Cerutu Temanggung

Gw ngerasa bingung waktu di Temanggung, mau bawain apa ya buat oleh2? Ada sih kaos kayak Dagadu tapi asli bikinan arek Temanggung, Gage (liat di sini). Anak2 juga udah pada mau dan setuju mau beli itu, namun apa daya, tokonya rupanya ada di Kecamatan Parakan, jauh dari posisi kami di Kecamatan Temanggung. Gimana kalo oleh2nya makanan? Mau bawa apa? bawain orang Bandung Kupat Tahu khas Temanggung? Basi dong…. Kata nyokap ada gitu sejenis keripik, tapi waktu di sana gw belum berpikir jauh untuk membawakan ibu kos dan temen2 gw yang ga ikut studio oleh2, so gw dengan entengnya bilang “ga usah beli oleh2 lah, gw ga suka ngemil..”. Baru sekarang deh nyeselnya…

Akhirnya hari apa gitu gw lupa, temen2 gw berhasil nemuin pabrik cerutu. Waktu itu abis nyari data ke instansi2, sorenya kan kosong, jalan2 deh. Dari luar sulit diterka kalo itu adalah pabrik cerutu. Istilah “pabrik” bukan berarti harus gedhe lho, karena tempatnya ini kecil, kayak ruko biasa. Ada papan nama kecil yang menandakan kalo itu adalah tempat pembuatan cerutu, bisa dilihat kalo kita jalan. Sayang banget tampak luarnya ga gw foto….

Waktu itu yang beli cuman seorang temen gw. Besoknya (ato lusa yah?) rombongan yang ke sana beda lagi, banyakan anak cewek. Mereka semua beli, udah kayak borongan gitu… Orangnya yang jual sampe heran, “Perempuankok ngerokok ya? Buat siapa tho ini semua?”. Kami semua ngakak dibuatnya…. Gw juga beli satu, dan ini di bawah fotonya. Murah kok, cuman 17.800 rupiah sekotak itu, isinya 20. Kelewat murah gw rasa….

Cerutu Temanggung

Pabrik Cerutu 1

Transaksi

Pabrik Cerutu 2

Pabrik Cerutu 3

Pembuatan

Pabrik Cerutu 4

Daun Tembakau

Pekerja

Lagi-lagi cerutu

Pabrik Cerutu 5

Transaksi 2

Tumpukan Cerutu siap bungkus

22 Comments

  1. Terimakasih atas sedikit perhatian mengenai Gage – Kaos Temanggungan, memang sih tempatnya masih dirumah orantua (masuk kampung lagi), maklum modal masih sedikit, bagu bisa untuk cetak beberapa puluh kaos plus tas kertas dan stiker sebagai kelengkapan bonusnya, namun semangat buat bikin souvenir Temanggung sudah menggebu (sudah sangat ketinggalan dengan kota2 lain sih) jadi ya..dengan modal semangat dan sedikit dana yang ada kami coba untuk berdiri, namun bagi yang berminat untuk pesan lewat Internet ( dengan cara transfer kemudian kaos kami paket) bisa kunjungi di http://www.klikgage.wordpress.com

    Doakan semuanya agar berjalan lancar, semoga sedikit demi sedikit bisa meningkatkan kualitas, produk, sarana dan prasarana agar bisa memenuhi keinginan konsumen dan memeriahkan Kab. Temanggung
    Salam…..

    Reply

  2. Wah, foto yg ini juga bagus Sop….

    Bener tuh, kalo pencahayaannya cukup hasil kamera digital bisa menyamai kualitas hasil SLR.

    Reply

  3. bos,,

    bsa tau almatnya ga??

    seringkali temen2 kerja nanyain cerutu asli temanggung..
    (tp merknya bkan yg diats.,, yg ditanyain tu merk “LO**S”)..

    yang konon katanya bagi pengemar cerutu,,cerutu temanggungan ini banyak “diperbincangkan”.

    maturnuwun,,

    Reply

  4. Aduh, maap mas saya lupa nama jalannya, tapi seandainya saya diajak ke sana dan disuruh nunjukin arah jalannya, Insya Allah saya masih ingat…. 🙂

    Aduh, seandainya ada petanya…. 😦

    Reply

  5. buat apaa beli cerutu? menganjurkan orang untuk merokok..?

    *bukannya cerutu gitu kalo disimpan kelamaan bisa jamuran ya? eh ato ga..?

    Reply

  6. wah asik nich.. kemaren saya baru jalan2 ke pabrik cerutu PD TARU MARTANI di jogja…
    sayang banget pdahal deket dari jogja ke temanggung.. sayangnya saya baru tau sekarang ada pabrik cerutu temanggung… thx infonya..

    Reply

  7. Mas, saya minat nie cobain cerutunya, bisa pesen beli ke mas nya ?, saya ambil 2 kotak, ongkir saya tanggung, kontak ke email saya mas. 🙂

    Reply

    1. Haha, mungkin bukan “cerutu khas temanggung”, saya hanya asal sebut karena saya gak tahu seluk beluk cerutu. Saya bukan perokok. 😀

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s