05
Apr
10

Gelap Itu Nikmat…

Semoga tidak ada yang berpikiran aneh-aneh setelah membaca judul post di atas. 😀

Mungkin hanya saya? :mrgreen: *kena timpuk*

Kesukaan saya pada keadaan gelap makin lama makin mengkhawatirkan. Bukan saya yang khawatir, tapi ibu saya. Berkali-kali ibu saya ngewanti-wanti awas mata rusak. Tapi anehnya (gak aneh lagi sih…) saya gak memedulikan itu. Mau siang mau malam, saya selalu berusaha mematikan lampu kamar. Kalo orang lain setiap masuk kamar (tidur) selalu berjalan menuju switch lampu, saya tidak. Saya dalam keadaan gelap-gelapan seperti itu langsung aja berganti baju, berlanjut ke meja komputer saya. 😀

Tenang, hal ini tidak berlanjut saat saya membaca buku. Saya masih cukup waras untuk tidak menyia-nyiakan indera penglihatan saya. :mrgreen: Tapi tetap saja, bagi saya, kegelapan membawa kenikmatan. Para dokter dan ahli ketiduran (maksudnya ahli kesehatan, utamanya tentang tidur) menyarankan bahwa tidur itu lebih baik dalam keadaan gelap. Dalam gelap, tubuh menghasilkan hormon melatonin, sebuah hormon dalam sistem kekebalan yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat (Sumber: di sini). Jadi, dengan kamar gelap, adalah cara alami untuk menjaga kekebalan tubuh (artinya menjaga kesehatan tubuh).

Hehe… dengan cara inilah saya membuat pembelaan. 😆

*******

Kamar Gelap – Efek Rumah Kaca

Maunya sih make theme song Efek Rumah Kaca ini, tapi setelah didenger-denger dan baca-baca liriknya, kok ga nyambung dengan apa yang akan saya tulis? Jadi, ini saya jadikan pajangan aja deh. 😀

———————————————————————————————————————————————————–

Sumber gambar: di sini.

Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.
Advertisements

116 Responses to “Gelap Itu Nikmat…”


  1. 5 April 2010 at 13:01

    rasanya lebih adem juga kalo gelap2an, melatih mata juga kan biar klo lampu mati ga nabrak2 😀

    • 5 April 2010 at 20:28

      Wahahaha… ada benernya juga… :mrgreen:

  2. 5 April 2010 at 13:20

    Sebenarnya beraktivitas dalam gelap tidak ada hubungannya dengan kesehatan mata secara langsung, he he, jadi jangan khawatir, walau banyak yang bilang bisa merusak mata. Tapi kan kita harus membedakan antara fakta dan mitos tentang mata.

    Tapi kalau besok malah jadi photophobia, wah…, itu lain cerita. Jadi orang harus tahu dulu, kenapa memilih gelap, apakah karena memang suka gelap, atau karena sebenarnya menghindari terang. Itu dua hal yang berbeda 😀

    • 5 April 2010 at 20:29

      Wah makasih lho Mas, udah dikasih link-nya… menambah ilmu… 😀

  3. 5 deeedeee
    5 April 2010 at 14:00

    hehe, saya sebenrnya ga suka gelap2an,, takutnya jadi kalap *mulai OOT* 😀

    tp kalo tdr br deh gelap2an, tp itu pun musti pake lampu tidur, kalo ga mending nyala terus aja.. enatah kenapa parno kalo ga da cahaya sama sekali 😀

    • 5 April 2010 at 20:31

      Waaaa… hati2 kalo lampu dinyalakan.. nanti kebiasaan tidur dengan lampu menyala.
      Bisa fobia gelap ga ya? 😆

  4. 7 Usup Supriyadi
    5 April 2010 at 14:18

    gelap itu hitam kan?
    kalau begitu saya suka sekali gelap . tentunya, selain atas dasar tersebut, dengan mematikan lampu kita ikut menyelamatkan bumi, hemat energi . heuheuehe 😆

    • 5 April 2010 at 20:32

      Hehe.. suka gelap atas dasar “gelap=hitam”… :mrgreen:

  5. 5 April 2010 at 15:50

    Klimaxxxx nya, si Asop mah jago ngeles 😆 , sudah dibilangin jangan membaca ditempat gelap eh…. malah membela dengan membawa poster kaya’ orang yang mau ber demo Dalam gelap, tubuh menghasilkan hormon melantonin wkwkwkwk…………….
    salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan, maaf baru sempat berkunjung 😀

    • 5 April 2010 at 20:33

      Lah, ini serius, Mas Sugeng…. Ahahahaha~ 😆

  6. 5 April 2010 at 17:26

    hmm…suka ERK jg rupanya…

    • 5 April 2010 at 20:35

      ERK? Apakah itu? ❓

  7. 5 April 2010 at 17:52

    Saya jg suka ama yg gelap2. Hehe..

    • 5 April 2010 at 20:36

      Jangan sembarang gelap lho… 😎

  8. 5 April 2010 at 18:40

    Hello my friend,

    I am so thankful you come to my new posts each day on my new blog. Though, I am not getting so much comments.
    This is going to be weird, but I was going to ask if you could ask your friends to come over to my new blog. You get massive comments Asop.

    • 5 April 2010 at 20:37

      Okay, I’ll announce ur blog to my friends. 😀

  9. 5 April 2010 at 19:11

    katanya c emang gitu …

    kalo sering – sering mata di pake dalam keadaan gelap, retina jadi teruz membesar … dan itu artinya, boros tau …

    lebih baik boros listrik dari pada boros pencahayaan mata …

    Inget, mata itu nggak ada duplikatnya … ^_^

    syukurilah apa yang sudah ada …

    • 5 April 2010 at 20:38

      ………………Bener juga lho………. 😥

  10. 5 April 2010 at 19:56

    Buat tidur doang?

    • 5 April 2010 at 20:39

      Yap, yang saya baca sih gitu. 😀

  11. 5 April 2010 at 21:57

    wah masak enak …..tukeran liks yuk

    • 6 April 2010 at 08:23

      Ya enak dong. :mrgreen:
      Ayo tukeran link! ^_^

  12. 5 April 2010 at 23:26

    hidup ERK!
    hehe
    tidur dalam kegelapan emang enak, lebih adem heuheu

    • 6 April 2010 at 08:25

      Eh, ERK apaan yak? ❓

  13. 25 marsini
    5 April 2010 at 23:54

    Slamat bergelap-gelapan yaaa…
    aku mau berkebalikan.
    takut gelap nih soalnya 🙂

    • 6 April 2010 at 08:21

      Huaduh, gelap itu nikmat kok… 😀

  14. 6 April 2010 at 00:06

    gua juga kalo tidur mesti gelap. tapi kalo main komputer ya lebih enakan pake lampu lah…. 😛

    • 6 April 2010 at 08:20

      Iya,bikin mata cepet capek kalo main komputer gelap2an.. 😦

  15. 6 April 2010 at 04:25

    hehehe ibu emang selalu kuatir

    • 6 April 2010 at 08:19

      Betul itu. :mrgreen:

  16. 6 April 2010 at 04:47

    kalo mia sih tergantung sikon, kalo lagi sakit ga tau suka kenapa suka keadaan ruangan yg agak gelap (sedikit cahaya) soalnya suka pusing liat yg terang2 kalo lagi sakit 😀

    • 6 April 2010 at 08:19

      Hmmmm… asal jangan keterusan tidurnya, ya. 😆

  17. 6 April 2010 at 04:48

    suka yg gelap ya??? Hmmmm… jangan2 sebangsa dengan aku hehehehe

    • 6 April 2010 at 08:16

      Hush, saya bukan vampir. 😆

  18. 6 April 2010 at 09:03

    kunjungan balasan ^__^

    hahhaa.. gelap emang asik.. adem lagi 🙂

    • 6 April 2010 at 16:02

      Yoi…. bener itu….

  19. 6 April 2010 at 09:57


    gelap itu gak ada..
    yang ada kekurangan cahaya…

    * tsah..!! sok putis nih *
    hi..hi..hi..

    salam kenal sob..
    ..

    • 6 April 2010 at 16:03

      Hahaha… 😆
      Salam kenal juga! ^_^ 🙂

  20. 6 April 2010 at 11:06

    tidur dengan cahaya sedikit itu lebih nikmat dan menyehatkan
    betul itu 😀

    • 6 April 2010 at 16:04

      Ya tho? 😆

  21. 6 April 2010 at 11:06

    Dengan gelappun kita mampu berfikir terang dengan kegelapan berlatih intuisi dan belajar memperkirakan keadaan yang ada. Salam kenal dari kami di tunggu kedatangannya di http://rumahsehatafiat.wordpress.com/

    • 6 April 2010 at 16:05

      Hehee… yap! 😀
      Mencoba menuju ke TKP. :mrgreen:

  22. 6 April 2010 at 11:31

    kamu kena kanker payudara sop? 😆

    Berarti kayak batman dong, keluar pas malem hari.. pas siangnya bobok 😀

    *hayuk kerjain itu skripsi.

    • 6 April 2010 at 16:07

      Wah, Mas Huang ini sembarangan… 😦
      Ingat, mencegah lebih baik dari pada mengobati. 😆

      Siang saya ga tidur, Mas, cuman males menyalakan lampu. :mrgreen:

      *nih skripsi lagi dikerjain*

  23. 6 April 2010 at 11:57

    salam kenal aja dulu bro?

    • 6 April 2010 at 16:09

      Jangan tanggung-tanggung, langsung aja lihat blog saya ini. :mrgreen:

  24. 6 April 2010 at 12:18

    melatonin atuh mas
    jiaaah aq malah tdr aja nyalain lampuuuuu

    • 6 April 2010 at 16:09

      Wah, lebih nikmat dimatikan. 😉

  25. 6 April 2010 at 12:57

    tentunya….”ngeres nich” salam kenal…kalau berkenan kunjungan baliknya ditunggu….tukeran link yu?

    • 6 April 2010 at 14:30

      DAH DIPASANG BRO coba intip di
      http://denmasfauzi3074.wordpress.com/sahabatku

      • 6 April 2010 at 16:00

        Wokei, makasih! 😆

  26. 6 April 2010 at 13:11

    Jangan Takut akan gelap,..

    karna gelap melindungi diri kita, dari kelelahan.. heheheh

    • 6 April 2010 at 16:10

      Asik… bener banget nih. 😀

  27. 54 Bee'J
    6 April 2010 at 13:20

    Gelap bikin tidur makin lelap…
    asal jangan hati kita aja yang gelap… 😀

    • 6 April 2010 at 16:10

      Woow… Bije juga bener… sip dah. 🙂

  28. 6 April 2010 at 13:24

    waaa.. saya juga suka gelap-gelapan. khususnya kl mau tidor, saya biasanya suka meditasi bentar dalam gelapnya ruang. asyik memang…

    • 6 April 2010 at 16:11

      Hmmm… preferensi kita sama ya. 😀

  29. 6 April 2010 at 14:17

    sama, lah. tidur lampu dinyalain emang gak enak, kan. dan kalo gelap itu identik dengan sepi juga, kan. ah, kalo saya sih emang orang malam 😆

    • 6 April 2010 at 16:13

      Wah, asal jangan beraktifitas malem2 aja. :mrgreen:

  30. 6 April 2010 at 15:01

    makin gelap makin mantap kan

    • 6 April 2010 at 16:12

      Iya dong. 😀

  31. 6 April 2010 at 15:11

    Wah yang pasti ini bikin hemat energi, punya kontribusi yang besar bagi pengurangan efek global warming….

    • 6 April 2010 at 16:13

      Hehehe… hemat energi itu buat saya bonus. Yang utama saya merasa nyaman. 😀

  32. 6 April 2010 at 15:26

    menurut infomasi yang aku dapatkan dari berbagai sumber,, kegelapan dapat menenangkan syaraf kita,hehehehe

    • 6 April 2010 at 16:19

      Tuh bener kan? 😀

  33. 6 April 2010 at 15:36

    Hobi kita sama..hehe,sukanya gelap2an

    • 6 April 2010 at 16:14

      Hahaha… asik kesukaan kita sama.. 😆

  34. 6 April 2010 at 15:47

    iiiiiiiiiich… gak! syerem!

    • 6 April 2010 at 16:16

      Wah, masa’ Fevy tidur gak matiin lampu? 😦

      • 7 April 2010 at 15:04

        ya… kalo dimatiin, suka ada bayangan hitam berkelebat!!!
        entahlah, mungkin cuma halusinasi saya aj (hiks nyembunyiin jiwa penakut-na) 😀

  35. 6 April 2010 at 18:31

    judulnya cukup provokatif…. bagi otak yg rada kotor ya? hihihihi 😀

    yang jelas saya cukup tau apa artinya merusak mata,karena mata saya dulu minus 7 ,jadi cukup ‘buta’ buat ngeliat tanpa kacamata,apalagi ditempat gelap 😉

    yang penting jangan gelap2an berdua sama yg bukan muhrim aja,takutnya nanti si setan nakal ini 👿 lewat hehehe

    • 6 April 2010 at 21:52

      sop tolong direvisi itu kelebihan d di devil ,harusnya ini 👿

      kalo udah ini tolong diapus ya hehehehehe

      maap typo :mrgreen:

      tengkyu berats

      • 7 April 2010 at 05:54

        Beres, Mas Didot. 😀

      • 7 April 2010 at 11:40

        makasih asop 😀

  36. 6 April 2010 at 21:08

    makasih infonya mas asop…
    bener…kegelapan itu memberikan ketenangan..
    apalagi kalau lagi berkhalwat dengan Allah, lebih enak kalau gelap

    • 7 April 2010 at 05:55

      Wah, iya, kadang saya juga kalo shalat suka di tempat yang redup. 🙂

  37. 6 April 2010 at 21:48

    terus terang kadang aq juga suka gelap Sop… buat ketenangan diri… kalau terang benderang keknya kok malah dag dig dug yaaa… :mrgreen:

    • 7 April 2010 at 05:57

      Hmmm…. memang gelap itu membawa ketenangan diri ya…. 🙂

  38. 79 wiwin9
    7 April 2010 at 08:11

    gelap disini gelap total gak ada cahaya setitikpun???kalo gak ada cahaya dikit aja aku gak bisa nafas….termasuk suka ama kegelapan jugakah itu?
    hehehehe
    salam anget suam kuku dari manado

    • 7 April 2010 at 08:30

      Hmmm… ga terlalu total amat sih. Karena di kamar saya segelap apapun keadaannya, tetep aja cahaya menerobos dari luar. 😆
      Salam anget seanget teh anget manis dari Badnung. 😉

  39. 81 Abu Ghalib
    7 April 2010 at 09:12

    kalau saya tidur sendirian, saya sukanya pake lampu yg agak redup
    kalau saya tidur *berdua, lebih enak gelap2an, hahaha

    • 7 April 2010 at 11:05

      Waaaaaaah Mas Abu ini, berdua ama istri pastinya….. :mrgreen:

  40. 7 April 2010 at 10:39

    kalu lampu nyala malah nda bisa tidur aku..

    jadi yah,klu tidur yah 9elap 9ulita ju9a 🙂

    • 7 April 2010 at 11:06

      Sip, itu bagus. 😆

  41. 7 April 2010 at 14:33

    haduhhh..klo aq mlah rada takut niy ma gelap,,pa lgi pas mati lampu
    mngkin krna kebiasaan tidur lampu nyala,,kyak”ny perlu dcb niy tdr pake lmpu agak redup
    lam knal,,kunjungan balik
    tukeran link yuk..:D

    • 7 April 2010 at 18:35

      Nah, setela tahu keuntungan tidur gelap, mau dicoba? 🙂
      Ayo tukeran link.^_^ 🙂

  42. 8 April 2010 at 06:43

    gelap atau terang yg penting rasanya. halah… 😆

    • 8 April 2010 at 15:03

      Hmmmm…. ya saya setuju dg argumen itu. :mrgreen:

  43. 8 April 2010 at 08:27

    meski kucing..tpi tetep takut gelap..

    • 8 April 2010 at 15:01

      Waaaaaa kan penglihatan kucing bagus dalam gelap. 😀

  44. 8 April 2010 at 11:21

    wah wah . gue malah g suka gelap-gelapan . asma .

    • 8 April 2010 at 13:47

      Asma? Emang ngaruh ya asma kambuh ama tempat gelap? ❓

  45. 8 April 2010 at 12:40

    Dan berlanjut pula pada blognya.. Memilih template yang gelap2an kek gini… 🙂

    • 8 April 2010 at 14:59

      Wah, Mas Asep bener… 😆

  46. 8 April 2010 at 19:42

    saya juga suka gelap2an,hehehehe… pa lagi waktu tdur! saya paling gak bisa tdur di t4 yang terang cahaya lampu,tp klo udah ngantuk akut sie te2p bs dmana aja :mrgreen:

    • 8 April 2010 at 20:05

      Wahahaha, Mas Tuxlin kayak Ibu saya… bs tidur dmn aja…. 😛

  47. 9 April 2010 at 12:49

    Dalam gelap kita bisa mengasah kepekaan indera tubuh yang lainnya, sebagai karunia indah nan berlimpah dari Sang Maha Pencipta.
    SALAM Kenal..Terimakasih sebelumnya sudah berkenan berkunjung ke blog tusuda.

    • 9 April 2010 at 15:39

      Gelap itu bikin badan rileks…. 😀

  48. 9 April 2010 at 19:52

    gelap,,, saya lagi jengkel sama gelap,,
    sering mati lampu, ga bisa ngerjain pr jadinya…. ^^

    • 10 April 2010 at 07:22

      Wah, perbaiki dong sambungan listriknya….. 😀

  49. 10 April 2010 at 15:51

    gelap itu ga nikmat sih.. buktinya orang2 lebih milih make lampu (ada listrik) daripada matiin lampu (ga da listrik) kayak jaman dulu kan..? hehe

    • 13 April 2010 at 08:05

      Ouw, tidak… 😀
      Tidur dalam gelap tetap lebih baik. 😉

  50. 12 April 2010 at 05:41

    bro, emang paling enak kalo tidur, lampu dimatiin. tapi ingat bro, sayang mata kalo kita melakukan aktivitas sedang kamar melulu dalam keadaan gelap. ente udah pake kaca mata? kalo belom, ga mau kan bermata empat kek ane? wkwkwkwkwk

    • 13 April 2010 at 08:14

      Sayang sekali, saya udah berkacamata. 😆

  51. 12 April 2010 at 08:34

    Tidur emang paling enak gelap2an, lebih tenang, lebih dingin, dan jadi lebih ngantuk…
    Wah semoga PLN membaca postingan ini, dan jadi contoh teladan penghematan listrik hehehe…
    🙄

    • 13 April 2010 at 08:18

      Ahahahaha~

  52. 12 April 2010 at 12:39

    klo mo tidur gw g bs gelap hhehe

    • 13 April 2010 at 08:21

      Harus bisa. 😀

  53. 12 April 2010 at 21:52

    kalo tidur dalam keadaan gelap itu jadi lebih nyenyak -sudah dibuktikan oleh penelitian …

    • 13 April 2010 at 08:22

      Yoi, bener itu. 😉

  54. 16 April 2010 at 21:06

    yg jelas kalo lampu gelap kalo pas tidur,,,
    dunia terasa sempit
    shg cepet bkin tidur…

    penelitiannya trusted or not tuh?

    • 16 April 2010 at 21:33

      Wah wah, Mas ini harus sering baca koran dan searching di internet… 😦
      Udah banyak lho penelitian perihal suasana gelap ini… 😐

  55. 26 April 2010 at 10:53

    sama kang asop….Q jg lebih suka gelap, apalagi tdr sambil leleponan (baca: telpon) bebek haha
    don’t think a negative hihi….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 973 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: