27
Oct
10

Andaikan Ada Alat Daur Ulang Plastik untuk Rumah Tangga…

Itulah yang saya pikirkan, tepat seperti yang tertulis pada judul di atas.

Kenapa?

Narablog ‘kan tahu (yang udah baca halaman “tentang saia…” :mrgreen:), bahwa saya suka sekali dengan komik dan buku (tepatnya novel). Semua komik dan novel-novel itu SEMUA saya beri sampul plastik. Koleksi buku-buku dan komik saya yang di Surabaya pun juga saya beri sampul. Dengan penuh kasih sayang dan harapan agar tidak mudah rusak, saya sendiri yang menyampul semua komik-komik, novel, dan sebagian buku teks kuliah saya.

Pemikiran ini timbul ketika saya melihat sungguh banyaknya plastik-plastik sisa potongan dan guntingan (sama aja! :lol:) yang saya gunakan untuk sampul tadi. Kok rasanya eman gitu ya, sayang banget kalo gak dimanfaatkan. Dulu saya pernah mencoba untuk mengumpulkan sisa-sisa bekas sampul dalam kresek trash bag berukuran 30 x 40 cm (emang ada ya?), udah penuh, dengan niat awal pengen saya kumpulkan sembari menunggu alat yang saya idam-idamkan muncul. 😀 Sebanyak itukah? Ya, memang banyak sekali, sampai-sampai rasanya bisa membuat gulungan plastik baru berukuran 35 cm x 5 m dengan sisa tersebut.

Gambar di atas adalah contoh plastik bekas baru-baru ini waktu saya menyampul komik yang baru saya beli. Jumlah segitu adalah bekas dari usaha menyampul empat belas buah komik dengan gulungan sampul plastik berukuran 45 cm x ± 6 m (gak habis, masih ada sisa sedikit gulungan).

Gambar di atas itu adalah contoh gulungan plastik sampulnya. Ukurannya gak sebesar itu, itu besar hanya karena saya kurang pandai dalam menggulungnya. 😳

Jadi…

Saya berharap ada sebuah alat daur ulang plastik untuk ukuran penggunaan rumah tangga. Alatnya sebesar printer aja lah, jangan besar-besar. Kita tinggal memasukkan plastik-plastik bekas ke dalam lubang masuk, tutup lubangnya (alatnya), aktifkan, dan tunggu prosesnya (entah berapa lama). Bagus kalau alat sudah digital, kita bisa memasukkan berapa panjang, lebar, dan ketebalan keluaran nanti. Lumayan kan, bisa buat nyampulin buku lagi. 😀

Coba lihat…

Foto kiri adalah foto rak buku dalam kamar saya. Komik-komik ada di rak kedua dari bawah. Itu dua lapis, jadi di belakangnya masih ada barisan komik. Foto kanan, karena keadaan rak buku yang tidak memungkinkan untuk menaruh dua tingkat komik, terpaksa sebagian koleksi untuk sementara saya taruh di lantai.

Bayangkan, plastik sebanyak hasil bekas sampulan komik-komik itu, sayang banget rasanya.

*

Kenapa pakai plastik? Udah tahu plastik susah diurai oleh alam, kok masih pakai?

Saya gak mau bohong (munafik, bahasa lainnya). Saya masih butuh plastik dalam hidup saya. 😐  Untuk ngangkut hasil belanjaan, sampai salah satunya untuk menyampul buku. Kalau mau plastik tidak digunakan lagi, ciptakan dong bahan pengganti plastik yang lebih ramah lingkungan. Ciptakan juga pengganti sampul plastik, yang bisa melindungi buku dari proses penuaan eksternal.  😦

Siapa yang mau menciptakan bahan baru itu?

Entahlah, ‘kan semua orang udah punya peran masing-masing… 🙂  Ada konsumen, ada produsen. Ada ilmuwan/penemu, ada pelajar/pengguna. (apaan sih gak nyambung :lol:)

*

Atau mungkin…. ada narablog sekalian yang pernah bisa mendaur ulang plastik sendiri di rumah? 😀

—————————————————————————————————————————————————————————–

Gambar hasil jepret sendiri. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.
Advertisements

180 Responses to “Andaikan Ada Alat Daur Ulang Plastik untuk Rumah Tangga…”


  1. 27 October 2010 at 00:11

    Wey PERTAMAX!!!

    Wah gagasan yang bagus tuh Sop… kalo dilihat dari pemikiranmu, alat yang sebesar printer itu kayaknya punya pemanas di dalamnya. Plastik yang dimasukkan, dilebur, kemudian dicetak lagi dengan ukuran dan ketebalan yang bisa disetting… printer banget…

    Btw koleksi bukumu luar biasa bgt Sop… Buka perpus bisa tuh… sekalian nambah penghasilan… taman bacaan buat anak2 tetangga… 🙂

    • 27 October 2010 at 06:40

      Akhirnya dapet Pertamax juga ya Mas Wahyu.. :mrgreen:

      Ups, seperti yg saya bilang di halaman perkenalan, saya sangat suka komik dan novel. 🙂 Dan saya pengen bikin satu ruang khusus nanti kalo udah punya rumah, untuk menaruh semua koleksi buku saya. 😉

    • 27 October 2010 at 16:48

      Oh iya OOT nih…

      Btw saya sedang cari donasi untuk korban merapi. infonya ada di sini http://lambertoes.wordpress.com/2010/10/27/kalau-merapi-bisa-ngomong/ Terima kasih sebelumnya.

  2. 27 October 2010 at 00:27

    Saya baca komiknya daring, jadi ndak perlu plastik, kecuali langganan ROTL :D.

    • 27 October 2010 at 06:44

      Disusul Mas Cahya pada keduax. 😀

      ROTL kuwi opo to Mas? :mrgreen:

      • 27 October 2010 at 07:10

        Ruler of the Land :D.

        • 27 October 2010 at 12:12

          Oalaaaaah… 😀

  3. 27 October 2010 at 00:27

    (Maaf) izin mengamankan KEDUAX dulu. Boleh, kan?!
    Wah kalau yang sekecil itu keknya belum pernah dengar. Iya, ya. Kok gak ada yang kepikiran membuat alat daur ulang plastik untuk konsumsi rumah tangga.

    • 27 October 2010 at 06:44

      Saya sangat berharap sekali ada alat itu…

  4. 27 October 2010 at 02:55

    Wuahh.. pasti banayk duitnya nih.. Belanjanya komik teruss.. 🙂

    • 27 October 2010 at 06:31

      Kalo udah hobi duit urusan kesekian. 😆

  5. 27 October 2010 at 03:07

    Semoga doa-nya didengar oleh penemu-penemu diluar sana :)).

    • 27 October 2010 at 06:45

      Amin! ^__^

  6. 27 October 2010 at 05:12

    Tapi sepertinya sudah ada yang menggunakan plastik yg bisa terurai 😀

    • 27 October 2010 at 06:46

      Kualitasnya sebanding gak ama plastik yg sekarang? Harganya? Yang saya inginkan plastik bening untuk sampul macam ini, bukan plastik kresek.

      • 1 November 2010 at 01:45

        saya udah pernah pakai plastik yang terurai. engga beda jauh dengan biasanya tapi hanya bahannya yang agak lembut. kenapa engga di kasih ide ini ke yang ahli siapa tahu ada investor dan pengembang yang bantu.

        bukunya banyak amat, saya juga pengen punya rak buku tapi belum kesampaian engga ada tempat

  7. 27 October 2010 at 06:10

    Selamat pagi sahabat tercinta
    Saya datang untuk mengokoh-kuatkan tali silaturahmi sambil menyerap ilmu yang bermanfaat. Teriring doa semoga kesehatan,kesejahteraan,kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa tercurahkan kepada anda .
    Semoga pula hari ini lebih baik dari kemarin.Amin

    Saya juga menyampaikan kabar gembira bahwa sahabat mendapatkan tali asih dari manajamen BlogCamp Group atas partisipasi anda pada acara Kuis Weekend Berseri. Silahkan cek http://abdulcholik.com/2010/10/27/putri-rizkia-membawa-rejeki

    Terima kasih
    Salam hangat dari Posko BlogCamp di Jombang

  8. 27 October 2010 at 06:16

    Wow koleksi bukunya banyak banget.

    • 27 October 2010 at 06:45

      Itu belum digabung ama yang ada di Surabaya… 😳

  9. 20 genksukasuka
    27 October 2010 at 08:27

    itu buku semua mas?
    apa ga pusing tuh mbacanya he.. 🙂 ,

    • 27 October 2010 at 12:12

      Ya biar gak pusing jangan barengan dibacanya.

  10. 27 October 2010 at 08:40

    ternyata Asop kutu buku juga ya
    kutu komik 🙂

    • 27 October 2010 at 10:31

      😆

    • 27 October 2010 at 12:12

      Oh benar sekali itu.

  11. 27 October 2010 at 09:14

    Wow kita sama!!! gw juga selalu ngebungkus buku dgn plastik walaupun itu buku bekas…kesannya lebih rapi dan bagus. Ga ada buku yg boleh dibaca sebelum disampul.

    Setuju bgt dgn perandai2an ini. Untuk plastik belanja gw dah jarang pake, tiap beli apa2 yg bisa masuk tas, selalu bilang ‘ga usah diplastikin mba’. Kalo belanja lg banyak, pake tas daur ulang ala punyanya Carefour.

    Tapi…untuk plastik2 kecil2 potongan sisa nyampul emang paling susah menanggulanginya 😦

    • 27 October 2010 at 12:13

      Samaaaaaaaaaaaa saya juga gitu, kalo belum disampul, gak boleh dibacaaaa!

  12. 27 October 2010 at 09:45

    nabungnya nabung buku +komik 😀
    bisa dipake buat warisan itu,

    yang ada sepertinya cuman alat seperti panghancur kertas, yang outputnya bisa dicustomisasi belum nemu 😦

    • 27 October 2010 at 12:14

      Nah, Tituchio mau bikinin alatnya?

  13. 27 October 2010 at 09:46

    alat daur seperti yang diharapkan misal sebesar printer bisa saja di buat, tentunya dengan memanfaatkan teknologi kimi. alat yang sebesar printer cuma buat tempat doank heheheheheh

  14. 30 Elvandro Rahaditya
    27 October 2010 at 10:41

    waooowww…
    ternyata kumpulan buku di kosanmu itu kalo ditata rapi jadi sebanyak itu yah??

    kalo aq sih, males nyampulin…toh bukunya juga jarang yang ori 🙂
    kalo komik? entah kenapa lebih males nyampulinnya ahaha…
    eh, emang toga mas gak nyediain kounter nyampulin pa Sop?
    soalnya seingatq di toga mas jogja bisa langsung disampulin…cuma tambah berapa ratus gitu…(sekitar 3-4 tahun lalu)

    • 27 October 2010 at 12:16

      Aku gak suka cara nyampulnya Togamas… 😡
      Aku lebih suka nyampul sendiri, Ndro.

      • 27 October 2010 at 15:46

        togamas geratis kalo sampul plastik.. 😛
        ada apa gerangan hingga cara togamas menyampul tidak anda sukai mas asop… ❓
        memang enak nyampul sendiri..puas.. 😎
        namun sampah plastik ternyata tidak ramah lingkungan..butuh sekitar 300 tahun untuk terurai secara alami 😯

        • 27 October 2010 at 17:04

          Iya, emang gratis. :mrgreen:
          Biasanya sampulan mereka kurang “rapet”. Sampul gampang lepas. 😆

          Iya, saya tahu perihal plastik itu, makanya temukan pengganti plastik yang ramah lingkungan dan reliable alias bisa diandalkan. 🙂

  15. 27 October 2010 at 11:07

    haha…aku aja bingung, plastik sampah di rumah udah banyak…hehe

  16. 35 InVinciBle TeTik
    27 October 2010 at 11:20

    wah kita banyak tugas nya sebagai generasi intelektual muda, sepertinya kita yang harus pikirkan masalah itu semua 😦

  17. 27 October 2010 at 11:33

    Yeyyyyyyyyy.. jangan cuma nungguin dong, ciptain sendiri dong alat itu, katanya situ anak tehnik, wekekekek…. 😛

    *saya sih nunggu aja deh* haiyah sama aja… 🙂

    • 27 October 2010 at 12:17

      Oke, ide saya punya, sini mana anak Teknik Mesin-nya..

  18. 27 October 2010 at 11:37

    Wuahh itu koleksi buku banyak banget, buku semua tuh? hehe.Asik ya bikin betah sendiri tuh :D, hebat euy salut.

    Coba aja atuh mas asop bikin alat daur ulang plastik, pasti bermanfaat tuh dan siapa tau bisa jadi milyuner tuh dari alat itu, hehe, amin..

    • 27 October 2010 at 12:19

      Monggo silakan mungkin anak Teknik Mesin berminat membuatnya. 😀

  19. 27 October 2010 at 11:56

    itulah teori kekuatan pasar..ada supply ya..ada demand….:)

  20. 27 October 2010 at 12:49

    wah ngiri banget dengan rak bukunya 🙂 soal plastik belanjaan emang jadi masalah, tp sebenarnya ada solusi, misalnya klo belanja bawa tas sendiri, klo beli makanan bawa tempat sendiri dari rumah, tp ribet ya.

    • 27 October 2010 at 17:01

      Yang saya bingung adalah, gimana kalo belanjaan kita buanyak banget, apa ada kantong yang cukup besar untuk menampungnya? ❓

  21. 27 October 2010 at 13:43

    koleksi komiknya bejibun yaa sop,, sambil nunggu alatnya ada, bekas plastiknya dibuat cendramata buat yang main ke kosan aja sop,, jadi asbak, gantungan kunci,, 😀

    • 27 October 2010 at 17:01

      Wah, tapi saya gak telaten ngebuat kerajinan… 😳

  22. 27 October 2010 at 13:51

    Saya juga suka nyampulin buku begitu meskpipun koleksi buku saya nggak sampek 1/10 nya buku mas Asop. (Gile bener segitu banyak komik dan novel mulu).

    Kalo “sampah” plastik punyaku langsung saya kumpulin bersama barang bekas lain terus BAKARRRRRR……. Selain hobi baca juga hobi bakar2, hehehe…..

    • 27 October 2010 at 17:01

      Jangan heran dulu, ini biasa aja… :mrgreen:

  23. 27 October 2010 at 14:23

    wah masih nyambung dengan tulisan di blog saya nieh
    memang susah sih utk tidak menggunakan sampul plastik,
    saya pun masih pake itu, hehehe

    boleh juga tuh ide kamu,
    mudah2an ada yg bisa merealisasikannya
    sangat membantu utk menghijaukan bumi

    btw, dengan koleksi komik sebanyak itu,
    terpikir utk buka usaha rental komik?
    atau jangan2 emang usaha itu ya?
    hehehehhe

    • 27 October 2010 at 17:02

      Nggak, itu semua untuk koleksi pribadi. 🙂
      Saya pengennya menurunkan itu semua untuk keturunan saya nanti. 😉

  24. 27 October 2010 at 19:28

    kalau saya suka membakarnya… memang perlu dipikirkan bagaimana caranya mendaur ulang sampah plastik, biar nggak mubadzir.. 😀
    suka baca komik ya mas… komik tentang anak yang jago masak juga ada ya.. (born to cook)
    terimakasih

    • 28 October 2010 at 12:20

      Yap, saya suka komik tentang masak. 😀

      Master Cooking Boy aja saya punya lengkap. :mrgreen:

  25. 27 October 2010 at 21:02

    Setuju banget ma idenya kang asop.
    btw, kang koleksi buku kang Asop banyak cekali ya 😆

  26. 27 October 2010 at 22:24

    Kenapa terfikirnya bentuk printer ya?
    iya biasanya emang dibakar bakarin aja.
    Komiknya dewa sebaris, belum yang di luar luar. yang dipinjemin ke orang yang kena iler dan lain lain.

    • 28 October 2010 at 12:20

      Wah, untuk komik punya saya, gak saya pinjemkan ke luar. Gak boleh keluar rumah! ^__^

  27. 27 October 2010 at 22:34

    gagasan yang menarik tuch!
    so, kenapa ga kamu aja yang coba bikin mesin daur ulangnya?
    so pasti laku dipasaran tuch 😀 hehehe

  28. 27 October 2010 at 23:08

    saya tunggu yah dr Mas Pebri
    launching alat pendaur ulang plastiknya
    pokonya saya tunggu *maksaaaaa* 😀

    • 28 October 2010 at 12:19

      Saya juga nungguin itu alat. 😀

  29. 28 October 2010 at 01:32

    seperti pustaka komik aja rak mas Asop…

    kalo ada daur ulang plastik saya setuju banget, sayang kan sampul plastik dari buku, komik atau majalah hanya berserekan dtong sampah…
    semoga 5 tahun lagi itu terjadi
    amien

    • 28 October 2010 at 12:18

      Amin!

  30. 28 October 2010 at 08:16

    wah… daur ulang plastik kyke belum ada..

    tapi saya siap menerima gusuran komiknya nih kalau sudah bosan hehe
    (mau nya ya…)

    🙂

    • 28 October 2010 at 12:17

      Eits, bisa dibilang itu harta duniawi saya.

  31. 28 October 2010 at 09:16

    aku yakin ada.
    kan udah janji Allah.
    sesungguhnya manusia mengetahui melainkan hanya sedikit sekali.

  32. 62 leegundi
    28 October 2010 at 09:35

    semoga dengn ada alat daur plastik, keadaan lingkungan semakin membaik dan pemanfaatanny dilakukan secara maksimal,,,,
    🙂

    dan khn sudah ada plastik yang mudah terurai…
    semoga cepat berkembang yah teknologi yang ramah lingkungan…

    • 28 October 2010 at 12:17

      Amin, moga cepet ditemukan pengganti sampul plastik yang lebih ramah lingkungan. 🙂

  33. 28 October 2010 at 09:35

    Saya sukaaaaa

    Suka koleksi bukunya, he he he

    Mas Asop sampul aja pake kertas, takut g kelihatan judulnya?pilih kertas yang dibuat layang2 atau roti itu (lupa namanya, bunda yg tahu) jadi agak transparan tapi g mudah sobek….

    Saran saya sebagai orang yang juga berusaha mencintai alam, meski gak bisa dipungkiri boros pake tissue, hiks hiks..

    • 28 October 2010 at 12:16

      Nah, kalo kertas nanti mudah sobek dong…

      Ah, saya kalo pilek juga pake tisu kok..

  34. 28 October 2010 at 10:06

    kan udah ada plastik ramah lingkungan yang bisa terurai mas, hehehe, itu tuh, yang dipake buat kresek indom***t 😀 tapi ada gak ya yang buat bikin sampul juga??

  35. 28 October 2010 at 10:07

    huwaaaa….Bang Asop keren banget koleksi bukunya…bejibun!!!
    jadi pengen mampir nih… hohoho…

    hmm,,setuju deh buat ide mesin daur ulangnya…hehe..
    idem…idem… 😛

    • 28 October 2010 at 12:15

      Hehe, jadi malu…

      *ngapain maluuu!* 😛

  36. 28 October 2010 at 10:30

    wah banyak banget komikny kang.. 🙂
    tpi bner jg, klu ada alat daur untuk rumah tangga emang lbih simple, dan bnyak skali psti manfaatny… jdi kepikiran jg dg alat daur ulang seukuran printer.. 😀

    • 28 October 2010 at 12:14

      Ayo bikinin ya…. 😀

  37. 28 October 2010 at 12:22

    wah….komiknya Asop banyak…
    pinjemmm dungggg… ^^

    • 28 October 2010 at 17:00

      Eits, datanglah ke rumah saya, gak boleh dibawa ke luar rumah… 🙄

  38. 28 October 2010 at 12:44

    selagi menunggu si alat diciptakan, mungkin lo bisa ubah cara lo nyampul buku jadi sisa plastiknya bisa dikurangi ato bahkan dihilangkan Sop 🙂

    mas2/mbak2 di rumahbuku hebat loh, kalo nyampul pake gulungan plastik kayak lo itu ga pernah ada sampahnya 🙂

    • 28 October 2010 at 16:58

      Serius?? Rumahbuku seberang Togamas yang di jl. Supratman itu?? 😯

      Ah, gue jarang ke sana jadi ga tahu nih.. 😦

    • 28 October 2010 at 17:03

      Eh bener dah gue penasaran, gimana cara nyampul buku TANPA sisa??? 🙄

      Di Togamas aja kalo lagi banyak yang minta sampul sampahnya bejibun…. 😐

  39. 28 October 2010 at 14:07

    wah, iya ya. kok sisa sampulnya banyak 😆 dijual ke pemulung plastik, kan ada 😀

  40. 77 Usup Supriyadi
    28 October 2010 at 17:09

    buset dah. itu banyakan komik ya? hahahhahha

    saya di rumah nggak punya komik, pernah ada itu hasil pinjaman….

    iya juga ya, kalau ada alat begjitu pasti jadi kita juga semakin peduli dengan lingkungan….

  41. 28 October 2010 at 19:52

    saat ini,masih yg tersedia untuk daur ulang massal plastik,dan itu pun jarang dan mahal. klo utk rumah tangga,ini bisa menjadi topik penelitian yg bagus di kampus2,nha kn sampean di itb tuh,pasti banyak orang pinter dan cerdas yg bisa 🙂

    • 29 October 2010 at 06:36

      Tenang, gak cuman dari ITB, ITS juga banyak kok yang bisa bikin gini… 😀

      • 29 October 2010 at 10:13

        ya udah,ditunggu hasil bikinanya di pasaran deh,jangan cuma bisa “bikin” ga bisa “jual” ups 🙂

      • 29 October 2010 at 21:02

        Tinggal merketing-nya aja gimana, Mas. 😀

  42. 28 October 2010 at 20:18

    whew, koleksinya banyak =D
    saya juga hobinya ngumpulin komik dan buku, sampai-sampai di kamar saya dan adek saya di rumah isinya buku semua, nyebar sampai ruang makan, dan di kamar kos juga sama sekarang =)) one of the biggest dream mau bikin perpustakaan sendiri =p

    yup, kalau nggak disampul sayang bukunya :’-( kalau pas lagi beli di togamas biasanya minta sampulin langsung, tapi kalau di luar itu nyampul sendiri, dan sisa plastiknya emang sayang, apalagi biasanya sisa terakhir dari gulungan gede yang udah ga muat dipake nyampul apa2 lagi 😦

    loh, kok saya malah nulis blog sendiri di sinih? =))
    *mengendap kabur*

    • 29 October 2010 at 06:33

      Hiyaaaaaaaaaaa kita samaaaaa pengen punya perpustakaan sendiri!! 😳 😳

      Bener benerrrr, rasanya kalo buku gak disampul itu eman banget… Terkecuali buku hard cover, itu gak saya sampul. 😉

  43. 28 October 2010 at 20:47

    Waduh itu komik koleksi yah ? Banyak banget mas.

    • 29 October 2010 at 06:35

      Memang udah hobi saya kok… 🙂

  44. 28 October 2010 at 21:24

    platsik adalah penemuan paling bermanfaat sekaligus paling berbahaya

    buah simalakama

    bukumu banyak juga ya..
    kalah saingan aku nih

    cuman aq (seingatku) g punya buku komik sama sekali
    😀

  45. 28 October 2010 at 22:32

    wow sob, banyak banget koleksi komiknya. saya minta dunk, yang eyeshield hehehe

    kayaknya lum ada daur ulang plastik. stauku ada palstik yang bisa larut di tanah. kayak tas plastik dari indomar*t

    • 29 October 2010 at 06:36

      Jangaaaaaaan Eyeshield!! 😀 😀
      Itu paporit sayaaaaa! 😆

  46. 28 October 2010 at 22:34

    Sop, tolong dong novel2ku disampulin juga, hehe… (malah nambah2in sampah) 😀
    Sepertinya bakalan keren juga kalo ada alat kek gituan, praktis dan hemat 😀

  47. 90 Sang Penjelajah Malam
    29 October 2010 at 07:14

    salam…

    • 29 October 2010 at 20:59

      Gini doang??

  48. 29 October 2010 at 07:43

    Wooooohhh…. buku-bukunya buanyak sekaliii…. Nyampul sendiri? Wah, tekunnya….

    Kalau misalkan potongan-potongan plastik itu disambung-sambung sendiri (manual) pakai isolasi transparan hingga menjadi satu lembar plastik sampul gimana? jelek, ya? hehe…. 🙂

    • 29 October 2010 at 21:00

      Jeleeeeeek!

  49. 29 October 2010 at 09:19

    wah..ide briliant tuh..tapi,sy jadi ingat plastik2 bekas bungkus ikan di tempat saya 🙂 dulu saya suka breeding ikan hias, duh buat apaan yah.. 😀 buat sampul juga gak munkin 🙂

  50. 29 October 2010 at 10:30

    waduhhh komiknya banyak sekali mas.. kapan2 saya blh pinjem ya mas..

    memang kita perlu alat daur ulang mas.. biar smua bs dipakai kembali

    • 29 October 2010 at 21:03

      Daur ulang itu wajib.

  51. 29 October 2010 at 10:32

    seaindainya doraemon memang benar² ada mas 😀

    • 29 October 2010 at 21:03

      Saya juga mau.

  52. 29 October 2010 at 11:55

    boleh jg idenya..pasti ada kok,jangan dibakarin terus.
    polusi udara…

    • 29 October 2010 at 21:08

      Saya juga ga tahan ama bau asapnya…

  53. 29 October 2010 at 12:27

    ayo dik mahasiswa itb, ciptakan alat itu…
    Konon mahasiswa ugm udah membuat plastik ramah lingkungan ya??

    Btw, komikmu akeh tenan e dik…

    • 29 October 2010 at 21:09

      Soal plastik ramah lingkungan itu lain soal. Yang penting ada alat untuk mendaur ulangnya dalam ukuran rumah tangga.

  54. 29 October 2010 at 12:48

    wew,, kreatif banget deh 😀
    btw minta komiknya dooonk 😀

    • 29 October 2010 at 21:09

      Eits, bukan untuk diminta. 😀

  55. 29 October 2010 at 13:20

    coba .. ada daur ulan plastik jadi uang..
    kan enak.. hahaha..

    • 29 October 2010 at 21:09

      Ah mau enaknya aja dalam hidup.

  56. 29 October 2010 at 14:44

    ya amplop! itu rak buku isine komik semua.. gue kira anak IB raknya berisi jurnal 😀

    mengenai alat daur ulang platik kayak yg elu mention .. gue gak tahu apa alatnya ada atau belon.. tapi untuk plastik ramah lingkungan kayaknya udah ada. namanya plastik oxium. dia bisa terurai dalam waktu 2 tahun dan kabarnya retail2 gede mendukung penggunaan jenis platik ini. coba cek disini bro:

    http://sains.kompas.com/read/2010/08/31/22493110/Plastik.Oxium.Terurai.dalam.Dua.Tahun-5

    • 29 October 2010 at 21:11

      Soal plastik ramah lingkungan itu lain soal. Itu saya udah tahu. Circle K ama Giant udah make itu (menurut tulisan yang tertera di kantong plastiknya).

      Yang penting, saya pengen alatnya itu lho. 🙂

  57. 29 October 2010 at 14:46

    oh ya satu lagi .. ada ecoplas, platik terbuat dari singkong.
    http://xpresiriau.com/info-berita/kantong-plastik-dari-singkong/

  58. 29 October 2010 at 16:07

    lama tak berkunjung..hehehehe
    banyak jg yah komiknya..ckckck
    jadiin perpustakaan aja, daripada nganggur di rumah..hehehe 😀

    • 29 October 2010 at 16:08

      eeh iyaa, komennya ga nyambung sm penggunaan plastik..hehehe maap 😀

    • 29 October 2010 at 21:15

      Ooooh jelas itu, itu cita2 saya, sesuai dengan yang tertera di laman “Tentang Saia…“, saya pengen punya satu ruangan khusus untuk naruh buku2 nanti kalo udah punya rumah sendiri.

      • 30 October 2010 at 19:30

        siiiiiiiiiipppp..di doain, sop
        supaya bs terwujud..amiiiiiinnn 🙂

      • 31 October 2010 at 14:34

        Alhamdulillah, amiiin, makasih doanya… 😳

    • 1 November 2010 at 16:58

      asooooppp
      tukeran link doooonnggg
      *gw baru tau gmn caranya tukeran link..hahahahahahahahaha gaptek 😀
      baru yg punya lo doang, bwt yg laen2 ntr abis ujian 😀
      *yg punya lo bwt percobaan 😀

      • 1 November 2010 at 17:35

        Monggo, ayo kita tukeran link! ^__^

  59. 29 October 2010 at 17:16

    nice post.. aku juga ingin begitu, ada alat daur ulang untuk mengurangi masa penuaan bumi. :mrgreen:

    • 29 October 2010 at 17:25

      oh ya, mas asop dapet award, silahkan di ambil.
      trs di lanjutkan lg ya..! :mrgreen:

      • 29 October 2010 at 21:20

        Iya, udah pernah dapet. 🙂

        Dan lagi, apanya yang di lanjutkan? Apakah ada sesuatu di sebuah tempat yang namanya “lanjutkan”?

        ,…
        ….

        ….

        Oooh maksudnya “dilanjutkan”? Jangan lupa, harus disambung lho, kalo kata kerja. 👿

        Apanya yang dilanjutkan?? ❓

      • 30 October 2010 at 14:49

        di terusin ke sapa awardnya gitu..,, 😀

        • 31 October 2010 at 14:33

          Tenang, saya udah pernah dapet award itu dan udah saya pajang di sini. Udah saya bagikan juga. 🙂

  60. 29 October 2010 at 17:22

    betul banget, saya juga suka novel sama komik dan kalau nyampul buku2 itu pasti sisanya banyak dan gak kepake. bener bener butuh alat daur ulang plastik hehe 😀

  61. 29 October 2010 at 18:00

    wah keren juga tuh hahaha… ini mungkin banget loh sop direalisasikan.. tinggal cari anak kampus kamu jurusan teknik: elektro kimia mesin bisa jadi deh.. ya gak sih? :))
    ntar coba ajuin idenya ke pimnas atau imagine cup hahaha sapa tau tembus..

    btw kalo emang mau hemat plastik, buat ngebungkus buku2 kuliah yang covernya gak terlalu oke atau buku tulis gitu, kamu coba bungkusin pake plastik kresek bekas aja sop ;p
    lumayan loh 😀

    • 29 October 2010 at 21:23

      Huwaaaaaaa imagine cup….. 😳 Itu di luar perkiraan saya…

      Nah, tapi, karena pake kresek, kalo tergesek-gesek gitu biasanya berisik bunyinya, “KRESEK KRESSEK” gitu… 😦

  62. 29 October 2010 at 21:03

    Diantara sekian banyak koleksi ada cersil nggal Sop? Kho Ping Hoo misalnya?

    Sampul buku menurut saya memang lebih baik menggunakan plastik, lebih awet. Kalau daur ulang, mungkin sudah ada alatnya, cuma nggak ada di Indonesia 😦

  63. 29 October 2010 at 21:31

    *ngiri liat banyaknya buku disitu* X_x

    ada plastik dari lidah buaya, ama dari jagung juga. mungkin setelah selesai dipake bisa didaur ulang dengan cara dicuci bersih lalu dimasak? XD

    • 30 October 2010 at 08:33

      Dimasak?? apa selanjutnya dimakan?? 😀

  64. 30 October 2010 at 00:33

    wah, banyak bener bukunya mas!
    Tapi komik yang uda di baca habis, masi di baca lagi ga ya? sayang banget tuh…

    • 30 October 2010 at 08:35

      Kalo saya lagi bosen dan pengen baca lagi, ya saya baca, Mas. 😀

      Kenapa sayang? Justru yang “sayang” itu kalo habis kita beli, kita baca, terus kita kasih ke orang lain. Itu baru “sayang” alias eman. 😡

      • 30 October 2010 at 09:31

        hihi…
        betul juga mas, 😀

  65. 30 October 2010 at 05:19

    saya nunggu produknya kang asop ah,,
    pendaur ulang plastik.. hehe…

    sejauh ini yang bisa saya lakukan hanya mereduksi pemakaian dan penyampahan :mrgreen:

  66. 30 October 2010 at 09:11

    ngeri koleksi buku nya..pantas banyak menulis 🙂

    • 31 October 2010 at 14:30

      Ide bisa dapet dari mana aja kok, Mas Roma.. 😳

  67. 30 October 2010 at 09:31

    plastik memang masalah, tapi misal nyampulin pake daun susah juga ya sop.. 😀

    • 31 October 2010 at 14:30

      Jelek lah! 😛

  68. 30 October 2010 at 16:12

    Kunjungan sore 🙂

    nice dah :mrgreen:

  69. 137 rosenrain
    30 October 2010 at 16:18

    iya, sy juga membutuhkan alat itu..
    sayang sekali sisa2 plastik dibuang..

    kira2 ada pengganti plastik tdk ya utk sampul buku?

  70. 30 October 2010 at 17:10

    bukuku udah nggak disampul plastik lagi, krn setelah bertahun2 ada bekas kekuningan di kertas halaman pertama dan terakhir, menurutku ganggu banget deh, buku jadi keliatan kotor terutama yg kertasnya jenis kertas koran

    • 31 October 2010 at 14:32

      Oh ya? Saya malah merasa kalo gak disampulin malah cepet rusak tuh buku.. 😦

  71. 30 October 2010 at 19:39

    wah rajin banget menyampuli benda2 sebanyak itu…… mantabs gan……… alat kyk gitu mungkin doraemon punya…… mending dikumpulkan saja, lalu buakar……. 😀
    semoga ada sampul versi spray, jadi gak banyak buang2 plastik…….

    • 31 October 2010 at 14:34

      Versi spray?? Semprotan ya? Yang saya tahu itu untuk pakaian manusia. 😆

      Iya dong, demi merawat sesuatu supaya tetap awet bagusnya ya butuh pengorbanan, memang harus tekun nyampulin. 😉

  72. 30 October 2010 at 21:55

    kalau daur ulang belum ada, tapi kalau dimanfaatkan jadi yang lain bisa, cuma harus kreatif dan telaten …

    • 31 October 2010 at 14:36

      Nah, saya tetap mengharapkan alat daur ulang itu. 😛

  73. 31 October 2010 at 02:05

    kunjungan malam sob,
    giliran ronda nich 😀 hehehe

    • 31 October 2010 at 14:37

      Jangan dipaksakan ya, nanti masuk angin… 😀

  74. 31 October 2010 at 12:29

    kalo saya, tutup pabrik plastik dan ganti dengan pabrik daur ulang plastik

    • 31 October 2010 at 14:43

      Eh, punya pabrik? 😀

  75. 31 October 2010 at 12:38

    salam kenal. terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.
    benar juga, saya sadar kalau kita juga harus stop global warming dengan meminimalisir penggunaan plastik, tapi…kok saya masih butuh plastik…

    • 31 October 2010 at 14:46

      Salam kenal juga. 🙂

      Blogwalking udah biasa kok… 😳

      Iya, plastik rasanya masih dibutuhkan… 😦

  76. 31 October 2010 at 13:46

    Jawabannya ada disini bung… :

    http://pinasthika.com/miscellaneous/34-plastik–minyak

    • 31 October 2010 at 14:26

      Wow, benar, ada ya ternyata alat itu. 😀
      Tapi, seperti yang saya katakan di tulisan di atas, yang saya mau supaya bisa jadi plastik kembali, bukan jadi minyak. 😆

  77. 31 October 2010 at 18:26

    wah kalo ada alat ini sy juga mau om…mau sy pake buat mempercantik taman gentong buatanku..hihih

  78. 31 October 2010 at 21:18

    makin hari kok rasanya makin panjang ajah komen di blog nya asop ini…
    *komen OOT*
    hahahhaa.

    beli komik atau novelnya di Jogja ajah, di sini ada toko buku yang menyediakan sampul gratis buat tiap buku yang dibeli. dengan begitu, kan bisa mengurangi sampah plastik mu sop, si plastik sisa pasti akan jadi sesuatu bagi si toko buku
    *komen agak sok tahu sedikit*

    • 2 November 2010 at 07:40

      Jiaaaah kalo ternyata sampah bekas nyampul itu dibuang, sama aja bohong dong… 😆

  79. 1 November 2010 at 12:16

    komiknya banyak bangeeeeetttt mau donggg…

    *komen yg ga nyambung sama inti*

    • 2 November 2010 at 07:14

      Eits, tidak untuk dijualllll.. 😆

  80. 2 November 2010 at 07:40

    betewe, yang disorotin bukan cuma bentuknya yang ga terlalu gede, tapi juga harganya jangan terlalu mahal, kalo mahal sama aja boong donk! 😀

    • 2 November 2010 at 07:42

      Tenang, itu tinggal pinter2nya aja si insiyur pembuat dalam menjualnya. 🙂

      Jadi insinyur emang harus pinter marketing juga. 😀

  81. 2 November 2010 at 07:45

    waaaaaaaaaaaaaaaaaaawwwww………
    aku suka dengan kamar yang banyak bukunya.
    boleh saya beli kamar + isinya? ^_^

  82. 2 November 2010 at 20:38

    wealaaah komiknya.. 😯
    telaten sekali Mas Asop ini 😀

    • 3 November 2010 at 15:34

      Iya dong, untuk merawat barang koleksi memang dibutuhkan pengorbanan waktu dan uang. 😉

  83. 2 November 2010 at 23:31

    sy pernah nyampul buku dengan plester (plakban) bening transparan…
    BTW, koleksi bukunya lumayan juga Mas..apalagi komiknya.. 🙂

    • 3 November 2010 at 15:35

      Haaah? Serius Bli pernah nyampul kayak gitu?? 😀 Langsung pake plester bening tanpa plastik?? 😆 Gak bisa ngebayangin gimana caranya…

  84. 3 November 2010 at 10:56

    saya juga masih butuh plastik dalam kehidupan sehari2
    tapi untuk saat in saya blom pernah nyobain ngedaur ulang plastik

    • 3 November 2010 at 15:40

      Cobain dong… 😆

  85. 3 November 2010 at 12:23

    aahhh… pernah kepikiran hal yg sama juga… kebetulan saya juga suka koleksi buku dan nyampulin buku2 itu… tapi sisa plastiknya ga pernah saya kumpulin sih… langsung buang2 aja… 😀

  86. 4 November 2010 at 16:34

    wah koleksix banyak bgt…bs buat perpust…

    • 4 November 2010 at 18:47

      Memang itu cita2 saya. 😆

  87. 4 November 2010 at 16:38

    tungu aja ntar lagi pasti ada tuh,….

  88. 6 November 2010 at 11:24

    Kalau ada aku pun mau, apalagi punya toko sendiri, banyak yang nganggur, mulai plastik, kertas, karton dll.

  89. 8 November 2010 at 21:05

    ehehehe 😀 rajin amat mas ngoleksi komiknya.. sampe banyak gitu ckckc..bagus sih kalao diplastikin jadi rapi..tapi efeknya ya jadi banyak sisa platik y ^^

  90. 9 November 2010 at 17:35

    kak febri tinggalnya dimana?? aduh naksir itu sama koleksinyaaaaaaa..
    salut, anak laki-laki tapi rapi banget 🙂

    • 9 November 2010 at 18:40

      Saya udah pasti di Bandung doong… 😳

      Ups… kamu belum lihat kamar saya aja… 😆 😆

  91. 12 November 2010 at 20:51

    Pasti seorang genius pecinta lingkungan sedang berpikir keras di luar sana…yang pasti bukan saya! :mrgreen:

    • 12 November 2010 at 21:32

      Semoga saja. 😉

  92. 21 November 2010 at 07:45

    ntar saya mencoba membuatnya mas,..he

    • 21 November 2010 at 22:31

      Asiiiiik semoga berhasil membuatnya yak! 😀

  93. 10 May 2011 at 02:08

    Mendaur ulang kantong kresek atau plastik bekas sampul buku tak perlu pakai alat yang rumit, apalagi harus beli. Alatnya cuma setrika dan kalkir (lebih bagus pakai kodaktris, bisa beli di toko alat sablon)

    caranya, susun beberapa lembar plastik (kalau kantong kresek potong dulu bagian ujungnya) di atas alas setrika (bisa seprei bekas) kemudian pada bagian paling atas tutup dengan kodaktris. Setelah itu setrika. Hasilnya, seluruh lembaran plastik menyatu, bisa lagi dipakai untuk sampul buku, dijahit jadi taplak meja, kantong belanja dsb.

    Catatan :
    1. gunakan setrika terbaik (harganya di atas Rp 200.000) kalau setrika murah hasilnya jelek.
    2. Lakukan eksperimen dalam menyetrika beberapa jenis plastik yang berbeda, hasilnya akan berbeda, misalnya setelah beberapa hari akan rekah kembali
    3. lakukan juga eksperimen dalam teknik menyetrika, kalau terlalu panas, kelamaan dan terlalu ditekan, hasilnya bisa pecah alias kurang bagus
    4. Gunakan kantong kresek yang dipotong-potong untuk membuat motif

    Teknik ini jika dikembangkan lebih lanjut bisa menjadi peluang bisnis yang bagus seperti yang telah saya lakukan.

    Inilah yang saya lakukan di Paguyuban Daur Ulang Kantong Plastik, namun saya menggunakan limbah kantong plastik tertentu yang dipilih. Hasilnya lebih bagus. Namun cara di atas minimal bisa mendaur ulang limbah kantong plastik untuk kepentingan sendiri.

    • 10 May 2011 at 13:04

      Whoooooaaaaaaa terima kasih banyaaaaak atas bantuan Mas Aseeep! 😀 😀 😀

  94. 2 June 2011 at 11:38

    Salah satu impian gw, bisa ada alat daur ulang macem2…
    Keep going!!!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 973 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: