08
Aug
11

Tentang Puasa, Seminggu Pertama dan Olahraga

Tak terasa sudah tujuh hari berpuasa. Sudah seminggu pertama, masih ada tiga minggu lagi. 🙂

Sampai hari ini saya belum berolahraga (berat) sebagaimana yang saya lakukan sehari-hari sebelum puasa (baca posting-an ini). 😐 Entah mengapa, saya merasa energi saya terkuras untuk kegiatan di kampus. Saat pulang ke rumah waktu sore (menjelang buka), saya hanya sempat berolahraga lompat tali (jump rope/skipping) dan sedikit bodyweight training (seperti push-up, sit-up, dan crunches). Saya tetap bersyukur, push-up pun punya banyak variasi gerakan. Lain posisi lain pula bagian tubuh (otot) yang terlatih. 😀

sepatu reebok runtone Shoesdumbbell ketler

lari dan angkat beban belum saya lakukan hingga hari ke-7 kemarin

Paragraf di atas untuk hari kerja. Anehnya, ketika hari sabtu (6/8) dan minggu (7/8), saat saya punya waktu kosong, saya malah merasa was-was untuk lari. 😛  Masalahnya begini. Tanpa olahraga saja bobot tubuh saya sudah turun perlahan. Bobot saya saat ini 61 kg. Itu saya timbang saat siang menjelang sore, saat keadaan tubuh sedang ekstrem-ekstremnya (kadar gula darah sudah menurun drastis). Biasanya, sebelum puasa, bobot stabil saya 62-63 kg (keadaan perut kosong pagi hari). Saya sendiri sadar, saya tidak mau olahraga terlalu berat. Saya tidak mau bobot tubuh saya berkurang lagi (kurang dari 61 kg). 😐

Di lain sisi, saya tidak mau kehilangan stamina saya. 😀 Saya sih sudah siap menerima penurunan tingkat stamina (barangkali turun 10 – 20 %) saat nanti sehabis bulan ramadhan. Tapi ya saya nggak ingin terjadi perbedaan yang begitu mencolok, saya nggak ingin stamina saya anjlok banget. Ini yang saya khawatirkan jika selama bulan ramadhan ini saya nggak olahraga lari.

Sebenarnya, ada artikel kesehatan yang mengatakan bahwa waktu olahraga terbaik adalah saat selesai tarawih. Tapi, bagi saya itu sudah malam, dan tidak mungkin saya lari di luar. 😆  Masalah akan teratasi jika saya punya alat treadmill di rumah. Sayangnya itu tidak terjadi. :mrgreen:

Kalau kata adik saya sih dia bilang, “ya gampang, Kak, nanti habis puasa latih lagi staminanya.” 😆

Oke, kalau begitu, saya bertekad untuk mencoba olahraga lari sebelum berbuka selama seminggu ini. Nggak usah terlalu lama lah, dari yang dulu biasa lebih dari dua belas putaran jogging track non-stop (sekitar 30 menit lebih), saya coba dulu sekuatnya, mungkin enam putaran saja (sekitar 15 menit). 🙂

Nah, sebagai penutup, ada dua pertanyaan nih, yang ingin saya tanyakan ke narablog sekalian. 😀

  • Menurut narablog sekalian, olahraga apa yang bisa dilakukan di bulan ramadhan untuk menjaga tingkat stamina (agar setelah 30 hari puasa stamina tidak anjlok)? Tetap olahraga lari, atau lompat tali cukup? Kalau punya sumber artikel di internet tentang hal ini, bagi-bagi ya. 🙂
  • Lalu, apa olahraga yang narablog sekalian lakukan saat puasa, dan kapan waktu olahraganya? Bagi-bagi pengalaman juga ya. 🙂

*****

Sekalian berbagi info, silakan baca artikel ini (DuniaFitnes.com) untuk tetap sehat dan berenergi saat puasa. Ada sedikit penjelasan waktu yang tepat untuk berolahraga. 😉

——————————————————————————————————————————————————–———-

Semua gambar adalah hasil jepretan sendiri. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.
157 Responses to “Tentang Puasa, Seminggu Pertama dan Olahraga”


  1. 8 August 2011 at 07:30

    Kalau saya biasanya puasa 24 jam, kalau mau olahraga mesti siap-siap dilarikan ambulans :).

    • 8 August 2011 at 07:33

      Yah Mas Cahya… 😐

      • 8 August 2011 at 16:16

        Nich Cahya ada-ada aja dech 😀

        Kalo aku sich Sop, GAK OLAHRAGA sama sekali pas puasa. Aku cepet kurus, susah gemuk 😦

        • 9 August 2011 at 20:37

          Wah. Butuh protein kalo mau gemuk. 😀

      • 8 August 2011 at 16:16

        Eh, ini aku Deva (lagi pake akun lain) 😀

        • 9 August 2011 at 19:16

          Oh. Ahahaa Mbak Deva. 😀

  2. 8 August 2011 at 08:32

    Whuaa…aku jarang banget olahraga sop..Lahap buku semacam GMAT aja udah termasuk olahraga bagiku(soalnya habis blajar biasanya berasa nggak punya tenaga gitu),hehehhe

    • 9 August 2011 at 20:56

      Nah, GMAT itu apa ya? 😕

      Hihihi belajar memang butuh energi besar ya. Makanya orang belajar biasanya ditemani yang manis-manis. Perangsang otak. 😉

  3. 8 August 2011 at 08:41

    haduh saya jadi amat sangat malu sekali..saya sudah lama tidak kenal yang namanya olahraga lagi..selain pas jalan ke production floor atau pas jalan jalan kepasar atau lagi berenang santai dipantai…yang lainnya..belum tergerak..apalagi nggak ada alat fitness dirumah..benernya pingin sih biar berat badan segera balik ideal :)…hiks..salut salut dah gemar berolahraga..:) semoga berhasil dengan target2nya

    • 9 August 2011 at 20:55

      Makasih doanya, Mbak. 😀

  4. 8 August 2011 at 08:41

    Olahraga otak…banyak2 lah menulis blog, hehehe…bercanda

    • 9 August 2011 at 20:55

      Itu benar. TTS juga. 😆

  5. 8 August 2011 at 09:38

    Salam Takzim
    Kalau gitu sama kang, saya juga sudah seminggu nggak sepedahan nih hiks
    Salam Takzim Batavusqu

  6. 8 August 2011 at 10:23

    Hiks, saya malah lupa kalau harus olah raga.

    • 15 Usup Supriyadi
      8 August 2011 at 16:22

      tapi kalau makan nggak pernah lupa ya. hahaha *tambah berat dah*

      • 9 August 2011 at 19:17

        Makan memang sudah kebutuhan manusia. 😆

  7. 8 August 2011 at 10:51

    gak bisa bantu jawab, secara bukan ahli sport. hehe.
    tapi yang penting harus selalu olahraga ya, karena kesehatan perlu dijaga… 🙂

    • 9 August 2011 at 20:54

      Saya lebih sepakat “kesehatan” di atas diganti dengan “kebugaran”. 🙂

  8. 8 August 2011 at 10:56

    Walaaahhh…olahraganya buru2 pulang dr kantor buat masak untuk berbuka Sop aku mah qiqiqiqi…

  9. 8 August 2011 at 11:58

    Jujur nih ya… jujuuuuur…..
    saya jarang olahraga, apalagi puasa.
    paling ini nih, naik turun tangga…wis mesti karena kamar saya di lantai 2, hehehe
    tapi menurut saya yang paling cucok olahraga pas puasa mungkin jalan kaki ringan mendekati maghrib cukup keliling komplek lah sekitar 10 km. hehehehe

    • 9 August 2011 at 20:54

      Eh eh eh, naik turun tangga itu olahraga yang berat lho. Coba aja, Mar, kalo males ke luar kosan, kamu naik turun tangga aja selama 20 menit. Caaaappeeeeeek banget. Otot kaki terpakai bener. Coba deh. 🙂

  10. 8 August 2011 at 12:16

    Mungkin hanya bersepeda, dan jalan² kalau olah raga berat mungkin butuh adaptasi secara bertahap untuk melakukannya…

    • 9 August 2011 at 20:52

      Iya, tubuh saya sedang beradaptasi, Mas. 😎

  11. 8 August 2011 at 12:28

    waah, sori sop.. klo mel mah ga doyan olahraga,, ga bisa jawab dan ngasih saran..
    heheh

    • 9 August 2011 at 20:52

      Walah…. 😐

  12. 8 August 2011 at 12:37

    Q kangen maen bulutangkis.. sayang harus libur di bulan puasa.. 😦

  13. 8 August 2011 at 13:32

    jujur saya bukan orang yang rajin olahraga, tapi saya masih suka bersepeda, kalaui hari biasa sich bersepeda pagi tapi selama ramadhan sore itu pun gak tiap hari, hanya sekali-kali aja…

  14. 8 August 2011 at 13:39

    skipping!!!

    • 9 August 2011 at 20:52

      Yeah, that’s nice. 😀

  15. 8 August 2011 at 13:51

    Beratmu ternyata sama dengan saya.. 😆
    Olahraga? Futsal sajalah, bisa rame dengan teman2.. 😉

    • 9 August 2011 at 20:51

      Lari juga bisa bareng2, malah kalo bareng2 capeknya agak tidak terasa. 😀

  16. 8 August 2011 at 13:51

    menone ketika ga puasa az ga pernah olah raga apalagi pas puasa hahahahahahahhaa,,,,,,,,, mantap sob semangat terussssss

    salam persahabatan selalu dr MENONE

    • 9 August 2011 at 20:51

      Wah kalo Menone sih jangan ditanya. 😆

  17. 8 August 2011 at 13:52

    paling-paling saya olahraganya jalan kaki tiap pulang kantor, sekitar 15 menit sebelum buka puasa 😀

    • 9 August 2011 at 20:51

      Nice! 🙂

  18. 8 August 2011 at 14:01

    Aduh dah lama banget ga pernah olahraga,kemaren pas puasa pertama jalan2 pagi kerasa kaget otot2nya hiksss

    • 9 August 2011 at 20:50

      Awas hati-hati, jangan sampe kram otot. 😐

  19. 8 August 2011 at 14:04

    dulu sewaktu saya tinggal di lingkungan india dan arab, saya memperhatikan kalau mereka olahraga selalu malam hari. bahkan ada yang olahraganya (maen bola) jam 11 malam, menurut mereka itu kebiasaan mereka ❓ soalnya mayoritas pengguna fasilitas olahraga tersebut memang orang syiah, bukan sunni seperi mayoritas islam di indonesia. jadi mungkin itu dari kebiasaan agama mereka? tau deh…
    kurang tahu yah sop, itu sehat apa engga 😆 tapi toh saya lihat teman-teman keturunan timteng tersebut sehat-sehat saja :mrgreen:
    *saya olahraga dibulan puasa? *siul-siul*

    • 9 August 2011 at 20:50

      Lain ilalang lain belalang ya… 😀

  20. 8 August 2011 at 14:31

    huaaaa perasaan tadi udah komen deh, tapi gak masuk kayaknya.
    aku dan suami olahraga ya pagi setelah subuh. seperti biasa , sop. kayak yg dipostinganku kapan hari itu.
    soalnya sejak bulan syaban sudah membiasakan diri puasa + tetep berolahraga.
    jadi pas ramadhan ini insyaalloh badan sudah kagak kaget lagi….

    • 9 August 2011 at 20:49

      Hiks… enak ya kalo udah nyiapin diri sejak Sya’ban… Saya belum sih… 😥

  21. 8 August 2011 at 14:40

    lompat tali kayaknya udah cukup buat menjaga stamina di bulan puasa 😀
    saya udah hampir 2 bulan gak olahraga, paling2 cuma sepedahan aja

    • 9 August 2011 at 20:48

      Nah, makasih pendapatnya. 🙂

  22. 8 August 2011 at 14:43

    saya juga selama puasa blum berolahraga lagi mas….
    pagi-pagi sehabis subuh banyakan buat tidur lagi… 😀

    • 9 August 2011 at 20:45

      Wah, nggak enak Mas, kalo tidur habis sahur. Melekan aja. :mrgreen:

  23. 8 August 2011 at 15:05

    saya malah pengen naikin berat badan nih, gimana ya?

    • 9 August 2011 at 20:44

      Banyak-banyak makan protein tinggi, jangan malah makan yang berlemak. 🙂 Jadi gemuknya gemuk otot, bukan gemuk lemak. 🙂

  24. 8 August 2011 at 15:09

    Kalo aku mah olahraganya ngepel,nyuci,nyetrika..
    hebat,mengeluarkan kalori banyak
    plus ngabuburit Sop hihii…

    • 9 August 2011 at 20:40

      Ngabuburit saya kalo gak di rumah ya mungkin lari sore. 😀

  25. 8 August 2011 at 15:22

    kalo saya olahraga rutin hari-hari biasa dan selama puasa adalah jalan kaki dari halte busway ke kantor yg lebih dari 500meter jaraknya. cukup menyehatkan dan membuat betis seperti talas bogor. hehe 😀
    tapi entah kenapa selama puasa jadi males jalan kaki, maunya naik ojek aja 😦

    • 9 August 2011 at 20:40

      Nah, itu mungkin karena puasa ya. 🙂
      Tapi, kalo suka jalan, sepatu harusnya nyaman ya. 🙂

  26. 8 August 2011 at 15:57

    saya gak puasa dan puasa tetep sepedaan keliling kompleks 😀

    • 9 August 2011 at 20:38

      Hebat! 😀 Betis besar nih, Mbak. :mrgreen:

  27. 8 August 2011 at 16:16

    saya termasuk orang yang jarang menyempatkan diri untuk olahraga di keseharian….
    Tapi saya punya cara untuk olahraga dirumah…
    hanya merapihkan rumah saja saya sudah berolahraga… mulai dari merapikan tempat tidur, nyapu, ngepel, cuci baju, ma jemur baju….
    itu keseharian saya dirumah karena cma tinggal ber2 dgn mama jadi apa2 harus dikerjakan sendiri…. Itung-itung fitnes geratisss… palagi kalo nyuci bed cover… serasa angkat beban…. 😀

    • 9 August 2011 at 19:18

      Eh iya lho, melakukan pekerjaan rumah tangga juga sudah olahraga. Capek banget ngerjain itu semua. Saya amat menghargai siapapun yang mengerjakan pekerjaan rumah tangga. 🙂

  28. 56 Usup Supriyadi
    8 August 2011 at 16:23

    saya…

    biasanya ajojing, and lompatlompatan…

    itu pun kalau lagi mood. hahaha

    • 9 August 2011 at 18:53

      Jelasin Kang, lebih rinci dong. 😐

  29. 8 August 2011 at 16:27

    hunting foto merupakan olahraga yg asik loh pas puasa hehehe

    • 9 August 2011 at 18:53

      Wow. Ini dia nih. Pengen. 😎

  30. 8 August 2011 at 16:31

    Aku justru baru mau tanya, kalau puasa olahraganya ngapain, tapi kalau di Semarang sih sy senam dari setengah empat sampai setengah lima.

    • 9 August 2011 at 18:53

      Wah, senam jam segitu nggak terlalu jauh ya, beda waktu ke buka? 😀

  31. 8 August 2011 at 17:35

    sepedaaan.. 6 km, abis itu langsung tepar. untung aja, 5 menit lagi bedug… hihihihi

    • 9 August 2011 at 18:29

      Hahaha, hebat, saya udah lama gak sepedaan. 🙂

      Sepeda ya… paling manteb kalo sepedaannya di tanjakan. Kuat? :mrgreen:

  32. 8 August 2011 at 17:44

    lari penting kok sop. gak kan turun berat badan harusnya. tapi malah jadi stabil berat badannya. lemaknya bakal terbagi dengan proporsional lah, hehe. lari nya pas 20 menit mau buka puasa aja, jangan pagi-pagi. tapi sore jelang buka 😀

    terus push up ya 20 atau 30 lah di pagi hari sebelum mandi gitu. hihihi

    salam olahraga

    • 9 August 2011 at 18:22

      Oh, gitu ya Kang? Ilmu saya masih kurang nih. 😀
      Oke, ini semakin meyakinkan saya untuk lari sore. 🙂

      Kang, push-up dan sit-up-nya pagi? Ini pas puasa?

  33. 8 August 2011 at 18:08

    klo di rumah habis tarawih ato habis subuhan olah raganya, soalnya baru pada bisa bener2 di “rumah” pada jam segitu
    olahraganya sit up sebelum tidur, tapi khusus aku tok. Sedangkan bapakku angkat barbel, dan ibuku…. nyapu rumah 😀

    • 9 August 2011 at 18:00

      Waaaaaaah hebat, ayah Fika olahraga angkat beban! 😀 Nice! :mrgreen:

  34. 8 August 2011 at 22:35

    kalo one sih futsal tetep jalan walopun puasa,,
    Dan alhamdulillah, gak ampe membatalkan puasa..
    Hehehehe,,

    • 9 August 2011 at 17:58

      Hebat dong. Waktunya kapan, main futsal? 😀

  35. 8 August 2011 at 23:19

    Kayaknya olah raga yang umum tuh lari pagi setelah subuh.. tapi jangan kejauhan takut gak kuat pulang, kalo gak jaga-jaga bawa dompet buat naik ojeg pulangnya.. 🙂
    Buat saya olah raga pagi olah raga jari. maksudnya jamz sesion main keyboard and main guitar.. habis itu jalan-jalan sedikit keliling kampung… 😀

    • 9 August 2011 at 18:19

      Walah walah, olahraga jari toh, Mas… 😆

  36. 9 August 2011 at 02:24

    Aku nggak olahraga Sop…tapi mondar-mondir pas di kantor udah aku sebut olah raga dech karena nafas ampe ngos-ngosan dan lagi waktu habis di kantor. In masih puasa ke-7 buatku tapi berat badan juga udah turun, padahal tak ada niatan buat nurunin,….olahraga paling tepat kalau pas puasa sih jalan-jalan santai saja selepas shubu (jd inget kebiasaan ama teman-teman di Masjid kampungku dulu, hehehe) jangan berolah raga yang berat-berat…sehabis tarawih?? Udah ngantuk duluan jam 9 kadang lebih baru pulang dari tarawih.

    Met puasa Sopp

    • 9 August 2011 at 18:21

      Hahaha iya Mbak, kalo aktivitas di siang hari udah padat, malamnya habis tarawih pasti ngantuk… 🙂

  37. 9 August 2011 at 03:45

    puasa syawal, pasti nambah tuh staminanya wkwkwkwk pemanasan aja gausa terlalu ngoyo yang penting kalori terbakar biar ga gendutan

    • 9 August 2011 at 16:08

      Kalo gendutan gak mungkin terjadi, karena saya menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh saya. 😀

  38. 9 August 2011 at 05:13

    saya kok ngerasa tambah semangat ya pas puasa klo paginya olah raga. ga ngurangi stamina kok mas yang penting jangan di forsir..

    • 9 August 2011 at 16:05

      Waduh, saya tetap gak berani olahraga di pagi hari pas puasa. 😐

  39. 9 August 2011 at 10:01

    jadi pengen olahraga kaya dulu deh

    • 9 August 2011 at 16:05

      Ayo mulai lagi, Kak Jul. 🙂

  40. 9 August 2011 at 12:35

    olahraga kegemaran saya adalah senam. lompat-lompat terus meliuk-liukan tubuh sangat asyik dan dapat menjaga tubuh tetap seger. tapi lari-lari di taman menjelang buka oke juga tuh, atau dihalaman mesjid.

    • 9 August 2011 at 15:52

      Di halaman… masjid…? 😀

  41. 9 August 2011 at 13:47

    saya jarang olahraga mas… hehe.. apalagi puasa-puasa gini… dari dulu emang saya kurang suka olahraga…
    mungkin kalo boleh kasih saran, giman kalo bersepeda aja, selain bisa sehatin badan, kita juga bisa cuci mata keliling kota, nggak terasa buka puasa tiba…

    • 9 August 2011 at 15:49

      Sepeda saya lama gak digunakan, karatan di sana-sini… :mrgreen:

  42. 9 August 2011 at 14:17

    olahraga sih engga tapi tiap hari juga keringetan karena jalan. 😀

    • 9 August 2011 at 15:47

      Hahaha itu juga bagus. 🙂

  43. 86 Ahmad Alkadri
    9 August 2011 at 15:11

    Olahraga? Saya rutin setiap hari lari 3 kilo, push-up + sit-up masing-masing 50 kali, termasuk saat puasa. Berat badan saya tidak turun, tetap stabil, karena selalu diseimbangkan dengan menu makan. Kalau buka puasa selalu buah-buahan dan makanan manis (kolak, bubur kacang ijo, dsb), dan makan malam selalu nasi, lauk (ayam goreng, ikan, daging) plus sayur. Saya tidak punya referensi internetnya, apalagi bukunya, tapi saya tahu kalau rutinitas seperti ini juga biasa dilakukan para atlit dan tentara di akademi 😀 Mereka saja selalu sehat, kenapa kita tidak? :mrgreen:

    • 9 August 2011 at 15:43

      Oke, ini semakin menguatkan niat saya untuk tetap lari selama puasa. Makasih komentarnya ya. 😀

    • 9 August 2011 at 15:46

      Oh ya, kelupaan, kapan Ahmad melakukan itu semua saat puasa? Kalau lari, kemungkinan Ahmad melakukaannya saat ngabuburit nunggu berbuka. Kalau sit up dan push up, kapan? Apakah setelah atau sebelum lari?

      • 89 Ahmad Alkadri
        10 August 2011 at 10:54

        Sit up dan push up setelah lari 🙂 dan ya, semuanya sambil ngabuburit. Habis olahraga gitu, mandi, bersih+segar, buka puasa, Shalat deh. Semuanya pas dan enak :mrgreen:

        • 12 August 2011 at 06:01

          Luar biasa sekali. SUPER. 😀

  44. 9 August 2011 at 16:19

    Minggu pertama puasa saya malah sakit, boro-boro olahraga badannya lemes banget 😦

    • 9 August 2011 at 21:38

      Wah, jaga kesehatan ya Mbak… 😐

  45. 9 August 2011 at 16:25

    memangnya kenapa sih takut stamina anjlok setelah puasa? kan bukan atlet profesional :mrgreen:

    • 9 August 2011 at 21:40

      Saya tanya balik deh, memangnya kenapa kalau saya ingin punya stamina bagus layaknya pemain sepakbola (sebagai contoh :mrgreen: )?
      Stamina yang baik akan sangat membantu kita dalam aktivitas sehari-hari. Jadi gak mudah capek, bisa kerja lebih lama ketimbang yang gak olahraga (harusnya sih gitu). 😉

  46. 9 August 2011 at 16:59

    hmm mungkin jalan kaki aja.. olahraga yang menyehatkan jantung lho *sotoy :p

    • 9 August 2011 at 21:42

      Hahahaha. 😆

  47. 9 August 2011 at 17:49

    lompat tali aja, gak usah lari-lari segala, ntar kalo kakinya haus, pengen minum, gimana? kan lagi romadon… *nah loh (bukannya kalo lompat tali sama aja ya?) hihihi

    saya seringnya senam aja akang, ^___^ (itupun dirumah, senam sekenanya) -___-

    • 9 August 2011 at 21:42

      Senam sekenanya… itu seperti apa ya?? Pakai musik?

  48. 9 August 2011 at 19:54

    Saya sih cuma sempat jalan kaki aja bang, kalau untuk olah raga secara khusus belom ada. Intinya ya agar badan terus bergerak aja. Bahkan sempat tidak fit memasuki bulan Ramadhan.

    • 9 August 2011 at 21:43

      Wah, untuk bisa melalui bulan ramadhan ini kita harus punya badan yang fit. 🙂

  49. 9 August 2011 at 20:33

    Sepertinya, jogging yang mas Asop lakukan cukup 😀 Atau kalau olahraga yang lain, mungkin catur bisa dicoba sebelum berbuka puasa, hehe :p

  50. 9 August 2011 at 20:58

    Keren euy mas satu ini.. meski puasa tapi tetep semangat untuk Olah Raga aja..kalo saya mah mikir 2 sampai 3 kali dulu.. hehe… 😛

  51. 9 August 2011 at 22:53

    olahraganya jalan2 di mall sj menjelang buka puasa, suka ga kerasa aja klo sdh waktunya buka puasa.

    • 12 August 2011 at 05:47

      Ah dasar wanita.

  52. 10 August 2011 at 01:44

    lari sop lari 🙂
    itu bagus…
    dan kalo mau lompat tali usahakan sehari 200 dan kalo mau berhent, berhenti di angka 20

    • 12 August 2011 at 05:50

      Maksudnya 200 itu 200 lompatan? Wah, itu sih terlalu enteng buat saya.

  53. 10 August 2011 at 03:29

    olahraga apa yah. hmmm kalo nyopet ngak boleh. kalo rampok ngak boleh. hmmm klo gitu olahraga tidur aja deh di bulan ramadhan. hehe

  54. 108 Ndutyke
    10 August 2011 at 03:43

    @ honeylizious :
    Sunnah-nya sih, kalo mau menggemukkan badan, rajin makan kurma basah plus mentimun.

    Sumber: majalah Hidayatullah.

    • 12 August 2011 at 06:11

      Oh ini baru bagi saya. 😀

  55. 10 August 2011 at 07:49

    apa ya gan? Sebab habis subuh sekarang dah berangkat kerja pulang malam…..
    Hmmm….gimana kalau jalan kaki aja deh…

    • 12 August 2011 at 06:08

      Boleh. Tapi jalan yang jauh ya. 😀

  56. 10 August 2011 at 08:29

    yg ringan2 aja, JJS – jalan-jalan sore, kalo lari nti setelah buka makan, bisa jadi nanti kelelahan dan malah ketiduran 😀

  57. 10 August 2011 at 08:37

    Kang Asop, hebat juga nih. Saya senang kalau lihat anak muda suka olah raga dan kreatif. Dan paling tidak senang kalau lihat orang yang kerjaannya tidur seharian.
    Saya juga suka olah raga seperti renang (tapi hanya 2x seminggu) dan jalan pagi (minimal 30 menit) sehari.

    • 12 August 2011 at 06:07

      Saya hanya berpikir, mau jadi apa laki-laki kalau pas puasa hanya tidur saja. :mrgreen:

      Hebaaaaaaat berenang itu bagus sekali, lho. APalagi kalo rutin. 😀

  58. 10 August 2011 at 08:54

    Olahraga masing2 orang gak sama sih Sob, maksudnya tergantung atlitnya 🙂 dulu saya penyuka olahraga keras, saat puasa saya bisa melakukannya setiap hari, 2 jam sebelum buka puasa. Saat buka puasa pun kadang cuman minum teh hangat ditempat latihan, nah tubuh sy vit aja tuh, berat badan tetap gak ada perubahan dgn sebelum puasa.

    Nah ketika saya jarang olah raga lagi, lari2 kecil dua putaran saja keliling lapangan gasibu udah ngos-ngosan, itu saat gak puasa nah kalau puasa sy gak berani coba Sob.. 🙂

    • 12 August 2011 at 06:05

      Saya tetap ingin menjaga tingkat stamina saya.

  59. 117 Hurul Aini
    10 August 2011 at 09:38

    kalau saya…. nyapu, ngepel, beres2 kamar, ngerjain tugas ospek, bolak-balik kampus. itu olahraga saya (di pekan ospek sekarang) 😆

    • 12 August 2011 at 06:04

      Huhuhu nikmati aja, Aini, selagi bisa. 🙂

      Menurut saya masa-masa paling indah itu masa kuliah, masa jadi mahasiswa.

  60. 10 August 2011 at 09:42

    olah raga saya, jalan kaki muter2 kampus 😀

    • 12 August 2011 at 06:03

      Lumayan. 😉

  61. 10 August 2011 at 10:30

    semangat ya…. olahraga tetap jalan.

  62. 10 August 2011 at 13:45

    Pernah baca, MAs. Katanya olahraga malam2 iu sebenbarnya g baik. apalagi untuk olahraga yg berat *ex: futsal mlm2 yg sring dilakukan org2.
    Kalo mnrt ane sndiri, puasa gini g prlu olhrg berat. sbb energi jg udah terkuras. cukup dg olahraga ringan biar tubuh tetep bugar.

    • 12 August 2011 at 05:57

      Oh, kalau menurut saya malah kita pas puasa harus olah raga, supaya tubuh gak lemas. Serius. Cobain aja deh olahraga (agak) berat sebelum berbuka. Gak terasa capek! 😀

  63. 10 August 2011 at 14:26

    waduh sop, gak puasa aja aku gak olahraga >.<

    Tapi beneran neh penurunan berat badan jadi pikiran, skrg udah turun 1 kg aja gitu 😦

    • 12 August 2011 at 05:55

      Hahaha puasa jadi ajang menurukan bobot badan. 🙂

  64. 10 August 2011 at 16:38

    Ayo..olah raga..dianjurkan pada sore hari sebelum berbuka.
    Tapi sore hari, masih berkutat di jalan yang macet…bahkan saat bedug berbuka masih dijalan (kecuali hari ini…bisa ngabur cepat)

    • 12 August 2011 at 05:53

      Itu dia, alasan saya gak mau tinggal di Jakarta.

  65. 10 August 2011 at 16:39

    Kalau aku biasa sepedaan sekitar jam 5 sore sop… sepedaan keliling komplek sama anak 😀
    happy fasting 😀

    • 12 August 2011 at 05:50

      Happy fasting!

  66. 10 August 2011 at 17:26

    kalo ga salah sih, emang disarankan olahraga sebelum berbuka sop… biar cairan tubuh yg keluar bisa segera diganti saat berbuka..

  67. 10 August 2011 at 18:24

    kalau saya paling cuma jogging saja sehabis makan sahur, sambil menghirup udara pagi yang segar

    • 12 August 2011 at 05:48

      Hebaaaaat jogging pagi-pagi!

  68. 133 Ely Meyer
    10 August 2011 at 18:27

    krn maghrib di sini jam 9 malam lebih, maka biasanya aku bersepeda sktr jam setngah sembilan malam, sambil mbawa buah2 an terus pas maghrib tiba buka puasa deh di pinggir sungai dgn buah sambil nonton sunset, asyik sekali 🙂

    • 12 August 2011 at 06:11

      Astagaaaaa malem banget ya di sana… 😯

  69. 10 August 2011 at 19:46

    kalau pagi2 bulan puasa paling enak jalan2,naik sepeda atau menyapu..hehehe

    • 12 August 2011 at 06:09

      Naik sepeda! 🙂

      *soalnya gak terlalu melelahkan*

  70. 10 August 2011 at 20:19

    jalan santai aja Sop, kalau loncat bukannya lebih banyak enegi yang terpakai?

    • 12 August 2011 at 06:06

      Justru itu, akibatnya cadangan lemak terpakai untuk energi, ‘kan?

  71. 10 August 2011 at 22:15

    Mau sehat ngitung nya koq njilimet kek gini Sop, jadi bingung 😕 . Aku sendiri tidak terlalu mempersoalkan bobot tubuh yang penting sehat dan berstamina. Caranya, kalau memang perlu makan ya makan tidak perlu habis makan terus tubuh di siksa dengan berbagai olah raga keras. Asal tidak terlalu berlebihan bagiku tidak masalah. Btw, 61 Kg itu bobotku saat memulai berumah tangga, sekarang sudah nambah 23Kg dalam rentang waktu 17tahun 😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • 12 August 2011 at 06:03

      Hahaha nggak njelimet kok, Mas. Sayanya aja yang membuat ini semua njelimet. :mrgreen:
      Sekarang udah nggak. 😀

  72. 11 August 2011 at 00:57

    wah hebat!! masih punya niat untukolahraga di bulan puasa…saya cukupibadah tidur aja deh 😉

    • 12 August 2011 at 05:58

      Oh iya dong, apa jadinya kalau laki-laki kerjaannya cuma tidur doang.

  73. 11 August 2011 at 01:31

    Wah, saya udah lama banget nggak olahraga mas. Dulu sempat rutin. Mau tau apa olahraga yg dulu rutin saya lakukan? Yaitu breakdance, tepatnya hiphop dance 🙂

    • 12 August 2011 at 06:01

      Wooooooooow Mas Is bisa breakdance!! Salut!

  74. 11 August 2011 at 15:50

    aaa suka males tapiii.. :p

    • 12 August 2011 at 05:49

      Jangan males dong…

  75. 11 August 2011 at 23:54

    Jiaaah, jangankan olah raga,… nunggu beduk aja udah hampir ngga bisa bangkit. Maklum, badan kurus perlu hemat energy 😀

    • 12 August 2011 at 05:40

      Wah Mas, ayo tambah lemak untuk sumber energi.

  76. 12 August 2011 at 04:27

    Di awal-awal puasa memang bikin capek. Biasanya. Karena memang tubuh belum terbiasa. Tapi kalau udah mid-akhir puasa, baru deh tubuh jadi kebal kembali. Gw dulu sering main bola jam 5 ampe azan.

    • 12 August 2011 at 05:37

      Iya, bener banget, di awal puasa tubuh masih proses beradaptasi ya. 🙂

  77. 13 August 2011 at 01:29

    kalo gue sih biasanya abis sahur maen bola ama teman2 di komplek rumah, habis itu ngebatalin puasa pas makan siang..hahahaha..*waktu gue sd..

    • 14 August 2011 at 14:08

      Buseeeeeeeet kirain pas lu gedhe sekarangt!

  78. 13 August 2011 at 14:45

    cukup dengan cardio 20-30 menit di pagi hari atau di sore hari bisa diselingi dengan yoga. beberapa teman muslim saya melakukan ini dan menjaga stamina tubuh tetap fit :mrgreen:

    • 14 August 2011 at 14:25

      Pas puasa cardio-nya sore hari.

  79. 9 September 2011 at 18:01

    hahahahha
    sepatu yg bersejarah setelah jaket biru 😀

    ___
    itu respon pertama saya sop

    • 9 September 2011 at 20:45

      Jaket biru? Punyaku, Mas? 😀


Leave a Reply

Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 973 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



