Tentang Puasa Kopi dan Kopi Birdy

Sesuai dengan kebiasaan saya sejak tahun 2008 lalu (pernah saya tulis di sini), selama bulan ramadhan ini, saya “puasa” minum kopi. Yap, selama 30 hari puasa saya nggak minum kopi. Terakhir kali saya minum kopi ya hari minggu (31/7) yang lalu. Bukan hal yang sulit meninggalkan kopi, karena pecandu kopi amat berbeda dengan pecandu rokok. 😆 Tanpa kopi, saya nggak uring-uringan. Tanpa kopi, lidah saya tetap terasa enak. 😆

Kopi membuat peminumnya sering buang air kecil. Makanya, nggak pantas minum kopi pas sahur. Kalau minum kopi ketika makan malam, bisa-bisa nggak tidur sampai sahur. Kecuali ingin mengaji hingga sahur datang, tentu minum kopi tidak disarankan. 🙂

Sekalian saya mau me-review sebuah minuman. 😆  *duh bahasanya, minuman sampai diulas segala* :mrgreen:

kopi instan Birdy Robusta kopi susu

Kali ini minuman kaleng rasa kopi, Birdy. 😀  Saya tertarik mencoba Birdy ini hari minggu (31/7) yang lalu ya karena tulisan ROBUSTA di kalengnya. Bodohnya, saya nggak sadar bahwa itu adalah kopi susu. Saya pikir itu minuman kopi hitam, makanya saya beli. Pas saya coba, ternyata rasanya terlalu manis. 😦  Saking manisnya, saya nggak tahu ini minuman kopi rasa susu atau susu rasa kopi…? Rasa kopinya hampir nggak terasa. 😦

Mengecewakan? Bagi saya, jelas sekali, ya. 😐 Saya nggak suka makanan dan minuman yang terlalu manis. Jadi, maaf saja, Birdy.

Apakah narablog sekalian ngopi di bulan puasa? :mrgreen:

————————————————————————————————————————————————————————

Foto di atas hasil jepret sendiri. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.

182 Comments

  1. Gak pernah minum kopi juga sop kecuali ada pertemua2 gitu yg emang buat ngantuk 😛 Jadi gak bisa dinyatakan puasa juga seh 😛

    Reply

  2. saya baru minum kopi (+susu) itu biasanya pas habis buka puasa. Biasanya habis solat maghrib (itupun klo ada stoknya :oops:) aku minum buat manis2 habis kepedesan sama gorengan+cabe rawit

    birdy emang sangat terlalu manis, mas, pernah minum sekali buat cemilan siang di rumah dan habis itu mual-pusing sampe besok paginya 😦

    Reply

  3. Belum pernah minum birdy sop..
    Menurut saya kenikmatan ngopi itu adalah saat menyeduhnya..
    makanya belum kepikiran buat minum kopi kaleng

    Reply

  4. Beda orang, beda pula tabiat. Beda orang, beda pula kebiasaan. 😀
    Kalau saya, tidak minum kopi sehari kepala akan sedikit pening. Tapi tidak minum kopi sehari itu terasa mudah dilakukan. Mungkin karena belum terlalu mencandu kopi. Yang namanya ketagihan (boleh dikatakan kecanduan) itu kan kalau tidak minum/makan/melakukan sesuatu dalam kurun waktu tertentu (rutinitas) akan terasa berat dan kadang menyebabkan depresi. Jadi kalau tidak seperti itu, menurut saya belum bisa dibilang pecandu. Bisa diistilahkan sekadar penggemar. 😛

    Kalau dari tulisan Bung Asop ini kok seperti seakan berkata bahwa susu itu manis ya? Padahal susu kan rasanya ya gitu, gak manis gak tawar. Rasanya gurih.

    Teliti sebelum membeli makanya, Bung. Itu sudah jelas tertulis “minuman kopi dengan susu”. 😀

    Reply

    1. Doh, kelupaan:

      Kalau saya, minum kopi tidak berpengaruh terhadap rasa kantuk dan tidur. Mau minum kopi sebanyak apapun, mengantuk pasti tak tertahankan, dan gampang-gampang saja buat tidur. Jadi bagi saya kopi bukanlah penghilang kantuk. Kalau bikin sering kebelet pipis, emang iya. 😛

      Reply

    2. Wah, kalimat saya di atas seperti itu ya, maknanya? 😕
      Nggak dong, saya nggak menganggap bahwa susu itu identik dengan manis. Nggak. 🙂
      Saya minum susu setiap hari, dan rasanya memang nggak manis. 😀 Saya nggak suka minum dan makan yang terlalu manis. :mrgreen:

      Saya berkata seperti di atas, karena memang rasanya teramat manis, jadi nggak jelas ini minuman kopi apa minuman susu. Begitu. 🙂 Perihal manis, tentu susu tidak manis lah, itu manis karena dikasih gula.

      Reply

      1. Memangnya minuman susu itu manis, ya? 😛

        Bagi pecinta kopi tulen (hitam), tentu tidak menyukai kopi-kopi olahan semacam kopi latte atau kopi susu dan sejenisnya. Kalau saya tergantung suasana hati (dan juga suasana dompet). Kalau ingin yang sedikit ringan, ya latte jadi pilihan. Kalau ingin yang berat, kopi hitam kental tentu jadi andalan. 😀

        Reply

  5. ya daripada kopi susu ga jlas, mending susu murni, ga manis tapi tawar.. sperti yang di bilang Farijs van Java, nah kan kalau susu jelas lebih mantap dan juga kaya kalsium.. tau sndiri kan kandungan susu itu apa.. hhe tpi itu skedar saran… karna susu lbih brmanfaat..

    Reply

    1. Tenang, saya juga minum susu setiap hari, setiap pagi. 🙂 Kadang-kadang setiap malam pas mau tidur. Kebiasaan ini tidak saya hentikan pas puasa. Terus jalan. 😀
      Tentu, susunya yang rendah lemak. 😉

      Reply

  6. saya pecinta kopi sop, sehari bisa minum 3 gelas (gelas ya, bukan cangkir :D) kopi.
    dan bener banget kopi memang bikin kebelet kencing mulu. tapi kalo ga minum kopi rasanya ada yang kurang.

    Saya belum nyoba kopi Birdy, entah kenapa ga pernah tertarik dengan kopi dalam kemasan yang tinggal minum aja. hehehe 😀

    Reply

    1. Wah, kita sama dong, Mbak, kalo sehari gak minum kopi rasanya gak enak. 😆
      Jadi, Mbak Rin minum kopi juga gak, pas puasa? 🙂

      Reply

      1. pernah pas puasa tahun 2005 (awal kuliah) nyoba minum kopi di malam dan pas sahur, efeknya sama seperti yang asop tulis, jadi kapok ga mau lg minum kopi pas puasa, ditahan2 aja deh kalo pengen minum kopi. hehe 😀

        Reply

  7. hahaha.. iya aku juga baru tau kalo kafein dan tanin di kopi dan teh itu diuretik, bikin kita lebih sering buang air kecil.. 😆
    masa semanis itu? kalo gitu aku mau coba deh, klo kopinya pait malah ngga terlalu suka.. xD *sweet-tooth*

    Reply

  8. Hahaha, birdie ya. Dulu pernah liat iklannya di TV, tapi sampe sekarang blom pernah nyoba. Soalnya saya itu kopi paling minumnya cuma Indocafe. Sekalinya nyoba kopi lain, dapetnya langsung yg pait di lidah 😆

    Reply

    1. Hehe, kagak, ‘kan kaffein yang menyebabkan efek diuretik (sering pipis), sedangkan kandungan kaffein kopi lebih banyak ketimbang teh. 🙂

      Reply

  9. Oh ini toh penjelasan kamu ttg berhenti ngopi. Ngomong-ngomong ttg Birdy, justru aku suka Sop (maklum gak terlalu suka kopi, kecuali kopi latte). Manisnya pas. Pertama nyobain disodorin Bos, eh endang booo rasanya 😀

    Reply

  10. Waduh dek kebetulan dah insyaf jadi pencandu kopi sejak mulai menikah…jadi bulan puasa nggak ngopi yang pasti..dulu jaman masih lajang..pecinta kopi dan mengopi..apalagi jaman kuliah atau masih sekolah dulu begadang ya pasti ngopi, dari SMP suka ngopi…tapi setelah beban belajar sudah mulai berkurang jadi beban begadang juga dah dikurangi kan..kecuali lembur kerjaan jaman dulu..palagi dah ada sikecil..tapi kalo teh masuk susah ditinggalinnya..teh kan banyak juga kandungan cafeinnya…sekarang ini jatah nescafe dari kantor sampai bertumpuk tumpuk, alhamdulilah jadi bisa berbagi nescafe dan MIlo saking banyaknya…
    selamat kalo bisa berhenti ngopi..nanti kalo mulai belajar lagi pasti ngopi lah kan..hehehe….
    wah aku lupa, selamat menunaikan ibadah puasa yah mumpung baru hari ketiga..mohon maaf lahir batin..semoga kita bisa menjalani puasa kali ini dengan hati yang bersih, penuh berkah dan barokah dan ampunan dari Allah swt * amien

    Reply

  11. sama nih pecandu kopi. Sehari bisa 5 cangkir gua. Tapi semenjak jantung sering berdebar nggak jelas, jadi takut deh. Kurangin sampe bisa cukup 1 gelas aja.

    Reply

  12. benernya bbrp bulan yg lalu sempet janji ama diri sendiri untuk stop ngopi demi persiapan menuju kehamilan. berhenti sampe one day melahirkan deh.

    tp ditunggu2 kok gak hamil juga ya? akhirnya tadi pagi, secara ini my first day of ‘period’, jadinya aku ngopi aja deh 😦 rindu berat sama kopi Good Day favoritku!!

    Reply

  13. Bahkan aku ngopi saat baca artikel kamu ini….soalnya aku udah kek gimana gitu dnegan kopi…soulmate gitu :mrgreen: sahur pun cukup roti selembar ama kopi ya wes itu sj….yang penting harus ada kopi padahal pekerjaanku di kantor menuntut aku harus bergerak lincah keman-kemarii lho…pokoknya kopi “hmmmmm….harum” 😛

    Reply

  14. kalo kopi bikin beseer… secara kopi tuh diuretik alami, makanya nggak terlalu suka kopi juga. apalagi kopi item, hih bisa deg-degan mulu abis minum. hahahaa…

    sukanya kopi malah yang light coffee atau pokoknya yang ada campurannya gitu deh

    Reply

  15. selama ini saya minum kopi gk pernah jadi sering buang air kecil bang.. kalo saya sih tetep minum kopi pas bulan Ramadhan, kopi membuat saya merasa lebih PD.. hahahaha *lebay

    Reply

  16. Dek…
    Namanya pun minuman instan…. jelas tak bisa disamakan dengan kopi bubuk lhooo… emang Birdy itu agak kemanisan, saya juga dah pernah coba…. Dan kalau utk saya sih masih bisa diterimalah secara saya gak suka pula yang pahit-pahit…

    Reply

  17. mungkin bisa nyoba Birdy yg black coffee ato yg tubruks sekalian kalo ada :p
    kalo masih kemanisan juga bisa dicampur jamu, lebih sehat kan

    Reply

    1. Saya akan minta ke tuan rumah, “bisa minta air putih dan gelas?” Lalu saya tuangkan birdy ke gelas, dan saya campur air supaya gak terlalu manis. 😉

      Reply

    1. Lho, saya gak bilang saya gak suka manis, saya hanya gak suka yang terlalu manis. 😀
      Selama es krim-nya gak terlalu manis, ya mau-mau aja saya. 🙂

      Reply

  18. halo bang 🙂
    tetep aja namanya pecandu 😛
    aku kalau puasa jadi pecandu jus buah, kalau sahur gg ada jus berasa gg tahan deh ampe magrib hhihhi yaiya orang aku sahurnya cuma minum jus aja 😀 #curcol
    kalau susu kemanisan emang gg enak, eneg jadinya.

    Reply

    1. Hahah, iye dong, emang pecandu. 😆 Tapi pecandu yang bisa mengontrol hasratnya. :mrgreen:

      Hebat. Kamu bisa tahan sahur cuma jus doang?? 😯

      Reply

  19. kirain minuman bir, ahahahha…

    kopi juga nggak baik dikonsumsi pada saat sahur karena menyerap air tubuh yang banyak…. <<< pernah baca di mana gitu lupa

    Reply

  20. Saya suka sekali minum kopi, tapi yang tidak terlalu manis dong he..he…
    kopi kalengan yang sudah siap minum menurut saya rasanya kurang mantap 🙂

    Reply

  21. Enakan juga kopi tubruk deh, Sop 😀 Kalau kopi instan kemasan sih, saya lebih suka Cappucini. Itu minuman favorit zaman kuliah dulu, heheh 😛

    Reply

    1. Yoi, enakan kopi tubruk. 😀 Saya cuma coba2 beli aja minuman ini. :mrgreen:

      Cappuccini… rasanya pernah lihat dan nyobain… 😕 Sekarang masih ada ya?

      Reply

    1. Eh ada lho, saya buktinya. 😆 Dengan minum kopi, detak jantung meningkat, dan efeknya aliran darah ke otak “dipaksa” lancar, begitupun artinya oksigen ke otak lancar. Makanya gak ngantuk. Ingat, kantuk itu datang karena otak kekurangan asupan oksigen. Itu salah satu penyebab kantuk. 🙂

      Justru perihal kopi gak baik untuk mata itu saya baru denger. 😀 Gak pernah ada di artikel kesehatan… Mungkin kopinya dimasukin ke mata ya? :mrgreen:

      Reply

  22. hmm.. kalo gua sama aja, kalo malem minum kopi tetep aja bisa tidur ngopi hanya sekeder biar mikir nya agak lancar hehe..
    nah.. gua baru sadar tuh kalo ngopi pas sahur kencing-2 terus tuh bener yuh baru sadar gua haha..

    Reply

  23. aku sering dengar iklan minuman ini di radio. tp belum pernah nyobain. eh, ternyata manis banget ya? aku kurang suka klo manis2 gitu. lagian jg nggak suka kopi. kayaknya aku nggak akan beli deh…. kecuali klo dikasih hahaha.

    Reply

  24. Kalau kopi kaleng lebih suka yang Nescafe dingin :D, walau bukan pecandu kopi tapi saya lebih suka minum kopi yang campuran (bukan kopi hitam)

    Reply

  25. Agak repot nih soal puasa kopi nya. soalnya biasanya kalau lagi gak shaum sih tiap hari pasti ngopi, slurphh ah, hehe. belon pernah minum birdy euy. menarik kalimat terakhirnya asop “Saya nggak suka makanan dan minuman yang terlalu manis.”

    jadi kayak iklan ya, kita kan udah manissss :))

    Reply

  26. Berhubung msh blm bisa puasa, tetep ngopi pas sarapan nih Sop *ups*, tapi biasanya tetep ngopi biz taraweh, coz kyknya gimanaaaa gituh kalo ga ngopi hihihihi

    Reply

  27. engga berani minum kopi sop :mrgreen: sama dengan alasan dikau. takut enggak bisa tidur 😀 … saya juga lagi puasa kopi …
    birdy memang susu kopi bukan kopi susu. kalau mau kopi beneran, cobain frapuccino-nya starbuck sop. versi kalengnya ada di supermarket.

    Reply

  28. Saya suka minum kopi. Tapi tidak ketergantungan. Maksudnya, meskipun ada di situasi tanpa kopi, saya bisa menahan diri.. Kalo kopi birdy, saya belum pernah nyoba Mas, hehe..

    Reply

  29. Sejak puasa gak berani minum kopi. Ntah kenapa sekarang kalo minum kopi suka berdebar-debar jantungnya…. 😦

    Reply

  30. Saya sudah puasa ngopi merk apapun sejak 2 tahun lalu…soalnya perut jadi perih..dan aman-aman aja. Tapi jadi tergantung pada teh….

    Reply

  31. kalau saya, di bulan puasa ini kopi tetep. Secangkir tiap selesai tarawih, seperti melepas kangen :D. Tapi saya tetap bs tidur seperti di hari biasa. :))

    Reply

  32. saya juga mengurangi kopi selama puasa mas asop. mengenai birdy, saya baru tau lho, dan kopi susu saya tetap suka kok 😀

    Reply

  33. kopi adalah minuman penambah energi sipppp pokoknya apalagi diseduh saat udara dingin kayak gni pas dengan menhisap batang rokok cihuiiiiiii salam kenal gan

    Reply

  34. Tadi kirain tuh birdy direview karena rasanya enak gak ketulungan (eh?), hampir aja saya ikutan cari tuh birdy.. hihi, untung baca sampai selesai.. saya juga ndak suka yang manis2 (ikut-ikutan ya?). Klo kopi kaleng gitu saya paling suka sama Nescafe Latte.. udah coba?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s