08
May
10

Air Mancur Apa Air Muncrat?

Ada dosen saya, yang berkata begini:

“Air mancur itu sebenarnya air muncrat. Kalo mancur itu berarti dari atas menuju ke bawah. Kalo muncrat itu airnya dari bawah ke atas.”

Awalnya ini tidak saya tanggapi serius. Tapi, sampai di rumah, saya iseng cari di Kamus Besar Bahasa Indonesia Online (KBBI online, ada di sini) dua kata kunci, “pancur” dan “muncrat”. Hasilnya, pancur itu adalah:

pan·curme·man·cur v memancar ke bawah atau rata: air ~ dr keran air;
pan·cur·an n 1 air yg memancur; 2 saluran pemancur; 3 tempat air memancur;
ber·pan·cur·an v 1 mempunyai pancuran; 2 memancar kemana-mana

Untuk muncrat, hasilnya adalah:

mun·crat, me·mun·crat v memancar; menyembur (tt air, barang cair): darah — hebat dr batang nadi yg terpotong;
me·mun·crat·kan v memancarkan; menyemburkan (air atau benda cair)

Hei, ini artinya dosen saya benar! 😛

Harusnya yang air mancur itu seperti di bawah ini.

Kalau yang di bawah ini, baru namanya air muncrat. 😆

—————————————————————————————————————————————————

Sumber gambar dari sini, sini, dan sini.

Advertisements

146 Responses to “Air Mancur Apa Air Muncrat?”


  1. 8 May 2010 at 00:45

    benar juga ya..
    Berarti selama ini kita salah nyebutin kolam pancur, seharusnya kolam muncrat. Tapi karna udah kebiasaan jadi terdengar aneh

    • 13 May 2010 at 09:45

      Benar juga sih… tapi mungkin karena “air mancur” kedengarannya lebih enak daripada “air muncrat”. 🙂

  2. 3 marsini
    8 May 2010 at 00:57

    Wah iya…
    kita biasamenyebut air muncrat dengan sebutan air mancur 😀
    Dah salah kaprah nih ternyata
    baru nyadar aku

  3. 8 May 2010 at 01:08

    HAHAHAHAHA! Aku dulu juga sudah berpikir tentang hal ini 😆

    Cuman menurutku kenapa disebut air mancur, soalnya kata “muncrat” sudah dikonotasikan berbau parno. Pikir sendiri kenapa? xD *kabur*

    • 9 May 2010 at 17:27

      😆

  4. 8 May 2010 at 05:58

    wakakakak.. ada aza yah tuch dosen, jadi kita sudah salah kaprah dunk selama ini, bilang air mancur, seharusnya air muncrat yah. ckckckck

  5. 8 May 2010 at 06:07

    Terkadang makna yang berkembang di masyarakat memang telah berbeda dari makna aslinya. Tetapi kalau sudah itu disepakati yah… menurut saya sih gpp, yang penting udah tahu hakikatnya 😀

    Kalau muncrat kelihatannya jarang dipakai yah 😀

  6. 8 May 2010 at 06:16

    numpang page one dulu gan..hehe
    makasih dah berkunjung dan masang link saya
    semoga menjadi teman dikala suka dan duka
    dikala punya uang dan g punya uang..
    kalo saya g punya uang bayarin dulu y utang saya di warung eheheh 😛

    • 8 May 2010 at 16:07

      Hush, itu kalo saya punya uang lho ya. 😆

  7. 8 May 2010 at 06:21

    Istilah-istilah di masyarakat memang sering bergeser dan berubah. Yang berubah salah satunya ya air muncrat tsb. 😉

  8. 8 May 2010 at 07:01

    hahahaha. bener banget bang asop. memang masuk akal juga kalau dikatakan air muncrat. 😀 kan arahnya ke atas. hihi (salut buat pa dosen).

  9. 8 May 2010 at 07:23

    agak aneh ya kang kalo bilang air muncrat.. xixixixixii.. apa kita ubah aja penyebutannya mulai skrg?

  10. 8 May 2010 at 09:44

    o… jadi air muncrat. kalau air sembur gimana?

  11. 8 May 2010 at 09:58

    hahahah..permainan kata-kata. Kalau gitu KBBI nya direvisi saja mas. Gampang toh. 😀

    • 8 May 2010 at 16:04

      Ga gampang lho merubah kamus. Itu yang diberitahu oleh guru SMA saya. Butuh rapat dulu di depdiknas. Gitu seingat saya. 😀

  12. 8 May 2010 at 10:02

    faktor kebiasaan, sop.

  13. 8 May 2010 at 10:09

    salah kaprah memang banyak yang terdapat dalam bahasa kita, apalagi jika menggunakan bahasa serapan dari bahasa asing

  14. 18 jarwadi
    8 May 2010 at 10:23

    Air mancur , kata yang salah kaparah, salah, kederanganya lazim, dan diterima kebanyakan orang

  15. 19 darahbiroe
    8 May 2010 at 11:07

    okelah sob
    ane ngikut ajah
    mau yang muncrat atau mancur hehehe
    😀

  16. 8 May 2010 at 11:09

    tetep saja mas air mancur dan bukan muncrat. pan sudah baku mas, apalagi masyarakat kita terbiasa dengan salah…. racun nyamuk jadi obat nyamuk, pergi pulang jadi pulang pergi dan lain2nya

    • 8 May 2010 at 15:41

      Ya silahkan sesuaikan dengan persepsi masing2. 🙂
      Saya hanya membeberkan fakta dan realita bahasa indonesia. 😉

  17. 8 May 2010 at 11:20

    kalau air nggrojok itu yg mana ya wkwkwk

    • 8 May 2010 at 15:37

      Nggrojok? Ya dari gayung, Mbah. Itu baru nggrojok. 😀

  18. 24 Rani
    8 May 2010 at 12:03

    WAKAKAKAK Ngakak guling guling,,tp bener juga sich…

  19. 8 May 2010 at 12:05

    Tapi kesannya jadi aneh yah. misal ada orang yang lagi liatin apa yang orang-orang pada umumnya bilang “air mancur”. trus gue tiba2 teriak kegirangan ,” WOW!! muncrat nya banyak banget!” hmm..

    • 8 May 2010 at 15:36

      Yah terserah orang lah mau gimana menganggap ini, yang pasti saya hanya memberikan keterangan yang benar, alias sebuah fakta. 😉

  20. 27 yanrmhd
    8 May 2010 at 12:29

    jyahahaha…tapi jadi lucu ‘Sop,,
    “air muncrat” hehehe 😆

  21. 8 May 2010 at 12:43

    keknya mudah banget nich bang asop diprovokasi, bikin aja penasaran dan bakal dicari sampe dapat :mrgreen:

    • 8 May 2010 at 15:35

      Rasa ingin tahu itu bagus lho, jangan salah. 🙂

  22. 8 May 2010 at 12:53

    merk salah satu produsen jamu di Indonesia jg salah dong?? 😀

    • 8 May 2010 at 15:33

      Saya ga membicarakan hal itu sekarang. 😀

  23. 8 May 2010 at 13:05

    horeeee…pak dosennya asop benar….!! Mau lihat air muncrat ahh…^^

    • 8 May 2010 at 15:28

      Sip sip lah kalo gitu. 😆

  24. 8 May 2010 at 13:19

    muncrat ya???
    menurutku sih yang dimuncratkan biasanya cuman sedikit ya to?

    • 8 May 2010 at 15:26

      Yaaa semua kembali ke tafsiran masing2 terhadap bahasan kamus yang saya kutipkan di atas. 🙂

  25. 8 May 2010 at 13:40

    Wah, baru tahu tuh…Ternyata kesalahahpahaman akan bahasa sulit sekali dihindari ya. Apalagi kurang banyak membaca arti dari kamus….Lah gimana mo baca, banyak penduduk yang nggak punya kamus….

    • 8 May 2010 at 15:19

      Sekarang ada kamus online. 😆

  26. 8 May 2010 at 13:46

    owalah.. iya juga ding :mrgreen:

    • 8 May 2010 at 15:14

      Masuk di akal ‘kan? 😆

  27. 8 May 2010 at 13:46

    heeee bisa aja … membahasa air sampe segitunya … mantaf.

  28. 8 May 2010 at 13:46

    saya malah baru tahu nih …

    • 8 May 2010 at 15:09

      Hahaha… :mrgreen:

  29. 8 May 2010 at 13:56

    terus yang salah siapa sop??

    • 8 May 2010 at 15:01

      Hey, saya ga membahas siapa yang salah di sini! 😐

  30. 8 May 2010 at 14:54

    bahasa indonesia emang banyak yang salah kaprah

    • 8 May 2010 at 15:06

      Entah mengapa… 😐

  31. 8 May 2010 at 15:06

    Hhm..Betul betul betul,,, Air Muncrat ya,.,,, Kenapa saya ga kepikiran sama sekali yaa…..

