[Makanan] Rujak Tomat, Tanpa Bumbu Kacang

Saatnya membahas tentang makanan (tepatnya “camilan sehat”). 😀

Sebenarnya saya bingung, pantaskah makanan ini disebut sebagai “rujak”? Saya pikir semua “rujak” itu harus menggunakan bumbu kacang. Entahlah. :mrgreen:

Ini adalah salah satu makanan yang saya suka, sering dibuat oleh ibu saya semenjak saya kecil. Cara buatnya pun gampang sekali, karena bahannya cuma tomat, air, dan gula. Asal ada bahannya, mahasiswa pun bisa membuatnya di kosan. 😀

Tentu saja, bahan utamanya adalah tomat.

Bahan kedua adalah gula.

Bahan terakhir, segelas air (gak akan dipake semua kok).

Cara buatnya, potong tomat jadi kecil, terserah mau potongan rapi atau semrawut. :mrgreen:

Setelah tomat dicacah sampai kecil, beri air sedikiiiit aja (oke, secukupnya lah).

Pada gambar di atas, saya ngasih airnya terlalu banyak… 😳

Nah, terakhir, silakan tambah gula secukupnya sesuai derajat kemanisan yang diinginkan, dan aduk supaya gula bercampur dengan seluruh bahan. :mrgreen:

Jadi deh, rujak tomat ala keluarga saya. 😆

*

Saya yakin, ada narablog yang juga pernah bikin camilan ini. 😀

*

UPDATE!
Menurut Mas Agung, hidangan ini diberi nama “Tomat kuah manis”. 😀 Cocok juga. 😉

———————————————————————————————————————————————————————————-

Semua gambar adalah hasil jepretan sendiri. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.

114 Comments

  1. kalo lagi pengen agak repot, dibikin kaya gitu.. cuma ga pake air :mrgreen: kalo sambil jalan ya ambil aja tomat, cuci bersih dan langsung dimakan begitu saja. Kadang saya juga makan wortel mentah dan juga timun. Kadang ketiganya saya campur, kemudian diberi sedikit gula dan air perasan jeruk nipis.. 😀

    Reply

    1. Iya, saya juga suka makan tomat langsung, kayak makan buah. :mrgreen:

      Wooow, timun ama wortel juga enak dimakan langsung, kayak lalapan.
      Kadang saya kasihan ama orang2 yang gak suka ketiga sayur ini, tomat, timun, dan wortel. Kasihan, karena ketiga makanan itu sangat bergizi dan berguna untuk tubuh.

      Reply

  2. kalo aq malah gak pake Air…

    tapi ini resep udah duluuuu banget,,,waktu masih kecil…sekarang mah, ga pernah makan beginian hahaha…

    Reply

  3. mahasiswa pun bisa membuatnya di kosan. 😀
    hahah, itu point yang paling penting!
    kalo saya lebih suka dimakan bulat-bulat 😀

    Reply

  4. wah yang kayak gini saya juga suka bikin…
    ibu saya yang biasa bikinin hehhe
    coba deh rujak tomatnya ditambah resepnya :
    gula, terasi, garam secukupnya, cabe, kalau ada asem, boleh tambahin asem ,tambahain air secukupnya terus ulek deh bumbunya jadi satu,,,lalu campurin deh tomat dengan bumbunya,, kalau saya juga suka resep yang ini.. coba ajah deh…
    🙂

    Reply

  5. wah?
    itu namanya rujak? hmm…. *agak sangsi,hehe*
    soalnya itu malah kayak mau bikin jus tomat 😀
    tapi kapan-kapan kayaknya aku harus nyoba deh 😀

    Reply

      1. hehe… nanti lahh..
        tapi kalo di madura rujaknya emang pake tomat lho…
        ntar deh, kapan2 aku posting di blog ttg rujak madura… haha

        Reply

  6. Pernaah bangeett! dan suka bangeett!
    paling suka kalau tomatnya dingiiiinn alias baru keluar dari kulkaas!
    mantaaapp!

    jadi pengen, besok beli tomat aah! :mrgreen:

    Reply

  7. jiah
    rujak ala mana nih???
    ada2 saja kau Sop..
    Tp kok bs rujak dibilang mesti bumbu kacang to?
    Rujak bukannya pakai gula jawa dan lombok serta asem ya?

    tp klo rujak cingur sy g thu sih, denger namanya saja sdh mual,,,
    eneg

    Reply

  8. wiwiwiwi … jadi rindu rumah. ni yang suka buatin ayah sya nih 😀
    emang enak seger lagi. jadi heran deh makanan enak ginii temen2 sya pada gg suka loh bang asop *curcol hho*

    Reply

  9. ga suka tomat. dari kecil ga pernah suka. T___T kalo diganti yang lain bisa ga ya dibikin kayak gini juga? wortel gitu? hehe… saya suka wortel dan timun. tapi timun katanya ga bagus buat orang yang darah rendah, jadi sekarang malah ngurangin makan timun. tapi tomat? aaargh, pengen suka tapi ndak suka!! >.<

    Reply

    1. Waaaah, heran deh, kok bisa gak suka tomat… 😐
      Saya bersyukur, saya dan adik saya sejak kecil udah “dicekokin” sayur ama ibu saya, termasuk timun, wortel, ama tomat. 🙂 Bersyukuuur banget…. 🙂

      Hmmm.. udah pernah nyoba jus wortel dicampur apel? Enak lho. 😀

      Reply

  10. rujak ga harus pake bumbu kacang sih, potongan buah dan timun dgn bumbu kecap dan petis aja udah bisa disebut rujak, tapi yg di atas itu ga kaya rujak, lebih cocok disebut potongan tomat berkuah :))

    Reply

  11. Kalo ditanya makanan apa yang paling enak,jawabnya gampang ‘makanan buatan ibu’.Ini disebabkan karena rasa masakan ibu,sudah dikenal oleh rasa dilidah kita semenjak kita baru mau belajar makan 🙂 mujur yah..ibunya Asop ngenalin tomat ke Asob, coba kalau ngenalin bumbu cabai 🙂 dengan harga cabai yang selangit saat ini, tuing-tuing deh jadinya 😀

    Reply

  12. Hai asop, akhirnya bs juga berkunjung ke sini *walo di page aku link-nya asop crash kayanya 😦 *
    Soal rujak tomat versi keluarganya asop, itu mah sering banget bikin, tapi nyebutnya bukan rujak, mungkin lebih ke jus tapi jus kasar. Dan kalo aku nih, supaya lebih seger biasanya ditambahin perasan jeruk nipis/lemon, makannya dingin2 (bisa pake air dingin atau ditaro kulkas dulu) hmmmm segar betulll

    Reply

    1. Yaaah, dibilang suka masak sih nggak juga, saya cuman pengen masak makanan yang sehat buat mahasiswa. Bahkan, mahasiswa ngekos pun bisa bikin asal ada bahannya. 😆

      Reply

  13. Samaaaaaaa Sop! Dulu waktu kecil, saya juga suka makan ginian, ntar tomatnya saya bejek-bejek pakai sendok. Tapi sekarang saya udah ga makan ini lagi, adik saya kadang-kadang masih suka bikin.

    Reply

  14. Jiakakakakakaak…. jgn2 ini cemilan jawa timuran ya??? saya jaman sma suka bikin ini mas, wkakakakaka…. favorite abis pulang sekolah langsung bikin sendiri, pake sirup bikinan mbah…segeeerrrrrr…. 😀

    Reply

  15. jadi keinget camilan rutin jaman sd nih. tiap pulang sekolah pasti udah ada di kulkas. kalo di rumah namanya jadi “es tomat”.

    *bongkar2 kulkas nyari tomat*

    Reply

  16. saya suka banget tomat a. k.a tomatcholic *istilahnya bener ga ya? 🙂

    Ummi saya sering kehilangan tomatnya karena dalam sekejap tomat yang disimpan di dalam kulkas akan segera berpindah ke perut saya 😀

    _postingan ringan tapi membuat segarrr…_

    Salam kenal mas 🙂

    Reply

  17. Wah, kalo rujak tomat kayaknya lebih enak gak pake gula deh mas, asem-asem gimana, gitu 😀 hehe, ibu saya sering bikin dulu (maklum, saya kan ga suka sayur) 😛

    Reply

  18. wah ini dia makanan favoritku.. baru tahu kalo namanya tomat kuah manis.. 😀 padahal favorit dari kecil..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s