Makan Otak-Otak Dulu!

Satu lagi makanan kesukaan saya selain sate dan mi kocok. 😀

Semua pada tahu ‘kan otak-otak? Itu lho, makanan berbahan ikan tenggiri yang dibungkus ama daun pisang dan dipanggang (atau dibakar?).  Kalau nggak tahu coba ke sini untuk cara membuatnya atau ke sini untuk definisinya. :mrgreen:

Enaaaaak banget deh. :mrgreen:

Entah apa alasan saya suka. Makannya mudah, tinggal buka, dan lep! masuk mulut-kunyah-habis. 😀  Setahu saya juga dalam proses pembuatan makanan ini nggak ada penggorengan, artinya sehat. Paling yang harus diwaspadai ya kandungan santan-nya. Iya, menurut situs ini bahan pembuatnya ada santan.  🙂

Bisa nggak yah bikin otak-otak tanpa santan?

——————————————————————————————————————————

Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.

64 Comments

  1. mungkin bisa diganti pake susu 😀 tapi gak tau rasanya gemana..
    kalo konsumsi santan’a gak kebanyakan gpp kok, apa lagi itu ada ikan’a ky’a sih gpp

    Reply

    1. Iya, saya rasa bisa diganti dengan susu. Enak juga mungkin. 🙂

      Iya sih, gak masalah kalo konsumsi santan hanya sebulan sekali. 😀

      Reply

  2. Pertama kali saya kenal dan coba otak-otak ini, di warungnya pak raden apa pak kumis ya [? lupa] di kota palembang.
    enak pokok nya, hee…

    Reply

  3. Anyway, bisa dijamin ga itu ‘enak’ menurut lidah ente gan? Soalnya kalo lidah gw yg mahasiswa, apa aja enyak enyak enyak, apalagi gratisan #eaaa

    Reply

  4. otak2 paling enak yg pernah saya makan itu dari Makassar… sausnya yg berasa getir campur pedas bikin mata merem melek peluh mengucur… he he

    Reply

  5. Maen ke bangka yuukkk,sopp..hehhe,puas makan otak-otak disini…Otak-otak tanpa santan,nggak bisa..ntar jadinya empek-empek,hehehhe..santan itu fungsinya untuk menyatukan adonan ikan,karena otak-otak ini fish cake tanpa tepung,hehhe^^

    Reply

      1. setahuku sih, santan ga mengandung kolesterol, soalnya kan dari tumbuhan, tapi mengandung lemak jenuh sih iya
        kolesterol cuma terdapat pada bahan hewani, (lemak daging, otak, dll)
        tapi kalo kebanyakan bisa bahaya juga, soalnya lemak jenuh kan meningkatkan kadar kolesterol

        Reply

  6. wah gambarnya bikin ngiler :O otak-otak emang enak tapi disini jarang yang jual, setahu saya cuma di Pandanaran deh. tapi kenapa dinamain otak-otak ya ? gg mungkin dibuatnya dari otak ikan kan

    Reply

  7. kalau boleh tau,otak otak makanan ciri khas mana ya?? pertama kali dengar, kukira itu dari otak..hehehe

    Reply

  8. Ya bisa aja dimasak tanpa santan, tapi rasanya pasti lain. Kalo mau coba, pake aja santan encer, jangan santan kental.

    Reply

  9. ane jadi ngiler bang asop…hihihi :mrgreen:
    eh bang link nya abang dah ane pasang… :mrgreen:
    pasang punya ane juga ya :mrgreen:
    #harapannewbie

    Reply

  10. otak-otak ikan tengiri??? baru tau. kalo didaerahku adanya otak-otak itu ya dari ikan bandeng. dan masaknya, ada yang digoreng, ada yang dibakar jugak. beda berarti yakkkkk

    Reply

  11. wah..lupa komentarin makanannya
    ehm, gambarnya bikin ngiler, tp aku belum pernah coba, paling bandeng otak-otak, itupun cuma sekali

    *kayaknya asal usul nama ‘otak-otak’ ini karena bentuknya atau rasanya (?) mirip otak beneran, soalnya putih, licin, lembut gitu kelihatannya*

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s