Madu, Aku Membutuhkanmu

Saya nggak berlebihan saat membuat judul di atas. Saya memang membutuhkan madu. Setidaknya setelah selama bulan juni ini saya baru merasakan manfaat tambahannya. 🙂

Akhir-akhir ini, sejak pertengahan bulan juni, saya selalu minum dua sendok makan madu setiap pagi, sebelum saya lari pagi. Tujuan saya awalnya cuma satu, hanya sebagai doping alami. :mrgreen: Tapi, ternyata ada efek lain yang saya dapat dari minum madu di pagi hari. Apa itu? Lancar buang air besar (BAB). 😆

Tidak, saya sedang tidak mempromosikan madu Perhutani

Sekadar menambahkan, saya meyakini sejak awal kuliah bahwa doping alami (untuk olahraga) bagi tubuh adalah kopi dan madu. Kopi sebagai peningkat ketahanan (stamina) tubuh, dan madu sebagai sumber energi. Kafein dalam kopi meningkatkan detak jantung, atau membuat kerja jantung jadi lebih cepat. Makanya, tidak heran bagi sebagian orang yang nggak kuat sering merasa dada berdebar setelah minum kopi. Juga, kantuk jadi hilang. Itu karena kerja jantung dipercepat, aliran darah jadi lebih cepat, dan asupan oksigen ke otak pun bertambah (BSJSS). Sedangkan madu mengandung banyak zat gula, di antaranya fruktosa, glukosa, sukrosa, dan maltosa. Kesemua zat itu tentu menjadi sumber energi yang baik —dan alami tentunya (BSJSS). 🙂

Kembali ke perihal madu di awal, saya benar-benar merasakan manfaatnya dalam hal buang air besar. Jadi, rutinitas saya, setelah bangun pukul 04.00 atau 04.30, saya minum air putih, jalan-jalan sebentar di dalam rumah untuk menghilangkan kantuk (atau menyalakan komputer), merapikan kasur, baru sholat subuh. Setelah sholat, pasti kantuk hilang karena air wudlu. Nah, saat itulah saya minum madu, sekitar pukul 05.00 atau 05.15.

Tak usah menunggu lama, kira-kira sepuluh menit (bahkan nggak sampai), langsung perut minta BAB! 😀 Saya sendiri berpikir bahwa madu adalah penyebabnya karena sekalipun hari kemarin asupan sayur saya kurang, tetap saya bisa BAB pagi hari itu dengan lancar. Entah ya, mungkin saja udara dingin di Bandung punya andil dalam kelancaran BAB saya. Sudah sejak bulan juni ini udara pagi di Bandung dingiiiiiin banget —semakin membuat ingin lari pagi.  🙂

Nah, dengan perut yang sudah BAB, perut terasa plong, tubuh ringan, dan pikiran otomatis men-sugesti bahwa “pagi ini akan jadi pagi yang hebat!” 😀

Jadi, tak ada salahnya narablog sekalian ikut mencoba minum madu setiap pagi. Barangkali narablog sekalian bisa merasakan manfaat yang sama dengan yang saya dapatkan, bahkan mungkin siapa tahu bisa lebih. 😀

Sudahkah narablog sekalian mengonsumsi madu secara rutin?

——————————————————————————————————-

Gambar adalah hasil jepretan sendiri. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.

165 Comments

  1. siaplah! merk nya boleh beda kan? 😛
    ato yg ada di foto itu yg paling asli? 😀
    sesendok madu setiap hari, katanya sih bikin awet muda, kulit lebih halus dan kencang …
    ga percaya? coba aja 😀

    Reply

    1. Oh, nggak, saya gak tahu apakah Madu Perhutani asli apa nggak. Saya percaya aja karena itu buatan Perum Perhutani. 🙂

      Sip! 😀

      Reply

  2. Tapi madu asli mahal, sebotol kecil saja mencapai ratusan ribu rupiah. Kalau madu ternakan mungkin lebih murah, apalagi madu sintetis dari bahan kimia, biasa lebih murah lagi :D.

    Reply

  3. dulu waktu SMA karena gg suka rasa manisnya setiap pagi dicekokin madu deh sama mama, tapi lama kelamaan enak juga ternyata gg terlalu manis ada rasa asemnya gimana gitu *yang pasti saya minumnya udah sikat gigi*
    madu olahan yang dijadiin tetes mata juga mantep banget deh, perih banget tapi mata serasa jernih.

    Reply

  4. Madu memang bagus untuk kesahatan tubuh, apalagi yang masih alami..
    Kopi?? Dulu ya…sekarang tak berani karena yang kena maag nya, perut jadi perih..jadi ya minum teh aja.

    Reply

  5. Selain itu emang madu itu bervitamin banyak kan? Memang kayanya ga ada yang jelek dari madu ya? Tapi kalau aku lebih senang makan madunya dicampur dengan 1 gelas susu.. haha~

    Reply

  6. Wew… sebenarnya sudah dari dulu madu di percaya memberi banyak khasiat, sayangnya harganya mahal…!!!
    Boleh tau mas, madu yg bagaimana yg asli? Madu yg mas minum itu warnanya bagaimana? kuning tua bening dan kental, atau coklat pekat dan menggumpal di bawah?

    Hemm… banyak banget isu beredar madu palsu soalnya.. 🙂

    Reply

    1. Maap, saya ga terlalu ahli membedakan madu asli atau palsu. Yang pasti, saya pernah lihat di tipi, madu asli itu kental, kalau diteteskan ke atas kertas, gak akan menyerap ke kertasnya. 😀
      Warna madu saya cokelat muda, kental, tapi gak ada gumpalan di bawah. 🙂

      Reply

  7. berterimakasihlah anda kepada para lebah , hewan luar biasa yang saking luar bisanya sampai diabadikan di dalam Al Quran (An Nahl). soalnya di surat itu kan udah dikatakan, bahwa cairan yang keluar dari perut lebah itu kaya manfaat untuk manusia. saya juga suka mengkonsumsi madu. apalagi kalo badan lagi capek capek. gak tau kenapa minum teh atau susu campur madu, atau minum 2 sendok makan madu aja langsung seger lagi.saya sih sukanya madu pramuka. kayaknya itu udah kejamin keasliannya deh. atau madu madu yang dijual sama agen agen islam gitu. yang sepaket sama jualan habbatusahuda gitu deh..insya Allah gak palsu.

    terimakasih lebah.. 🙂

    Reply

  8. Yakin itu karena madu yang kamu minum sepuluh menit sebelumnya, Bung? Bukannya memang jatah makannya toilet itu ya pagi-pagi begitu? 😀

    Kalau aku rutin dua kali sehari BAB. Entah itu normal atau tidak. Tapi aku merasa sehat begitu. Aku minum kopi, lebih karena kecanduan. Aku dulu juga minum madu, rutin setiap pagi. Tapi sepertinya kurang bisa merasakan manfaatnya secara langsung. 😀

    Reply

    1. Hehehe, saya juga awalnya ragu apa ini berkat madu apa bukan. Tapi, sebelum saya konsumsi madu, saya nggak BAB sebelum lari pagi! 😀
      Jadi, selama ini (sebelum rutin minum madu) saya selalu lari pagi tanpa BAB terlebih dulu. Baru setelah lari, mandi, habis itu baru terasa mau BAB. 🙂
      Nah, tempo hari setelah coba-coba minum madu lagi (sebelum lari), ternyata begitu saya udah siap ke luar rumah, perut mules! 😆 Haha, udah rapi, udah siap, malah buka celana lagi buat BAB. 😆
      Begitulah yang saya rasain bulan juni ini setelah mengonsumsi madu. 🙂

      Reply

  9. Karena gak suka manis, jadi gak terlalu suka madu seh, tapi emang banyak manfaatnya tuh madu, kalau buka puasa pake 2sendok madu juga menambah stamina kita buat sholat malamnya dan utk sahur lebih segar saat beraktivitas siang harinya 😀

    Reply

    1. Iya lho, pas bulan puasa madu kerasa banget manfaatnya. 😀
      Saya minum madu pas sahur, supaya kuat menjalani hari siangnya. 🙂

      Reply

  10. pertama…saya punya madu, karena saya jual madu 😀
    kedua, emang udara pagi di Indonesia kayaknya sama dinginnya, begitu juga di denpasar
    moga beruntung

    Reply

  11. Baru tau saya, madu bisa melancarkan BAB
    Tapi, madu bisa menyembuhkan diare juga ga, kak? Kalo bisa, mulai besok akan minum tiap hari 😀

    Reply

  12. saya selalu punya stok madu di rumah Sop,
    dan kalau perjalanan jauh, termasuk yang selalu dibawa,
    sesendok makan di pagi hari buat si kecil, cadangan energi sebelum ketemu sarapan 🙂

    Reply

  13. wah, ada yang suka madu nih :mrgreen:
    sama kayak abiku..
    aku suka sih, tapi kalo dicampur 😀
    kalo langsung dimakan terlalu manis :S

    Reply

  14. mama dulu sering beli madu, tapi akhirnya nanggur gara-gara ga ada yg minum. kalo menurutku sih rasanya terlalu maniss… tapi, kalo bisa melancarkan bab, mau nyoba aah~

    Reply

  15. Salam Takzim
    untuk kaum pria madu memang bisa membuat stamina lebih kang, tapi kalau untuk kaum hawa dimadu ga ada yang mau kang, mereka pasti mau muntah dengan madunya kang
    Salam Takzim Batavusqu

    Reply

        1. Lho, gimana tho, ya salah. 😡
          Namanya doping itu ya dikonsumsi sebelum olahraga, bukan setelah! 😛
          Ya malah bahaya kalo minum kopi setelah olahraga, jantung yang tadi habis olahraga bekerja cepat, yang harusnya habis olahraga istirahat, malah bekerja cepat lagi gara2 minum kopi. 😦
          Boleh minum kopi, tapi ya 2 jam setelah olahraga dong. 🙂

          Reply

  16. Tak diragukan lagi, madu memang mengandung banyak khasiat 🙂
    Ehm, bagus tuh, bisa jadi pencahar alami. Kalo aku coba, bisa cepat BAB juga nggak ya…?? 😀

    Reply

  17. wahh,persis mas asop,saya jg biasa kyk gitu. Bangun pagi,minum air putih,sholat subuh *biar melek,baru lari. Bis lari makan buah *biasanya apel, langsung deh bab dgn sendirinya :mrgreen:

    Reply

  18. hahahahah..
    bener kalo uda BAB lancar. .
    terasa hari ini adalah hari yng hebat wkwkwkwkwkwkwk . ..
    wah kalo bsa istiqomah ,ente ntar awet muda sop . .wkwk

    Reply

  19. bener2 baru ngeh klo madu bisa utk memperlancar BAB :D, mungkin saya mo ikutan nyoba,tp klo ada madu alami yg cukup manjur, selama ini lbh sering liat madu aspal euy

    Reply

    1. Baru aja agak siangan ini saya minum madu sama teh. Eh, efeknya juga sama, saya langsung BAB! 😆 Saya gak bohong ini, beneran! 😆

      Reply

  20. ternyata komen sudah bejibun. Lha iya, madu atau sari kurma. bisa tambah habbatussauda/jintan hitam (bukan iklan lho ya) buat yang ingin lebih menjaga tubuh. katanya sih begitu. khusus perempuan ada yang paling bagus : minyak zaitun.

    Reply

    1. Oh, jinten hitam yang dalam kapsul itu ya? 🙂
      Nah, minyak zaitun harganya mahal. 😦 Olive oil ‘kan? Untuk masak memang sangat baik. 🙂

      Reply

  21. Sekalipun saya tidak mempunyai masalah dengan Doktorandus Pupi …
    tetapi saya juga suka minum madu … biasanya yang dicampur dengan Teh Hijau itu …

    Saya dengar Madu itu juga baik untuk kesehatan kulit dan pita suara

    Salam saya Sop

    Reply

  22. mantab, tak diragukan lagi kasiatnya. Keberadaan madu di bumi karena wahyu illahi…
    Sayangnya madu mengandung asam, so lambungku langsung cekit2 manakala meminumnyaaah…
    Uuugghh…mana tahan…..

    Reply

  23. Soal khasiat madu.. emang sudah tidak diragukan lagi lah, sop…
    tapi memang saia baru tahu kl madu punya andil dalam kelancaran BAB… :mrgreen:

    yang menjadi catatan saia itu… kopi.. kopi…kok bisa, tho ?

    Reply

    1. …itu saya gak terlalu tahu.
      Kalau dalam botol, gak boleh dibuka, saya gak tahu. Tapi pernah lihat di tipi, madu asli kalo diteteskan ke kertas gak bakal nyerap dan tembus ke baliknya. 🙂

      Reply

  24. Bener banget kata mas Cahya, madu itu mahal asli itu banget, kalau yg murah saya kira palsu. Di rumah dulu ada lebah madu. Nah yg kami ambil dari situ saya pastikan asli 😀

    Reply

  25. q pernah minum madu semerek kang …
    tapi kurang top rasanye ……
    ada yang lebih jitu …
    madu hutan belantara Rius produksi Al-Khurobq … bisa dicoba
    bukan sponsor yooooo …. hanya berbagi heee 😀

    Reply

  26. salam kenal bos… seperti yang aku lakukan barusan mengoleskan madu di bibirku.. karena bibir ku lagi pecah-pecah dan sariawan katanya sih manjur… makasih artikelnya… boleh tuker links gak… biar blogroll tambah banyak
    kutunggu konfrimnya

    Reply

  27. Wah.. Hebat Sop.. Dopingnya alami dari perhutani… Kalo untuk melancarkan buang air dipagi hari, kalo aku cukup segelas copy cukup.. Kalo Madu, terus terang aku gak suka sop.. Gak suka harganya yang mahal… 😀

    Reply

  28. waduh jd kgn sm Bandung, apa lg sm Ciwidey-nya,
    madu memang bisa meningkatkn stamina pak, u’mnjga kondisi tbh ttp fit, byk juga kandunganx selain gulanya yg alami,
    tapi saya baru tau kalo madu bs mmprlancar BAB,
    saya cm doyan madu klo pas drmh saja, madu dr ternak rumahan babe sndri, bukan trnak massal tp cm bbrpa kotak aja,
    apalagi klo jilatin lgsung dr lempengan rumah lebahx

    Reply

  29. madu emang banyak manfaatnya mas,, untuk menghangatkan badan,,, dan bisa juga untuk kecantikan atau perawatan kulit,, sayangnya saya jarang minum.. 😀

    Reply

  30. Buset nih komentar banyak banget ya?. hahaha.. kalo soal khasiat madu saya nggak ragu lah, emang sebagai penambah daya tahan tubuh karena saya sering konsumsi juga. tapi kalo pelancar BAB, saya malah baru denger ini… secara biasa kalo pagi minum aer putih dah lancar sendiri. hahaha

    Reply

    1. Wah, bukankah masih banyakan komentar di blog Mas Gaphe? 😆
      Duh, luar biasa, Mas, harus disyukuri BAB Mas lancar terus. 🙂

      Reply

  31. sy jarang minum madu.. biasanya dicampur dg segelas air hangat.. stlh baca postingan ini, besok beli madu ah..
    bicara soal madu, jd ingat lagu madu dan racun.. 😀

    Reply

  32. saya juga sering minum madu soalnya di rumah menernakan lebah.

    banyak yang beranggapan madu yang palsu akan dikerubungi semut apabila dibiarkan terbuka, tapi di rumah saya madunya asli dan tetap dikerubungi semut lo….

    Reply

  33. saya juga sering minum madu soalnya di rumah menernakan lebah.

    banyak yang beranggapan madu yang palsu akan dikerubungi semut apabila dibiarkan terbuka, tapi di rumah saya madunya asli dan tetap dikerubungi semut lo….

    tapi kalo honeynya honeylizious asli lo… asli manusia… ahahhaha

    Reply

    1. Oooooooooooh pantesan nama blog kamu ada “honey”-nya!

      Nah, saya pun tak tahu apakah benar jika dirubung semut. 🙂

      Reply

  34. dulu saya rutin mengkonsumsi madu, tapi akhir-akhir ini agak malas. :mrgreen:

    oh, ya, tentang kopi, kenapa ya, semua jenis kopi sudah tidak mempan untuk menghilangkan kantukku ? apa mungkin sudah terlalu banyak kafein yg ada dalam tubuhku ya. 🙄

    Reply

  35. sebulan yg lalu aku beli sebotol madu.
    sampe sekarang blm dibuka juga, huhuhu.
    aslinya emang gak kuat manis-nya madu. tp harus dipaksain sih, bismillah ya.
    along with kurma (yg juga so far baru kuat 1 butir/hari) dan kapsul habatussauda, semoga bisa jadi doping dan peningkat imun tubuh yg alami.

    Reply

  36. Kenapa minum madu malah membuat sakit ulu hati saya? aneh…apakah karena royal jellynya? padahal saya suka sekali rasanya… hmmm..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s