19
May
10

Balada Mahasiswa #8

Pilih wisuda kapan?

Di ITB ada tiga kali wisuda dalam setahun. Bulan april, juli, dan oktober. Dodoy berrencana lulus bulan juli. Sebenarnya dia udah mulai mengerjakan Tugas Akhir (TA) sejak bulan desember tahun sebelumnya. Hanya karena penyakit rutin mahasiswa (baca: malas) datang menerjang, baru mulai dikerjakan lagi sekitar bulan maret. Untuk wisuda bulan april jelas mustahil, karena udah gak ada waktu lagi. Maka dirundingkanlah perihal kelulusan ini ke pembimbingnya, sebut saja Pak Dodo.

Dodoy: “Pak, saya akan berusaha supaya bisa wisuda bulan juli.”
Pak Dodo: “Silahkan, saya hanya menunggu pertanyaan-pertanyaan kamu seputar topik TA. Kamu yang berusaha.”
Dodoy: “Iya Pak, makasih. Bo—“     <disela mendadak>
Pak Dodo: “Tunggu… mau wisuda bulan juli? Ngapain cepet-cepet? Ga usah buru-buru lah.”
Dodoy: “Yaaaa nggak apa-apa ‘kan Pak, gak ada salahnya…”
Pak Dodo: “Gini, apa kamu yakin bisa selesai secepat itu? TA kamu udah sampai mana sih? Masih banyak ‘kan yang belum selesai? Makanya, ikutan wisuda bulan oktober aja lah.”
Dodoy: “Waduh, Pak, saya inginnya bulan juli…”
Pak Dodo: “Oktober aja lah, saya bantuin kamu nanti. Sekarang kamu sambil bantuin proyek saya aja.”
Dodoy: “Aduh, gimana ya Pak… Bukannya saya gak mau bantu proyek…”
Pak Dodo: “Ada bayarannya lho.”
Dodoy: “……….Boleh deh Pak. Bisa minta KAK proyeknya? Janji lho Pak, permudah TA saya nanti.”        <KAK=Kerangka Acuan Kerja>
Pak Dodo: “Iya, tenang aja.”     <senyum>

Pelajaran buat mahasiswa, harus jago nego sama dosen. 😀

*

Kamu mahasiswa saya?

Ada seorang dosen, yang sudah sangat tua sekali, Pak Roy, sebut saja begitu. Beliau seorang yang udah sangat senior di program studi (jurusan) seorang mahasiswa tingkat akhir, sebut aja Cakra. Beliau ini sangat berdedikasi pada bidang pendidikan, jadi beliau memfokuskan diri pada kegiatan mengajar. Berbagai proyek yang ditawarkan padanya selalu ditolak, hanya karena bertentangan waktu dengan jadwalnya mengajar. Beliau sangat dihormati oleh para mahasiswanya, berkat dedikasinya itu. Hanya saja, satu-satunya masalah adalah, karena udah tua, beliau pikun. Bukti nyata adalah si Cakra ini.

Suatu ketika, Cakra lagi jalan di koridor. Di kejauhan, dia ngeliat ada Pak Roy. Siap-siaplah si Cakra untuk ngasih salam.

Cakra: “Siang, Pak.”
Pak Roy: “Siang.”

Pak Roy berhenti jalan…

Pak Roy: “Kamu…. Anak bimbing saya, ya?
Cakra: “Bukan, Pak. Saya Cakra, anak bimbing Pak Heru.”
Pak Roy: “Ah, masa’? Saya yakin kamu ini anak bimbing saya, saya lupa namanya siapa, tapi saya yakin itu.”
Cakra: “Aduh, Pak, bukan… Saya bukan anak bimbing Bapak..”
Pak Roy: “…..Ayo ikut saya ke TU, kita tanya di sana daftar sebaran dosen pembimbing.”       <TU=Tata Usaha>

Maka, terpaksalah Cakra ikut ke TU. Setelah bertanya, terbuktilah bahwa Cakra bukan anak bimbing Pak Roy.

Cakra: “Nah, Pak, betul ‘kan, saya anak bimbing Pak Heru.”
Pak Roy: “Saya masih gak percaya… Saya yakin sama ingatan saya kok. Jadi TA kamu tentang apa?”
Cakra:   <mulai terganggu>   “Tentang pengolahan limbah kimiawi, Pak.”
Pak Roy: “….. Itu kan bukan bidang saya.”
Cakra: “Lah, saya ‘kan memang bukan anak bimbing Bapak….”   <kesal>
Pak Roy: “Kenapa nggak bilang dari tadi?”
Cakra: “Lho…. saya ‘kan sudah bilang, Pak…. tadi itu lho…”      <menyerah, menahan diri>

*

Sekali lagi, ini benar-benar terjadi. 😆

*

Theme Song: Guru Oemar BakriIwan Fals

————————————————————————————————————————————————–

Sumber gambar dari sini, dan sini.

Advertisements

134 Responses to “Balada Mahasiswa #8”


  1. 19 May 2010 at 00:52

    pertamaxxxxxxxxxxxxxxxx

    • 19 May 2010 at 00:53

      keduaaxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

      • 19 May 2010 at 00:55

        sekalian ketigaxxxx… jarang2 nih… 😀

        😆

        makasih sop pelajaran negonya.. bisa nggak ya ku lakukan disini..
        untuk pak roy… gokil abis tuh dosen 😆

      • 4 darahbiroe
        19 May 2010 at 17:51

        wahhh
        kok diborong semua mbak
        pertamax nya
        😀

      • 20 May 2010 at 22:25

        Saya aja kalah, Mas… 😆

  2. 19 May 2010 at 06:48

    Haha kocak. Itu beneran ya?

    • 20 May 2010 at 22:28

      Nyata ini. 😆

  3. 19 May 2010 at 06:59

    Hahaha! Dosen kok ngotot bener? Situ kebelet kepingin punya anak bimbingan ya? :-p

  4. 19 May 2010 at 07:52

    pak Roy lucu ya *ROFL*

  5. 19 May 2010 at 08:02

    HUAHAHAHAHAHAHAHAH PAK ROY!!! ADUH … Minta di gampar… (ngakak guling2)

  6. 19 May 2010 at 09:56

    oh, saya pernah digituin 😆 itu, lo.. yang cerita kedua, ada-ada aja, dosen itu (doh)

  7. 19 May 2010 at 09:57

    oh ya. sukses ya buat TA nya 😆

    • 19 May 2010 at 14:27

      Makasih doanya. 😀

  8. 19 May 2010 at 10:18

    saya lulus kapan yah….

  9. 19 May 2010 at 10:36

    hahahha ….. mau ngakak dulu akh, 😀 😀 😀 😀 😀 😀
    ada sih dosen maksa kayak gitu banget, dosen yang aneh 😛
    salam

    • 19 May 2010 at 14:44

      Oh, itu ada Bunda, sangat jelas sekali… 😆 😆

  10. 19 May 2010 at 10:37

    Keureeen banget!!
    Ha ha ha 😀
    Aneh unik asyik yuh hua ha ha …

  11. 19 May 2010 at 13:35

    ah…siyal…untung dosenya gag ketemu aku….coba kalo ketemu…

    *momintatandatangansamacapjempolkaki*

  12. 19 May 2010 at 15:33

    huwahahaha
    ngakak gue bacanya

    kocak tapi ga lebay-lebay amat
    hahaha

  13. 19 May 2010 at 16:13

    Satu lagi, dosen selalu merasa benar… Benar2 balada mahasiswa.

  14. 19 May 2010 at 17:31

    hahahahhahahahaha :ketawasambilgulinggulingdilantai

    mohon diberi kesabaran bagi para mahasiswa (yang kepingin cepet lulus |termasuk saya|)

  15. 22 darahbiroe
    19 May 2010 at 17:48

    aku kmrin april wisudanya
    😀

  16. 19 May 2010 at 19:56

    Wakakak wakakak wakakak saya sudah ngakak boleh kkan kak kakak

  17. 19 May 2010 at 20:25

    Menyesal juga saya seharusnya Wisuda Januari kemarin bareng angkatan saya 😦
    ya gara2 negosiasi dengan dosen kurang sippp dan penyakit yang sulit dihilangkan “males” lebih parahnya lagi pengajuan sidang cuma telat 1 hari (ampe menangis deh partner ku”Ika” namanya)

  18. 19 May 2010 at 22:13

    tadi saya salah bacaloh bagian yang ini: Dodoy: “Iya Pak, makasih. Bo—“

    saya pikir…”iya pak, masaih, booooo…” (gaya bencong)

    • 20 May 2010 at 22:11

      😆 sama…

  19. 19 May 2010 at 23:05

    yang kayak gini bener ga ya ??? bukannya lebih baik lulus dulu terus bisa lebih konsen untuk membantu pekerjaan sang dosen tersebut….

  20. 19 May 2010 at 23:16

    Gurakrak !!!!!

    cerita yang ke dua gak banget dah tuch dosennya !!!

    hahahaha parah lupanya !

  21. 29 yanrmhd
    20 May 2010 at 00:00

    😆 😆 😆
    yang kedua tuh mantafff :mrgreen:
    ada juga dosen kyk gtu,,, 😆

  22. 20 May 2010 at 09:05

    Jadi ingat masa-masa kuliah dulu,,,,,,,,,,,,

  23. 20 May 2010 at 11:39

    ahahahay… dosennya kepinteran jadi ngaco gt ya?

  24. 20 May 2010 at 17:24

    saya sudah wisuda …

  25. 20 May 2010 at 19:25

    hahaha..ceritamu ini mengingatkan masa-masa TA dulu sebelum dikasih ‘surat cinta’ alias surat DO :mrgreen:
    good posting bro! 😉

  26. 20 May 2010 at 20:36

    parah…parah tu Pak Roy…makan hati memang kalo nemui orang kayak gitu.
    udah pikun ngeyel pula tu… 😀 😀

  27. 20 May 2010 at 20:38

    Itu si Cakra sudah survey belum? Jangan-jangan di sekelilingnya ada kamera tersembunyi…

  28. 36 Bee'J
    20 May 2010 at 20:43

    harap maklum deh, biar dosen udah tua, jangan pada ngelawan yaa.. 😀

  29. 20 May 2010 at 20:47

    Jadi mahasiswa kok nggak pernah enak sih Mas, selalu jadi korban 🙄

  30. 20 May 2010 at 20:48

    Sepertinya pak roy harus segera pensiun kang. hahahaha….

  31. 20 May 2010 at 20:50

    wakakakaka… 😀
    woyyy… aku mau wisuda September, doain dong… butuh ribuan doa supaya gerak kaki ini terwujud…. *ngesot ngadep pembimbing*

  32. 20 May 2010 at 20:50

    jadi hukum niaga (tawar-menawar) itu juga berlaku saat kita menghadapi dosen y kang. haha. okelakalaubegitu akan saya coba. :mrgreen:

  33. 20 May 2010 at 21:15

    salam buat pak roy 😀

  34. 20 May 2010 at 21:20

    hihihihi…woalahhhh…cah itb mau lulus kapan? hihihi…

  35. 20 May 2010 at 21:25

    Baladanya lucu sekali mas. Mengingatkan tahun 1992 waktu aku kuliah.

  36. 20 May 2010 at 21:30

    lha kowe bakalan lulus kapan, sop?

    • 20 May 2010 at 22:19

      Tahun iki, Ded, Insya Allah. Sedang berjuang ini… 😆

      • 21 May 2010 at 21:41

        hihihi percoyo rek 🙂

  37. 47 rainbroccoli
    20 May 2010 at 21:38

    Oalah…ngotot.com
    Semoga cepet lulus ya… 🙂

  38. 20 May 2010 at 21:51

    hehehe …

    ada az intermezzo yang lucu n unik kalo ane mampir ke sini …

    keep kreatif, pak asop … wewe … ^_^

  39. 20 May 2010 at 22:21

    hohohohohohooo… kisah yg lucu, mas asop. ^^

  40. 20 May 2010 at 22:39

    Hahaha… parah juga ya… 🙂

  41. 51 L13min
    20 May 2010 at 23:43

    Wah… Saya kesindir tuch gara-gara postingannya bung Asop… 😀
    Yang penting tetep semangat… biar cepet luluz…. 😀

  42. 52 Mbah Jiwo
    21 May 2010 at 01:47

    mbah gagal kuliah, skrg kuliah lagi…

  43. 21 May 2010 at 03:33

    Ayo semangat untuk segera lulus kuliah 😛

  44. 21 May 2010 at 05:21

    saya pernah punya dosen senior yang lumayan tua juga namun tak sepikun ini, bahkan sayalah mahasiswanya yang terakhir karena sebelum saya wisuda beliau telah meninggal dunia

  45. 55 julianusginting
    21 May 2010 at 07:46

    xixixixi..menggelitik telinga sob…

  46. 21 May 2010 at 08:02

    huahaha nemu nemu aja mas postingan tentang balada mahasiswa nya xixi
    kalo saya nggak ada deh secara saya mahasiswa gadungan 😀

  47. 21 May 2010 at 08:23

    hehe…
    gokil mas ceritanya…
    cerita nyata ya mas>?????

    • 21 May 2010 at 10:07

      Semua balada mahasiswa di blog ini nyata. 😀

  48. 21 May 2010 at 09:19

    kenakalanku di kampus
    aduuuuh jadi teringat 😀

  49. 21 May 2010 at 09:21

    stujuuuuuuuuu………………
    qtha emank harus jago nego2 dosen sop..
    jago ngeless..jago ngambil hati..jago bermanis2…
    fufuufufuu.. :p
    *curcol*

  50. 21 May 2010 at 09:24

    Umar Bakri untuk Iwan fals..
    Pak Roy untuk Asop 😀

  51. 21 May 2010 at 09:26

    wah..untung dulu dapet dosen pembimbing yg lumayan baik.
    dia nyuruh saya cepet2 sidang biar dia lega, soalnya dia mau liburan. ehehe..
    tapi dosen pembimbing itu berasa artis ya.. dikejer2 mulu

  52. 21 May 2010 at 09:43

    setujuuuu..jadi mahasiswa emang kudu jago nego.
    I did it. dan BERHASIL IKUT WISUDA! cihuuuuuy..=))

    nice post sop ^_
    mengingatkan saat

  53. 21 May 2010 at 09:43

    setujuuuu..jadi mahasiswa emang kudu jago nego.
    I did it. dan BERHASIL IKUT WISUDA! cihuuuuuy..=))

    nice post sop ^_
    mengingatkan masamasa mudaku 😀

    danke ^_

  54. 21 May 2010 at 09:59

    Jangan-jangan Mas Asop yang sering jadi korban para dosen 😀

  55. 21 May 2010 at 10:04

    Mungkin lagi banyak anak bimbing TA dosennya jadi pusing – klo Oktober insya Allah habis lebaran dong.. 😀

  56. 67 darahbiroe
    21 May 2010 at 11:30

    Nyasar lagi disni
    😀

    • 21 May 2010 at 21:26

      Jangan ragu untuk bertanya supaya ga nyasar. 😛

  57. 21 May 2010 at 11:35

    SOP, KALO MASALAH DUIT AJA IJO, GAK LULUS2 JUGA GAK PA, NYANG PENTING PROJEK KUENCENG,,, 😀
    SALAM SENYUM,

  58. 21 May 2010 at 11:55

    wahahhahaa Pak Heruuu anak bimbingnya mau direbut tuuuuh
    wkwkwkwkwkwk
    parah pikunnya

  59. 21 May 2010 at 12:05

    terakhir..
    hihihi..
    baru kenal mas..
    kenlan ya..
    nih blogku
    http://sahatparsaulian.wordpress.com

    • 21 May 2010 at 21:22

      Salam kenal! ^__^ 🙂

      Oke lah, segera ke TKP. 😀

  60. 21 May 2010 at 12:13

    tak simpen wat jd pelajaran wktu bikin skripsi 2 thn lg neh 🙂

  61. 21 May 2010 at 13:19

    aduh, inget bapak dosenku 😦
    besok ngadep deh. Hehehe…

  62. 21 May 2010 at 13:44

    sabar ya sabar…. harap dimaklumi aja kalo ketemu dosen yang beginian

    • 21 May 2010 at 19:12

      Memang harus sabar. Sangaaaaaat sabar.

  63. 21 May 2010 at 13:58

    huaaaaaaa… sy gregetan ama pak Roy… ckckckkck 😀

    • 21 May 2010 at 19:09

      Lebih tepatnya lucu, Cempaka. 😆

  64. 21 May 2010 at 14:03

    Waduh gan… susah juga jadi mahasiswa yach.. apalagi udah tingkat akhir!
    Jurusan Kimia yach Om? 😀

    • 21 May 2010 at 19:04

      Bukan. Monggo lihat page perkenalan tentang saya di atas. 😀

  65. 21 May 2010 at 14:54

    Kok bisa ya orang kayak gitu jadi Dosen?? Ego nya nampak sekali hehe…
    Nasib jadi mahasiswa ya?? sabar aja sop 😀

  66. 21 May 2010 at 14:59

    lucu yang cakra..

    dah kebanyakan ilmu dosennya cakra hehehe

  67. 21 May 2010 at 15:28

    wah 😀

    rasanya jadi pengen jadi mahasiswa 🙂

    • 21 May 2010 at 19:01

      Monggo kuliah di ITB. 😉

  68. 85 Usup Supriyadi
    21 May 2010 at 15:32

    (doh) itu dosen terakhir bikin gemessss 😆

  69. 21 May 2010 at 15:57

    Sorry baru berkunjung balik nih….hampir seminggu absen. Sibuk sekali. Btw artikelnya oke punya.
    salam

    • 21 May 2010 at 18:59

      Jangan lupa link donlot-nya ya Mas. 😆

  70. 88 Zeph
    21 May 2010 at 16:07

    temen saya anak teknik fisika, ikut wisuda yang oktober tahun ini 🙂

    • 21 May 2010 at 16:36

      Loh? Kok nggak yang juli? masih sempet lho. 🙂

  71. 21 May 2010 at 17:10

    Hohohoho….Tuh, Dosen (Pak Roy) emang nggak mau ngalah. Pusing deh 🙂 Repot ya punya dosen yang seperti itu….

  72. 21 May 2010 at 17:55

    Terus ngomong-ngomong, Om Asop kapan lulusnya nih 😀

    • 21 May 2010 at 18:25

      Pengennya tahun ini. 🙂
      Masih terus mengejar. 😉

  73. 21 May 2010 at 18:12

    Mahasiswa memang punya banyak balada, hehehehe…. harus sabar-sabar menghadapi dosen.

  74. 21 May 2010 at 18:17

    inget waktu jadi mahasiswa.
    rasanya… waktu itu lancar aja, hanya saja agak kagok waktu mau ujian skripsi…

    • 21 May 2010 at 18:57

      Syukur deh. 🙂

  75. 21 May 2010 at 19:24

    yang pewrtama dosen kok malah pingin mahasiswanya mundur wisuda…
    yng kedua dosen pikun sok ingat

    • 23 May 2010 at 18:32

      Ada lho tipe dosen kayak gitu. 😀

  76. 21 May 2010 at 19:25

    mending cari proyekan dulu aja

    sayangnya dulu aku pengin cepet2 krn pengin buru2 nikah
    ee setelah lulus malah ga nikah2
    jd pengin nyari2 proyek2 lagi
    lebih bebas dr kerja
    wakakakaka

    • 23 May 2010 at 18:11

      Benar sekali. 🙂

      • 24 May 2010 at 21:40

        benar oponya?

      • 24 May 2010 at 22:29

        Benar bahwa enakan nyari proyekan dulu. 😀

  77. 21 May 2010 at 19:38

    Hhahaah..setuju!
    Harus pinter2 nego sama dosennya, gue juga gitu kok, wkakakkaka…
    Dikit carmuk juga perlu, biar dosennya kenal N dekat banget sama kita dan nilai pun jadi OKE 😀

  78. 21 May 2010 at 20:15

    hehhehe..aneh-aneh aja dosen disana ya mas. 😀

  79. 21 May 2010 at 21:51

    pak roy tipikal profesor kali ya
    cerita beneran nih..?

    • 23 May 2010 at 18:08

      Pasti itu, semua balada mahasiswa yang ada di sini nyata terjadi. 😀

  80. 21 May 2010 at 22:19

    saya jadi yang ke 101 aja deh… ada hadiahnya gak?
    btw dosen pertama nih kok malah gak ngedukung niat tulus mhsw-nya yang mau lulus cepet sih?

    • 23 May 2010 at 18:03

      Nah, maap sekali ga ada hadiahnya. 😀
      Memang ada dosen kayak gitu, yang ingin memanfaatkan mahasiswanya. 😀

  81. 23 May 2010 at 03:23

    Aseeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeekkkk,, mahasiswa banget ceritanya!!!
    🙂
    sering2 bikin cerita kyk gini, Mas Asop! gue bakal setia baca deh,,.
    🙂

    • 23 May 2010 at 17:48

      Lah saya udah sering buat ini. Udah yang kedelapan ini. 😀
      Silahkan search di blog saya ini, ada mulai dari seri kesatu. 😀

  82. 23 May 2010 at 08:43

    xixixixi…
    jadi malu..
    TA-ku juga belum rebez.hohoho…
    *pengumuman mode ON :p

    • 23 May 2010 at 17:47

      Sama kok saya juga. 😀

  83. 23 May 2010 at 11:30

    hahaha,,cerita kedua gokil abiss..
    😀

    • 23 May 2010 at 17:46

      Itu nyata lho. 😆

      • 24 May 2010 at 20:13

        emang aku bilang cerita bo’ong gitu??ga kan?he 😀
        aku juga punya kisah nyata yg lucu lho, 😆
        http://greenyazzahra.wordpress.com/2010/05/05/kisah-jenaka-si-cilik-2/

      • 24 May 2010 at 20:16

        Emang nggak kok. Grini kan jujur. 😆

        Oke, segera ke TKP. 😀

      • 24 May 2010 at 21:25

        wah,,sop maaph yee,,maksud hati berbagi cerita lucu,,malah jadi sedih yaa..
        heuuu..

      • 24 May 2010 at 22:34

        Lah, Aku gak sedih kok. 😀
        Huehehe…. 😆

  84. 24 May 2010 at 04:07

    semangat selalu brursss….

  85. 24 May 2010 at 08:44

    Hahahhahahaha, Saya setuju banget kalo mahasiswa itu harus jago nego dengan dosen om. hhihihihihi sayangnya saya gak jago dan jarang kebagian proyek. hiks hiks

    • 24 May 2010 at 09:22

      Hehe, yang saya maksud nego di sini nego supaya TA-nya dipermudah. 😀 Kalo masalah dapet proyek sih pinter2nya kita aja nyari kesempatan. :mrgreen:

  86. 24 May 2010 at 15:53

    kadang pak dosen juga ngerepotin sih,,
    pake minta dibantu projeknya segala,, wekekek

    • 24 May 2010 at 16:32

      Yang penting dapet duit.. :mrgreen:

  87. 24 May 2010 at 18:28

    wah itu asli kenyataan yaa…?? klw beneran ada di depan saya udah ketwa terpingkal2 mungkin saya.. hohoho… keren2… 🙂

  88. 24 May 2010 at 19:17

    semangat demi masa depan yang lebih C E R A H . . . . .

  89. 25 May 2010 at 08:47

    lucu.. 🙂

    nb: maaf ya De…lama ga BW. I net lagi lemot.. 😦
    maafkan saya

  90. 30 May 2010 at 11:28

    hahaha…saking sayangnya dia sama mahasiswanya, hahaha…

    • 31 May 2010 at 21:52

      Bisa jadi…. 😀

  91. 128 Hurul Aini
    5 July 2011 at 15:20

    baru baca nih kak, lol banget yang tentang cakra 😆

  92. 16 September 2011 at 13:49

    aduh, waktu dulu baca ini rasanya biasa, tapi kalau bacanya sekarang beda, ya 😀

    • 16 September 2011 at 17:09

      Hahahahaa…. bukti waktu terus berjalan. 😀

  93. 19 September 2011 at 19:20

    dialog kedua lucu bro…. ada apa dosen kayak gitu? :p

    • 19 September 2011 at 20:22

      Ini nyata, Bang. 😆


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 972 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: