25
Mar
11

[Fiksi] Sikat Gigi

Alkisah, tinggal dalam sebuah rumah kontrakan lima orang mahasiswa. Kelima mahasiswa itu adalah Ireng, Jakun, Dodoy, Joko, dan Dasrun. Hubungan mereka bisa dibilang sangat dekat, meskipun masing-masing berasal dari daerah yang berbeda. Bisa dimaklumi, mereka tinggal bersama semenjak semester pertama kuliah (hingga saat ini tahun ketiga mereka).

Suatu hari —sepertinya hari minggu—, Dodoy menyadari ada yang aneh di kamar mandi. Ia melihat jumlah sikat gigi di sana ada enam. Seinget gue sampe sekarang, gue ama anak-anak jumlahnya berlima deh, pikir Dodoy. Ini satu sikat punya siapa yak? Sikat gigi tersebut berwarna putih, sudah agak kusam, rambut sikatnya kusam, modelnya pun lain sendiri kalau dibandingkan dengan lima sikat gigi yang lain. Dodoy nggak bisa berhenti memikirkan hal gak penting ini, padahal mikir kuliahnya aja dia nggak tahan lama. Akhirnya bertanyalah dia ke Jakun, yang tampak setengah tidur di meja belajarnya.

“Oi, Kun, lo tahu gak sikat gigi putih di kamar mandi punya siapa?” tanya Dodoy.

“Hah? Sikat gigi? Putih? Emang ada?” ujar Jakun. Kelihatan sekali dia nggak siap ditanya.

“….ya udah lah, tidur lagi sono…” balas Dodoy. Dodoy beranjak dari pintu kamar Jakun dan lanjut ke kamar Joko, diiringi suara Jakun yang berkata “gue gak tidur kok!

Dodoy ngintip dari jendela kamar, ke dalam kamar Joko. Joko lagi serius memandang layar komputernya. Dasar Dodoy emang dodol, dia ngeloyor aja masuk tanpa ngetok pintu (hal yang tadi dilakukan juga di kamar Jakun).

Joko yang lagi serius (entah ngapain), dan memang orangnya selalu serius, ‘menyalak’ ke arah Dodoy. “Woi! Cak!! Ngetok dulu dong!!”

Dodoy emang tebal muka. “Iye, sori. Eh, gue mau nanya nih.”

Duh Gusti, cah iki kok ora berubah wae tho, pikir Joko dalam hati, sambil ngelus-elus dada. “Mau nanya apaan?”

“Kita di sini tinggal berlima, ‘kan?” kata Dodoy.

“Iya. Cuma berlima. Aku, kamu, Dasrun, Jakun, ama Ireng,” jawab Joko.

“Nah, lima orang ‘kan? Tapi kok… sikat gigi kita ada enam?” lanjut Dodoy.

“Enam? Emang iya ya?” kata Joko, nyengir.

“Iye, ada enam, satu warna putih entah punya siapa. Punya siapa yak kira-kira?”

“Wah, entahlah. Mungkin salah satu dari kita ada yang punya dua sikat gigi?” ujar Joko.

Belum sempat Dodoy lanjut bicara, dia mendengar ada suara seseorang habis dari kamar mandi. Langsung aja dia ngacir menuju asal suara, lagi-lagi diiringi suara nggak puas, “Cak, tutup pintunya!” kali ini dari Joko.

Ternyata itu Ireng, habis dari kamar mandi.”Eh Reng, tunggu.” Dodoy langsung nodong.

Refleks, Ireng ngelap tangannya yang basah ke kaos yang dipakai Dodoy. “Eh, sialan, ini baju baru gue beli dari gantibaju.com!” ujar Dodoy, refleks pula nampar punggung tangan Ireng.

“Oh, paket yang dateng tempo hari itu ya? Pantes masih mengkilap gitu…” kata Ireng santai, tersenyum.

“Mengkilap… emang body mobil… Eh, sini dulu, gue penasaran,” Dodoy narik Ireng ke dalam kamar mandi.

“Eh eh eh, jangan perkosa gue!” teriak Ireng, disusul suara Dasrun dari kamarnya, “Embat aja, Reng!”

“Geblek, gue yang diperkosa ama Dodoy!” balas Ireng.

“Iye, gue mau merkosa Ireng, Run, lu mau gue perkosa juga?” timpal Dodoy. Dasrun ngakak sendiri di kamarnya.

“Udeh ah, sini lu, liat sini,” kata Dodoy. “Kita di sini tinggal berlima ‘kan, Reng?”

“Iya. Terus?”

“Kok sikat gigi kita ada enam yak? Punya siapa nih?” ujar Dodoy, sambil menunjuk ke arah sikat gigi putih kusam.

Ireng memperhatikan sikat gigi itu. “Ada juga yang nyadar ya ternyata,” ujar Ireng santai. “Lo yakin mau tahu itu apa?”

Dodoy mengangguk. Dengan tenang, Ireng menjawab sesuatu yang nggak disangka Dodoy. “Sikat itu gue pake buat ngebersihin kloset.”

Hening sejenak. Tatapan tenang Ireng menatap Dodoy. Tatapan Dodoy menggambarkan rasa tak percaya, kaget, dan jijik bercampur jadi satu.

Ternyata sikat gigi misterius itu untuk nyikat kloset….

“GOBLOOOOK!! Kenapa lu taruh situuuu!??” teriak Dodoy.

Berbarengan, Joko dan Jakun melesat ke TKP. “Apaan? Ada apaan?” kata Jakun.

“Ini sikat putih yang tadi gue tanya-tanya ke lu pade, ternyata buat nyikat kloset!!” balas Dodoy, menunjuk ke arah sikat gigi dan ke ke kloset.

Ireng senyum-senyum sendiri. “Habisnya, gak ada yang mau ngebersihin kamar mandi sih, selama ini cuma gue yang ngebersihin,” ujarnya.

“Oh, gue pikir apaan, cuman itu toh…” kata Jakun.

Joko menimpali, “Iya, nggak usah teriak-teriak gitu dong.”

Dodoy makin pusing. “Buset dah, lu berdua gak kaget? Gak marah??”

Pertanyaan Dodoy nggak terjawab. Joko dan Jakun meninggalkan TKP dengan langkah malas. Ireng tersenyum ke Dodoy, dan ngeloyor ke luar kamar mandi. Dasrun menyahut —lagi— dari kamarnya, “Gue pikir ada kelabang di sono!” Dibalas suara dengusan Jakun dan Ireng, menahan tawa.

Dodoy masih terdiam di kamar mandi, dengan wajah jijik, berpikir mencerna semua ini.

*

Ternyata, itu hanya sebuah candaan, prank, dari Joko, Dasrun, Jakun, dan Ireng.  😆

Gak ada sikat gigi yang dipakai untuk kloset. Bohong. :mrgreen:

*****

Sebuah kisah buatan yang (mungkin) kacau, dibuat hanya dalam satu jam setelah dapet ide waktu berkendara sepeda motor. 😆

——————————————————————————————————————————————————

Semua gambar adalah hasil jepretan sendiri. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.
Advertisements

111 Responses to “[Fiksi] Sikat Gigi”


  1. 25 March 2011 at 00:32

    hahaha…
    sumpah jijik banget kalo nyatuin sikat kloset ama sikat gigi ~ sikat gigiku yang deket ama sikat kloset tsb bakalan langsung tak buang, ganti baru atau mending gak sikat gigi dulu…

    ente dapet ide blog waktu naik motor…
    kalo ane dapet ide bikin lagu…

    mampir Sop, meskipun masih prototipe ahaha…
    http://www.myspace.com/satilakisum

    • 25 March 2011 at 17:57

      Woooooaaaaa kamu punya akun myspace, Ndro!

      Asik, segera kalo aku ada waktu, Ndro! 😀

  2. 25 March 2011 at 05:53

    (Maaf) izin mengamankan KEDUAX dulu. Boleh, kan?!
    Klosetnya ternyata punya sikat gigi sendiri. Padahal tuh kloset gak punya gigi…

    • 25 March 2011 at 17:57

      Lho, pokoknya ‘kan sikat…

  3. 25 March 2011 at 07:47

    Whats….?! $%^^*^&%$%%*

    Good job Asop.. sialnya saya baca ini sambil makan 😛
    Btw mengapa tiba2 ada Dasrun di sini?

    • 25 March 2011 at 18:01

      Haha, saya kurang ide buat nama.

  4. 25 March 2011 at 07:58

    Gak ada sikat gigi yang dipakai untuk kloset, sebagaimana tak ada sikat kloset yang dipakai untuk gigi. Itu semestinya! betul…betul…betul….

    • 25 March 2011 at 18:02

      Nggak, toilet kan punya sikat sendiri…. Bentuknya kayak sikat botol itu lho…

  5. 25 March 2011 at 08:09

    Hahaha…
    Ternyata si dodoy tetep dodol juga ya, sikat gigi sebijik pake penasaran segala…
    😀

    • 25 March 2011 at 18:03

      Haha, dia jenius.

  6. 11 bintang
    25 March 2011 at 10:36

    euuuwwwwwhhhhh. . . .
    *Buangin sikat gigi kusam

    • 25 March 2011 at 18:18

  7. 25 March 2011 at 10:59

    kalau nyata… itu merupakan sebuah penggambaran kehidupan kos2an mahasiswa yg unik menarik dan nyenengkeh.
    !

    • 25 March 2011 at 18:19

      Nggak lupa, nyeleneh. 😀

      • 29 March 2011 at 08:24

        betul betul betul

  8. 25 March 2011 at 11:04

    Kekurangan sikat ya, tapi kan ada yang khusus sebenarnya sikat kecil untuk kloset.

    Kalau sudah di pakai sebaiknya di pisahkan, banyak kumannya kan..

    • 25 March 2011 at 18:20

      Hehehehe, okay, makasih nasihatnya!

  9. 25 March 2011 at 11:09

    Kok jadi agak males makan siang gara-gara gambar di atas ya?
    Tanggung jawab ya, Mas!

    • 25 March 2011 at 18:20

      Huaaaah, disambung makan sore aja, Mas Gie!

  10. 25 March 2011 at 11:21

    Assalamualaikum.

    Gubrakkk……ternyata boongan…

    Walah saya jijik banget ndengernya..wah kyknya saya seperti Doddy banget bang..memperbesar masalah..hahahahahag.

    Oh ya, kira2 kalao tuh sikat gigi beneran buat bersihin kloset, anak2 kos lain tuh pada gmn ekspresinya?

    Oh ya, klo tuh sikat gigi gak buat bersihin kloset berarti punya siapa itu? Buat apaan?

    Nah lho…

    bingung saya

    • 25 March 2011 at 17:56

      Wa’alaikumsalam. 🙂
      Huahahaha, jangan dipikirin. 😆
      Kalo bener kayak gitu, bayangin sendir aja reaksi mereka…

      Eits, biarkan pemilik sikat gigi itu jadi rahasia. 😳

      • 26 March 2011 at 14:30

        Wah,,,jaangan2 pemilik sikat giginya itu…. (nebaknebak mode ON0

      • 26 March 2011 at 14:52

        Hayo, siapa coba? :mrgreen:

      • 26 March 2011 at 19:33

        berarti diantara yang berempat,, si dodoy yang paling teliti,,
        tapi paling males juga bersihin kamar mandi ya Sop,, 😀

        • 26 March 2011 at 21:55

          Kesimpulan yang tepat bin menawaaaan!! 😀 😀 😀

      • 27 March 2011 at 16:34

        Ngakak bentar…

        Hahahahahahaha..

        Kok saya berasa kesindir ya -__-“

        • 28 March 2011 at 11:18

          Ngakak lama-lama juga gak apa2 kok….

  11. 25 March 2011 at 11:22

    innni cerita fiksi? bukan pengalaman pribadi?
    hehehehhehee… soalnya aku punya sikat gigi yang buat bersehin pojokan bak itu loh yang suka ada kerak nya…

    • 25 March 2011 at 18:20

      Coba aja tebak, kira2 fiksi apa fakta?

  12. 30 arie may
    25 March 2011 at 11:39

    Cerita opo iki mas? hahah…

    • 25 March 2011 at 18:21

      Loh, wis diwaca durung?

  13. 25 March 2011 at 11:52

    lucu Bang *masih ketawa*. jangan-jangan si Dodoy penasaran dan berpikir mencerna semua kenyataan tersebut karena doi sempet pake sikat itu kali ya *spekulasi liar*, hhahha lucu.

    • 25 March 2011 at 18:21

      Nah, silakan berspekulasi.

  14. 25 March 2011 at 11:55

    hihhhhhhhhhhh… jorokkkk! 😥 😕

    • 25 March 2011 at 18:23

      Mahes jangan diajarin gitu ya, Bun.

  15. 25 March 2011 at 13:25

    jangan2 ini kisah nyata haha *curiga*

    • 25 March 2011 at 18:25

      *silakan bercuriga* 😀

  16. 25 March 2011 at 15:16

    hahaha.. Asop bisa aja… Eh eh lo nyelipin iklan “gantibaju.com” kan…? wakakakak….

    • 25 March 2011 at 16:17

      *peace* loh Sop… sorry yah klo gw suka becanda.. abis Asop lebih kecil dari adikku sih 😀

      • 25 March 2011 at 18:26

        Gak apa2, saya ‘kan baik hati dan tidak sombong…

  17. 25 March 2011 at 16:35

    Ah, parah mas.. masa sikat gigi dibuat bersihin kloset 😀

  18. 25 March 2011 at 16:58

    walaupun nggak ada korelasi antara sepeda motor dan sikat gigi khususon kloset,
    oke juga ceritanya 😀

    andaikata itu benar buat membersihkan kloset…
    hiiiiiiiii 😐

    • 25 March 2011 at 18:28

      Hiiiiiiiii…

  19. 25 March 2011 at 16:58

    Mungkin ga sih ini nonfiksi yang diaku fiksi? ehehe
    Hayoo ngaku, ga usah malulah sama aku ma Pebri 😀

  20. 25 March 2011 at 16:59

    Mungkin ga sih ini nonfiksi yang diaku fiksi? ehehe
    Hayoo ngaku, ga usah malulah sama aku mas Pebri 😀

    • 25 March 2011 at 18:28

      Malu ah…

  21. 25 March 2011 at 21:44

    Hehehe… mudhengnya setelah baca bagian akhir.

  22. 25 March 2011 at 22:09

    bayangin kalo beneran, trus jangan2 udah pernah salah ngambil sikat gigi tuh kalian, sikat kloset malah dipake buat gigi, hiyyy… *mukaijo*
    lagian kalo mbersihin kloset pake sikat gigi kapan bersihnya? taun depan? 😆

    • 26 March 2011 at 10:34

      Lhoo, memangnya kloset gak boleh pake sikat gigi? 😆
      Untuk membersihkan bagian pinggiran luar kloset, masa’ pake sikat untuk bagian dalamnya? Hiiiiii..! 👿
      Untuk memberishkan bagian2 yang sempit gak bisa dijangkau sikat kloset besar, gimana? :mrgreen:

  23. 26 March 2011 at 05:26

    temanya lucu dan sederhana ya, tapi muter2nya sblum ke intinya yang asyik. He
    salam kenal ya kang

    • 26 March 2011 at 10:29

      Salam kenal! 🙂

  24. 26 March 2011 at 08:23

    ahhahahhaha gw ngakak2 😆
    emg yah, ide itu bisa didapet pas kita ngapaian aja 😀
    hebaaaaatt!! 😀

    • 26 March 2011 at 10:29

      Bahkan waktu kita boker pun bisa lho dapet ide. 😳

  25. 26 March 2011 at 08:24

    5 senjata berupa 5 sikat gigi 😀

  26. 26 March 2011 at 08:25

    Hahahaha…asli lucu gan, ditambah dengan promosi gantibaju.com tapi seakan-akan bukan sebuah promosi tapi masuk dalam cerita. Sumpah saya ngakak gan….

    • 26 March 2011 at 10:26

      Eh ngakaknya jangan berlebihan… :mrgreen:

  27. 26 March 2011 at 09:04

    Sangat mengesankan ya :d

  28. 26 March 2011 at 13:08

    Sikat gigi untuk nyikat closet 😕 jadi berpikir, yang warna mana 😆
    Btw, ide yang cemerlang dan bisa terealisai cuma dalam waktu sejam.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • 26 March 2011 at 22:05

      ….yang putih. 😆

  29. 26 March 2011 at 13:39

    pantesan ujungnya agak kuning gimana gitchuuuuuuuuu… 😛
    hihihihi….

    • 26 March 2011 at 22:05

      Kuniiiiing….

  30. 62 Pria Keren Sekali
    26 March 2011 at 14:31

    gpp sikat gigi buat kloset, asal jangan sikat kloset yang buat sikat gigi hehehe 😀

    • 26 March 2011 at 22:08

      Aih, abang keren sekaleeeee….

  31. 26 March 2011 at 16:51

    pasti kalo bersihin yang di dalem tangannya sampa nyelup-nyelup gitu.. (ok, gausah bayangin 😐 )
    ah, saiia galau mau ketawa apa jijik, Mas… 😛

    • 26 March 2011 at 22:09

      Ouch, jangan divisualisasikan! 😮

  32. 66 Agung Rangga
    26 March 2011 at 18:28

    ya ampun!
    Jorok amat, sikat gigi di kloset… 😛
    tapi, ceritanya keren mas! 😀

    Salam – PopNote

    • 26 March 2011 at 22:09

      Kata orang, “ketimbang sikat kloset untuk gigi?”

  33. 26 March 2011 at 19:48

    untung aja ngga beneran ya sop, coba kalau beneran…
    jijaii deh :))

  34. 26 March 2011 at 21:08

    emang ide dapetnya ga tau tempat sop
    kadang di motor, kadang di tempat makan, kadang ditempat nongkrong (ya closet itu…)
    hahaha.. dan pengalaman pribadi neh sering dapetnya di tempat yang terakhir disebut itu…

    • 26 March 2011 at 22:11

      Eeeeeeh, justru di WC saat kita BAB itu adlaah saat yang tepat untuk merenung dan berpikir!
      Makanya, bagusnya sambil BAB itu bawa buku ato koran.

  35. 26 March 2011 at 21:36

    Hahahhahahah… dodol banget sih… lagian si dodoy juga sok iye banget nyari tau tuh sikat gigi siapa…

    dulu jaman kostan di bogor, sikat gigi bekas banyak banget, sampe suatu haris ikat gigi yang udah pada kusam itu kita buangin… solanya rata2 anak2 pada bawa gayung, jarang ada yang ninggalin sikat gigi dan properti lain di kamar mandi, terus ada sikat gigi ungu yang amsih baru tapi gak ada yang ngaku punya siapa…

    ternyata?

    sikat gigi temennya temen kostan, katanya kalo dia nginep atau mandi, gak perlu lagi bawa sikat gigi dari rumah, udah punya stock sendiri, wkakakakaka… bener juga sih, sabun bisa minta, shampoo juga, kalo sikat gigi kan gak bisa pinjem!

    • 26 March 2011 at 22:15

      Hebaaaaaaaaaat itu temennya temen Mas Prim!!!
      Ide yang cerdas!

      Dasar, temennya temen Mas Prim itu hidup secara bebas yah. 😆

  36. 26 March 2011 at 21:58

    Selamat Sob.. kamu bisa bikin aku jijik..hoek..hoek.. 🙂
    tapi.. bisa-bisanya kamu naik motor sambil bikin ide posting.. bahaya atuh kang..

  37. 27 March 2011 at 09:08

    Ceritanya menarik. Kalau sudah terkumpul banyak, nanti diterbitkan jadi buku aja mas.

    • 27 March 2011 at 14:10

      Amin! 😀

  38. 27 March 2011 at 09:29

    wahahahaha,,,
    yang teriak-teriak cuma si dodoy doank jangan-jangan sikat gigi putihnya udah dipake buat sikat gigi dia lagi….
    hahahaha….

    bisa saja si mas bikin cerita…

    • 27 March 2011 at 14:15

      Hahaha, ini aja dapet ide pas naik motor. 😆

  39. 27 March 2011 at 10:33

    yang penting, sikaaaaaat…!

    • 27 March 2011 at 14:19

      …bukan gitu…

      ….yang penting, LUMAAAAT…! 😆

  40. 27 March 2011 at 12:39

    Oala…kenapa juga sikat gigi buat kloset di taruh di situ…..duh, duh…….

  41. 27 March 2011 at 13:51

    bahaya ini sop. kalau benar2 abis nyelup ke WC, lalu dipake gosok gigi. bisa2 ga enak makan itu yang jadi korban. heu..

    • 27 March 2011 at 14:22

      Ini cumaaa fiksiiii! 😀

  42. 27 March 2011 at 14:27

    hahaha… jadi sebenarnya cuma bo’ongan aja tu mas ya? 😆
    pantesan yang lain pada tenang2 aja 😀

    • 28 March 2011 at 11:14

      Ini fiksi ya, tolong jangan anggap nyata…. 😆

  43. 27 March 2011 at 16:36

    ikh.. sikat giginya ngga pake helm…
    hohoho 😛

    • 28 March 2011 at 11:19

      Haree geenee sikat gigi masih pake helm?

  44. 27 March 2011 at 19:10

    langsung muntah begitu tahu sikat gigi keenam buat nyikat kloset :mrgreen:

    • 28 March 2011 at 11:21

      Muntahnya di tempat yang udah disediakan ya…

  45. 27 March 2011 at 19:44

    saya ngebayanginnya gimana gitu, sikat gigi ditaruh satu tempat dengan sikat kloset :mrgreen:

    • 28 March 2011 at 11:39

      Gwahahahaha!

  46. 27 March 2011 at 20:25

    engga bisa bayangin nih Kang Asop.. andai sikat putih itu ada yang iseng makai buat sikat gigi hehehe

    • 28 March 2011 at 11:39

      Ups…. awas muntah kalo ngebayanginnya…

  47. 27 March 2011 at 23:33

    Lha namanya juga sikat gigi, kalau buat kloset namanya kan ganti jadi sikat kloset :D.

    • 28 March 2011 at 11:40

      Itu benar.

  48. 27 March 2011 at 23:47

    Bisa aja nih ide bos, tapi unik dan menarik, thanks mas asop dan main ke blogku, http://kangrudin.wordpress.com

  49. 28 March 2011 at 06:30

    hehe bisa aja neh mas asop 😀
    saya juga suka pake sikat gigi bekas buat bersiin kloset wkwkw

    • 28 March 2011 at 11:42

      Nah, iya ‘kan? Samaaaa di sini juga. 😀

  50. 28 March 2011 at 14:46

    dasrun…dasrun…
    emang dasrun 76, hahaha

    • 28 March 2011 at 20:40

      Dasrun Super! 😀

  51. 29 March 2011 at 02:19

    😀

  52. 29 March 2011 at 18:38

    Hahahahaha,,, ternyata boong ding..
    pantesan aja pas potonya sikat gigi tetap ada 5 buah,, klo beneran jijik deh,
    langsung ganti sikat gigi klo aku 😛

  53. 31 March 2011 at 06:35

    wah parah tuh kalo ampe dijadiin sikat kloset
    hahaha mending beli sikat laen yang khusus buat kloset ajadeh

    • 31 March 2011 at 17:21

      😀 😀 😀

  54. 1 April 2011 at 21:31

    jangan-jangan pengalaman bung Asop ni 😛

  55. 2 April 2011 at 11:10

    Ga kebayang kalau itu benar2 terjadi, mungkin si Dodoy harus kumur2 pake permbersih kloset. 😕

    • 2 April 2011 at 17:28

      Hiiiiii!!

  56. 18 April 2011 at 21:37

    huahahaha dodol :))

    • 19 April 2011 at 13:19

      Iye, dodol banget yak. 😀

  57. 8 June 2011 at 22:12

    *ngakak*
    *masih ngakak*
    satu kata buat ngomen ini cerpen : PARAH!
    Haha.

    bagus kook 😉
    ini mah emang beneran. beneran fiksi. kan ngaco tuh.
    coba deh, mas asop maen kesini : DoyanNulis.
    dibaca yak, entar mas asop tau sendiri kenapa aku nanya bisa nulis cerpen cerbung puisi ato enggak.
    maunya sih aku ajak gabung.
    kasi jawaban disana ya, mau apa enggak ;D

    • 9 June 2011 at 13:39

      Whoooa ini toh, blog baru Vira? 😀

      Hmmmm saya pikir2 dulu yah. 🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 976 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: