Darker Than Black, Kisah “Keiyakusha”…

Anime ini juga udah abis gw tonton, udah beberapa minggu yang lalu sih, dan anime ini bagus menurut gw, karena ceritanya yang orisinil, ga ada yang nandingin cerita anime ini, selain Code Geass dan Fullmetal Alchemist tentunya. Gw suka anime ini juga karena animasinya yang bagus, lain ama anime laen. Rasanya,  gw sebagai penikmat biasa yang ga ngerti terknologi animasi, anime buatan studio BONES ini gerakan2 karakternya dan efek2 pertarungannya terasa halus dilihat, ga putus2 kayak anime laen, enak di mata. Entah juga apa penyebabnya, mungkin emang teknologinya? Ato karena resolusi file-nya yang gw punya gede, 1280×720 pixel? Hmm… ga tau deh…

Nih anime 25 episode (26 plus satu bonus episode) disutradarai ama Tensai Okamura, orang yang bertanggung jawab dalam pembuatan anime Neon Genesis Evangelion, Ghost In The Shell, Cowboy Bebop, Full Metal Panic, Samurai Champloo, dan masih banyak lagi anime bagus lainnya. Siapa sih yg ga tau karya2 di atas? Udah gitu yang buat studio BONES pula, yang ngebuat movie Sword of The Stranger, udah nonton? Hehehe…

Dari segi musik alias soundtrack, ga usah khawatir, ga akan rugi nonton anime ini. Udah animasinya bagus, dilengkapi dengan musik yang bagus pula. Musiknya diramu oleh Yoko Kanno, mantan anggota grup musik The Seatbelts, yang udah banyak ngebuat sontrek banyak game, movie dan anime terkenal macem Cowboy Bebop, Ghost In The Shell: Stand Alone Complex, Wolf’s Rain, Cardcaptor Sakura, sampe yang paling baru Macross Frontier. Udah nonton Honey and Clover Movie ? Dia juga yang ngebuat musiknya…

Jadi, nih anime setting-nya di Jepang, tahun berapa ga disebutin sepanjang anime, pokoknya di awal anime dijelaskan bahwa sepuluh tahun yang lalu, sebuah kawasan yang aneh dan ga normal, disebut Hell’s Gate, muncul di Tokyo. Ga disebutin gimana munculnya gimana, tapi yang pasti kalo di Jepang ada Hell’s Gate, di Afrika Selatan ada kawasan serupa tapi bernama Heaven’s Gate. Sayangnya, Heaven’s Gate udah beberapa tahun yang lalu hilang lenyap ga diketahui apa dan siapa penyebabnya.

Nah, Ketika muncul Gate-Gate ini, bintang di langit hilang semua, digantikan sama “bintang palsu”, dan muncul juga orang2 yang mempunyai kemampuan khusus, yang dikenal dengan nama Keiyakusha ato contractor bahasa inggrisnya. Bintang palsu yang ada langit itulah yang menunjukkan keberadaan para contractor itu. Setiap kali kekuatan ada contractor yang menggunakan kekuatannya, bintang tersebut akan berreaksi, dan kalo ada contractor yang mati, selalu ada bintang jatuh. O ya, keberadaan keiyakusha ini dirahasiakan dari warga sipil, hanya polisi dan beberapa instansi penting yang tahu. Karena itu, banyak contractor yang digunakan sebagai agen rahasia negara asalnya.

Keiyakusha ini awalnya manusia biasa loh, sebelum munculnya gate. Setelah muncul peristiwa sepuluh tahun yang lalu itu, entah gimana bisa ada manusia yang mempunyai kekuatan khusus. Emang enak sih punya kemampuan khusus, tapi para contractor ini udah kehilangan perasaannya. Mereka udah ga punya lagi emosi yang dimiliki manusia biasa. Makanya mereka ga segan2 membunuh orang. Para contractor bergerak berdasarkan rasio dan logika mereka. Ada lagi ga enaknya, contractor harus “membayar” setiap kali menggunakan kekuatannya.  Setiap kali setelah mereka menggunakan kekuatannya, ada hal yang harus mereka lakukan. Makin kuat kemampuannya, makin “gila” juga hal yang harus mereka lakukan. Banyak banget macemnya, ada yang matahin jarinya sendiri, makan rokok (iya, makan, bukan dihisap…), bikin puisi, ngebalikin sepatu orang yang dibunuhnya, sampe yang paling sadis yaitu minum darah anak kecil!! Ada juga yang unik, yaitu setiap kali menggunakan kekuatannya, dia bertambah tua, dan ada yang kebalikannya, malah bertambah muda (“jadi lama2 bisa hilang dong, jadi bayi?” Yup..!! Anda benar! Menghilang!!)

Ada beberapa tokoh utamanya, ada Hei, Huang, Mao, Yin, dan Misaki Kirihara.

Dari ki-ka: Huang, Yin, Hei, Mao

Hei, itu nama agennya. Kalo di kehidupannya yang ngaku sebagai mahasiswa dari Cina, namanya Li Shengsun. Di anime ini dia dikenal punya kode BK-201, itu kode bintangnya (Messier Code). Ntar lama2 di akhir episode bakal ketahuan kalo nomor bintang itu bukan miliknya, tapi milik adiknya, Bai. Kok bisa? …. Jangan ada spoiler ah di sini… tonton sendiri yah…. 😀 Hei ini bergabung dengan sindikat rahasia yang namannya cuman dikenal sebagai Syndicate, untuk mencari adiknya, Bai, yang hilang waktu hilangnya Heaven’s Gate di Afrika Selatan. Hei punya kekuatan untuk membuat listrik, dan bisa menyalurkannya melalui konduktor. Senjatanya seperti kabel di tangan yang bakal ngejerat lawan dan ZZZIPPP!!! … setrum deh….

Hei…

Huang, dia ini rekan kerja Hei, bersama-sama Mao dan Yin. Dia bisa disebut penanggung jawab lapangan untuk grupnya. Jadi, biasanya setiap grup di organisasi Syndicate itu punya satu supervisor (si Huang ini), satu “Doll” (si Yin), dan dua contractor (Mao dan Hei). Huang ini manusia biasa, dan dialah yang mendapat informasi penting dan misi dari organisasi, dan mem-briefing Hei untuk melaksakannya. Ntar di akhir-akhir episode diceritakan kisah cintanya, kekasihnya seorang keiyakusha yang membunuh rekan kerjanya (dulu dia polisi lho…). Di akhir anime Huang nanti mati… wah spoiler nih…

Huang, juga lagi bertugas….

Mao… Kucing yang lucu…

Mao, dia ini contractor loh, meskipun bentuknya kucing. Dia udah kehilangan tubuhnya, ga tahu kenapa. Yang pasti kekuatannya adalah memasuki (atau merasuki?) tubuh hewan, hewan apa aja.  Dia bisa ikut memiliki insting hewan yang dirasukinya. Keren? …. Iya sih, tapi… dia harus rutin menge-cek jaringan wireless di otaknya supaya insting hewan yang dirasuki tidak mengambil alih tubuh. Kalo sampe insting hewannya menagmbil alih, sama artinya dia mati, seperti yang terjadi di akhir anime… Mao benci musim semi katanya, karena pas musim itu adalah musim kucing kawin… dia diuber-uber terus ama kucing betina… Hahaha… :))

Yin, masih bertugas…

Yin, dia ini yang disebut “Doll”. Sama kayak keiyakusha, dulunya dia manusia biasa, namanya Kirsi. JSemenjak muncul gate, dia jadi seperti ini. Jadi yang namanya “Doll” itu kayak spirit medium, dia bisa mengendalikan seperti roh untuk mengintai, bahkan mendengar pembicaraan orang. Kekuatannya yang gw tau ya itu, tapi harus dengan medium air. Tugas dia di grupnya untuk mengintai dan mencari posisi target. Bahkan di beberapa episode dia jadi penuntun arah buat Hei.

Selain keempat karakter utama di atas, ada juga karakter polisi yang mengejar2 sindikat ini.

dari ki-ka: Yutaka Kouno, Yuusuke Saitou, Misaki Kirihara, Kunio Matsumoto.

Foto di atas, adalah grup polisi yang dipimpin ama Misaki di bagian foreign affairs (gw ga tau apa di Indonesia) yang menginvestigasi segala sesuatu yang berhubungan dengan keiyakusha. Gw lupa jabatannya, tapi yang pasti cukup tinggi kok.

Ga ada yang bisa gw ceritain untuk para polisi ini, yang pasti si Saito naksir Misaki. Di episode 26, yang gw bilang sebagai episode bonus karena ga berhubungan sama sekali dengan akhir episode 25, diceritakan di sana grup Misaki lagi ngejar Hei, dan Saito kelepasan ngomong bahwa dia suka Misaki. Sial buat Saito, mereka berempat di atas lupa apa yang terjadi saat itu gara2 gas yang disebabkan ama barang bawaan Mao. Huakakakakakakakak… :)) Poor Saito

Monggo dilihat animenya, ada banyak fraksi yang bertikai di anime ini, ga bisa gw tulis semua, kepanjangan. Sampe agen rahasia Inggris MI6 juga muncul. Overall, anime ini bagus! Gw kasih bintang 4,5 dari 5 bintang! Endingnya menurut gw amat disayangkan sih… tapi gapapa, emang harus gitu nasibnya, kalo ga bukan Syndicate namanya, hahahahahahahaha….

19 Comments

  1. Yup! Nih lagu2 dalem anime ini sip! Enak banget didenger, kayak campuran jazz ama apaaaa gitu…. asik aja gitu didenger….. ^^

    Reply

  2. wah komposer na yoko kano….wajib denger ini 😀

    keknya bagus nih, kalo sebanding ama code geass ma hagaren wajib nonton (awas lo ya kalo jelek… udah berani disandingin ama dua judul di atas)

    masih ujian jadi blon bisa nonton >.<

    tapi cek lagunya dulu… yoko kano sih 😆

    Reply

  3. Monggo monggo, silahkan dilihat…. :))

    Emang lagu2nya Yoko Kanno enak banget didenger…. terasa pas… Gw punya sondtrek-nya… :))

    Reply

  4. Heeee….. iya nih anime sontrek-nya bagus coy…. Enak didenger aja gitu….

    Eh Sop, udah punya OST anime Bartender blon?

    Reply

  5. HAAH?!! Bintang yang paling terang itu punyanya adeknya Hei?! Kok bisa? Katanya nasib Hei di akhir ep ny dia dilupain (kec. Yin). duh.. Bingung! Maklum, nontonnya lewat Animax sih. Aku ga ada inform tentang spoiler dari temen2 sebaya aku yang suka anime sih.. Plis.. Bales ya.. Aku suka spoiler sih.
    Ngomong2, kok gambar Hei, hei(LI-kun), Yin, Huang, Mao ga muncul? jadi penasaran.

    Reply

  6. Setahuku dan seingetku (udah lama banget terakhir nonton anime ini), emang gitu, di episode akhir2 nanti dikasih tahu bahwa bintang yang paling terang bintangnya adiknya Hei. Jadi, sebenernya si Hei itu awalnya ga punya kemampuan contractor, kemampuannya itu dia dapet dari adiknya. Aku lupa juga sih dimana lengkapnya, musti nonton lagi… Hehe..

    Aku juga suka spoiler… =)) Gambarnya ga muncul yah?? Aneh.. Aku periksa deh…

    Reply

  7. yoi boss ni anime katanya uda di rate jadi yg terkeren buat 2009? tpi sayangnya yang tau baru sedikit soalnya sama bones studio kaga di publish ke tv sakura jadi kurg pamor gtu padahal kalo dibandingin ama FMA or Bleach yg gitu2, bisa lebih tinggi levelnya, oiya ada season duanya, judulnya DtB: Ryuusei no Gemini oce buanget lah..

    Reply

  8. nma aslinya Li Xiansheng kan?? or Lee Shenshun seh..? binun… -_-“a
    oya ada manganya jga,Darker than Black: Shikkoku no Hana, publishernya square enix sana Yuji Iwahara… mantavh boss..eh eh, spoiler dong, spoiler! mao mati ya di endingnya? T_T oya itu Amber pas endingnya jadi gimana sih? abis ki** Hei langsung ada cahaya gtu…

    Reply

    1. Yang ada di terjemahan fansub-nya sih Li Shenshun… 😀 Lupa… >.<'

      Iya manga ada, aku liat di onemanga.com.. 😀

      Iya Mao mati, dia ga berpindah tubuh meskipun dia tahu sudah batasnya. Lupa alasannya kenapa. Udah lama ga nonton nih anime. HArus nonton lagi. 😀

      Reply

  9. gue suka ama benci ni anime,,sukanya karena ceritanya gak bikin jenuh lagian gue suka ada yang berbau romance apalagi tentang polisi dan penjahat kaya yang satu ini,,bencinya akhir episode di ryusei no gemini ama yang pertama gak sesuai harapan gue,,gue ingin si Hei ama si Misaki jadian…bner2 dah kecewa berat SOB!!!!!!tapi the best lah ini anime,,kedua dari Bleach!!

    Reply

  10. hahaha masak hei sama misaki jadian nggak mungkin sepertinya mas hei kan udah cinta ama yin >.< …….

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s