Gawat, Jari Tidak Sinkron Dengan Otak

Gawat, udah cukup lama ini terjadi pada saya… Rasanya ide yang ingin saya tumpahkan dari otak kurang bisa diakomodir oleh jari-jari tangan saya. Sering sekali terjadi kesalahan penulisan. 😦

Kesalahan penulisan (tepatnya ‘kesalahan pengetikan’) biasa terjadi ketika saya menulis komentar saat blogwalking di ranah blog dan ketika bercakap-cakap di Yahoo Messanger. Bisa dilihat dari kedua keadaan di atas, keadaan yang benar-benar membutuhkan kecepatan tangan dalam mengetik (oke, saya tidak biasa mengetik lambat saat menulis komentar di blog). Isi pikiran yang ingin keluar terasa berjubel, dan akhirnya berpengaruh ke hasil ketikan saya. Sekadar mengingatkan, saat mengetik, sekitar 70%-nya saya tidak melihat ke keyboard. Dengan keadaan ini, frekuensi salah ketik ketika banyak ide bisa lebih banyak. Lain hal dengan 30% sisanya, ketika saya mengetik dengan melihat keyboard. Frekuensi kesalahan berkurang, meskipun kesalahan masih saja terjadi.

Ini (amat) sedikit contoh-contoh kesalahan penulisan yang saya ingat (dan langsung saya catat).

ulang ==> ualgn
ramadhan ==> ramadahn
pengulangan ==> pengualngan
menurut ==> menutur
seperti ==> speerti
lakukan ==> lakuakn
janganlah ==> jangnalah
mengerikan ==> mengeriakn
luar biasa ==> lura bisaa
kesungguhan ==> kesungguahn

Setidaknya, ini hanya terjadi ketika (1) pikiran saya penuh dengan hal atau ide, (2) ketika saya merasa butuh buru-buru, dan (3) ketika saya lelah atau mengantuk. Ketika keadaan tenang, rileks, dan tidak diburu waktu seperti saat menulis post baru, saya tidak merasakan gangguan pengetikan ini. Setiap saya menulis postingan, saya selalu merangkai dulu kerangkanya, saya tulis dulu hal-hal yang saya ingat, dan masih berupa draft kasar. Biasanya draft itu saya tinggal dulu. Saat ingin melanjutkan, dengan santai saya meneruskannya hingga menjadi postingan yang benar dan final. Semua saya lakukan dengan santai. 😀

Gimana dengan kawan narablog, sering atau pernahkah mengalami hal ini?

—————————————————————————————————————————————————

Foto hasil jepretan sendiri. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.

154 Comments

  1. waw..ada urutannya yah menulis blog juga ehehe
    emang sih harus punya manajemennya biar kualitas tulisan kita juga bagus mas 🙂
    yang penting masih nyambung mas tulisannya wkwkw

    Reply

  2. buat yg disleksia, kesalahan2 ketik lo kayak normal2 aja kok Sop hehe

    btw kalo ngetik liat keyboard terus liat layar, pegel juga tuh. gw juga kayak lo kok.. untung ada backspace kan 😀

    Reply

    1. Nggak terlalu capek juga, toh gak secapek lari keliling lapangan sepakbola enam kali. 😆 😆

      Oke, artinya saya masih normal. 😐

      Reply

  3. aku juga sering seperti itu, terlebih kalo terburu-buru…
    tapi kalo nggak terburu-buru biasanya aku baca dulu sebelum akhirnya di publish ^^

    Reply

    1. Aduh maap saya ketawa dulu…. hahahahahahahah~ 😆

      Maap, maap… tapi saya benar2 baru menemukan kasus seperti Mas Novianto… 😆

      Reply

  4. saya juga kadang seperti itu koq. terutama ketika sedang terburu-buru ingin cepat selesai. so, hal ini masih normal kan..? salam kenal.

    Reply

  5. Paling parah waktu saya nulis kata “organ”. Pekerjaan saya kan bikin saya harus menulis, “Saat ini saya hendak memotong organ di meja.” tapi saya malah nulis “Saya hendak memotong orang di meja.”
    Waduh!

    Reply

  6. ada lagi mas,,

    Assalamu’alaikum -> Assalmu’alaikm
    Allah -> ALlah
    Memaafkan -> Memeaffkan
    Halo -> Hlo
    dlll

    lupa.

    tp yg sering dan bs berakibat fatal adl
    Tapi -> Tai 😀

    Reply

  7. iya bener banget ! saya juga sering begitu..Tp saya pernah baca artikel kalo motoriknya sampai tidak mampu mengejar yg diperintah otaknya seperti ngetik terlalu cepat, maksudnya baik bung (*ala komentator bola) tapi nyatanya banyak salah ketik..Itu berarti dia orang yg memiliki kecerdesan yg tinggi, otaknya berpikir sangat cepat sampai2 motoriknya tidak dapat mengikuti semua perintahnya..
    jadi kadang2 saya suka sengaja slaah kteik sepreti iin 😀 ahha..
    mau tukeran link? balas komen di blog saya ya..teirma kasih 😀

    Reply

  8. waduh,tenang ga cuma sendiri koq. untung aja bukan angka buat kantor yang salah ketik..heheh
    kalo saya biasanya salah ketik satu huruf disanping, di atas, atau dibawah tombol huruf. karna terlalu cepat jadi sering kepleset jarinya,hehehehe

    Reply

  9. kalo diliat dari kata2 yg sering salah tulis itu, koq keliatannya sering nulis kata2 yg baku yak? penguasa blog ini guru bahasa indonesia kah? *melipir*
    sayah dunk, nih liat
    makan –> mkan
    tidur –> todur (o dekatan dengan i kan di kibor?)
    mau –> msu
    see? keren kan koleksi kata2 sayah? hihihi…

    Reply

    1. Walah, saya bukan guru bahasa indonesia, saya hanya mahasiswa pemerhati bahasa indonesia yang prihatin akan pemakaian bahasa. *panjang banget* :mrgreen:
      Makasih, saya emang pengen sering2 menggunakan bahasa baku. 😉

      Monggo lihat2 foto pemakaian bahasa yang salah di blog saya. Search aja “kesalahan ejaan”.

      Reply

  10. mungkin saya orang yg terlalu santai kali sop jadi ngga terlalu merhatiin :mrgreen:
    nanti kalo ada salah ketik tunggu komplain ente aje yg lebih teliti… 😆

    Reply

  11. hihihi saya pun sering ngalaminnya… malah pernah komentar 2 kali hanya untuk meralat tulisan di komentar pertama. 😆

    Reply

  12. kalo lagi nge blog sih ga terlalu paraah,
    tapi kalo dikantor tuuuh.. belibet ngetik bahasa inggris!
    paling males deeh.. salah muluuu! 😆

    bisa2 ga panjang umur tuh tombol backspace di kantor :mrgreen:

    Reply

  13. sama nih..aku juga sering mengalami hal yg sama…
    pikiran nulis ini,jari ngetik itu..jadi gak bisa saling pengertian jadinya…kadang2 kalo ngetik jadi malah jdi..

    Reply

  14. hal seperti itu biasa kok kang…
    itulah fungsi kroscek sebelum posting..,
    yang lebih parah kalo hal begitu terbawa saat menulis laporan tugas kuliah atau tugas kantor..hehehe

    salam

    Reply

  15. sering juga Sop, kalau ngetik buru2 , memang hasilnya , jadi suka terbolak balik tuh huruf 🙂
    sering banget bunda misalnya mau ngetik :
    sampai malah jadinya samapi, dulu = duul dll nya.
    memang perlu pelan2 ngetiknya atau di baca ulang lagi, agar kesalahan ketik ini gak sering terjadi ya
    salam

    Reply

  16. kalau saya sih karena faktor keyboard :mrgreen: …. maklum keyboard acer itu keras! hehehe …

    emang saya kalau ada ide pengen request ke doraemon. ada enggak yah alat yang dapat merubah pikiran dalamotak menjadi tulisan *berharap*

    Reply

  17. Tampaknya memang sering terjadi kesalahan pengetikan dimana2 deh. Umumnya memang huruf2 yang berdekatan.
    Sebelum klik “submit” yuk diperiksa lagi 😀

    Reply

  18. hati-hati gan.. temen ane sama kayak gitu terus besoknya mencret jutuh hari tujuh malem.. wkwkwk (becanda 😆 ) btw lapor kalau link udah terpasang

    Reply

  19. Wekekekeke… saya seperti itu (sering salah ketik) pas latihan ngetik sepuluh jari… tapi nyerah. akhirnya sebelas jari aja. yang penting lebih cepet (daripada sepuluh jari tapi lemot). toh kedua telunjuk saya udah hapal sama letak tutsnya… jempol tangan kanan doang yang tanggung jawab sama spasi. wekekekekeke

    Reply

  20. eh, pake Mac juga ya bos? sama dong :mrgreen:

    bedanya, gw udah biasa ngetik 10 jari jadi gak ngeliat ke keyboard sama sekali pun sudah hafal dan sinkron 😀

    btw, bisa ngajarin bikin domain .com pake Mac juga gak? dari dulu2 pengen pake .com tapi tutorial-nya pake Windodo semua -___-

    Reply

  21. hehhe
    mungkin sama dengan kau juga
    jarang jarang ngetik ngeliad keyboar mungkin juga sama pda sahabat smua
    tapi untuk penulisan klo pas garap skripsi alhamdulillah aku dikit banget yang salah ketik
    :d

    Reply

  22. sering banget dah… emang dasarnya kurang mahir jadi tukang ketik sih sebenernya :mrgreen:….. pokoke alon2 waton kelakon wae soooob…… 😀

    Reply

  23. wah tenang aja kutemani kok…jangankan komen, posting di blog aja sering salah ketik, sampe diedit berulang kali, tetep aja ada yang salah^^… mungkin memang perlu cek n ricek sebelum diposkan^^

    Reply

  24. kalo kesalahan sih jarang ane lakukan sob. tapi ane ngerasa kurang nyaman aja kalo ngetik di komputer. alasannya, keyboard yang gak enak saat dijentikkan. tapi kalo lagi pake laptop. rasanya enak-enak aja tuh!!

    Reply

  25. Hahaha… saya mengalami juga yang beginian Asop. Setiap hari saya mengetik (cepat). Menurutku saya sudah mengetik sebuah kata dengan benar… tetapi ketika saya proofreading ternyata banyak yang hurufnya terbalik-balik… bahkan ada dua kata yang terketik menjadi satu kata… salah satu yang sudah kronis dan tidak bisa lagi saya rubah adalah ini:

    Yang ==> Yagn

    karena selalu seperti itu terpaksa saya gunakan fasilitas “Autocorrect” dan me-replace “yagn” dengan “yang” secara otomatis… karena setiap mengetik kata yang dengan cepat pasti hasilnya yang terketik adalah yagn 😀

    Reply

  26. ya ya, memang kecepatan otak / Pemikiran terbukti lebih cepat daripada gerakan tangan. Haha
    kayaknya semua orang mengalami hal yang sama.

    sering2 latihan aj, kalo perlu pake “kaca spion” aj biar gak usah nengok ke keyboard, pandangan tetep ke depan, haha

    Reply

  27. sama sop, saya juga seringkali mengalami hal tersebut.. contoh ini = ii. Bahkan nama saya sendiri irfan = irfab paling sering salah ketik dan buat kesel juga 🙂

    Reply

  28. Kadang permasalahan salah ketik itu disebabkan oleh jadulnya keyboard ku yang mengharuskan menekan dengan keras seperti memencet jerawat di dahi sampai tangan ini terasa sakit 😆 maklum keyboard zaman kemerdekaan.
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Reply

  29. selamat pagi

    kita senasib sop !!
    sering banget salah ketik.

    tapi itu bukan masalah penting, daripada nulis aL4yii..

    terima kasih dan mohon maaf 😮

    Reply

  30. itu hal yang biasa kok… orang ngebaca juga bakalan ngerti kalo yang ngetik di komen blognya pasti blogwalking tengah malam tanpa minum kopi dulu sebelumnya…

    salam akrab dari burung hantu…

    Reply

  31. saya juga sering sih ngalamin kayak gitu, tapi biasanya sebelum di posting di edit dulu.
    tapi kadang juga tetep ada yang kelupaan hehe..

    Reply

  32. huahaha kalau saiia sih lebih ke pengetikan sms, Mas.. (karena saiia kalau ngetik di sms sama kya nulis di blog, ga ada yang disingkat-singkat)
    Apalagi kalau bales sms pacar, sudah terlalu malam dan sudah terlalu ngantuk.. hehe bisa ngawur buanget.. *malahcurhat

    kunjungan balik.. terimakasih sudah datang.. 😀

    Reply

  33. indah mah sering banget….
    ahahaha,,,,
    tau laahh.. tulisan indah kaya cakar ayam gitu..
    udah gitu,.. males benerin lagi..
    jadi pembaca blog diary indah suka pada protes tuh lewat belakang layar..
    hihihi
    😳

    Reply

  34. Iya…saya juga suka salah ketik, apalagi kalo buru-buru…makasih jadi maksih, sudah jadi sdah…ah, pokoknya kelihatan astik deh, asal ngetik…hehehe 😛

    Reply

  35. sama halnya dgn sy…gak tau mengapa jari2 saya paling doyan mengetik hurup a
    misalnya ayang = yang, semampuaku = semampuku
    kayak gak beres dgn jalannya otak n jari kiriku…

    mantab sob postingnya…thanks dah berbagi

    Reply

  36. pada saat menulis terburu-buru kadang memang gitu mas..
    nulis pergi kadang jadi pegi
    nulis makan jadi makn
    nulis tomipurba pun kadang jadi tompiurba 😀

    Reply

  37. kadang kesalahan menulis ini juga terjadi saat kita sedang merangkai kata² dan ide mas… jadi takut kehilangan ide, kita nulisnya cepat², eh hasilnya malah banyak salah kata 😀

    Reply

  38. klo saya masih merasa kurang nyaman berpikir sambil mengetik, apalagi di depan komputer dengan full qwerty keyboard, entahlah.. saya lebih nyaman ngetik di hape kipet numerik ato konvensional nulis pke tangan, pulpen n kertas.. hahah.. *sepertinya cuma masalah kebiasaan saja..*

    Reply

  39. ya nasib para pengetik cepat…
    meskipun total ngetik bisa lebih cepat dari pengetik rata2, tapi saya bisa mencet tombol backspace 1x tiap nulis 20an huruf…bahkan bisa 1 : 10 kalo lagi bener2 suntuk…

    apalagi kalo lagi YM…biasanya parah banget…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s