Gelap Itu Nikmat…

Semoga tidak ada yang berpikiran aneh-aneh setelah membaca judul post di atas. 😀

Mungkin hanya saya? :mrgreen: *kena timpuk*

Kesukaan saya pada keadaan gelap makin lama makin mengkhawatirkan. Bukan saya yang khawatir, tapi ibu saya. Berkali-kali ibu saya ngewanti-wanti awas mata rusak. Tapi anehnya (gak aneh lagi sih…) saya gak memedulikan itu. Mau siang mau malam, saya selalu berusaha mematikan lampu kamar. Kalo orang lain setiap masuk kamar (tidur) selalu berjalan menuju switch lampu, saya tidak. Saya dalam keadaan gelap-gelapan seperti itu langsung aja berganti baju, berlanjut ke meja komputer saya. 😀

Tenang, hal ini tidak berlanjut saat saya membaca buku. Saya masih cukup waras untuk tidak menyia-nyiakan indera penglihatan saya. :mrgreen: Tapi tetap saja, bagi saya, kegelapan membawa kenikmatan. Para dokter dan ahli ketiduran (maksudnya ahli kesehatan, utamanya tentang tidur) menyarankan bahwa tidur itu lebih baik dalam keadaan gelap. Dalam gelap, tubuh menghasilkan hormon melatonin, sebuah hormon dalam sistem kekebalan yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat (Sumber: di sini). Jadi, dengan kamar gelap, adalah cara alami untuk menjaga kekebalan tubuh (artinya menjaga kesehatan tubuh).

Hehe… dengan cara inilah saya membuat pembelaan. 😆

*******

Kamar Gelap – Efek Rumah Kaca

Maunya sih make theme song Efek Rumah Kaca ini, tapi setelah didenger-denger dan baca-baca liriknya, kok ga nyambung dengan apa yang akan saya tulis? Jadi, ini saya jadikan pajangan aja deh. 😀

———————————————————————————————————————————————————–

Sumber gambar: di sini.

Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.

116 Comments

  1. Sebenarnya beraktivitas dalam gelap tidak ada hubungannya dengan kesehatan mata secara langsung, he he, jadi jangan khawatir, walau banyak yang bilang bisa merusak mata. Tapi kan kita harus membedakan antara fakta dan mitos tentang mata.

    Tapi kalau besok malah jadi photophobia, wah…, itu lain cerita. Jadi orang harus tahu dulu, kenapa memilih gelap, apakah karena memang suka gelap, atau karena sebenarnya menghindari terang. Itu dua hal yang berbeda 😀

    Reply

  2. hehe, saya sebenrnya ga suka gelap2an,, takutnya jadi kalap *mulai OOT* 😀

    tp kalo tdr br deh gelap2an, tp itu pun musti pake lampu tidur, kalo ga mending nyala terus aja.. enatah kenapa parno kalo ga da cahaya sama sekali 😀

    Reply

  3. gelap itu hitam kan?
    kalau begitu saya suka sekali gelap . tentunya, selain atas dasar tersebut, dengan mematikan lampu kita ikut menyelamatkan bumi, hemat energi . heuheuehe 😆

    Reply

  4. Klimaxxxx nya, si Asop mah jago ngeles 😆 , sudah dibilangin jangan membaca ditempat gelap eh…. malah membela dengan membawa poster kaya’ orang yang mau ber demo Dalam gelap, tubuh menghasilkan hormon melantonin wkwkwkwk…………….
    salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan, maaf baru sempat berkunjung 😀

    Reply

  5. Hello my friend,

    I am so thankful you come to my new posts each day on my new blog. Though, I am not getting so much comments.
    This is going to be weird, but I was going to ask if you could ask your friends to come over to my new blog. You get massive comments Asop.

    Reply

  6. katanya c emang gitu …

    kalo sering – sering mata di pake dalam keadaan gelap, retina jadi teruz membesar … dan itu artinya, boros tau …

    lebih baik boros listrik dari pada boros pencahayaan mata …

    Inget, mata itu nggak ada duplikatnya … ^_^

    syukurilah apa yang sudah ada …

    Reply

  7. kalo mia sih tergantung sikon, kalo lagi sakit ga tau suka kenapa suka keadaan ruangan yg agak gelap (sedikit cahaya) soalnya suka pusing liat yg terang2 kalo lagi sakit 😀

    Reply

  8. kamu kena kanker payudara sop? 😆

    Berarti kayak batman dong, keluar pas malem hari.. pas siangnya bobok 😀

    *hayuk kerjain itu skripsi.

    Reply

    1. Wah, Mas Huang ini sembarangan… 😦
      Ingat, mencegah lebih baik dari pada mengobati. 😆

      Siang saya ga tidur, Mas, cuman males menyalakan lampu. :mrgreen:

      *nih skripsi lagi dikerjain*

      Reply

  9. waaa.. saya juga suka gelap-gelapan. khususnya kl mau tidor, saya biasanya suka meditasi bentar dalam gelapnya ruang. asyik memang…

    Reply

  10. sama, lah. tidur lampu dinyalain emang gak enak, kan. dan kalo gelap itu identik dengan sepi juga, kan. ah, kalo saya sih emang orang malam 😆

    Reply

      1. ya… kalo dimatiin, suka ada bayangan hitam berkelebat!!!
        entahlah, mungkin cuma halusinasi saya aj (hiks nyembunyiin jiwa penakut-na) 😀

        Reply

  11. judulnya cukup provokatif…. bagi otak yg rada kotor ya? hihihihi 😀

    yang jelas saya cukup tau apa artinya merusak mata,karena mata saya dulu minus 7 ,jadi cukup ‘buta’ buat ngeliat tanpa kacamata,apalagi ditempat gelap 😉

    yang penting jangan gelap2an berdua sama yg bukan muhrim aja,takutnya nanti si setan nakal ini 👿 lewat hehehe

    Reply

    1. sop tolong direvisi itu kelebihan d di devil ,harusnya ini 👿

      kalo udah ini tolong diapus ya hehehehehe

      maap typo :mrgreen:

      tengkyu berats

      Reply

  12. makasih infonya mas asop…
    bener…kegelapan itu memberikan ketenangan..
    apalagi kalau lagi berkhalwat dengan Allah, lebih enak kalau gelap

    Reply

  13. terus terang kadang aq juga suka gelap Sop… buat ketenangan diri… kalau terang benderang keknya kok malah dag dig dug yaaa… :mrgreen:

    Reply

  14. gelap disini gelap total gak ada cahaya setitikpun???kalo gak ada cahaya dikit aja aku gak bisa nafas….termasuk suka ama kegelapan jugakah itu?
    hehehehe
    salam anget suam kuku dari manado

    Reply

    1. Hmmm… ga terlalu total amat sih. Karena di kamar saya segelap apapun keadaannya, tetep aja cahaya menerobos dari luar. 😆
      Salam anget seanget teh anget manis dari Badnung. 😉

      Reply

  15. kalau saya tidur sendirian, saya sukanya pake lampu yg agak redup
    kalau saya tidur *berdua, lebih enak gelap2an, hahaha

    Reply

  16. haduhhh..klo aq mlah rada takut niy ma gelap,,pa lgi pas mati lampu
    mngkin krna kebiasaan tidur lampu nyala,,kyak”ny perlu dcb niy tdr pake lmpu agak redup
    lam knal,,kunjungan balik
    tukeran link yuk..:D

    Reply

  17. saya juga suka gelap2an,hehehehe… pa lagi waktu tdur! saya paling gak bisa tdur di t4 yang terang cahaya lampu,tp klo udah ngantuk akut sie te2p bs dmana aja :mrgreen:

    Reply

  18. Dalam gelap kita bisa mengasah kepekaan indera tubuh yang lainnya, sebagai karunia indah nan berlimpah dari Sang Maha Pencipta.
    SALAM Kenal..Terimakasih sebelumnya sudah berkenan berkunjung ke blog tusuda.

    Reply

  19. gelap itu ga nikmat sih.. buktinya orang2 lebih milih make lampu (ada listrik) daripada matiin lampu (ga da listrik) kayak jaman dulu kan..? hehe

    Reply

  20. bro, emang paling enak kalo tidur, lampu dimatiin. tapi ingat bro, sayang mata kalo kita melakukan aktivitas sedang kamar melulu dalam keadaan gelap. ente udah pake kaca mata? kalo belom, ga mau kan bermata empat kek ane? wkwkwkwkwk

    Reply

  21. Tidur emang paling enak gelap2an, lebih tenang, lebih dingin, dan jadi lebih ngantuk…
    Wah semoga PLN membaca postingan ini, dan jadi contoh teladan penghematan listrik hehehe…
    🙄

    Reply

    1. Wah wah, Mas ini harus sering baca koran dan searching di internet… 😦
      Udah banyak lho penelitian perihal suasana gelap ini… 😐

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s