24
Dec
10

Kerupuk Lembek Artinya Basi?

Bisa dibilang, keluarga saya penyuka kerupuk, kecuali saya. 😀

Saya masih tidak bisa memahami apa enaknya kerupuk… memang sih, kerupuk hanya ada di Indonesia, di luar negeri mana ada kerupuk. Bisa dibilang kerupuk adalah salah satu ke-khas-an kuliner Indonesia… tapi… tetap saja saya masih belum bisa mengerti orang-orang yang berkata, “Makan gak pake kerupuk rasanya kurang lengkap,” atau “Nggak pake kerupuk rasanya gak kriuk-kriuk” seperti ibu saya. Memang kalo tanpa kriuk-kriuk kenapa? Nggak bisa makan? :mrgreen:

Nah, pertanyaan saya selanjutnya adalah, apa ya ciri-ciri kerupuk basi? 😀

Kalau kata gambar yang saya punya ini, ciri-cirinya adalah lembek.

Benarkah? Lalu, gimana kalo kerupuk saya kasih air, jadi lembek, dan apakah itu basi? 😎

Menurut saya, yang benar itu adalah “berlendir”. 😉

Kalau berlendir, pasti lembek ‘kan?   🙂

Gampangannya gini aja, menurut saya kadaluarsa sama dengan basi. Susu punya tanggal kadaluarsa (expire date). Susu yang lewat tanggal kadaluarsa pasti jadi asam, dan kalo minum itu bisa bikin merana pencernaan, dalam arti lain perut sakit. Banyak yang bilang bahwa krupuk lembek artinya udah melempem (masuk angin). Kalau ini disebut kadaluarsa, harusnya orang yang makan “krupuk lembek” bakal sakit perut. Adakah orang yang makan krupuk melempem jadi sakit perutnya?   😆

Benar-benar deh, satu kata aja yang aneh penempatannya bisa dibuat “permainan” seperti ini.  :mrgreen:

Apa narablog pernah menemukan sesuatu yang aneh seperti ini?

————————————————————————————————————————————————————————————-

Sumber gambar hasil jepret sendiri. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.

 

Advertisements

113 Responses to “Kerupuk Lembek Artinya Basi?”


  1. 24 December 2010 at 06:16

    belum pernah liat krupuk berlendir. ❓
    seringnya tanda kalo uda ga layak makan krupuk yg tadinya brukuran gedhe,
    jadi menciut *kecil*

    *ralat Bang. di Australia juga ada makanan sejenis krupuk.
    tp namanya yo bukan krupuk 😆

    • 25 December 2010 at 17:56

      Di Aussie cuman ada makanan “sejenis krupuk” kan, bukan “krupuk”?

  2. 24 December 2010 at 06:37

    klo dek malang bilang krupuk ayem hahahahahahahaahahaha……….

    • 25 December 2010 at 07:06

      hahaha, bener.

      AYEM !! 😆

  3. 24 December 2010 at 07:02

    mungkin klao basi nya y kalau udah g renyah n alot hihi..kalao lembek mah nasi kematengan y lembek 😀

    • 24 December 2010 at 15:20

      hahahahahhah…….,tul,betul,betul 🙂

    • 25 December 2010 at 17:56

      Hahahaha, nasi kelebihan air! 😆

  4. 24 December 2010 at 07:26

    haha.. masa nunggu sampe lembek sih??? #TukangKerupukYangAneh

    • 25 December 2010 at 19:16

      Saya makin bingung juga gara2 itu…

  5. 24 December 2010 at 08:39

    Baru tau, kalo krupuk kadaluarsanya bertanda ‘LEMBEK’
    ahahahaha.. 😆

    • 25 December 2010 at 19:17

      Iya, kalo gitu krupuk saya kasih air, basi dong… 😦
      Ato semisal makan sop pake krupuk, kena kuahnya, lembek, itu basi… 😆

  6. 24 December 2010 at 08:43

    saya selalu makan tanpa krupuk,
    hmm.. enak2 aja tuh…

    • 25 December 2010 at 19:17

      Sama!

  7. 24 December 2010 at 08:58

    oo baru tau kalo krupuk itu ada masa kadaluarsanya, kirain aman2 aja…. kecuali ada jamurnya *eh itu kadaluarsa ya* hehe :mrgreen:

    • 25 December 2010 at 19:17

      Ada jamur jangan dimakaaaaan!

  8. 24 December 2010 at 09:19

    Kerupuk basi? Hm, gimana ya? Setauku, kerupuk yang udah nggak kriukriuk pas digigit, itu artinya udah laas, alias udah lama.

    • 25 December 2010 at 19:18

      Nah, udah lama belum tentu kadaluarsa dong… :mrgreen:

  9. 24 December 2010 at 10:16

    Duh, Mas Asop bagaimana sih, kerupuk lembek itu artinya ya tidak laku :D.

    • 25 December 2010 at 19:18

      ….atau karena kena air. 😀

  10. 24 December 2010 at 10:32

    Emg sih ya, krupuk nggak ada rasanya. Tapi enak aja gt kalo krupuk buat tmn makan, trutama buat temen makan mie instan. Beuhh..mantabs 😀

    • 25 December 2010 at 19:18

      Boleh nih saya coba sekali2, makan mi pake krupuk.

  11. 24 December 2010 at 10:35

    krupuk yang udah berlendir… selama ini belum pernah nemuin, ada juga udah nggak kriuk/ayem… itu bukan basi sie… >.<

    • 25 December 2010 at 19:19

      Sama, saya juga belum pernah nemu krupuk berlendir.

      Jadi, krupuk basi gimana?

  12. 24 December 2010 at 11:07

    Kalo gue sih penyuka kerupuk. Tapi gak sampe “ga ada kerupuk ga lengkap” juga sih. Tergatung makanannya. Misal makanan berkuah seperti soto, itu enaknya pake kerupuk. Cinta bgt deh gue sama kerupuk.

    *salam kriuk*

    • 25 December 2010 at 19:20

      Soto… pake krupuk?
      Jarang gue liat kayak gitu…. 😛

  13. 24 December 2010 at 11:21

    Aku belum pernah menjumpai kerupuk berlendinr, paling mplempem (alot/ sulit dicuil)
    memang ada yang menganggap kurang lengkap kalo tak ada kerupuk,
    karena meskipun saya juga bisa makan tanpa kerupuk, tapi saya lebih suka pake kerupuk, karena ada fariasinya.

    • 25 December 2010 at 19:19

      Selera orang beda-beda yah..

  14. 24 December 2010 at 13:35

    krupuk basi .. baru denger yg begini …. hehehe 🙂

  15. 24 December 2010 at 13:36

    yah bener dunk lembek….mungkin maksudnya melempem kali…

    mana ada kerupuk berlendir???

    • 25 December 2010 at 19:21

      Nggak tahu juga saya, saya cuma ngasal.
      Terus apa dong ciri krupuk basi?

  16. 24 December 2010 at 13:36

    Mungkin maksudnya lembek itu tidak kriuk lagi sob. Coba kerupuk didiamkan selama 3 minggu deh biar maksimal. Maka kerupuk menjadi lembek tidak kriuk lagi dan juga sangat alot. Kalo ditempat saya namanya masuk angin. kedaluarsa belum tentu basi sob… coba aja mie instan yang udah kedaluarsa masih tercium bau yang nikmat koq…

    • 25 December 2010 at 19:24

      Lho, kadaluarsa belum tentu basi?
      Benarkah?
      Kok aneh ya pemahamannya…
      Kadaluarsa ya itu basi. 😀

      Expire date itu artinya tanggal kadaluarsa, dan kalo udah lewat itu, makanan berbahaya jika dimakan. COntoh, susu. SUsu udah lewat tanggal kadaluarsa masa’ masih nikmat diminum? 😆

      Perihal mi instan enak meskipun udah kadaluarsa ya itu karena pakai bahan kimia. 😛 Lagian udah mi instan, basi pula, kok masih dimakan…. 😦

  17. 24 December 2010 at 13:59

    kalo kertas merknya udah berlumur minyak seperti diatas, bisa jadi krupuknya udah kena angin atau terlalu beberapa hari makanya jadi lembek gak nikmat dimakan

    • 25 December 2010 at 19:25

      Entahlah, saya rasa semua krupuk berminyak meskipun sedikit. Jadi, wajar aja kalo kertasnya berminyak. 😀

  18. 24 December 2010 at 14:46

    yang jelas, emang ada proses “melempemisasi” he he..tapi moga2 itu gak dikaitkan dgn semangat bangsa kita saat ini. Aku pengin Indonesia teteap kayak krupuk seger yg “kriuuukk..” nggemesin..

  19. 24 December 2010 at 14:56

    Lembek? mungkin itu masih adonen kerupuk yang belum digoreng, hehehe…
    jadi keinget bubur ayam, yang lembek tapi enaaaaaaaaakkk,, ehhehehe

    • 25 December 2010 at 19:26

      Ah, bubur ayam gak ngenyangin…. 😦

  20. 24 December 2010 at 15:21

    tapi satu hal yang saya tahu, kalao kruuknya lembek alias berlendir atao apalah 😆
    rasanya jadi gak kriuk-kriuk dan gak enyak :mrgreen:

  21. 24 December 2010 at 17:11

    basi itu kerupuk yg kedaluarsa kalau kata orang sunda “liat” dan kalau orang jawa bilang “mlempem” jadi lembek ga berarti basi mas itu menurutku.

    Salam Kenal

    • 25 December 2010 at 19:27

      Memang, itu juga menurut saya. 😀

      Lembek = Melempem = masih bisa dimakan (meskipun gak enak). 😀

  22. 24 December 2010 at 17:49

    aku malah belum pernah ketemu sama krupuk yg berlendir…kalo yang mlempem sering…hehehee

    • 25 December 2010 at 19:27

      Sama, saya juga belum pernah nemu.

  23. 24 December 2010 at 19:07

    Asop…kerupuk merk ini itu krupuk wajib yang ada di rumah saya!
    Ukurannya macem-macem, dari yang guueedee, sampe kerupuk yang bantat alias nggak mekar…
    Hehe, saking sukanya sama kerupuk, saya pernah bikin posting yang judulnya ’empat sehat lima kerupuk’
    😛

    • 25 December 2010 at 19:28

      Ah, luar biasa, pecinta krupuk….

  24. 24 December 2010 at 19:45

    Sob,kalo menurut saya sih,krupuk yang basi itu..yah krupuk yang gak kriuk-kriuk 😀

    • 25 December 2010 at 19:29

      Menurut saya, “basi” jika diminum/dimakan bakal bikin pencernaan merana, alias perut sakit.
      Pertanyaannya sekarang, apakah makan krupuk melempem alias lembek bisa bikin sakit perut?

  25. 24 December 2010 at 20:28

    saya belum pernah lihat kerupuk basi… jadi tdk bisa menilai apakah kerupuk basi itu cirinya berlendir 😀

    • 25 December 2010 at 19:30

      Sama, saya juga gak tahu. Belum pernah.
      Setahu saya, di rumah krupuk selalu habis sebelum kadaluarsa (yang entah kapan). 😀

  26. 24 December 2010 at 23:03

    Ijin ketawa denger “kerupuk berlendir”
    Berarti kita beda dong, kak… Denuzz suka kerupuk, banget. Emang sih bagi maniak kerupuk, makan tak ada kerupuk hampa rasanya…

    Kerupuk basi mah mungkin kerupuk yang udah “lempam”

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

  27. 24 December 2010 at 23:47

    kerupuk sebagai snack buat nasi uduk atau makan tertentu enak kok. mungkin kang asop memang engga hobby aja kali ya? 😀

  28. 25 December 2010 at 01:24

    kalo di luar negeri adanya chips. ini kerupuk juga kan? 😀

    • 25 December 2010 at 19:31

      potato chips? 😀

  29. 25 December 2010 at 08:18

    wah, ane heran ente gak suka kerupuk gan. masalahnya ane suka banget ama kerupuk. ckckckck

  30. 25 December 2010 at 09:45

    Kadalursa : Lembek
    Belum pernah liat label yg seperti ini.
    Tapi kalo sudah gak ‘kriuk’ pasti gak enak dimakan

  31. 25 December 2010 at 11:48

    Happy holiday…happy holiday…*cucian numpuk* 🙂

    DK

    • 25 December 2010 at 19:31

      Sana nyuci dulu. :mrgreen:

  32. 25 December 2010 at 12:50

    Berlendir dan bau asem 😀

    • 25 December 2010 at 14:37

      curiga kalo yang bau Asem :mrgreen:

    • 25 December 2010 at 19:32

      Benar, Pak!

  33. 25 December 2010 at 14:02

    HHA KALAU BERLENDIR MEMANG BENER TU OM ASOP HHE, KEINGET PELAJARAN BIOLOGI TENTANG BAKTERI NI. KAN BAHAS BAKTERI YANG BERLENDIR GITU UNTUK MELEKAT HHE. SLAM YA OM ASOP HHE

    CAHYA NUGRAHA
    ATI-ATI SENDAL SETAN DI JALAN:P

    • 25 December 2010 at 19:32

      Tolong jangan nulis pake huruf besar semua dong… 😦
      Pelajari netiquette. 😦

  34. 25 December 2010 at 17:43

    Kl tinggal di negara dingin mah kerupuk walau enggak di tutup dan dibiarin di luar toples, enggak akan kempot, peot dll :mrgreen: nah gimana tuh …

  35. 25 December 2010 at 18:31

    . hahaha , baru tau aku ada tgl kadaluarsa : lembek .
    . berarti kalau uda lembek, digoreng lagi ga jadi kadaluarsa donk, hehe

  36. 25 December 2010 at 20:40

    lembek adalah ketika orang dimarahin sekali aja langsung nangis *edisi pekerja kantoran

    • 27 December 2010 at 19:18

      …itu lembek hatinya… 😆

  37. 25 December 2010 at 20:44

    wah ini ngomongin penganan favorit saya nih.. kjalau di tempat saya istilah buat krupuk lembek namanya krupuk ayem kang Asop…

    • 27 December 2010 at 19:19

      Ah, iya, ada yang menyebut ayem….

  38. 25 December 2010 at 20:59

    wah kalo kerupuk dicelupin air kan jadi lembek,, jadi juga belum tentu basi kok.. kerupuk basi itu jika rasanya sudah berubah tidak enak

    • 27 December 2010 at 19:19

      Nah, saya belum pernah nemu yang begitu.

  39. 25 December 2010 at 21:14

    Kalo udah lembek, namanya melempem. Kalo melempem, gak kriuk lagi. Kalau gak kriuk lagi, namanya bukan krupuk, tapi klupuk… hehehe….

    • 27 December 2010 at 19:21

      Lucu….

  40. 25 December 2010 at 22:32

    keluarga saya juga pecinta krupuk, mulai dari krupuk bandung, krupuk bawang, kruput trasi, kerupuk rambak dll bnyak deh pokoknya :p

    • 27 December 2010 at 19:22

      Kalo rambak, saya suka.
      Tapi..
      Bikin kerongkongan gatel juga…

  41. 25 December 2010 at 23:17

    Saya rasa lembek belum bisa dijadikan ukuran kadaluarsa. Kerupuk kalu wadahnya terbuka alias terkena angin akan melempem dan tidak renyah lagi dimakan alias alot. Tapi kalau kelaam bisa muncul juga bau yang tidak enak atau basi and berjamur

    • 27 December 2010 at 19:23

      Saya tahu.
      Mungkin produsen tsb gak mau krupuk buatannya dimakan saat lembek, makanya dilindungi dengan cara itu. 😀
      Sayangnya, konsumen ‘kan pintar. :mrgreen:

  42. 25 December 2010 at 23:58

    wahh parah kadaluarsanya sampe lembek!!!

  43. 26 December 2010 at 00:27

    Maksudnya itu kalau krupuknya kena kuah berarti sudah basi 😆
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • 27 December 2010 at 19:23

      Iya, gimana ya Mas?

  44. 26 December 2010 at 08:19

    Hahaha… unik…. Biasanya informasi batasan kadaluarsa itu pake tanggal, tapi ini cukup dgn satu kata yg sederhana, “lembek”. Thx atas sharingnya, Sob 🙂

    • 27 December 2010 at 19:24

      Sama-sama. 🙂

  45. 26 December 2010 at 16:34

    hahaha seinget Pege, seumur idup belum pernah nemu ada kerupuk yang di kemasannya ada note kadaluarsa begitu..
    yang penting masih kriuk dan bukan punya orang, makan aja.. 😛

    • 27 December 2010 at 19:29

      Kalo punya orang jangan ya…. 😀

  46. 26 December 2010 at 21:17

    Ah kerupuk…tunggulah kemunculanmu dlm Indonesia banget 🙂 perlu moto kerupuk sebanyak2nya nih ;p

    • 27 December 2010 at 19:42

      Sip, Mbak Nov!

  47. 27 December 2010 at 09:02

    belum pernah liat kerupuk basi…. mungkin karena kadar pengawet dab minyaknya terlalu banyak :p

    • 27 December 2010 at 19:52

      Sama saya juga belum pernah…
      Saya yakin alasannya karena kerupuk selalu habis duluan sebelum sempet basi.

      • 27 December 2010 at 21:43

        haha, setuju. Krupuk nggap pernah sempat basi..

  48. 27 December 2010 at 11:16

    yang ingin saya liat adalah fenomena Aq*a basi, kan dia juga punya expired date tuh, trus “bentuk” basi-nya kaya apa??? lumutan-kah??? berubah warna-kah???

    yang kedua itu minyak kayu putih, apa perubahan yang akan terjadi jika dah nyampe ke ED-nya???

    saya harap jawaban Saudara dapat kami terima dalam waktu yang tidak terlalu lama, sekian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih!

    • 27 December 2010 at 19:56

      Kalo Aqua, saya juga penasaran. 😀
      Minyak kayu putih, mungkin baunya semakin “sangit”. 😆

      Maapkan kami yang belum mengerti apa jawabannya ini.

  49. 90 Zizima
    27 December 2010 at 14:15

    hihi baru tau ada kaya gitu.. biasanya krupuk yang udah basi itu cenderung bau.. baunya kaya kaos kaki 😀

    • 27 December 2010 at 20:01

      ….artinya…. menyeramkan! 😀

  50. 27 December 2010 at 21:02

    lembek sama melempem beda kali ya?>
    lebih beda lagi dg berlendir..
    klo d betawi melempem = ulet…

    klo dah melempem, memang g enak dan g sip buat dimakan.

    • 28 December 2010 at 16:25

      Malahan krupuk melempem itu keras ya Mas…. 😦

  51. 27 December 2010 at 22:49

    Hahahahah…makin pusing bacanya…. kalo melempem, bisa di goreng lagi tuh mas, wkakakakaka.. kalo kadaluarsa kalo jamuran kayanya dan baunya apek, wkakakakak…. ciimw

    • 28 December 2010 at 16:27

      Nah, sayangnya, saya belum pernah liat krupuk yang kadaluarsa, keburu habis duluan ama orang2 rumah. 😆

  52. 28 December 2010 at 13:28

    Yang pasti, kalau saya makan kerupuk melempem jadinya sakit ati. Sudah diniatin makan untuk merasakan garing dan bunyi kriuuuk-nya, yang ada cuma angin dan suara mendesis! Sakit ati…

    🙂

    • 28 December 2010 at 17:06

      …. untung bukan sakit gigi, Mas…. 😀

  53. 28 December 2010 at 15:15

    ahaha saya baru tau tuh kalo lembek=kadaluarsa

    • 28 December 2010 at 17:07

      Mungkin Prof mau mengujinya? 😀

  54. 28 December 2010 at 22:36

    aduh ya ampun gitu amat mas
    hehe
    ini saya sudah sedang main, sudah lama sangat sekali saya tidak mainmain…. ;p

    • 29 December 2010 at 14:45

      Main apa?
      Ajak2 dong. 😆

      • 11 January 2011 at 00:00

        maksudnya main ke blognya mas asop,hehe.
        kan dah lama ga main kesini ;p

  55. 29 December 2010 at 15:38

    Nah kalo saya makan sayur sop pake kerupuk kan jadi lembek.
    Duh, pabrik kerupuknya bikin rancu nieh. Lebih baik dibikin tgl kadaluarsa aja.

    • 29 December 2010 at 16:50

      Hahahaha… memang aneh ya. 😀

  56. 105 Galuh Lintang
    31 December 2010 at 21:42

    kerupuk tengik, itu kadaluarsa artinya *selain liat expired date-nya

    • 1 January 2011 at 20:48

      ….mana ada expire date krupuk..? 😀

      Makanya itulah kami semua bingung. 😆

  57. 10 January 2011 at 12:08

    iya ya, kalo direndam pake air kan kerupuknya jadi lembek, basi ga tuh.. tapi kalo makan krupuk lembek yg disiram pake air (misalnya kuah soto) itu kan g bakalan sakit perut, artinya g basi dong..

  58. 108 amitokugawa
    25 May 2011 at 23:27

    postingan yang menarik 🙂
    setahuku, kenapa kita jarang nemu kerupuk basi karena kerupuk itu kering (yang mentahnya apalagi, udah kering, keras lagi)
    tapi kalo udah lembab, bisa ditumbuhi jamur, dkk, mungkin bs jadi basi

    nah, kalo soal mi instan, kenapa udah lewat tgl kadaluwarsa ‘kelihatannya ga basi’
    ya, karena minya masih dalam kemasan, masih kering, belum diseduh/dimasak
    kalo mi instan yg udah dimasak, trus dibiarin semalam, kan berlendir n baunya aneh, nah itu mungkin dikatakan ‘basi’

    kayaknya kata ‘basi’ cenderung digunakan utk makanan/minuman/produk yg ga layak dan bau/rasa/penampilannya udah ga bagus lagi, kalau batas kadaluwarsa sih batas maksimal suatu produk boleh digunakan dan terjamin kadar/mutunya, tapi belum tentu penampilannya berubah (kalo penampilannya berubah sih udah jelas 🙂 )

    *maaf komen kepanjangan,semoga masuk*

    • 26 May 2011 at 13:56

      Hohhoho, tak apa2, saya malah senang kalau komentarnya panjang.

  59. 24 November 2011 at 14:01

    Dea penggemar krupuk banget dan rajin beli kerupuk DDN itu. Tapi baru sekarang Dea sadar kalo indikasi kadaluarsa menurut kemasan itu tuh “Lembek”.

    Hahahaaha …

    Menghibur deh =D

    • 24 November 2011 at 20:58

      Iya aneh ya…

  60. 112 Chyntia
    25 September 2012 at 21:47

    Menurut saya sih kerupuk yg mlempem bin liat itu blm basi. Kenapa? Soalnya ada bahan yg bikin si kerupuk ga basi yaitu terigu. Nah yg bikin merekah pas lg digoreng dan yg bikin menciut itu kandungan telurnya dan acinya. Tapiii jaman skrg banyak tuh kerupuk pake formalinyaa. Makanya bg maniak kerupuk cari kerupuk yg ga terlalu putih bersih yaaah

    • 7 August 2013 at 04:31

      Sip deh, makasih banyak infonya. 🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 972 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: