21
May
11

Kesalahan Ejaan #6

Sampai juga edisi “Kesalahan Ejaan” di volume ke-enam. 🙂

Saya mengutip beberapa kalimat dari posting-an Kesalahan Ejaan yang pertama, yaitu:

Bahasa itu unik. Kenapa? Karena bahasa ada penulisannya. Mungkin memang mudah mengucapkan, tapi sulit untuk menuliskannya.

Gara-gara foto berikut ini, saya jadi ingat itu. :mrgreen:

#1

Maap ya, yang benar adalah “maaf” tanpa koma atas. 😆  Saya yakin si penulis pengumuman itu menyangka bahwa maaf diserap dari Bahasa Arab. Saya sendiri nggak tahu apa itu benar, yang pasti “ma’af” nggak ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia. *saya pun malah terbiasa menulis maap ketimbang maaf* :mrgreen:

Susunan kalimat pengumuman di atas pun lucu (setidaknya bagi saya). Coba baca. Tidak jelas apakah pengumuman itu bernada penegasan larangan atau permintaan maaf. Disebut permintaan maaf jelas nggak tepat. Ngapain minta maaf di awal kalimat kalau di akhir kalimat diberi penegasan dengan tanda seru tiga kali. 😆 *lebay*

Tiga tanda seru itu terlalu berlebihan, dan pemilihan katanya salah. 😀 Kata “tidak” kurang tepat untuk sebuah larangan. Saya rasa kata “jangan” dan “dilarang” lebih tepat. Bagian “menghalangi” di akhir juga lebih baik dihilangkan aja.

Meminta maaf sebelum melarang sesuatu itu benar, lebih manusiawi. Hanya saja, saya lebih suka langsung secara tegas melarang. Langsung aja tulis “jangan parkir di sepanjang trotoar ini!”  🙂

#2

Gambar di atas benar-benar mencengangkan. 😐  Tak tahukah si pemilik bahwa jika kata benda diberi pengulangan dan diberi akhiran “-an” maknanya akan berubah? 😀

Saya ambil contoh sederhana yang sering kita dengar. Mobil, orang, dan rumah.

Anak-anak kita lagi main mobil-mobilan.

Tuh ada orang-orangan sawah di sana.

Ini hanya rumah-rumahan aja, hanya untuk kepentingan pameran.

Apakah si anak bermain mobil sungguhan? Jelas hanya mainan!

Apakah benda yang ada di sawah yang berguna untuk mengusir burung berupa orang sungguhan? Jelas hanya boneka!

Apakah rumah yang dipajang di ruang pameran rumah sungguhan? Mana cukup dalam ruangan! 😛

*menghela nafas*

Tampaknya toko buah dalam foto menjual mainan atau miniatur buah… 😦

***UPDATE!***

Ada info tambahan dari Mas Asrul dan Deny di bagian komentar perihal pengulangan kata dasar dan akhiran “-an” ini. 🙂  Makasih banget udah membetulkan hal ini. Ternyata jenis pengulangan ada beberapa macam, jadi tidak semua kata dasar yang diulang dan diberi akhiran “-an” adalah barang tiruan atau replika. Contohnya sayur-sayuran dan buah-buahan, yang memiliki arti “berbagai macam buah” dan “berbagai macam sayur”.

Tapi, dalam kasus nama toko di atas, bukankah lebih baik “Dunia Buah” saja? :mrgreen:

#3

Saya udah capek tertawa… *menghela nafas*

Melihat papan pengumuman di atas saya mengira bahwa pengumuman tersebut ditujukan untuk “seluruh tempat parkir”, bukan untuk manusia seperti “tamu“, “pengunjung“, atau “penduduk perumahan sekitar“. 😐 Kesannya pengumuman ini menyuruh “seluruh tempat parkir” untuk mematikan mesin mobil. Aduuuh saya udah capek ketawa nih…. *rahang pegal*

Udah gitu “dimatikan”-nya salah pula, “di” dan “matikan” kok dipisah. 😦

*

Saya kutip lagi dari posting-an Kesalahan Ejaan yang pertama, bahasa itu unik dan menarik. Salah sedikit bisa berubah jadi humor. :mrgreen:

——————————————————————————————————————————

Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.
Advertisements

100 Responses to “Kesalahan Ejaan #6”


  1. 21 May 2011 at 00:17

    Mungkin itu memang tempat jual buah-buahan buat aksesoris? :D.

  2. 21 May 2011 at 00:20

    hhahha … yang lucu itu justru fakta bisa aja gitu ketangkep kesalahan ejaan di berbagai penjuru tempat, teliti banget 😀 mana udah sampai volume enam pula, kayaknya kalau setiap makalah dan karya tulis saya harus di Acc sama Bang Asop gg bakalan lulus kali ya.

    • 21 May 2011 at 08:03

      Saya sih pengennya bisa terus lanjut. 😀

  3. 21 May 2011 at 00:45

    Penggunaan akhiran -an tidak selamanya berarti mirip dengan/benda tiruan,

    penggunaan akhiran -an : antara lain :
    1. alat/perkakas : ayakan
    2. tempat : parkiran
    3. banyak/luas/besar : lautan
    4. benda tiruan : mobil-mobilan
    5. pelbagai jenis : sayur-sayuran, buah-buahan
    6. tiap-tiap : tahunan
    7. benda/bahan : manisan
    8. hasil perbuatan : latihan

    • 21 May 2011 at 08:00

      Iya, benar, memang tidak semua kata berakhiran “-an” berarti benda tiruan. Lain halnya kalau diberi pengulangan kata dasar.

      Tapi bukankah untuk “sayur-sayuran” lebih enak kalau disebut “sayur mayur”? 😀
      Entah kalau buah-buahan sih ya… :mrgreen:

  4. 21 May 2011 at 00:55

    itu tadi dari google 😀

    menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) :

    bu·ah-bu·ah·an n 1 buah tiruan; 2 berbagai-bagai buah; bangsa buah;

    jadi bisa buah tiruan, bisa juga bermakna berbagai buah/bangsa buah

    • 21 May 2011 at 00:57

      setuju ama komen ini…
      buah-buahan itu bisa diartikan sebagai berbagai macam buah.
      jadi bukan selalu berarti mainan/tiruan.

      • 21 May 2011 at 04:13

        Nambah…setuju, memang ada yang berarti mainan,
        tapi tumbuh-tumbuhan kan bukan berarti mainan. Untuk menyatakan berbagai macam tumbuhan. Jadi buah-buahan juga berarti berbagai macam buah.
        Tapi memang menurutku jika sebagai nama toko lebih baik “Dunia Buah”. Dunia sendiri sudah merujuk ke berbagai macam, tidak perlu diperjelas lagi menjadi Dunia Buah-buahan. Untuk nama lebih pendek lebih baik.

        EM

        • 21 May 2011 at 08:05

          Nah, iya Mbak, dalam kasus nama toko, saya pikir lucu kalau setelah kata “dunia” ditambah “buah-buahan”. Lebih kentara makna “dunia replika buah” ketimbang “dunia aneka buah”. 🙂

    • 21 May 2011 at 08:03

      Oke, makasih tambahannya, Mas Asrul. 🙂

      Tapi, dalam kasus nama toko buah di atas, bukankah jadi lucu kalau setelah kata “dunia” ada kata “buah-buahan”? 😀 Lebih kentara makna “dunia mainan buah” ketimbang “dunia aneka buah”. :mrgreen:
      Lebih bagus “dunia buah”.

  5. 21 May 2011 at 02:13

    salah ejaannya udah sampai edisi 6 Sop?

    wah kayaknya pengen baca edisi 1-5 nih hehehe

    menurutku sih penggunaan kata TIDAk itu gpp yah, daripada kata JANGAN/DILARANG, kesannya gimana gitu 😛

    nah baru dunia buah(-buahan) ini yang lucu xixixi
    gw juga mikir, jgn2 di sana jualnya yang palsunya kah? 😛

    • 21 May 2011 at 08:10

      Saya tetap lebih suka yang tegas, “JANGAN” lebih bagus. 👿

  6. 21 May 2011 at 07:09

    mudah2an masih ada episode-episode berikutnya…… 🙂
    buat belajar juga jadinya…

    • 21 May 2011 at 08:06

      Saya sih pengennya bisa terus lanjut. :mrgreen:

  7. 21 May 2011 at 07:17

    maksudnya kalo perlu aneka macam buah di sanalah tempat yang lengkap, dunia gitu looh… *Tulisan ini takusah kau sunting, mohon…

    • 21 May 2011 at 08:09

      Apa kata dunia?? 😀

  8. 21 May 2011 at 08:37

    waahhh..asop kayanya cocok jadi guru bahasa indonesia nih..xixiixi :mrgreen:
    yang gambar terakhir emang kerasa bgt janggalnya tuh kalimat..yang buatnya kayanya lagi ngantuk kali yaa.. 😆

  9. 21 May 2011 at 08:57

    eaaa, baru kali ini saya baca postingan di blog ini soal kesalahan ejaan. emang kalo di jalan banyak yang aneh sih.

    tapi somehow saya merasa makna ‘buah-buahan’ sudah benar ya. mohon ma’ap kalo salah *dikeplak* 😀

  10. 21 May 2011 at 09:48

    Perhatian Seluruh Tempat Parkir Mesin MObil Harap Dimatikan

    Ini pengumuman yang ditujukan untuk Tempat Parkir ya? 😆

    • 21 May 2011 at 10:41

      Saya pikir juga begitu. 🙂

  11. 21 May 2011 at 10:04

    ini yang dimaksud dengan peka terhadap keadaan sekeliling…

    lanjutkan mas asop 😎
    link mas asop sudah saya pasang, terimakasih untuk bantuannya yang kmarin,,hihi :mrgreen:

  12. 21 May 2011 at 10:53

    matur nuwun Kang, wah nambah ilmu lagi nih..

  13. 21 May 2011 at 12:01

    bang asop, kereeeeeeeeeeeeen. beberapa kali mampir ke sini disuguhi pelajaran bahasa yang cessspleng. i like it!

  14. 21 May 2011 at 12:42

    wah… yang paling bawah itu yang paling fatal tal tal…. ^___^

    wah telaten sekali memperhatikan bahasa itu.. seru ilmu dan share nyaaaa… ^_^

  15. 21 May 2011 at 13:17

    lanjutkan Sop
    anak muda bukan berarti tak cinta bahasa ya

    • 21 May 2011 at 19:34

      SUka bangeeet. 😀

  16. 21 May 2011 at 16:25

    karena ruang terbatas, dan ingin menyampaikan secara gamblang, tapi, ya… asyik juga bahasa negeri ini 🙂

    • 21 May 2011 at 19:22

      Namanya saja Indonesia. 😆

  17. 21 May 2011 at 16:33

    Hahahaha,, ribet tuh yg pertama dan ketiga.. kalimatnya rancu banget.. Klo yang kedua dunia buah cukup kok yak 😛

    • 21 May 2011 at 19:12

      Yap, ribet banget yang ketiga. 😆

  18. 21 May 2011 at 16:59

    berarti pesannya adalah berbahasa indonesia yang baik dan benar, gitu ya mas asop.. hehe.. salam dari samarinda mas…

    • 21 May 2011 at 19:11

      SAlam dari Bandung! 🙂

  19. 21 May 2011 at 17:18

    ahaha,, bahasa fungsinya agar ada kesepahaman. jadi sebenernya ga masalah kalo ada salah ejaan. asal bukan di tempat dan saat yang formal aja

    • 21 May 2011 at 19:07

      Nah, tetap saja saya gak tahan untuk menunjukkannya di blog ini. 🙂

  20. 21 May 2011 at 17:30

    gara2 main ke blog ini, klo jalan jd suka menemukan kesalahan tulis atau ejaan juga..hehehe.

    • 21 May 2011 at 19:05

      Nah, di-posting juga dong. 😀

  21. 21 May 2011 at 17:51

    Kalau yang buah-buahan itu benar lho, berhubung saya berasal dari Kelas Bahasa (hehe), saya mau memberi penjelasan.
    Kalau mobil-mobilan, rumah-rumahan dan orang-orangan itu masuk dalam Reduplikasi Berimbuhan Tiruan atau Menyerupai,
    tetapi kalau buah-buahan atau sayur-sayuran itu termasuk Reduplikasi Berimbuhan Bermacam-macam.

    Reduplikasi sendiri ada 4 Jenis yang kemudian dibagi lagi menjadi beberapa jenis 😀

    • 21 May 2011 at 19:04

      Okeeee sama seperti Mas Asrul katakan. 😀
      Makasih banyak pembetulannya. :mrgreen:

      • 21 May 2011 at 21:39

        Hehehe ikut seneng juga bisa dipajang linknya hohoho
        Makasih mas Asop!

        • 22 May 2011 at 20:47

          Mohon perbaiki saya juga ya kalo di edisi mendatang ada salah. 🙂

  22. 21 May 2011 at 19:13

    hahaha…untung bukan saya yg bikin. bisa habis dikupas di sini kalo aku yang bikin.. :mrgreen:

  23. 21 May 2011 at 19:20

    Ah si Asop….mah teliti pisan…tapi khusus yang buah-buahan…agak bingung lho Sop….ayo, ayo…apa coba??Buah bahan, kah? seperti halnya di sayur mayur? tetep buah-buahan..he he he…yang bikin bingung yang paling bawah…..btw dpt dr mn tuh Sop??

  24. 21 May 2011 at 19:23

    karena aku gak tau musti ngapa, aku ikut tertawa saja. hahahahhahhahhahahaahhhaahhahahaha

  25. 21 May 2011 at 19:34

    nama RIVA’I itu betul pakai V ??
    bukan F ?

    soale itu nama orang.
    jarang aq ngeliat nama RIFA’I pakai V..
    😀

    • 21 May 2011 at 19:41

      Iya juga ya, saya juga seringnya pake F ya..

  26. 21 May 2011 at 20:44

    Bahasa Indonesia memang unik, saking uniknya bisa bikin mata jereng. Dan, saya sendiri sepertinya juga sering salah tulis dipostingan. hahaha

  27. 21 May 2011 at 20:59

    qu ketawa liat kamu sop,, teliti banget, kadang aku harus baca postingan ku berkali-kali, biar kamu gak menemukan kesalahan, tapi tetap aja ada yg salah, kayanya aku harus beli kamus bahasa Indonesia nih .. heheh

    • 22 May 2011 at 20:48

      Walah, barangkali Mbak Uni cuma salah ngetik. 🙂

  28. 21 May 2011 at 21:38

    Jangan-jangan kamu pas nyari tempat kencing ya… sampai bisa nemu tulisan MA’AF… 🙂
    Mungkin dulu waktu pelajaran bahasa indonesia suka bolos, jadinya suka salah mengeja…hehehe

    • 22 May 2011 at 20:48

      Hush, sembarangan Mas Koes ini. :mrgreen:

  29. 21 May 2011 at 22:53

    hahaha lo detail banget kalo soal beginian bro
    ditunggu vol. 7 nya

  30. 21 May 2011 at 23:59

    ah ini masih mending daripada,

    kalo seperti saya fasih nyanyi lagu kokoro no tomo tapi hahong kalo suruh nulis pake kanji.. hahaha
    *salahtopik
    wkkkk

    • 22 May 2011 at 20:45

      *benar-benar salah topik* 😀

  31. 22 May 2011 at 07:07

    knjungan perdana, menarik juga mas, ternyata banyak yg ngaco tulisan 😀

  32. 22 May 2011 at 07:24

    indonesia nya banget, yg suka post gambar dan tulisan unik kyk gt di forum juga banyak. bahkan ampe ada yg bikin web khusus 😀

  33. 56 Agung Rangga
    22 May 2011 at 08:43

    wih, kak asop berubah profesi jadi ‘pengamat ejaan’… 😯
    itu nemu tulisan kayak gitu emang kebetulan, atau sengaja dicari?

    • 22 May 2011 at 20:45

      Itu kebetulan nemu. Tapi saya selalu mencoba membaca semua tulisan2 spanduk iklan atau apapun yang saya lewati. Siapa tahu ada yang salah. Gitu… 😀

  34. 22 May 2011 at 09:05

    Saeum,
    saya juga sudah capek ketawa nih kang… 😀
    kesalahan eja yang menimbulkan salah pemahaman tapi banyak yang tak menyadarinya
    saleum

  35. 22 May 2011 at 09:22

    wew, pemerhati alam ni ye, tapi ane juga sih, soalnya bisa bikin senyum(kalo ngakak ngak enak kan di tempat umum)

  36. 60 riez
    22 May 2011 at 09:30

    saya cuma komen-komenan aja loh ini.

    • 22 May 2011 at 20:42

      Maksud? ❓

  37. 22 May 2011 at 11:04

    haha, pejabat aja masih banyak yang salah kok bahasanya

    • 22 May 2011 at 20:30

      Jangan ditiru itu pejabat yang ngomongnya salah! 😡

  38. 22 May 2011 at 12:24

    jadi ketawa liat pengumuman paling atas dan bawah, rancu dan boros kalimat. dunia buah-buahan tempat saya suka beli buah dari arah cicendo-cihampelas 😀

    • 22 May 2011 at 20:30

      Eh, itu betul! 😀

  39. 22 May 2011 at 15:03

    pengumuman ketiga bikin capek rahang 😆
    kalo dunia buah-buahan itu ngingetin saya akan masa tk, trus nyebutin satu per satu buah yang dikasi sama guru

  40. 22 May 2011 at 16:13

    belajar bahasa Indonesia memang susah Sop, karena bahasanya sendiri masih berkembang dan terus berkembang. Tetapi memang tidak salah jika Asop menggelitik masyarakat, dan semoga kita tidak melakukan kesalahan yang sama dan berulang-ulang.

    • 22 May 2011 at 20:22

      Saya sendiri masih kurang ilmunya, saya dibenarkan oleh Deny dan Mas Asrul. 🙂

  41. 22 May 2011 at 16:46

    jiaaah, gara2 mengamati kata2 yang lucu2, malah jadi capek ketawa ya Sop 😀 😀
    salam

  42. 22 May 2011 at 17:54

    jadi harus parkir disitu biar gak menghalagi.. woot??? haha

    • 22 May 2011 at 20:18

      Nah, jadi lucu ‘kan? 😀

  43. 22 May 2011 at 19:05

    Ditunggu kesalahan ejaan volume berikutnya.
    Biar rahangnya Mas Asop tambah pegel. hehehehe

    • 22 May 2011 at 20:16

      Duh, jangan dong, rahang pegel gak enak…. 😦

  44. 22 May 2011 at 19:41

    beuuhhh..jeli banget sih sop.. 😀

    • 22 May 2011 at 20:16

      Saya akan mencoba jadi lebih jeli lagi. 🙂

  45. 22 May 2011 at 21:11

    hahaha,itulah indonesia 🙂

  46. 22 May 2011 at 21:36

    pembuat iklan sengaja menulis seperti itu Sop,
    biar muncul di Asopusitemus 😀

    • 23 May 2011 at 13:17

      Kalau benar begitu, saya tertipu. 😆

  47. 22 May 2011 at 21:50

    ternyata ada dunia buah di tahun 2011 ya…:-P

  48. 22 May 2011 at 23:32

    agar menjadi perhatian tentunya mas asop… biar tetep bisa diperbincangkan, seperti disini.

    • 23 May 2011 at 13:17

      Ah, apakah ini pujian? 😳

  49. 23 May 2011 at 09:25

    Hmm…

    Kalo ditulis kaya gini aja gimana: Cobain deh parkir di sini! *terus ada gambar kendaraan hancur lebur* wkakakakakaka… kira2 ngerti gak?

    • 23 May 2011 at 13:06

      Ngerti! 😀

      Jadi sama aja maksudnya dengan, “Anda berani parkir di sini, mobil Anda akan rusak seperti gambar di bawah.” 😆

  50. 24 May 2011 at 10:16

    wakakak nemu nemu aja neh 😀

  51. 24 May 2011 at 11:13

    Haha, itu yg maaf serapan dari bahasa Arab ya? ada ‘ain nya 🙂

    • 24 May 2011 at 14:10

      Yap! Bener banget! 🙂

  52. 24 May 2011 at 13:16

    Masih postingan salah eja ya Sop.
    Tapi menarik nih, karena pada kenyataannya memang banyak sekali terjadi di sekitar kita tanpa disadari.

    • 24 May 2011 at 14:02

      Masih dong. 😀
      Semoga saya masih bisa terus melanjutkan ini. 🙂

  53. 89 memoirfaza
    26 May 2011 at 10:07

    mirip obrolan di kantor 😀

  54. 28 May 2011 at 13:54

    kesalahan pengejaan ini sering sekali ditemui… bahkan di tempat2 besar… di parkiran sebuah rumah sakit di Jakarta, ada tulisan “Restribusi Parkir Rp.2000 untuk jam pertama”… padahal tempat itu kan isinya orang-orang pinter semua, kok ndak ada yg koreksi sih? :mrgreen:

    • 28 May 2011 at 17:44

      Hahahahahahahaha “untuk jam pertama”?? Dan lagi, “restribusi”? 😆

  55. 29 May 2011 at 08:32

    oh… tidak pernah terpikirkan olehku hal2 kayak gitu.

  56. 30 May 2011 at 14:38

    Kalau sayur-mayur ada nggak?? Itu menggambarkan jamak atau tunggal ya?? Kalau buah jamak gimana?? Buah-buah aja, atau bebuahan, atau buah-muah atau yang lainnya?? 😀

    • 30 May 2011 at 19:22

      “Bebuahan” boleh juga, Mas…

  57. 3 June 2011 at 19:53

    Asop, saya juga pernah mengalami kasus yang serupa.. Saya menulis Jumat, dengan Jum’at… dimarahin guru bahasa Indonesia hehehe..

    Eh kamu juga salah tuh,, harusnya kan napas, bukan nafas… kekekeke

    pease :mrgreen:

    • 4 June 2011 at 17:48

      Sama aja, Mbak. Ejaan baku “napas”, ejaan yang terpengaruh dari bahasa arab jadi nafas.

  58. 20 May 2012 at 17:20

    Terimakasih karena telah membantu saya mengerjakan tugas bahasa Indonesia. Wacana ini sangat bermanfaat… 😀 😀 😀

    • 25 May 2012 at 09:41

      Alhamdulillah, saya senang kalau ini bisa membantu. 🙂

  59. 31 August 2015 at 21:57

    bisa dicopy buat tugas ya ^^ hehehe minta ijin dulu nih 😀

    • 18 November 2015 at 21:51

      Waaaah monggo. Semoga bisa membantu. 😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 972 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: