28
Dec
10

[Foto] Belalang Dari Jarak Dekat

Foto kali ini sama, foto makro, dengan objek serangga, dan diambil pada waktu yang sama ketika saya mengambil gambar serangga sebelum ini. 🙂

Nah, serangga ini baru mirip ama kamen rider atau masked rider. 😀

Hehe, hewan yang cantik ya…. 😳

UPDATE!

Banyak yang mengira saat saya mengambil foto-foto makro belalang ini, yang ini, ini, dan ini menggunakan kamera SLR. SALAH BESAR! 😀 Saya nggak memakai kamera DSLR saya. Semua foto-foto jarak dekat atau makro tersebut saya ambil dengan kamera saku digital Nikon Coolpix L110. Alasannya, kamera saku tersebut bisa mengambil gambar hingga sedekat kurang dari 1 cm dari objek, dan juga memang saya belum punya lensa makro untuk SLR. 😥  Nanti, sebagian besar foto makro yang akan saya terbitkan adalah hasil jepretan kamera saku. Tanpa kamera SLR pun kita semua masih bisa menghasilkan foto yang bagus, asal menguasai seluk beluk kamera kita dan mengerti hal-hal dasar fotografi. 🙂
————————————————————————————————————————————————————————————-

Sumber gambar hasil jepret sendiri. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.
92 Responses to “[Foto] Belalang Dari Jarak Dekat”


  1. 28 December 2010 at 05:28

    wow emang kalo pake DSLR keren…

    mungkin perlu dikasih judul menarik nih, biar terkesan ada maknanya 🙂

    • 28 December 2010 at 16:28

      Eits, ini pake kamera saku digital lho Mas. 😀

      • 28 December 2010 at 22:48

        wow keren banget kalo gitu, bisa dimaksimalin hasilnya 😉

  2. 28 December 2010 at 06:34

    Bagus mas gambarnya..angelnya krennn

  3. 28 December 2010 at 07:35

    Bagus, lumayanlah,, 😆

    • 28 December 2010 at 16:29

      Sip, saya masih belajar. 😆

  4. 28 December 2010 at 07:35

    Wahhh tambah banyak nih koleksi fotonya……
    btw nih bogg adem ayem ja gak keserang demam timnas…

    • 28 December 2010 at 16:30

      Saya gak mau terlalu mengekspos timnas, Bun, nanti semakin dipuji dan dibahas, waktu kalah rasa kesal juga makin besar. 😐

  5. 28 December 2010 at 07:58

    jadi pengen kamera DSLR.. 😦

    • 28 December 2010 at 16:31

      Lho, ini saya ngejepret pake kamera saku digital lho. 🙂

  6. 28 December 2010 at 08:07

    request objek foto bisa ga???
    ganti kucing gitu.. ato kupu-kupu… ato kelinci…

    • 28 December 2010 at 16:53

      Lho kucing kan udah, Bun. 😀

      • 29 December 2010 at 15:25

        kucing yang di-belatung-in itu donk, bisa gak???

        • 29 December 2010 at 16:33

          Walah Bun, itu bisa bikin blog ini heboh!! 😛

          Tenang, saya ada foto yang bisa bikin kebanyakan wanita merinding “kegelian”. :mrgreen: fufufufu….
          Tunggu tanggal mainnya…

  7. 28 December 2010 at 09:10

    Keren mas fotonya.. Ciamik Poll..

    salam hangat,
    Kompetisi WEB Kompas MuDa & AQUA

  8. 28 December 2010 at 09:26

    Belalang ini kalau tidak salah didaerah Jawa Tengah diperjual belikan di pinggir jalan cak dan bisa dimakan katanya sih rasanya gurih tapi aku blum pernah memakannya. Jo lali….

    • 28 December 2010 at 10:54

      di jogja tepatnya wonosari jg banyak mas..
      saya sering makannya 😀

      memang gurih tp kalau yg gak tahan, seluruh badan bs alergi gatal²

      • 28 December 2010 at 16:57

        Katanya tinggi protein ya…? 😯

    • 28 December 2010 at 16:54

      Iya Mas, saya pernah lihat acaranya si Gundul di Trans7, dia makan belalang bakar ama goreng. 😀

  9. 28 December 2010 at 10:30

    Hobby menarik memperkaya batin, nice blog kunjung balik yaa di http://deepyudha.blogspot.com/2010/12/pemuda-dan-teknologi.html
    Trims….

  10. 28 December 2010 at 10:55

    mas asop nih kalau photo makro hasilnya keren2 yaahh.. mata belalangnya keliatan jelas sekali

    • 28 December 2010 at 16:58

      Alhamdulillah, dapet pujian…. 🙂

  11. 28 December 2010 at 10:58

    miripppp 😀
    itu lg di epan rumah ya Sop?

    • 28 December 2010 at 17:01

      Bener di depan rumah, tapi bukan di depan rumah saya, di depan rumah tetangga. :mrgreen:

  12. 28 December 2010 at 12:05

    Belalang itu kalau dilihat-lihat imut juga yah…..
    Apa karena yang moto imut?

    *aku yakin si asop langsung ngaca dan nggak pergi-pergi dari depan cermin*

    :mrgreen:

    • 28 December 2010 at 17:02

      Kagaaaaaaak lah Mbaaaak! 😆 😆 😆

      Saya…
      Nggak se-GR itu… hihihihi… :mrgreen:

      *soalnya saya udah tahu sejak dulu kalo saya imut*

  13. 28 December 2010 at 12:07

    Kalo warnanya item
    aku bilang Satria Baja hitam deh :))

    • 28 December 2010 at 17:03

      Hahaha, bener2 mirip ya. 🙂

  14. 28 December 2010 at 14:29

    masih inget permainan apa yang kamu mainin waktu kecil??
    yuukk.. simak postingan seru, kocak, n menarik di blog pelangii..

    http://pelangiituaku.wordpress.com/2010/12/27/back-to-childhood-ala-geng-semoga-eksis/

    jangan lupa kasih komentar yaaa
    makasiiih temanku sayangg 🙂

    salam,
    pelangiituaku

  15. 28 December 2010 at 15:10

    keren jepretannya bro

  16. 28 December 2010 at 17:53

    wah dugaan saya sebelumnya juga ini pake DSLR, wah biarpun kamera saku, kalau yang jepret profesional ya hasilnya bagus ya …

    • 28 December 2010 at 19:58

      Itu benar, sering2 aja ngambil gambar supaya terbiasa. 😉

  17. 28 December 2010 at 17:55

    Kalau saya pinjam kameranya anak saya Mas…
    Kebetulan dia hoby fotografi dan kameranya lumayan manteb…

  18. 28 December 2010 at 18:52

    kamera yg ente pakai itu meskipun bukan SLR, tp bukan pocket sembarangan Sop…
    harganya pun setingkat SLR,,, sama saja lah klo gitu mah… 😀

    itu lbh mirip BELALANG TEMPUR nya KSATRIA BAJA HITAM !

    • 28 December 2010 at 19:54

      Nggak Mas, kalo gak percaya cek aja harganya ke toko kamera terdekat, ato kunjungi situs nikon-usa. 🙂
      Harga kamera saku saya itu setengah harga SLR termurah. 🙂

  19. 28 December 2010 at 19:17

    enaknya bandung, masih banyak serangga kek ginian ya
    di jakarta udah pada jaranggg

  20. 28 December 2010 at 21:02

    Kalau di Jawa namanya “Walang Kadhong”

  21. 28 December 2010 at 21:55

    belalang tempur

    • 29 December 2010 at 14:45

      Hahaha, motornya kamen rider… :mrgreen:

  22. 29 December 2010 at 02:46

    tergantung dari cara seseorang tersebut trik memotretnya..

    salam

  23. 29 December 2010 at 07:25

    bagus mas jepretanya tapi judulnya di ganti aja kang seperti”oh belalang ku” biar lebih mantap gitu
    :))

    • 29 December 2010 at 14:46

      Nggak ah, itu lebay dan bohong, kan bukan belalang saya. 😀

  24. 29 December 2010 at 08:45

    betul mas…..yang penting yang motonya bisa mengambil foto dengan benar dan baik….

  25. 29 December 2010 at 12:46

    Belajar teknik macro ya sop?
    hihi, nice 🙂

  26. 29 December 2010 at 13:04

    emang bagus fotonya, ada bakat dibidang fotografer mas

  27. 29 December 2010 at 13:31

    Keren bgt hasil jepretannya, saluuut…!
    jgn2 fotografer handal ya???

  28. 29 December 2010 at 14:57

    iya, judulnya yang harus dikerenin dikit…. baja hijau kek (biar g sama dengan baja hitam)

    • 29 December 2010 at 16:34

      Gyahahaha, oke, saran saya pertimbangkan. 😀
      Banyak juga yang menyarankan begitu. :mrgreen:

  29. 29 December 2010 at 14:59

    Hai asop, lama tak berkunjung ke sini 😉
    makin mantap aja hasil jepretannya asop

    ini foto makro ya

    • 29 December 2010 at 16:34

      Ehehehe, aduh saya juga udah lama gak mampir ke rumah Mbak…. 😎

  30. 29 December 2010 at 15:03

    Asop, saya nggak terlalu paham fotografi, tapi yang jelas foto belalang ini bener-bener bikin merinding…*saya termasuk orang yang histeris kalo ada hewan-hewan yang bisa tiba-tiba loncat ke tubuh manusia*
    😛

    • 29 December 2010 at 16:40

      Ehem… *batuk*
      Nanti ada lagi Mbak, foto yang bakal bikin kebanyakan wanita merinding “kegelian”. :mrgreen: fufufufu….

      Tunggu tanggal mainnya… 😀

  31. 29 December 2010 at 16:10

    Jadi inget waktu getol-getolnya motoin serangga dulu..

    • 29 December 2010 at 17:30

      Motoin tumbuhan juga.. 😀

  32. 29 December 2010 at 16:24

    Dulu saya sempet minder pake kamera saku, namun ketika teman dibagian fotograper mengajari caranya, ternyata asyik juga koq. memang sih, katanya lebih enak pake DSLR.

    My last Blog Diet;Berat Ideal vs Bentuk Ideal

  33. 29 December 2010 at 16:30

    Kamera merk apa mas? dari type DSLR?

    • 29 December 2010 at 22:58

      Nggak Pak, cuma kamera saku. Nikon. Tapi merek gak penting, sama aja. 🙂

  34. 29 December 2010 at 18:01

    Yup, saya selalu encourage teman untuk pakai pocket juga tetap bisa jepret2, pocket jaman sekarang juga banyak yang dibekali teknik poto simple tanpa harus banyak pengaturan, seperti macro ini 🙂
    Sedangkan DSLR, ya, saya sendiri belum bisa mnegambil gambar “semacro” ini… 🙂 apalagi sampai yang kaya kucing wkatu itu, hahahahah… that was really close, LOL…

    camera is bout the man behind it 🙂 salam mas…

    • 29 December 2010 at 22:59

      Yap, it’s the man who behind the camera. 🙂

  35. 29 December 2010 at 18:44

    bagus bro hasil makronya,
    cuma kurang fokus ya objeknya.
    atau karena background sama belelangnya sama sama ijo ya?

    • 29 December 2010 at 22:59

      Oh ya? Buat saya udah fokus keduanya. 🙂
      Sip lah, semua masukan saya terima. 😀

  36. 62 An
    29 December 2010 at 20:08

    gendut pisan itu belalang
    jadi inget belalang goreng..hehe

    :mrgreen:

    • 29 December 2010 at 23:00

      Udah pernah makan ya? :mrgreen:

  37. 29 December 2010 at 20:21

    kapan aku di foto kang? hehe
    salam

  38. 29 December 2010 at 20:43

    yg penting hasilnya bagus….

  39. 29 December 2010 at 21:00

    wah, waktunya update ke lensa 50mm 1/1.4 nech,
    biar zoomnya makin keren

    • 29 December 2010 at 23:01

      Boleh, tapi ini saya ga pake zoom lho ya, saya dekatkan kameranya ke objek. 😀
      Dekeeeeeeet banget…. 🙂

  40. 29 December 2010 at 22:36

    wah…poto belalangnya keren, Kawan.,…
    bener, emang mirip sama Masked Rider..he..he…….mantabs…

  41. 30 December 2010 at 01:36

    Saya kira itu pake DSLR 🙂

    • 30 December 2010 at 12:02

      Nggak. 🙂

  42. 30 December 2010 at 07:13

    mntap mas kembanging trus ya

    • 30 December 2010 at 12:04

      ….apanya yg dikembangin?
      Kemampuan fotografi saya?
      Kalo ya, itu jelas. 🙂

  43. 30 December 2010 at 09:44

    Sop, aku juga baru nyoba foto belalang pake kamera saku, tp hasilnya jelek banget. Bgmn caranya ya sop

    • 30 December 2010 at 12:08

      Ooooh, kalo gitu jangan lupa ubah mode pemotretannya ke mode makro. Itu, biasanya mode yang simbolnya bunga. Itu untuk foto jarak dekat. 🙂

  44. 30 December 2010 at 17:52

    Beruntung sekali. Kalau aku cuma bisa foto2 obyek itu hanya dengan menggunakan HP kamera saja. Soalnya, hanya itu yang aku punya 😦

  45. 31 December 2010 at 15:08

    kelihatan begitu dekat belalangnya 😀

  46. 31 December 2010 at 15:20

    gimana skill yang mpunya kamera juga mas hahaha 😀
    nice pict..ijoooo

  47. 31 December 2010 at 15:37

    wuidih keren sop 😀

    • 1 January 2011 at 21:07

      …saya juga keren lho. 😆

  48. 1 January 2011 at 22:28

    mukaknya kok ga keliatan jelas gan ?

    bening sih gambarnya.. :))

    • 3 January 2011 at 20:21

      Gambar… bening? ❓

  49. 82 bhiberceloteh
    3 January 2011 at 01:25

    Angle-nya bagus Sop, you’re definitely getting better and better!
    NICE! 🙂

    • 3 January 2011 at 20:35

      *cough*
      Thanks.

  50. 8 May 2011 at 09:13

    wah wah wah, pake nikon L110 ya kang? itu kamera yang mau saya beli, susah ga mas makenya? soalnya kamera yang saya pake sekarang agak susah makenya, gampang banget shake

    • 8 May 2011 at 10:19

      Yap, L110. Saya tidak menyarankan model ini, soalnya gak ada mode pengaturan manual. 😛
      Saya terbujuk ama kemampuannya dalam foto makro. Bisa mengambil gambar dekat sekali sampai kurang dari 1 cm dari objek lho. Tapi kelemahannya ya itu, gak ada mode Manual, Program, Shutter priority, atau aperture priority. 😐 Paling banter saya hanya bisa mengatur ISO di mode otomatis, dan saya tidak bisa mengatur kecepatan rana apalagi bukaan diafragma.

      Nah, jadi saya simpulkan menggunakan kamera ini sangat mudah! Tinggal pilih modenya (ada banyak), tinggal jepret. 🙂

    • 8 May 2011 at 18:13

      yah, ga jadi deh heheheh
      pengennya sih beli DSLR kang, tapi sekarang EOS 1000d aja udah 4,3 hahahahah
      #malah curhat hihihihihihih

      • 8 May 2011 at 20:33

        Hoooo Mas Domo pengguna Canon ya.. Saya ga ngerti apa2 tentang Canon. Saya pengguna Nikon yang ga mau tahu dg kamera lain. 😆

        Tapi EOS 1000D itu lebih murah ketimbang kamera saya D5000. Dulu saya beli sekitar juni-juli 2010 harganya 5,xx juta. Itu DSLR termurah Nikon yang spesifikasinya lumayan dan harga termurah. 🙂

      • 9 May 2011 at 22:40

        bukan mas, masih nabung buat beli DSLR, sekarang sih make kamera poket olympus

        kayaknya klo kang asop nikonian fanatik ya hehehehe, nikon bagus sih, tapi lensanya mahal-mahal hahaha

        • 10 May 2011 at 13:19

          Ah nggak, saya nggak fanatik ama Nikon, kebetulan aja saya beli kamera SLR pertama saya Nikon. 🙂
          Kenapa Nikon? Karena saya bingung melhat begitu banyaknya jajaran kamera SLR Canon. Saya gak mau repot, jadi saya fokuskan aja melihat jajaran kamera Nikon. Simpel. 😆

          Lensa Nikkor maksudnya? Menurut saya mahalnya gak segitunya. 😀 Kalo dibandingkan dg lensa2 khusus Canon, iya memang jelas harga lensa Canon JAUH lebih murah. 😆

          Tapi pengguna Nikon bisa beralih ke Tamron ato Sigma. 🙂

      • 11 May 2011 at 22:24

        hahaha, iya ya mas, mahalnya ga segitunya, saya aja yang lebay wakakakakakak

        sip lah, ditunggu terus sharingnya kang, salam jepret

  51. 21 May 2011 at 06:02

    bener banget sop, orang yang masih cupu tetep aja bakal jelek hasil fotonya meski pake SLR secanggih apapun 😀


Leave a Reply

Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 973 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



