba kalo lo ga bawa duit pas mau belanja, lebih malu tuh…. 😀

    Reply

  2. Wah, kalo belanja mah gw udah pasti bakalan periksa dulu…. Kalo kejadian kayak gitu bisa2 gw ketimpa tembok (hiperbola banget….) saking malunya….. :))

    Reply

  3. hahahaha…memalukan!..tp asik jg pnya penglaman ky gtu..
    kpn2 lupa bw duit aah..kira2 aq bs nyampe g yaa..?? Xp

    oiaa..klo mslh copet2an, aq sering bgt hampir kecopetan..
    paling parah waktu smster 4 kmren, tasku udah sempet disobek pake silet sgala..
    (itu gara2 aq ktiduran di angkot sieh..untung wktu bangun sempet mergokin..hyaah!)

    Reply

  4. Uteeeen…!! Sayang banget kita ga ketemu pas aku pulang ke Sby…. 😦
    Wah, kalo kecopetan untungnya blom pernah, dan jangan sampe lah! Amin!
    Kok bisa sih tidur di angkot? Mungkin karena angkot sana gak ugal-ugalan yah? 😀

    Reply

  5. yah..gmn y..abizny prjalanan sby-grsk klo naek angkot kan luuaaammaaaaaaa…(tua d jln, hikz!)
    sndirian lg,, jd drpd bengong, mending tidur aja..hehehe..
    alhasil hmpr jd korban deh..

    iy..sop..km rugi g ktmu aq..
    pasti km kaget nti klo liat aq..Haahaha *narsis mode:on*

    Reply

  6. Hahahaha… tua di jalan… :))

    Iya Ten, aku udah tahu kok, kata Ulil Koti Rikza, kamu sekarang udah ku**s bin la**s*ng kan? :))
    Penasaran pengen liat…. HUakakakkakakkakakkakakakkakakakkak! 😀

    Reply

  7. Ember, copet sekarang makin banyak, secara hare gene susah cari duit. Berdasarkan observasiku, di angkot emang paling banyak, modusnya macem-macem (walaupun terbilang jadul juga sih, misal: pura2 mabuk, jatuhin duit, sampai pura2 pengen buka jendela mepet2 ke korbannya dah, malah sekarang sih seringnya salah satu anggota copet ikut berinteraksi dengan target dan penumpang angkot, wow, walaupun menurutku dia ga bisa menutupi sikapnya yang sedikit gemeter juga, takut ketauan & digebukin sama orang satu angkot kali ya). Biasanya tas cewek yg banyak kantongnya sering jadi sasaran, dan dengan keahlian tuh pencopet, dengan mudah dompet & hp bisa melayang seketika tanpa disadari target.

    Reply

  8. Gue juga pernah. Gue ngaku ke sopir angkot gak bawa dompet pas semua penumpang udah turun. Eh, malah dikasih ongkos untuk melanjutkan perjalanan ke tempat murid les privat. Padahal tampang sopirnya sangar lho, namanya aja “Bang Gareng”. Ternyata orangnya baik bgt. 🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s