[Foto] Hewan Kecil Merah Apa Ini?

Lagi, sebuah foto makro serangga. 😀

Ini saya dapatkan dalam sebuah perjalanan yang “tak disangka-sangka” seminggu lalu. :mrgreen:

Ini serangga apa ya? Warnanya bagus sekali, merah. Saya suka warnanya. 🙂

Ehem, sekali lagi, mungkin Mas Ali, simpatisan republik Eusosialis Tawon, atau narablog sekalian ada yang tahu serangga apa ini? 🙂

UPDATE!

Saya menggunakan kamera saku digital di sini, bukan SLR. 🙂  Jadi, kita semua bisa mendapatkan foto bagus dengan kamera saku, tinggal kita sebagai pengguna sabar dan telaten. 😀

————————————————————————————————————————————————————————————-

Sumber gambar hasil jepret sendiri. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.

96 Comments

  1. Nih serangga sering da di sawah deket kampuang tetik, nempel di bunga yang bisa bunyi “cetook ” kyak gitu… mainan tetik pass kecilll…. emang serangganya lucu dan warna warni….
    dah lama juga kagak liat nih serangga >_<
    kalo namanya kagak tau juga tuh….

    Reply

  2. saya pernah juga menemukanya tetapi belum tahu sampai sekarang apa namanya yang saya tahu serangga saja tapi secara spesifik ngga tau namanya.

    Salam

    Reply

  3. wah, saya malahmengagumi pengambilan fotonya tuh.. keren..

    hewannya juga unik… mungkin hasil perkawinan silang kecoa sama lebah kali ya.. he.. 🙂

    Reply

    1. Eh teman saya nggak ngerti ternyata. berhubung akhirnya saya ikut penasaran, tak cobak cari di gugel. Yang paling mirip, namanya kumbang merah. Nama kerennya, Bright red beetle (Box elder bug).

      Reply

  4. kayanya ini serangga yang belums empurna badannya…sayapnya masih pendek begitu, kemungkinan ini masih nimfa, akan berkembang menjadi dewasa dengan ukuran yang lebih besar dan sayap yang sempurna… *sotoy!

    Nice macro mas…

    Reply

  5. sorry Sop, saya telat hadir..
    kalo gak salah serangga tersebut namanya “bapak pocung”,
    biasanya dia ada dipohon randu..

    demikian pendapat saya

    Reply

  6. Wow blog yang keren nih, nambah khazanah tuk tafakur alam. Dulu ketika saya SMA dapat tugas dari guru menggambar mencari daun yang punya bentuk pola tulang yang unik untuk dibuat sablon, dalam pencarian itu saya terkagum-kagum karena ternyata kalau diperhatikan Allohu Akbar Maha Karya Sang Khaliq dalam bentuk daun saja pun ternyata sangat indah dan beragam.
    Salam kenal buat semuanya semoga dengan banyak memotren fenomena alam di sekeliling kita akan menambah keimanan dan ketaqwaan kita pada Sang Khaliq. Amiin Yaa Robbal Alamin.
    Mampir ya di http://deepyudha.blogspot.com/2010/12/pemuda-dan-teknologi.html.
    Makasih…

    Reply

    1. Alhamdulillah, makasih udah mau menyempatkan waktu Mas untuk datang ke sini… 😥

      Salam kenal. 🙂
      Sebisa mungkin saya kunjungi nanti, Mas. 🙂

      Reply

  7. Ooo ini, kalau gak salah namanya
    BEMO
    itu yang namain saya dan teman-teman waktu kecil, karena warnanya merah sama kayak Bemo (Bajaj sih lebih tepatnya)
    Tapi, kalo nama ilmiahnya saya juga ga tau sampai sekarang, yang jelas kayaknya itu termasuk dalam keluarganya kumbang-kumbangan mungkin..hehe 😉

    Reply

  8. Hmmm, kalau saya gak salah itu sejenis walang sangit alias kepik perisai (shield bug). Dan kalau dilihat dari sayapnya yg masih kecil, kemungkinan itu kepik masih kecil alias dalam tahap nimfa. Soalnya kepik dewasa itu sayapnya menutup bagian belakangnya secara utuh & bagian punggung (abdomen) yg garis-garis itu ga bakal keliatan. Yg pasti juga bukan kumbang karena kalau kumbang tuh bagian punggungnya pasti ketutupan sayap semua

    Klo nama spesiesnya saya kurang tahu ya. Nanti saya coba cari-cari lagi kalau ada waktu

    Reply

  9. kalau di daerah saya;tepat nya pulau weh ,[sabang] binatang itu kami sebut ,memet,aneh nya waktu masa kami kecil kami menggunakan nya sebagai teman bermain,sejauh yang saya tau tidak berbahaya dan kami sering menangkap dan meyanyimpan nya kedalam wadah trans paran,karna suka melihat warnanya yg cantik,merah gitu lhoo.

    Reply

  10. wah sya tertarik gan dengan poto micro sprti ini dan sya sangat suka ,,,,kira kira ada teknik khusus gak ?

    Reply

    1. Gak terlalu sulit kok. 🙂
      Pastinya, dekatkan kamera sedekat mungkin dengan objek. Ini juga tergantung kemampuan kamera dan lensanya.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s