04
Sep
10

Rapat dan Rapet

Saya penasaran. Apakah kejadian ini benar-benar bisa terjadi di tempat kerja?  😀

Jadi ceritanya, ada dua orang wanita, karyawan di tempat kerja yang sama, sebut saja Voni dan Nadya. Mereka berdua ini sobatan, teman dekat, bekerja di perusahaan jasa pengiriman luar negeri. Mereka berdua mengalami hal ini:

Voni: “Eh, nanti kamu yang rapat ya.”            <menunjuk ke arah pintu, di sebelah pintu ada sebuah bungkusan paket>
Nadya: “Iya, nanti aku ikat yang rapet ikatannya.”
Voni: “…..bukan, maksudku rapat ke tempatnya Pak Bui, bukan rapet itu…”
Nadya: “Oh, gitu…”         <ketawa>

Di lain kesempatan…

Nadya: “Tolong dong, punya Pak Gugus dirapatin.”       <nunjuk ke sebuah bungkusan paket dengan sebuah dokumen di atasnya>
Voni: “Udah, tadi siang udah kami rapatin kok perihal dokumennya.”
Nadya: “Eh….Bukan! Maksudku paket barang pesanan dia dirapatin! Dirapetin lagi bungkusnya!”        <ketawa>
Voni: “Oh… sori…”         <ikut ketawa>

*

Dan ternyata, hal itu benar-benar terjadi…. 😆   Terbukti, tidak hanya bahasa Inggris (yang pernah saya tulis di sini dan di sini), bahkan dalam bahasa Indonesia pun terdapat suatu kata yang bisa bermakna ganda. 😉

Menurut KBBI dalam jaringan, rapat adalah:

1ra·pat a 1 hampir tidak berantara; dekat sekali (tidak renggang): rumah-rumah di kota — sekali; 2 kerap (tt tanaman, anyaman, dsb): padi jangan ditanam terlalu –; 3 tertutup benar-benar hingga tidak bercelah: ia menutup pintu dng –; 4 berhampiran sekali; dekat benar: kapal dapat berlabuh — pd pangkalan; 5 karib; erat (tt persahabatan): teman –; menambah — persahabatan;

2ra·pat n pertemuan (kumpulan) untuk membicarakan sesuatu; sidang; majelis;

*

Cerita ini saya tulis sesuai dengan ijin kenalan saya, si orang yang mengalami sendiri hal itu. 😉   Pernahkah kawan-kawan narablog mengalami kejadian seperti di atas, dengan kata-kata yang lain?

————————————————————————————————————————————————————-

Sumber gambar dari sini dan sini.

Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.

Advertisements

63 Responses to “Rapat dan Rapet”


  1. 4 September 2010 at 00:05

    pernah, tp lupa untuk mengingat-ingat… 😆

  2. 4 September 2010 at 00:15

    kau belum ke jepang sop…
    bakal gila kamu klo kesana… sinonim nya seabrek gila…

    nanta (ini user WPq… lagi ngembangin blog tunggu ya… nyeheheheh)

    • 6 September 2010 at 10:59

      ho oh
      yang hiragana-nya beda dan katakana-nya beda, kanji-nya sama
      buehh
      satu kanji bisa banyak arti
      ckckck

      • 7 September 2010 at 22:40

        Benar. Di situlah biasanya sering dijadikan komedi ama mangakamangaka Jepang. 😆

  3. 4 September 2010 at 00:58

    sepertinya kalau bahasa indonesia agak lupa sie ada nggak yang seperti itu…
    tapi kalo ketika penggunaannya perpaduan bahasa indonesia dan bahasa jawa sepertinya sering he he…

  4. 4 September 2010 at 01:46

    hemmm aneh tapi nyata
    keknya pernah juga ngalaminya tapi lupa heheh

  5. 7 Adi
    4 September 2010 at 05:45

    heu..
    Bisa aja…

  6. 4 September 2010 at 06:55

    hihii… mirip-mirip sih 🙂

  7. 4 September 2010 at 07:07

    rapat,rapet…
    beda tipis lain makna…
    “sebelum sholat shofnya di rapetkan ya???

  8. 4 September 2010 at 08:38

    pernah dapar peer mencari kata2 yang bermakna ganda, banyak juga ketemunya
    antara lain buku, malam

  9. 4 September 2010 at 08:43

    dalam ilmu bahasa, itu disebut homograf mas (rapat dan rapat)… 😉

    • 7 September 2010 at 22:31

      Baguslah, saya udah lupa. :mrgreen:

  10. 4 September 2010 at 10:34

    jadi ingat pelajaran bahasa indonesia

  11. 4 September 2010 at 10:50

    Ha ha ha ha

    Wah ini ma saya banget, saya sering bikinorang kantor atau teman-teman saya karena gak bisa ngebedain kata-kata bahkan hal yang paling mudah.

    Bawah dan bawa aja saya suka bingung kapan menggunakannya, parah yah?

    • 7 September 2010 at 22:32

      ….Serius..?? 😀

  12. 4 September 2010 at 10:51

    Kindly ignore my previous comment yah!!!

    😉

    Ini yang bener:

    Ha ha ha ha

    Wah ini ma saya banget, saya sering bikin orang kantor atau teman-teman saya binngung dan tertawa karena gak bisa ngebedain kata-kata bahkan hal yang paling mudah.

    Bawah dan bawa aja saya suka bingung kapan menggunakannya, parah yah?

    • 7 September 2010 at 22:32

      Oke oke, perbaikan. 😆

  13. 4 September 2010 at 11:41

    selamat pagi.

    kalo gak salah, kata RAPAT itu termasuk homonim,
    memiliki 2 arti.

    sama seperti kata BISA.

    pelajaran bahasa Indonesia jaman sekolahan nih, wkwkwk 😛

    terima kasih dan mohon maaf 😮

    • 19 اسوب سوبرييادي
      5 September 2010 at 17:33

      iya nih, 😀

  14. 4 September 2010 at 11:43

    kisah nyata toh mas?

  15. 4 September 2010 at 12:13

    sekarang jarang pake bahasa indoensia yang baku gan. heheh dari kalimat ni ja dah keliatan

  16. 4 September 2010 at 13:11

    Ya Mas, teman saya orang Australia yang belajar Bahasa Indonesia. Dia pernah bilang sulit membedakan :
    – Undang
    – Undangan
    – Undang-Undang
    – Perundang-undangan
    – Udang

    ternyata memang lucu ya, he3x….
    Bagi kita mungkin ga masalah, ternyata buat orang asing sangat membingungkan….

    • 7 September 2010 at 22:38

      Tetap, bahasa Indonesia itu mudah. 🙂

  17. 4 September 2010 at 14:46

    kayaknya pernah tapi lupa kejadiannya kapan dimana 😛

  18. 4 September 2010 at 15:41

    Repot juga ya..

  19. 4 September 2010 at 17:47

    apa ini istilahnya… homonim? :mrgreen:

    • 7 September 2010 at 22:38

      Lupa… 😆

  20. 4 September 2010 at 18:46

    Kalo saya belum pernah ,mas..

  21. 5 September 2010 at 03:41

    itu homonim mas…

    hehhehe

  22. 5 September 2010 at 06:23

    jadi inget teka teki jaman sekolah dulu, satu jawaban utk dua pertanyaan sekaligus.
    Anak : Bu, ini taruh dimana?
    Bapak: pakai yang mana Bu?
    IBu : kemeja ……….. 😀
    salam

    • 7 September 2010 at 22:41

      Hahahahaha… 😆

  23. 5 September 2010 at 10:17

    malam malam main malam…. ^_^”

    • 7 September 2010 at 22:46

      :mrgreen:

  24. 5 September 2010 at 12:53

    namanya juga sinonim, kak …
    tinggal bagaimana kita melihat konteks dan sikon sat berbicara …
    hehe …

    salam akrab dari burung hantu … 🙂

  25. 5 September 2010 at 14:27

    pernah sih kayak gitu. untuk saat ini saya lupa kata-kata apa yang pernah bikin situasi kayak gitu (kalo dipikir dulu ntar ga nulis2 komentarnya). tapi yg jelas, kalo di sini kalo ada dua kemungkinan, biasanya salah satunya mikir dulu sebelum lanjutin percakapannya…

    Misal:
    Uka: eh yg tadi jangan lupa dirapatin dong!
    Umak: … (mikir-mikir) yg mana ya?
    Uka: itu tuh… yg mau dikirim ke Atik. Tadi yang ngiket kayaknya belum pernah belajar ngiket tali pocong (bibir dimajuin)
    Umak: Ooo… (tau kalo yg dimaksud sama Uka itu rapatin = rapetin… kirain masalah yg itu…. emang masalahnya udah selesai?)… eh emang yg itu udah kamu rapatin tadi?
    Uka: … (mikir-mikir) yg mana ya?
    Umak: Uang saku buat besok-lah. Masak kita mau kunjunan ke Semarang pake ngesot? jadi berapa noh kita itung2an sama bagian keuangan?
    Uka: Ooo yang ntu? (tau kalo yg dimaksud sama Umak itu rapatin = meeting)Udah kok kemarin. Katanya berangkat aja dulu. Cuman jangan lupa buktinya…
    Umak: Walah lagi bokek nih… duit lu dulu yah!
    Uka: Wooot, padahal gue mau bilang gitu tadi…

    😆

    • 7 September 2010 at 22:47

      Huakakkakakkakkak!! 😆
      Mas Wahyu ini bisa aja…. :mrgreen:

  26. 5 September 2010 at 14:37

    iya yah..kadang aku juga suka bingung dg satu kata yg mempunyai arti ganda hehehe

    salam, ^_^

  27. 5 September 2010 at 17:48

    iya, saya juga pernah mengalami hal yg sama kang 😆

  28. 5 September 2010 at 21:32

    pernah juga, tapi itung-itung ngilangin stress jadi bisa ketawa walau kerjaan banyak ..

  29. 6 September 2010 at 00:11

    kalo mengalami kejadian seperti itu rasanya pengen ketawa sendiri ya… he..he..he..

  30. 6 September 2010 at 01:46

    wekkeke. .
    emang punya makna ganda sop . 😀
    banyak bangeeeeeeeet. .

  31. 6 September 2010 at 01:47

    eh sop ..
    ente dah lama ga mampir ke blog ane. . .
    maw lebaran silaturahmi dulu ya.. heehhe 😀

    • 7 September 2010 at 22:43

      Ane emang ga bisa janji Gan… 😦

  32. 6 September 2010 at 09:06

    celah untuk politikus, intel dan para informan gelap untuk menyembunyikan informasi.

    • 7 September 2010 at 22:41

      Caranya? :-S

  33. 6 September 2010 at 11:00

    btw, sebelum lebaran salaman dulu ya
    maaf lahir batin

    • 7 September 2010 at 22:39

      Maap lahir batin juga. 🙂

  34. 6 September 2010 at 13:22

    pernah kayaknya…tapi lupa… :mrgreen:

  35. 6 September 2010 at 13:23

    hahahhaa lucu juga bisa disalahartikan karena mereka kerjanya di perusahaan pengiriman gitu ya

  36. 50 hellgalicious
    6 September 2010 at 16:27

    kalo itu sih harus ngebetulin cara ngomongnya aja bro
    biar orang lain ga salah paham
    hehe

  37. 7 September 2010 at 00:34

    kalo udah gitu, mesti pinter2 ngerti dengan cepat konteks pembicaraan sebenernya yang mana hihi

  38. 7 September 2010 at 12:17

    hahaha miskom.. miskom… 😀

  39. 53 dhebu
    7 September 2010 at 17:33

    betul tuh..
    kadang emang rada susah bedainnya

  40. 8 September 2010 at 13:02

    pukul berapa sekarang?
    udah pukul aja deh…

    kaki ku sakit nih…
    AM adalah kaki tangan SBY

    liat politis PD aku pingin ke belakang…
    Mobil di belakang saya adalah mobil patwal pejabat…

    dll..dsb…

    hehe

    • 9 September 2010 at 13:42

      Wah, kacaaaau!

  41. 9 September 2010 at 00:59

    setahu kutu itu namanya Homonim mas, kata yang sama namun mempunyai lebih dari 1 arti … mungkin harus lebih menekankan aspek pengertian aja klo ngomong n menghindari homonim2 semacam ini 😀

    • 9 September 2010 at 13:45

      Makasih infonya.

  42. 58 anung
    9 September 2010 at 09:17

    hahaha unik juga kejadiannya….

  43. 11 September 2010 at 19:52

    😆 😆 Asoop… ada2 aja… 😆

  44. 13 September 2010 at 12:41

    sepertinya memang kmu salah jurusan kayakya Sop
    wkwkwkwkwkw

    • 14 September 2010 at 16:45

      Maksudnya apa, Mas?? 😀

  45. 62 miyosi chan
    25 October 2010 at 07:57

    hehehe,

    teliti banget adik ini, hehehe

    • 25 October 2010 at 08:32

      Ehehe, makasih Mbak… 😳 *tersipu*


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 972 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: