25
May
10

Aku (akan) Berjalan Seperti Orang Jepang

Seandainya suhu di Bandung ini sepanjang tahun, sepanjang hari, dan sepanjang umur selalu berkisar antara 10 – 20 ºC, maka kemungkinan 90% saya akan selalu jalan bila ke kampus. Sebagaimana diketahui, sembilan dari sepuluh percobaan perjalanan menuju kampus, saya menggunakan sepeda motor. Sisanya, saya jalan. Itupun sebenarnya bukan untuk urusan kuliah yang penting. Padahal, jarak tempat saya tinggal dengan kampus mungkin hanya sekitar 3-4 kilo jika ditempuh dengan berjalan kaki. Rutenya beda antara ditempuh dengan jalan kaki atau dengan kendaraan.

Ke mana yang 10%-nya? Yaaaaa…. masih tetap alasan nomor 1, yaitu malas. Ini yang berbahaya kalo udara dingin. Saking dinginnya, jadi pengen berkemul terus ama selimut. Malah molor akhirnya. 😆

Saya pengen banget meniru gaya hidup orang Jepang. Mereka ke mana-mana itu jalan kaki, begitulah dulu yang saya baca di suatu buku dan sumber di internet. Coba lihat, sedikit sekali orang Jepang yang gemuk atau yang menderita obesitas. Orang Jepang pada langsing, kan? Buat para lelaki, pasti langsung mengakui bahwa wanita-wanita Jepang langsing semua. Gak hanya artis-artisnya yang langsing, semua penduduk Jepang begitu. Kaki ramping, paha kecil, dan perut rata ga akan susah didapat.

Saya ingat sekarang, salah satu buku yang saya baca. Judulnya “Kenapa Rasulullah SAW Tidak Pernah Sakit?” karangan dr. Ade Hashman. Di buku ini, salah satu bab-nya menjelaskan seperti apa gaya hidup orang Jepang. Salah satunya ya akibat gaya hidup mereka yang aktif. Mereka berjalan dengan langkah sangat cepat. Memang sudah dasarnya mereka pekerja keras yang ulet, gak heran kalo mereka hidup aktif dengan menggantungkan falsafah kebahagiaan hidupnya pada pekerjaan. Gaya hidup yang aktif ini jelas selain berpengaruh ke kesehatan dan umur mereka, juga berpengaruh ke keadaan ekonomi negara. Masih di buku ini, penulis mengatakan bahwa “Jepang negeri ‘Islami’ tanpa muslim“. Ya karena cara hidup mereka yang sangat mirip seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW. Subhanallah. 🙂

Meskipun udah mulai tahun ini saya rutin menjadwalkan jalan lari pagi seminggu tiga kali, saya rasa masih kurang. Saya masih ingin lebih banyak lagi bergerak. Latihan beban (fitness) yang udah setahun saya jalani juga saya rasa masih kurang. Pola makan saya juga mulai saya atur, dengan makanan rendah lemak, tinggi protein, karbohidrat dan kalori secukupnya. Jeda waktu antara makan malam dan waktu tidur saya usahakan berbeda 3 jam. Semua ini sangat sulit, dan sangat langka ditemukan pada mahasiswa tingkat akhir yang sedang bergelut dengan Tugas Akhir. Saya berani bertaruh tentang ini. 😀 Saya bersyukur sekali, di saat tingkat akhir begini bisa tinggal bersama orang tua. Asupan makanan ga perlu saya pikirkan lagi.

Jadi, bagi para narablog yang menginginkan kaki ramping, paha kecil, dan perut rata, mulailah berjalan kaki untuk ke manapun tujuannya. Mulai dulu dari yang dekat, seperti mau ke warung dekat rumah buat beli gula, nganter anak ke TK, ato ke tempat tukang sayur mangkal. Siapa tahu ini berlanjut sampai saat kita mau ke kantor ato ke sekolah. Lama-lama saya yakin kita bisa merasa gak enak kalo gak jalan kaki. Saya tahu, hambatan utama di negeri ini adalah polusi udara di jalanan dan cuaca yang terik. Tapi, saya rasa pengorbanan itu sebanding dengan manfaat yang kakan ita dapatkan, yaitu kesehatan, yang makin lama terasa makin “mahal”.  ^__^

*

Mungkin nanti akan saya tulis mengenai gaya hidup orang Jepang, yang akan saya kutip dari buku yang saya sebutkan di atas. 😀

—————————————————————————————————————————————————

Sumber gambar dari sini, sini, dan sini.

Advertisements

210 Responses to “Aku (akan) Berjalan Seperti Orang Jepang”


  1. 25 May 2010 at 00:38

    HOAH PERTAMAX DOLO MAS ASOP xixix
    maaf y hhi fast reading..koment menyusul

    • 25 May 2010 at 00:41

      menarik sekali mas asop..saya kemana mana seringnya jalan kaki bukan apa apa sih ngirit ongkos aja wkwkw 😀 piss ah

      • 25 May 2010 at 17:02

        stuju.. angkot juga skrng mahal.. dasar belagu yah..

    • 25 May 2010 at 03:48

      numpNG PERTAMAXXX………………..

      wah sy juga suka jalan kaki 🙂 berarti sy mirip orang jepanng y 🙂

      • 25 May 2010 at 18:36

        Lagi nyari artikel tentang komputer dan antivirus, eh malah nyantol di blog ini, lagi nyari referensi tentang antivirus ansav juni 2010 neh, ada yang bisa bantu?

        • 25 May 2010 at 20:29

          Wah, saya bukan pengguna Ansav…. 🙂

      • 2 June 2010 at 19:36

        saya tak nimbrung di pertamax dulu ah 😀

    • 25 May 2010 at 06:42

      mana bisa? 😀
      g punya duit kale buat naik mobil..jadi ajah jalan kaki hihi

      • 25 May 2010 at 12:04

        halah.. luu juga sama ajaaa :-p

      • 25 May 2010 at 12:27

        Hush, sudah damailah kaliah semua. 😀

      • 25 May 2010 at 12:44

        @cem
        gue kan jujur kaleee… 😛
        @mas asop
        maaf y mas..baru sembuh itu jadinya kaya gitu xixi

        • 25 May 2010 at 20:37

          Siapa yang baru sembuh?? ❓

      • 26 May 2010 at 06:51

        @kak asop: kag ian yg sakit… baru aja sembu dari stressss

        liat aja kak:
        http://abuhanzhalah.wordpress.com/2010/05/26/stress-naik-tower-aja/

      • 26 May 2010 at 07:52

        Hooooooo… 😮

        Ya sudah lah, bisa dimaklumi. 😀

      • 26 May 2010 at 19:38

        asiiik dipromosiin 😀

  2. 25 May 2010 at 03:52

    iya bagusnya emang banyak2 jalan kaki ya… 🙂
    kalo di indonesia emang rasanya susah kalo mau sering2 jalan kaki… selain jadi keringetan karena kepanasan, belum lagi jerawatan karena debuan, apalagi kalo sampe dirampok orang. hehehe.

    • 25 May 2010 at 21:08

      huaaaaaa …. buanyak banget ya Mas kendala kalo mau jalan di sini.. 😦

  3. 25 May 2010 at 05:04

    hemm..pola pikir yang bagus..
    tapi sayang indonesia panas ya..
    palagi harga krditan motor sekarang murah bgt..
    dp 400 ja dah bisa beli motor..
    jadiya orang2 pada males jalan…
    polusi menggia..
    banyak asap di sana..

    • 25 May 2010 at 21:07

      Iya, salah satu faktor yang mempengaruhi orang males jalan ya karena begitu mudahnya dapet motor. 😦

  4. 25 May 2010 at 05:33

    dulu pas masih kuliah suering jalan kaki kemana-mana
    sekarang… lebih sering ngangkot huhu

  5. 25 May 2010 at 05:42

    waduh…kalau saya sekarang dikit-dikit pakemotor
    Gimana mau sehat ya

  6. 25 May 2010 at 06:30

    bnr bgt., jgn maw kalah ma org jepang., aku udh mule jln kaki., dn mengurangi naeg motor., biar bisa seperti org jepang.. .

  7. 23 iin syah
    25 May 2010 at 07:29

    mau nih, kemana2 jalan kaki
    but panas banget kalo udah siang
    trus kendaraan bermotor juga bikin ngeri…
    belum lagi asap knalpot…
    😦

  8. 24 jarwadi
    25 May 2010 at 07:36

    yah, tiap hari saya jalan kali kira – kira 1 km, karena itu jarak rumah dengan pemberhentian angkutan umum menuju tempat kerja ;D

  9. 25 Mbah Jiwo
    25 May 2010 at 07:41

    sedikit sekali orang Jepang yang gemuk atau yang menderita obesitas <– aku gendut wew wew

    • 25 May 2010 at 08:00

      Aku tidak gendut… wew wew wew…
      Btw, hidup sehat emang musti Sob,
      Japanese can be the prototype bout this… 🙂

  10. 25 May 2010 at 08:16

    jalan kaki trmsk olah raga yg murah meriah dan menyehatkan…
    tapi, knp bnyk org yg malas ngelakuinnya ya?
    hehehe
    termasuk saia jg siyh… 😀
    tapi, skrg kalo kemana-mana dan msh dlm satu komplek rmh…
    saia udah membiasakan utk jalan kaki nih… 🙂

  11. 25 May 2010 at 08:19

    saya sangat suka jalan, tapi saya tetap gemuk
    hihihihihi

    • 25 May 2010 at 21:04

      Gak mungkin itu. :mrgreen:
      Kalo memang suka jalan tapi masih gendut, artinya pola makan salah. 😦

  12. 25 May 2010 at 08:25

    Ga semua wanita jepang itu langsing..maminya giant ndak langsing,trus tukang sumo cewek juga gendut..

    • 25 May 2010 at 21:04

      Tapi saya yakin tetep banyak sekali yang langsing. Yang gendut hanya sebagian kecil kok. 🙂

  13. 32 Si Bawel
    25 May 2010 at 08:32

    kalau saya sih sudah melaksanakannya di kota kecilku sukabumi, karena emang dari dulu aku suka jlan kaki, tapi saya sih keseringan makan, jadi tembem… hehehehehehe,

  14. 25 May 2010 at 08:37

    betul betul…harus aktif biar sehat, ayo mas asop semangat jalan 😀

    • 25 May 2010 at 21:03

      Saya akan jalan seperti orang jepang! ^__^

  15. 25 May 2010 at 08:40

    saya kalau cari angkot kedepan,mesti jalan kaki…^_^
    lumayan 10-15menit ….

    nb: maaf ya De…lama ga BW. I net lagi lemot.. 😦
    maafkan saya

  16. 25 May 2010 at 08:42

    Dan Rasulullah mengatakan bagi isi perutmu: 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk air dan 1/3 untuk udara! Jangan lebih!

    • 25 May 2010 at 21:02

      Yang ini sangat benar. 🙂

  17. 25 May 2010 at 08:47

    Orang Jepan itu terkenal jalannya cepat
    Jadi efektif dan hemat waktu 🙂

  18. 25 May 2010 at 08:48

    Oh ya, sekitar 10 hari ke depan bahkan mungkin lebih, ada kemungkinan kegiatan blogwalking saya terhambat atau bahkan mungkin tidak sempat. Tapi insyaallah selama 10 hari ke depan, tiap hari sekitar jam 08.01 WIB ada postingan baru karena saya sudah menyiapkannya dan menggunakan sistem skedul. Semoga sahabat berkenan meramaikannya dengan meyempatkan diri berkunjung ke sana. ngarephehe.com 😀

  19. 25 May 2010 at 09:37

    selamat hidup sehat, lgi ngecilin perut neeh…sama pengen sering2 jalan kaki 😀

    • 25 May 2010 at 21:00

      Nah, yg saya denger memang cara paling ampuh untuk ngecilin perut ya lari. 😀
      Sama Mas, saya juga lagi ngecilin perut. 😆

  20. 25 May 2010 at 10:31

    wah ternyata berjalan sngat brpengaruh dn kesehatan… badan tambah sehat… 🙂

  21. 25 May 2010 at 10:53

    aku setuju ama uraianmu sop…memang, gaya hidup adalah point d’entry segala macam penyakit. Rasul pernah bersabda bahwa perut adalah gerbang penyakit, kmd bapak kedokteran modern mengatakna bahwa kita tidak dapat memahami penyakit sampai kita mengerti makanan.

    sayang sungguh sayang, negara ini harus makan kampanye dulu untuk memahami itu…

    kmrn lihat plank kampanye car free day di dago, sayang hanya sd jam 10 pagi itu juga…aku juga mbayangin dulu anak2 ke kampus itb pada jalan kaki, ternyata parkir belakang, samping, depan, luber2…

    • 25 May 2010 at 20:59

      Makasih saya udah diingatkan. 🙂 Perut adalah sumber penyakit.

      Duh, iya nih, di jalan Ganesha kalo pas car free day selalu rame sama mobil. Jadi rasanya percuma ya datang ke sana. Untuk apa coba? Mbok yo dari rumah jalan ato naik angkot. Kan enak tuh udah sekalian pemanasan. Sampe di Dago, tinggal lari. 🙂

  22. 25 May 2010 at 10:56

    wah, keinginan yang kuat untuk mengikuti pola hidup orang jepang, terutama berjalan kaki, harus segera diwujudkan nih. Semangat ya untuk mewujudkannya. Jangan padam 😛

  23. 46 agito
    25 May 2010 at 11:09

    duh gimana ya? jauh banget perbedaannya

    orang jepang mau kerja berangkatnya jalan kaki (olah raga)
    tapi aku mau futsal (olah raga) aja berangkatnya naik motor.

    • 25 May 2010 at 20:53

      Yah, memang karena kondisi di sini ga mendukung juga sih… :-s
      Jadi, kita harus menjaga kondisi tubuh sebisa mungkin. Tiap pagi kalo sempet lari pagi. 🙂

  24. 25 May 2010 at 11:12

    Keren, mantap. Posting ini sangat menginspirasi. Saya mau mengaktifkan jalan kaki lagi. Terbukti memang, orang yang aktif dan sering jalan kaki jarang sakit.
    Salam sehat.
    http://alrisblog.wordpress.com

    • 25 May 2010 at 20:45

      Selain sehat, membentuk tubuh jadi ramping. ^__^

  25. 25 May 2010 at 11:18

    Kalo seumpumanya fasilitas jalan kaki di tempatku diatur untuk pejalan kaki, boleh2 aja kok jalan kaki.. tapi kalo seumpamanya nggak ya… mendingan naik opelet aja de…
    Kantor dan rumah saya sangat dekat, jadi biasanya saya jalan kaki kecuali kalo lagi males hehe

    • 25 May 2010 at 20:44

      Wah, bagus itu Mas, setidaknya kantornya deket, tinggal niat aja mau sehat apa nggak. 🙂

  26. 25 May 2010 at 11:26

    Wah, saya salah satu dari yg ‘males’ itu je. Berpikir kalo teknologi memang untuk memudahkan.

    But, yap, olahraga itu perlu. *nyusun jadwal lari pagi* 😀

    • 25 May 2010 at 20:44

      Jangan sampe teknologi membuat kita terlena. 🙂

  27. 25 May 2010 at 11:41

    Yups betul,, saya suka jalan kaki, soale :
    kalo naik ojek, suka takut dibawa muter2, ngebut ga karuan, ongkosnya jd mahel 😉
    saya suka bersepeda setiap pagi (ke warung sayur) dan ini dipandang sebelah mata sama tetangga (eits naik sepeda krn ga punya motor, dll dan bisanya emang bawa sepeda 😀
    hasilnya seperti yang dibilang sama postinagn mas Asop :
    Ga perlu diet ketat untuk tetap dengan postur tubuh yang diinginkan wkwkwkwk (muji diri sendiri).

    • 25 May 2010 at 20:40

      Nah, bener kan Mbak, udah ada buktinya… 🙂

  28. 25 May 2010 at 12:13

    Kalo saya kepingin naek sepeda onthel macem orang2 eropa, *red. Belanda apalagi*, bs mempersingkat waktu dan bebas polusi. :mrgreen:

    • 25 May 2010 at 20:39

      Boleh, bagus itu, dari pada naik kendaraan bermotor. :mrgreen:

  29. 25 May 2010 at 12:13

    wah tulisannya unikk
    penuh warna,,,
    tadi ta kirain hyperlink,, heheheh…

    • 25 May 2010 at 20:38

      Biar lebih enak dibaca, gak monoton. 🙂

  30. 25 May 2010 at 12:31

    wah emang asyik kayaknya mas kalau ke mana-mana jalan kaki tapi sayang saya kalau ke kantor masih belum sanggup untuk jalan kaki soalnya jarak kekantor sekitar 25 km’an bisa-bisa sudah waktunya pulang aku baru dateng 😀

    • 25 May 2010 at 17:12

      Wah kalo sejauh itu sih ga masalah naik kendaraan. 😆
      Ini dia nih, gara2 ga ada transportasi massal. 😐 Padahal di Jepang jarak sejauh itu udah biasa kelihatannya. 😀

  31. 25 May 2010 at 12:37

    duh, tangerang panasnya minta ampun,
    kalau jalan kakai kemana2,bukannya langsing, tapi basah kuyup keringatan dan tampang lecek krn debu.
    namun, memang gaya hidup sehat itu hrs dimulai dr diri sendiri,
    juga jadikan oleh raga sebagai kebutuhan.
    semoga kita semua selalu diberikan rezeki kesehatan oleh Allah swt,amin
    salam

    • 25 May 2010 at 20:38

      Amin, moga kita selalu diberi kesehatan sama Allah ya Bunda. 😀

  32. 25 May 2010 at 12:59

    Wah wah,
    ternyata orang Jepang seperti itu ya.

    • 25 May 2010 at 20:37

      Benar sekali. 🙂

  33. 25 May 2010 at 12:59

    lain lubuk lain ikannya, sop 🙂
    bener sih, mengambil apa yang bagus dari sikap mereka tapi juga diadaptasikan dengan keadaan sistem yang kita diami saat ini 🙂
    dus,

    • 25 May 2010 at 20:36

      Ga bisa, harusnya kebiasaan bisa ditiru. 😀

  34. 25 May 2010 at 13:35

    nah klo kamu kurus atau gemuk Sop ? hehehe 🙂

    • 25 May 2010 at 17:09

      Saya??
      Gimana ya? 😀
      Kalo menurut body mass index saya kelebihan sedikit. Untuk tinggi 160-an seperti saya bobot tubuh normal harusnya di bawah 65 kg. 😆

      SIlahkan lihat di sini buat mengetahui BMI.
      http://www.tanyadokter.com/tools-bmi.asp

  35. 25 May 2010 at 15:29

    sayangnya sekarang kita malas hanya sekedar buat jalan kaki… dikantor lebih memilih naik lift padahal jika kita naik turun tangga berapa lemak yang bisa kita bakar …

    sip postingannya muantap kang…

    salam

    • 25 May 2010 at 20:35

      Hehe, tapi Kang Omiyan kan kayaknya suka naik sepeda. 🙂 Bagus itu.

  36. 25 May 2010 at 15:31

    Weiit, tunggu dulu, cewek2 jepang yang berantakaan body nya juga banyak kok hihihi. Tidak selamanya yang dimajalah dan televisi itu mewakili sebagian besar penduduknya *lol

    Btw sekedar tambahan… di film & drama Jepang, PASTI 100% ada adegan lari… lari dan lari mencari orang atau berusaha menyelamatkan orang. Pasti ada lari2 di jalan…

    • 25 May 2010 at 20:33

      Memang, tapi yang langsing saya yakin lebih banyak. 😆
      Lihat aja dari foto2 di internet tentang jepang. Bisa dilihat banyak sekali orang yang jalan. 🙂

      Bener juga, terutama di drama detektif. 😀

  37. 25 May 2010 at 16:23

    salam kawanku..
    wah jauh perjalanan ut

  38. 25 May 2010 at 16:39

    lho bandung enak lho buat jalan kaki, trotoarnya bagus, banyak pepohonan, dan nyebrangnya cukup gampang. kemarin berencana menyusuri Riau aja tembus sampe Asia Afrika :p

    • 25 May 2010 at 17:10

      Saya ga bilang kalo Bandung ga enak buat jalan kaki lho. 😀 Saya hanya bilang cuaca gak mendukung. 😆
      Lagipula tidak semua jalan di Bandung enak buat disusuri. Di kebanyakan jalan malah ga ada pedestrian yang enak buat dijajal. Pedestrian malah penuh ama PKL. 😦

  39. 25 May 2010 at 16:50

    yak, setuju.. jalan. olah raga yang gampang, simple, lumayan ngeluarin keringet, dan murah… 😛

    Kunjungan pertama.. Lacak balik yaa.. 🙂
    Salam kenal.

    • 25 May 2010 at 20:30

      Wuah, kalo jalan jauh sih bukan sedikit keringat lagi. :mrgreen:

      Oke, segera ke TKP. 🙂

  40. 25 May 2010 at 17:03

    mari kita budayakan sop!!
    kan kuikuti jejakmu… 🙂

    • 25 May 2010 at 20:29

      Loh, jangan ikuti jejak saya, nanti malah ketemu saya… 😆

      • 27 May 2010 at 22:44

        kan biar kaya video klipnya peterpan..
        nah.. aku jadi Dian Sastronya.. lu jadi speakernya.. 😀

  41. 25 May 2010 at 18:03

    Itu karena makannya tuh kang Asop.. ikan mentah yang banyak omega 3 nya.. karena itu selalu kelihatan bersemangat, kalau kebanyakan nasi membuat malas jalan 😀

  42. 25 May 2010 at 18:43

    Well, good morning for me and good night for you bro! Hope you visit my site again.

    • 25 May 2010 at 20:22

      Hehe… u already know the time difference, Andrew. 😀

  43. 25 May 2010 at 18:54

    plaakkkkk!!!
    sejak adanya sepeda motor jadi males jalan kakiT.T
    olahraga cuman seminggu sekali. Itupun sepedaan aja

    • 25 May 2010 at 20:22

      Gak popo Ded, semua dimulai dari yang kecil. 🙂

  44. 87 Regina
    25 May 2010 at 18:57

    Hmmm, gimana kalo yang kantornya di Thamrin trus rumahnya di Tangerang, masa jalan kaki, Sop? hehehehe 😛

    • 25 May 2010 at 20:24

      Wah kalo itu ya jangan…. 😀
      Bahaya, bisa putus kakinya kalo ga biasa… 😆
      Makanya, harusnya kayak di negara maju ya, ada transportasi massal yang nyaman. Jadi cukup jalan 2-3 km doang ke stasiun (misalnya, ato halte bus), habis itu sampe ke terminal/stasiun deket kantor, jalan lagi sekitar 1-2 km. Nikmat. 😀

  45. 25 May 2010 at 19:33

    kalo di jepang time is money, kalo indonesia time to ngaret

    • 25 May 2010 at 21:26

      Hehehe…. 😆

  46. 25 May 2010 at 19:59

    yaaah,, sama!! perutku mulai membuncit.buncit seperti Ohm ohm..yaaah aku memang jarang gerak,,, oh tidaaaak.. aku tidak mau disangka orang yang ada di video 3gp!!! Ohh tidaak..

    okeee mulai saat ini akan kubakar semua mobil dan motorku..
    mari kita berjalan kaki….

    Ohhh tidak,, jang berjalan kaki.. kita naik angkot saja…

    Salam, cahem ledeng!!!

    • 25 May 2010 at 21:22

      Nah kan, makanya jalan dong yang rutin, supaya paha kecil, perut mengecil, betis ramping dan kaki langsing. 🙂

      Oh, Caheum Ledeng?? Naik itu setiap hari? :loL:

  47. 25 May 2010 at 20:36

    hehe..jarang ya ditemukan pda anak kul jurusan akhir,,
    wah..setaun lagi sya bisa gemuk dong..(dieng,,,)hehe

    tp,,sya suka jalan kaki…
    btw, link nya sdh sya pasang sob
    namanya “hidup itu harus di nikmati”
    di cek ya,,
    ato mau dganti nama link nya?

    • 25 May 2010 at 21:20

      Oke, makasih. 😀

      Udah bagus gitu aja. 🙂

  48. 25 May 2010 at 20:53

    kok seperti tulisan di kaskus ya??
    apa jgn2 itu yg di kaskus ya ini??

    cuman sepertinya lho ya…
    soale lupa di thread yg mana

    -setap hri sy berjalan ke kantor sejauh minimal 2 km selama 40 menit PP.-
    lumayan, cukup sehat smpai sejauh ini
    cuman kurang asupan gizi saja insya Allah

    • 25 May 2010 at 21:11

      Wah ini murni hasil pikiran saya, pengalaman, dan hasil membaca buku. 🙂

      Wah bagus banget itu, kalo jalan setiap hari kerja, udah lumayan. 😀

  49. 25 May 2010 at 21:12

    hmm …

    ^_^

    mengulik negeri Sakura rupanya …

    memang yang baik itu perlu dicontoh sekalipun dari negeri yang bukan negeri muslim …

    caio Indonesiaku …

    ^_^

    • 25 May 2010 at 21:27

      Hidup Indonesiaku! ^__^ 🙂

  50. 25 May 2010 at 21:21

    Wah mungkin ini toh penyebanya kenapa perut saya sedikit melar. hehehhehe
    Nanti saya mo jalan ah pulang kampung.. cuma 300 kilo kok. 😀

  51. 25 May 2010 at 21:21

    infrastruktur di jepang dan negara maju lainnya memang ditata agar warga lebih banyak berjalan kaki atau menggunakan MRT daripada kendaraan pribadi. unuk itu mereka juga membuat trotoar yang luas dan nyaman, gak ajrut-ajrutan kayak di bandung, motor juga di bandung teh ikut make trotoar wkwkwkwk. Pengguna mobil dan motor dipajak tinggi, uang parkir amat mahal, dan ada ketentuan mobil/notor tahun berapa yang boleh ada dijalan. itu semua ‘memaksa’ warga untuk berpikir dua kali jika ingin punya kendaraan pribadi. hanya yg benar2 kaya yang bisa mengafford mobil sob.

    trus coba lihat gaya jalan orang di jepang, HK dan SG. i’ve been there… mereka semua berjalan cepat sekali. kalu yg jalannya lambat pasti turis deh wkwkwkwk

    • 25 May 2010 at 21:30

      Wah bener semua itu, penduduk dikendalikan supaya ga make kendaraan pribadi. 🙂

      Oooh gitu ya? Di SG emang banyakan lambat semua jalannya. Artinya, di Orchard Road turis semua… 😆

      • 27 May 2010 at 01:09

        iyah yang di orchard itu banyak turis.. yang dari indo pasti deh keliatan lebaynya wkwkwkwkwk. singaporeannya sendiri semua serba cepat. makan cepat, jalan cepat… mungkin ML juga cepat2.. ehehehe.. time is money kata teman gue yang singapur totok

  52. 25 May 2010 at 21:33

    Sama, Sop. Mbak juga jarang jalan. Males banget, tapi bisa jadi kalau udara kayak di Jepang. Setidaknya polusi udara sedikit, banyak tananman hijau yang menaungi….Mbak insya Allah akan berjalan seolah2 menuruni bukit. Itulah yang dicontohkan rosulullah. 🙂

  53. 25 May 2010 at 21:46

    Sebenarnya sekarang saya penginnya naik sepeda ontel tapi fasilitas untuk pemakai jalan berkendara sepeda sangat kurang begitu di perhatikan, jadi ya hanya rute buat Truck-truck dan bus pengangkut karyawan

  54. 25 May 2010 at 23:13

    wadduuhh,,

    bentar2, saya liat dulu body : perut rata, kaki ramping, paha kecil…
    hmmmm…

    tapi saya gak suka jalan lho,,
    dan kondisi ini sudah berjalan sejak saya kecil sob,

    emang saya cungkring orangnya… haha

  55. 25 May 2010 at 23:25

    cuaca akhir-akhir ini memang sangat panas..
    dimedan aja ampe 37 derajat celcius

  56. 25 May 2010 at 23:28

    waaahh…kalo saya jalan kaki ke tmpt kerja bisa gempor nih tiap hari hehe

  57. 26 May 2010 at 01:19

    Duh aku sekarang sudah tak pernah olah raga…makanya aku jadi ndut…jalan sedikit nafas udah ngos-ngosan…salam

  58. 26 May 2010 at 02:28

    Saat ini aq jarang banget jalan kaki 😦
    untuk mengatasinya kulakukan dengan jogging dan menghindari naik Lift…

    Aq pengen banget bisa kejepang 😆 (Gak nanya…. 😆 )

  59. 26 May 2010 at 06:40

    kunjungan perdana dan salam kenal!
    postingan menarik … ajakan yang baik dan beramanfaat bagi ‘kesehatan kantong’ kesehatan badan …
    salam bangkit indonesia-ku!

  60. 26 May 2010 at 08:49

    Kunjung perdana sob.
    Salam kenal.
    Ramai amat blognya sampe jempol pegal nahan kursor hp hehehe. . .

    Keknya kalau di Indonesia agak susah diterapkan. .mending back to bike agak cocok keknya ya sob.
    Di bikin aturan radius 5 km dari tujuan harus nyepeda..
    Ntar lama-lama dijauhin pelan2.

    Salam dari Sidoarjo-jatim

  61. 26 May 2010 at 09:26

    saya kemenong menong juga jalan kaki mas,
    sualnya kagak punya motor, apelagi mobil…
    sepeda atu2nya rusyak 😦

  62. 26 May 2010 at 09:48

    Tambahan, tidak hanya gaya hidup orang Jepang saja. Di negara saya merantau pun juga seperti itu, ke mana-mana jalan kaki bila memungkinkan terjangkau. Terkecuali ke pusat kota biasanya memilh angkutan umum..dan saya hampir 5 tahun menerapkan gaya hidup jalan kaki seperti halnya orang-orang Hong Kong.
    Salam kenal di kunjungan pertama 🙂

  63. 26 May 2010 at 09:52

    jalan cepat…

  64. 26 May 2010 at 10:13

    sama loh dek Asop, Mamah juga suka jalan kaki ke kampus malah pernah dari ujung jalan ciumbuleuit-cihampelas sampai tamansari… salam hangat

  65. 26 May 2010 at 10:14

    wah mantab ni wan, ane juga akan terapin dah
    tapi alhamdulillah ane udah nerapin sedikit dengan bike to campus tiap hari
    mantab wan

    • 27 May 2010 at 12:24

      Wah, bike 2 campus juga bagus. 😉

  66. 26 May 2010 at 11:01

    memang saya merasakan diluar negeri karena gak punya mobil kemana2 naik bis,harus jalan kadang rada jauh,jadi lebih sehat sebenarnya ketimbang duduk manis di mobil 😛

    • 27 May 2010 at 12:25

      Wah, seandainya bisa ditiru ya Mas… 🙂

  67. 26 May 2010 at 12:09

    Mereka ke mana-mana itu jalan kaki, begitulah dulu yang saya baca di suatu buku dan sumber di internet. Coba lihat, sedikit sekali orang Jepang yang gemuk atau yang menderita obesitas. Orang Jepang pada langsing, kan?

    >> itulah mengapa saya skrg obesitas, krn sdh berjalan kaki. kemana2 naik motor or mobil. dulu dong, masih naik bemo. kadang klo bemo-nya ga datang2, ya disambi jalan kaki drpd diem aja dipinggir jalan, hehehe…

    jalan kaki, olahraga murah & menyehatkan serta memberi dampak signifikan jika istiqomah mengerjakannya.

    • 27 May 2010 at 12:30

      Nah, mari kita budayakan jalan kaki kalo hanya bepergian dalam jarak dekat. 🙂

  68. 122 Usup Supriyadi
    26 May 2010 at 13:46

    saya buktinya, :mrgreen:
    saya sering dan senang jalan kaki. sampai suatu ketika, lagi enak jalan nikmati jalannya, ada mas-mas berhenti (dikira saya nggak punya ongkos) si mas itu ngajak naik motornya. ya, saya tolak dengan baik-baik saja lah. 😉

    • 27 May 2010 at 12:32

      Wah, saya dulu juga pernah ngalami. Jalan kaki ke masjid dari rumah (di Surabaya ini), memang panas sekali waktu itu. Ada orang naik motor nawarin bareng. Saya terima aja. 😆

  69. 124 mioariefiansyah
    26 May 2010 at 14:03

    pas di malang dulu aku suka jalan kaki, aplg di Batu,ehm adem tenan

    alhasil emang sehat n gak gampang sakit

    pindah ke bekasi dengan polusi yg tinggi jadi jarang jalan kaki

    sbenernya pengen tp gak boleh sama suami, xixixixixixi *takut jadi item kali* 😀

    ah jepang, kapan ya aku bisa second honeymoon ke sana 😀

    • 27 May 2010 at 13:38

      Hahaha… di Batu sih emang dingiiiiiiiiin banget Mbak… 😀 😀

      Saya juga pengen banget ke sana lagi, sambil makan sate kelinci di sana. :mrgreen:

      Hmmm…. kayaknya wajar deh kalo suami ga mau ngijinin istrinya jalan sendirian. Takut kenapa-napa… 😆

      Huaaaa saya doakan kesampaian honeymoon ke Jepang. 🙂

  70. 26 May 2010 at 14:36

    salam olahraga….hei..hei… salam olahraga 😛

  71. 26 May 2010 at 14:53

    waduh, musti sering2 jalan kaki nih biar perutnya rata (doh)

  72. 26 May 2010 at 14:54

    Sayangnya negri kita ini negri yang sumuk alias panas. Baru jalan dikit aja dah gembrobyoz and berdebu, jadi males jalan (membela diri 😀 )

    Pengennya jalan kaki ke kantor sih, tapi kok jaraknya 40 km yak? 😀

  73. 26 May 2010 at 16:49

    klo jepang mah enak sejuk nyaman n bersih lg g da polusi udara,..
    nah klo negeri tercinta kita ini gmn ???
    berhubung beli motor udh murah jd jln kaki nya aja yg d iritin,..
    wkwkwkwkwk

  74. 26 May 2010 at 17:29

    gue udah nyobain tiap hari jalan kaki selama 10 menit
    baik itu mau pergi atopun pulang kantor

    dan gue rasa itu bisa menyehatkan badan
    sama seperti apa yang dilakukan orang2 jepang

  75. 131 deeriee
    26 May 2010 at 19:34

    wiiii… enaknyaaa… pengen ke jepang saya 🙂

  76. 26 May 2010 at 19:41

    yah gan, gimana nieh, ane udah kelanjur bawa motor. masak tiap ke kampus ane harus jalan kaki dengan cara meninggalkan “kekasih hati” (baca: motor) ane di kosan!!

    • 27 May 2010 at 13:28

      Ya gapapa kan?
      Kan motornya bisa dipake hari sabtu minggu. 😀

  77. 26 May 2010 at 21:04

    nice posting nih….sorry baru sempat berkunjung balik….sibuk sekali.

    salam

    http://thomasandrianto.wordpress.com/2010/05/26/jika-lukisan-digoreng-maka-harganya-akan-mahal/

    p.s. Semoga tahun depan saya jadi lanjut studi ke jepang…..

  78. 26 May 2010 at 21:41

    kayaknya diukur beneran, sehingga dapat angka sembilan per sepuluh… 🙂

    sayapun kadang malas jogging pagi sekedar lari2 keliling komplek…
    tapi sebagai gantinya di tempat kerja (pabrik) yg begitu luas saya sering jalan cepat, atau naik turun tanggga dengan separo berlari….

  79. 26 May 2010 at 22:13

    Wah., kalo q ne masih malez2’an hehehe., tpi akan saya coba berbudaya hidup sehat :-D..
    Link anda udah ane pasang bro..

  80. 26 May 2010 at 23:10

    alhamdulillah sy setiap hari berjalan kaki kalau pergi ngajar 😀

    wah, emang rumahmu daerah mana Sop??

    3-4 Kilo mah lumayan jauh dunk??

    • 27 May 2010 at 13:27

      Asik, Grini hebat banget… Iri deh…. 😦

      Rumahku di deket Cihampelas ama Cipaganti. Grini tahu? 🙂

      3 ato 4 kilo sih terbilang deket buat saya. 😀

      • 27 May 2010 at 21:27

        haha,,bukan hebat..emang blm punya kendaraan pribadi,,malah ini sdg ngumpul2in uang bwt beli motor,,he
        cuma setelah baca artikel ini,,kyanya kalo pun dah pny motor,,diusahakan sebisa mungkin jalan kaki..

        Yupss..tau sekali,,sy kan orang bandung asli,,hoho..
        kalo sy daerah tubagus Ismail (*siapa yg nanya lagi ya..hehe :mrgrenn: )

  81. 27 May 2010 at 05:29

    jalan kaki emang bikin sehat 🙂

  82. 141 Bee'J
    27 May 2010 at 05:57

    tergantung sikon mas, kalo deket ya jalan kaki
    kalo jauh yaa..naek motor.. 😀

  83. 27 May 2010 at 06:28

    hoho … saya donk hobbynya jalan … jalan-jalan maksudnya :mrgreen: 😆

    kok jauh banget loe sop sama kampus? enggak ngekos yah?

  84. 27 May 2010 at 08:42

    Saya mau terbang ah…

    • 27 May 2010 at 13:23

      Boleh, kalo punya sayap. 😀

  85. 27 May 2010 at 09:12

    Orang2 jepang itu ndak cinta sama produk dalam negri mereka ya? lha wong produk2 motor dari pabrikan jepang itu lak sudah terkenal sampek ke pelosok duniya to..eee malah mereka ndak mbeli motor/mobil malah mlaku..jiyaaan

    • 27 May 2010 at 12:39

      Hehehe.. bukan masalah gak cinta produk dalam negeri. Lha wong tanpa dibeli oleh penduduk sendiri aja produknya udah laku banget di luar negeri. Lebih mahal pula. 😆 Ya kan?

  86. 147 bagasjono
    27 May 2010 at 10:35

    setuju banget dengan gerakan jalan kaki setiap hari…. “salam sehat”
    orang jepang suka berjalan kaki karena sudah budaya dan kebiasaan ditambah lagi fasilitas bagi pejalan kaki n pesepeda, dulu saya sempat merasakan jalan tiap hari saat bepergian sewaktu saya di jepang, memang berat pada awalnya karena “jauh banget” ternyata rata2 mereka jalan kaki, tapi kalo dah biasa ya biasa aja… kalo di indonesia jalan kaki jarang dilakukan mungkin karena udara n polusi serta jalanan yang kurang nyaman utk pejalan kaki, tap saya coba alternatif lain dengan bersepeda tiap hari…. biar sehat
    🙂

    • 27 May 2010 at 12:37

      Iya sih Mas, di sini memang polusinya itu lho. 😦
      Makanya, setidaknya kalo begitu ya kita jadwalkan setiap pagi sebelum ngantor jalan dulu di sekitar rumah. ‘kan lumayan dapet berapa kilo kalo bisa jalan setengah jam aja. 🙂

  87. 27 May 2010 at 11:00

    kayaknya di indonesia sulit bro. karena care pemerintah kita beda dengan yg di sana. begitu juga dengan karakjter masyarakatnya. lha di kita mah trotoar yang katanya buat pejalan kaki, diembat juga sama motor…..

    • 27 May 2010 at 12:33

      Wah wah wah… iya juga ya MAs… keselamatan pejalan kaki jadi taruhannya. 😦
      Tapi ya demi kesehatan, gapapa lah. 🙂

  88. 151 rainbroccoli
    27 May 2010 at 15:00

    Keren…jalan kaki is the best !! 😀

  89. 27 May 2010 at 15:16

    hmmmm memang alow yang namanya males alow gak dipaksa gak bakal ilang dech
    nice to be walker hehe

    • 31 May 2010 at 22:36

      Teruslah jadi walker. 🙂

  90. 27 May 2010 at 16:44

    Makasih artikelnya..
    mantap

  91. 27 May 2010 at 16:45

    Sukses selalu Boz

  92. 27 May 2010 at 18:32

    wah wah wah… ide bagus tuh, jalan kaki. So ngirit duit buat bensin, angkot, dll 😀

  93. 157 Tary Sonora
    27 May 2010 at 19:30

    pengen juga niru gaya hidup orang jepang. jalan kaki justru paling menyenangkan, tapi ya males udah jadi lifestyle di negara kita, aku aja kalo ke toko deket rumah maunya naek motor aja heheheh

  94. 27 May 2010 at 20:14

    nyangkut juga nih di blog ini..setelah baca sana sini. wess keren juga nih blog. rame banget lagi. salam kenal ya sop. Sukses terus yaw.. Bandung cuacanya ga jelas banget sekarang mah ujan kaga, panas ho’oh .. 😀

  95. 27 May 2010 at 20:27

    wah mantapnich gan !!!!!

    ane simpen dulu ya !!!!

    emang dari orang yahudi, jepang dan negara-negara sukses laiinya itu kok justru melaksanakan apa yang diajarkan Rasullullah ya dalam hal sehat dan sukses !

    muslimnya pada kemana ???

    ahhh mau melaksanakan jalan kaki ah …

    makasih sudah mengingatkan mas…,

  96. 27 May 2010 at 20:30

    Tetapi ada juga loh orang jepang yang perutnya tidak rata, itu tuh yah suka beradu kepala alis Sumo, hehehe 🙂

  97. 27 May 2010 at 21:07

    Kaki ini mudah pegal kalau berjalan terlalu lama. Mungkin karena belum terbiasa saja kali y

  98. 28 May 2010 at 23:37

    haduh…saya sudah bolak-balik kamar tidur – WC (naik turun tangga) tetap saja perutnya semakin lama semakin membuncit….
    huhuhuhuhuuu

    • 31 May 2010 at 22:44

      Lah, pasti itu karena pola makan yang kacau. 😀
      Kurangi makanan gorengan dan berlemak. Karbohdrat juga secukupnya saja. 🙂

  99. 29 May 2010 at 13:18

    Klo dibilang orang jepang jalannya cepat, sepakat. mesti ketinggalan klo jalan sama teman jepang. tapi ada juga sekarang cewek jepang yang gemuk. coba deh main kesini, akan banyak menemukan cewek jepang yang gemuk loh. Masalahnya klo jalan di jepang memang mendukung, ada tempat untuk para pejalan kaki. klo di indonesia tempat pejalan kaki udah diambil oleh pedagang kaki lima. benar gak?:)

    • 31 May 2010 at 22:34

      Oke, tapi dari segi gaya hidup, tampaknya mereka unggul. Dari pola makan juga. 🙂

      Memang di sini gak mendukung buat jalan kaki, ya. 😦

  100. 29 May 2010 at 22:02

    Baiklah, saya akan memulai membiasakan jalan kaki.

    • 31 May 2010 at 22:24

      Lanjutkan! ^__^

  101. 29 May 2010 at 22:27

    betul sekali mas, kebanyakan masyarakat kita saat ini malas jalan kaki, kalo ga malas ya gengsi takut diledek ga punya duit buat naik angkot dsb… disisi lain fasilitas jalan di negara kita masih menganaktirikan pejalan kaki, saya juga suka bersepeda atau jalan kaki ke mana-mana, lebih sehat 😀

    • 31 May 2010 at 22:23

      Asik, jalan kaki pun termasuk bentuk syukur terhadap nikmat pemberian kaki dari Allah. 🙂

  102. 29 May 2010 at 23:01

    iya ya? kenapa klo jalan bawaannya maleeeees banget. mungkin karena ga terbiasa dan itu, cuacanya ga mendukung *ngeles*
    apalagi lg ngerjain TA. dijamin, tidur ga bener, pola makan ga bener. mudah2an ga parah 😀

    • 31 May 2010 at 22:22

      Hehe.. pas ngerjain TA emang seru ya… ^__^

  103. 30 May 2010 at 08:19

    ini sangat memmotivasi mas. 😀

    • 31 May 2010 at 22:27

      Bagus, laksanakan lah. 🙂

  104. 30 May 2010 at 10:27

    bener-bener menginspirasi! coba saya juga bisa githu, sehat dach! ntar lari sore ach, hehe.

    • 31 May 2010 at 22:19

      Bagus, lanjutkan! ^__^

  105. 30 May 2010 at 11:05

    wadawh… kalah sama aq sop… selama 6 tahun waktu SD dulu aq ke sekolah jalan kaki 2-3 km… pulang pergi, asyik loh…

    • 31 May 2010 at 22:17

      😮 😮 😮

      *hanya bisa terpana takjub*

      😥

  106. 30 May 2010 at 11:21

    betuuull..memang sangat enak jika rajin jalan kaki. beberapa waktu yang lalu saya sempet rutin jalan kaki dulu muter muter sebelum belanja di tukang sayur. Hasilnya seharian terasa lebih produktif..
    tapi ya itu, ketika virus malas sudah menyerang, susah untuk bangkit lagi, hehe

    • 31 May 2010 at 21:54

      Nah kan, malas memang jadi musuh terbesar. 😦

  107. 30 May 2010 at 12:18

    Enak juga nih jadi orang jepang, jalan raya bebas polusi karena banyak yang jalan kaki ketimbang naik motor kaya di Indonesia 😛

  108. 30 May 2010 at 13:16

    kalo saya sih ada latihan khusus per 2minggu….
    dan itu pas galon air dirumah saya habis….
    karena saya membelinya jalan kaki, jarak antara warung terdekat yang jual air dengan rumah +- 200 M…
    yah sekalian latihan angkat beban gitu…. 😆

    • 31 May 2010 at 21:41

      Wow…. beli berapa galon?? Bolak-balik jalan?? Hebat juga. 😳

  109. 183 rosenrain
    30 May 2010 at 14:48

    ingin sekali membiasakan jalan kaki di tempat yg memang sebenarnya bisa ditempuh dg jalan,
    tp seringkali cuaca tdk mendukung
    *sad*

    • 31 May 2010 at 21:54

      Pasti gara2 panas…? 😀

  110. 30 May 2010 at 15:47

    waaah saya dah lama ga olahraga..makin melendung aja nih perut..
    bagus artikelnya buat penyemangat saya buat banyak2 jalan kaki..itung2 olahrag kali ya

    • 31 May 2010 at 21:53

      Ayo mulai jalan, Mas! ^__^ 🙂

  111. 30 May 2010 at 16:31

    saya tiap hari jalan kaki,.. apanya kaki ramping.. boong.. yang ada kaki saya makin kuat kalo buat tendang orang.. 😀

    • 31 May 2010 at 21:51

      Jalan kaki selain membuat kaki tambah kuat, harusnya jadi ramping.
      Kalo masih gemuk aja, artinya pola makan Mas Huang yang masih kacau. 🙂

  112. 30 May 2010 at 18:38

    hhe,.. saya setuju 😆 tapi benar juga, kata huang. walaupun setiap ke kampus jalan kaki, tapi kaki gak ramping-ramping kenapa, ya? hhe..

    • 31 May 2010 at 21:44

      Mungkin karena meskipun jalan terus, tapi tetep makan makanan berlemak. Atur dong pola makan. 🙂

  113. 30 May 2010 at 19:09

    beda iklim, beda budaya mas. negara Indonesia beriklim tropis dengan suhu udara di atas rata-rata negara Jepang. wajar saja kalau orang Indonesia mikir seratus kali kalau mau jalan sambil berpanas-panas ria.

    • 31 May 2010 at 21:43

      Orang kita takut hitam ya, Mas… 😦

      *saya juga, udah hitam ga mau jadi lebih hitam :D*

  114. 30 May 2010 at 22:26

    Jalan kaki, olah raga murah dengan nilai kesehatan termahal.

  115. 31 May 2010 at 07:33

    tiap hari saya juga jalan kaki klo ke kampus, tapi kok gak langsing2 ya? malah kakinya yang tambah besar 😀
    salam kenal..

    • 31 May 2010 at 21:33

      Asik, bagus itu, terus lanjutkan, Mbak. 🙂
      Perihal kaki jadi besar, banyak narablog yang bilang gitu… ❓ Kok bisa ya?? Saya ga tahu…. 😀

  116. 196 Rani
    31 May 2010 at 17:08

    asooopp..kalo aku mah mau naik sepeda ajah deh,,soalnya kalo jalan kaki ke kantor jauh euyy,..heheh
    tp bener,,setelah sekian lama ga olah raga,,perut aku jadi buncit baju dan celana ga muat semua,,kayanya kebanyakan duduk nih.. 😀 ditunggu cerita gaya hidup jepangnya yah 😀

    • 31 May 2010 at 21:22

      Tuh kan, mari kita olahraga. 😀

      Kalo saya ada waktu ya… 😆

  117. 31 May 2010 at 17:20

    Jalan kaki aq juga seneng bgt pa lgi klo pagi hari atau cuaca lgi mendung,,enak bgt buat jalan kaki,sekaligus bsa tengak-tengok sekitar..hehe

    • 31 May 2010 at 21:21

      Iya, asal ga hujan aja. Kalo hujan udah deh saya benci. 😦

  118. 1 June 2010 at 07:09

    bukannya kalo banyak jalan kaki bikin betis besar ya ??
    *contohnya saya* 😛

  119. 1 June 2010 at 08:31

    jadi pengen ke jepang, melihat langsung pola hidup mereka.. :mrgreen:

  120. 1 June 2010 at 23:49

    kalo di bandung emang bawaannya pengen jalan mulu.. 😐
    long wiken kemarin tua di jalan, kena macet.. eh, trus minggu sorenya ada viking.. huwaah.

    tapi enaknya bandung sejuk sih… kota saya yang sekarang panaas.

  121. 2 June 2010 at 15:49

    ah banyak jalan = betis gede kok. ga tau deh kalo paha hehe

  122. 2 June 2010 at 19:44

    jalan kaki enak kok broo.. sehat, bisa langsing dan tentunya irit uang 😀

  123. 3 June 2010 at 00:11

    hahaha ada beberapa kemungkinan sop

    pertama
    kalo di bandung selalu dingin, kemungkinan kita *gw aja deh* akan males keluar, males mandi, blablabla, pengennya berkelung selimut

    kedua
    okelah anggep lah kita *gw lagi aja deh* lagi rajin, jalan kaki? dengan kondisi jalan dan trotoar di bandung, gw curiga lu bukannya nyampe kampus, tapi nyampe boromeus. ^^

    sejauh ini analisis gw begitu ^^

  124. 8 June 2010 at 09:35

    mmmm…… ane sampe sekarang ke kampus juga jalan kaki kok gan.. 😀 *kostnya deket kampus* kecuali kalo ada yang jemput.. 😛

  125. 207 aidillapradini
    8 June 2010 at 18:47

    “jepang negeri islami tanpa muslim”

    ah.. iya, bener banget. baru nyadar

  126. 208 arka79
    14 June 2010 at 10:37

    badanku ga naik-naik. apakah ini karena aku sering jalan kaki dan naik sepeda? waktu kuliah dulu (UNS) sy sering jalan kaki dan naik sepeda. maklum beli motor ga kesampaian. penting sehaaaat


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 973 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: