Siapa Ya Penemu Papan Pencatat Ini?

UPDATE (10/4), beberapa narablog memberi ilham pada saya bahwa lebih tepat “pencipta” ketimbang “penemu“. 😀

Ada sebuah pertanyaan kecil yang saya pikirkan. Narablog sekalian tahu benda di bawah ini, ‘kan? Sebuah papan informasi meteran, saya biasa menyebutnya “papan pencatat meteran”.

Pertanyaan saya sesuai dengan judul, siapa ya penemu hal sederhana tapi amat berguna ini?

Papan ini berguna sekali lho, bagi yang berlangganan listrik PLN (pascabayar) dan air PDAM. Daripada repot-repot tiap awal bulan membukakan pintu untuk petugas pencatat dari tiap instansi, mending kita beritahu via papan ini. 🙂

Jadi, ada yang tahu siapa penemu benda ini? 😀

——————————————————————————————————————————

Foto hasil jepretan sendiri. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.

110 Comments

  1. Sob… kalo siapa yang menemukan aku gak tau… tapi kalo bagaimana bisa menemukan barang ini saya bisa jawab, yaitu di swalayan dan warung besi terdekat… :)Btw, memang dengan papan ini setidaknya membantu petugas pencatat meteran, yang tadinya harus mengetuk pintu jadi gak perlu.

    Reply

  2. 2012 nanti, meteran listrik di indonesia telah dilengkapi antena wifi… bisa diakses dari sentra teknologi informasi pln… programnya juga auto event, setiap tgl 25, insert otomatis kedalam database penagihan. jadi gak diperlukan lagi tukang catet meteran, salah catet. 😀

    Reply

  3. yg jelas bukan saya he3…nanya anak elektro kos sebelah aja deh barangkali tau :D, klo ndak tau ntar minggu depan ke PLN bayar listrik sekalian nanya he3

    Reply

  4. Berarti kita yang menulis? Pasti mereka tak percaya…
    Di kawasan saya, petugas PLN tak mencatat, tapi memotret, sekaligus itu bisa dijadikan bukti jika beperkara.

    Reply

  5. Kemarin pas jalan2 di super market, anakku menemukan papan seperti ini di pojokan rak nomer 2 sebelah timur stan sayuran. Ada pada deretan paling bawah sendiri 😆
    **guyon mas………

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Reply

  6. Heheh, baru nemu lho penampakan alatnya juga, jadi saya gak bisa ngasih tau. Sekian. :mrgreen:

    Reply

  7. Yang saya pikirkan justru bagaimana kalau angka yang dicantumkan di papan pencatat itu tidak sesuai dengan angka di meteran? atau belum diganti saat pencatat datang? Tren di kotaku yang saya liat sekarang ini pencatat tinggal memotret meteran, meski dari jarak jauh, tidak perlu masuk pagar, yang penting meterannya menghadap ke jalan.

    Reply

    1. Nah, masalahnya, masih banyak pelanggan PLN yang memasang meterannya tidak menghadap jalan. 😦

      Saya rasa harus saling percaya. Juga, setiap enam bulan sekali harusnya ada petugas yang mengecek rutin masuk ke dalam rumah pelanggan untuk melihat langsung meterannya. Dari sana bisa ketahuan kalau selama enam bulan yang lalu ada “kebohongan” dalam pemberitahuan angka-angka meteran.

      Reply

  8. saya malah agak heran buat apa benda ini. Klo isinya yang ngatur klien, bisa direkayasa dan tdk bs dipercaya. Bukannya petugas PLN tinggal lihat meteran yg sudah terpasang di teras rumah (pengalaman di rumah saya di sebuah kampung di Indonesia). Atau mungkin saya aja yg kuper belum tau sistem terkini masalah listrik rumahan, maklum anak kos

    Reply

    1. Nah, bagus banget kalo meterannya terpasang di teras rumah atau di bagian depan rumah. Jadi masalah ketika meterannya terpasang nggak menghadap ke jalan. 😦
      Yaaa sistem saling percaya aja lah, jujur. Juga, setiap enam bulan sekali harusnya ada petugas yang mengecek rutin masuk ke dalam rumah pelanggan untuk melihat langsung meterannya. Dari sana bisa ketahuan kalau selama enam bulan yang lalu ada “kebohongan” dalam pemberitahuan angka-angka meteran. 🙂

      Reply

  9. cuman keliatannya tukan catatnya terakhir saya liat nggak lagi nyatat di buku, tapi bawa alat elektronik yang diinput angkanya ke sana trus di scan barcodenya sebagai bukti tukang nyatet sudah ke lokasi, (tetep harus manjat maaaaas…. ) hihihi….

    Reply

  10. Kalau tidak salah, sayalah “penemunya”, tapi bukan penemu pertama. Saya banyak nemu yg beginian di rumah-rumah tetangga.

    Tapi kalau “penciptanya” sih saya ndak tahu. Kalau “pembuatnya” mungkin ada tertera di papan tersebut.

    Hehehe… maafkan saya atas komen yg error ini.

    Reply

  11. Heuheu… iya ya mas Asop, penemunya kadang terlupakan, padahal bendanya lumayan berguna.
    Eh, tapi saya tidak memang tau penemunya siapa 😀

    Reply

  12. hihihi, keren sekali, tapi kayaknya sekarang petugas pencatat meter sudah pada bawa bar code scanner, jadi barangkali mereka ngga bawa kertas sama balpoin 😀

    Reply

  13. hahaha… emang siapa ya yang menemukannya? 😀
    kalo di rumah sana kebetulan karena selalu ada orang di rumah, dan pada jam-jam kerja pintu rumah selalu “terbuka lebar” makanya gak pernah make papan begituan… hehehe…

    Reply

  14. Di rumah aku gak ada papan beginia, coz meteran listriknya udah di luar rumah dan dikotakin yang cuma dikasih lihat meterannya,,
    Tapi bener juga ya sop, kadang kita lupa mikirin siapa penemu barang2 ‘remeh’ tapi berguna banget 😀

    Reply

  15. tapi kan bisa aja yang tercantum di papan situ itu bukan angka yang sebenernya???

    *pernah ngeliat papan meteran yang ga diapdet dari taun sebelumnya

    Reply

    1. Nah, memang harusnya ada pemeriksaan dari PLN setiap enam bulan sekali. Dari situ, kalo petugasnya melihat meterannya, pasti bisa ketahuan apakah ada kecurangan atao nggak. 🙂

      Reply

  16. kalau tahu meteran (papan nama tersebut) jadi kebayang tagihan PDAM bulan kemarin mas. tagihanya di atas rata2, biasa habis 30 rb eh ternyata habis 150 ribu, ternyata papan itu bisa buat kita nyiasati agar tidak salah teliti tuh si tukang pencatat meteran
    tapi sapa ya yang menemukan pertama kali, yang jelas orang2 kreatif pastinya …. kalau saya menduga banyak orang ada juga yang tahu karena meniru tapi banyak juga dari ide mereka sendiri
    ………………………..

    Reply

  17. yah siapa ya??? di rumah ada tapi malah ngak dipasang, n ngak pernah lagi lihat ada petugas yg mencatat tu meteran listrik… ribet amat sih PLN door to door 🙂

    Reply

  18. aq sih udah tau lama soal papan tu, tp kalo penemunya ntar q cari tau dehhh..
    trus yg jd pertanyaan: tiap tgl brapa sih diganti angkanya biar up2date, krn bnyk bilang tgl gak tentu,
    kalo yg benar itu tgl brapaan ya ganti angka nya flend :),
    tx wat info na ^_^

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s