Bangun Pagi dan Merapikan Kasur Adalah Hal Yang Sangat Penting

Pagi hari, atau subuh, adalah waktu yang sangat menyenangkan, menyegarkan, dan menentramkan. Menyenangkan, karena entah kenapa rasanya senang  bisa bangun pertama kali dibandingkan anggota keluarga yang lain. Menyegarkan, karena bisa menghirup udara segar di luar rumah. Menentramkan, karena rasanya begitu damai ketika menikmati dunia yang begitu sunyi, sepi, gak seperti waktu jam-jam sibuk.  🙂

Bangun pagi adalah hal yang sangat penting

Menurut sumber ini, tidur lebih awal dan bangun lebih cepat akan membuat orang makin sehat (makanya saya gak suka begadang). Kok bisa? Pertama, alasannya adalah udara segar. Udara segar nan bersih di pagi hari bagus untuk otak. Otak akan bekerja dengan lebih baik. Jadi, habis bangun pagi jangan di dalam rumah aja, keluar sebentar menghirup udara segar barang lima atau sepuluh menit. Tapi ingat, lakukan itu sebelum matahari mulai nongol banyak, karena waktu sebelum itulah udara masih mengandung gas ozon yang baik untuk mencegah kerusakan paru-paru, memperlancar perederan darah, dan banyak lagi manfaatnya.

Kedua, setelah menghirup udara segar, nikmatilah cahaya matahari pagi. 🙂 Seperti yang telah kita pelajari di SMA (atau bahkan SMP), sinar matahari pas pagi hari dapat merangsang pembentukan vitamin D dalam tubuh, baik untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Inget juga, matahari pagi katanya sih gak mengandung sinar ultraviolet… 😉

Alasan ketiga kenapa bangun pagi itu sehat, karena waktu pagi hari adalah saatnya otak bekerja lebih optimal. 😮 Otak memproduksi hormon yang membuat daya ingat lebih tajam. Katanya sih, hormon yang entah apa namanya ini meningkatkan pengantaran asam amino dari darah ke otak. Hal inilah yang membuat sel-sel saraf di otak bisa menangkap informasi lebih cepat dan mtnyimpan lebih lama. Hooo… makanya waktu saya ngekos dulu, ngerjain tugas atau belajar pas habis sholat Tahajjud sangat efektif. 😳

Alasan keempat dan terakhir mengapa wajibnya bangun pagi, adalah suasana pagi hari (baca juga: subuh) yang tenang membuat mood lebih baik. Katanya, tubuh bakal melepas hormon endorfin yang membuat suasana hati lebih baik. 😳

Kalo saya, saya bersyukur sekali bisa bangun hanya dengan alarm hape. Memang saya termasuk orang yang mudah tidur dan mudah terbangun. Saya biasa memasang musik kesukaan saya, musik genre trance atau dance, sebagai bunyi alarm. Untuk alternatif, bisa  juga nyoba pasang lagu yang dibenci. 😛 Kalau masih gak bisa bangun, silakan minum banyak air putih setiap mau tidur. Saya jamin, pasti bakal bangun (entah jam berapa) karena pengen pipis. :mrgreen:

Merapikan kasur juga hal yang sangat penting

Nah, Tuhan memang Mahaadil. 🙂 Dibalik kelebihan-kelebihan bangun pagi, ternyata untuk menggapainya sulit (bahasa kerennya “butuh pengorbanan”). Saya yakin sebagian penduduk bumi ini merasa sulit untuk bangun pagi. Beruntunglah orang yang terbiasa bangun subuh, tak peduli jam berapapun ia tidur saat malamnya. 😀

Ketika sadar waktu bangun pertama kali, pasti kita merasa sangat ngantuk. Saking ngantuknya, kita malah tidur lagi, bukannya beranjak dari kasur. Ataupun jika berhasil bangun dan ke kamar mandi, pipis, ngambil air wudhu, terus sholat, kemungkinan besar bakalan tidur lagi ‘kan? 😀 Saya dulu pun begitu waktu masih ngekos, habis sholat subuh, saya pandangi kasur, “kok kelihatannya enak ya kalo saya tidur lagi,” pikir saya begitu. Akhirnya coba-coba mendekat ke arah kasur, coba tidur sebentar, malah terlelap selama satu jam. 😎

Tapi sekarang udah nggak lagi. Saya udah punya cara supaya saya bisa terus “sadar” waktu subuh. Begitu saya bangun, saya buang air dulu, tapi gak langsung wudhu. Saya balik dulu ke kamar, saya duduk sebentar di kursi (bukan di kasur) meja kerja untuk sekadar nyalakan komputer ato laptop. Habis itu, saya rapikan tempat tidur saya. Ini adalah bagian yang penting. 🙂 Karena kasur udah rapi, ketika memandang kasur, saya merasa, “sayang banget kalo ditidurin lagi, nanti berantakan lagi…” gitu pikir saya. Baru deh, setelah itu saya ngambil wudhu, baru sholat. ^__^

*

Itulah yang saya lakukan supaya bisa bangun subuh dan gak tergoda oleh empuknya kasur. 😆

Apa narablog sekalian punya kiat lain supaya sukses bangun subuh dan terhindar dari godaan kasur?

———————————————————————————————————————————————————————————

Gambar hasil jepret sendiri. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.

212 Comments

    1. Benar! Tapi kalo saya sih rasanya kok ada yang kelewatan ya, kalo bangun siang… 😦 Rasanya di hati itu ada yang kosong, ada yang kelewatan… 😦

      Reply

  1. wah informasi yg berguna nih 😉
    Hmmm…kalo sy lagi ga kerja sih, abis sholat tidur lagi. Baru bangun kalo kedua kura2 sy heboh mondar mandir dalam kamar

    Reply

  2. wah, nampaknya perlu di coba nech, kita lihat apa tipsnya asop mampu menangkal Autumn Syndrome yang bikin males bangun dan males ngapa – ngapain itu

    Reply

  3. saya sih sukanya tidur lagi sop, kecuali kalo memang mulai kemana-mananya dari pagi. Kalo begitu sih ya biasanya langsung beberes kamar/rumah aja sih 😀

    Reply

  4. Wow..hmm tuh kasur siapa yg rapihin tuh, bisa serapih itu, hehehe. Setuju sop bangun pagi itu banyak manfaat nya. Kata Bill Gates juga “aku bagaikan menggenggam emas ketika bangun/aktfivitas di pagi hari” (kira-kira gitu lah :P)

    Boleh atuh sekalian rapihin kasur yg dimari, eheheehe 😀

    Reply

  5. Ah setuju berat sama kamu Asop. Kalo saya, berhubung ga ada dipan alias tidur di kasur gulung, begitu bangun kasurnya langsung digulung. jadinya nggak ada yang ngerayu buat ngajak tidur lagi. hiiii….

    Nyalain komputer… cara hebat buat nggak tidur lagi… nanti kepikirannya, kalo nyalain komputer tapi nggak ngapa2in, kan boros listrik… hohoho…

    Oh iya, btw kenapa tuh di alasan ketiga dan keempat ada emoticon :oops:-nya?

    Reply

    1. Ah, itu cara saya, mungkin bisa diadaptasi orang lain, mungkin tidak. 😀

      Gak ada alasan apa2 kok Mas, dengan emoticon :oops:-nya.

      Reply

  6. dua tahun ngekos d kosan yang dulu sampe ke kontrakan skrg, ga pernah bisa lagi bangun subuh Sop…
    Karena pertama kali ngekos, saya udh nekad sekali bobo sampe siang… eh, kebiasaan sampe seterusnya
    makanya yg udah rajin, jangan dimales2in yak

    Reply

  7. wah…”
    (sebenernya gw malu mo koment, abisnya beda banget ama keseharian gw, mana kamar gw, yang kasurnya udah kayak kandang kebo lagi)

    anu.. anu… kamu hebat yah… ( gw tengsin)

    Reply

    1. Hehe, saya juga pake dua hape, tapi bunyiinnya disetel beda waktu dong, biar kalo yang pertama gagal, masih dibangunin ama yang selanjutnya. 😀

      Reply

        1. Hehehe, gue sendiri baru tahu paginya, dan meskipun gue gak nonton, gue bisa merasakan betapa bahagianya para Liverpudlian di seluruh dunia…. :mrgreen:
          Yang ngecetak gol si Torres lagi.. Momen kebangkitan nih. 😀

          Reply

  8. kalo aku sih ga pengen tidur telat sop..tapi kerjaan slalu membuatku telat tidur..
    kalo soal bangun pagi sih,,tiap pagi bangun pagi..
    abiz itu bobo lagi..hehehe

    Reply

  9. Kalau langsung masuk kamar mandi untuk buang air dan langsung ambil air wudhu, selanjutnya baru (kalau gak malas ) menyalakan PC jadul 😆 KAsur dan perlengkapan nya sambil jalan dengan dunia naya sambil ngerapikan semuanya.
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Reply

    1. Wah, hati-hati lho Mas, umur orang yang kerja malam hari (ketika waktu normal untuk tidur) lebih pendek dari pada orang yang kerja biasa di pagi sampe sore.

      Reply

      1. Iya, serius. 😐
        Pokoknya yang kerja dapet shift malem hari, itu lebih pendek umurnya ketimbang yang kerja normal. Udah ada penelitian yang membuktikan hal ini. Dan ini wajar. Tubuh manusia gak didesain untuk bekerja pada malam hari. Kalo mau kerja, ya pagi-siang-sore dong. 😦 Di zaman Rasulullah pun gak ada istilah begadang. 😐

        Reply

  10. ”tidur lebih awal dan
    bangun lebih cepat akan membuat orang
    makin sehat”

    Setuju banget dengan ini, cuma mau dipraktekkan sulit banget, udah kebiasaan tidurnya larut malam.

    Reply

  11. Saya pasti bangun pagi ya, soalnya hrs ngantor dan berangkat scepatnya biar tdk terjebak macet. Tp merapikan kamar dan kasur hampir tidak pernah, karena ada bedinde yg bakal beresin stlh semua pergi ngantor. :_y

    Reply

  12. wih saya juga di kos sering sekali bangun subuh tapi tidur lagi karena tergiur empuknya kasur hm..
    hehehe 😀
    wah saya akan mencoba tipsnya..
    makasih..
    🙂

    Reply

  13. Jadi semangat tuk bangun lebih pagi nih Mas Brow…..,pengen nikmatin Udara yang katanya mengengandung gas Ozon ntuh. Thanks untuk sarannya dah pokokna. 😆

    Reply

  14. wkwkwk.. jadi ngerapiin kasur biar ga bisa ditidurin lagi. ahaha cara yg oke sepertinya.

    tapi sayangnya, gw bangun pagi, ga bakal sempet keluar rumah bentar, apalagi tidur lagi, men, jam 5 pagi gw dah berangkat ngantor T_T
    sepertinya ngirup udara pagi di jalan juga sekarang tetep aja banyak polusi -_-

    Reply

  15. waaaa ternyata sama yah..gw jg ga suka begadang
    malah kalo tidur suka jam 8an 😀 *makanya gw suka dibilang bayi sm tmn2..kalo ada yg sms jam 9, pasti udah ga dibales..hahahahahahha
    besoknya mau ujian pun, kalo gw jam 8 udah ngantuk, ya gw tidur, ga pernah maksain begadang bwt ngapalin bahan ujian 😆
    bangun pagi emg paling enak. apalagi di rumah, gw yg paling rajin bangun pagi. masih sepi, seneng aja menikmati kesendirian itu..hehehe

    gw jg tipe orang yg gampang bangun pagi. emg udah kebiasaan kali yah. jadi malem2nya kalo udah diniatin bangun jam 3 (misalnya) ya bakalan bangun jam 3, meski tanpa alarm hape. tp emg pas udah bangun itu, godaan setannya lebih gede. jd biasanya kalo udah bangun, gw sih ngulet2 dulu, terus langsung minum air putih (minum air putih abis bangun itu bagus loh. ada manfaatnya untuk ginjal kalo ga salah) abis itu ke kamar mandi, pipis, wudhu. dijamin langsung segeeeeeeerrrrr. apalagi kalo niatnya udah kenceng bgt. hehehehe 😀
    *kepanjangan komennya 😀

    Reply

    1. Asiiik ada yang komen panjang… 😆 😆

      Iyaaa gue pernah baca di buku yang ngebahas terapi air putih, bangun tidur minum air dulu yang banyak, dan jangan makan apapun satu jam ke depan. 🙂

      Reply

      1. Eeeeeeeeh gue juga gituuu 😀 😀

        Kami sekeluarga udah melakukan kebiasaan minum air putin bangun tidur sejak gue (dan adik gue) masih SD! 🙂

        Reply

  16. dulu juga demen tidur tiap habis subuh…
    sekarang nggak. kenapa? soalnya sabtu minggu pagi ada bimbel. wehehehehehe :p

    Reply

  17. udah hampir 2 minggu,udara dimari ga seger,campur abu pekat,hiks..jadi klo bangun pagi, klo keluar kamar/rumah, hasilnya sama aja di luar,…debu (doh)

    Reply

  18. yup. . bro
    bangun pagi enak kalo kita langsung blogwalking. .
    lebih pasnya nulis artikel lanjut dengan blog walking . wkwwkwkwkwkw

    kalo ane lebih mantep pake alarm kukuruyuk . .ala nokia..
    thu ayam kaga penah capek banggunin ane. wkwkwkw

    Reply

  19. kalau gw sekali bagun tak bisa tidur lagi, susah untuk tidur, yang pasti sih bangun selalu ontime jam 6, tapi doeloe waktu kuliah kayaknya bangun jam setengah enam terus deh

    Reply

  20. wah teringat lagu masih kecil tu
    bangun tidur ku terus mandi ….bla…bla
    wah bangun pagi tu PR dari dulu sejak masih kuliah.. sampai sekarang makin susah n tidur makin larut aja. apalagi u sholat tahajud ,, godaan tidur emang besar sekali 🙂

    Reply

  21. Mas, saya heran neh. Saya tidurnya sendiri, tp pas bangun malah berdua. Aneh kan…?!
    Hal itu terjadi koo saya bangun pagi2. Klo bangun siang biasa aja. 😀

    Reply

  22. dari kecil, saia udah dibiasain sama mama abis bgn lgsg merapikan tmpt tidur…
    jd keterusan sampai skrg nih…. 😀
    btw, tmp tidurnya rapi tuh…
    pasti orgnya rajin nih…… 😀
    eh, benar gak siyh? 😉

    Reply

  23. saya paling susah bangun pagi 3 bulan terakhir ini, gara-gara begadang malam hari, bisa begadang gara-gara tidur siang hari…hehe

    kangen sih jaga pagi hari

    oh ya, mas Asop… Liverpool menang tadi malam lawan chelsea… selamat…

    Reply

    1. Wah, kebiasaan tidur siang dan begadang malam hari mirip kebiasaan adik saya dulu… 😀

      Hehehehe, saya seneng banget Liverpool menaaaaaang…. 😳 😳

      Reply

  24. hehe…kang asop bagus juga idenya. tapi kalao saya bangun udah telat beberapa menit dari jadwal mesti langsung loncat ke kamar mandi 😀
    gak loading dulu, kelamaan, 😆

    Reply

  25. aiiihhh… itu kasurnya ditutupin selimut jangan2 spreinya masih kusut, hihihi… 😀
    becandaaa…
    tips-nya oke, Sop…
    paling berat mencegah diri ga tidur lagi abis subuh tuh kalo lagi weekend…
    dan payahnya kebiasaan ini bakal kebawa sampe senin, hehe…

    Reply

  26. Saya punya ide!
    Saya rekam suara saya wkt nyanyi di ponsel, trus dijadiin alarm deh.
    Maka saya akan langsung terbangun begitu mendengar suara yang tak enak di dengar itu.
    Haha :mrgreen:

    Reply

  27. “sayang banget kalo ditidurin lagi, nanti berantakan lagi…” >> yaa dirapiin lagi 😀

    berhubung gw sekarang bener2 lagi ga da kerjaan. biasanya abis bangun pagi justru malah bengong, bingung mau ngapain. mau ngerjain skripsi kok yaa masih pagi banget :p

    jadi mending bangun lebih siang deh. biar optimal waktunya hehe

    *jangan ditiru

    Reply

  28. sebagai ibu rt yang baik ( hyyahh) 🙂 , memang hal diatas lah yg menjadi rutinitas bunda setiap hari.
    bangun subuh utk membangunkan suami dan anak2, setelah mereka bangun, mulai membereskan tempat tidur dan bikin sarapan 🙂
    salam

    Reply

  29. Bagun tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi

    Habis mandi ku tolong ibu, merapikan tempat tidurku…..

    Reply

  30. Hahaha, masalahnya kadang waktu bangun pagi malah masih kerasa ngantuk pas memulai aktivitas, jadinya kadang-kadang mending bangun siang. Apalagi klo sebelumnya tidur pas larut malam

    Reply

  31. hahaha tips nya oke banget kak, minum air yang banyak nanti bakal kebangun karena kebelet.
    infonya baguus, pantesan kalo belajar jam 3 atau jam 4an lebih cepet masuk..

    Reply

    1. Tampaknya menderita insomnia ya..

      Coba mandi air hangat sebelum tidur. Atau minum susu sebelum tidur. Harusnya sih bisa. 🙂
      Kalo kayak gitu terus (tidur malam-bangun siang), mau gak mau harus dipaksa berubah siklus tidurnya. Itu kalo mau sehat dan “normal” lho ya, karena menurut saya “susah tidur dan susah bangun” itu nggak normal. 😐 Coba satu hari harus dipaksa tidur cepat, sekitar jam 9 dan 10 malam. Nanti kelamaan akan terbiasa juga. Saya yakin itu.

      Reply

      1. tdr jam 11 aja sdh susah payah. dirumah semuanya begini. seringnya disengaja juga krn lebih suka belajar, nonton, baca buku, di malam hari.
        yah tapi kebiasaan ini cukup menyusahkan kalo ada kegiatan pagi2 seperti kuliah dll.

        yasudah, doakan ya habis subuh bisa istiqomah tdk tidur lagi.

        Reply

  32. nice share sop,kalau saya kalau lagi susah bangun,mencoba ngomong sama diri sendiri berkali…

    yg jelas harus matiin ac,kalau pake ac suka bablas tidurnya tuh,rasanya tulang2 kaku banget…

    Reply

  33. jadi inget kata temen sma dulu kenapa belajar buat ujian efektifnya pas subuh2, karena malaikat biasanya bisikin bagian mana yang bakal keluar di ujian 😆

    Reply

  34. merapikan kasur setelah bangun???
    wah…kayaknya kasurnya jadi enak buat ditidurin lagi deh hahaha…

    btw kalo gak salah minum banyak sebelum tidur itu ga bagus lho Sop…selain ga memaksimalkan istirahat (karena kebelet pipis), juga bikin pipis paginya sakit…(kalo kebanyakan lho)

    Reply

  35. disamping kasusr, perlu juga dirapikan meja kerja, dan barang-barang lainnya di dalam ruangan kamar..kalau beres dan segar..pasti tambah nyaman.

    Reply

  36. menghapus kebiasaan abis subuh terus tidur caranya gampang,,
    suruh tinggal d jkt dan jauh dr kantor atau kampus
    dijamin bakalan selalu bangun pagi.
    hehehehe

    Reply

  37. Huahahaha! Jagoan amaaat kamu gak langsung tidur lagi euy! Kalo aku, yang bikin gak tidur lagi biasanya kalo bangun, langsung twitteran. Hahaha.. 😀

    Reply

    1. Naaaaah, berhubung saya gak punya hape yang enak buat twitter dan saya gak punya akunnya, jadilah saya lampiaskan ke hal lain. 😆

      Reply

  38. waduh… masalahnya sy gak punya kasur ni maz… :hiks
    jadi gak bisa kemaz2 kasur..
    tidur aja melantai dimana2, maklum nomaden… alias gak ada t4 tinggal… :mrgreen:

    Reply

  39. saya males ngeapiin kasur 😦 saya selalu beresin kasur malam hari pas mau tidur. tapi saya bisa langsung bangun koq, karena harus sholat, masak dan ngurusin hamster, hehehehe.

    Reply

    1. Hati2, bisa mengganggu kualitas tidur lho.
      Takutnya di tengah malem malah bangun gara2 kebelet pipis.. bagi sebagian orang memang bisa dengan nyenyak tidur lagi. Tapi bagi sebagian lainnya mungkin sekali bangun sulit tidur lagi.

      Reply

      1. maksudnya di cssnya, mungkin sebelumnya habis ngedit theme ya? ada kali yg ikut ke delete, jadinya sampe terjadi error begini.. hmm..

        Reply

        1. Walah, ngedit theme? Apa pula itu, saya gak bisa ngedit2… 😦

          Ini kan saya masih hosting di wordpress.com, gak bisa edit2 CSS-nya. Saya cuman beli domain ke wordpress. 😦
          Jadi, saya masih bingung…

          Reply

  40. ooo begitu toh… kirain ini wordpressnya installed di hosting. hmm…. coba kontak sama adminnya. kayaknya ada yg salah di programnya…

    *coba ta cari tau jg*

    Reply

        1. Lho?
          Kok bisa lagi ya? Lho… lho… kira2 apa yang telah terjadi? ❓
          Jangan-jangan……….

          Jangan-jangan……. ah masa’ sih…. 😀

          Reply

  41. mas maaf banget, dulu udah sy pasang lo linknya dengan nama lain. sekarang udah sy beri nama sesui domain!
    bangun pagi, so pasti mas. kalau aku sih mending langsung mandi aja. da cerita ni …. jika kita sering mandi sebelum subuh, tu penyakit ngak mau ke kita, dan umur kita bisa lebih panjaaaaaaaaaang

    Reply

    1. Oke, gak apa2, Mas Abu. 🙂

      Nah… kalo subuh di Surabaya ato Jakarta mungkin gak dingin… tapi bagaimana kalau mandi di udara dingin subuh seperti di Bandung? 😯

      Reply

  42. wah banyak sekali pengunjung yg masuk.. hohoho, kalau di kota besr mah pagi” malah pulusi yg ada, siang jg gt pindah kehutan aja dh lama”biar udaranya segar terus.hehe

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s