10
May
10

Masih 20!!

Inilah suka dukanya menjadi mahasiswa yang terpaut dua tahun dari rata-rata umur normal seangkatan saya. Seperti yang saya sebutkan di halaman “Tentang Saia…“, saya dua tahun lebih muda dari pada teman-teman saya. Pada waktu pertama kali kuliah, saya benar-benar lupa kalau saya ini masih berumur 16 tahun. Saya juga melupakan fakta bahwa ternyata orang2 kuliah pada umur 18 tahun. Baru teringat saya ketika kumpul-kumpul dengan teman baru, dan sedang mengisi biodata angkatan. Saya lihat anak di kiri saya, lahir tahun 1988. Saya lihat anak di sebelah kanan saya, lahir tahun 1988. Depan dan belakang, juga kelahiran 1988. Duh, saya kaget juga waktu itu. Yang kelahiran tahun 1989 pun hanya sedikit, dari 106 orang satu angkatan, mungkin hanya belasan anak.

Semakin ketahuan bahwa saya termuda ketika kami semua dikumpulkan oleh kakak angkatan. Kami disuruh berkumpul sesuai dengan tahun kelahiran. “Yang merasa lahir tahun 1988, ayo kumpul di kanan!” kata salah seorang kakak angkatan. Bejibun anak2 langsung bergerak ke tempat yang disuruh. “Kelahiran 1989, kumpul di sini!” dan berkumpullah anak2 kelahiran 1989. Tinggal saya sendiri di pojokan yang berdiri terpisah, padahal saya berharap ada seorang aja yang sama2 kelahiran 1990. Kakak angkatan pun kayaknya ga mengira bakal ada kelahiran 1990 di sana. 😀  Semua mata memandang ke saya. Saya denger ada yang nyeletuk, “serius tuh kelahiran tahun 1990?”, “masih umur berapa dong dia?”, dan lain sebagainya. 😛

Awal-awal kuliah, saya masih sering banget diledek ama teman2 saya. Dibilang masih kecil lah, kurang umur, belum cukup umur lah, dan lain sebagainya. Ada juga kejadian waktu semester 1, beberapa teman saya lagi nongkrong di depan laptop, tampak cekikikan dan memandangi layar monitor dengan sangat intens. Pas saya dekati, salah seorang berkata, “Lu ga boleh liat ini, Sop, lu masih belum cukup umur!” sambil tertawa. Kami semua tahu dia hanya bercanda, dan saya diperbolehkan gabung pada akhirnya (dan ternyata mereka hanya sedang membaca komik naruto via onemanga.com -__-‘).

*

Suatu hari, saya dibawa oleh si dia kumpul dengan teman-temannya, wanita semua. Sebagai info, si dia ini kelahiran tahun 1988, terpaut dua tahun dari saya. 😀  Entah gimana, pembicaraan mereka tahu-tahu nyambungnya ke perihal umur.

Teman 1: “Serius? Lo lahir tahun 1990?”
Saya:    <mengangguk>
Teman 2: “Masih 20 tahun dong!”
Saya:   <mengangguk>
Teman 1,2,3:    <ngakak>
Teman 3: “Kok mau sih lu ama dia? Masih muda gini.”
Teman 2: “Suka brondong lu ye, ketahuan.”
Teman 1: “Di angkatan kita aja yang paling muda si R***** ‘kan? Itupun dia kelahiran desember 1989. Umur segitu aja masih kelihatan kekanak-kanakannya, gimana si Asop ini?”   <ketawa>
Dia:   <ke saya>   “Sabar…”    <lantas ketawa juga>

*

Hmmmm… sifat kekanak-kanakan itu saya yakin ada di setiap diri manusia. 😀   Terutama kepada pasangannya. :mrgreen:

*

Beda umur ini saya lihat sebagai kelebihan yang saya miliki. Dengan target saya yang lulus di tahun ini, umur saya masih 20 tahun. Jika saya ingin berkarir di pemerintahan, nantinya saya akan memiliki masa bakti yang panjang hingga pensiun nanti. Artinya, semakin lama saya berkarir, penghargaan yang akan saya dapatkan nanti ketika pensiun tentu lebih besar. Jikalau saya ingin langsung meneruskan ke jenjang S2, hitung saja saya membutuhkan waktu dua tahun untuk lulus. Umur saya masih sekitar 22 atau 23 ketika lulus S2. Pada umur segitu, orang2 kebanyakan masih lulusan S1. Bisa dibilang saya memiliki kelebihan dibandingkan mereka.

Saya katakan di awal, ada dukanya juga. Mungkin dengan umur segini, saya akan agak sulit mencari kerja, karena yang saya ketahui ada beberapa jenis pekerjaan yang mensyaratkan batas umur minimal. Pun begitu jika saya ingin melanjutkan sekolah S2 ke luar negeri. Ada beberapa universitas yang hanya menerima mahasiswa dengan umur minimal sekian. Beasiswa juga begitu, ada yang mensyaratkan umur minimal, ada juga yang tidak.

Yah, semua ini tetap harus saya syukuri. Walau bagaimanapun, ini adalah yang terbaik untuk saya. 🙂   Saya hanya tinggal menjalaninya, tentu tidak lupa harus saya nikmati juga, sesuai dengan header blog ini.

**********

Theme song: POLYSICSYoung Oh! Oh!

—————————————————————————————————————————————————

Sumber gambar dari sini.

Advertisements

187 Responses to “Masih 20!!”


  1. 1 L13min
    10 May 2010 at 01:31

    Pertamax gan…. Kunjungan pagi…

  2. 10 May 2010 at 02:14

    wah kalo menurut gua sih lebih banyak positifnya tuh… lebih muda 2 th dari angkatan… good for you tuh! 🙂

  3. 10 May 2010 at 05:39

    Wah, masih muda bgt yak..
    Pak asop dulunya akselerasi yak? Ato emang masuk sekolahnya yg terlalu cepat?

    • 10 May 2010 at 09:34

      Hehe, saya dua2nya, masuk SD kecepetan, SMA ya kecepetan. 😆
      Banyak kok teman akselerasi saya yang seperti saya ini. 😀

  4. 10 May 2010 at 05:55

    umur bukan jaminan klo kelakuan kita itu masih kenak-kanakan sob..
    sanatai aza oragng ngeledekin c cuekin aza, yang penting kita ga seperti itu.
    btw masih jaman ya ledek2an soal umur?? yg penting khan kualitasnya.. hehehe

    • 10 May 2010 at 09:36

      Haha, makasih Mas atas dukungannya. Mereka teman2 saya lama2 bosen juga kok ngeledek saya. :mrgreen:
      Jaman 2006 lalu masih jaman, Mas, ngeledek umur. 😆

  5. 7 Regina
    10 May 2010 at 07:20

    Wah, sama seperti saya. Dulu waktu kuliah, saya umurnya yang paling mudah di antara teman-teman se-gank. Mereka semua lebih tua 2 tahun dari saya. Alhasil saya yang paling sering dikelonin sama mereka hihihi…

    Salam kenal

    Regina 🙂

  6. 8 Wina Dahlan
    10 May 2010 at 07:48

    Keren lo…kalo bahasa Suroboyoannya koen kok keren seh? hehehe
    Hebat…saya slalu salut ama orang2 yang berdedikasi di dunia akademis. Kalo cita2 saya ga kesampean bisa dimotivasi ke anak2 hehehe…. Asalah maen2nya tetep ga berkurang menurutku it’s fine 😀

  7. 10 May 2010 at 08:17

    wah, beruntung bgt km…..saya aja dari dulu pengen banget bisa kayak gt…tp g kesampaian karena ortu memutuskan saya masuk sekolah dengan umur normal….klu masalah kerja kayaknya ga da masalah deh….saya pertama kali kerja umur 18 tahun and it’s ok
    karena kantor kebetulan g ngeliat umur tp skill….if i can do that, so can u….

  8. 10 May 2010 at 08:18

    Hehehe… biar masih muda tetapi jiwanya sudah dewasa… hehehe daripada kebalikannya, macam aku ini sepertinya 😀

  9. 10 May 2010 at 08:37

    wah kok bisa kang umur 16 kuliah? akselerasi ya? pasti jenius nih. hehehe.

    met pagi..

    • 10 May 2010 at 09:41

      Ah, saya biasa aja, ga pinter kok. Banyak temen aksel saya yang lebih “jenius” dari pada saya. 🙂

  10. 10 May 2010 at 08:40

    Temenku juga ada kelahiran 90an, tapi udah dewasa.. udah tenang aja sop kamu juga tampan.. masih banyak tante-tante yang suka sama kamu … hihih

    *kabuurr 😀

    • 10 May 2010 at 09:53

      Tampan? Ga bangga ah yang bilang gitu cowok sih.. 😆

  11. 10 May 2010 at 08:43

    wah..wah…
    masih 20 ya???
    haha…mencoba mengulangi perkataan teman – teman mas asop yang diatas…

    mhm…yups harus dirimu bisa berbangga..
    karena perjalanan masih panjang…

    • 10 May 2010 at 09:56

      Hehe…. iya masih panjang kehidupan saya. 😀
      Ngomong2, saya lebih muda dari Isil ya? :mrgreen:

      • 10 May 2010 at 20:06

        yups..benar sekali..
        dan berarti diriku tak harus manggil mas lagi kan?hehe
        bisa langsung panggil nama?

        hehe…. 🙂

  12. 10 May 2010 at 08:45

    wew, kok bisa? dulu ikut kelas akselerasi? pinter brarti sampeyan. memang mulai sekolah umur berapa?

    • 10 May 2010 at 09:29

      Duh, saya gak ngerasa pinter, Mas. 😀 Kalo pinter saya gak sekolah. *jawaban diplomatis*
      Saya akselerasi pas SMA, ditambah saya masuk SD-nya kecepetan. :mrgreen:

  13. 10 May 2010 at 08:53

    Tenang Sop…
    Kedewasaan gak diliat dari jumlah usia kan? 😀

    • 10 May 2010 at 09:40

      Iya, Mas Asep. Buktinya saya umur segini tapi punya wajah umur 30 tahun. 😆
      BerMuTu=Muka tua. 😆

  14. 10 May 2010 at 09:08

    keep moving, boy…^^

    kan yang mudah lebih energik n bnyak ide cemerlang…

    • 10 May 2010 at 09:40

      Hehe, makasih dukungannya. 🙂

  15. 10 May 2010 at 09:12

    hari gini masih aja dikerjain. pake sepatu hak tinggi aja.

  16. 10 May 2010 at 09:20

    Ah, masih muda bener….Mbak dah tuir nih….

    • 10 May 2010 at 09:39

      Saya tahu kok, Mbak. 😆

  17. 27 jarwadi
    10 May 2010 at 09:26

    hebaat dong mas, kalau saya jadi anda, maka saya akan sangat bangga. Bilang aja, kalau aku seusia kamu, maka aku sekarang sedang mengerjakan disertasi S2

    alih alih anda adik saya selisih 10 tahun, jadi ingat kalau saya sudah cukup jompo

    salam

    • 10 May 2010 at 09:38

      Wah, ide bagus itu, Mas. 😀
      Berarti Mas Jarwadi umurnya 30 tahun ya? 🙂

  18. 10 May 2010 at 09:26

    Masa muda gunakan dengan sebaik-baiknya…

    • 10 May 2010 at 09:31

      Yap, maka dari itu, karena masa SMA saya cuman dua tahun, saya bilang bahwa masa terindah adalah saat jadi mahasiswa. :mrgreen:

  19. 10 May 2010 at 09:30

    jaman aku sekolah belom ada akslerasi… T_T… lagian kalau ada juga paling ga keangkut… kebalikan sama aku nih… kuliah telat.. lulusnya telat… pas kerja ada selisih 1 – 2 tahun…

    • 10 May 2010 at 09:36

      Semua ada kelebihan dan kekurangannya, ya. 🙂

  20. 10 May 2010 at 09:37

    Waw, jadi teringat nasib saya ketika baru lulus SMK ingin mencoba-coba mencari pengalaman kerja, sayangnya masih belum berumur 17, masih belum memiliki KTP, sehingga kesulitan untuk diterima karena alasan umur 😦

    • 10 May 2010 at 09:59

      Tuh kan, ada pekerjaan yang memberikan batasan umur minimal. 😦

  21. 10 May 2010 at 09:50

    20 tahunnnn???
    ga percaya,, 😀
    muka nya rada boros berarti 🙂

    • 10 May 2010 at 09:57

      Tuh kan, banyak yang ga percaya kalo melihat wajah saya. 😆
      Nasib bermutu deh. 😀

      *bermutu = bermuka tua. *

  22. 37 darahbiroe
    10 May 2010 at 10:15

    hehhe
    syukurin ajah sob
    meski bermutu
    ckckkckckc
    😀

  23. 10 May 2010 at 10:30

    kita senasib dek
    aku kecepatan 2 tahun
    udah biasa
    tapi maennya jadi sama angkatan yg tiga tahun di bawahku

    dan temen2 seangkatanku bilang
    “kalo emang masih kecil ya masih kecil ajaaaa”
    😀

  24. 10 May 2010 at 10:31

    wew..muda amat sop. masuk sd umur 4 thn yak? kalo saya lebih muda 1 thn dr temen seangkatan. temen2 88, saya 89 😆

  25. 10 May 2010 at 10:41

    ikut kelas percepatan ya De? *sok tua nih gue.. :mrgreen:

  26. 10 May 2010 at 11:12

    Wah, keren tuh bang Asop.
    Masih muda, bener-bener anak muda dah. haha

  27. 10 May 2010 at 11:30

    mas asop… atau dek asop.. hehehe.. tenang saja.. yang penting bisa terus berprestasi di kampus.. jangan mau kalah sama yang udah tua…. hehehehe

  28. 10 May 2010 at 11:48

    saya lahir 86 huahahaha..
    dah tua dong saya xixi 😀
    dulu merasa paling muda di kelas sewaktu SD karena teman-teman lahiran 85 an eh sekarang di kampus malah paling tua 😛

  29. 44 wiwin9
    10 May 2010 at 11:56

    umur dan wajah ndak menjamin dia dewasa ato kekanak-kanakan sop,..aku aja yg kalo diliat dari umur udah tuwir pas liat wajahku dibilang masih muda *sok imut*, jadi nikmatin aja… salut deh buatmu muda banget waktu masuk kuliah.

  30. 10 May 2010 at 12:34

    wewew. biasanya beasiswa kan umur maksimal bos? hehe kalo S1 mah wkwkwkwk

    pas baru masuk kuliah kalo ditanya KTP cengo dong anda?
    ckckck cukup tau ea.
    Eh mbak ku mengalami hal sebaliknya justru, karen SMK Analis di Bogor, jadi ngalamin 4 tahun masa SMA.

  31. 46 yuwaku
    10 May 2010 at 12:38

    Umur lebih Tua tp kelakuan masih kekanak’2an kan gak asix juga..

  32. 47 hellgalicious
    10 May 2010 at 12:51

    haha masi muda bangee deh
    gapapa muda yang penting pikiran udah dewasa

  33. 48 putrijeruk
    10 May 2010 at 13:01

    waa, pemikirannya udah jauh banget ke depan ya 🙂

  34. 49 InVinciBle TeTik
    10 May 2010 at 13:29

    hiks kebalikan dunk ma aq… he…

  35. 50 mioariefiansyah
    10 May 2010 at 14:06

    kamu ikut program akselerasi ya dik?

    aku dulu pas lulus kuliah ya baru menginjak 21 🙂

    smoga cita2nya terwujud ya, amin

    • 11 May 2010 at 17:45

      Iya, Mbak, saya ikut aksel. 😀

      Amin, makasih doanya. 🙂

  36. 10 May 2010 at 14:20

    itu umur saya 4 tahun lalu 😀

    • 11 May 2010 at 17:48

      Oke, saya tahu umur Mas. 😀

  37. 54 delia4ever
    10 May 2010 at 14:36

    wahhh dek asop masih muda toh.. 😆

    halahhhhhhhhhh diriku sok tua 🙂

    hebat bisa merasakan sesuatu lebih dahulu.. 😛

    all the best Asop 🙂

  38. 10 May 2010 at 14:39

    eh, ada brondong! 😆

    temen senagkatan saya juga ada kok yg dua tahun lebih muda ‘seharusnya”, dan dia yang pertama kali maju proposal, tapi bukan yg pecah telor wisuda :mrgreen:

    tp dengan program akselerasi sekarang sih, kayaknya ga aneh lagi. Poin plus, bisa jadi 🙂

  39. 10 May 2010 at 14:56

    pasti mas Asop pinter banget SMP accel, SMA Accel…. pasti ntar jadi prof termuda juga…’

  40. 10 May 2010 at 15:43

    setuju… kedewasaan seseorang tidak dapat dinilai dengan umur saja

  41. 10 May 2010 at 16:01

    hai bronds..

    selama sekolah saya terbiasa jadi di antara yang termuda di angkatan. ulang tahun ketujuhbelas juga saya lewatkan di kampus kok. hanya saja, saya sempat melewatkan setahun di universitas swasta sebelum memasuki universitas negeri yang saya idamkan. jadinya malah bisa nyusul temen-temen, dan lulus di usia yang “tepat”.

  42. 10 May 2010 at 16:57

    wah mirip ma kasus gw dulu,,,,
    gak sampai 2 th sih,,
    cuman 1 th.

    cuman org yg belum kenal banget sy
    dan terlibat pembicaraan awal, pada ngiri kalu gw umur 27 ke atas

    yah, mnimal sudah punya istri or seroang bayi kek..
    busyet…

    duka nya klo gw adalah nyari jodoh.
    🙂

    krn klo mau nyari yg gw idealkan, penginnya sih yg younger than me.
    cuman kebanyakan yg younger than me masih nyelesaiin kuliahnya…
    so, ya mesti sabar dulu lah…

    hahahaha

  43. 60 Usup Supriyadi
    10 May 2010 at 17:00

    weleh weleh, ternyta lebih tuaan saya ya mas asop . kalau saya sih karena telat and pernah tidak naik kelas waktu sekolah dasaar . 😆

    • 10 May 2010 at 23:37

      Iya Mas, makanya jangan panggil saya “Kang” ato “Mas” lagi. 😳

      • 62 Usup Supriyadi
        11 May 2010 at 14:19

        iya deh, sop . heheh, tapi yakin deh, kalau kita ketemu, kayak yang seumuran lho . ckckckc *membela diri* ok, deh, Asop 😀

  44. 10 May 2010 at 18:10

    halo brondong?
    dilempar sendal
    brati kita seangkatan ya..
    hemmm

    • 10 May 2010 at 23:34

      Huakakakakakakakak! 😆

      *sayang sandalnya ah*

      Sama juga 2006? 😀

      • 11 May 2010 at 12:49

        sama….06 juga..dijogja

      • 11 May 2010 at 17:40

        Yap, Yogya kota pelajar. 😀
        *OOT*

  45. 10 May 2010 at 18:18

    Justru berbanggalah sebagai generasi termuda disitu 🙂 — kelihatan umur bukanlah patokan isi kepalamu 😆

    Lagian lu dapet gandengan, what more you can ask?

    • 10 May 2010 at 23:32

      Saya cuman termuda di jurusan saya, Mas. Di kampus, ada yang lebih muda lagi, umur 15 udah kuliah. 😀

  46. 10 May 2010 at 18:19

    Wah… dulu critanya gimana kok jadinya kuiah masuk kelompok tua (ga seumuran gitu), berarti Bang Asop ni pinter banget ya ? pernah loncat kelas ya dari SD kelas 3 langsung ke kelas 6 ? 😀

    • 10 May 2010 at 23:30

      Wah, masih banyak temen2 saya akselesari yang jauh lebih pinter dari saya, Pak Holmes. 😆 Jauh lebih “ganas” dan jenius. 😀
      Saya masuk SD kecepetan, ditambah aksel pula. 🙂

  47. 10 May 2010 at 19:09

    apakah dulu aksel?

    • 10 May 2010 at 23:26

      Yap, setahun doang. 😀

  48. 10 May 2010 at 19:32

    jadi mahasiswa termuda ceritanya nih

    • 10 May 2010 at 23:19

      Termuda di jurusan dan seangkatan aja, gak sekampus. 😀
      Yang lebih muda dari saya, ada. Umur 15 udah kuliah, lebih mantab lagi itu. :mrgreen:

  49. 10 May 2010 at 19:49

    yang pasti, semua orang pasti umurnya bertambah kok mas..

    salam kenal..

    • 10 May 2010 at 23:21

      Wah, pasti itu. 😆

  50. 10 May 2010 at 19:51

    Hahaha, senyam senyum aja saya baca ini.. Kita sebaya sop, bulan kelahiran sama lagi..[jangan bilang2 yah :mrgren:]. Sudah hukum alam kalau yg paling muda itu suka dicengin 😀

    • 10 May 2010 at 23:16

      Wah, kita sebaya ya. 🙂
      Hukum alam itulah yang ingin saya tentang. 😆

  51. 10 May 2010 at 21:52

    medning dong sob
    daripada aku

    umur masih 17 tahun tp di panggil om

    pernah da yang tanya
    kuliah dimana deek??

    ayee masih SMA bang….
    T_T
    tp bentar lagi kuliah sih
    do’ain yah kak

    • 10 May 2010 at 23:13

      Huahahahaha! :loL: dasar, saya turut berduka atas nasib Oby. 😀
      Kita sama2 bermutu kalo gitu. :mrgreen:

      Moga bisa masuk ke universitas yang diinginkan ya, amin! ^__^ 🙂

  52. 10 May 2010 at 22:11

    tapi kan kedewasaan seseorang nggak selalu bisa dilihat dari banyaknya umur 😀
    jadi jangan salah… terkadang yang lebih muda lebih bijak daripada yang tua… 😛

    HIDUP!!! ^_^

    • 10 May 2010 at 23:07

      Hehe, bener Mbak. 🙂 ^__^

      HIDUP!!! ^-^

  53. 10 May 2010 at 22:30

    kamu di ITB yah??
    Aku di Direktorat Keuangan ITB tau..
    boleh tuker link ga? 😀 😀 😀

    • 10 May 2010 at 22:35

      langsung aja ditempel deh link nya Asop..
      ditunggu link baliknya yah..
      ke-PD-an amat yah 😀

      • 10 May 2010 at 23:05

        Wah, ke-PD-an? Nggak lah. 😀
        Jangan sungkan2 minta tukeran link. 🙂
        Saya pasang! ^__^

      • 10 May 2010 at 23:33

        nuhun.. 😀

    • 10 May 2010 at 23:09

      Yap. 😀
      Tunggu, manggilnya Mbak apa Mas ya? Dari foto boleh cewek, tapi banyak blogger yang ngasih gravatar palsu. 😀

      • 10 May 2010 at 23:18

        enak aja..
        coba buka FB yah..
        aku message deh..
        aku gawe di Direktorat Keuangan ITB..
        awas yah klo ketemu 😀

  54. 11 May 2010 at 00:05

    kenapa ada kebiasaan manggil mas mbak kang bang teteh aa dilihat dari umur?? emang harus yah?

  55. 11 May 2010 at 03:21

    kok bisa 2 tahun sih? tapi gapapa. sukses lebih awal…

    • 11 May 2010 at 17:50

      Ya dibisa-bisain lah Mas. 😀

  56. 11 May 2010 at 07:04

    ha? 20 tahun? padahal klo ngeliat wajah Asop di halaman ini kayaknya udah 30 an he..he..mungkin karena gambarnya hitam putih kali yah *peace*

  57. 11 May 2010 at 07:45

    Hihihihi… saya ketuaan yah?

  58. 94 darahbiroe
    11 May 2010 at 08:40

    selamat pagi
    mmpir lagi disini
    apakah sudah nampak lebih muda
    hahahah
    😀

  59. 11 May 2010 at 08:46

    …temen-temen, mampir iah ke blogkuuu, aku lagi ikutan lomba blog niihh,jangan lupa kasih coment iahhh,, kontribusi kalian sangat berarti …langsung klik ini iah : http://pelangiituaku.wordpress.com/2010/05/10/seorang-cowok-menjaga-kesehatn-kulit-wajar-nggak-sih/ … semangat blogger 2010 !!!! …makasiihh =)

  60. 11 May 2010 at 10:18

    *skip koment*

    Enak tapi kalau paling muda di kampus itu, cewe-cewek suka gemes biasanya…

    *koment perdana di sini, ga mutu pula*

    • 11 May 2010 at 17:51

      Hush, cewek ITB ga suka yang muda, sukanya malah yang dewasa! 😀

      *mulai sotoy*

  61. 11 May 2010 at 10:28

    booooo! sombong … :mrgreen: mentang-mentang masih muda * 😥 berharap muda kembali*

  62. 11 May 2010 at 10:30

    itu tolong yah, theme songnya mengganggu sekali :mrgreen: 😆 *sensitif umur*

    • 11 May 2010 at 17:53

      Saya aja ga tahu apa arti liriknya. 😆

  63. 11 May 2010 at 10:39

    ya ampun, ternyata eh ternyata masih kecil ya bang asop ini :mrgreen:

  64. 102 Rani
    11 May 2010 at 11:03

    waaahhh cerdas..malah gue pengen banget aksel, trus kuliah secepet mungkin lulus,,ckck keren keren,,,

  65. 11 May 2010 at 12:49

    waduh, ternyata ada anak kecil di sini…
    *serasaudahsangattuabangetnihhh*

  66. 11 May 2010 at 13:57

    masih muda banget ternyata… saya panggil Dek aja ya mulai sekarang 😀

    • 11 May 2010 at 17:57

      Monggo, silahkan. 😀

  67. 11 May 2010 at 14:05

    wahh…masih 20 ya…imutnya adek ini..hihihihi

    bagus dong sop…berarti perjalanan kamu masih panjang…
    mau jadi salah satu profesor termuda juga bisa tuh…
    🙂

    • 11 May 2010 at 17:42

      Hehehe, saya gak imut kok. 😆

      Kalo takdir memang mengarahkan saya bekerja di bidang akademis, mengapa tidak menjadi profesor? 😀

  68. 11 May 2010 at 14:11

    Yang penting muda dan berbakat sop, kalo muda nyusah2in nggak usah deh… wkwkwk
    Ya intinya selagi muda terus berkarya…

    Nice post sob…

  69. 109 yanrmhd
    11 May 2010 at 14:13

    siiip..nikmati saja ‘Sop :mrgreen:
    umurmu pasti nambahkan?? so don’t worry..
    do the best..bismillah…
    🙂

  70. 11 May 2010 at 14:48

    Just like your motto: Hidup itu harus dinikmati.
    Masih 20 itu nikmat!

    Baca naruto di onemanga? Bikin sakit mata tuh 🙂

  71. 11 May 2010 at 15:00

    selamat pagi.

    sama dong, saya juga baru umur 20.

    terima kasih dan mohon maaf 😮

  72. 11 May 2010 at 15:01

    aq malah ngiri sama yang muda2 kok bisaan masuk PT barengan ma aq yaa?? 😕
    habisnya dulu .. mski umur 5 th aq udah bisa baca… SD tempat aq tinggal ga mau nrima aq karena blom cukup umur… 😥 huhuhuhu

  73. 11 May 2010 at 15:51

    kayaknya kamu dewasa sebelum umurnya Sop. abis gaulnya sama yang lebih tua sih… 😀

    • 11 May 2010 at 18:04

      Sepertinya begitu. 😆

  74. 11 May 2010 at 16:09

    wah, berarti pinter dong…ikut percepatan..mantap sob..nikmati aja hidup itu sob..nanti pasti sobat bakalan sukses…serius deh…

    • 11 May 2010 at 17:59

      Duh, saya gak pinter. 😀
      Masih banyak teman2 saya yang aksel yang jauh lebih pinter dan jenius dibanding saya. 🙂

  75. 11 May 2010 at 16:24

    dohh…bru sehari posting dah bejibun gini komennya..
    mantaabbbb euy :mrgreen:
    qtha ampir mirip lah sop..cuma aq kecepatan setaon doank sey..
    jdi g kliatan2 amad… fufufuufufuu.. 😆

  76. 11 May 2010 at 16:26

    hebatnya Asop, dgn umur yg msh belia dah mau S1.
    salam

  77. 11 May 2010 at 16:28

    hebat donk kamu, masih muda dan pinter. sekarang bukan umur lagi untuk melihat kedewasaan seseorang, tapi cara berfikir dan tingkah lakunya… so don’t worry be happy

    • 11 May 2010 at 18:02

      Saya ga pintar kok… 😐

      Yeah, i’ll be happy! 😀

  78. 11 May 2010 at 17:49

    saya jadi ingat teman saya jurusan kimia yang juga masuk kuliah saat umur 15 tahun. (btw saya angkatan 2003)

    dan dia pacaran sama anak angkatan 2002 loh 😀

    • 11 May 2010 at 18:01

      Wooow! 😀 Kalo teman Mbak Rime cewek sih masuk akal, tapi kalo cowok, masa’ bisa?? 😀
      Hebat juga kalo cowok, umur muda bisa dapet angakatn 2002. 😀

      • 13 May 2010 at 13:50

        sayangnya dia cee, jadi ga hebat2 amat, hehehe..

  79. 11 May 2010 at 18:31

    wah, gw lebih tua tiga tahun dari lu sop, lu harusnya manggil gw mas, hahahaha

    http://www.pipinpramudia.info

  80. 11 May 2010 at 18:41

    saya umur 22 kelakuan masih seperti umur 15, siapa tahu asop lebih baik sifat dewasanya
    umur 20 tapi kedewasaannya sudah 27thn.
    umur gak penting, sifat dan sikap itu baru penting

  81. 11 May 2010 at 19:17

    waaahhhh… ternyata masih muda,
    tapi yang penting tetap semangat untuk B E R K A R Y A . . . . .

  82. 127 Hafidz Collection
    11 May 2010 at 19:51

    aku ikuuuuuttt …nimbrung 🙂 asop

    http://hafidzcollection.blogdetik.com/perihal/my-collection-_/

  83. 11 May 2010 at 20:07

    wow ternya bang asop masih kanak2…
    hehehe pisssss :-))

  84. 11 May 2010 at 20:40

    Umur No problem mas, yang penting kan bisa menesuaikan dengan lingkungan. Pas ngomong ma ang lebih tua, oke, anak muda oke, adek-adek juga oke. Sipp

  85. 11 May 2010 at 20:55

    kebalik kita Sop,, saya umur 21 tapi orang-orang nyangkanya masih 18,,wkwkwkw
    :mrgreen:

  86. 11 May 2010 at 21:03

    Wah, enak nih, kalau lulus kuliah masih terlihat belia dan yang pasti lebih mudah juga cari kerjaan cos’ sekarang ini perusahaan kadang membatasi umur dari si pelamar.

  87. 11 May 2010 at 21:07

    mental nya harus dah dewasa..hihi

  88. 11 May 2010 at 21:08

    nggak nyangka ternyata sobat kita yang satu ini brondong,,,, hehehehe….

    nimati aja sop, semua pasti ada hikmahnya…

  89. 11 May 2010 at 21:50

    wahh..masih 20 thoh..saia pikir udah diatas 25..

    hhehehe..

  90. 135 marsini
    11 May 2010 at 22:00

    sipp nih..
    yang penting tetap berprestasi.

  91. 11 May 2010 at 22:43

    Nikmati hidup dengan lagu sob

    btw….mau download lagu-lagu keren.??
    masuk deh ke :

    http://thomasandrianto.wordpress.com/2010/05/11/my-favorite-songs/

    salam

  92. 12 May 2010 at 00:14

    teman saya kuliah yang relatif muda-muda gitu, kayaknya pinter-pinter deh. Assyik juga sih kayaknya udah jadi sarjana masih imut-imut.

  93. 12 May 2010 at 06:48

    Sebentar saya sedang mengenang umur 20 saya dulu… wahhh masih muda sekali – belum menikah – masih nakal 😀 – dan yang jelas belum punya blog seperti kang Asop 😀 😀

    Selamat.. selamat nikmati masa mudamu anak muda.. 😀

  94. 12 May 2010 at 08:16

    wah muda,,, 😛 hehe kunjungan pagi… btw sop, tukeran link boleh? 😀

    • 14 May 2010 at 13:20

      Pasti boleh. 😀

  95. 12 May 2010 at 09:24

    hebat dong brarti
    aku bru mulai kuliah pas umur hampir 20 tahun malahan
    lulus sma ngabur dulu beberapa tahun:mrgreen:

  96. 12 May 2010 at 09:40

    mas asop…..ada temennya lo,, ku juga 1990 lo……

    • 14 May 2010 at 13:25

      Bagus, kita sama. 😀

  97. 12 May 2010 at 09:43

    kekanak-kanakan bagi saya adalah memandang orang lain dari sudut pandang sempit dan subjektif menurut anggapan personal yang kurang memamhami definisi utuh tentang apa itu dewasa. well, age never doesn’t represent wisdom, rite???:)

  98. 12 May 2010 at 10:10

    umur ternyata jadi perbedaan untuk sebuah ikatan

    • 14 May 2010 at 13:31

      Semoga buat saya tidak. 🙂

  99. 12 May 2010 at 10:18

    hebad
    salute bos

  100. 12 May 2010 at 10:20

    kalo jadi menteri bisa usia muda tuh
    bisa ngantiin srimulyani nih kalo gtu pas umur 30

    • 14 May 2010 at 13:33

      Sayang sekali saya gak berminat jadi menteri keuangan. 😀

  101. 150 nanangrusmana
    12 May 2010 at 10:47

    nggak usah berkecil hati dgn umur sobat……sy yg sudah tua saja…masih spt kanak kanak kadang.
    tulisanmu sangat mencerminkan usia muda,kawan. Aku suka, buat menyeimbangkan usia dan pergaulan hahaha…..

    • 14 May 2010 at 13:34

      Makasih dukungannya, Mas. 🙂

  102. 12 May 2010 at 13:09

    yg muda yg perkasa…en smagat cari ilmunya.
    smoga aja…

  103. 12 May 2010 at 14:22

    Masa kecil mu tercukupi gak dg bermain sepuasnya? 😀

    • 14 May 2010 at 13:43

      Kayaknya gak Mbak. 😆

  104. 12 May 2010 at 14:25

    wah muda sekali ….

  105. 12 May 2010 at 16:23

    jiaaaaaaaahhh…bronis toh… 😀

  106. 12 May 2010 at 18:34

    hehe ternyata masih 20 tahun toh.. hihihihi 🙂 thanx dah mampir ke blog sayah… respect.. salam kenal.. 🙂

  107. 12 May 2010 at 18:42

    manteb
    biar muda asal semangatnya tetap terdepan
    salam hangat dari blue

  108. 159 Tary Sonora
    12 May 2010 at 20:54

    16 tahun gw masih SMA heheh jenius lu yah umur segitu dah jadi mahasiwa. salut

  109. 12 May 2010 at 22:53

    Umurnya baru sepertiga umur saya Mas…
    Saya 60 taun

    • 14 May 2010 at 14:05

      Wah, udah punya cucu pasti, Pak? 😀

  110. 13 May 2010 at 11:17

    kata sobatku yg berjenis kelamin cowok…
    pria itu adalah anak kecil yang bersemayam pada tubuh yang besar.. 😀

    • 13 May 2010 at 14:37

      Yah, mungkin benar adanya. 🙂
      Saya akui itu. 😀

  111. 14 May 2010 at 09:16

    wah, beda usia kita lumayan jauh
    Wajar jikalau kau panggil aku
    A 😀

  112. 14 May 2010 at 12:01

    Jangan-jangan masuk playgroup umur 9 bulan yak? :mrgreen:

    • 14 May 2010 at 14:09

      Nggak lah. 😆

  113. 15 May 2010 at 14:39

    ohhhh….
    berondong ternyata…
    :p
    bagus kan??
    masih usia muda gitu..masih bisa memilih banyak hal..lah klo lulus di usia 23..udah mikir tuh mau lanjut kuliah atau kerja..takut habis umur..wkwkwkkw..

  114. 15 May 2010 at 15:14

    yaa… nikmati masa muda mu nak…
    🙂

  115. 15 May 2010 at 18:02

    wah, kok betah sih di kelas aksel 😆 hebat-hebat masih muda sekali,.. positiv aja, laah. jalan mu masih panjang anak muda. buktiktikan itu ke yang tua-tua.. ffufu

    • 16 May 2010 at 14:33

      Saya sih betah-betah aja… :mrgreen:

  116. 15 May 2010 at 23:21

    hahahahaha… kadang umur gak manandakan tingkat kedewasaan lho 😀

  117. 16 May 2010 at 12:25

    seriously? a 1990 born? ga tampang boos hehe :p

    • 16 May 2010 at 14:35

      Makanya itu gue disebut muka tua ama temen2 gue… :loL:

  118. 21 May 2010 at 09:37

    wah..commentnya banyak banget ya. hehe..

    saya juga masih 20! tapi kelahiran 1989, walaupun bulan2 akhir.
    jadinya saya juga sukses lulus sebagai wisudawan termuda. hehe..
    dan saya juga kerja di pemerintahan sekarang, mudah2an bisa sampe pensiun kerjanya..
    ayooo.. semangat sebagai mahasiswa umur 20!
    seru lho disebut sebagai wisudawan termuda ;p

  119. 175 mioariefiansyah
    22 May 2010 at 21:40

    oalah dirimu aksel juga tah???

    aku jg aksel kok, wkwkwkwkw

    sma mana dik?

    aku smun 3 malang…

    btw, nanti aku mo bikin antologi ttg anak akselerasi, ikut nyumbang yah?? ntar tak hubungii 😀

    horayyyy ketemu anak aksel jg 😀 *lonjak lonjak*

  120. 24 May 2010 at 11:40

    Nah, ini contohnya efek sistem akselerasi, ayo siapa yang dukung sistem deselerasi 😀

    • 24 May 2010 at 16:36

      Lah, buat saya ini positif lho Mas Cahya… 😀

  121. 178 risna1911z
    24 May 2010 at 20:39

    sama sama,, saya juga satu tahun dibawah umur rata2 temen sekelas 😀

  122. 26 May 2010 at 12:18

    “Lu ga boleh liat ini, Sop, lu masih belum cukup umur!” sambil tertawa. Kami semua tahu dia hanya bercanda, dan saya diperbolehkan gabung pada akhirnya (dan ternyata mereka hanya sedang membaca komik naruto via onemanga.com -__-’).

    >>> hahahaha, guyonan lawas :))

  123. 5 June 2010 at 08:30

    Kelebihan umur segini sudah kuliah: Akan lebih cepat menikah, karena dunia sebentar lagi kiamat (jadi, bisa menikmati rasanya menikah sebelum kiamat 😆 ).

  124. 18 August 2010 at 22:33

    *baru nimbrung*
    Akselerasi memberi dampak baik untuk Asop
    *mulai sok tau*
    Karena jika tidak? Coba bayangkan Asop yang ‘bermutu’ satu kelas dengan teman-teman yang ‘normal’?
    Bayangkan Asop gak ikut akselerasi?
    *berniat menindas*

    • 19 August 2010 at 04:09

      Iya iya, nanti saya jadi lebih tua ya kalo sekelas ama yang ‘normal’. 😐

  125. 183 amitokugawa
    25 May 2011 at 16:14

    wah, sama.. apalagi ledekan kayak gitu sih sering.. (sekarang ga lagi)
    pas kuliah juga, apalagi kalo ada topik yang rada2 dewasa
    ada asiknya juga lah, pas ospek jadi ‘terkenal’ di antara senior ..hehe

  126. 2 June 2011 at 21:32

    Mantap… Benar2 umur yang brilian untuk angkatan abang, saya aja 1994, dan teman 1 angkatan saya 1993, bahkan ada yang sekelas 1989… Hehehe…. Masih untung ada niat belajar…

    • 4 June 2011 at 17:31

      Benar, yang penting terus belajar.

  127. 5 June 2011 at 14:08

    saya dulu juga ngerasain hal yang sama kok..
    walaupun di angkatan saya ada beberapa yang kelahiran 91, malah ada yang 92.. tapi tetep aja suka diceng-cengin kalau lagi maen rame-rame…
    apalagi tubuh saya mungil, suara saya cempreng kayak anak kecil, trus tingkah saya kekanak-kanakan sekali, sangat tidak meyakinkan..

    tapi saya ambil positipnya aj sih,, karena teman-teman lebih tua, jadi mereka nganggep saya adek, saya jadi sering ditraktir dan dibantuin.. hehhehe *memanfaatkan kebaikian orang*

    Selain itu setuju dengan Asop. berhubung saya emang udah berkarir sebagai (C)PNS nih, masa bakti saya lebih lama, prospek karir saya masih terbuka lebar… Walaupun buat ngelanjutin S1 masih 2tahunan lagi,, setidaknya saya ngeraih gelar sarjana masih 24an lha,,, g terlalu tua-tua amat..

    Jadi sambil menunggu bisa kuliah lagi,, saya mencoba menikmati saat-saat mengumpulkan duit ini.. hahahhaha

    • 6 June 2011 at 14:42

      Wow, pandangan kita hampir sama. 😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 973 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: