04
Nov
10

Bangun Pagi dan Merapikan Kasur Adalah Hal Yang Sangat Penting

Pagi hari, atau subuh, adalah waktu yang sangat menyenangkan, menyegarkan, dan menentramkan. Menyenangkan, karena entah kenapa rasanya senang  bisa bangun pertama kali dibandingkan anggota keluarga yang lain. Menyegarkan, karena bisa menghirup udara segar di luar rumah. Menentramkan, karena rasanya begitu damai ketika menikmati dunia yang begitu sunyi, sepi, gak seperti waktu jam-jam sibuk.  🙂

Bangun pagi adalah hal yang sangat penting

Menurut sumber ini, tidur lebih awal dan bangun lebih cepat akan membuat orang makin sehat (makanya saya gak suka begadang). Kok bisa? Pertama, alasannya adalah udara segar. Udara segar nan bersih di pagi hari bagus untuk otak. Otak akan bekerja dengan lebih baik. Jadi, habis bangun pagi jangan di dalam rumah aja, keluar sebentar menghirup udara segar barang lima atau sepuluh menit. Tapi ingat, lakukan itu sebelum matahari mulai nongol banyak, karena waktu sebelum itulah udara masih mengandung gas ozon yang baik untuk mencegah kerusakan paru-paru, memperlancar perederan darah, dan banyak lagi manfaatnya.

Kedua, setelah menghirup udara segar, nikmatilah cahaya matahari pagi. 🙂 Seperti yang telah kita pelajari di SMA (atau bahkan SMP), sinar matahari pas pagi hari dapat merangsang pembentukan vitamin D dalam tubuh, baik untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Inget juga, matahari pagi katanya sih gak mengandung sinar ultraviolet… 😉

Alasan ketiga kenapa bangun pagi itu sehat, karena waktu pagi hari adalah saatnya otak bekerja lebih optimal. 😮 Otak memproduksi hormon yang membuat daya ingat lebih tajam. Katanya sih, hormon yang entah apa namanya ini meningkatkan pengantaran asam amino dari darah ke otak. Hal inilah yang membuat sel-sel saraf di otak bisa menangkap informasi lebih cepat dan mtnyimpan lebih lama. Hooo… makanya waktu saya ngekos dulu, ngerjain tugas atau belajar pas habis sholat Tahajjud sangat efektif. 😳

Alasan keempat dan terakhir mengapa wajibnya bangun pagi, adalah suasana pagi hari (baca juga: subuh) yang tenang membuat mood lebih baik. Katanya, tubuh bakal melepas hormon endorfin yang membuat suasana hati lebih baik. 😳

Kalo saya, saya bersyukur sekali bisa bangun hanya dengan alarm hape. Memang saya termasuk orang yang mudah tidur dan mudah terbangun. Saya biasa memasang musik kesukaan saya, musik genre trance atau dance, sebagai bunyi alarm. Untuk alternatif, bisa  juga nyoba pasang lagu yang dibenci. 😛 Kalau masih gak bisa bangun, silakan minum banyak air putih setiap mau tidur. Saya jamin, pasti bakal bangun (entah jam berapa) karena pengen pipis. :mrgreen:

Merapikan kasur juga hal yang sangat penting

Nah, Tuhan memang Mahaadil. 🙂 Dibalik kelebihan-kelebihan bangun pagi, ternyata untuk menggapainya sulit (bahasa kerennya “butuh pengorbanan”). Saya yakin sebagian penduduk bumi ini merasa sulit untuk bangun pagi. Beruntunglah orang yang terbiasa bangun subuh, tak peduli jam berapapun ia tidur saat malamnya. 😀

Ketika sadar waktu bangun pertama kali, pasti kita merasa sangat ngantuk. Saking ngantuknya, kita malah tidur lagi, bukannya beranjak dari kasur. Ataupun jika berhasil bangun dan ke kamar mandi, pipis, ngambil air wudhu, terus sholat, kemungkinan besar bakalan tidur lagi ‘kan? 😀 Saya dulu pun begitu waktu masih ngekos, habis sholat subuh, saya pandangi kasur, “kok kelihatannya enak ya kalo saya tidur lagi,” pikir saya begitu. Akhirnya coba-coba mendekat ke arah kasur, coba tidur sebentar, malah terlelap selama satu jam. 😎

Tapi sekarang udah nggak lagi. Saya udah punya cara supaya saya bisa terus “sadar” waktu subuh. Begitu saya bangun, saya buang air dulu, tapi gak langsung wudhu. Saya balik dulu ke kamar, saya duduk sebentar di kursi (bukan di kasur) meja kerja untuk sekadar nyalakan komputer ato laptop. Habis itu, saya rapikan tempat tidur saya. Ini adalah bagian yang penting. 🙂 Karena kasur udah rapi, ketika memandang kasur, saya merasa, “sayang banget kalo ditidurin lagi, nanti berantakan lagi…” gitu pikir saya. Baru deh, setelah itu saya ngambil wudhu, baru sholat. ^__^

*

Itulah yang saya lakukan supaya bisa bangun subuh dan gak tergoda oleh empuknya kasur. 😆

Apa narablog sekalian punya kiat lain supaya sukses bangun subuh dan terhindar dari godaan kasur?

———————————————————————————————————————————————————————————

Gambar hasil jepret sendiri. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.
212 Responses to “Bangun Pagi dan Merapikan Kasur Adalah Hal Yang Sangat Penting”


  1. 4 November 2010 at 22:58

    kiat saya ya, ngidupin kompi 😆

    oh ya… emang sekarang nggak ngekos lagi ya?

    • 5 November 2010 at 07:39

      Hehe, sekarang saya ‘kan ngontrak… 😳

      • 5 November 2010 at 17:02

        oh..

      • 4 Usup Supriyadi
        11 November 2010 at 17:25

        itu dibalik selimut siapa? simpanannya yah? 😆

        • 11 November 2010 at 21:14

          Iya, simpanan guling. :mrgreen:

      • 16 June 2011 at 21:54

        LOL

  2. 4 November 2010 at 23:13

    Wah, keren tips cara bangun cepat ala mas Asop!
    Kalo saya orangnya suka musiman, kadang musim bangun cepat, terkadang juga lama,,,
    hihi,, 😀

  3. 4 November 2010 at 23:44

    khusus untuk belajar pagi hari abis tahajjud, susah deh … 😀
    eh … itu yang di dalam selimut sapa??? …

    Salam BURUNG HANTU

    • 5 November 2010 at 07:43

      Itu guling! 😀

  4. 5 November 2010 at 00:19

    Saya lebih suka terbuai dengan kasur jika ada waktu luang, sedikit berliur.. ha ha… :D.

    • 5 November 2010 at 07:43

      Uuups, saya gak ngiler lho… 😳

    • 12 Usup Supriyadi
      11 November 2010 at 17:27

      berliur… liur atas apa bawah 😆

      • 11 November 2010 at 21:14

        Lucuuuuu juga Kang Usup ini. 😆

  5. 5 November 2010 at 05:08

    iya bangun pagi emang menyehatkan dan menyegarkan… 🙂
    tapi kadang2 enak juga kalo bisa bangun siang2… 😀

    • 5 November 2010 at 07:43

      Benar! Tapi kalo saya sih rasanya kok ada yang kelewatan ya, kalo bangun siang… 😦 Rasanya di hati itu ada yang kosong, ada yang kelewatan… 😦

  6. 5 November 2010 at 05:14

    kalau saya keknya termasuk orang yang sulit tidur dan tambah sulit lagi saat bangun. 😆

    • 5 November 2010 at 07:42

      Nah, berarti Mas Ali termasuk yang menikmati tidur.

  7. 5 November 2010 at 05:33

    wah informasi yg berguna nih 😉
    Hmmm…kalo sy lagi ga kerja sih, abis sholat tidur lagi. Baru bangun kalo kedua kura2 sy heboh mondar mandir dalam kamar

    • 5 November 2010 at 07:42

      Eh eh eh, kura2nya dilepas aja gitu? 😀

  8. 5 November 2010 at 05:58

    wah, nampaknya perlu di coba nech, kita lihat apa tipsnya asop mampu menangkal Autumn Syndrome yang bikin males bangun dan males ngapa – ngapain itu

    • 5 November 2010 at 07:41

      Hehehe, tapi kalo emang orangnya cuek dan tegaan, kasur udah rapi kayaknya bakalan dilibas juga…

  9. 5 November 2010 at 06:45

    tips sederhana tapi mendalam…
    Ide kecil yg kadang bermakna besar…
    Semoga saya bisa seperti yg Mas Asop lakukan
    Salam

  10. 5 November 2010 at 07:43

    kalau dah punya istri
    dalam hal ini kan terbantu deh 😀

    • 5 November 2010 at 08:08

      Ehm ngabibita si akang euy 😛

    • 5 November 2010 at 10:13

      Hehehe, jangan bandingkan bujangan dengan yang udah beristri… 😆

    • 6 November 2010 at 09:28

      Hehehe, makanya ayo pada beristri 😀

      • 6 November 2010 at 15:38

        Amin! Secepatnya!

    • 28 Usup Supriyadi
      11 November 2010 at 17:29

      kang achoey sedang mempropaganda cepat nikah nih… hihihihi

  11. 5 November 2010 at 07:47

    saya sih sukanya tidur lagi sop, kecuali kalo memang mulai kemana-mananya dari pagi. Kalo begitu sih ya biasanya langsung beberes kamar/rumah aja sih 😀

    • 6 November 2010 at 15:07

      Tidur memang teramat nikmat. 🙂

  12. 5 November 2010 at 07:51

    wahhh ^^ bener juga y.. kalo kasurx udah rapi.. sayang bgt mau di tidurin lg hahhaa ^^ perlu di contoh nih 😀

    • 32 Usup Supriyadi
      11 November 2010 at 17:30

      kalau aku sih, justru niat yang rapih, pengen nidurin deh… 😆

      • 11 November 2010 at 21:12

        Kok aneh ya… 😛

  13. 5 November 2010 at 08:07

    Wow..hmm tuh kasur siapa yg rapihin tuh, bisa serapih itu, hehehe. Setuju sop bangun pagi itu banyak manfaat nya. Kata Bill Gates juga “aku bagaikan menggenggam emas ketika bangun/aktfivitas di pagi hari” (kira-kira gitu lah :P)

    Boleh atuh sekalian rapihin kasur yg dimari, eheheehe 😀

    • 5 November 2010 at 10:15

      Eits, itu kasur rapi perbuatan saya… 😆

      Hush, Mas Maminx rapihin sendiri yah. :mrgreen:

  14. 5 November 2010 at 08:09

    Ah setuju berat sama kamu Asop. Kalo saya, berhubung ga ada dipan alias tidur di kasur gulung, begitu bangun kasurnya langsung digulung. jadinya nggak ada yang ngerayu buat ngajak tidur lagi. hiiii….

    Nyalain komputer… cara hebat buat nggak tidur lagi… nanti kepikirannya, kalo nyalain komputer tapi nggak ngapa2in, kan boros listrik… hohoho…

    Oh iya, btw kenapa tuh di alasan ketiga dan keempat ada emoticon :oops:-nya?

    • 6 November 2010 at 15:06

      Ah, itu cara saya, mungkin bisa diadaptasi orang lain, mungkin tidak. 😀

      Gak ada alasan apa2 kok Mas, dengan emoticon :oops:-nya.

  15. 5 November 2010 at 10:14

    ahahhahahhahahahaha…….boleh juga idenya mas asop….

    siap dicobaaa.. :mrgreen:

    • 6 November 2010 at 15:07

      Silakan!

  16. 5 November 2010 at 10:47

    saya juga selalu bangun pagi kecuali pas kesiangan 😆

    • 6 November 2010 at 15:07

      Artinya……..

  17. 5 November 2010 at 10:49

    dua tahun ngekos d kosan yang dulu sampe ke kontrakan skrg, ga pernah bisa lagi bangun subuh Sop…
    Karena pertama kali ngekos, saya udh nekad sekali bobo sampe siang… eh, kebiasaan sampe seterusnya
    makanya yg udah rajin, jangan dimales2in yak

    • 6 November 2010 at 15:08

      Bangun siang dan bangun pagi memang punya kenikmatan dan pengorbanannya masing2 ya…

  18. 5 November 2010 at 11:21

    kalo ngeliat kasur rapi malah jadi pengen tidur, beneran!!!
    sebaliknya kalo berantakan malah pengen beberes, jadinya ga tidur 😀

    • 5 November 2010 at 12:04

      iya, aku juga begitu

      • 6 November 2010 at 15:10

        Kok aneh ya…

  19. 5 November 2010 at 13:13

    kalo kiat sih gak ada ya, lha gimana mau tidur lagi, jam 05.55 kudu berangkat
    kalo tidur ya modar. Byuh byuh

    • 6 November 2010 at 15:10

      Luar biasa, bangun pagi sudah jadi keharusan ya Ded…

  20. 5 November 2010 at 14:11

    wah…”
    (sebenernya gw malu mo koment, abisnya beda banget ama keseharian gw, mana kamar gw, yang kasurnya udah kayak kandang kebo lagi)

    anu.. anu… kamu hebat yah… ( gw tengsin)

    • 6 November 2010 at 15:11

      Ini artinya gue lebih hebat dari elu?

  21. 5 November 2010 at 14:12

    wah ternyata gitu toh mas, bagus juga neh tipsnya 😀

  22. 5 November 2010 at 14:50

    Makasih Tips nya
    kadang sudah taujuga sih Tapi….
    Ha ha ha kalo dah kepepet ma tugas suka lupa deh 🙂

    • 6 November 2010 at 15:11

      Artinya jadi bangun kesiangan, Mbak?

  23. 5 November 2010 at 14:58

    bangun pagi-pagi, sholat terus kelur rumah dan jalan-jalan sambil menikmati udara pagi yang segar buat penyegaran otak 😀 tapi sayang ngak bisa tiap hari

    • 6 November 2010 at 15:12

      Nggak apa2 Mbak, yang penting dalam seminggu ada waktu untuk menikmati udara pagi. 😉

  24. 5 November 2010 at 15:36

    Hmmm pake alarm dua hape mas bos 😀
    Dibunyiinnya pas sama2 😆

    • 6 November 2010 at 15:14

      Hehe, saya juga pake dua hape, tapi bunyiinnya disetel beda waktu dong, biar kalo yang pertama gagal, masih dibangunin ama yang selanjutnya. 😀

  25. 58 yuwaku
    5 November 2010 at 16:28

    Tips yang berguna.. Kalo dikota2 besar mungkin “udara pagi udah terkontaminasi”…

    • 6 November 2010 at 15:14

      Makanya lari paginya jangan di jalan raya, di komplek perumahan ato di jogging track. 😀

  26. 5 November 2010 at 18:07

    Wuah Asop gwe sering begadang dan susah bangun pagi. Wuah bisa bisa daya ingat melemah tuh yah hihihi 😀

    • 6 November 2010 at 15:15

      Kalo keseringan sih kayaknya bisa bikin gitu… :mrgreen:
      Wah, begadang buat bikin thesis ya? Semangaaat! ^__^

      • 8 November 2010 at 10:36

        ho’oh nih buat bikin thesis *siiigh

        btw, Sop tadi malem nonton The Reds vs The Blues ga? mantaaaaaaaaaaaaaaap!! Torres is back! YNWA brader! 😉

        • 9 November 2010 at 06:20

          Hehehe, gue sendiri baru tahu paginya, dan meskipun gue gak nonton, gue bisa merasakan betapa bahagianya para Liverpudlian di seluruh dunia…. :mrgreen:
          Yang ngecetak gol si Torres lagi.. Momen kebangkitan nih. 😀

  27. 5 November 2010 at 19:41

    Iya samaa rasanya sayang kalo ditidurin lagi..
    Kasur yang berantakan lebih menggoda berarti dibanding kasur yang rapih..
    BTW itu hapee keknya banyak bangeet kekekkekekk

    • 6 November 2010 at 15:32

      Ehem… itu hape saya semua…

  28. 5 November 2010 at 22:24

    kalo aku sih ga pengen tidur telat sop..tapi kerjaan slalu membuatku telat tidur..
    kalo soal bangun pagi sih,,tiap pagi bangun pagi..
    abiz itu bobo lagi..hehehe

    • 6 November 2010 at 15:33

      Aaah, bobo lagi, siapa yang tak mau.. :mrgreen:

  29. 5 November 2010 at 22:31

    Kalau langsung masuk kamar mandi untuk buang air dan langsung ambil air wudhu, selanjutnya baru (kalau gak malas ) menyalakan PC jadul 😆 KAsur dan perlengkapan nya sambil jalan dengan dunia naya sambil ngerapikan semuanya.
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  30. 5 November 2010 at 22:37

    tapi kadang-kadang males juga kalau harus merapikan sprei 😛

    • 6 November 2010 at 15:34

      Nah, sikap dan kebiasaan orang beda-beda ya.

  31. 5 November 2010 at 22:38

    yah bagaimana saya bisa bangun pagi ,lha wong saya meleknya sampai pagi… 😦

    • 6 November 2010 at 15:35

      Wah, hati-hati lho Mas, umur orang yang kerja malam hari (ketika waktu normal untuk tidur) lebih pendek dari pada orang yang kerja biasa di pagi sampe sore.

      • 8 November 2010 at 16:52

        hah? masa ci? *panik*

      • 9 November 2010 at 06:47

        Iya, serius. 😐
        Pokoknya yang kerja dapet shift malem hari, itu lebih pendek umurnya ketimbang yang kerja normal. Udah ada penelitian yang membuktikan hal ini. Dan ini wajar. Tubuh manusia gak didesain untuk bekerja pada malam hari. Kalo mau kerja, ya pagi-siang-sore dong. 😦 Di zaman Rasulullah pun gak ada istilah begadang. 😐

  32. 5 November 2010 at 23:04

    wah saya jarang merapikan kasur je.. 😀

  33. 5 November 2010 at 23:36

    sayah termasuk golongan yang doyan tidur awal n bangun kesiangan xp

    • 6 November 2010 at 15:36

      Suka hibernasi ya!

  34. 6 November 2010 at 04:36

    emang segar dan punya banyak energi kalo kita bangun pagi

    salam kenal mas asop

    • 6 November 2010 at 15:35

      Salam kenal juga!

  35. 6 November 2010 at 08:47

    kalo aq mahh habis bangun mesti tidur lagi…
    berangkat lupa deh bersihin kasur..
    hahahaha

    • 6 November 2010 at 15:37

      Pulang-pulang bisa tambah stres ngeliat kasur berantakan… 😛

  36. 6 November 2010 at 09:26

    ”tidur lebih awal dan
    bangun lebih cepat akan membuat orang
    makin sehat”

    Setuju banget dengan ini, cuma mau dipraktekkan sulit banget, udah kebiasaan tidurnya larut malam.

    • 6 November 2010 at 15:37

      Kayak adik saya…

  37. 6 November 2010 at 09:35

    Saya pasti bangun pagi ya, soalnya hrs ngantor dan berangkat scepatnya biar tdk terjebak macet. Tp merapikan kamar dan kasur hampir tidak pernah, karena ada bedinde yg bakal beresin stlh semua pergi ngantor. :_y

    • 6 November 2010 at 15:38

      Enaknyo…

      Ah, ini membuat saya lebih mandiri. 😉

  38. 6 November 2010 at 10:18

    Salam kenal mas.. tipsnya di kala bangung pagi sangat menarik dan baik untuk kesehatan, semangat n sukses selalu ya..

  39. 87 leegundi
    6 November 2010 at 10:52

    wih saya juga di kos sering sekali bangun subuh tapi tidur lagi karena tergiur empuknya kasur hm..
    hehehe 😀
    wah saya akan mencoba tipsnya..
    makasih..
    🙂

    • 6 November 2010 at 15:39

      Bagus, cobalah. 😉

  40. 6 November 2010 at 13:57

    Jadi semangat tuk bangun lebih pagi nih Mas Brow…..,pengen nikmatin Udara yang katanya mengengandung gas Ozon ntuh. Thanks untuk sarannya dah pokokna. 😆

  41. 6 November 2010 at 16:11

    wkwkwk.. jadi ngerapiin kasur biar ga bisa ditidurin lagi. ahaha cara yg oke sepertinya.

    tapi sayangnya, gw bangun pagi, ga bakal sempet keluar rumah bentar, apalagi tidur lagi, men, jam 5 pagi gw dah berangkat ngantor T_T
    sepertinya ngirup udara pagi di jalan juga sekarang tetep aja banyak polusi -_-

    • 7 November 2010 at 19:50

      Hidup di Jakarta dan sekitarnya susah ya…. 😦

  42. 6 November 2010 at 16:47

    kalo aku, enak nya habis sholat subuh ya jalan jalan…
    mumpung masih seger 😀

    • 7 November 2010 at 19:50

      Sip! ^__^

  43. 6 November 2010 at 17:49

    udah bbrp sabtu, habis solat subuh saya jalan kaki mengelilingi komplek, lumayan…pulangnya nge-bubur..

    • 7 November 2010 at 19:50

      Luar biasaaa! 😀

  44. 6 November 2010 at 19:30

    waaaa ternyata sama yah..gw jg ga suka begadang
    malah kalo tidur suka jam 8an 😀 *makanya gw suka dibilang bayi sm tmn2..kalo ada yg sms jam 9, pasti udah ga dibales..hahahahahahha
    besoknya mau ujian pun, kalo gw jam 8 udah ngantuk, ya gw tidur, ga pernah maksain begadang bwt ngapalin bahan ujian 😆
    bangun pagi emg paling enak. apalagi di rumah, gw yg paling rajin bangun pagi. masih sepi, seneng aja menikmati kesendirian itu..hehehe

    gw jg tipe orang yg gampang bangun pagi. emg udah kebiasaan kali yah. jadi malem2nya kalo udah diniatin bangun jam 3 (misalnya) ya bakalan bangun jam 3, meski tanpa alarm hape. tp emg pas udah bangun itu, godaan setannya lebih gede. jd biasanya kalo udah bangun, gw sih ngulet2 dulu, terus langsung minum air putih (minum air putih abis bangun itu bagus loh. ada manfaatnya untuk ginjal kalo ga salah) abis itu ke kamar mandi, pipis, wudhu. dijamin langsung segeeeeeeerrrrr. apalagi kalo niatnya udah kenceng bgt. hehehehe 😀
    *kepanjangan komennya 😀

    • 6 November 2010 at 19:34

      Asiiik ada yang komen panjang… 😆 😆

      Iyaaa gue pernah baca di buku yang ngebahas terapi air putih, bangun tidur minum air dulu yang banyak, dan jangan makan apapun satu jam ke depan. 🙂

      • 6 November 2010 at 20:27

        yoooooiii
        makanya mulai bsk pagi, biasain minum segelas air putih yah abis bangun tidur..
        nggak ada ruginya kok..malah manfaatnya banyak bgt, insyaallah 🙂

      • 6 November 2010 at 20:37

        Eeeeeeeeh gue juga gituuu 😀 😀

        Kami sekeluarga udah melakukan kebiasaan minum air putin bangun tidur sejak gue (dan adik gue) masih SD! 🙂

      • 9 November 2010 at 05:10

        siaaaaappp..baguuuuss, sooooppp!!
        sama atu laaahh..gw jg melakukan kebiasaan itu sejak gw SD..hehehehehe 😀
        mantaaaff laaaaahh :p

  45. 101 Hurul Aini
    6 November 2010 at 21:06

    dulu juga demen tidur tiap habis subuh…
    sekarang nggak. kenapa? soalnya sabtu minggu pagi ada bimbel. wehehehehehe :p

    • 7 November 2010 at 19:49

      Sabtu dan minggu ada bimbeeeL?? 🙄 *pusing*

  46. 6 November 2010 at 21:10

    Wah, asik nih kalau bisa bangun pagi. Tapi ga mungkin juga kalau pulang kerja pas subuh, harus merelakan udara segar di pagi hari yang seharusnya dihirup sambil jogging. 😦

  47. 6 November 2010 at 21:24

    ayo rapikan kasur kita….. 😀
    maaf mas baru bisa mampir. 😀
    selamat malam…. 😀

  48. 7 November 2010 at 04:33

    makin rapih kasurnya, makin besar godaan menidurinya……

    • 7 November 2010 at 19:49

      Kok aneh ya…. 😀

  49. 7 November 2010 at 05:57

    udah hampir 2 minggu,udara dimari ga seger,campur abu pekat,hiks..jadi klo bangun pagi, klo keluar kamar/rumah, hasilnya sama aja di luar,…debu (doh)

    • 7 November 2010 at 19:48

      Kasihan… 😦

  50. 7 November 2010 at 06:49

    yup. . bro
    bangun pagi enak kalo kita langsung blogwalking. .
    lebih pasnya nulis artikel lanjut dengan blog walking . wkwwkwkwkwkw

    kalo ane lebih mantep pake alarm kukuruyuk . .ala nokia..
    thu ayam kaga penah capek banggunin ane. wkwkwkw

    • 7 November 2010 at 19:48

      Wah, saya kalo udah BW bakal keterusan BW… 😀 Ga bisa BW lanjut nulis posting-an… 😆

  51. 7 November 2010 at 10:51

    klo saya sering kesiangan, jadi tak sempat beresin tempat tidur :mrgreen:

  52. 7 November 2010 at 15:11

    kalau gw sekali bagun tak bisa tidur lagi, susah untuk tidur, yang pasti sih bangun selalu ontime jam 6, tapi doeloe waktu kuliah kayaknya bangun jam setengah enam terus deh

    • 7 November 2010 at 19:47

      Serius bangun jam 1/2 6 terus?? 😆

  53. 7 November 2010 at 17:20

    wah teringat lagu masih kecil tu
    bangun tidur ku terus mandi ….bla…bla
    wah bangun pagi tu PR dari dulu sejak masih kuliah.. sampai sekarang makin susah n tidur makin larut aja. apalagi u sholat tahajud ,, godaan tidur emang besar sekali 🙂

    • 7 November 2010 at 19:47

      Bangun tidur subuh seger lho… 😀

  54. 7 November 2010 at 18:08

    wahh tips yang bagus,
    kalo saya sih biasanya bangun tidur langsung mandi baru deh sholat, dijamin nggak bakal ketiduran lg.

    • 7 November 2010 at 19:46

      Wah, ide yang bagus itu, tapi kalo mandi di Bandung subuh-subuh harus pake air anget… :mrgreen:

  55. 8 November 2010 at 05:52

    Mas, saya heran neh. Saya tidurnya sendiri, tp pas bangun malah berdua. Aneh kan…?!
    Hal itu terjadi koo saya bangun pagi2. Klo bangun siang biasa aja. 😀

    • 9 November 2010 at 06:16

      …..saya bingung…. 😀

  56. 8 November 2010 at 07:44

    Bener sop, klo minum banyak malamnya pasti paginya resah tuh antara mau buang air ke kamar mandi dan bangun. Padahal masih enak mau tidur 🙂

    • 9 November 2010 at 06:17

      Hyahahaha, benar sekali… 😆

  57. 8 November 2010 at 07:58

    dari kecil, saia udah dibiasain sama mama abis bgn lgsg merapikan tmpt tidur…
    jd keterusan sampai skrg nih…. 😀
    btw, tmp tidurnya rapi tuh…
    pasti orgnya rajin nih…… 😀
    eh, benar gak siyh? 😉

    • 9 November 2010 at 06:17

      Ooooh bener dong… 😳

  58. 8 November 2010 at 09:53

    huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa gw suka bgadang
    makanya hbs sbuhan jg ktiduran lg
    hiks 😦

    • 9 November 2010 at 06:17

      Jangan keterusan. 👿

  59. 8 November 2010 at 12:35

    saya paling susah bangun pagi 3 bulan terakhir ini, gara-gara begadang malam hari, bisa begadang gara-gara tidur siang hari…hehe

    kangen sih jaga pagi hari

    oh ya, mas Asop… Liverpool menang tadi malam lawan chelsea… selamat…

    • 9 November 2010 at 06:23

      Wah, kebiasaan tidur siang dan begadang malam hari mirip kebiasaan adik saya dulu… 😀

      Hehehehe, saya seneng banget Liverpool menaaaaaang…. 😳 😳

  60. 8 November 2010 at 12:47

    Kalo yang cewe mah sekalian cuci piring, nyapu en beres2 rumah, Sop… dijamin gak ngantuk lagi 😀

  61. 8 November 2010 at 14:12

    hehe…kang asop bagus juga idenya. tapi kalao saya bangun udah telat beberapa menit dari jadwal mesti langsung loncat ke kamar mandi 😀
    gak loading dulu, kelamaan, 😆

    • 9 November 2010 at 06:24

      Wah, udah terbiasa ya…. 🙂

  62. 8 November 2010 at 14:58

    wah, anak yang rajin, kalo aku bangun langsung ke kamar mandi, cuci muka, kumur-kumur, dan liat ada sarapan apa hihihihihi….

    • 9 November 2010 at 06:25

      Walah, di rumah saya, sarapan bikin sendiri. 😛

  63. 8 November 2010 at 16:27

    setelah baca tulisan ini, saya langsung merapikan tempat tidur 😉
    hehehe

    makasih info nya Sop

    • 9 November 2010 at 06:25

      Sama-sama, baguslah kalo bisa menginspirasi. 😉

  64. 8 November 2010 at 17:00

    aiiihhh… itu kasurnya ditutupin selimut jangan2 spreinya masih kusut, hihihi… 😀
    becandaaa…
    tips-nya oke, Sop…
    paling berat mencegah diri ga tidur lagi abis subuh tuh kalo lagi weekend…
    dan payahnya kebiasaan ini bakal kebawa sampe senin, hehe…

    • 9 November 2010 at 06:26

      Hmmm… justru saya paling bersemangat bangun pagi ketika hari sabtu dan minggu lho. 😀

  65. 8 November 2010 at 17:59

    Saya punya ide!
    Saya rekam suara saya wkt nyanyi di ponsel, trus dijadiin alarm deh.
    Maka saya akan langsung terbangun begitu mendengar suara yang tak enak di dengar itu.
    Haha :mrgreen:

    • 9 November 2010 at 06:27

      Ah, merendah…. jangan gitu…. 😳 Pasti suaranya bagus, sampe bisa bikin anak kecil yang nangis diam ketakutan…. 😆

  66. 8 November 2010 at 19:19

    “sayang banget kalo ditidurin lagi, nanti berantakan lagi…” >> yaa dirapiin lagi 😀

    berhubung gw sekarang bener2 lagi ga da kerjaan. biasanya abis bangun pagi justru malah bengong, bingung mau ngapain. mau ngerjain skripsi kok yaa masih pagi banget :p

    jadi mending bangun lebih siang deh. biar optimal waktunya hehe

    *jangan ditiru

    • 9 November 2010 at 06:28

      Tenang, gak bakal gue tiru. :mrgreen:

  67. 8 November 2010 at 20:46

    sebagai ibu rt yang baik ( hyyahh) 🙂 , memang hal diatas lah yg menjadi rutinitas bunda setiap hari.
    bangun subuh utk membangunkan suami dan anak2, setelah mereka bangun, mulai membereskan tempat tidur dan bikin sarapan 🙂
    salam

  68. 8 November 2010 at 21:11

    mas asop termasuk tipe cowok yang rajin dan menyukai kerapihan ^^

  69. 8 November 2010 at 21:38

    aku jarang bangun dan sering banget bangun di atas jam 12 siang.

    • 9 November 2010 at 06:44

      Wah, siklus hidup yang gak sehat! 😛

  70. 8 November 2010 at 22:55

    jangan lupa buang air gan

    • 9 November 2010 at 06:45

      Gak diingetin juga udah pasti airnya kebuang… :mrgreen:

  71. 8 November 2010 at 23:07

    Kalo kamar + kasurnya berantakan biasanya pikiran penghuninyapun demikkian :mrgreen:

  72. 148 Sang Penjelajah Malam
    9 November 2010 at 10:45

    Bagun tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi

    Habis mandi ku tolong ibu, merapikan tempat tidurku…..

    • 9 November 2010 at 18:03

      Nah, nyanyian itu jangan hanya di mulut aja, bagus kalo dibiasakan sejak kecil. 🙂

  73. 9 November 2010 at 10:54

    nice inpow nich…

  74. 9 November 2010 at 13:17

    wah saya susah banget bangun pagi nih :malu: hhe

  75. 9 November 2010 at 13:55

    sory ganggu. keliling-keliling blog bro, http://cahyanugraha.wordpress.com

    • 9 November 2010 at 18:29

      Keliling di mana? 😀

  76. 9 November 2010 at 15:18

    Salam Kang, he.he.posting yg mengingatkan nih. Tidak salah kita wktu kcil dlu bernyanyi “Bangun tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi….”

  77. 9 November 2010 at 16:08

    Hahaha, masalahnya kadang waktu bangun pagi malah masih kerasa ngantuk pas memulai aktivitas, jadinya kadang-kadang mending bangun siang. Apalagi klo sebelumnya tidur pas larut malam

    • 9 November 2010 at 18:31

      Wah, kalo gak ada urusan penting jangan tidur larut malam ya. 😦

  78. 9 November 2010 at 17:17

    hahaha tips nya oke banget kak, minum air yang banyak nanti bakal kebangun karena kebelet.
    infonya baguus, pantesan kalo belajar jam 3 atau jam 4an lebih cepet masuk..

    • 9 November 2010 at 18:36

      Belajar dini hari emang nikmat. 🙂

  79. 9 November 2010 at 22:02

    err….merasa tersindir dg tulisan ini.

    kl susah tidur susah bangun?

    • 10 November 2010 at 19:37

      Tampaknya menderita insomnia ya..

      Coba mandi air hangat sebelum tidur. Atau minum susu sebelum tidur. Harusnya sih bisa. 🙂
      Kalo kayak gitu terus (tidur malam-bangun siang), mau gak mau harus dipaksa berubah siklus tidurnya. Itu kalo mau sehat dan “normal” lho ya, karena menurut saya “susah tidur dan susah bangun” itu nggak normal. 😐 Coba satu hari harus dipaksa tidur cepat, sekitar jam 9 dan 10 malam. Nanti kelamaan akan terbiasa juga. Saya yakin itu.

      • 161 wiga
        10 November 2010 at 20:57

        tdr jam 11 aja sdh susah payah. dirumah semuanya begini. seringnya disengaja juga krn lebih suka belajar, nonton, baca buku, di malam hari.
        yah tapi kebiasaan ini cukup menyusahkan kalo ada kegiatan pagi2 seperti kuliah dll.

        yasudah, doakan ya habis subuh bisa istiqomah tdk tidur lagi.

      • 10 November 2010 at 22:56

        Amiiiin, semoga bisa menjalani siklus tidur yg lebih baik dari sekarang. 🙂

  80. 10 November 2010 at 13:01

    nice share sop,kalau saya kalau lagi susah bangun,mencoba ngomong sama diri sendiri berkali…

    yg jelas harus matiin ac,kalau pake ac suka bablas tidurnya tuh,rasanya tulang2 kaku banget…

    • 10 November 2010 at 20:06

      Naaaah jadi inilah bukti bahwa AC itu tidak baik.

  81. 165 hellgalicious
    10 November 2010 at 13:08

    langsung bangun langsung ambil air wudhu
    soalnya kalo ditunda-tunda biasanya setan bakal ngerayu kita buat tidur lagi
    hehe

  82. 10 November 2010 at 18:55

    Enaknya bangun pagi 🙂

    • 10 November 2010 at 20:22

      Ho’oh iya, bangun pagi emang enak, Mbak… 😳

  83. 10 November 2010 at 19:48

    jadi inget kata temen sma dulu kenapa belajar buat ujian efektifnya pas subuh2, karena malaikat biasanya bisikin bagian mana yang bakal keluar di ujian 😆

    • 10 November 2010 at 20:32

      Seriuuuuuuuss?

  84. 170 elvandro
    11 November 2010 at 00:24

    merapikan kasur setelah bangun???
    wah…kayaknya kasurnya jadi enak buat ditidurin lagi deh hahaha…

    btw kalo gak salah minum banyak sebelum tidur itu ga bagus lho Sop…selain ga memaksimalkan istirahat (karena kebelet pipis), juga bikin pipis paginya sakit…(kalo kebanyakan lho)

    • 11 November 2010 at 09:30

      Kok aneh ya… 😀

      Iya Ndro, asal jangan kebanyakan aja minumnya. :mrgreen:

  85. 11 November 2010 at 04:45

    disamping kasusr, perlu juga dirapikan meja kerja, dan barang-barang lainnya di dalam ruangan kamar..kalau beres dan segar..pasti tambah nyaman.

  86. 11 November 2010 at 11:09

    saya saya,
    saya juga tipe orang yang suka ngerjain tugas subuh2. Apalagi dpn kamar ada sawah kan, enak bget suasananya.

  87. 12 November 2010 at 12:37

    saya merapikan tempat tidur nya malah pas abis mandi…. heheee….

  88. 12 November 2010 at 20:22

    Saya typical kalo bangun gak bisa tidur lagi… kalo tidur lagi pas bangun rasanya gak karu2an..hahahahha…

    • 12 November 2010 at 21:36

      Hebaaaaaat 😀 😀
      Bisa bikin sakit kepala yah, kalo habis bangun, tidur lagi, terus bangun lagi… 😐

  89. 13 November 2010 at 15:01

    menghapus kebiasaan abis subuh terus tidur caranya gampang,,
    suruh tinggal d jkt dan jauh dr kantor atau kampus
    dijamin bakalan selalu bangun pagi.
    hehehehe

    • 16 November 2010 at 07:50

      Iya ya, karena tinggal di Jakarta kita jadi “dipaksa” berangkat jauuuuh lebih pagi. :mrgreen:

  90. 14 November 2010 at 12:08

    Huahahaha! Jagoan amaaat kamu gak langsung tidur lagi euy! Kalo aku, yang bikin gak tidur lagi biasanya kalo bangun, langsung twitteran. Hahaha.. 😀

    • 16 November 2010 at 08:44

      Naaaaah, berhubung saya gak punya hape yang enak buat twitter dan saya gak punya akunnya, jadilah saya lampiaskan ke hal lain. 😆

  91. 14 November 2010 at 19:56

    terkadang saya males tu mas., tapi untuk k depannya rajin kok hehe

    • 16 November 2010 at 08:52

      Amin, moga lebih rajin ya. 😆

  92. 14 November 2010 at 22:34

    bangun pagi? ah gak pernah aku bangun pagi sejak habis teori kuliah :mrgreen:

  93. 15 November 2010 at 04:45

    waduh… masalahnya sy gak punya kasur ni maz… :hiks
    jadi gak bisa kemaz2 kasur..
    tidur aja melantai dimana2, maklum nomaden… alias gak ada t4 tinggal… :mrgreen:

  94. 16 November 2010 at 09:43

    saya males ngeapiin kasur 😦 saya selalu beresin kasur malam hari pas mau tidur. tapi saya bisa langsung bangun koq, karena harus sholat, masak dan ngurusin hamster, hehehehe.

    • 18 November 2010 at 10:36

      Luar biasa, seperti hidup mandiri… 😀

  95. 19 November 2010 at 06:05

    tips yang minum banyak air agar bisa bangun tidur patu di coba 😀

    • 19 November 2010 at 09:01

      Hati2, bisa mengganggu kualitas tidur lho.
      Takutnya di tengah malem malah bangun gara2 kebelet pipis.. bagi sebagian orang memang bisa dengan nyenyak tidur lagi. Tapi bagi sebagian lainnya mungkin sekali bangun sulit tidur lagi.

  96. 19 November 2010 at 09:06

    asop mau bantu beresin kasur aku? 😀

    • 19 November 2010 at 10:02

      Euh, makasih, Mas Huang, gak mau. 😐 😐

  97. 19 November 2010 at 10:36

    hmm… koq di setiap postingan ngak ada isinya ya? hmm… apa yg salah kira2 😀

    • 19 November 2010 at 10:40

      Ah ada kok, saya cek ada semua. 😀

      Kenapa ya, mugnkin koneksi internet? 😀

    • 19 November 2010 at 10:47

      Eh iya lho, kok aneh ya?? Kok gak nongol?? Padahal kalo di halaman utama kelihatan ada isinya…

      • 19 November 2010 at 10:53

        iyah halaman utama kelihatan, tapi masuk koq ngak ada, wah ada yg salah nih di sintaksisnya… hmm…

        • 19 November 2010 at 10:56

          Apa yak yang salah?
          Apaan tuh sintaksis?? Mohon penjelasan… 😥

      • 19 November 2010 at 10:58

        maksudnya di cssnya, mungkin sebelumnya habis ngedit theme ya? ada kali yg ikut ke delete, jadinya sampe terjadi error begini.. hmm..

        • 19 November 2010 at 11:00

          Walah, ngedit theme? Apa pula itu, saya gak bisa ngedit2… 😦

          Ini kan saya masih hosting di wordpress.com, gak bisa edit2 CSS-nya. Saya cuman beli domain ke wordpress. 😦
          Jadi, saya masih bingung…

  98. 19 November 2010 at 11:08

    ooo begitu toh… kirain ini wordpressnya installed di hosting. hmm…. coba kontak sama adminnya. kayaknya ada yg salah di programnya…

    *coba ta cari tau jg*

    • 19 November 2010 at 11:13

      Iya, makasih Mas, saya mau tanya ke support wordpress di sana, ama mau coba tanya ke forum id.wordpress juga. 😐

      • 19 November 2010 at 12:28

        eh udah ada tuh artikelnya muncul lagi 😀

        • 19 November 2010 at 12:36

          Lho?
          Kok bisa lagi ya? Lho… lho… kira2 apa yang telah terjadi? ❓
          Jangan-jangan……….

          Jangan-jangan……. ah masa’ sih…. 😀

      • 19 November 2010 at 12:50

        haha wordpress keknya lagi error tadi 😛

        • 19 November 2010 at 13:09

          Tapi kok cuman blog saya aja ya??
          Saya lihat blog lain gak kenapa-napa….

  99. 21 November 2010 at 07:44

    yah saya sudah lama mas ngga bangun pagi..
    rindu rasanya…!!!

  100. 21 November 2010 at 12:40

    mas maaf banget, dulu udah sy pasang lo linknya dengan nama lain. sekarang udah sy beri nama sesui domain!
    bangun pagi, so pasti mas. kalau aku sih mending langsung mandi aja. da cerita ni …. jika kita sering mandi sebelum subuh, tu penyakit ngak mau ke kita, dan umur kita bisa lebih panjaaaaaaaaaang

    • 21 November 2010 at 22:32

      Oke, gak apa2, Mas Abu. 🙂

      Nah… kalo subuh di Surabaya ato Jakarta mungkin gak dingin… tapi bagaimana kalau mandi di udara dingin subuh seperti di Bandung? 😯

  101. 24 November 2010 at 21:11

    wkkwkwkwkwkwk… saya paling susuah tidur sebelum jam 12 malem n paling susah bangun pagi :mrgreen:

  102. 27 November 2010 at 00:33

    wah banyak sekali pengunjung yg masuk.. hohoho, kalau di kota besr mah pagi” malah pulusi yg ada, siang jg gt pindah kehutan aja dh lama”biar udaranya segar terus.hehe

  103. 2 October 2011 at 13:25

    kalau saya langsung minum air putih dulu ^_^

    • 3 October 2011 at 11:47

      Nice! 😀


Leave a Reply

Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 973 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



