13
Mar
11

[Foto] Kesalahan Ejaan #3

Kapan ya terakhir kali nerbitin posting-an kesalahan ejaan… 😐 Lama banget. Akhirnya bisa nerbitin kembali. 🙂 *baca juga ya kesalahan ejaan kedua dan pertama*

#1

Satu ini saya dapatkan di sebuah tempat jasa percetakan dekat kampus saya. 😀

Ada tiga hal yang mengganggu saya. Pertama, kata “izasah” salah. Di KBBI daring, yang benar adalah ijazah.

Kedua, penulisan “doc.negara” aneh sekali. Tampaknya doc di sana mengacu pada Bahasa Inggris dari “dokumen”, yaitu document. Mengapa pakai Bahasa Inggris?? 😡 Mengapa pula harus disingkat?? Atur lagi dong penampilannya, susun agar ruang yang tersedia cukup dijejali dokumen negara. 😐

Ketiga, menurut saya kata scan lebih enak diganti “pindai” atau “pemindaian“. 🙂  Harus mulai terbiasa dong menggunakan Bahasa Indonesia. 👿

#2

Sebuah toko buah yang menurut saya terkenal di Kota Bandung bisa memaparkan pemberitahuan seperti ini. 😐  *kecewa*

Menurut saya ini lucu sekali. Bagaimana mungkin bisa ada banyak sekali tanda titik di sana? 😆 Lebih lucu lagi, sejak kapan bisa ada tanda koma, titik, dan tanda “dan” berjejer seperti itu? 😆 Duh, aduh… ini jelek sekali menurut saya. Parah!

Mengapa pula tertulis snack dan drink? Pakai Bahasa Indonesia dong, “makanan ringan” dan “minuman”. 😐 Itu parcel juga sebenarnya bukan ejaan baku Bahasa Indonesia. Saya belum menemukan versi Indonesia-nya. Mungkin bisa disebut sebagai “paket”?

#3

Terakhir, nggak usah dibahas terlalu dalam. Sudah jelas di mana lucunya. 😀

*

Luar biasa. Semoga saya bisa menunjukkan lebih banyak lagi kesalahan-kesalahan ejaan yang ada di sekitar saya. :mrgreen:

——————————————————————————————————————————

Semua foto hasil jepret sendiri. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.
Advertisements

66 Responses to “[Foto] Kesalahan Ejaan #3”


  1. 13 March 2011 at 00:40

    skarang orang pada hobi ya pake bahasa campur-campur.

    itu lagi yg terakhir, elextrik.. wkwkwkwk

    • 13 March 2011 at 09:50

      Mungkin tombol “k” di keyboard penulisnya rusak… 😀

  2. 13 March 2011 at 00:51

    (Maaf) izin mengamankan KEDUAX dulu. Boleh, kan?!
    Saya suka yang ELEXTRIK dan IZASAH…

  3. 13 March 2011 at 02:00

    Itu namanya pembahasaan gado-gado Mas, tidak perlu KBBI untuk dipahami :lol:.

    • 13 March 2011 at 09:47

      Hahaha… 😆

      Tapi, saya bener2 jengkel ama yang kedua… 😡
      Kayaknya tombol spasi di komputer mereka rusak ya… 😦

  4. 13 March 2011 at 04:55

    hi..hi…hi… pada ketangkap basah…

  5. 13 March 2011 at 08:49

    walaupun emang sebaiknya menggunakan bahasa indonesia sebaik mungkin, tapi kalo scan diganti jadi pemindaian rasanya malah jadi aneh gak sih? 😛
    ntar yang ada tiap orang yang baca malah nanya, itu maksudnya apa mas. trus mas nya kudu jelasin kalo itu maksudnya scan. hahaha. jadi ribet dong. 😛
    kadang ada istilah2 luar negeri yang emang lebih populer jadi gak ada salahnya dipake kalo menurut gua. karena yang namanya bahasa itu kan alat komunikasi, asal orang bisa mengerti ya harusnya sah-sah aja ya… 😀

    nah kalo yang elextrik itu sih parah. hahhaha

    • 13 March 2011 at 09:42

      Oke, kalo emang gitu menurut Mas Arman gak masalah. Kalo saya, seandainya kata scan diganti dengan “pemindaian” atau “pindai”, saya setuju sekali. Saya berharap begitu. :mrgreen:

  6. 13 March 2011 at 11:24

    maksud hati utk keren, ternyata malah malu2in 😀
    hehehe

    numpang ngakak ya ROFL

  7. 13 March 2011 at 14:02

    jadi geregetan juga bacanya 😀

  8. 13 March 2011 at 14:39

    yah Bang temen-temen saya aja maasih gg tau kalau daring itu online dan saya juga baru tau dari postingan-nya Bang Asop loh *hhohho* .

    • 15 March 2011 at 11:57

      Gak apa2, sekarang udah tahu ‘kan? 😛

  9. 13 March 2011 at 15:13

    haha lucu tulisan yg izasah….
    parah bnget tuh… 😀

    • 15 March 2011 at 11:56

      Saya juga gemes bangeeeet…. 😈

  10. 13 March 2011 at 16:08

    wkwkwk.. pasti tertular ababil atau alay2 di luar sana mereka. kasian.

    mudah-mudahan kembali ke jalan yang benar 😀

  11. 13 March 2011 at 19:12

    Lulusan Universitas Alay nih pasti…. hahahaha, kalo tes jd wartawan pangsung gagal kalo tulisannya model campur aduk, acakadul…
    BTW, Parcel kalo di bahasa korankan jadi parsel

  12. 13 March 2011 at 20:01

    yang elextrik itu nggilani 😆

    eh tapi baca kalimat trakher : Semoga saya bisa menunjukkan lebih banyak lagi kesalahan-kesalahan ejaan yang ada di sekitar saya.
    wah, jangan gitu dong. brati makin banyak dong orang yg salah dalam pengejaan 😀

    • 15 March 2011 at 11:53

      Hehe, bukan, maksudnya bukan berarti saya berharap bakal lebih banyak lagi kesalahan. 😀
      Saya berharap saya bisa menemukannya, gitu maksud saya. Jadi, saya bisa memfotonya, dan bisa berbagi ke narablog sekalian. 😎

  13. 14 March 2011 at 10:55

    yg terakhir itu bs 2 makna Sop, strategi bisnis atau memang orangnya saja yg salah. tp kayaknya sih yg kedua..
    😀

    Sop, Februari atau Pebruari?
    November atau Nopember? 😀

    • 15 March 2011 at 11:37

      ITS itu tulisannya “Nopember” lho, bukan “November”. Jadi saya rasa yang benar untuk bahasa indonesia pakai “p”.
      Begitu juga dengan Februari, yang benar adalah “Pebruari”. Karena udah kadung mengikuti bahasa asing, jadilah ditulis dengan “F'”.
      Saya pernah baca juga, dalam bahasa asli Indonesia, nggak ada bacaan “F”. Huruf tersebut serapan dari bahasa arab. Makanya orang sunda asli susah ngomong “F”, dan nama orang sunda asli pasti pake “P”, bukan “F”. Ternyata memang dalam bahasa sunda gak ada kata dasar dengan huruf “F”.
      Itu yang saya baca dari koran “Pikiran Rakyat” edisi lalu. 🙂

  14. 14 March 2011 at 15:10

    Kesalahan lain yang sangat sering bahkan mengakar sampai level institusi resmi adalah penulisan “di” sebagai penunjuk letak dan awalan. Misal: di larang merokok. “larang” kan bukan nama tempat kenapa dipisah dengan “di”. Contoh lain: Helm di buka! Kesalahan yang sama lagi.

    • 15 March 2011 at 11:34

      Ya, itu benar sekali, banyaaaaaaak sekali kesalahan penggunaan kata depan “di” dan awalan “di”. 😦

  15. 14 March 2011 at 18:25

    hahahaa…
    komentar untuk foto yg kedua:
    mungkin itu sebenernya pengen dibikin gaooolll getoohh tulisannyaa..
    tapi aneh juga yakk… 😆

    apalagi yang foto ketiga itu…hahayy… Lol:

  16. 14 March 2011 at 18:46

    *OOT* baru ganti foto ya sop? pake gel ga tuh?? hehehhehe

    • 14 March 2011 at 19:49

      Itu udah ganti sebelum saya posting tentang pengen pake gel.. 😎

  17. 14 March 2011 at 22:04

    saya malah penasaran kenapa dia nggak terima scan ktp. Kenapa ya? 😆

  18. 15 March 2011 at 09:48

    hahahaha.. lagi-lagi salah eja! :hammer
    yang toko buah itu, meskipun kamu ga nyebut merk tetep aja keliatan di barisan paling bawah Sop! 😆

    • 15 March 2011 at 11:32

      Benar juga…. 😀

  19. 15 March 2011 at 10:29

    ehm bisa jadi buat koreksi untuk tulisan saya nih… mau obok-obok blog saya dulu ah.. sapa tahu ada kesalahan di sana

  20. 15 March 2011 at 12:54

    klo untuk kata ijazah sendiri, kadang aku juga sering salah loh mas..haha

    suka bingung, tulisan yg bener gmna yah?

    • 16 March 2011 at 08:00

      Iya, yang benar ijazah, pakai “z”. 🙂

  21. 15 March 2011 at 20:17

    Wah, ada detektif eh detektip bahasa nih … sungguh tampilan yang baik (nice posting) 🙂

    • 16 March 2011 at 07:59

      Saya malah pengennya terus nge-post yang seperti ini. 😳

  22. 15 March 2011 at 21:03

    Sayangnya inilah kelemahan kita(orang indonesia?) dimana mereka pada pengen menggunakan bahasa inggris, tapi malah jadi kacau dalam hal penulisannya, sedangkan padanan bahasa indonesianya banyak yang belum mengerti, coba saja, tanyakan kepada (maaf) orang-orang menengah kebawah, mereka jika ditanya mengenai kata “makanan ringan” pasti bingung, tapi begitu kata “snack” dilontarkan pasti mereka langsung mengerti, walau mereka mungkin ga tau cara penulisannya, 😉

    • 16 March 2011 at 07:58

      Ada benarnya juga. 🙂

  23. 15 March 2011 at 21:47

    Saya… jadi.. bingungg… mauu komenn… apaa.. & :mrgreen:

    • 16 March 2011 at 07:58

      Haha, gak apa2, perhatikan aja. :mrgreen:

  24. 15 March 2011 at 21:57

    betul mas, mengganggu pemandangan saja ya

    • 16 March 2011 at 07:57

      Betul! 😡

  25. 15 March 2011 at 22:42

    Kita para blogger kadang juga tidak luput dari kesalahan semacam itu, Kawan…. 🙂

    • 16 March 2011 at 07:56

      Mari kita terus perbaiki. 😉

  26. 16 March 2011 at 09:47

    masih mending drpada bahasa alay yang bikin ‘ngelu’ itu.

    • 17 March 2011 at 12:37

      Benar, bahasa penulisan 4l4y yang menjengkelkan.

  27. 16 March 2011 at 12:16

    pindai? hehehehhehee… justru baru denger (^^), mungkin ada kalanya “kenyamanan” diutamakan daripada “kebenaran”, seperti banyak pada bahasa jurnalistik yang ternyata salah, tetapi orang sudah “nyaman” dan (semoga) tidak melenceng pemahamannya…

    kalau yang elextrik itu kayanya alay mode: on deh…, hmm, tapi bisa juga biar berkesan nyentrik dan menarik perhatian… ada tujuan advert di sana.. *mungkin lho ya

    • 17 March 2011 at 12:37

      Saya pikir yang elextrik itu hanya salah ketik….

  28. 16 March 2011 at 21:16

    Aku sering nemu juga, Mas.. tapi ya buat ketawa aja, jarang sempet difoto begini.. 😀
    Tapi kalau buat istilah2 internet memang masih sudah untuk ng-Indonesia deh.. Daring sendiri itu arti dari online kan yah? (CMIIW) 🙂

    • 17 March 2011 at 10:12

      Benar sekali, daring itu singkatan dari dalam jaringan.

      Kalo Pege nemu yang lucu, poto dong, bisa jadi bahan posting-an…. *baca: bahan tertawaan narablog*

  29. 17 March 2011 at 06:47

    Itu yang pertama gak salah ya, ko kalimat nya “tidak menerima…”. mereka mau jualan atau ngajak perang tuh 😛

    • 17 March 2011 at 10:07

      Hahaha, mungkin mereka punya kebijakan tersendiri…. :mrgreen:

  30. 17 March 2011 at 17:37

    muahahahahaah..boleh juga neh mas asoopp..
    :mrgreen:

    eh…eh..tapi ngemeng ngemeng….indah juga kalo lagi komeng…ato lagi ngepost tuisan juga suka kebanyakan titik ato koma neh…..
    hehheheh…………….
    jadi ketampar deh.. :p 😳

    • 21 March 2011 at 09:49

      Ah, kalo ini kan informal, jadi menurut saya gak masalah. 🙂
      Lagi pula titik2nya di akhir kalimat kan? 😀
      Kalo yang di foto itu ‘kan pengumuman formal, dan lagi titik2nya ada di tengah kalimat. 😐

  31. 18 March 2011 at 18:53

    Saya suka dengan kata tidak menerima scan ijazah,dll. Soalnya hal-hal seperti itu sering disalahgunakan dengan membuat ijazah palsu, dll. Salut dah tu sama yg punya percetakan…
    *ga nyambung ya??? dengan yg dibahas…*
    (sengaja pake titik2 dan bnyk tanda tanya) 🙂

    • 21 March 2011 at 09:51

      Iya, itu bener banget. Daripada pihak sana tanggung jawab kalo terjadi apa2, mending gak nerima sekalian. 🙂

  32. 20 March 2011 at 23:09

    wah boleh juga, hunting salah eja juga ah…. 😛

    • 21 March 2011 at 10:05

      Wah saya udah dari dulu. 😀

  33. 21 March 2011 at 21:48

    Wahhh Asop berbakat nihh melirik profesi aku _editor-red_
    Teruskannn Sop, kalo udah terbiasa, pasti setiap nemuin tulisan ada yang salah cepet taunya.. *editin tulisan di blog aku dong, kayanya banyak yang salah :mrgreen:

    • 22 March 2011 at 09:28

      Hyahaha, editor tulisan kayaknya jauh lebih sulit, Mbak. :mrgreen:

  34. 24 March 2011 at 08:40

    Lha daku sering sewot kalau ketemu orang Sunda yg bingung antara huruf “V”, “F” dan “P”. Mosok nama Pipit ditulis sebagai “Fifit”. Nama Evi ditulis sebagai “Epi”. Lalu bagaimana dengan Vespa? Bisa2 ditulis “Pesva”.

    *Kabur*

    • 24 March 2011 at 09:28

      Haha saya pernah nge-post tentang ini juga lho, orang sunda. Di sini, Mas. Nama saya salah penulisannya. 😆

  35. 24 March 2011 at 10:48

    Kang, saya mau scan izasah…&..Doc.penting saya secara elextrik dong… 🙂

    *mau hunting poto -aneh- ah…

    • 24 March 2011 at 16:39

      Jiahahaha! Pintar~ 😆

  36. 24 March 2011 at 15:50

    senengane mekso ,*kalo kata arek suroboyo 😀
    hasilnya malah setengah-setengah dan salah akhirnya

    • 24 March 2011 at 17:02

      Kurang ilmu sih ya…. 😐

  37. 29 March 2011 at 02:34

    yg titik2 di nomer 2 itu biar yang baca lama & memahami. 😆

    • 29 March 2011 at 18:24

      Nggak enak dilihat….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 972 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: