10
Jan
11

[Makanan] Rujak Tomat, Tanpa Bumbu Kacang

Saatnya membahas tentang makanan (tepatnya “camilan sehat”). 😀

Sebenarnya saya bingung, pantaskah makanan ini disebut sebagai “rujak”? Saya pikir semua “rujak” itu harus menggunakan bumbu kacang. Entahlah. :mrgreen:

Ini adalah salah satu makanan yang saya suka, sering dibuat oleh ibu saya semenjak saya kecil. Cara buatnya pun gampang sekali, karena bahannya cuma tomat, air, dan gula. Asal ada bahannya, mahasiswa pun bisa membuatnya di kosan. 😀

Tentu saja, bahan utamanya adalah tomat.

Bahan kedua adalah gula.

Bahan terakhir, segelas air (gak akan dipake semua kok).

Cara buatnya, potong tomat jadi kecil, terserah mau potongan rapi atau semrawut. :mrgreen:

Setelah tomat dicacah sampai kecil, beri air sedikiiiit aja (oke, secukupnya lah).

Pada gambar di atas, saya ngasih airnya terlalu banyak… 😳

Nah, terakhir, silakan tambah gula secukupnya sesuai derajat kemanisan yang diinginkan, dan aduk supaya gula bercampur dengan seluruh bahan. :mrgreen:

Jadi deh, rujak tomat ala keluarga saya. 😆

*

Saya yakin, ada narablog yang juga pernah bikin camilan ini. 😀

*

UPDATE!
Menurut Mas Agung, hidangan ini diberi nama “Tomat kuah manis”. 😀 Cocok juga. 😉

———————————————————————————————————————————————————————————-

Semua gambar adalah hasil jepretan sendiri. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.
Advertisements

114 Responses to “[Makanan] Rujak Tomat, Tanpa Bumbu Kacang”


  1. 10 January 2011 at 06:50

    nek aku air e akeh sop..

    • 10 January 2011 at 14:40

      Sekalian ae dadi jus tomat, Ta….

      • 10 January 2011 at 15:52

        eh aku pertamax..

        loh.. seriusan.. dimasukkan ke dalam gelas pitcher.. biasanya saya seporsi habis 3-4 tomat.. :))

        • 11 January 2011 at 08:25

          Wah, aku dua tomat cukup. 😀

  2. 10 January 2011 at 06:57

    salah satu cemilan favorit, segeeeeer ^^

    • 10 January 2011 at 14:42

      Tomat aja dimakan langsung enak lho.

  3. 10 January 2011 at 07:04

    kalo lagi pengen agak repot, dibikin kaya gitu.. cuma ga pake air :mrgreen: kalo sambil jalan ya ambil aja tomat, cuci bersih dan langsung dimakan begitu saja. Kadang saya juga makan wortel mentah dan juga timun. Kadang ketiganya saya campur, kemudian diberi sedikit gula dan air perasan jeruk nipis.. 😀

    • 10 January 2011 at 14:44

      Iya, saya juga suka makan tomat langsung, kayak makan buah. :mrgreen:

      Wooow, timun ama wortel juga enak dimakan langsung, kayak lalapan.
      Kadang saya kasihan ama orang2 yang gak suka ketiga sayur ini, tomat, timun, dan wortel. Kasihan, karena ketiga makanan itu sangat bergizi dan berguna untuk tubuh.

    • 11 January 2011 at 12:04

      tapi ga dimakan mentah juga kali Teh, serem amaat.

      • 13 January 2011 at 13:51

        Heeeeey! Makan tomat mentah, apa seremnyaaa? 😛 😛

        Enak kok! 🙂

  4. 10 January 2011 at 07:11

    rujak tomaaat..
    apalagi kalo pake tomat bandung yang merah dan besar-besar, trus sebelum di makan di masukin kulkas bentar. :mrgreen:

    • 10 January 2011 at 14:45

      Wah, saya kuno ya, baru tahu ada tomat Bandung. 😀

  5. 10 January 2011 at 07:23

    O, tidak… Denuzz orangnya anti-tomat… 😦

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

    • 10 January 2011 at 14:46

      Yaaaaah… sayang sekali, padahal tomat itu enak… Heran deh, kok gak suka tomat….

  6. 10 January 2011 at 07:33

    wah sayangnya saya gak suka tomat mentah dimakan dengan cara begitu, saya doyan tomat dalam bentuk sambel, hehehe :mrgreen:

    • 10 January 2011 at 14:47

      Sambel tomat apa sambel pencit? 😛

  7. 10 January 2011 at 08:06

    hu’um…
    bokap suka bikin yang kayak begini…nyokap juga…

    tapi saya nya yang ga doyan… 😳

    • 10 January 2011 at 14:47

      ….walah, heran deh saya, kok bisa gak doyan tomat siiiiih…

  8. 10 January 2011 at 08:21

    saya blm pernah nyoba apalagi bikin rujak tomat..
    tp sepertinya perlu dicoba 😛

    • 10 January 2011 at 14:48

      Itu harusss! 🙂

  9. 10 January 2011 at 08:27

    tepat sekali… tapi namanya biasa aja Sop… kalo pake air anget namanya Wedang Tomat… kalo pake es namanya Es Tomat…

    • 10 January 2011 at 14:48

      Nah, saya pake air biasa, Mas, karena saya gak kuat minum air dingin. Jadi namanya apa?

      • 10 January 2011 at 21:08

        rasanya lebih cocok Sop Tomat daripada Rujak Tomat… hmmm Sop Tomat Sop… 😆

  10. 24 elvandro
    10 January 2011 at 08:31

    kalo aq malah gak pake Air…

    tapi ini resep udah duluuuu banget,,,waktu masih kecil…sekarang mah, ga pernah makan beginian hahaha…

    • 10 January 2011 at 14:48

      Ndro, mahasiswa ngekos aja bisa bikin ini…. 😀

  11. 10 January 2011 at 09:05

    kalo saya kayanya lebih suka kalo ga dikasih air, jadi cuma tomat dicocol ma gula gitu deeeeeeeh!!!

    • 10 January 2011 at 14:49

      Weeeeeeks, enak ya Bun??

  12. 10 January 2011 at 09:44

    hehe…
    Tebakan yang tepat…
    Saya juga sering bikin tomat kek gini, terutama pas lagi panen :mrgreen:
    *ternyata namanya bisa dikasih Rujak TOmat ya…?

  13. 10 January 2011 at 11:41

    saya sering dibikin oleh ibu waktu kecil. enak euy

    • 10 January 2011 at 14:53

      …..Mas, yang dibikin ama ibu Mas itu tomatnya apa si Mas sendiri? 😆

      *dibikin = dibikinin/dibikinkan* :mrgreen:

  14. 10 January 2011 at 11:58

    enak ga tuh? em.. pengen nyobain ah.. airnya pake air hangat ga? kalo g hangat kan nanti gulanya ngga larut?

    • 10 January 2011 at 14:54

      Pake air biasa kok, dan bisa larut. Coba diaduk-aduk dulu, baru dimakan. Manisnya bakal kerasa. 🙂

  15. 10 January 2011 at 12:13

    blm pernah makan!

  16. 34 eyha4hera
    10 January 2011 at 14:03

    gak gitu suka ama tomat…
    bisa di ganti pake pare gitu ?? :p

    • 10 January 2011 at 14:56

      Haha, lucu ya….

      Masa’ enak pahitnya pare dimakan ama manisnya gula… >.<'
      ENtahlah….

  17. 36 An
    10 January 2011 at 18:06

    mahasiswa pun bisa membuatnya di kosan. 😀
    hahah, itu point yang paling penting!
    kalo saya lebih suka dimakan bulat-bulat 😀

    • 11 January 2011 at 08:26

      Yap, dimakan langsung juga enak. 🙂

  18. 10 January 2011 at 20:06

    Weh…
    Seger juga tampaknya.
    Kapan2 mau nyoba ah.
    Selama ini dimakan begitu saja, nggak pakai air dan gula

    • 11 January 2011 at 08:27

      Monggo Pak, coba di rumah. 🙂

  19. 10 January 2011 at 22:02

    haha… rujak kan nggak perlu pake bumbu kacang…
    kayaknya enak nee…

    • 11 January 2011 at 08:27

      Oh ya? gak perlu pake bumbu kacang ternyata. 🙂

  20. 42 leegundi
    10 January 2011 at 22:22

    wah yang kayak gini saya juga suka bikin…
    ibu saya yang biasa bikinin hehhe
    coba deh rujak tomatnya ditambah resepnya :
    gula, terasi, garam secukupnya, cabe, kalau ada asem, boleh tambahin asem ,tambahain air secukupnya terus ulek deh bumbunya jadi satu,,,lalu campurin deh tomat dengan bumbunya,, kalau saya juga suka resep yang ini.. coba ajah deh…
    🙂

    • 11 January 2011 at 08:28

      EEeeeeee itu sih jadi sambel terasi! 😛

  21. 10 January 2011 at 23:02

    sorikang Asop, urang nitipkeun ieu:

    http://mimpipribumi.wordpress.com/2011/01/10/kesempatan-langka-kuliah-dengan-beasiswa-penuh/#more-3243

    http://mimpipribumi.wordpress.com/2011/01/10/lowongan-kerja-di-pabrik-semen-2/#more-3234

    mugi manpaat

  22. 10 January 2011 at 23:54

    wah?
    itu namanya rujak? hmm…. *agak sangsi,hehe*
    soalnya itu malah kayak mau bikin jus tomat 😀
    tapi kapan-kapan kayaknya aku harus nyoba deh 😀

    • 11 January 2011 at 08:28

      Coba sekarang juga! 😀

      • 14 January 2011 at 20:35

        hehe… nanti lahh..
        tapi kalo di madura rujaknya emang pake tomat lho…
        ntar deh, kapan2 aku posting di blog ttg rujak madura… haha

        • 15 January 2011 at 11:02

          Itu yang saya tunggu. 😳

      • 20 January 2011 at 16:46

        entar kalo udah aku bilang… ocee…?? 😉

      • 20 January 2011 at 18:58

        Jangan lama-lama… 😳

  23. 51 bhiberceloteh
    11 January 2011 at 00:27

    Pernaah bangeett! dan suka bangeett!
    paling suka kalau tomatnya dingiiiinn alias baru keluar dari kulkaas!
    mantaaapp!

    jadi pengen, besok beli tomat aah! :mrgreen:

    • 11 January 2011 at 08:29

      Asik, makanan yang sehat nih Bhi… 😀

      • 53 bhiberceloteh
        12 January 2011 at 00:20

        Iya Soop.. biar sehat.. hehe!
        Hello tomat! and bye-bye to gorengan dan nasi padang 😆

        • 13 January 2011 at 13:55

          Ehem, saya juga kadang2 masih makan masakan padang. 😳

  24. 11 January 2011 at 08:32

    jiah
    rujak ala mana nih???
    ada2 saja kau Sop..
    Tp kok bs rujak dibilang mesti bumbu kacang to?
    Rujak bukannya pakai gula jawa dan lombok serta asem ya?

    tp klo rujak cingur sy g thu sih, denger namanya saja sdh mual,,,
    eneg

    • 13 January 2011 at 11:55

      Wah, oke Mas, berarti gak mesti pake bumbu kacang yo? 😀

      • 13 January 2011 at 14:01

        yup

  25. 11 January 2011 at 08:56

    wiwiwiwi … jadi rindu rumah. ni yang suka buatin ayah sya nih 😀
    emang enak seger lagi. jadi heran deh makanan enak ginii temen2 sya pada gg suka loh bang asop *curcol hho*

    • 13 January 2011 at 11:56

      Iya, saya juga kasihan ama orang yang gak suka makan tomat… 😐

  26. 11 January 2011 at 09:14

    hehehe sya juga dulu suka gitu..tapi tomatnya yang gede yang tebel dagingnya 😀

    • 13 January 2011 at 13:47

      Pake air dingin apa biasa, Kang? 🙂

  27. 11 January 2011 at 10:09

    Gulanya jgn kebanyakan. Mencegah diabet.

    • 13 January 2011 at 13:46

      Ohohoho, jelas, jangan kebanyakan. 😀

  28. 11 January 2011 at 11:55

    ga suka tomat. dari kecil ga pernah suka. T___T kalo diganti yang lain bisa ga ya dibikin kayak gini juga? wortel gitu? hehe… saya suka wortel dan timun. tapi timun katanya ga bagus buat orang yang darah rendah, jadi sekarang malah ngurangin makan timun. tapi tomat? aaargh, pengen suka tapi ndak suka!! >.<

    • 13 January 2011 at 13:48

      Waaaah, heran deh, kok bisa gak suka tomat… 😐
      Saya bersyukur, saya dan adik saya sejak kecil udah “dicekokin” sayur ama ibu saya, termasuk timun, wortel, ama tomat. 🙂 Bersyukuuur banget…. 🙂

      Hmmm.. udah pernah nyoba jus wortel dicampur apel? Enak lho. 😀

  29. 11 January 2011 at 12:08

    itu mah kayak jus Tomat atuh, tapi ditambah aer..
    Rujak mah ka pake cabe.

    • 13 January 2011 at 13:53

      Haha, iya…. :mrgreen:

      Kami udah biasa nyebut ini sejak kecil sebagai “rujak”. 😳

  30. 11 January 2011 at 14:34

    rujak ga harus pake bumbu kacang sih, potongan buah dan timun dgn bumbu kecap dan petis aja udah bisa disebut rujak, tapi yg di atas itu ga kaya rujak, lebih cocok disebut potongan tomat berkuah :))

    • 13 January 2011 at 13:54

      Panjang yah, “potongan tomat berkuah”… 😦

  31. 11 January 2011 at 19:53

    dulu gw pas kecil sering makan tomat kayak bgini nih…

    • 13 January 2011 at 13:54

      Sekarang gak lagi? 😀

  32. 11 January 2011 at 21:29

    Hahahahahah… bagi dong rujaknya mas… 🙂

  33. 11 January 2011 at 21:30

    boleh lah mas.. bagi dong.. kirim ke email aja…

    • 13 January 2011 at 13:55

      Tuh udah ada resepnya, sok atuh buat sendiri. 🙂

  34. 12 January 2011 at 10:05

    Kalo ditanya makanan apa yang paling enak,jawabnya gampang ‘makanan buatan ibu’.Ini disebabkan karena rasa masakan ibu,sudah dikenal oleh rasa dilidah kita semenjak kita baru mau belajar makan 🙂 mujur yah..ibunya Asop ngenalin tomat ke Asob, coba kalau ngenalin bumbu cabai 🙂 dengan harga cabai yang selangit saat ini, tuing-tuing deh jadinya 😀

    • 12 January 2011 at 14:00

      Ah, kedua orang tua saya bijak sekali ya, memang perut saya gak begitu kuat ama yang pedas. 😆

  35. 12 January 2011 at 14:41

    jadinya rujak manis ya?
    tambahin sambal dikit dong

    • 13 January 2011 at 13:56

      Nggak enak! 😛

  36. 12 January 2011 at 16:54

    wah baru denger tuh mas saya rujak tomat kliatanya enak tuh buat di coba 🙂

  37. 12 January 2011 at 18:59

    Ini pastinya bukan camilan favoritku deh…
    Gak suka tomat sih 😦

    • 13 January 2011 at 13:57

      Hiks… kok gak suka tomat sih… Dijus ama apel dan wortel enak sangat lho… 😐

  38. 12 January 2011 at 22:31

    kalau saya sih bilangnya jus…

    jus sebelum ditemukannya teknologi blender :p

  39. 12 January 2011 at 22:59

    Simpan dulu dalam kulkas sampai dingin,baru disantap. Hmmm…..suegereee rek… 😀

  40. 12 January 2011 at 23:10

    Daripada rujak, bagaimana kalau menu di atas diberi nama tomat kuah manis? 🙂

    • 13 January 2011 at 14:00

      Boleh juga. 🙂

  41. 13 January 2011 at 09:45

    huaaaaaaaaaaaaa…
    jadi pengen Sop
    bener kata Bhie, kalo tomatnya baru keluar dari kulkas pasti sueedeeeeeeeeeeeeep pisan ^^

  42. 13 January 2011 at 10:13

    wah kayaknya seger bener nih 😀

    • 13 January 2011 at 14:54

      Oooh, jelas. 😀

  43. 13 January 2011 at 14:00

    Hai asop, akhirnya bs juga berkunjung ke sini *walo di page aku link-nya asop crash kayanya 😦 *
    Soal rujak tomat versi keluarganya asop, itu mah sering banget bikin, tapi nyebutnya bukan rujak, mungkin lebih ke jus tapi jus kasar. Dan kalo aku nih, supaya lebih seger biasanya ditambahin perasan jeruk nipis/lemon, makannya dingin2 (bisa pake air dingin atau ditaro kulkas dulu) hmmmm segar betulll

    • 13 January 2011 at 15:03

      Wow… 😯 Asik bangeeet, resep alternatif! 😀

  44. 13 January 2011 at 14:55

    saya waktu kecil juga sering bikin kaya gtu..
    tapi namanya jus tomat,, klo rujak kan ada unsur ‘cabe’ nya… hoho…

  45. 14 January 2011 at 07:37

    sering bangeeeet, tapi dulu pas waktu masih kecil, ehehhe.
    enak abiisss :)))

    hoo, suka masak juga ya? baguuus 😀

    • 15 January 2011 at 10:57

      Yaaah, dibilang suka masak sih nggak juga, saya cuman pengen masak makanan yang sehat buat mahasiswa. Bahkan, mahasiswa ngekos pun bisa bikin asal ada bahannya. 😆

  46. 14 January 2011 at 21:09

    hhhhhhhhhhhmmmmm………..
    jadi pengein,

    saam kenal ya//

  47. 15 January 2011 at 11:49

    Samaaaaaaa Sop! Dulu waktu kecil, saya juga suka makan ginian, ntar tomatnya saya bejek-bejek pakai sendok. Tapi sekarang saya udah ga makan ini lagi, adik saya kadang-kadang masih suka bikin.

    • 17 January 2011 at 15:06

      Ahahaha~
      Sehat lho… kenapa sekarang gak makan lagi?

  48. 15 January 2011 at 13:04

    klo ini sih sering banget buat…
    apalagi kalo lg panen tomat, sehari bisa 3x….
    *dah kya obat aja…:D

    • 17 January 2011 at 15:07

      Eeeeeh, bagus itu, sehat!

  49. 15 January 2011 at 16:05

    kalau dulu eyangku suka bikin rujak timun yang diserut, gak pake bumbu kacang juga

    • 17 January 2011 at 15:08

      Ooooh…. 😀

  50. 16 January 2011 at 09:55

    Jiakakakakakaak…. jgn2 ini cemilan jawa timuran ya??? saya jaman sma suka bikin ini mas, wkakakakaka…. favorite abis pulang sekolah langsung bikin sendiri, pake sirup bikinan mbah…segeeerrrrrr…. 😀

    • 17 January 2011 at 15:30

      *ngiler*

  51. 20 January 2011 at 19:32

    Wahh..

    Kalo liat jadi ngiler aku.. 😆

  52. 26 January 2011 at 12:01

    jadi keinget camilan rutin jaman sd nih. tiap pulang sekolah pasti udah ada di kulkas. kalo di rumah namanya jadi “es tomat”.

    *bongkar2 kulkas nyari tomat*

    • 27 January 2011 at 21:23

      *ngebantu nyari tomat*

  53. 28 January 2011 at 23:10

    waaaa, ini mah makanan saya waktu kecil 😀
    ibu sering banget bikinin, tapi kalo saya makannya di gelas, bukan dimangkok kecil gitu kak

    • 29 January 2011 at 19:18

      Iya, sama, di gelas juga bisa… 😳

  54. 1 February 2011 at 07:59

    iyaa, saya jg suka bikin tomat kayak gini. ato ga tomatnya langsung cocol pake gula 😀

  55. 1 February 2011 at 23:21

    saya suka banget tomat a. k.a tomatcholic *istilahnya bener ga ya? 🙂

    Ummi saya sering kehilangan tomatnya karena dalam sekejap tomat yang disimpan di dalam kulkas akan segera berpindah ke perut saya 😀

    _postingan ringan tapi membuat segarrr…_

    Salam kenal mas 🙂

    • 4 February 2011 at 12:50

      Ehem, mungkin yang benar tomatholic. 😆

      Salam kenal! ^__^

  56. 2 October 2011 at 09:41

    Wah, kalo rujak tomat kayaknya lebih enak gak pake gula deh mas, asem-asem gimana, gitu 😀 hehe, ibu saya sering bikin dulu (maklum, saya kan ga suka sayur) 😛

    • 3 October 2011 at 11:41

      Waduh, gak suka sayur? Jangan gitu dong. 😦

  57. 113 wibisono
    6 October 2011 at 00:20

    wah ini dia makanan favoritku.. baru tahu kalo namanya tomat kuah manis.. 😀 padahal favorit dari kecil..

    • 6 October 2011 at 21:37

      Hahaha nama boleh apa aja, asal bentuk tetap seperti ini. 😉


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 973 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: