01
Jul
11

Madu, Aku Membutuhkanmu

Saya nggak berlebihan saat membuat judul di atas. Saya memang membutuhkan madu. Setidaknya setelah selama bulan juni ini saya baru merasakan manfaat tambahannya. 🙂

Akhir-akhir ini, sejak pertengahan bulan juni, saya selalu minum dua sendok makan madu setiap pagi, sebelum saya lari pagi. Tujuan saya awalnya cuma satu, hanya sebagai doping alami. :mrgreen: Tapi, ternyata ada efek lain yang saya dapat dari minum madu di pagi hari. Apa itu? Lancar buang air besar (BAB). 😆

Tidak, saya sedang tidak mempromosikan madu Perhutani

Sekadar menambahkan, saya meyakini sejak awal kuliah bahwa doping alami (untuk olahraga) bagi tubuh adalah kopi dan madu. Kopi sebagai peningkat ketahanan (stamina) tubuh, dan madu sebagai sumber energi. Kafein dalam kopi meningkatkan detak jantung, atau membuat kerja jantung jadi lebih cepat. Makanya, tidak heran bagi sebagian orang yang nggak kuat sering merasa dada berdebar setelah minum kopi. Juga, kantuk jadi hilang. Itu karena kerja jantung dipercepat, aliran darah jadi lebih cepat, dan asupan oksigen ke otak pun bertambah (BSJSS). Sedangkan madu mengandung banyak zat gula, di antaranya fruktosa, glukosa, sukrosa, dan maltosa. Kesemua zat itu tentu menjadi sumber energi yang baik —dan alami tentunya (BSJSS). 🙂

Kembali ke perihal madu di awal, saya benar-benar merasakan manfaatnya dalam hal buang air besar. Jadi, rutinitas saya, setelah bangun pukul 04.00 atau 04.30, saya minum air putih, jalan-jalan sebentar di dalam rumah untuk menghilangkan kantuk (atau menyalakan komputer), merapikan kasur, baru sholat subuh. Setelah sholat, pasti kantuk hilang karena air wudlu. Nah, saat itulah saya minum madu, sekitar pukul 05.00 atau 05.15.

Tak usah menunggu lama, kira-kira sepuluh menit (bahkan nggak sampai), langsung perut minta BAB! 😀 Saya sendiri berpikir bahwa madu adalah penyebabnya karena sekalipun hari kemarin asupan sayur saya kurang, tetap saya bisa BAB pagi hari itu dengan lancar. Entah ya, mungkin saja udara dingin di Bandung punya andil dalam kelancaran BAB saya. Sudah sejak bulan juni ini udara pagi di Bandung dingiiiiiin banget —semakin membuat ingin lari pagi.  🙂

Nah, dengan perut yang sudah BAB, perut terasa plong, tubuh ringan, dan pikiran otomatis men-sugesti bahwa “pagi ini akan jadi pagi yang hebat!” 😀

Jadi, tak ada salahnya narablog sekalian ikut mencoba minum madu setiap pagi. Barangkali narablog sekalian bisa merasakan manfaat yang sama dengan yang saya dapatkan, bahkan mungkin siapa tahu bisa lebih. 😀

Sudahkah narablog sekalian mengonsumsi madu secara rutin?

——————————————————————————————————-

Gambar adalah hasil jepretan sendiri. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.
Advertisements

165 Responses to “Madu, Aku Membutuhkanmu”


  1. 1 July 2011 at 00:11

    siaplah! merk nya boleh beda kan? 😛
    ato yg ada di foto itu yg paling asli? 😀
    sesendok madu setiap hari, katanya sih bikin awet muda, kulit lebih halus dan kencang …
    ga percaya? coba aja 😀

    • 1 July 2011 at 21:39

      Oh, nggak, saya gak tahu apakah Madu Perhutani asli apa nggak. Saya percaya aja karena itu buatan Perum Perhutani. 🙂

      Sip! 😀

  2. 1 July 2011 at 00:16

    Tapi madu asli mahal, sebotol kecil saja mencapai ratusan ribu rupiah. Kalau madu ternakan mungkin lebih murah, apalagi madu sintetis dari bahan kimia, biasa lebih murah lagi :D.

    • 1 July 2011 at 21:40

      Entahlah, madu yang saya minum asli apa tidak. Saya percaya saja, karena ini produksi Perum Perhutani. 🙂

      • 4 July 2011 at 19:37

        diemin aja sop di luar, kalau digerumuti semut maka ada kemungkinan itu madu oplosan :mrgreen:

  3. 1 July 2011 at 00:37

    dulu waktu SMA karena gg suka rasa manisnya setiap pagi dicekokin madu deh sama mama, tapi lama kelamaan enak juga ternyata gg terlalu manis ada rasa asemnya gimana gitu *yang pasti saya minumnya udah sikat gigi*
    madu olahan yang dijadiin tetes mata juga mantep banget deh, perih banget tapi mata serasa jernih.

    • 1 July 2011 at 21:41

      Wah, saya baru tahu madu dibuat obat tetes mata! 😯

      Dicampur ama teh enak lho. 😀

  4. 1 July 2011 at 01:18

    iya madu emang bagus…. kita ngasih si andrew madu manuka tiap hari. madu manuka ini bagus untuk antibodi.

    • 1 July 2011 at 21:42

      Mantab! 😀

  5. 1 July 2011 at 01:48

    madu. asoy tuh. kalo pake roti mantap. jadi sarapan madu yang enak. BAB juga enak. enak semua deh

    • 1 July 2011 at 21:42

      Iya, pake pancake enak. 😀

      • 4 July 2011 at 10:31

        Pancake nenas 😀

        • 4 July 2011 at 17:50

          slurp!
          *menelan ludah*

  6. 1 July 2011 at 07:41

    saya ko jarang pake banget mengkonsumsi obat2an baik yg herbal ataupun jamu2an gitu…
    madu juga bisa dihitung dg jari kayanya

    • 1 July 2011 at 21:43

      Madu jangan dianggap obat! 😀
      Madu itu….. madu itu… ya madu…. 😆

  7. 1 July 2011 at 08:42

    Saya suka madu, itu saja 🙂

  8. 1 July 2011 at 08:43

    saya selalu mngkonsumsi madu dari sarang lebah mutan liar yang ada di sekitar rumah

    • 1 July 2011 at 21:43

      Lebah mutan?? 😯
      Serius itu mutan?? 😀

  9. 1 July 2011 at 08:52

    Madu memang bagus untuk kesahatan tubuh, apalagi yang masih alami..
    Kopi?? Dulu ya…sekarang tak berani karena yang kena maag nya, perut jadi perih..jadi ya minum teh aja.

    • 1 July 2011 at 22:01

      Teh lebih ringan, meskipun mengandung kafein juga. 🙂

  10. 1 July 2011 at 09:09

    Selain itu emang madu itu bervitamin banyak kan? Memang kayanya ga ada yang jelek dari madu ya? Tapi kalau aku lebih senang makan madunya dicampur dengan 1 gelas susu.. haha~

    • 1 July 2011 at 22:04

      Yap, vitaminnya banyak. 🙂
      WUiiih, itu enak banget, susu plus madu. 😀

  11. 1 July 2011 at 09:44

    Wew… sebenarnya sudah dari dulu madu di percaya memberi banyak khasiat, sayangnya harganya mahal…!!!
    Boleh tau mas, madu yg bagaimana yg asli? Madu yg mas minum itu warnanya bagaimana? kuning tua bening dan kental, atau coklat pekat dan menggumpal di bawah?

    Hemm… banyak banget isu beredar madu palsu soalnya.. 🙂

    • 1 July 2011 at 22:09

      Maap, saya ga terlalu ahli membedakan madu asli atau palsu. Yang pasti, saya pernah lihat di tipi, madu asli itu kental, kalau diteteskan ke atas kertas, gak akan menyerap ke kertasnya. 😀
      Warna madu saya cokelat muda, kental, tapi gak ada gumpalan di bawah. 🙂

  12. 1 July 2011 at 09:59

    uni suka sekali minum madu, enak bgt 🙂

    • 1 July 2011 at 22:13

      🙂

  13. 27 hidausagi
    1 July 2011 at 09:59

    berterimakasihlah anda kepada para lebah , hewan luar biasa yang saking luar bisanya sampai diabadikan di dalam Al Quran (An Nahl). soalnya di surat itu kan udah dikatakan, bahwa cairan yang keluar dari perut lebah itu kaya manfaat untuk manusia. saya juga suka mengkonsumsi madu. apalagi kalo badan lagi capek capek. gak tau kenapa minum teh atau susu campur madu, atau minum 2 sendok makan madu aja langsung seger lagi.saya sih sukanya madu pramuka. kayaknya itu udah kejamin keasliannya deh. atau madu madu yang dijual sama agen agen islam gitu. yang sepaket sama jualan habbatusahuda gitu deh..insya Allah gak palsu.

    terimakasih lebah.. 🙂

    • 2 July 2011 at 07:03

      Subhanallah. 🙂

  14. 1 July 2011 at 10:24

    Yakin itu karena madu yang kamu minum sepuluh menit sebelumnya, Bung? Bukannya memang jatah makannya toilet itu ya pagi-pagi begitu? 😀

    Kalau aku rutin dua kali sehari BAB. Entah itu normal atau tidak. Tapi aku merasa sehat begitu. Aku minum kopi, lebih karena kecanduan. Aku dulu juga minum madu, rutin setiap pagi. Tapi sepertinya kurang bisa merasakan manfaatnya secara langsung. 😀

    • 1 July 2011 at 10:27

      Hehehe, saya juga awalnya ragu apa ini berkat madu apa bukan. Tapi, sebelum saya konsumsi madu, saya nggak BAB sebelum lari pagi! 😀
      Jadi, selama ini (sebelum rutin minum madu) saya selalu lari pagi tanpa BAB terlebih dulu. Baru setelah lari, mandi, habis itu baru terasa mau BAB. 🙂
      Nah, tempo hari setelah coba-coba minum madu lagi (sebelum lari), ternyata begitu saya udah siap ke luar rumah, perut mules! 😆 Haha, udah rapi, udah siap, malah buka celana lagi buat BAB. 😆
      Begitulah yang saya rasain bulan juni ini setelah mengonsumsi madu. 🙂

  15. 1 July 2011 at 10:29

    iya pernah denger madu itu bisa meningkatkan daya tahan tubuh tapi belum pernah coba hehe 😀

    • 2 July 2011 at 07:03

      Ayo coba dong sekarang. 😀

  16. 1 July 2011 at 10:55

    Karena gak suka manis, jadi gak terlalu suka madu seh, tapi emang banyak manfaatnya tuh madu, kalau buka puasa pake 2sendok madu juga menambah stamina kita buat sholat malamnya dan utk sahur lebih segar saat beraktivitas siang harinya 😀

    • 2 July 2011 at 07:04

      Iya lho, pas bulan puasa madu kerasa banget manfaatnya. 😀
      Saya minum madu pas sahur, supaya kuat menjalani hari siangnya. 🙂

  17. 1 July 2011 at 11:02

    Staminanya jadi nambah gak mas? hehe, oia, soal postingan sebelumnya, maaf saya belum ada waktu untuk mengerjakannya.

    • 2 July 2011 at 07:37

      Saya tetap menunggu Mas Hanif melaksanakannya. :mrgreen:

  18. 1 July 2011 at 11:23

    Ternyata ad tambhan ni manfaat madu dan kopi,.sip terima kasih atas infonya mas

  19. 38 Irfan Handi
    1 July 2011 at 13:55

    Mantep.

  20. 1 July 2011 at 14:38

    pertama…saya punya madu, karena saya jual madu 😀
    kedua, emang udara pagi di Indonesia kayaknya sama dinginnya, begitu juga di denpasar
    moga beruntung

    • 2 July 2011 at 07:37

      Walah, juragan madu ternyata. 🙂

      • 2 July 2011 at 09:23

        :mrgreen:
        bang asop gak pernah online ya? padahal aku mau ngobrol 😀

  21. 1 July 2011 at 15:16

    Saya tiap mau berangkat kerja minum madu mas 😀

    • 2 July 2011 at 07:53

      Hebat! 🙂

  22. 44 riez
    1 July 2011 at 15:54

    Tak dipungkiri lagi khasiat madu alami

    • 2 July 2011 at 07:53

      Benar sekali. *manggut-manggut* 🙂

  23. 1 July 2011 at 16:37

    (di) madu 🙂

    • 2 July 2011 at 07:54

      Apaan sih. 😆

  24. 1 July 2011 at 17:24

    Baru tau saya, madu bisa melancarkan BAB
    Tapi, madu bisa menyembuhkan diare juga ga, kak? Kalo bisa, mulai besok akan minum tiap hari 😀

    • 2 July 2011 at 07:56

      Euh, kalo soal diare, saya gak tahu. 😯

  25. 1 July 2011 at 17:37

    saya selalu punya stok madu di rumah Sop,
    dan kalau perjalanan jauh, termasuk yang selalu dibawa,
    sesendok makan di pagi hari buat si kecil, cadangan energi sebelum ketemu sarapan 🙂

    • 2 July 2011 at 07:56

      Hebaaat luar biasa! 😀

  26. 1 July 2011 at 17:48

    istriku tidak suka dimadu hikz 😥

    • 2 July 2011 at 07:57

      Hahaha apaan sih Kang…. :mrgreen:

  27. 1 July 2011 at 17:48

    wah, ada yang suka madu nih :mrgreen:
    sama kayak abiku..
    aku suka sih, tapi kalo dicampur 😀
    kalo langsung dimakan terlalu manis :S

    • 2 July 2011 at 07:58

      Campur teh atau susu enak…
      Kalo dimakan sama pancake atau roti bakar, juga enak! 🙂

  28. 1 July 2011 at 17:48

    mama dulu sering beli madu, tapi akhirnya nanggur gara-gara ga ada yg minum. kalo menurutku sih rasanya terlalu maniss… tapi, kalo bisa melancarkan bab, mau nyoba aah~

    • 2 July 2011 at 07:58

      Hehehe, harus coba sekarang! 😀

  29. 1 July 2011 at 18:27

    Salam Takzim
    untuk kaum pria madu memang bisa membuat stamina lebih kang, tapi kalau untuk kaum hawa dimadu ga ada yang mau kang, mereka pasti mau muntah dengan madunya kang
    Salam Takzim Batavusqu

    • 2 July 2011 at 07:59

      Hahahahaha itu sih “dimadu” bermakna hal yang lain, Mas Isro. 😆

  30. 1 July 2011 at 18:28

    Saya minumnya air putih, itu aja jarang…ah, semoga ga kena kencing batu

    • 2 July 2011 at 07:59

      Walaaaaah Mas Fir, gak boleh itu, jarang minum air putih! 😯

  31. 1 July 2011 at 18:59

    setujuuu… *sambil ngelirik botol madu yang masih penuh*

    • 2 July 2011 at 08:00

      *walah* 😐

  32. 1 July 2011 at 19:38

    Sumpah, baru kali ini saya dengar doping pakai Kopi 😀

    • 2 July 2011 at 08:00

      Lho? Baru dengar? 😀

      • 2 July 2011 at 17:58

        Baru tau, jadi ntar kalau habis lari pagi minum kopi 5 gelas skaligus. Ngga perlu air putih kan? 😛

        • 2 July 2011 at 20:27

          Lho, gimana tho, ya salah. 😡
          Namanya doping itu ya dikonsumsi sebelum olahraga, bukan setelah! 😛
          Ya malah bahaya kalo minum kopi setelah olahraga, jantung yang tadi habis olahraga bekerja cepat, yang harusnya habis olahraga istirahat, malah bekerja cepat lagi gara2 minum kopi. 😦
          Boleh minum kopi, tapi ya 2 jam setelah olahraga dong. 🙂

  33. 1 July 2011 at 20:46

    saya juga suka madu, tp emang susah sih nyari madu yg beneran 100% asli

    • 2 July 2011 at 08:01

      Hmmm.. 🙂

  34. 1 July 2011 at 21:12

    Nyokap sering banget mas, ngingetin saya buat minum madu. Tapi saya malah gak hirauin >.<

  35. 1 July 2011 at 22:47

    hmmmm .. boleh juga th di coba .. trims .. 🙂

  36. 1 July 2011 at 22:53

    Kalo saya kurang terbiasa minum madu…. bawaanya pengen mual aja setelah minum madu murni, kecuali jika dicampur dengan yang lain..

    • 2 July 2011 at 06:52

      Campur teh aja Mas, enak lho. 🙂

  37. 1 July 2011 at 23:43

    weh weh,
    Kalo gue jarang bgt konsumsi madu,
    Tapi kalo susu tiap hari..
    Heheheh,
    Jdi kpengen jg nih cicipin madu..

    • 2 July 2011 at 06:52

      Nah itu dia susu campur madu enak juga kok. 🙂

  38. 2 July 2011 at 00:46

    Tak diragukan lagi, madu memang mengandung banyak khasiat 🙂
    Ehm, bagus tuh, bisa jadi pencahar alami. Kalo aku coba, bisa cepat BAB juga nggak ya…?? 😀

    • 2 July 2011 at 06:51

      Coba aja, MBak, siapa tahu bisa juga, bahkan bisa dapet manfaat lebih. 🙂

  39. 2 July 2011 at 05:26

    wahh,persis mas asop,saya jg biasa kyk gitu. Bangun pagi,minum air putih,sholat subuh *biar melek,baru lari. Bis lari makan buah *biasanya apel, langsung deh bab dgn sendirinya :mrgreen:

    • 2 July 2011 at 06:45

      Wah, hampir sama! Kalo saya BAB dulu sebelum lari. 😀

  40. 2 July 2011 at 06:00

    di sini madu mahal 😦

    EM

    • 2 July 2011 at 06:45

      Waaah… 😦

  41. 2 July 2011 at 06:16

    Sip…saya juga suka madu…dan menyakini banget khasiat madu, aku juga pernah baca “Healing by prophet” didalamnya ada madu

    • 2 July 2011 at 06:45

      Betul! 😀

  42. 2 July 2011 at 06:34

    Saya lebih suka sari kurma

    • 2 July 2011 at 06:44

      Wow. Sari kurma jangan disamakan dengan madu dong. :mrgreen:

  43. 2 July 2011 at 07:44

    Kasiat madu alami itu memang benar-benar hebat.. 🙂

  44. 2 July 2011 at 07:46

    madu memang banyak khasiatnya, anak2 kalo sakit, dikasih madu jg

    • 2 July 2011 at 08:03

      Hebat! 😀 😀 😀

  45. 2 July 2011 at 07:57

    hahahahah..
    bener kalo uda BAB lancar. .
    terasa hari ini adalah hari yng hebat wkwkwkwkwkwkwk . ..
    wah kalo bsa istiqomah ,ente ntar awet muda sop . .wkwk

  46. 2 July 2011 at 09:03

    bener2 baru ngeh klo madu bisa utk memperlancar BAB :D, mungkin saya mo ikutan nyoba,tp klo ada madu alami yg cukup manjur, selama ini lbh sering liat madu aspal euy

    • 2 July 2011 at 11:58

      Baru aja agak siangan ini saya minum madu sama teh. Eh, efeknya juga sama, saya langsung BAB! 😆 Saya gak bohong ini, beneran! 😆

  47. 2 July 2011 at 09:19

    ternyata komen sudah bejibun. Lha iya, madu atau sari kurma. bisa tambah habbatussauda/jintan hitam (bukan iklan lho ya) buat yang ingin lebih menjaga tubuh. katanya sih begitu. khusus perempuan ada yang paling bagus : minyak zaitun.

    • 2 July 2011 at 11:55

      Oh, jinten hitam yang dalam kapsul itu ya? 🙂
      Nah, minyak zaitun harganya mahal. 😦 Olive oil ‘kan? Untuk masak memang sangat baik. 🙂

  48. 2 July 2011 at 10:06

    udah lama bener ga minum madu -_-

    • 2 July 2011 at 11:56

      Yuk minum lagi sekarang. 🙂

  49. 2 July 2011 at 10:35

    cocok Sop
    Setiap hari, minumnya Jahe, Kopi, Madu. maknyus
    😀
    he3x

    • 2 July 2011 at 11:57

      Aku gak minum jahe, Mas. 😐

      • 22 July 2011 at 16:10

        lha ngopo??
        enak lho

  50. 2 July 2011 at 12:30

    mungkin karna rezeki lg lancar, makanya buang air besar jg lancar. Tiap hari nyetor.

  51. 2 July 2011 at 13:14

    Sekalipun saya tidak mempunyai masalah dengan Doktorandus Pupi …
    tetapi saya juga suka minum madu … biasanya yang dicampur dengan Teh Hijau itu …

    Saya dengar Madu itu juga baik untuk kesehatan kulit dan pita suara

    Salam saya Sop

    • 3 July 2011 at 20:35

      Iya lho, teh campur madu ternyata enak. 🙂

  52. 2 July 2011 at 13:41

    mantab, tak diragukan lagi kasiatnya. Keberadaan madu di bumi karena wahyu illahi…
    Sayangnya madu mengandung asam, so lambungku langsung cekit2 manakala meminumnyaaah…
    Uuugghh…mana tahan…..

    • 3 July 2011 at 20:32

      Lho, setahu saya madu itu baik untuk lambung….

  53. 2 July 2011 at 13:48

    Soal khasiat madu.. emang sudah tidak diragukan lagi lah, sop…
    tapi memang saia baru tahu kl madu punya andil dalam kelancaran BAB… :mrgreen:

    yang menjadi catatan saia itu… kopi.. kopi…kok bisa, tho ?

    • 3 July 2011 at 20:31

      Iya, mengapa tidak?
      Kopi bisa jadi doping alami. Penjelasan saya masuk akan, ‘kan? 🙂

  54. 2 July 2011 at 14:48

    Etapi sekarang banyak madu palsu katanya, gimana cara milih yang asli ya?

    • 3 July 2011 at 20:30

      …itu saya gak terlalu tahu.
      Kalau dalam botol, gak boleh dibuka, saya gak tahu. Tapi pernah lihat di tipi, madu asli kalo diteteskan ke kertas gak bakal nyerap dan tembus ke baliknya. 🙂

  55. 2 July 2011 at 15:06

    Bener banget kata mas Cahya, madu itu mahal asli itu banget, kalau yg murah saya kira palsu. Di rumah dulu ada lebah madu. Nah yg kami ambil dari situ saya pastikan asli 😀

    • 3 July 2011 at 20:28

      Awas disengat!

  56. 2 July 2011 at 15:59

    Wah saya lama nih gak mengkonsumsi madu nih mas… Minum madu kalau pas mudik aja ada stok madu… jarang menganggarkan uang untuk membeli madu…

  57. 2 July 2011 at 16:50

    wah jadi pengen minum madu..biar sehat dan kuat :mrgreen:

  58. 2 July 2011 at 17:11

    setiap kli saya ke sini, selaluu saja tak kebagian tempat duduk 😦

    • 3 July 2011 at 20:27

      Ah, kata siapa? Memang sudah terisi, tapi masih bisa duduk, ‘kan?

  59. 2 July 2011 at 17:11

    q pernah minum madu semerek kang …
    tapi kurang top rasanye ……
    ada yang lebih jitu …
    madu hutan belantara Rius produksi Al-Khurobq … bisa dicoba
    bukan sponsor yooooo …. hanya berbagi heee 😀

    • 3 July 2011 at 20:26

      Wah, itu saya belum pernah dengar.

  60. 2 July 2011 at 18:05

    salam kenal bos… seperti yang aku lakukan barusan mengoleskan madu di bibirku.. karena bibir ku lagi pecah-pecah dan sariawan katanya sih manjur… makasih artikelnya… boleh tuker links gak… biar blogroll tambah banyak
    kutunggu konfrimnya

    • 3 July 2011 at 20:25

      Kulihat dulu blogmu.

  61. 2 July 2011 at 19:08

    saya jarang minum madu, palingan kalau ada ngambil langsung dari bunga pohon jambu depan rumah

  62. 2 July 2011 at 19:43

    Saya sangat suka minum madu mas.. apalagi sitambah ayam goreng… wuihhhh..

    • 3 July 2011 at 20:23

      Wah itu sih ayam goreng madu.

  63. 2 July 2011 at 20:28

    Wah.. Hebat Sop.. Dopingnya alami dari perhutani… Kalo untuk melancarkan buang air dipagi hari, kalo aku cukup segelas copy cukup.. Kalo Madu, terus terang aku gak suka sop.. Gak suka harganya yang mahal… 😀

    • 3 July 2011 at 20:22

      Segelas minum photo copy?

  64. 2 July 2011 at 20:48

    mantap nih bagi yang ga bisa buang air besar. makasi tipsnya mas.

  65. 124 inotwp
    2 July 2011 at 22:02

    waduh jd kgn sm Bandung, apa lg sm Ciwidey-nya,
    madu memang bisa meningkatkn stamina pak, u’mnjga kondisi tbh ttp fit, byk juga kandunganx selain gulanya yg alami,
    tapi saya baru tau kalo madu bs mmprlancar BAB,
    saya cm doyan madu klo pas drmh saja, madu dr ternak rumahan babe sndri, bukan trnak massal tp cm bbrpa kotak aja,
    apalagi klo jilatin lgsung dr lempengan rumah lebahx

    • 3 July 2011 at 20:20

      Hahahaha ini hanya pengalaman pribadi. Bisa saja hanya kebetulan. Saya hanya berbagi.

      • 126 inotwp
        4 July 2011 at 14:07

        yg bisa buat saya lncar BAB y klo makan / minum over, jd lgsg ada tnd2 panggilan alam

  66. 3 July 2011 at 06:31

    Waduh ketinggalan nih uda rame…
    Aku juga kalu pagi minum 2 sendok makan madu lho…

    • 3 July 2011 at 20:15

      Kita samaaaaa!

  67. 3 July 2011 at 06:59

    patut dicoba 😀

  68. 3 July 2011 at 08:04

    selain madu, pepaya juga bisa memperlancar BAB, kan 😀

    • 3 July 2011 at 20:14

      Wah, kalo pepaya itu buah sakti untuk memperlancar BAB. 😀

  69. 3 July 2011 at 08:40

    madu emang banyak manfaatnya mas,, untuk menghangatkan badan,,, dan bisa juga untuk kecantikan atau perawatan kulit,, sayangnya saya jarang minum.. 😀

    • 3 July 2011 at 20:12

      Begitu banyak kegunaan madu, ya. 😳

  70. 3 July 2011 at 08:49

    Buset nih komentar banyak banget ya?. hahaha.. kalo soal khasiat madu saya nggak ragu lah, emang sebagai penambah daya tahan tubuh karena saya sering konsumsi juga. tapi kalo pelancar BAB, saya malah baru denger ini… secara biasa kalo pagi minum aer putih dah lancar sendiri. hahaha

    • 3 July 2011 at 20:11

      Wah, bukankah masih banyakan komentar di blog Mas Gaphe? 😆
      Duh, luar biasa, Mas, harus disyukuri BAB Mas lancar terus. 🙂

  71. 3 July 2011 at 10:50

    Apalagi kalau minum madu, pas bulan madu… :-bd

    • 3 July 2011 at 20:09

      Menambah stamina!!

  72. 3 July 2011 at 22:08

    sy jarang minum madu.. biasanya dicampur dg segelas air hangat.. stlh baca postingan ini, besok beli madu ah..
    bicara soal madu, jd ingat lagu madu dan racun.. 😀

  73. 4 July 2011 at 17:21

    cieee, promosi madu 😀

    • 4 July 2011 at 17:39

      Kagak… 😛

  74. 4 July 2011 at 21:19

    yang penting mah, manis…

  75. 5 July 2011 at 07:28

    Mau nyoba ah, kebetulan merk madunya sama dengan yang ada di rumah saya… 😉
    Tengkyu, tengkyu tips-nya!

  76. 5 July 2011 at 10:39

    Saya minum kopi saja sudah bisa bikin BAB lancar. Hehehe…

    Salam

    • 5 July 2011 at 11:47

      Luar biasa. 😀

  77. 5 July 2011 at 11:13

    Ya, setuju sop. Tapi madunya juga ga bisa madu sembarang madu. Harus yang murni ya? Dan itu mahal, hehe..

    • 5 July 2011 at 11:46

      Salah2 beli madu, malah bisa kena penyakit gula ya… 😦

  78. 5 July 2011 at 17:53

    coba madu sumbawa.
    Mantap deh

    • 6 July 2011 at 10:27

      ….belikan.

  79. 6 July 2011 at 07:40

    Saya sudah hampir 2 tahun terapi madu dan air putih.
    Alhamdulillah, ngga pernah lagi minum obat-obatan kimia

    • 6 July 2011 at 10:16

      Alhamdulillah… saya ikut senang. 😳

  80. 6 July 2011 at 09:04

    Minum juga sih Sop, tapi blom rutin 😀

    • 6 July 2011 at 10:16

      Mari dirutinkan. 😳

  81. 7 July 2011 at 14:57

    dulu pas di kampung sering sih
    tapi sekarang udah jarang

  82. 8 July 2011 at 12:07

    saya juga sering minum madu soalnya di rumah menernakan lebah.

    banyak yang beranggapan madu yang palsu akan dikerubungi semut apabila dibiarkan terbuka, tapi di rumah saya madunya asli dan tetap dikerubungi semut lo….

  83. 8 July 2011 at 12:08

    saya juga sering minum madu soalnya di rumah menernakan lebah.

    banyak yang beranggapan madu yang palsu akan dikerubungi semut apabila dibiarkan terbuka, tapi di rumah saya madunya asli dan tetap dikerubungi semut lo….

    tapi kalo honeynya honeylizious asli lo… asli manusia… ahahhaha

    • 8 July 2011 at 19:01

      Oooooooooooh pantesan nama blog kamu ada “honey”-nya!

      Nah, saya pun tak tahu apakah benar jika dirubung semut. 🙂

  84. 11 July 2011 at 10:22

    dulu saya rutin mengkonsumsi madu, tapi akhir-akhir ini agak malas. :mrgreen:

    oh, ya, tentang kopi, kenapa ya, semua jenis kopi sudah tidak mempan untuk menghilangkan kantukku ? apa mungkin sudah terlalu banyak kafein yg ada dalam tubuhku ya. 🙄

    • 12 July 2011 at 10:27

      Nah, untuk kelainan kopi ini, saya gak tahu. 😐

  85. 12 July 2011 at 08:14

    sebulan yg lalu aku beli sebotol madu.
    sampe sekarang blm dibuka juga, huhuhu.
    aslinya emang gak kuat manis-nya madu. tp harus dipaksain sih, bismillah ya.
    along with kurma (yg juga so far baru kuat 1 butir/hari) dan kapsul habatussauda, semoga bisa jadi doping dan peningkat imun tubuh yg alami.

    • 12 July 2011 at 10:19

      Hihihi, kapsul habatssauda saya pikir sudah cukup kalo ingin meningkatkan imunitas. 🙂

  86. 161 Djefi
    18 December 2011 at 07:29

    Kenapa minum madu malah membuat sakit ulu hati saya? aneh…apakah karena royal jellynya? padahal saya suka sekali rasanya… hmmm..

    • 18 December 2011 at 11:08

      Oh ya? Maap saya tak bisa membantu…

  87. 163 arnaz
    1 October 2013 at 16:47

    madunya langsung diminum 2 sendok apa di aduk di airr ya biar efektif??

    • 7 March 2014 at 11:46

      Sama aja. Dua2nya enak dan dua2nya bermanfaat. 🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 972 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: