02
Mar
09

Keberuntungan di Umur ke-50

Hmmm… Hari ini ITB berulang tahun yang ke-50, sebuah umur emas yang patut dibanggakan. Tapi, kalo dipikir-pikir lagi, apa bener umur segini bisa dibanggakan? Kalo dibandingkan dengan universitas-universitas lain di seluruh dunia yang umurnya udah lebih dari ratusan tahun, rasanya ITB ini masih seumur jagung, masih seperti anak kemarin sore. Dengan umur segini, masih banyak yang belum tercapai oleh ITB, masih banyak hal-hal yang tidak dimiliki oleh ITB, padahal ITB sudah terkenal di jagat internasional. Harusnya ITB bisa lebih dari yang sekarang, “lebih” dalam artian lebih baik, lebih bagus, pokoknya segala lebih deh, kalo dibandingkan dengan semua perguruan tinggi di Indonesia ini.

Gw cukup kaget waktu baca koran Pikiran Rakyat, di sana disebutkan bahwa hanya 30% dari total jumlah mahasiswa baru yang diterima melalui SNMPTN (seleksi nasional mahasiswa perguruan tinggi negeri), sisanya diterima melalui jalur khusus, yaitu USM (ujian saringan masuk). Kaget, karena ini artinya semakin lama yang bisa masuk ke ITB cuman orang berduit aja. Kita semua tahu, bahwa masuk lewat USM itu bayarnya mahal, setiap tahun biayanya naik. Tahun 2009 ini biaya masuk minimal sebesar 60 juta rupiah, beda waktu tahun 2006 lalu waktu gw masuk yang “cuman” 45 juta rupiah (minimal). Wow! Kalo gitu gimana caranya orang berotak encer tapi ga mampu? Emang sih patut diakui bahwa kualitas orang yang melewati USM itu lebih baik dari pada yang melewati SNMPTN, seperti yang dikatakan oleh Rektor ITB sendiri, Pak Djok Santoso. USM itu punya standar sendiri, tidak seperti SNMPTN yang menerima masuk mahasiswa sesuai dengan jumlah kursi yang tersedia. Kalo USM punya standar minimal di setiap jurusan yang dipilih. Jadi, kalo misalnya yang lolos kualifikasi SAPPK cuman sepuluh orang, ya yang diterima masuk lewat USM cuman segitu, sisanya berarti diisi dari hasil SNMPTN. Inilah yang dikatakan oleh Pak DjokSan.

Sebenernya ada sih jalur masuk yang (bisa dibilang) gratis, alias ga bayar. PMBP namanya, Penelusuran Minat, Bakat, dan Potensi. Ini sebenernya sama aja dengan USM, cuman namanya aja yang beda. Kalo USM tuh sekarang cuman ada di daerah (di luar Bandung), kalo USM terpusat tahun ini namanya  PMBP-ITB (sampai tahun lalu masih USM terpusat namanya). Tertulis di situs “http://www.itb.ac.id/usm-itb/PMBPPusat/IndexFolder.htm”, bahwa yang boleh ga bayar SDPA (Sumbangan Dana Pengembangan Akademik) adalah siswa yang pernah dapat medali olimpiade tingkat nasional (apalagi internasional), siswa yang melewati jalur Beasiswa Ekonomi Lemah dan jalur Beasiswa Penuh, dan siswa yang sejak awal memilih beberapa jurusan tertentu (ada lima, monggo dilihat ke situs di atas…).

Kalo gitu, sebenernya bisa dong orang kurang mampu masuk ke ITB? Iya, menurut gw emang masih bisa, dan kesempatannya sangat terbuka sekali. Apalagi sebenernya, ada banyak banget beasiswa yang bisa diambil kalo kita udah masuk ITB. Tinggal kita aja yang musti rajin-rajin cari informasi. Ada beasiswa penuh sampe lulus, ada beasiswa yang per tahun, per semester, banyak lah pokoknya. Bisa dibilang, orang yang kurang mampu masih bisa survive di ITB. Kalo mahasiswanya pintar, dan dosennya baik, kadang dosennya mau kok bantu cari bantuan dana untuk si mahasiswa (ini cerita NYATA lho, kata temen2 gw).

Tapi… tapi nih… ITB kan sekolah milik rakyat, jadi harusnya merakyat, ya ‘kan? Seharusnya prosentase yang diterima lewat jalur khusus dengan yang umum (SNMPTN) jangan terlalu timpang gitu. Ya setidaknya 50 – 50 lah, biar kesempatan rakyat Indonesia yang pengen sekolah di ITB lebih besar. Apa mungkin karena status hukum ITB sebagai BHP (badan hukum pendidikan), jadi perguruan tinggi harus cari dana sendiri? Apalagi di UU BHP tertulis bahwa PTN harus menyediakan beasiswa bagi (minimal) 20% mahasiswanya yang miskin. Apakah aliran dana dari mahasiswa yang melewati jalur khusus diberikan sebagian untuk mereka?        ……. Who knows…?

Yah, gw sih berharap aja dengan umur ITB yang baru menginjak 50 tahun ini, semoga laju perkembangannya berbanding lurus dengan pertambahan umurnya. Masih banyak yang harus diperbaiki ITB, dari segi kualitas dan kuantitas pengajarnya sampe kualitas prasarana-nya. Kalo ada yang belum pernah masuk ke dalam ITB, coba deh sekali-sekali datang dan masuk. Mungkin Anda bakal ngerasa sedikit kecewa kalo melihat langsung keadaan kampus ITB. “Apakah ini yang disebut-sebut sebagai institut teknik terbaik di Indonesia?” mungkin ada yang berpikir begitu nanti. Hehehe… 😀 Bukannya menjelek-jelekkan almamater sendiri nih, tapi emang beginilah kenyataannya. Gedung2 banyak yang kurang terurus, catnya yang udah kusam, jalan aspal dalam kampus yang mulai rusak… 

Semoga ITB bisa lebih baik lagi dan menjadi kebanggaan Indonesia di dunia Internasional!!!

Advertisements

8 Responses to “Keberuntungan di Umur ke-50”


  1. 1 Vahn
    3 March 2009 at 11:58

    Selamat Ultah ke-50 untuk ITB!!! Sampaikan salamku Sop, untuk ITB!!

    Salam Ganesha!! *Sotoy bgt gw… ^^

  2. 2 Josse
    6 March 2009 at 03:54

    Mo ngucapin ultah juga ah… Met ultah ke-50, ITB!!

  3. 24 September 2010 at 06:24

    Huheehhehe kok gue jadi kebayang bayang raffie ahmad ama yunisara ya???
    Qkqkqkqkqkk
    Eh gue komen di sini, karna menurut gue aman, komen cuman 2 plus gue satu hueheheheehe

    • 24 September 2010 at 15:17

      Lho lho, hubungannya apa ya?

      Yasud lah, terserah mau ngekomen di mana, pokoknya jangan lupa ninggalin jejak.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 973 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: