Kuis Pendidikan yang Lucu

Suatu pagi…            (tadi pagi)

Menunggu waktu berangkat kerja….

Saya dan adik saya nonton acara di stasiun TV swasta lokal. Acaranya berupa kuis untuk anak SMA. Ada tiga SMA yang diundang. Saya ga sebutkan SMA berapa (selain karena lupa juga…). Pertanyaannya berhubungan dengan pelajaran. Terbagi atas kategori, seingat saya tadi lho, umum, matematika, bahasa Inggris, sosiologi, dan ekonomi.

Ada sesuatu yang bikin kami berdua tertawa ngakak. Pas pertanyaan pertama di sesi pertama, pertanyaannya begini: “Siapa nama raja termuda di Majapahit?

Adik saya begitu tahu pertanyaan ini, dia bilang “Wah, gampang banget ini…”

Ada pilihannya di layar besar di sana. Pilihannya: a. Mpu Tantular b. Hayam Wuruk c. Ken Arok

Cepat sekali ada satu tim yang menjawab begitu pembawa acara selesai membacakan pertanyaan dan daftar jawabannya. TEEEEEET! Begitu bunyi bel-nya. Tim itu langsung menjawab “C, Ken Arok!”   :mrgreen:  :mrgreen:  :mrgreen:

Adik saya langsung ngakak gak karuan. Seminggu saya di Surabaya, baru kali ini saya ngelihat dia ngakak lepas kayak gini. :mrgreen: Saya pun tertawa juga. Sungguh jawaban yang tak kami duga. :mrgreen:

Mpu Tantular, dia kan bukan raja. Dia (setahu saya) seorang pujangga yang hidup di jamannya Hayam Wuruk. Kalo Ken Arok, dia kan adanya di kisah kerajaan Singosari, ga ada sangkut pautnya ama Majapahit. Jadi, jawaban yang benar ya Hayam Wuruk…. 😀

Yang bikin lucu itu mereka yang jawab ini tegas banget, seperti yakin bahwa jawabannya itu benar…. 😀

Adik saya nyeletuk tadi sebelum dia pergi ke luar, “Wah, Kak, ini kayaknya ada script-nya ini, sengaja dibuat lucu gitu mungkin…

Hahahaha… Pikir saya, “Pake script? emangnya Termehek-mehek?

50 Comments

  1. Hehehehe…lucu-lucu…
    😉 thx kunjungan baliknya, hehe . .oke deh, kita tukeran link..
    uda aq pasang di blogroll tuh… 🙂

    Reply

  2. aku si awalnya ngejawab mpu tantular karena ingatnya kalo hayam wuruk ntu raja dari kerajaan di sulawesi yang punya gelar ‘ayam jago dari apa gitu’. ternyata bukan yaaa, salah ingat? (ngga ingat kalo mpu tantular ntu cuma sastrawan.. yang ngarang buku sutasoma khan? yang ada burung garuda ntu khan? makanya lambang negara kita diambil dari situ.. betul?)

    sedeeep, asop ternyata ahli sejarah juga yaaa..

    hehehe..

    Reply

      1. woh! iya, bener, bener, sultan hasanuddin! habisnya.. teringat yang ayam ntu.. khan di nama hayam wuruk ada ayamnya juga.. hehehe!

        bapak hayam wuruk jangan marah yaaaa..

        Reply

  3. Hiyaaah.. masa quiz pake script 😆

    tapi lucu juga kalo kuis pake script.. dari awal dah ketauan sapa yg menang… 😀

    Reply

  4. Adik saya nyeletuk tadi sebelum dia pergi ke luar, “Wah, Kak, ini kayaknya ada script-nya ini, sengaja dibuat lucu gitu mungkin…“

    kalimat ini yang saya suka dan bikin ngakak…analisa yang bagus

    Reply

  5. saya baca2 komennya malah ngakak2 juga 😆

    btw,

    Kalo Ken Arok, dia kan adanya di kisah kerajaan Singosari, ga ada sangkut pautnya ama Majapahit.

    sebenernya ada sangkut pautnya sih.. Ken Arok kan pendiri Singosari, dan raja terakhir Singosari itu Kertanegara yg terkenal memperlakukan utusan Mongol dengan semena-mena. Nah, ketika Singosari runtuh oleh pemberontakan Jayakatwang, ada menantu Kertanegara yaitu Raden Wijaya lolos dari cengkeraman Jayakatwang. Raden Wijaya ini yang terkenal karena memanfaatkan kedatangan pasukan Mongol untuk menghabisi Jayakatwang (padahal aslinya untuk menghajar Kertanegara), dan kemudian mendirikan kerajaan Majapahit. Sementara Hayam Wuruk adalah raja termuda Majapahit yg juga keturunan Raden Wijaya 😉 jadi, masih ada hubungannya kan ya.. 🙂 *hehe, maksa*

    Reply

  6. Aku ngak tau sejarah :P, tapi kemudian terbahak-bahak saat baca komentar-komentar di sini… 😆

    Reply

  7. wahahaahhaa…
    mungkin yg jawab tu anak ipa, tapiii mungkin juga sih ada scriptnya, wkwkkwkwk :mrgreen:
    btw, adeknya kelas brapa mas?
    jadi inget game “are you greater than the 5th grader” 😀

    Reply

  8. kok cuma segitu??? ga lucu deeeeech… biasa aja, apa dah ga ada yang lebih seru??????
    tapi ga apa2 aq anggapx lucu juga. ha…..ha….ha…… 1000000X sorry yach, coz turut meramaikan aja.

    Reply

  9. Bercermin dari nilai pelajaran sejarah ya ketika sekolah berpuluh tahun lalu, saya jawabnya “ga tau”… 🙂 *terbayang muka guru sejarah yang sudah bersusah payah mengajar sayah

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s