Wanita dan Sebuah Rok

Sebelum kejadian ini terjadi, saya pernah iseng bertanya ke dia, yang saya lihat lebih sering memakai rok (yang panjang tentunya, karena dia berjilbab) dari pada memakai celana panjang.

Saya: “Gue pengen tahu, kenapa lo suka pake rok? Alasannya apa?”

Dia: “Tumben lo tanya beginian? Ada apa nih?”

Saya: “Ga ada alasan apa-apa, jadi kenapa?”

Dia: “Kenapa ya? …… Karena gue lebih suka aja pake rok, dari pada pake celana panjang. Menurut gue, cewek udah kodratnya make rok. Celana panjang biar cowok yang make.”

Saya: “Lah terus, kenapa lo pernah pake celana panjang?”

Dia: “Kalo koleksi rok gue banyak, bakal gue pake setiap hari dah…”

Saya: “Hmmm… gitu ya… O ya, tadi lo tanya ‘kan kenapa gue tanya ini? Jawabnya, karena gue suka kalo lo pake rok.”    <kabur>

*

Mungkin inilah yang membuat saya tertarik sama dia…?    😆

Hmmm… memang benar setelah saya pikir-pikir. Dari dulu, saya lebih suka sama cewek yang pake rok. Entah kenapa, menurut saya cewek itu lebih pantas memakai rok. Lebih terlihat sisi “wanita”-nya dari pada kalo memakai celana panjang seperti celana jins. Lagi pula, dengan memakai rok, lekuk tubuh jadi ga terlihat. Mau paha besar, betis kecil, betis besar, ga akan kelihatan. Jujur saja, bagi kaum lelaki, termasuk saya ini, suka risih melihat wanita yang (maap) berbadan (agak) gemuk tapi tetap saja memakai pakaian yang ketat. Aduh, rasanya gak enak di hati. Lelaki saja merasa tidak enak jika begitu, bagaimana dengan wanitanya, ya?

Aduh, maap lho ini, kalau-kalau mungkin para wanita yang tersinggung dengan pendapat saya. Ini mungkin ego saya sebagai laki-laki. Tidak ada yang sempurna memang, tapi saya harap para wanita juga mengerti ini. 🙂

********

Theme song: Lobow – Kau Cantik Hari Ini

Lama sudah tak ku lihat
Kau yang dulu ku mau
Kadang ingat kadang tidak
Bagaimana dirimu

Kau cantik hari ini
Dan aku suka
Kau lain sekali
Dan aku suka

Entah ada angin apa
Kau berdiri di sana
Berhenti aliran darahku
Kau menatap mataku

Tak kan kubiarkan lagi
Kau menghilang dari kehidupanku

*********

Sumber gambar dari sini.

239 Comments

  1. wah.. sama, gan. aku juga suka cewek pake rok. apalagi yang panjang. aku selalu menggambarnya di buku tulisku seorang cewek pake lengan panjang dan rok panjang menutup betis. cuma belum kudungan sih, hahaha… kalo soal kudung aku masih suka cewek nggak pake biar indah. tapi menurut akal (logika0 dan hukum (islam) harus pake kudung biar nggak fitnah.
    eh, pernah bayangin nggak rok cara makenya kayak jarit. panjang gitu. terus dipasngi lubang buat ikat pinggang. warnanya polos.

    Reply

    1. ibu ku pernah bwt rok seperti itu, aq menamainy rok hordeng 😀
      aq senang memakai rok, krn rok itu multi fungsi; rok bs jadi kemben, bs jg dJadiin hijab klo yg modelny rok hordeng.

      Reply

  2. Saya juga suka cewek yang pake rok, kalo pake celana panjang agak terlihat gimana gitu.. 😀 tetapi tergantung juga sih, biasanya cewek yang terlalu kurus gk cocok pake rok yang lebar dan panjang… Dibalik dari semua itu, rok emang pakaian khas untuk cewek dan sudah seharusnya cewek menggunakan rok..

    Reply

  3. waktu sekolah dulu, pake roknya ya pas pake seragam itu
    terus waktu kuliah, semester awal pake jeans terus, sekalinya pake rok banyak yg bilang bagus
    jdnya ampe skr jadi suka pake rok ^^
    walo masih sering pake celana jeans 😀
    happy weekend ^^

    Reply

  4. Kalau menilik sejarah dunia (sok ilmiah) tidak selalu rok menjadi hak milik kaum Hawa. Pada jaman kekaisaran di Eropa kebanyakan cowoknya jug apake rok selutut. Baju resmi tradisional jawa laki-laki juga pakai jarit panjang yg mirip rok. Dan kaum NU sebagian besar pakai sarung yg juga tampak seperti rok. Bahkan orang timur tengah laki/perempuan juga pake jubah yg panjang (laki2 diatas mata kaki sedang perempuan dibawahnya) Dan laki2 dengan “rok” tradisional tersebut juga nggak tampak feminin.

    Jadi kalau saya pribadi cowok pake celana atau rok nggak ngaruh penting tampil anggun nggak mengumbar gairah.

    Reply

  5. kalo menurut gua sih tergantung orangnya dan bajunya… 🙂
    sometimes bagus pake rok, sometimes bagus pake celana. tergantung ocassion juga sih. kalo lagi hiking misalnya tapi trus pake rok, kan jadi aneh dan malah ribet… 😛

    Reply

    1. wah wah, jangan permasalahkan occasion.. itu sih udah jelas… 😐
      Sama kayak pas olah raga, masa’ pake rok? saya tahu itu gak mungkin. 😉

      Reply

  6. saya sangat suka liat cewek pake rok. tapi kalo saya yg pake rok..hhmm.. banyak was was nya. suka ksrimpet (orang ceroboh mode On) 😀

    Reply

  7. 😀 6 mantan pasangan saya 4 diantaranya tidak suka pakai rok, malah yang ke 6 anaknya 70% tomboi, sampai yang ke 7 saat ini (bukan mantan, tapi rencana menuju family) juga tidak suka paki rok 😀 tapi meskipun demikian saya tidak terlalu bermasalah tentang hal ini.

    salma adem ayem

    Reply

  8. apapun pakaiannya yang penting menutup aurat dan tidak menampakan lekuk tubuh wanita ya mas…. 😀

    Reply

    1. ckckckckck asop pke rok, apa kata dunya? 😀
      wah wah wah,,,,,jgn2 pd suka cwe pke rok mao ngintipin ya 😆
      bntar tpi asop pke rok nya yg diatas lutut ya, biar seksesssss 😀

      Reply

  9. Memakai rok, jeans, celana pendek, mungkin bagi saya itu ptinsipnya sama aja. mereka (para wanita) milih yang lebih compatible dan cocok dengan penampilan mereka masing2. Toh, ndak ada standart baku untuk menilai batas kesesuaian pakaian ang cocok untuk setiap orang, everyone have taste each other…Apapun pakaiannya, yang lebih penting adalah moral dan etikanya… 🙂

    Reply

    1. Menurut saya sih Nggak Mas… 😐
      Rasanya aneh kalo wanita pake celana panjang.. memang ujung2nya jatuh ke msalah selera. Ingat, orang bertemu pertama kali itu yang dilihat pasti pakaiannya. Penilaian orang saya yakin akan beda jika melihat antara yang memakai rok dan celana panjang. Orang langsung berpikir “ooh dia ini make rok, orangnya begitu… mungkin begini…” “oooh dia make jins ketat, mungkin orangnya gini… gitu…” 🙂

      Reply

    1. Horeeee.. Bunda setuju.. 😀
      Iya nih, saya juga risih ngelihat wanita berjilbab, udah rapi jilbabnya, tapi masih aja pake celana panjang ketat. Rasanya percuma menggunakan jilbab… 😦

      Reply

    1. Lompat2? Ngapain lompat?? Jaga sikap dong.
      Di mana-mana orang olahraga ya pasti pake celana panjang, celana training, ga mungkin pake rok… 😆

      Reply

  10. err…. kita sependapat. 🙂 saya juga ga suka wanita yang memamerkan apa yg ga pantas dipamerkan, ya seperti paha besar yang justru membuat orang ngeliatnya gimana gitu. 😀

    Reply

  11. heheh
    cewek pakai rock dimataku good looking
    palagi yang pake sexy gitu hmmm
    keren pokokna
    mangtab
    hehe
    😀

    Reply

  12. hmm,, QK suka make rok. tapi berhubung situasi dan kondisi tidak memungkinkan jadi yaaa… jarang dech makenya… koleksi rok juga terbatas :mrgreen: mank mau jualan pake koleksi terbatas 😆

    habisnya QK nggak suka kalo rok nya pendek, ‘n gag suka juga kalo pake yg model span gitu 😦
    kalo yang seperti di gambar sich seneng sekaliii 😀 tapi kan kalo naik motor ribet 😆

    HIDUP!!! ^_^

    Reply

  13. Dengan memakai rok, wanita menjadi “lebih wanita” (gimana ya ?).
    Saya suka melihat cewek menggunakan busana muslim komplit.

    Reply

  14. kalo pake rok lebih mudah untuk “DI” modif mas kalo lagi pacaran .hehehehe. sayang istri saya sukanya pake celana…

    Reply

  15. roknya boleh tuh buat saya 😆
    karena saya cuma punya rok 5 biji aja dan sisanya celana, jadi ya saya masih lebih nyaman dengan celana. tapi, sekarang sih masih belajar pake rok *secara kerudung lebih bagus dipasangi rok daripada celana*

    Reply

  16. wuahh sama banget, saya juga paling suka klo liat cewe to pake rok, terlihat anggun aza kayanya, klo pake jeans atau celana panjang kayanya kurang pas aza hehe..

    Reply

  17. wah Gan, kalo pas di rumah
    ntar klo dah punya istri..
    gue penginnya ce- gue ga pakai apa2 aja bro…
    kalao pas datang malam di saat gelap..
    😀 LoL

    kalo sekarang sih no comment dulu

    *ada ga ya yg pakai rok, tapi tomboy?

    Reply

  18. emang bagus pake rok,,,

    “Hmmm… gitu ya… O ya, tadi lo tanya ‘kan kenapa gue tanya ini?
    Jawabnya, karena gue suka kalo lo pake rok.”

    jiahahaha, ngalor ngidul dulu…. :mrgreen:

    okey, budayakan rok buat para akhwat, plus berkerudung :mrgreen:

    Reply

  19. kayak-kayaknya yang koment banyak lakinya deh! Sebagai cewek aku setuju banget bahkan guruku sempat bilang klo cewek pke celana itu hukumnya haram, Nah Lo???

    Reply

  20. “tadi lo tanya ‘kan kenapa gue tanya ini? Jawabnya, karena gue suka kalo lo pake rok.” ” >> kenapa lo kabur abis ngomong gini? padahal kan bisa ngeliat dia tersenyum tersipu ituu… hehe
    *gw sotoy

    Reply

  21. Susah ya bahasa Indonesia, gak ketauan ‘dia’ itu jenis kelaminnya. Biar kata juga pake jilbab *kali aja pas mau nulis ini, bikin simulasi cowok dijilbabin terus ditanyain…* “Gue suka kalo lo pake rok…” V^_^V

    Reply

      1. Nah, saya sudah baca postingannya kang Asop. Tetap saja hanya ‘dia’ ‘dia’ ‘dia’… isn’t she? 🙂
        Oke lah kalow begitu, saya percaya 🙂

        Reply

  22. wah wah komen nya banyak banget.. heheh..
    ketinggaln cerita nih lia :D…

    Kalo lia berhubung kerjaan nggak mendukung jadi kebanyakan pake celana.. Tapi sesekali pake rok ada yang pangling juga.. wekkekek..

    Emang wanita itu bagusnya pake rok sih.. Semoga aq bisa… 😀 ….

    salam ya buat “dia ” hheheheh

    Reply

  23. Alhamdulillah … bukannya saya sok suci tapi saya paling suka banget sama wanita yang berjilbab and yang memakae Rok long , enak di pandang dan sangat menyejukkan .

    Reply

  24. baca ini, saia jd ingat sahabat saia…
    dia jg lbh sering pakai rok drpd celana…
    sbnrnya saia jg suka pakai rok..
    tp kdg2 hrs muter2 mal dulu cari rok yg pas sama saia…hihihi

    Reply

  25. kdang pengen pake rok klo ngeliat ada yg pake rok..
    tpi kadang suka lupa klo pake rok suka kesrimpet,,hehee..
    pling2 klo kondangan aj..tpi mau cb ahh sring2 pake rok..

    Reply

  26. saya kurus dan pake celana, karna emang biar nggak ribet kalo udah beraktifitas.. 🙂

    pake rok pas praktikum alat tes aja karna emang wajib, itu juga roknya kudu longgar selonggar2nya 🙂

    Reply

      1. Ooooooo gitu ya Mbak… 😎
        Jadi semua cewek tomboy itu perkasa ya…. ❓

        Hmmmm… kalo dipikir-pikir… emang kayaknya stamina dia dan saya sama lho, waktu kami berdua lari pagi bareng… Hebaaaaat juga. 😆

        Wah ke-tomboy-annya nurun gak ya nanti ke Allegra? :mrgreen:

        Reply

      2. tuuuu khannn… stamina superrr 😀
        hidup tomboyyy!!!

        kalo si allz mah dari dalem kandungan keknya dah keliyatan tomboy-nya hehehe…
        pas 10 minggu di usg do’i lagi seru2nya surfing, kabur2an mondar-mandir mulu di perut mimi, jadinya dokternya susah wat nangkep detak jantungnyah hehehe…

        Reply

    1. Huaaaaaaaaaa ga pede?? Kok bisa? 😦
      Gak pede akan apa dulu nih?
      Kan justru kayaknya lebih tertutup kalo pake rok. 😀

      Reply

  27. Seneng juga liat cewe pake rok… tapi kalo aku lebih banyak pake celana panjang. Soale kalo pake rok susah ngejar metromini.

    Reply

  28. baca ini aku jadi inget,,,tiap pake rok, selalu dibilang “kamu jadi perempuan deen?”.. OMG.. selama ini aku JOKO kalii yaa…. uuu tapee goreeng duehh…:)

    Reply

  29. saya jadi pengen pake rok besok..

    bukan karena pengen dibilang cantik loh.. saya merasa terpanggil aja sebagai seorang wanitu.. soalnya biasanya jadi preman sih.

    btw, saya minta ijin ngelink blognya ya.. salam kenal 🙂

    Reply

  30. tadinya aku tomboy jadi nggak suka rok, begitu kecelakaan dipaksa ma mami pake rok, eeehhh….sekarang malah jadi lebih nyaman pake rok, si bebek juga suka tu, jadi asik2 ja de pake rok, cuma susah cari seukuranku, beginilah klo punya postur tinggi hehehehhhhh

    Reply

  31. Ssttt…klo aku seneng lihat cewe yg pake celana panjang ketat…tp klo untuk istriku aku paling suka lihat gak pake celana…hehehe bercanda z kawan…

    Reply

  32. Yap karena kalo secara psikologis sebenarnya pria cendrung mencari wanita yang memiliki sifat “keibuan” (saya lupa baca artikel nya di mana 😛 ). Salah satu sifat keibuan tersebut adalah rok panjang.

    Nah kalau yang om bilang itu (ada beberapa cewe yang berbadan gemuk & besar, tapi masih memakai pakaian sangat minimalis) 😆 …aneh, kenapa mereka bisa PD memakai pakaian seksi, dengan badan seperti itu. Saya saja yang pria, kalau perut gendut sedikit, langsung ditutup-tutupi biar tidak terlalu mencolok 😆

    Reply

  33. wah…Asop penyuka wanita keibuan ^^
    saya sih karena gemuk lebih suka berpakaian pas badan spy ga terlihat kayak ‘ibu-ibu’

    Reply

  34. Saya suka pakai rok tapi entah kenapa juga koleksinya gak ditambah.
    Yang bikin lucu kalau pakai rok adalah liat berbagai reaksi teman, “mau kemana lo?”, “rapih bener”, ato “tumben”.

    Syukur deh anda termasuk yang risih :P.

    Reply

    1. Kenapa gak nambah? Mungkin masalah selera aja. 🙂 Terbukti, rok membuat kesan sangat rapi untuk wanita.
      Yap, saya termasuk orang yang risih melihat hal itu….

      Reply

  35. hmm,,, sebenernya mau pake celana juga kalo g ketat gak apa kan?

    kaya model celana aikido 😛

    btw lagunya lobow itu,, masa cuma “cantik hari ini” hare hare laen??

    lalu kalimat kalimat ini,, “kau cantik hari ini” “kau lain sekali” berarti hari hari biasa sebelum hari dia menjadi lain dan dipuji cantik sekali oleh si lobow dia adalah dia dan jika dia berubah menjadi “lain” maka dia manjadi “cantik”??

    kesimpulan saya = lobow tak mencintai orang di lagu ini sepenuh hatinya

    aduh ngaco ni,, maap yaa 😛

    btw tuker link yuk 😀

    Reply

  36. sepakat ma km sop,, cewe pake rok itu keliatan lebih pantas, anggun, sederhana, bersahaja….
    tapi jaman sekarang jarang banget cewe yg kaya gitu…

    Reply

  37. iya nih, rasanya klw pakek rok lebih nyaman.. dan feminim bgt..
    tp sy sendiri msh pkek celana kmna2….
    tp insyaAllah sedang proses utk merubah penampilan dgn rok biar lebih sopan..

    Reply

  38. kalo kali ini, jadi pengen punya banyak rok 😀
    roknya lucu

    rok memang membuat wanita terlihat berbeda, lebih anggun, lebih anggun, lebih bersajaha, macem2 lebihnya, *padahal dari sudut pandang sesama wanita :mrgreen:

    Reply

  39. *gw baru liat postingan ini*
    adeeeeeeeeeuuuuhh asoooooppp..siapa tuh ‘dia’ ?? *mulai iseng dan penasaran*
    gw jg pake rok looooohh..baru 9 bulan gw full pake rok, dari hari senin-minggu..ke kampus, jalan2 sm keluarga, jalan2 sm temen, pake rok mulu *bangga* hahahahaha

    gw setuju sm jawaban ‘dia’ itu..gw lebih nyaman pake rok, rasanya lebih cewe bgt..
    kebetulan, ada tmn sekelas gw, cowo, dia tuh kalo ada cewe yg pake rok pasti langsung seneng gt. sepanjang hari dia muji2. tp pas gw pake rok kok dia biasa aja yah? hahahahahaha *ga ngarep dipuji jg sih..

    dan kayaknya cowo2 pd seneng yah kalo ngeliat cewe pake rok (apalagi pake jilbab juga)
    hehehehehe 😀

    Reply

    1. Ehem… 😳
      Entah kenapa gitu… gue ngerasa suka ngelihat cewek pake rok… lebih terasa pantas aja gitu.. 😳
      Apalagi kalo pake jilbab.. whuaaaaaa luar biasa… 🙂

      Reply

        1. Gyahahahaha ada yang ge-er di sini.. :mrgreen:

          Ehem, anak ITB dong… 😳

          Coba, kalo menurut Putri, kita ini udah “resmi” pacaran belom? 😀

          Reply

    2. oooohh anak ITB tooohh..ga usah LDR lg yeeee :p
      hmmmmm kalo menurut naluri seorang wanita *tsaaaaaahhh* kayaknya udah deh. meski nggak ada “penembakan” resmi. tapiiiiiii, jgn jadi maen2 yah, sooopp
      hati wanita kan haluuuss, sekalinya tersakiti, bisa bener2 sakit bgt *pengalaman pribadi* :mrgreen: maap seperti menggurui..hehehehe

      Reply

      1. Iya sih… Gue LDR itu udah lama, waktu baru masuk tahun 2006. Sempet tahan sampe semester 3, tapi putus… 🙂

        Tenang, gue ga bisa mempermainkan wanita… 😥 Gue tah diri kok… 😥
        Dan memang wanita itu berhati lembut, susah memaafkan kalo udah tersakiti… 😦

        Makasih udah mengingatkan. 😳

        Reply

      2. “ga bisa mempermainkan wanita” good good good 😀
        pertahankan prestasimu! *kayak di rapot2..hehehehe

        iyaaa sama2 asoooopp..saya suka mengingatkan orang agar ga khilaf 😥

        Reply

  40. Aku juga paling suka liat cw pake Rok,alhamdulillah skrang aku dah memakai Jilbab,tapi karna bru jdi Rok panjang Aku baru 2,Insya Allah klo punya Rezki lagi Aku mw beli Rok yang buanyakkk…Heheee

    Reply

  41. Nice posting!
    Saya absen di sini sebagai pemakai setia rok dan sekaligus cewek tomboi.
    Terima kasih kepada kampus saya yang mewajibkan rok bagi mhsw wanitanya selama enam tahun.
    Akhirnya sudah lulus pun saya mencintai rok. Saya tetep tomboi sih,
    tapi seneng juga baca bahwa ternyata cowok pun memperhatikan bahwa rok dan celana menimbulkan kesan yang berbeda.
    Intinya sih, pake rok itu bisa dikondisikan kok.. Contoh dg jahit ke penjahit (saya tinggi, klo beli di pasaran makenya musti hipster, hiks), atau beli yg superlebar(saya jg pengguna motor dan gak masalah tuh, kan pake kaos kaki superpanjang atau pake legging).
    Hehe malah curcol tips pake rok.
    Sekali lagi, nice posting 🙂

    Reply

    1. Ini adalah murni pikiran saya. 🙂

      Senangnya, ada yang memuji…. 😳

      Wah, senang juga saya, ada yang memberi tips2 memakai rok. Siapa tahu berguna buat psangan saya nanti. 😳

      Saya suka wanita pakai rok! 😀 😀

      Reply

  42. hahaha…. lucu2 komen diatas… ga nyangka, ternyata byk ya cowok yg lbh suka ce pake rok 😛
    sejak pake jilbab, aku jg jd suka pake rok kok… biar mantap nutup auratnya…

    perubahan yg ga disangka2 sebnernya. soalnya sebelum pake jilbab , aku tomboy dan doyan traveliong dgn jins robek2 ku tercintah! wkwkwkwk

    nice posting, asop!

    :p

    Reply

  43. hahaha, emg bener juga ya mas, wanita ‘agak gemuk; yang pake baju ketat itu bikin risih, 😀 tapi gag papa lah, masih mending daripada TIDAK PAKE CELANA , :O

    Reply

  44. Aihhh lagunyaaaa 😆
    btw, dulu waktu masih naik motor kemana-mana, saya juga pake celana panjang sih Sop. tp berusaha supaya atasannya bisa diatas lutut. skrg setelah pensiun dan gantung helm, ya alhamdulillah jadi pake rok deh, hehehe. asik, isis…….

    Reply

  45. Aihhh lagunyaaaa 😆
    btw, dulu waktu masih naik motor kemana-mana, saya juga pake celana panjang sih Sop. tp berusaha supaya atasannya bisa diatas lutut. skrg setelah pensiun naik motor dan gantung helm, ya alhamdulillah jadi pake rok deh, hehehe. asik, isis…….

    Reply

  46. dulu jaman SMA saya pengguna rok, terus pas kuliah motivasinya jadi agak kendor gegara kuliah di teknik ah ini alesan aja mah :p
    dan akhirnya, saya kembali pakai rok setelah benar-benar menyadari bahwa menggunakan rok itu bisa membuat saya dibedakan dari perempuan lain yang berkerudung tapi masih memakai celana (yg maaf, terkadang ketat). 😀
    salam kenal, masnya.. hehe

    Reply

  47. Waah.. Aku jadi tambah cinta deh sama rok.. Soalnya kalau skrang pke clana jeans jdi ngerasa malu ajj, dan gak cocok kalau pake jilbab.. Lekuk tubuhnya jadi keliatan gitu dehh

    Reply

  48. Aku juga suka pake rok! Pake rok itu nyaman banget.. sedangkan kalo pake celana panjang apalagi yg ngetatngetat gitu suka aneh/? yaa karena menurut aku, kaya kurang sopan/? bukkaaann,giniloh bayangin aja gimana yah kalo ustadzah2 yg suka ngisi kajian dimesjid, atau liqo dan sebagainya tapi pake celana? Kan aneh >,<

    Reply

    1. Yap saya tampaknya ngerti maksud kamu. 🙂 intinya, masih tetap sama, bahwa kayaknya kodrat wanita itu adalah memakai rok. Kelihatan lebih anggun dan manis. :mrgreen:

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s