    Cerdas 😀

  32. 48 L13min
    8 May 2010 at 15:36

    Yang muncrat biasanya porno, yang mancur biasanya kalem Om… wkwkwk

    • 8 May 2010 at 15:54

      Pikiran orang beda-beda ya… :loL:

  33. 8 May 2010 at 16:06

    meski demikian kok rasanya gak enak kalu bilang muncrat. ludah keluar dari mulut keika berbicara sering juga di bilang muncrat, jadi konotasinya emang udah keburu ‘negatif’ 😀

  34. 8 May 2010 at 16:37

    berarti bener dong kalo istilah orang minang, air terjun itu adalah air mancur, gw kirain selama ini salah….
    coba aja googling air mancur lembah anai pasti keluar artikel2 air terjun…

  35. 8 May 2010 at 16:38

    salahnya udah terlalu lama jadi malas betulinnya

  36. 8 May 2010 at 17:27

    hohoho…
    bener juga yaa…
    di komplek kantor ku ada taman air mancur, well mulai saat ini aku ganti deh.. taman air muncrat… heheheh

  37. 8 May 2010 at 18:37

    betul.. betul…betul (movie quote – upin dan ipin)

  38. 8 May 2010 at 18:56

    hahaha, jurusan sastra indo boi? 😀

  39. 8 May 2010 at 18:59

    xiixix.. gitu ya kak >_< siipp lah

  40. 8 May 2010 at 19:35

    Ini pak dosen yang mana ya? *teringat kisah-kisah pak dosen mas Asop yang nyentrik-nyentrik…*
    Saya tetap lebih suka pake air mancur… muncrat itu konotasinya kok seperti ‘by accident’ ya? Misal, ‘tiba-tiba dari bawah kakinya air muncrat deras sekali’, atau, ‘setelah dikocok-kocok muncrat lah air dari dalam kaleng minuman bersoda itu…’ hihihihi… ga mau lanjutin ah 🙂
    baydeway, saya suka pak dosennya, apalgi mahasiswanya yang segera membuka kamus *skeptisisme kah? atau kritis?* ^_^V

  41. 8 May 2010 at 19:51

    Ini memang sudah salah kaprah yang dilegalkan oleh semua orang. mungkin dilegalka juga oleh penyusun kamus KBBI online 😆
    salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  42. 8 May 2010 at 20:06

    Wah baru nyadar aku kalau ternyata ada perbedaan antara air mancur dan air muncrat. Habis selama ini nggak terlalu memperhatikan sih mas 😛

  43. 60 Idi suwardi
    8 May 2010 at 20:22

    Hehehehe…dari dulu orang indonesia emang suka yang kebalik-balik… lol 😀

  44. 8 May 2010 at 20:24

    setuju sama dosennya…
    mantap…mpe buka kamus

  45. 8 May 2010 at 20:56

    hehhehehehe… berani mempromosikan nie istilah tuk koreksi yang udah salah kaprah di tengah masyarakat ga Sop?? 😉

  46. 8 May 2010 at 21:00

    malah yang bener tuh air pancuran ya Sop…. tapi kok ya ga enak di dengar loh, “air muncrat” ??? 😕

  47. 8 May 2010 at 21:01

    Hmm… *manggut2*
    Bener juga ya… 🙂 Wah, ternyata muncrat itu bahasa baku toh 🙂

  48. 8 May 2010 at 21:06

    Hehe… udah kadung disebut air mancur, susah diubah 🙂

  49. 66 delia4ever
    8 May 2010 at 21:28

    wekekekek..
    kadang bahasa kita terbalik2 ya.. sama kayak penjelasan blogger lain mengenai kawin dan nikah..:D

    anyway.. kalo air muncrat kok jadinya kedengaran aneh…

    Makasih sop infonya… jujur aq gak tahu sebelum ini.. hhehehehe

  50. 8 May 2010 at 21:38

    Tapi kalo air muncrat, saya punya defenisi sendiri, kalo air ini adalah air yang munculnya tanpa dikendaki dan munculnya secara tiba2 tanpa kita duga sebelumnya…Ehhhh, muncrat deh…!!!!!
    itu biasanya ungkapan keterkejutan ketika mendapati air muncrat…walah, sok teoritis saya ini

  51. 8 May 2010 at 21:41

    huahha.. bener-bener.. itu namanya air muncrat. Baiklah, di bundaran HI itu adanya air muncrat :))

  52. 8 May 2010 at 22:20

    hahaha
    bener”
    aku gak pernah ngecek KBBI sih
    suwun lho!

  53. 8 May 2010 at 22:44

    hahaha , heran deh , bayar mahal mahal untuk kuliah , ehhhh ternyata cuma dapet ilmu muncrat-muncratan wkwkwkwkwkwk kalo yang menyembur searah garis horisontal namanya apa mas

  54. 8 May 2010 at 23:56

    Asal kata MUNCRAT jangan di pakai yang lain-lain aja hehehe 😀

    • 9 May 2010 at 18:11

      Masalah berpikir negatif atau positif kembali ke masing2 pribadi. 🙂

  55. 9 May 2010 at 04:36

    huahahahaa… ya bener sih bener… tapi rasanya kan gak enak ya kalo bilangnya air muncrat… 😛

    • 9 May 2010 at 18:07

      Yap silahkan pertimbangkan sendiri, saya hanya memaparkan fakta. 🙂

  56. 9 May 2010 at 05:58

    Wach setuju bgt nich mas ama Pak Dosennya, tapi ya mo gmn lg lawong juga sudah terlanjur hehehe…:D

    Slm knl dr Kediri dan sukses selalu mas…:D

  57. 9 May 2010 at 06:14

    waah, jd selama ini salah sebut dong ya, air mancur dan air muncrat 🙂
    salam

    • 9 May 2010 at 17:38

      Silahkan mau menyebut apa, saya hanya memberikan keterangan yang berupa fakta dari KBBI, Bunda. 🙂

  58. 9 May 2010 at 06:37

    Hehe… pengetahuan baru bagi saya… Thanks…!

    • 9 May 2010 at 17:37

      Sama-sama. 😆

  59. 9 May 2010 at 06:41

    Nambah kosa kata nih… walau utk penerapannya dalam kehidupan masih terasa janggal ternyata ini yg bener. :mrgreen:

  60. 9 May 2010 at 07:30

    berarti pusat kota palembang itu bukan bundaran air mancur masjid agung tapi bundaran air muncrat masjid agung,,
    wkwkwkwkw
    gak enak banget nyebut n dengernya……

    • 9 May 2010 at 17:35

      Silahkan sesuaikan dengan diri masing2 individu. 🙂
      Saya hanya memberikan kenyataan berdasarkan kamus besar bahasa indonesia. 🙂

  61. 9 May 2010 at 08:07

    oo ternyata begitu ya pak , aku baru tau , salam sehat pak

  62. 9 May 2010 at 08:08

    Ternyata air mancur tuh air muncrat ya. bener juga ya

  63. 9 May 2010 at 08:19

    udah kadung biasa air mancur…gak enak bilang air muncrat ya 😀

    • 9 May 2010 at 17:34

      Berpindah pada masing2 orang, silahkan mau pakai yang mana. 🙂

  64. 87 iin syah
    9 May 2010 at 08:53

    wah, air muncratnya indah juga wkwkwkw… 🙂

  65. 9 May 2010 at 10:34

    setelah dipikir, iya juga ya….

  66. 9 May 2010 at 10:39

    kalau jalan pancoran jadi moncratan?

    • 9 May 2010 at 11:58

      Eits, perihal itu saya ga tahu apakah arti dari “pancoran”. 😀

  67. 91 ungkapkan
    9 May 2010 at 11:07

    hiaaaaaaaaach right 🙂

  68. 9 May 2010 at 11:53

    hehehe
    air muncratmah kesannya gomana gituh 😀

    • 9 May 2010 at 17:25

      Silahkan pada yang membaca bisa memikirkan hasilnya sendiri, mau dipakai apa tidak. 🙂

  69. 94 Tary Sonora
    9 May 2010 at 12:13

    hahahah….ajibb ide postingan kali ini, nyeleneh juga ya
    tapi keren dab.

    • 9 May 2010 at 17:15

      Wah, makasih Mbak. 😀
      Saya hanya menampilkan kenyataan alias realita. :mrgreen:

  70. 9 May 2010 at 13:16

    Peresmian Monumen Air Muncrat >> wah…. kedengarannya tetep gak enak :))

  71. 9 May 2010 at 13:26

    betul juga, ya…

  72. 9 May 2010 at 15:25

    gw sangat suka…
    pake air yang muncrat ataukah air yang mancur..
    dua-duanya menyegarkan rasanya… dan pengen berhujan2 an dibawahnya… segeerrrr

    • 9 May 2010 at 17:19

      Huahahahaha… ga nyambung. 😆

  73. 9 May 2010 at 16:11

    iya yah benar juga tapi tetap pada kalimatnya lebih pas menggunakan kata mancur

    • 9 May 2010 at 17:24

      Semua saya serahkan pada yang membaca ini, silahkan mau terima apa tidak. 😀

  74. 102 Saga Hayyu
    9 May 2010 at 17:00

    he2, iy juga y. 🙂

    slama ini sy pun terhanyutkan oleh artikulasi yg salah.. he2..jd malu sebagai warga negara indonesia

    • 9 May 2010 at 17:23

      Ga usah malu, Mas, karena saya juga baru tahu ini baru2 ini. 😆

  75. 9 May 2010 at 17:31

    Klo basa sunda ada “cai mancaura” artinya airnya muncrat kemana-mana … jd bisa aja “air mancur” itu asalanya dari air mancaura 😉

    Hatur tararengkyu

  76. 9 May 2010 at 17:43

    wah berarti banyak orang yang salah paham ya

  77. 9 May 2010 at 20:41

    wakakakaka..
    baru tau nih..
    klo “crot” artinya apa?

    • 10 May 2010 at 09:09

      wakakakak aku gak bisa bayangin kalo sama kamu 🙂

  78. 9 May 2010 at 22:48

    hiiihih bisaaaa ajaaaa 😀

  79. 9 May 2010 at 22:52

    salam kenal dari http://aby-umy.blogspot.com/

    kalau ada waktu mampir ya sobat??

    • 10 May 2010 at 23:37

      Tenang, saya singgahi. 😀

  80. 10 May 2010 at 08:41

    Kalo yang tiap pagi asop keluarin itu namanya air pancur bukan? 😀

    • 10 May 2010 at 23:06

      Yap, Anda benar, Mas. 😆

  81. 10 May 2010 at 10:47

    wah…bru tau nih…^^

  82. 10 May 2010 at 12:38

    eh tau yang Jamu dari Sido Muncul Group gak?
    gambarnya itu air muncrat ya?

    (*harus di revisi itu merek dagangnya. kalo enggak iconnya) haha

    • 10 May 2010 at 23:21

      Untuk hal ini saya serahkan pada pendiri jamunya. 😀

  83. 10 May 2010 at 17:06

    hmm,, ini pernah jd diskusi di fakultas sastra kampusku
    waktu itu, kesimpulan umumnya

    jawaban dosenmu juga kurang tepat alias tidak benar juga.
    kenapa?
    konon, menurut kalangan anak2 sasindo (sastra indonesia) kata muncrat itu maknanya memancar.
    Pengertian memancar, bukan sekedar air keluar dari arah bawah ke atas.
    Tetapi, makna memancar adalah keluar secara tiba2 secara meloncat.
    Hmm,, kata muncrat atau memancar atau menyembur, lebih pas digunakan pada air (maaf misalnya sperma / mani). karena keluarnya air sperma / mani bersifat ‘meloncat’ dan memancar atau menyembur.
    contoh lain adalah darah nadi yang terpotong kemudian memancar secara melompat.
    atau contoh lainnya…
    jadi, kata diskusi waktu itu, penggunaan air muncrat sebagai pengganti air mancur pun tidak tepat.
    karena air mancur yg kita kenal hari ini adalah air yg keluar tidak secara meloncat namun konstan. Demikian waktu itu..
    Lantas, mana yg benar? Bahasa, kata diskusi waktu itu, pd hakikatnya adalah komunikasi antara dua orang. Bahasa yg umum adalah bahasa yg digunakan oleh masyarakat umum. Barulah kemudian setelah adanya bahasa yg terjadi itu, br muncullah kamus dan tata bahasa.
    jdi, kata diskusi itu, bahasa yg absah di masyarakat adalah bahasa yang lebih tepat.

    tp itu hsl diskusi semata lho..
    😀
    😀

    • 10 May 2010 at 23:26

      Wah, pandangan yang bagus. 😀
      Saya serahkan kepada masing2 pribadi setelah membaca ini. 🙂

    • 118 Hafidz Collection
      12 May 2010 at 00:31

      heeheh saluuutt detil juga 🙂 tapi masak dinamain air mancur hayo hehehh sidomuncul..sido muncrat wkwkwk

    • 14 May 2010 at 03:07

      Wuah mantab, cuma muncrat aja bisa jadi bahan diskusi kampus ya kalau anak satra 😀

  84. 10 May 2010 at 17:50

    hahaha tp klo secara umum keliatannya beda yg artinya antara mancur n muncrat hahaha
    bahasa indonesia emg aneh

    • 10 May 2010 at 23:31

      Yap, bahasa indonesia banyak kata yang bermakna hampir sama. 🙂

  85. 11 May 2010 at 05:05

    Bahasa kan tidak masalah ketepatan saja, tapi juga masalah kebiasaan kan?

    • 11 May 2010 at 08:07

      @Cahya: justru sepanjang yg saya tahu, bahasa justru adalah kebiasaan.
      Munculnya tata bahasa (dan kamus) logikanya setelah bahasa itu muncul..
      bukan sebaliknya.. 😀

  86. 124 sugeng prayitno
    11 May 2010 at 08:38

    Bener-bener, jadi perlu diganti nih air mancur menjadi air muncrat? “disebuah kolam dengan air muncrat di atasnya yang penuh dengan ikan hias, indah sekali.” masih kagok kang tidak biasa

  87. 11 May 2010 at 13:27

    Air mancur = air muncrat ya…
    tenkyu ya dah kasih tau KBBI online (asli blm pernah berkunjung kesituh) :mrgreen:

  88. 11 May 2010 at 14:18

    Setuju, kayaknya kita harus banyak belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar tuh…

  89. 11 May 2010 at 17:46

    wahahaha.. iya.. saya juga baru ngeuh kalo yang selama ini kita sebut air mancur tuh air muncrat :p

  90. 11 May 2010 at 19:22

    tapi di masyarakat seringnya menyebut dengan air M A N C U R . . . . .

  91. 12 May 2010 at 10:37

    he he..iyah bener ju9a 😀

    aor terjun berarti masuk ke air mancur tuch sop

  92. 130 Achmad Syaiful Makmur
    12 May 2010 at 10:55

    Menarik…
    Makasih atas link KBRI nya ya..

    • 14 May 2010 at 13:26

      Sama2. 😀

  93. 12 May 2010 at 14:17

    posting ringan pembawa kebenaran.. like this…

  94. 13 May 2010 at 00:02

    bener sih, namanya air muncrat…
    tapi kok yaa lucu nyebutnya,, aneh sungkan…
    “Wahhh, air muncrat yang di bunderan HI bagus banget yaaa”
    –ga pas sama ear catching aja gitu– ^_^

    • 14 May 2010 at 13:35

      Jangan dipaksakan, Mbak… 😆
      Saya hanya memberikan fakta, biar publik yang menilai (halah) :loL:

  95. 13 May 2010 at 10:01

    hehe. kreatif gan tuk postingan yang satu ini. ane kasih cendol dah. 😆

    • 13 May 2010 at 14:29

      Aduh, dasar kaskuser. Mantab Gan! 😀

  96. 14 May 2010 at 12:05

    Mulai besok klo liat fountain aku akan bilang air muncrat ahh….

    (tapi kesannya kok kayak orang klo ngomong bersemangat trus muncrat ludahnya gitu hiiiiyyyy…..)

    • 14 May 2010 at 13:21

      Silahkan, saya gak nyuruh lho ya. 😆 😆

  97. 14 May 2010 at 15:37

    Preketiew,…..
    Ada2 aza,…..
    But it’s so funy,…

  98. 16 May 2010 at 12:20

    percaya ato ga guru pkn smp gw juga pernah bilang kayak gitu hehe

    • 16 May 2010 at 14:34

      Sip, bukan cuman dosen gw aja kalo gitu. 😀

  99. 25 May 2010 at 11:10

    Wah, saya pikir dari dulu itu:

    1. Yang arahnya dari bawah ke atas: Air Mancur
    2. Yang dari atas ke bawah: Air terjun

    Perbedaan muncrat dengan mancur, kalo muncrat cendrung spontan atau tiba-tiba; namun kalau mancur, cendrung terus menerus.

    Wah…ternyata KBBI mengatakan sebaliknya. Kalo KBBI, siapa yang bisa lawan? 😆

    • 25 May 2010 at 20:46

      Perihal muncrat itu tiba-tiba, rasanya bener juga yaaa…. 😐
      Jadi….
      Pilih yang mana? 😆
      SIlahkan terserah pembaca.

  100. 14 October 2011 at 00:16

    😀 baru tahu

    Jadi kita salah selama ini ya -_-

    • 14 October 2011 at 05:05

      Iyap. :mrgreen:


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 972 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: