22
Jun
11

Makan Otak-Otak Dulu!

Satu lagi makanan kesukaan saya selain sate dan mi kocok. 😀

Semua pada tahu ‘kan otak-otak? Itu lho, makanan berbahan ikan tenggiri yang dibungkus ama daun pisang dan dipanggang (atau dibakar?).  Kalau nggak tahu coba ke sini untuk cara membuatnya atau ke sini untuk definisinya. :mrgreen:

Enaaaaak banget deh. :mrgreen:

Entah apa alasan saya suka. Makannya mudah, tinggal buka, dan lep! masuk mulut-kunyah-habis. 😀  Setahu saya juga dalam proses pembuatan makanan ini nggak ada penggorengan, artinya sehat. Paling yang harus diwaspadai ya kandungan santan-nya. Iya, menurut situs ini bahan pembuatnya ada santan.  🙂

Bisa nggak yah bikin otak-otak tanpa santan?

——————————————————————————————————————————

Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.
Advertisements

64 Responses to “Makan Otak-Otak Dulu!”


  1. 22 June 2011 at 07:07

    mungkin bisa diganti pake susu 😀 tapi gak tau rasanya gemana..
    kalo konsumsi santan’a gak kebanyakan gpp kok, apa lagi itu ada ikan’a ky’a sih gpp

    • 22 June 2011 at 09:50

      Iya, saya rasa bisa diganti dengan susu. Enak juga mungkin. 🙂

      Iya sih, gak masalah kalo konsumsi santan hanya sebulan sekali. 😀

  2. 22 June 2011 at 07:15

    jadi nambah lapeer ni yg pagi2 belum sarapan.. 😀

    • 22 June 2011 at 09:46

      Maap. 😀

  3. 22 June 2011 at 08:27

    Oh, ada santannya tah? Pantas gurih-gurih gimana gitu. 😀

    Aku juga suka otak-otak, Bung. Tapi itu bukan dari udang, kan? 😛

    Duh, jadi laper. 😦

    • 22 June 2011 at 09:45

      Bukan, ikan tenggiri. 🙂

  4. 22 June 2011 at 08:41

    Saya yang ndak bikin enak itu, “namanya itu lho” 😦 – masa otak ditelan :D.

    • 22 June 2011 at 09:44

      Ah, cuma nama. 😀

  5. 22 June 2011 at 09:32

    Pertama kali saya kenal dan coba otak-otak ini, di warungnya pak raden apa pak kumis ya [? lupa] di kota palembang.
    enak pokok nya, hee…

    • 22 June 2011 at 09:41

      Emang enak ya makanan ini. 😳

  6. 22 June 2011 at 09:46

    ibu saya di rumah juga suka beli otak2. tp bentuknya agak beda, lonjong2 gitu 😀

    • 22 June 2011 at 13:16

      Yang ini pipih. 😀

      • 23 June 2011 at 12:47

        yg pipih lum pernah sop, besok deh kpn2 nyari 😀

  7. 22 June 2011 at 10:00

    lho tak kira bahannya dari otak apa gitu… salah ya…. 😀

    • 22 June 2011 at 13:15

      Hahaha, cuma nama aja. 😀

  8. 22 June 2011 at 11:14

    wah saya dulu sering beli pada abang2 di dekat kerjaan saya, ndak tahu sekarang sudah ndak nongol lagi.

    #jadi kangen

  9. 22 June 2011 at 12:02

    aku juga suka banget otak-otak, jadi ngiler lihat gambarnya…beli ah….

  10. 18 Hurul Aini
    22 June 2011 at 12:09

    recommended: otak-otak asli Makassar. muantaaaaaaaaabz! 😀

    • 22 June 2011 at 13:15

      *menelan ludah*

  11. 22 June 2011 at 13:02

    Anyway, bisa dijamin ga itu ‘enak’ menurut lidah ente gan? Soalnya kalo lidah gw yg mahasiswa, apa aja enyak enyak enyak, apalagi gratisan #eaaa

    • 22 June 2011 at 13:14

      Harusnya sih semua otak-otak itu enak. 😆

  12. 22 June 2011 at 13:11

    nyaaam …otak2 yang enak di bandung beli dimana sop?

  13. 22 June 2011 at 14:02

    otak2 paling enak yg pernah saya makan itu dari Makassar… sausnya yg berasa getir campur pedas bikin mata merem melek peluh mengucur… he he

  14. 22 June 2011 at 15:26

    Maen ke bangka yuukkk,sopp..hehhe,puas makan otak-otak disini…Otak-otak tanpa santan,nggak bisa..ntar jadinya empek-empek,hehehhe..santan itu fungsinya untuk menyatukan adonan ikan,karena otak-otak ini fish cake tanpa tepung,hehhe^^

    • 26 June 2011 at 21:08

      Oh, tanpa santan gak bisa ya?

  15. 22 June 2011 at 16:10

    Kalo di Gorontalo itu namanya Ilabulo, pake daging ayam hmm,, maknyos

    • 26 June 2011 at 21:07

      Wah, pake daging ayam juga kayaknya enak.

  16. 22 June 2011 at 16:36

    LApeer …. aku pengen T_T

  17. 22 June 2011 at 19:39

    camilan tiada tara, buka satu yang lainnya pada ngikut 🙂

  18. 22 June 2011 at 19:52

    Ngiler, Sop… Otak2nya banyak tuh…
    Di tempatku susah nemuin penjual otak2 kek gitu 😦

    • 26 June 2011 at 21:06

      Wah, sayang sekali…

  19. 22 June 2011 at 20:45

    emang ada apa dengan santan mas?

    • 26 June 2011 at 21:05

      Kandungan lemak dan kolesterolnya itu lho.

      • 34 amitokugawa
        8 July 2011 at 23:15

        setahuku sih, santan ga mengandung kolesterol, soalnya kan dari tumbuhan, tapi mengandung lemak jenuh sih iya
        kolesterol cuma terdapat pada bahan hewani, (lemak daging, otak, dll)
        tapi kalo kebanyakan bisa bahaya juga, soalnya lemak jenuh kan meningkatkan kadar kolesterol

        • 9 July 2011 at 22:53

          Ya, di sini bilang begitu. :mrgreen:

  20. 22 June 2011 at 21:54

    Sama banget!
    Saya juga suka otak-otak. Gurihnya itu yang gak nahan. Rasanya pengen lagi 😀

    • 26 June 2011 at 21:05

      Iya, enak.

  21. 22 June 2011 at 23:26

    enak tenan!
    menu cemilan saat iseng

  22. 23 June 2011 at 06:45

    aaaaaaaa jadi kepengeeeennn. udah lama banget ga makan otak-otak. biar nambah pinter! *kok ra nyambung* –‘

    • 26 June 2011 at 20:59

      Huahahaha

  23. 23 June 2011 at 10:04

    kalo di sini otak-otak tu bentuknya bulet, 😀

  24. 23 June 2011 at 12:59

    wah gambarnya bikin ngiler :O otak-otak emang enak tapi disini jarang yang jual, setahu saya cuma di Pandanaran deh. tapi kenapa dinamain otak-otak ya ? gg mungkin dibuatnya dari otak ikan kan

    • 26 June 2011 at 21:27

      Eh, Pandanaran itu apa? ❓
      Bukan Pangandaran? 😀

  25. 23 June 2011 at 14:19

    Abis posting minuman soda sekarang beralih ke otak2 ya asop, bikin ngeces ajah….

  26. 24 June 2011 at 08:33

    lhoalah mas.. dadi luweee..

  27. 24 June 2011 at 10:06

    lapar jadix ni

  28. 24 June 2011 at 10:57

    eh, kok kayak dadar gulung ya…
    kalo di tempat saya, otak-otak itu dari ikan bandeng…

  29. 24 June 2011 at 11:17

    Mantap nih. Daku juga suka. Apalagi otak2 dari Bangka. Ngga terasa habis banyak.

  30. 24 June 2011 at 11:32

    Iya sop, sesuatu makanan yg makannya praktis emang selalu enak dimanakan yak! 😀

  31. 50 sayyidahali
    24 June 2011 at 14:50

    kalau boleh tau,otak otak makanan ciri khas mana ya?? pertama kali dengar, kukira itu dari otak..hehehe

    • 26 June 2011 at 21:36

      SAya gak tahu… 😳
      PAstinya bukan terbuat dari otak sapi. 🙂

  32. 24 June 2011 at 15:18

    Ya bisa aja dimasak tanpa santan, tapi rasanya pasti lain. Kalo mau coba, pake aja santan encer, jangan santan kental.

    • 26 June 2011 at 21:37

      …..haha saya gak tahu bedanya. 😀

  33. 24 June 2011 at 22:42

    saya lebih suka yang berbentuk bulat, tp sama sama enak kok yang penting otak-otak #100%indonesia

  34. 26 June 2011 at 12:03

    emang kenapa dengan satan, eh santan mksudnya Sop?
    :-s

    otak-otak tengiri gurih…
    tp bukan my fav Sop.. 😀

    • 26 June 2011 at 21:06

      Kolesterol dan lemaknya itu lho, Mas.

  35. 27 June 2011 at 10:54

    Kalau udah makan otak-otak ini memang bisa bikin lupa diri, dikasih berapa biji juga pasti abis.

  36. 28 June 2011 at 17:01

    gambarnya bikin ngiler …otak otak memang enak..
    asop belom pernah nyicipin otak otak bintan kan..wah mantap !!

  37. 3 July 2011 at 10:22

    ane jadi ngiler bang asop…hihihi :mrgreen:
    eh bang link nya abang dah ane pasang… :mrgreen:
    pasang punya ane juga ya :mrgreen:
    #harapannewbie

    • 3 July 2011 at 20:10

      Oh, oke.

  38. 5 July 2011 at 11:41

    otak-otak ikan tengiri??? baru tau. kalo didaerahku adanya otak-otak itu ya dari ikan bandeng. dan masaknya, ada yang digoreng, ada yang dibakar jugak. beda berarti yakkkkk

  39. 62 amitokugawa
    8 July 2011 at 23:23

    wah..lupa komentarin makanannya
    ehm, gambarnya bikin ngiler, tp aku belum pernah coba, paling bandeng otak-otak, itupun cuma sekali

    *kayaknya asal usul nama ‘otak-otak’ ini karena bentuknya atau rasanya (?) mirip otak beneran, soalnya putih, licin, lembut gitu kelihatannya*

  40. 21 September 2011 at 11:18

    otak-otak depan salman enaaaak,ga kalah deh sama otak-otak cibiuk :mrgreen:

    • 21 September 2011 at 15:44

      Eh eh beneran deh, saya belom pernah nyoba otak-otak Salman. 😐


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 973 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: