[Foto] Laba-laba, Hewan yang Saya Benci

Jangan tanya mengapa, saya nggak suka hewan yang satu ini. Laba-laba. 😦

Silakan klik gambar untuk memperbesar gambar hasil jepretan saya ini

Seperti yang sekilas saya tulis di posting-an award yang ini, saya mau masuk ke kandang singa (kalo ada pawangnya). Saya nggak takut sama ular (asal ada yang punya). Saya berani meladeni kalajengking (asal saya bawa tongkat kayu). Tapi tolong, jangan kasih saya laba-laba. Jangankan laba-laba black widow atau tarantula, laba-laba rumah dan laba-laba taman aja bikin saya degdegan. 😦

Hasil crop dari gambar pertama, klik untuk memperbesar

Foto yang saya jepret di atas adalah  laba-laba kecil, hanya sebesar satu ruas jari kelingking. Laba-laba ini biasa bikin sarang di antara tanaman-tanaman di taman. Saya nggak begitu takut sama yang ini, karena ukurannya yang kecil. Tapi… tetap saja saya nggak mau pegang. :mrgreen:

Paling bikin saya ngeri itu ya laba-laba Black Widow dan laba-laba besar entah apa namanya, yang sering saya lihat nangkring di antara jaringnya (sarang) yang lebat di antara dahan pohon. 😦  Bentuk laba-laba itu mirip-mirip dengan gambar laba-laba kecil di atas, ada strip kuning di tubuhnya, dan tubuhnya lonjong. Sebagai pembeda hanyalah ukurannya yang besar. *bergidik*

Seekor laba-laba Black Widow, dengan ciri khas corak merah. Gambar diambil dari wikipedia

Saya ingat sekali, pertama kali melihat laba-laba Black Widow saat saya SD. Waktu itu lagi di sebuah tempat rekreasi di antara Kota Malang dan Kota Batu (lupa namanya), kebetulan tempatnya rindang, banyak tumbuhan. Saat saya bermain kejar-kejaran sama teman-teman, mendadak saya melihat seekor laba-laba besar (untuk ukuran anak kecil waktu itu) di antara sebuah tanaman pendek. Beruntung, berkat suka membaca buku tentang hewan, saya sudah tahu bahwa laba-laba Black Widow tersebut beracun, dan saya menduga itu Black Widow karena bercorak merah terang. Karena saya tahu itu beracun, saya nggak berani dekat-dekat. 😐

Saya harap Mas Ali bisa tahu apa nama jenis laba-laba kedua yang saya maksud di atas. Laba-laba ini bisa banyak ditemui di antara pohon-pohon di depan rumah, bahkan di dalam pekarangan rumah. Pastinya warna laba-laba ini hitam bercorak kuning, dan tubuhnya lonjong, tidak membulat seperti Black Widow.   *bergidik lagi*

Apa narablog sekalian ada yang takut laba-laba juga?

——————————————————————————————————-

Gambar pertama dan kedua adalah hasil jepretan sendiri, dan gambar kedua diambil dari wikipedia. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.

215 Comments

  1. Dari namanya aja udah ketauan berbahaya tuh :O bisa ditemuin di tempat rekreasi ? jangan2 kalau kena sengatannya jadi mutan kayak Spiderman lagi hhohho.
    Jah elah ya sama aja kali semua orang juga berani kalau ada pawangnya mah 😀

    Reply

  2. Kalau laba-laba aku tidak terlalu takut. Jangan kasih aku kecoak (dan sebangsanya yang kakinya spt kecoak) dan ULAR.

    Takut kok bikin foto sih? kontradiksi banget tuh hihihi

    EM

    Reply

  3. nggak ngerti soal laba-laba 😀 jadi biasa aja. Yaa megang juga ogah nanti tangan akyuu kotor :p
    tapi ya selama ini sih biasa-biasa aja.

    Reply

  4. Saya tidak tahu kalau latrodectus sp (The Widows Spiders) ada di Indonesia juga 😐 – saya sama sekali tidak pernah melihatnya sejak kecil.

    Reply

    1. Saya sendiri juga heran ada laba2 ini di Indonesia, tapi saya jadi yakin bahwa itu black widow karena ada corak merah di laba-laba itu, dan bentuknya bagian perutnya (abdomen) membulat, persis seperti yg pernah saya lihat di buku2 tentang hewan. 😐

      Reply

  5. Kalau saya anomal phobia, saya takut dengan segala jenis hewan. Bahkan mulai dari cicak, kecoak, kucing, anjing, pokoknya hampir semua hewan saya takut.

    Terkecuali: semut, nyamuk, lalat, ulat, cacing.

    Kalau saya Ayam, fifty-fifty. Kalau sudah digoreng saya malah suka, tapi kalau masih hidup ya takut.

    ^^

    Reply

    1. Heeee… saya turut bersedih… dan saya bersyukur gak takut terhadap banyak hewan. 😐
      Tapi nikmati aja, Bro. 😀

      Reply

  6. masak sih bro lebih takut laba laba dari singa. jadi lu lebih milih ketemu singa??? kalo gw ngak suka banget ama laba laba sih. tapi setelah nonton spider man, gww jadi suka tuh

    Reply

    1. Serius, gue lebih mending ketemu singa ketimbang harus berhadapan dengan laba-laba. 😦
      Singa masih kerabat kucing, ‘kan? 😆

      Reply

  7. keknyanya itu laba-laba dari genus Nephila. Jenisnya bisa jadi Nephila pilipes.
    Namun saya tidak berani memastikan lantaran selain awam soal anthropoda (termasuk laba-laba), laba-laba juga memiliki puluhan ribu spesies banyaknya.

    Reply

  8. ih lucu ya laba2 nya, hehehehe..daripada laba-laba gitu, mending bala-bala (bakwan) loh sop lebih enak bisa dimakan :P. coba sop minta di gigit ma laba-laba diatas, sapa tau bisa jadi spiderman 😀

    Reply

  9. Arachnophob? Dulu saat saya di Ukraina, saya punya teman sekelas jumlahnya 20 orang, cowok-cowok kekar gitu, juga arachnophob. Hahahe 😀 jadi ingat dulu mereka sampai ada yang lompat-lompat gitu pas ngeliat ada laba-laba di pohon 😀

    Oh btw, itu fotonya diambil sendiri ya? Bagus sangat.. 😀

    Reply

  10. Ops, saya termasuk jarang banget atau sudah lama sekali gak ketemu laba-laba.
    Dan kayaknya saya gak takut tuh, soalnya dulu waktu masih kecil setiap ketemu laba-laba di pohon, saya suka merusak jaring-jaringnya pakai galah atau di lempar batu. Bandel memang! hihi… 😀

    Reply

  11. di sekitar kebun keluarga saya ada banyak serangga lengkap dengan jaring jaringnya, hehe

    Reply

  12. Memang laba-laba itu g ada lucu-lucunya apalagi manis-manisnya. Mata di punggung, kakinya panjang2, buntel2 mangsanya pake jaring, baru di makan. Ga ada kerjaan banget kan? hehehe

    tapi yang paling serem menurut saya itu,
    CACING.
    egol2 gitu kalo jalan. hiiiiy… bisa pingsan ketemu cacing.

    Reply

    1. Hahaha, saya gak mempermasalahkan bentuknya. Saya cuma takut sama kaki2nya yang panjang dan ujung2nya tampak tajam. 😮

      Cacing ya….
      Saya gak takut itu, hanya geli aja.

      Reply

      1. Hahaha… kalo ketemu cacing, saya bisa langsung pingsan.

        Mending praktikum ngorek2 mayat daripada cacing.. hyaaaaa….

        Reply

  13. Wah kamu phobia sama laba-laba ya Sop?
    Dulu saya malah suka nangkep laba-laba terus disimpan dalam toples.
    Diingat-ingat jahat juga. Tapi itu dulu lho 😀

    Reply

  14. Saleum,
    syukurlah saya gak takut pada laba – laba 🙂
    cuma saya paling ngeri ama Ular walaupun kecil, langsung kabuuurrrr…. hahaa
    saleum dmilano

    Reply

  15. Saya juga agak takut lho dengan laba2. Masalahnya kita yang orang awam tidak tahu apakah laba2 tsb beracun atau tidak. Tapi kalau nonton film spiderman aku juga suka lho

    Reply

  16. Jujur saya juga takut dengan laba-laba, kalau ketemu lebih baik menghindar atau kalau membahayakan malah membunuhnya… *errrrr* thriler banget ya.. hehe 😀

    Reply

  17. laba-laba mah keren mas.. klo ga ada laba-laba dunia kita mungkin udh di hancurin sama green goblin atau sandman.. hehe klo tikus itu yang beda lagi.. binatang penghancur dunia itu XDDD

    Reply

  18. WAH, ternyata fobia kita sama sob… saya jg takut ama laba2.
    tp herannya saya malah mengidolakan sosok superhero Spiderman…
    hehe… aneh..
    🙂
    tp akhir2 ini sih, agak sedikit brani, saya mulai mencoba mengalahkan rasa takut saya itu yaitu dgn cara mengenal lbh jauh apa itu laba2. ternyata hewan yg satu ini memiliki gaya hidup yg sangat unik.
    terutama jaringnya itu loh…

    bahkan ilmuwan pun sedang gencar2nya menyelidiki jaring laba2 ini. yg katanya elastis tp sangat kuat.

    Reply

  19. wew, klo saya geli ngeliat ular. klo laba2 ga begitu. pernh suatu kali ada ular kecil masuk rumah sempet bikin heboh, lha wong saya penakkut ma ular he3 😀

    Reply

  20. phobia laba – laba, Mas?

    nggak nyoba digigit laba- laba? siapa tau bisa jadi spiderman, hahaha

    btw, tiap orang punya phobia masing2, itu hal yg normal. Ane mah takut sama Harimau ama Buaya, takut dimakan, hehehehehe

    Reply

  21. Hehehe, kalau mau jujur saya itu antara suka & geli ma laba-laba. Saya demen ngeliatin cara hidup mereka, tapi suka geli klo disuruh pegang langsung, apalagi laba-laba loreng yg gede macam itu 😆

    Oh ya, dari yg pernah saya dengar, laba-laba macam itu klo menggigit ga akan mengakibatkan kematian, tapi emang ada potensi untuk menyebabkan efek lumpuh sementara & perih pada bagian yg kegigit 😉

    Reply

    1. Hehe, sama, saya sebenernya suka nonton film dokumenter (Discovery Channel) tentang laba-laba sejak kecil.
      Saya suka melihat berbagai jenis laba-laba yang berkarakteristik beda, ada yang warnanya biru, ada laba-laba gua yang buta, juga laba-laba tarantula yang berrambut. 🙂
      Tapi kalo disuruh megang, saya gak mau.

      Reply

  22. Sop, takut laba-laba?
    SAMA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Suatu hari di rumah ada laba-laba super gede yang diameternya kira2 sepuluh cm. Lalu saya pelototi dari dekat. Aih, jadi takut lihat delapan kakinya itu dan jumlah matanya yang banyak. Udah gitu kalo bergerak cepat sekali…

    Lalu imajinasi saya bertambah liar.. Jangan-jangan kalo saya pelototi lebih lama, ia bakal nyamplok di wajah saya… takuuuuuuuuuuuuuuuutttt
    arrggggg

    tapi saya paling takut kecoa sebenernya.. apalagi yang terbang…

    Reply

    1. Hiiii Mbak pernah lihat laba2 sebesar itu secara langsung?? 😯

      Duh, iya lho Mbak, saya aja ama laba2 taman yang diameter 5 cm aja suka gak berani deket2… sama alasannya, takut dia lompat ngecaplok saya. 😐

      Reply

      1. aih, harusnya hal seperti ini dirahasiakan Sop, aib bagi laki2 :mrgreen:

        bagaimana kalo bertemu wanita yang hobi memelihara tarantula wkwkwkwkwk

        tapi seriusan itu, gede banget, di dinding dekat meja makan di rumah. kalo dia mulai jalan, bikin kaget… 😦

        Reply

  23. Saya yakin dengan sebenar benarnya, bahwa penulis tak benci dengan laba2. Ko’ malah lebih ngerti soal bentuk dan fisiknya yang unik. pastinya sudah ngobrol dengan laba2 kan 😆

    Reply

  24. bukan masalah dengan laba2,.. karena darinya peter parker yg kuper abis bisa kweren, eh, jgn2 cemburu ni gara2 peter parker doang yg digigit? :mrgreen:

    Reply

  25. Yah sayang sekali.. andai saja laba-laba itu menggigit tubuh Kang Asop pasti Indonesia punya SpiderMan yang siap melawan kejahatan dan korupsi hihi..

    Reply

    1. Huh, laba-laba lucu dari mana??
      Matanya banyak. Kakinya delapan. Ujung kakinya runcing pula. Belum tubuhnya (abdomen) yang membulat atau melonjong. Hiiiiii…. bergidik. 😦

      Kalo kecoa sih ngapain ditakuti, kalo dibenci iya, karena bau dan terkesan menjijikkan. 😀

      Reply

  26. kalau laba-laba yang sering nangkring di rumah, saya nggak begitu takut, masih lebih nyebelin liat kecoa 😀
    Apalagi ular sama buaya, nggak deh.

    Reply

    1. Iye emang, siapa juga yang mau jadi spider-man? 😆
      Enak sih jadi spider-man, badan kuat, tahan banting, mata tajam gak minus.
      Tapi gak enaknya tanggung jawab besar. Menjaga perdamaian. Lagian di Indonesia gak ada gedung tinggi, mau bergantungan di mana?? 😆

      Reply

  27. aku ga takut laba-laba, tapi temenku ada yg taku buanggeds. sampe laba-laba kecil nan imut juga lembut yang bisa mental kalo ditiup, diapun takut. 😆

    Reply

  28. Kadang khawatir sih pas lihat laba laba. Tapi kadang berani beraniin. Lebih lebih untuk hancurkan sarangnya karena ngotorin ruangan kamar.. Hehe

    Reply

  29. tadinya mau nanya, kenapa takut laba², tapi berhubung di atas sudah dikasih peringatan, jadinya ya ga jadi tanya. cuman kalau saia memang tak takut, isteri sih iya.

    bagaimana mas asop,
    kita nyanyikan sebuah lagu dari teh nicky astria yg berjudul laba-laba hitam sahaja:
    ♫ …

    dia laba-laba hitam, yang selalu merentang jeratnya
    biar mangsanya terpikat, lupa akan sengat bisanya
    terperangkap, jatuh dalam peluknyaaaa….

    Reply

  30. aku sih takut aja y sama laba laba, apa lagi nih, sama laba-laba tarantula ya… 😐
    Hmm, coba aja ada laba-laba yg ada di spiderman, nanti klo di gigit aku bisa jd spiderman, horeeeee (Terlalu berharap,,) hahahaha.. :mrgreen:

    Reply

  31. Salam kenal Nara blogger “asop” baru pertama kali menjejakkan langkah di rumah sampean….
    dan tertegun dengan gambar laba laba..sumpe penasaran abis kenapa takut dengan laba laba??? tapi dilarang bertanya yah…laba laba bahasa arabnya Ankabut..ada tertuang dalam ayat suci umat Islam, hewan ini kayaknya dulu pernah menolong menutup gua dalam perjalanan Nabi dalam sejarah islam…jadi penasaran..apakah hewan ini…dirumah suka ada laba laba yang kecil kecil itu.

    Reply

  32. Saya tidak takut dengan laba-laba asal ada ranting kayu 😆
    Tapi saya takut koq tapi yang saya takutkan cuma tikus. Padahal kemarin saat ketemu tikus di dapur, dia takut setengah mati. Kari terbirit2 dan saya juga lari 😳

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Reply

  33. membaca postingan ini sampai habis tergolong fear factor buat saya. saya ga suka laba-laba, kecoa dan serangga sejenisnya *mati2an menghindari menatap foto diatas*

    Reply

  34. setiap orang memang punya ke-freak-an pada sesuatu. Tapi, ada beberapa hewan yang menurut saya sih walau kita benci, tapi ga layak kita membunuhnya. Cukup dijauhi saja. Seperti saya, yang ga suka kecoa. kadang, terpaksa harus membunuh para kecoa karena mereka sumber kotor dan penyakit 😐

    Reply

    1. Iya, itu benar. Dan saya gak suka membunuh laba-laba lho ya. 😐
      Saya takut, iya benar. Tapi membunuh laba2? Tidak, karena saya sudah keburu lari menjauhinya. 😐

      Reply

  35. Mungkin karena dari kecil sudah terbiasa dengan binatang seprti itu, jadi sampai sekarang saya ga takut dengan binatang yang namanya laba-laba.
    Mungkin karena tdk ngerti laba-laba mana yang berbisa…..

    Reply

  36. Saya heran, kenapa sepertinya cowok lebih takut laba-laba dibanding cewek.

    Saya takut juga sih, hehehe… tapi saya lebih takut ulat bulu dan kecoak.

    btw, kenapa ya namanya black widow? apakah laba-laba jantan juga namanya black widow.. dan kapan mereka menikah? kok tiba2 jadi widow? :p

    Reply

    1. Justru kalo ulat bulu saya gak takut, tapi saya tetep menjauh, gak mau gatel.

      Laba-laba ini disebut black widow karena setiap kali habis kawin si betina membunuh si jantan. SAya lupa tepatnya apakah “memakan” atau hanya “membunuhnya”.

      Reply

  37. aaaaaaakkkk…. aku suka banget laba2… dulu pas dirumah lama, pernah melihara sepasang di kamar ku… ta kasi nama Didi dan Pipi 😀

    Reply

  38. kalau sama laba-labanya spiderman saya gak takut mas.. haha..
    gak takut sih, cuma kalau pas ketemu ama yang beracun itu pasti lari saya.. 😀
    dan yang paling membuat saya takut + jijik, itu sama ular.. hehe..

    Reply

  39. Berkunjung lagi sambil nganterin tantangan,

    >>>Nitip pesan buat semua:
    Saya ada tantangan buat para blogger Indonesia, ki. Yang siap bisa langsung ceck TKP di blog saya.

    Reply

  40. Hiiiiiyyyy, memang mengerikan! Apalagi yang janda hitam itu, nampak kokok sekali kaki-kakinya 😦

    Walaupun takut dan gilo, tapi aku selalu takjub pada kehebatan mereka membut sarang. Kuat dan indah 😀

    Kalo sama Mas Spiderman siy aku gak takut 😳

    Reply

  41. Lah knp takut mas??? kan asik tuch kalo misalnya digigit…..
    sapa tau aja bisa jadi sapiderman….. eh salah maksudku spideman….. wkwkwkwkwk…… 😀 😛

    Reply

  42. laba-laba itu diliat dari sudut manapun mengerikan…
    klau saya tkut laba2 gra2 trauma masa kecil…
    laba2 segede telapak tangan orng dewasa tiba2 nangkring aja di tangan w gak tau dari mana datengnya,,,hwaaaaa…

    Reply

    1. Haaahhh??
      Serius pernah didatengin laba-laba segeda telapak tangan orang dewasaaa?

      Bisa saya maklumi trauma Wulan….

      Reply

  43. Wah yang namanya binatang merayap, apapun itu buat saya mah – mengerikan 😀
    Apalagi kalau ukurannya udah sebesar telapak tangan macam di foto itu..

    Reply

        1. Lho, sekarang gini, orang kalo motret orang secara diem2 (candid) apa menyentuh si objek? 😆
          Orang motret singa apa musti nyentuh si singa? 😆

          Hehe….

          Reply

      1. yeeee. kan jelas itu di komen saya sebelumnya -,-”
        harus nyentuh–> nyentuh kamera, itu maksudnya. aku gabilang nyentuh objek kok xD
        terus dibawahnya lagi, bilang : kalo gak nyentuh (kamera) gimana motretnya? wk.
        maap bikin bingung, hoho.

        Reply

  44. saya paling takut dgn yg namanya ular, hih geli.. kl laba2 takutnya sama yang gede item itu.

    Reply

  45. Wah.. Kalo laba-laba rumah sih kesukaan saya mas..
    Terkadang fantasi liar saya bicara. Kepengen digigit laba-laba biar jadi kayak spiderman. 😀

    Reply

  46. saya nggak pernah bisa, nggak pernah berniat, dan nggak pernah mau ngambil gambar kecoa, (hewan paling saya benci) 😀
    lha sampeyan benci labalaba kok malah dipotret , hati-hati lho,,, benci bisa jadi suka 😀

    Reply

  47. Jadi teringat sama Ron Wesley yang juga takut sama laba2.. hehehe.. Kalau aku seh gak mau pegang, tapi klo sekedar lihat dari jauh gak teriak juga seh 😛

    Reply

  48. walah komentarnya banyak sekali. Termasuk seleb blog nih 😉 Foto-fotonya bagus. Bagi juga di commons.wikimedia.org dong 😉

    Reply

  49. ada, sy juga takut laba-laba, apalagi rugi-rugi, hihihi

    ah, kalau sy mah takut sama semua jenis serangga, hehehe. insectaphobia 😀

    Reply

  50. kalo saya gak terlalu takut sama laba2 😀 apalagi kakak saya, jangankan laba2, berbagai serangga pernah di pelihara diakuarium yg udah gak dipake 😀

    Reply

  51. Kayak Ron aja, Sop. Eh apa Ron yang kayak Asop? =p
    Mbak sih nggak takut sama laba-laba. Hm. biasa aja. Maksudnya yah, kalo si laba-laba tidak mengganggu alias punya dunianya sendiri, so do I.. Kecuali kalo dia mengganggu,baru deh tak semprot. hehe

    # jadi pengen ngasih kado berupa mainan berbentuk laba-laba ke Asop. 😀

    Reply

  52. ohohoho saya baru baca postingan yg ini. kalo laba-laba sih saya gak takut. cuma geli aja sama jaringnya. tapi kalo liat laba2 di film2 emang serem ya bro

    Reply

  53. kalau g suka pun jgn di bunuh,laba2 juga makhluk ciptaan Allah,kalau laba2 seandainya tidak bermanfaat pun pasti tidak akan di ciptakan,tetapi laba2 di ciptakan pasti ada manfaatnya,alam saling menye-Imbangi,jika kita merusak/memusnahkan salah satu makhluknya sudah pasti berdampak pada yang lainnya.

    Reply

    1. Iyap, saya sepakat banget. Saya gak mau membunuh binatang sekalipun itu saya benci. Misal ada kecoa di kamar mandi, saya guyur air aja sampe masuk ke lubang pembuangan lagi.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s