Surabayaku yang Membanggakan (Benarkah?)

Bangganya jadi orang Surabaya. 😀

Kota yang membanggakan (setidaknya buat saya).

Ada banyak wahana dan tempat yang serba ter- di Surabaya. Mungkin bener, mungkin nggak. Ini yang di-klaim ama si pembuat. Saya males untuk mencari kebenaran infonya. Tempat2 itu adalah:

1. Punya kebun binatang (yang katanya) terbesar se-asia tenggara, yaitu Kebun Binatang Surabaya (KBS).

2. Punya rumah sakit (yang katanya) terbesar se-asia tenggara, yaitu RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Dr. Sutomo.

3. Punya water park (yang katanya) terbesar se-asia tenggara, yaitu Ciputra Water Park.

4. Punya jembatan (yang katanya) terpanjang se-asia tenggara, yaitu Jembatan Suramadu.

For your info:

1. Dapet penghargaan MURI, mencatat Surabaya sebagai pemrakarsa dan penyelenggara pembangunan taman kota dan perubahan SPBU dengan jumlah terbanyak (13 taman) di Indonesia.

2. Setiap bulan Mei, sebulan penuh ada aturan khusus pemerintah kota kepada pengusaha untuk memotong harga barang dagangannya alias DISKON di pusat perbelanjaan. Ini dalam rangka HUT Kota Surabaya.

3. Surabaya adalah pusat pengembangan wilayah Indonesia Timur.

4. Sampai saat ini, ruang terbuka hijau (RTH) di Surabaya baru mencapai 20,8 % dari 30% yang diharuskan sesuai dengan UU No. 26 Tahun 2007 tentang penataan ruang. 😀

————————————————————————————————————————————————–

Sumber gambar dari sini, sini, sini, sini, dan sini.

30 Comments

  1. 1. Punya kebun binatang (yang katanya) terbesar se-asia tenggara, yaitu Kebun Binatang Surabaya (KBS).

    jangan2 ini salah satu yg lepas :mrgreen:

    [j/k] 😛

    Reply

    1. Perihal macet itu emang masalah semua kota besar.. apalagi di negara berkembang….

      Setahu saya udah banyak alternatif yang direncanakan (baru sebatas direncanakan)ama pemkot, mulai frontage road (ini untuk jl. Ahmad Yani lho…) sampe outer ringroad (entah apa ini). Yah doakan saja semua bisa terlaksana. Tinggal walkot Surabaya aja yang harus tegas dalam mengambil keputusan.

      Reply

    1. Monggo, silahkan kunjungi Surabaya ini… :mrgreen:

      Makin banyak yang dateng, makin besar PAD yang diterima Surabaya…. 😀

      Reply

  2. tapi KBSnya skrg gak kayak dulu. . . skrg kurang terawat mas *kebetulan adek n sodara bru ke sana*

    iya, panas tenaaan… adooh.. kok mau2nyaa diriku ndaftr bwt kuli di sana… padal kayake enakan di malang :mrgreen: . doain lulus snmptn ya mas 😀

    Reply

  3. pun begitu… masih kurang sejuk.. karena semakin hari, semakin panas saja.. trus PKL masih banyak yang harus ditertibkan, walaupun tidak tega kalau sampai mereka kebingungan cari tempat tinggal.. kasihan… semoga pemkot dan pemda sby dapat bekerja lebih maxy lagi buat sby tercinta..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s