Balada Mahasiswa #2

Betty, seorang mahasiswi tingkat 4 (yang bisa dibilang) rajin (namun tidak tekun), senang menanyakan hal-hal “kecil” untuk keperluan Tugas Akhir-nya.

Betty : “Bu, benar ukuran font-nya segini? Jenis font-nya times new roman ya, Bu? Bukan Arial?
Dosen  : “Iya, benar. Di draft yang sudah saya perbaiki sudah ada perbaikan-perbaikannya, termasuk indentation dan paragrafnya.”
Betty : “Iya, Bu, makasih banyak.”       *membuka-buka draft-nya*

Betty: “Jarak antara batas halaman atas dengan judul bab sudah benar segini, Bu?”

Dosen: *melihat ke arah Betty menunjuk di draft-nya* “Oh, belum saya betulkan, ya? Itu seharusnya begini…. begitu… bla bla..”
Betty : “Baik, Bu….”
Dosen  : “Tenang aja, kamu nanti kasih ke saya lagi yang sudah kamu perbaiki, nanti saya lihat lagi.”
Betty : “Iya, maap ya Bu, saya terlalu banyak menanyakan hal2 yang kecil.”
Dosen  : “Nggak apa-apa…”       *tersenyum*
Betty : “Maklum, Bu, saya baru pertama kali ngambil TA…”

————————————————————————————————————-

Ireng dan pembimbingnya sedang berdiskusi mengenai TA. Awalnya pembicaraan tepat pada sasaran awal, yaitu substansi TA. Lama kelamaan malah menjadi “debat kusir”.

Dosen  : “Kamu mau mengikuti prinsip hidup ‘seperti air mengalir’?”   *tatapan kesal*
Ireng : “Iya Pak.”   *tatapan tegas*
Dosen  : “Lho, kamu ini gimana to? Air itu kan mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah kan? Jadi kamu mau semakin lama kamu jadi makin rendah?”
Ireng :     *terdiam*
Dosen  : “Makanya, kamu harus seperti ‘air yang terpompa’ supaya dari bawah kamu bisa ada di posisi atas.”
Ireng : “….”    *mengangguk-anggukkan kepala*

————————————————————————————————————-

Jakun berjalan menuju kamar Ireng untuk meminjam sepatu, karena sepatunya basah akibat hujan kemarin.

Jakun : “Reng, gue pinjem sepatu lu yak, cuman buat bimbingan kok, dari pagi ampe sore sih.”
Ireng : *melihat jam, menunjukkan waktu pukul 7.50 “Ampe sore? Serius lo bimbingan segitu lama?”
Jakun : *melihat jam tangannya “Yaaa… sebenernya ketemu Pak Tr***** jam 12 siang, tapi gue pengen nongkrong dulu di perpustakaan, nyari bahan.”
Ireng : “Ya udah, pinjem aja yang putih itu…”

Pukul 11.30, hujan mulai turun. Ireng yang sedang di kamarnya, mendengar Jakun pulang.

Ireng : “Lah, kok lo udah pulang?”
Jakun : “Gue tadi niat awal cuman pengen balikin nih buku, berat di tas, gue bawa laptop soalnya. Pengen balik lagi. Tapi ternyata gue kehujanan, basah kuyup gini…”
Ireng : “Lo mau balik lagi?”
Jakun : *terdiam “Mungkin nggak lah, hujan makin deres gitu…”
Ireng : “Serius lo? Udah janji kan ama Pak Tr*****?”
Jakun : *terdiam lagi “Ah, dia pasti ngerti lah, hujan deres gini…”
Ireng : “……. Oke kalo gitu….”

Pukul 13.00 lebih sedikit, hujan sudah berhenti sepenuhnya. Ireng mendengar suara kegaduhan seperti orang buru2 berlari, dan dia melongok keluar kamarnya.

Ireng : “Ngapain lo??”
(ternyata) Jakun: “Hujan udah berhenti tuh, mau ke kampus lagi gue, takutnya Pak Tr***** marah…”
Ireng : “…. Lah….”

—————————————————————————————————————————————————————–

Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.

60 Comments

  1. Untuk betty & dosen : saya geli dengan kalimat terakhirnya, baru pertama kali ambil TA. Kesannya agak gimana gitu. hehe..

    Untuk ireng & dosen : ini dosen hobi debat juga yaa..

    Untuk ireng & jakun : ini pernah aku alamin 😀

    Reply

    1. Huahahaha! :mrgreen:

      Dosen memang ada bermacam-macam yah… ada yang sabar dan telaten menerangkan, ada juga yang saking sibuknya sampe bimbingan cuman dilakukan via kirim-mengirim draft…. :D:D

      Reply

      1. dosen juga manusia biasa.

        terkadang suka lupa antara profesi dan hubungan sosial.

        sebenernya mereka memang sibuk atau sedang nggak mood dan jeli dari si mahasiswa bagaimana membaca mood si dosen.

        Reply

  2. Hi hi…, kalau pas jadi mahasiswa ada banyak hal-hal “lucu” yang kadang lewat di depan mata kita. Rasanya kalau dinget-inget lagi, bisa bikin perut sakit karena cekikikan 😀

    Reply

  3. Saya juga dulu waktu buat TA pasti konsultasi dulu sama dosen. Sampai 3 kali skripsi saya di perbaiki, baru deh disetujui.

    Reply

  4. Betty : ya iyalah baru pertama kali ngambil TA, emang mau rencana ngambil berapa kali non?
    Ireng : OOT pak 😐
    Jakun : klo dosennya pengertian sih bagus, worst casenya dia ngamuk2 karena udah nungguin sejak lama dan bilang “Hujan? kamu tau penemuan inovatif yg bernama payung dan jas hujan nggak??!!”

    Reply

    1. Well, menurut saya payung dan jas hujan itu masih buruk dalam melindungi kita dari hujan…
      Make payung, tas dan sepatu kita masih basah. Gimana kalo melewati genangan air? 😀

      Coba kalo ada jas hujan (bukan ponco) yang bisa mengeringkan sendiri dirinya… 😦

      Reply

  5. wah… mahasiswa…mahasiswa…
    pernah juga tuh ngerasain, bikin tugas…nanyain hal2 gak penting… bukan substansi malahan.. hehe

    Reply

  6. Aeh, pengalaman TA saya gak enak. Dosen yang mestinya jadi pembimbing malah sekolah lagi pas saya mulai kerja. Dosen2 penggantinya gak ada yang ngerti jalan pikiran saya.. 😦

    Reply

  7. kata temen saya ,air itu memang kalo mengalir menuju got,hehehe..

    jadi hidup gak bisa mengalir,tapi harus direncanakan:D

    Reply

  8. hahaha.. TA memank slalu jd masalah.. air memank selalu mengalir dari atas kebawah ya.. makannya harus jd pompa yg dari bawah keatas.. setuju.. hehe.. logika yg kerenn… 😉

    Reply

  9. er. rasanya pengen tertawa geli pas baca ini 😆 hhehe,.. tapi (doh) baru inget kalo saya sendiri ini mahasiswa. takut kena karma T_T 😆

    Reply

  10. hihihihihi,, lagi2 ngebahas ttg TA.. 😆

    paling suka kata2 dosennya yg ini :

    “Makanya, kamu harus seperti ‘air yang terpompa’ supaya dari bawah kamu bisa ada di posisi atas.”

    hmm,, kalo dipikir2 bener juga, hrs lebih baik (menuju ke atas) jgn ngalir ajah (turun ke bawah) :mrgreen:

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s