04
Aug
10

“F” Sama Dengan “P”?

Kejadian ini terjadi setahun lalu (baru saya post sekarang), waktu saya dan adik saya (Fandi) membuat jas di seorang penjahit. Sepertinya si penjahit orang sunda asli. Saya dan adik saya ketawa waktu melihat nama kami di bungkus jas yang telah jadi.

*

Nama kami, Fandi dan Febri (nama asli saya Febri, bukan Asop 😉), ditulis sebagai Pandi dan Pebri. Sungguh lucu buat kami. 😆 Bagaimana mungkin ini terjadi? ❓

————————————————————————————————————————————————-

Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.
Advertisements

137 Responses to ““F” Sama Dengan “P”?”


  1. 4 August 2010 at 00:06

    Kalau dalam aksara Jawa & Bali asli rasanya tidak ada konsonan ‘F’ deh – CMIIW.

    • 5 August 2010 at 16:16

      tapi di aksara sunda ada huruf “F”, “V” juga ada tuh

      • 7 August 2010 at 07:05

        Sama, di aksara jawa juga ada F… (V saya lupa) :mrgreen:

    • 7 August 2010 at 07:47

      Di aksara jawa ada kok Mas. 🙂

  2. 4 August 2010 at 00:15

    boleh-boleh. 😆

  3. 6 agito
    4 August 2010 at 01:14

    itu adalah salah satu dari sekian banyak keunikan urang sunda. 😆

  4. 4 August 2010 at 02:03

    yah, itu memang ciri khas orang sunda. betul kan mas Pandi? hehe

    • 4 August 2010 at 11:42

      yang punya namanya febri mas, bukan pandi.. :ngakak

      • 7 August 2010 at 07:22

        Sama aja kebaliknya. 😆

    • 4 August 2010 at 15:27

      Nama saya yang Febri lho…. 😀

      • 11 Zeph
        6 August 2010 at 14:28

        oh… Febri… apa lahir februari? 😆

        • 7 August 2010 at 06:59

          Yap, saya kelahiran februari. 🙂

  5. 4 August 2010 at 02:37

    ternyata ga jauh beda dengan orang jawa ya..kdang-kadang juga (F – V dibaca P)
    revi dibaca repi..fandi dibaca pandi 😀

    salam adem ayem mas fandi

    • 7 August 2010 at 07:47

      Nama saya bukan Fandi, itu adik saya… 😀

  6. 4 August 2010 at 04:11

    jawa ad kok f, tapi ada aksara khusus..
    Kayak diksi centang tiga di atas aksara p.

    • 7 August 2010 at 07:46

      Iya, di aksara jawa emang ada F. 🙂

  7. 17 saenaknya
    4 August 2010 at 07:12

    emang gitu mas pandi , untung nama saya gak ada f-nya…haha

    • 7 August 2010 at 07:45

      beruntung. 🙂

  8. 4 August 2010 at 08:18

    Hehe… katanya sih waktu pembagian huruf “f” pada nggak datang, jadinya gitu deh 😀

    • 7 August 2010 at 07:43

      Kocak juga nih komentarnya…. 😆 😆

  9. 4 August 2010 at 08:56

    yang penting orang nya nga ketuker kan ?? hehehhe

    • 7 August 2010 at 07:41

      Yap. 🙂 🙂 🙂

  10. 4 August 2010 at 09:49

    sy kira bkn hanya orang Sunda, di tempatku orang Jawa yg sudah kakek nenek ngomongnya jg juga gitu. [Fendi di panggil Pendi, Fitri dipanggil Pitri]

    • 7 August 2010 at 07:41

      Itu mungkin karena hidup di antara orang sunda.. 😀

      • 13 October 2010 at 22:32

        sekarang saya sudah paham. tempo hari ketemu gambar yg ada tulisan “Siapa bilang orang Sunda tidak bisa ngomong F, itu PITNAH” 😆 haha

        • 14 October 2010 at 09:18

          Saya punya lho kaos bertuliskan persis kayak gitu.

  11. 4 August 2010 at 10:38

    kadang emang lucu yah kalo ampe diganti dalam bentuk tulisan gitu, kadang kan kegantinya pas diucapkan ajah ^^ pasebookan yuuuk hahahahaha

    • 7 August 2010 at 07:36

      hueehehe..

  12. 4 August 2010 at 10:57

    hahahahaha lucu bener… sumpah… 😀 😀

    • 7 August 2010 at 07:35

      Lucu ya… 😆

  13. 4 August 2010 at 11:22

    Siapa bilang orang Sunda nggak bisa bilang F??? Itu PITNAH!!!

  14. 4 August 2010 at 11:23

    asyik!
    jadi tw nama asli Asop ^^
    itu sering banget orang sumatera medhok yang mengubah F jadi P 😀

    • 7 August 2010 at 07:23

      Oh, di SUmatera ada juga ya. 🙂

  15. 4 August 2010 at 11:58

    siapa bilang orang sunda enggak bisa ngomong “F”!!!! itu Pitnah! :mrgreen:

    • 7 August 2010 at 07:34

      Hehehe…

  16. 4 August 2010 at 12:03

    kebalikan orang arab yang enggak bisa ngomong P … coba aja ente tanya wan Abud … lebih suka Fulus apa Ferempuan 😆

    • 6 August 2010 at 12:28

      hahaha bener banget tuh Rangga bilang.. lain lubuk lain belalang yak.. (lanjutnya terusin sendiri) :mrgreen:

    • 7 August 2010 at 07:23

      Iya, karena memang di aksara arab kan gak ada P, yang ada F. Sebaliknya, di bahasa Indonesia yang asli katanya gak ada F, yang ada P. Adanya F karena pengaruh dari bahasa arab. 😛

  17. 4 August 2010 at 12:21

    Mungkin salah dengar!

  18. 4 August 2010 at 13:35

    Hahaha.. itu kek orang (sensor) yang katanya fitnah sama pitnah 🙂 *maaf bukan bermaksud bawa-bawa ras)

    • 7 August 2010 at 07:21

      Gak apa2… 😀

  19. 4 August 2010 at 14:20

    yah karena ketebiasaan kang….

  20. 4 August 2010 at 17:03

    Baru tau mas Asop ternyata namanya “Pebri”

    • 7 August 2010 at 07:19

      Bukan Pebri, Febri. 😀

  21. 4 August 2010 at 17:14

    wah kayak nama saya mas soefandi dibaca soepandi

    salam kenal mas

    • 7 August 2010 at 07:19

      Wah, Sufandi? Saya pikir Supandi. 🙂

  22. 4 August 2010 at 17:55

    Wakkakaaa……

    Yah begitulahhh….

    Smua bahasa memang punya karakter masing2…

    hUEW…. aNAK bAHASA…..

  23. 4 August 2010 at 19:11

    nyengir ane bacanya,

  24. 4 August 2010 at 19:47

    hahahahaha…… ada ada aja…. tapi sering tuch kayak gitu…. 😀

  25. 50 Kak Zen
    4 August 2010 at 22:15

    sudh ciri khas tuh mas.hehe

  26. 4 August 2010 at 22:47

    tanya kenapa?? *niru iklan rokok*

    • 7 August 2010 at 07:08

      Gak tahu saya. 🙂

  27. 5 August 2010 at 00:06

    huahahahah
    belum kadang ada orang yang kebalik balik ya. yang f jadi p, yang p jadi f… 😛

  28. 54 kiminuklir
    5 August 2010 at 06:07

    seperti memang orang Sunda tulen tuh mas,,, 😀

  29. 5 August 2010 at 07:40

    oh nama lo Pebri Sof? ya maklumin aja deh bafaknya, fasti sunda asli tuh beliau

    • 7 August 2010 at 07:07

      Hahahahahahahahahahahah! 😆

  30. 5 August 2010 at 09:15

    hahahahaha gw bgt tuh

  31. 5 August 2010 at 09:22

    Kalau malam Fandi,, kalau siang Pandi he he (just kidding),,
    Iya mas, kadang tuh emang huruf F diganti jadi P,,

    • 7 August 2010 at 07:06

      Gak apa2, asal cuman bercanda. 😆

  32. 5 August 2010 at 10:23

    ternyata nama asli bang ASOF itu PEBRI.. 😀

    • 7 August 2010 at 07:20

      Kebalik!!! 😆

  33. 5 August 2010 at 11:44

    oow namanya aslinya pebri toh 😀

    • 7 August 2010 at 07:19

      Iyap, Pebri. 🙂

  34. 64 wulanekadalu
    5 August 2010 at 12:00

    walah masak bilang F aja ga bisa, F yang dikata Panta itu kan? :))

    • 7 August 2010 at 07:07

      Hehehehe kalo diomongin pasti lucu… 😆

  35. 5 August 2010 at 12:30

    huehehe… tukang jaitnya orang sunda ya?

    • 7 August 2010 at 07:06

      Yap. 🙂

  36. 68 sangpenjelajahmalam
    5 August 2010 at 15:29

    Udah kebiasan mungkin…

  37. 5 August 2010 at 16:22

    aduh mungkin memang menjadi warisan turun temurun, saya juga sering diketawain kalau nyerita pake basa inggris atau kalau nyebutin nama orang yg pake huruf V atau F.

    satu lagi, orang sunda suka menyebut “H” untuk huruf “G” lalu “W” untuk “B”, seperti biolohi, analohi, wedak, walanda . . . pokonya pabaliut lah

    • 7 August 2010 at 07:04

      Hmm…. saya rasa saya pernah mendengar juga yang “H” dari “G”… 😆

  38. 5 August 2010 at 18:06

    Heu, nama saya jadi Peralia dong?
    Sop, lahir bukan Februari tah?

    • 7 August 2010 at 07:03

      Hehe, iya saya kelahrian Februari. 🙂

  39. 5 August 2010 at 22:09

    inilahh akibat dunia pendidikan. kalo orang yang berpendidikan tinggi saya rasa gak bakal ngelakuin kesalahn mmacam tu,,,ataupun salah, kecil kemungkinan
    hehe
    😀

    salam akrab dari burung hantu
    http://blog.beswandjarum.com/denus/2010/08/05/standing-sex-malu-maluin-kota-palembang/

    • 7 August 2010 at 07:02

      Hehe, yang saya tahu kalo gak salah ini akibat ada pengaruh bahasa arab. Katanya, bahasa asli Indonesia gak ada huruf F-nya. 😀

  40. 5 August 2010 at 23:02

    bagus donk jadinya…hehe…

  41. 6 August 2010 at 09:16

    eh, kata siapa orang sunda ga bisa bilang f, itu pitnah! 😀

  42. 6 August 2010 at 09:19

    ah, lebih suka manggil km ASOP dr pd PEBRI..

    kalo gitu namaku jd PIKREATIF ya? atau malah pikritiw??

    • 7 August 2010 at 06:57

      Hahahahahahahahh!!

      Wis, panggil aja aku Asop, Mas. Febri kayak anak cewek… :mrgreen:

    • 16 October 2010 at 08:41

      @mas ahmed: malah jd PIKREATIP, mas..
      kan belakangnya ada huruf F yg akan berevolusi jd P
      hahhahhahaha

  43. 6 August 2010 at 09:54

    kalo di sulsel ada salah satu daerah namanya Sengkang di Kabupaten Wajo, kalau disana sehari-hari nyebut ‘P’ pake ‘F’ semua. kebalikan ma orang Sunda, kalo mas Asop kesana pasti dipanggil Asof..heheee

    • 7 August 2010 at 06:54

      Wah, Indonesia unik ya… 😀

  44. 6 August 2010 at 10:43

    wkwkwk…. kadang ada yg gitu yak… dree juga aneh…

    • 7 August 2010 at 06:52

      Yang aneh Dree, ya? :mrgreen:

  45. 6 August 2010 at 11:15

    biar gaul, f diganti p,hehehe wakakaka

  46. 6 August 2010 at 11:31

    tapi ada juga bukan orang sunda gak bisa bilang “f”

    • 7 August 2010 at 06:52

      Iya, emang sebenernya ga bisa kalo kita sempitkan ke orang sunda aja. Tapi perihal penjahit saya itu orang sunda, itu beneran. Logatnya orang sunda. 🙂

  47. 6 August 2010 at 12:34

    Jadi namaku bisa jadi chocoPanilla yah? Walaaahhh …. 😀

  48. 6 August 2010 at 12:53

    Hhaha…. Ada2 aj, guru saya dulu asli sunda, manggil saya jg pebri, ada tmen saya jg dipanggil pandi, gmana kalo namany fanda? Jd binatang, masih brsyukur gan…… Gpp dh, jd imut gan namanya… 😆

    • 7 August 2010 at 07:04

      Hehehe, kalo orangnya imut sih gak masalah, saya juga setuju buat si Fanda…. 😀

  49. 6 August 2010 at 13:33

    Dear Pandi …
    Ini cuma Pitnah belaka …
    Pitnah itu mah …
    sumpah …

    (saya ngakak sodara-sodara …)(ngakak kofrol)

    • 7 August 2010 at 07:02

      Hahahahahahahahah awas Pak, hati2 koprolnya…. 😆 😆

  50. 6 August 2010 at 13:47

    maap itu mah sudah sesuai EYDOS
    Ejaan Yang Disepurnakan Orang Sunda 😀

    • 7 August 2010 at 07:01

      Hehe, benar sekali. :mrgreen:

  51. 6 August 2010 at 15:36

    Eta mah pitnah nya (sunda mode on)

    • 7 August 2010 at 06:59

      Ya ya, silahkan… :mrgreen:

  52. 6 August 2010 at 15:43

    wahahha.. itu mah bawaan dari lahir kale om
    F jadi P
    P jadi F gak yaa ?

    • 7 August 2010 at 06:57

      Di beberapa daerah kayaknya iya, P jadi F. 😀

  53. 6 August 2010 at 19:02

    ketawa ngakak guling-guling! hahahahahhahahhaha

    pebriasyrap charipah! hahahahhaha

    • 7 August 2010 at 06:53

      Bahaya, anakku…. 😆

  54. 6 August 2010 at 20:15

    Maksudnak agar jas si~Pandi gak ketukar ama si~Pebri … jelas! … *ngakak.com* … hehehe

    • 11 August 2010 at 21:14

      Iya ya… 😆

  55. 6 August 2010 at 21:30

    untung namaku gak ada f nya..
    hahaha..ngakak bener dah..

    ngemeng2 judul lagi di sini apa ya? hehehe…bales ya mas pebri :mrgreen:

    • 7 August 2010 at 06:51

      Maksudnya apa ya? ❓

  56. 104 Bee'J
    7 August 2010 at 23:06

    bisa jadi tukang jahitnya orang sunda aseli tuh sop….

  57. 105 rosenrain
    8 August 2010 at 07:12

    memang agak lucu klo gk terbiasa, hihi

  58. 8 August 2010 at 07:25

    pandi?
    bukannya itu nama pengelola domain id ya, hahaha

  59. 8 August 2010 at 12:12

    oo, pebri ya…
    oo selama ini salah ya mas asop.
    jadi malu. 😆

    • 11 August 2010 at 21:07

      Sial… awas lu ye… 😆

  60. 8 August 2010 at 20:34

    Febriasyraf Charifa kok bisa jd Asop ❓ 🙄

    • 9 August 2010 at 20:54

      Yang ini panjang ceritanya. 😀

      Coba lihat, ada unsur “Asyraf” kan di sana? Ya dari situlah lama2 berevolusi jadi “Asop“. 😆

  61. 8 August 2010 at 21:47

    emm teryata dalam hal ini, sunda, jawa, & madura sama aja…
    para leluhurku (keturunan madura) juga menggunakan huruf “F”jadi “P”
    tapi untuk saat ini udah agak jarang ditemui

    salam kenal
    zakiyafitri.wordpress.com

  62. 9 August 2010 at 09:52

    Ya begitulah kalo di sunda yang kental dengan perubahan “f” jadi “p”..
    saya yang tinggal lama di bandung..
    Friska jadi Priska, kadang ditambah2in juga.. alhasil jadi “mpris”.. LOL

    Nice post! ^^

    • 9 August 2010 at 20:59

      Saya juga ngomong “maaf” jadi “maap”… 😆

    • 11 August 2010 at 21:05

      Wahahahahahahaha~ 😆 😆

  63. 9 August 2010 at 15:21

    haha
    emang susah sih kalau urang sunda membedakan antara ‘p’ dengan ‘f’
    paling dibacanya jadi ‘ep’, bukan ‘ef’
    😆

  64. 10 August 2010 at 13:46

    hahaha…..jadi inget , di palembang juga Sop, banyak yg gak bisa bedain antara “F” dan “p” 😀 😀
    salam

    • 11 August 2010 at 20:42

      Walah, gak cuman orang sunda aja ya. 😐

  65. 10 August 2010 at 14:10

    dikantorku banyak orang sunda sop,n terbukti emang nyebut F jadi P or kebalikannya 😀
    di daerahku kakek2 ma nenek2 juga menyebutkan F menjdi P…seperti itu

    • 11 August 2010 at 20:37

      Hehehe…. 😆

  66. 11 August 2010 at 08:31

    orang sunda susah ngumung pake f 😀 XD

  67. 11 August 2010 at 11:32

    ya itu pengaruh bahasa sunda kali ya, susah bedain huruf f dan p, hehe. temen kelas saya dulu pengucapan bahasa Inggrisnya juga lucu, kalo dah ketemu huruf v, f, semuanya dibaca p. Hehe beautiful jadinya beautipul, hihi

    • 11 August 2010 at 20:38

      Ah, dia emang urang sunda asli. 😆

  68. 12 August 2010 at 03:03

    jauh banget febri = asop

    wkwkwkwkwk ^^v pis ah

    • 12 August 2010 at 20:32

      Coba lihat nama saya di widget fesbuk di sebelah kanan, nama saya ada unsur “asyraf”-nya kan? Kalo ama “asyraf”, lebih deket ama Asop, am I right? :mrgreen:

      Tauk nih, ini berasal dari temen saya. 😀

  69. 12 August 2010 at 22:19

    hhahaha.. ada dua kemungkinan… memang lupa kalau mas bilangnya febri dan fandi
    atau mas yang mengucapkannya seperti huruf f.hehe just kidding

    • 13 August 2010 at 03:48

      Maksudnya saya yang mengucapkan seperti huruf P? 😉 Gimana bisa salah, lha wong nama kami berdua TERTULIS di lembar pelanggan dengan benar, “F”… 😀

  70. 21 August 2010 at 08:46

    whwhwaaaaaa…… 🙂 jadi pikri dum

  71. 13 October 2010 at 21:21

    ooohh namamu Febri yah? *manggut manggut*
    hahhaha saya orang sunda looohh. campuran sih, papa sunda, mama jawa. mungkin karena tinggal di bogor yg dkt sm jakarta, jd logat sunda saya malah ga ketauan. udah kebiasaan ngomong bahasa indonesia.
    tp sukaaaa bgt kalo ngedenger orang sunda ngomong. hihihii lucuuuu 😀

    • 14 October 2010 at 09:26

      Iya, Asop nama panggilan saya sejak kuliah…

      Saya juga dulu gitu, waktu pertama kali ke Bandung, logat suroboyoan saya kentel bhuanget. 😆 Saya ngomong dikit aja udah ketahuan orang mana. 😀 Lama-lama, semakin terbiasa ngomong pake lu-gue, meskipun ampe sekarang dialek suroboyoan masih terdengar sedikit. :mrgreen:
      Bangga lah punya dialek suroboyoan..

      • 16 October 2010 at 08:43

        orang suroboyo toh?
        ooooohhh..
        surabaya kan emg logatnya kentel bgt yah..

        • 16 October 2010 at 09:55

          Benar sekali.

  72. 20 October 2010 at 00:28

    Halo Mas Pebri

    Aku tau dari mas Lamberts

    • 20 October 2010 at 07:30

      Jiaaaaahahahahaha…!!

  73. 134 Fri
    4 April 2012 at 20:20

    Ya karena aksara Sunda kuno tidak mengenal huruf serapan seperti F dan V, makanya orang Sunda tidak terbiasa melafalkannya. Adapun huruf yang sekarang ada adalah aksara Sunda baku (sudah ada penyesuaian). Btw, tapi masih banyak orang berpendidikan tinggipun secara ga sadar masih tetap mengucapkan huruf P untuk F dan V.. Hehe termasuk saya.

    • 5 April 2012 at 08:42

      Eh tapi saya akui lho, ngomong pake P lebih enak ketimbang pake V atau F.
      Saya udah terbiasa bilang “maaf” pake “maap”….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 973 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: