09
Nov
08

Cerutu Temanggung

Gw ngerasa bingung waktu di Temanggung, mau bawain apa ya buat oleh2? Ada sih kaos kayak Dagadu tapi asli bikinan arek Temanggung, Gage (liat di sini). Anak2 juga udah pada mau dan setuju mau beli itu, namun apa daya, tokonya rupanya ada di Kecamatan Parakan, jauh dari posisi kami di Kecamatan Temanggung. Gimana kalo oleh2nya makanan? Mau bawa apa? bawain orang Bandung Kupat Tahu khas Temanggung? Basi dong…. Kata nyokap ada gitu sejenis keripik, tapi waktu di sana gw belum berpikir jauh untuk membawakan ibu kos dan temen2 gw yang ga ikut studio oleh2, so gw dengan entengnya bilang “ga usah beli oleh2 lah, gw ga suka ngemil..”. Baru sekarang deh nyeselnya…

Akhirnya hari apa gitu gw lupa, temen2 gw berhasil nemuin pabrik cerutu. Waktu itu abis nyari data ke instansi2, sorenya kan kosong, jalan2 deh. Dari luar sulit diterka kalo itu adalah pabrik cerutu. Istilah “pabrik” bukan berarti harus gedhe lho, karena tempatnya ini kecil, kayak ruko biasa. Ada papan nama kecil yang menandakan kalo itu adalah tempat pembuatan cerutu, bisa dilihat kalo kita jalan. Sayang banget tampak luarnya ga gw foto….

Waktu itu yang beli cuman seorang temen gw. Besoknya (ato lusa yah?) rombongan yang ke sana beda lagi, banyakan anak cewek. Mereka semua beli, udah kayak borongan gitu… Orangnya yang jual sampe heran, “Perempuankok ngerokok ya? Buat siapa tho ini semua?”. Kami semua ngakak dibuatnya…. Gw juga beli satu, dan ini di bawah fotonya. Murah kok, cuman 17.800 rupiah sekotak itu, isinya 20. Kelewat murah gw rasa….

Cerutu Temanggung

Pabrik Cerutu 1

Transaksi

Pabrik Cerutu 2

Pabrik Cerutu 3

Pembuatan

Pabrik Cerutu 4

Daun Tembakau

Pekerja

Lagi-lagi cerutu

Pabrik Cerutu 5

Transaksi 2

Tumpukan Cerutu siap bungkus

22 Responses to “Cerutu Temanggung”


  1. 1 subkhan khamidi
    2 December 2008 at 04:28

    Terimakasih atas sedikit perhatian mengenai Gage – Kaos Temanggungan, memang sih tempatnya masih dirumah orantua (masuk kampung lagi), maklum modal masih sedikit, bagu bisa untuk cetak beberapa puluh kaos plus tas kertas dan stiker sebagai kelengkapan bonusnya, namun semangat buat bikin souvenir Temanggung sudah menggebu (sudah sangat ketinggalan dengan kota2 lain sih) jadi ya..dengan modal semangat dan sedikit dana yang ada kami coba untuk berdiri, namun bagi yang berminat untuk pesan lewat Internet ( dengan cara transfer kemudian kaos kami paket) bisa kunjungi di http://www.klikgage.wordpress.com

    Doakan semuanya agar berjalan lancar, semoga sedikit demi sedikit bisa meningkatkan kualitas, produk, sarana dan prasarana agar bisa memenuhi keinginan konsumen dan memeriahkan Kab. Temanggung
    Salam…..

  2. 2 Jayabaya
    8 December 2008 at 11:26

    Wah, foto yg ini juga bagus Sop….

    Bener tuh, kalo pencahayaannya cukup hasil kamera digital bisa menyamai kualitas hasil SLR.

  3. 8 December 2008 at 14:08

    Hehe…. foto yang paling bawah tuh diambil pake hape gw loh…. 5 megapiksel… ^^

  4. 5 January 2009 at 10:56

    bos,,

    bsa tau almatnya ga??

    seringkali temen2 kerja nanyain cerutu asli temanggung..
    (tp merknya bkan yg diats.,, yg ditanyain tu merk “LO**S”)..

    yang konon katanya bagi pengemar cerutu,,cerutu temanggungan ini banyak “diperbincangkan”.

    maturnuwun,,

  5. 7 January 2009 at 10:14

    Aduh, maap mas saya lupa nama jalannya, tapi seandainya saya diajak ke sana dan disuruh nunjukin arah jalannya, Insya Allah saya masih ingat…. 🙂

    Aduh, seandainya ada petanya…. 😦

  6. 4 May 2009 at 03:23

    pak..mohon ijin..
    untuk copy paste ke link saya ya..
    thanks..

  7. 4 May 2009 at 04:43

    Monggo, monggo… ^^

  8. 5 January 2010 at 09:49

    wih…cerutu temanggung mas…lom pernah coba mas.. enakan mana ya sama cigarilos…hehehe

    • 5 January 2010 at 13:26

      Waduh, apa itu cigarilos?? :mrgreen:

  9. 10 hasbie
    7 August 2010 at 17:16

    kykny hdup loe bner2 dnkmati sob..bisnis cerutu kyknya ok tuh..and aku mo gbung hehe..

  10. 17 August 2010 at 19:21

    buat apaa beli cerutu? menganjurkan orang untuk merokok..?

    *bukannya cerutu gitu kalo disimpan kelamaan bisa jamuran ya? eh ato ga..?

    • 17 August 2010 at 19:24

      Kata orang, cerutu itu, kalo penyimpanannya bagus, bisa enak. 😉

  11. 13 unu
    26 December 2010 at 14:23

    wah asik nich.. kemaren saya baru jalan2 ke pabrik cerutu PD TARU MARTANI di jogja…
    sayang banget pdahal deket dari jogja ke temanggung.. sayangnya saya baru tau sekarang ada pabrik cerutu temanggung… thx infonya..

    • 27 December 2010 at 19:29

      Sama-sama, maap saya gak bisa bantu lebih jauh lagi, saya lupa tempatnya… 😦

  12. 15 neva
    27 January 2011 at 14:30

    wach, share alamat tuh pabrik cerutu dunk. temen dari bandung ada yg minta dikirim cerutu khas temanggung.

    • 27 January 2011 at 21:19

      Ehem… maap saya lupa… 😐
      Tapi kalo arah jalannya, saya masih inget. 🙂

  13. 17 Penikmat cerutu
    21 April 2011 at 20:16

    Mas, saya minat nie cobain cerutunya, bisa pesen beli ke mas nya ?, saya ambil 2 kotak, ongkir saya tanggung, kontak ke email saya mas. 🙂

    • 22 April 2011 at 10:24

      Eh maap, saya gak di Temanggung lagi. 😳
      Saya juga ga tahu nomor kontak pabrik cerutu di sana. Maap.

  14. 1 May 2011 at 17:41

    Wah saya yg lebih deket ke Temanggung malah baru tau kalau ada cerutu khas temanggung, makasih infonya… 😀

    • 2 May 2011 at 10:39

      Haha, mungkin bukan “cerutu khas temanggung”, saya hanya asal sebut karena saya gak tahu seluk beluk cerutu. Saya bukan perokok. 😀

  15. 21 fauzi
    20 October 2011 at 15:16

    tuuh t4nya dim sob, ada no tlpnya gk y, penasaranneh ma ceritunya..

    • 21 October 2011 at 21:12

      Maap saya gak tahu. 😦


Leave a Reply

Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 973 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



