Kulit Jeruk di Kamar Saya

Akhir-akhir ini gak ada nyamuk di kamar saya.

Sama sekali gak ada nyamuk yang beterbangan, barang suaranya sekalipun.

Dan hal ini terjadi bersamaan ketika saya nggak membuang kulit jeruk bekas. Biasanya, pasti saya langsung membuang kulit buah ke tempat sampah. Tapi akhir-akhir ini juga saya enggan membuang langsung kulit jeruk ketika habis makan. Mungkin karena aromanyakeeksotisan tekstur kulitnya… atau hanya malas…? :mrgreen:

tenang, hanya kulit jeruk... kulit buah lain saya langsung buang kok...

Menurut sumber ini (Yahoo! Answers), nyamuk sangat takut dengan sumber bebauan yang menyengat, seperti kulit jeruk, bunga lavender, atau bunga rosemary. Mungkin ini salah satu penyebab kamar saya jarang bahkan gak ada nyamuknya. Tapi… tolong bantu saya, narablog sekalian yang tahu bagian-bagian tubuh serangga… apakah nyamuk benar punya hidung atau indera penciuman? 😀

Kalau menurut sumber yang ini, kulit jeruk sunkist-lah yang bisa mengusir nyamuk. Memang setahu saya jeruk sunkist itu aromanya lebih tajam dari pada jeruk biasa… tapi, sekadar info, jeruk yang ada di foto atas itu bukan jeruk sunkist, hanya jeruk shantung yang kecil-kecil itu. 😎   *tolong perbaiki nama jeruknya ya kalo salah, pokoknya jeruknya keciiiiil banget, bisa habis sekali lahap*

Hmmm… Tapi…tunggu dulu….

Ketiadaan nyamuk di kamar saya itu karena kulit jeruk, atau karena benda di bawah ini….?   😛

obat nyamuk elektrik

Ups, sama sekali gak ada maksud promosi di sini. 😆

Saya ingatkan, jangan tiru kelakuan saya yang malas dan (mungkin) jorok. Kalau habis makan buah, langsung buang kulitnya, kecuali narablog sekalian tahu pasti manfaat kulit buahnya. 🙂

——————————————————————————————————————————————————————–

Gambar hasil jepret sendiri. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.

134 Comments

  1. Kurang tau mas apakah kulit jeruk efektif atau tidak mengusir nyamuk. Menurut iklan di TV dibilang nyamuk gak suka aja, bukan berarti dia gak mau. hehehee. Mas kalau mau nampangin jeruknya donk, jangan kulitnya 😀

    Reply

  2. wah berarti secara gg langsung bang asop ini meneliti kebenaran iklan lotion anti nyamuk *sok ilmiah hho*, sya pake yang aroma kulit jeruk dan emang gg ada nyamuk ditambah aromanya enak.
    btw ini sya panggil abang gpp kan ? serasa inget One Piece *itu Usopp ya aduhh maaf maaf hhehhe*

    Reply

    1. Hehehe, saya gak bilang kalo lagi penelitian lho ya.

      Monggo, silakan, pokoknya panggil nama saya Asop ya, bukan yang lain. 😆
      Iya nih, sejak SMP saya selalu disama-samain ama kapten Usopp. 😀 Setiap ketemu temen yang jahil, ditanyain “Sop, senjata martilmu mana?” :mrgreen:

      Reply

  3. (Maaf) izin mengamankan KELIMAAAX dulu. Boleh, kan?!
    Pernah dengar juga beberapa bagian tumbuhan mempunyai khasiat pengusir nyamuk. Mereka mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Salah satunya memang kulit jeruk, daun serai, daun zodia, lavender, dll.

    Reply

  4. Senjata ampuh tuh kang Asop. Sekalian aja daun serei di simpan jg dalam kamar. Dijamin tidur nyenyak. Huehuehue….

    O ya kang Asop, saya mau nanya nih? Gmn cara nambahin teks di bwah foto kyk di post ini. Ada settinggan dari Enginge WP nya atau foto sebelumnya udah di edit dari luar sebelum di upload?
    Mohon pencerahannya?

    Sekalian mampir balik ya kang…

    Reply

    1. Aduh, daun sere? Makasih, saya cukup dengan memakannya aja. 😀

      Kalo teks-nya itu sih udah ada pilihan sejak mau meng-attach gambar. Isi aja kolom “caption”. Ada kok pilihan itu, di kotak ketika kamu mau ngatur besarnya gambar, atau letak gambar.

      Reply

    1. Mbak&Mas Erwin, jangan lupakan “faktor eksternal” lho, kamar bersih, tapi kalo sering terbuka, nyamuk bisa masuk dari luar kamar.
      Selama saya memakai obat nyamuk elektrik, gak ada asepnya, Mbak&Mas. 😀
      Kalo soal racun di udara, semua jenis obat nyamuk, semprot, bakar, dan elektrik, pasti memang ada, hanya kadarnya aja yang berbeda.

      Reply

  5. Mas asop..dulu orang tua saya punya kebun jeruk -karna di medan, tentulah namanya jeruk medan-, tapi tetep ajah di kebun saya itu banyak bgt nyamuk. Apa karna itu dikebun kali yak?! atau memang jeruk mdn ga punya efek anti nyamuk? Ga ngerti jg sh.

    Btw, kalo jeruk yg kecil2 entu dikampung saya nyebutnya baby shantang.

    Reply

    1. Saya tahu. Itu normal aja dan wajar kalo di kebun banyak nyamuk, namanya aja di kebun. Alam terbuka, apalagi kalo ada genangan airnya, jadi tempat nikmat untuk nyamuk berkembang biak.
      Bukan masalah jeruk jenis apa, tapi memang jeruk gelondongan utuh gak mampu untuk menangkal nyamuk. 🙂 Yang dipakai itu kulitnya aja. Coba, setiap kali habis makan jeruk, coba cium kulitnya, wangi kan? Kalo jeruk utuh, mau hidung sampe nempel gak ada aromanya. 😆

      Reply

  6. mengusir nyamuk tapi mengundang semut, lalat, kecoa, tikus, dan serangga terbang mirip nyamuk tapi ukurannya lebih kecil dan biasanya bergerombol yg saya tidak tahu namanya :p

    Reply

    1. Nah, Bang Tama belom pernah ngeliat kulit jeruk kering ya? :mrgreen:
      Kulit jeruk itu cepat kering, gak sampe sehari. Dan kulit jeruk gak mengundang binatang kecil yang suka hinggap di daging buah. Lain halnya kalo yang ditaruh di tempat terbuka adalah daging buah jeruknya. Saya yakin pada dateng tuh. Tapi kalo kulitnya, gak ada sama sekali.
      Dan kamar saya bersih, gak ada kecoa dan lalatnya tentu saja.

      Reply

    1. Tunggu dulu, Wiwin belom pernah lihat kulit jeruk kering ya? 😀
      Sama sekali gak terlihat jorok. Bener2 kering. Gak ada lalat, gak ada binatang kecil yang suka ngerubungi daging buah.
      Apalagi ulet (belatung), gak ada!

      Reply

  7. wah, dulu aq juga percaya ama mitos itu…

    tapi karena males beli jeruk karena mahal n emang ga gitu doyan, akirnya aq coba2 aja beli pewangi ruangan yang aroma jeruk…ya jelas gak berhasil-lah…:D

    sekarang lagi cari tanaman lavender nih, mo ditaruh deket2 jendela biar nyamuk dari kebon gak masuk2…

    Reply

  8. nama jeruknya santang Ommmmmmmmmmmm… hihihi…
    eh, bener banget lho, kulit jeruk emang bisa ngusir nyamuk, apalagi kalo kulit jeruknya ditaro’in emaknya nyamuk yang galak banget, dijamin deh, nyamuk2 tambah takut aja,,, *halah.. komen apa sih mbak iyha inihhhhhh… *

    hahhaha

    Reply

  9. hahaha sy jg kadang menggunakan kulit jeruk utk mengharumkan aroma dalam ruang sy 😉 serasa kamar habis diseprot padahal cuman bekas kulit jeruk haha 😀

    Reply

  10. coba dulu aja itu obat nyamuk elektriknya dimatiin, ngaruh apa ngga..
    kamar kost saya juga suka banyak nyamuknya..
    tapi kalo abis dipel sama aroma jeruk suka tiba-tiba pada menghilang (nyamuknya, bukan saya :D)..
    akhir2 ini juga lagi ga ada nyamuk semenjak saya menutup lobang yang ada di langit-langit, ternyata nyamuknya masuk dari situ…coba tau dari dulu… :))

    Reply

      1. iya, kayaknya sih dulunya mau dipake buat saluran AC tapi ga jadi…
        kadang suka takut juga sih kalo ada tikus yang tiba2 jatuh dari situ 😀

        Reply

  11. Wahaha, jorok tapi kreatif. Cuma lama2 ntar malah eneg sendiri ngeliat kulit jeruknya mbusuk di meja

    Ma njawab pertanyaan di atas. Nyamuk tuh emang punya indera penciuman kok. Selain itu nyamuk juga peka terhadap panas & kelembaban. Makanya nyamuk tetap bisa menemukan korbannya di tempat yg gelap & nyamuk cenderung menyukai tempat yg lembab & hangat (misalnya daerah deket rawa atau yg banyak pohonnya)

    Reply

    1. Huaaaaaaa sudah saya duga, seorang simpatisan koloni tawon bisa menjawabnyaaaa! 😀 😀
      Makasih infonya. 😳

      Eh eh eh, kulit jeruk gak membusuk kok, malah mengering. 🙂 Coba aja. Bener2 kering, gak bikin jijik sama sekali. Mirip ama kertas gitu lah. 😆

      Reply

  12. lagi eksperimen yah…

    coba matikan pengusir nyamuk elektriknya selama satu hari kemudian usap2 kulit jeruk dikulit kaki dan tangan, jika sudah berhasil… erm… selamat berarti eksperimen berhasil… kalo belum… ya berarti nyamuknya emang terusir oleh pengusir nyamuk elektrik *haiyaaaah opo toh iki >.<*

    Reply

  13. apakah nyamuk benar punya hidung atau indera penciuman?</blockquote?

    setau ane ga punya hidung deh keknya… tapi punya indra penciuman *nah lhoh?!*
    indra penciumannya itu tu brupa antena pembau… *kalo ga salah lho ya… 😆 *

    Reply

  14. Asop, nice food. MMMMMM, Tasty, can I have some?!??!?!? PLZ????? lol. Asop GIMME SOME OF THOSE CHIPS! lol. Ok I think I should stop with that.

    Reply

  15. Katanya sih emang nyamuk ga suka bau jeruk, ga tau deh kalo bau duren nyamuk mabok atau ga. Hehehehe. Tapi, kamu jorok banget ya, ada sampah kulit jeruk di kamar. Wkwkwkwwkwk.

    Reply

  16. ih, jorok!!!
    mirip papa saia…
    kalo habis makan jeruk, pasti kulitnya gak lgsg dibuang…
    kadang2 ditaruh sembarangan….hehehhe

    anw, tips kulit jeruknya boleh dicoba nih… 😀

    Reply

  17. Aroma kulit jeruk memang menyegarkan. Bahkan ada yang mengeringkannya sebagai salah satu bahan aromaterapi 🙂
    Tapi kalo kulit buah lama2 ada di kamar, bisa2 kamar jadi kecut deh 🙂

    Reply

  18. setau saya emang kulit jeruk itu bisa bikin takut nyamuk, apalagi ada anti nyamuk elektriknya, pasti lebih takut lagi!!!

    shantung itu nama salah satu jenis kain, kalo jeruk ya jeruk shantang 😛

    Reply

  19. kalo saya taunya dulu ada nenek2 gosokin kulit jeruk ke tangan, katanya ngusir nyamuk, heheheheh…ternyata diaplikasikan langsung ke tangan! harusnya di lakukan observasi dengan dan tanpa obat nyamuk electrik, apa ada bedanya? 😀

    Reply

  20. cara mengusir nyamuk itu gampang kang,,
    tinggal pasang poster cicak besar-besar ntra nyamuk pada taku..he

    Reply

  21. Wah obat nyamuk yang elektrik mirip punyaku, tapi bat nyamuk alaminya (baca:kulit jeruk) aku nggak punya dech. heeeeee

    Bener2 mencerminkan siapa si empunya kamar, wakakakakka

    Reply

  22. selama di Malang entah kenapa jarang sekali kamar saya banyak nyamuknya :-/
    tapi obat nyamuk elektrik yang dipakai ketika terasa mulai banyak nyamuk, sama kayak itu =))

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s