04
Mar
09

Sedikit Solusi Untuk Pemanfaatan Jumlah Penduduk

Langsung kepikiran ini nih, habis pulang kuliah Pengembangan Komunitas, terbersit ide ini. Gw ga tau ide ini orisinil ato nggak, mungkin udah ada negara lain yang memberlakukan peraturan ini. 

Jadi tadi tuh sempet diomongin pas kuliah, semenjak rezim Pak Harto, program KB (Keluarga Berencana) udah ga berhasil lagi, bisa dibilang udah “berhenti”, stagnan. Banyak keluarga saat ini yang punya anak lebih dari dua. Nah, gw jadi punya cara supaya sumber daya manusia yang lahir ini tidak “sia-sia”. Negara kita ini kan negara dengan jumlah penduduk yg sangat besar, 200 juta lebih jiwa. Tapi ironisnya, dengan jumlah penduduk segitu banyak, jumlah tentara kita menurut sumber yg gw baca cuman sekitar 316.000 tentara aktif. Padahal, jumlah ideal tentara itu adalah 0,4 % dari jumlah total penduduk, ato sekitar 800.000 tentara. Begitu juga dengan jumlah polisi kita, tercatat jumlah polisi di seluruh Indonesia berjumlah 363.000 personil. Kalo dihitung rasionya terhadap jumlah penduduk total, rasionya 1:1500. Ini artinya setiap seorang polisi mengawasi 1500 penduduk. Padahal standar PBB rasionya 1:400 atau 1:300.

Nah, gimana kalo gini. Buat aja peraturan yang mewajibkan anak ke-3 masuk militer, dan anak ke-4 masuk dinas kepolisian. Gimana untuk anak selanjutnya, ke-5 dan seterusnya? ……… Belom ada ide.. ^^

Jadi, sumber daya manusia Indonesia ini bisa dimanfaatkan, terutama yang di desa-desa. Anak-anak muda dari pada ga ada kerjaan, nganggur jadi beban orang tua, apalagi anak ke-3 dan seterusnya, mending masuk militer dan kepolisian. Mungkin bisa juga diberi kemudahan dalam proses pendaftaran masuknya, mungkin formulirnya gratis, ato tidak ditarik biaya seragam ato baju. Semacam itu lah… 

Ada gak ya negara yang udah mencanangkan aturan ini? 

Advertisements

10 Responses to “Sedikit Solusi Untuk Pemanfaatan Jumlah Penduduk”


  1. 1 Bung TomoSUKE
    4 March 2009 at 09:12

    Hmmm.. boleh juga idemu Sop… kok ta pernah terpikirkan olehku…

  2. 4 March 2009 at 22:17

    wadiuh, sip juga siyh, lha tapi blum tentu si anak ke-3 n ke-4 nya mau :mrgreen: , hehe..
    nisa jd mbayangin adikq jd tentara, adiuh biyung, hehehe…

  3. 3 Arm
    5 March 2009 at 12:47

    boleh juga tuh ide-nya…
    ntar pada rame2 2 anak cukup 😉
    nah, kalo anak ke-3 kebetulan (maaf) terlahir cacat, itu baru bermasalah 😕

  4. 6 March 2009 at 01:14

    Lah, makanya itu, mau gak mau HARUS masuk militer. Kan ga harus jadi yang bertugas di lapangan, mungkin bisa jadi bagian administrasinya, ato jadi dokter militer. Begitupun dengan kepolisian.

    Kalo misalnya cacat… nah itu baru ada pengecualian… boleh2 aja menolak.. KECUALI kalo si anak ngotot pengen masuk militer ato kepolisian.

  5. 5 Josse
    6 March 2009 at 03:46

    Heeee… Boleh juga… Kalo gitu aku entar punya anak ga usah banyak2 ah… ^^

  6. 6 March 2009 at 07:38

    Haduuu..langsung aja dicanangkan WamiL kaya USA gitu… Biar semua warga terjunjung hatinya untuk membela negaranya …hahaaaa… salam kenal sob..

  7. 6 March 2009 at 09:58

    ehh… ada pe er buat pean di blogku… dichek yahh… 🙂

  8. 6 March 2009 at 10:03

    aku dahh lama gak baca komikk….

    1 bulan paling…

    euh, dikerjaiinn yak, pe ernya… 😛

  9. 9 Itmam
    6 March 2009 at 12:01

    he.. keren juga idenya… tapi aku anak kedua 😀 beruntung dong ga wajib militer 😉

  10. 6 March 2009 at 15:36

    @ drizzletrouble

    Udah aku kerjain PR-nya… Monggo dilihat… ^^

    @ Itmam

    Kalo anak pertama ama kedua, ga wajib masuk kemiliteran ato polisi, tapi kalo emang mau, monggo, ga dilarang… ^^

    @Rezart

    Bener itu.. Tapi ini tujuan utama yg terpikirkan cuman untuk memenuhi kuota jumlah tentara ama polisi itu aja… Hehehe… Kalo udah memenuhi? ……. Belom terpikirkan….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 972 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: