[Jajak Pendapat] Tentang Makan Kacang

Setelah jajak pendapat yang lalu mengenai air bak mandi, sekarang saatnya mengenai makan kacang. 😀

Tunggu sebentar…

Narablog sekalian suka makan kacang tanah? Kacang tanah itu menyehatkan lho. Manfaatnya banyaaaaaak sekali. Kandungan proteinnya tinggi, katanya melebihi kandungan protein di daging, telur, dan kacang kedelai (well, semua kacang-kacangan itu berprotein tinggi). Kacang tanah katanya mengandung juga vitamin E, vitamin B kompleks, fosfor, zat besi, kolin dan lesitin (entah apa itu). :mrgreen:  Saking banyaknya manfaat, saya nggak mau menuliskannya di sini, bisa bikin satu posting-an sendiri. Meskipun katanya kacang tanah ini bisa bikin jerawat atau terlarang bagi penderita kanker, saya nggak terlalu tahu. Silakan baca posting-an Mas Vyan di sini. 🙂

Eh eh, tapi, bagi saya, kacang tanah nggak bikin jerawat. 😀  Saya yakin, bagian yang salah itu jika kacangnya digoreng (dengan minyak), itu bahaya besar. Sama saja seperti makan gorengan. Barangkali orang berjerawat karena dia makan kacang goreng. 😦  Kacang tanah itu paling sempurna disangrai, seperti kopi. Digoreng tanpa minyak. Wajan dipanaskan, lalu kacang  diaduk-aduk dan dibolak-balik hingga matang. 🙂  Atau kalau mau lain dari yang lain, kacang tanah berkulit digoreng dengan pasir.  Tanpa minyak ya! 😀

Masuk ke jajak pendapat…

Bagaimana sih cara narablog sekalian menikmati kacang tanah berkulit? 😀

kacang tanah goreng pasir dan kulit kacang

Ini kacangnya…

Apakah narablog sekalian mengupas kulitnya dan langsung memakannya?  Barangkali narablog sekalian berpikir “ngapain repot-repot ngumpulin kacang? Langsung makan dong!” 😀

kacang tanah goreng pasir dan kulit kacang

Ataukah, narablog sekalian suka mengupas banyak kacang dahulu, baru dimakan kemudian? 😉  Barangkali narablog sekalian berpikir, “lebih nikmat jika makan kacang langsung banyakan sekaligus.”

kacang tanah goreng pasir dan kulit kacangKacangnya ditampung dulu…  😀

Ayo ayo, silakan mengisi jajak pendapat di bawah ini. Mudah sekali, kok, nggak pakai isi data nama dan alamat blog. Mau narablog blogspot, blogdetik, blogsome, atau mana saja, bisa ikutan. 😀  Tinggalkan juga komentar dan beritahu kebiasaan narablog sekalian, ya. Isi poll sekaligus komentar, lebih baik lagi. :mrgreen:

Terima kasih bagi semua yang bersedia memberi komentar ataupun mengisi jajak pendapat di atas. 🙂

——————————————————————————————————————————

Semua foto di atas hasil jepret sendiri. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.

174 Comments

  1. gua juga merasanya kacang bikin jerawatan. untungnya gua gak gimana2 amat ama kacang, jadi milih untuk gak makan…
    kecuali kalo makan sate/gado2 yang bumbunya pake bumbu kacang, nah itu baru makan.. hahaha

    Reply

  2. mending makan satu-satu. nggak ribet, bisa langsung makan 😀

    kalo masalah jerawat sih ya, itu rejeki. Masih untung dikasih jerawat, jad alhamdulillah yahhh…. bukan bisul gede 😀 ^^V

    Reply

  3. wah urusan makan kacang tentu aku ikut ngacung deh…
    kayanya sekarung juga bisa amblas…
    hanya sekarang ga berani banyak2 karena efek samping lemak kacang ga kompromi ama perut.. 😀

    Reply

  4. Tentu mengupas kacang lalu ngemplok
    Ngupas lagi, emplok
    kalau ngupas semuanya baru dimakan ya kurang sip sensasinya
    apalagi kalau ada teman jail, langsung ngembat kacang yang sudah kita kupas banyak tadi.

    Salam kacang Surabaya

    Reply

  5. itu pilihan yang ke-3 dahsyat amat ya.. ada yg milih pula.. wuih…
    sy kupas kulit arinya juga mas. Perlu polling juga untuk yang ini ky’nya mas: Apakah kamu mengupas kulit arinya, atau langsung dimakan dengan kulit arinya?
    Tapi karena enjoy jadi kadang gk kerasa proses ngupasnya ya, sambil ngobrol pencet kulit luarnya, remes buat ngupas kulit arinya, masuk mulut, berlangsung terus dan mengalir begitu saja, tau2 gragap2 sudah gk ada kacang kulit yang tersisa. Hahaha….

    Reply

  6. saya suka sekali sayur kacang yang dibuat mamah, he. kalau menikmati kacang berkulit. ya dibuka dulu donk kulitnya tentunya sambil menonton sepakbola. tak ada cara yang lebih nikmat selain menikmati kacang berkulit sambil nonton bola. apalagi kalau indonesia lagi main 😀

    Reply

    1. Saya paling suka sayur asem yang pake kacang tanah banyak-banyak. Rasa kacangnya itu kriuk-kriuk gitu…

      Kang, kok blog maminxblog ga bisa dibuka?

      Reply

      1. iya itu juga mantap sop. saya sih paling suka sayur kacang buatan mamah, hehe.

        aduh sop iya gangguan server hostingannya. udah 2 hari. sedih aku juga. padahal kedatangan silaturahim asop di blog aku udah ditunggu banget. eh pas mau datang malah gak bisa ya. maaf pisan ya kang. 😀

        Reply

    2. wah bukan blog phising atuh sop. sarang penyakit donk blog ane gitu mah 😦
      pernah kena phising sop, itu akibat server hostingan nya emang sering masalah. mau pindah tanggung karena baru beberapa bulan perpanjang domain&hosting 🙂

      Reply

  7. Saya sebenarnya ga suka makan kacang. Hanya jenis tertentu yang bisa saya makan. Nah kacang kulit ini termasuk yang bisa saya makan. emang sih seringnya saya kupas kulitnya trus langsung makan, tapi sesekali kalau iseng, saya kupasin dulu satu per satu.

    Reply

  8. Sip…sip…sip…saya suka makan kacang tanah berkulit nggak pake dikumpulin dulu kayak di gambar atas, tapi dikupas sat-satu dan langsung dimakan. Kulit arinya dibuang nggak?
    Nggaaaak, langsung dimakan juga 😀

    *paling enak tetep kacang sihobuk yang ada di Medan sana, Sop…berasa makan kacang dengan sehat soalnya*

    Reply

  9. kalau makan kacang bikin jerawat, makan jerawatnya jadi kacang, hehhheheheee…
    saya sih kalau kacang kulit rasa, makan dengan kulitnya aja..

    Reply

  10. saya lumayan suka sama kacang, apalagi kalo dikasih
    *tampang gratisan
    hmm lebih enak itu ya langsung kupas langsung makan, jadi pengen beneran nih.
    ada yang mau ngirimin kacang? 😆

    Reply

  11. tos….kita sama sop, nyumpulin kacangnya dulu biar banyakan, metodenya sama klo pas makan kuwaci, ditampung dulu…yang ngeselin dah kita tampung, eh….diambil orang,,,,^_^

    Reply

  12. alamak :O itu pilihan yang ketiga ada yg milih juga ya hhahha kayaknya gg sabaran banget LOL. jyah lama banget ditumpuk dulu, kupas langsung makan, tapi klo kulitnya asin, udah isinya habis dan kulitnya numpuk, giliran ngunyah kulitnya 😛 tapi klo ada anak melankolis yang ikut makan *jamin pasti ditumpuk dulu* ikutan nyomot yang udah dikupasnya juga hyahaha oportunis, kayak iklan Pulpy ya, makan kacang macam2 caranya 😛

    ak sih soal makan gg takut jerawatanlah apalagi gemuk, kecuali kalo udah dikomentari ama mama ato orang lain yohohoho 😛 baru deh tobat sambel 😛

    Reply

    1. ENtahlah… barangkali kalo benar kacang ini cocok untuk yang ingin menambah bobot badan yang berkualitas, karena protein tinggi, lemaknya juga lemak baik. 🙂

      Reply

  13. kalo aku sih tergantung mood, kadang2 habis dikupas langsung dimakan, kadang juga ditampung dulu… tapi lebih sering habis kupas langsung makan sih..

    wah, g ngebayangin tuh kalo ada yg makan sampe kulit2nya juga.. -.-“

    Reply

  14. Sampai skrg belom pernah lihat orang yg makan kacang sampai di kumpulin banyak2 gt deh sop.. kan ribet banget yak.. mending dimakan satusatu..

    Reply

  15. hahahaha, hebat kali makan kacang tanah sama kulit2nya Sop.. pengalaman pribdai yaa??

    makan kacang berkulit itu ngelatih kesabaran, makanya kalo mo sabar harus banyak2 makan kacang.. 😉

    Reply

  16. hmmmm…kacang ya…jarang makan sih. biasana juga langsung beli yg bungkusan. n lebih sering lagi yang kacang kulit rasanya dua kelinci…ato garuda ya itu? yang ada warna ijonya itu

    Reply

  17. kenapa pada pnderita kanker payudara tidak diperbolehkan mngkonsumsi kacang tanah? apa alasannya?
    ibu sy penderita kanker payudara, dia sehari2 makan mnggunakan rujak yg bumbunya ditambahkan kacang tanah yg tlah di goreng, ini brlangsung stiap kali makan selama kurang lebih sbulan lamanya, trahir sblum menjalani kemo dilakukan tes darah lengkap mnunjukkan hasil trombositnya mencapai 1.003.000. apakah makanan yg mngandung protein dapat memicu naiknya trombosit? karna slain kacang tanah ibu sy jg mngkonsumsi putih telur dan susu kedelai… apa bahaya dr tingginya trombosit dan bgmn mnrunkan trombosit????
    makasih tolong informasinya bg yg tau….

    Reply

  18. Kalo saya sih kupas kulitnya dan langsung makan 😀
    Beda halnya kalo makan kuaci, saya kupas dan dikumpulin dulu.
    Kalo udah banyak, baru deh saya makan, ahahaha… 😆

    Reply

    1. Saya kalo makan kwaci saya langsung makan semuanya sekulitnya… 😦 Susah banget abisnya ngupas kwaci. Udah tipis, isinya lebih tipis juga. Gak pernah puas saya, makan kwaci.

      Reply

  19. aku ga terlalu suka kacang yg semacam kacang dua kelinci gitu. lbh suka kacang yg direbus itu loh,… tp sayang dideket rumah ga ada yg jual. aku sudah vote, btw 😀

    Reply

  20. Saleum,
    hehehe….. seperti biasa aja sop, saya pakai kaidah didunia persilatan aja lah, kupas dan dimakan. enaknya gitu karena sayang juga tangan yang dua ini dianggurin ya kan 😆
    saleum dmilano

    Reply

  21. Saya juga gak setujuh kacang bikin jerawat, udah saya tes makan kacang yg banyak banget tapi gk ada efek apa-apa tuh..
    Saya pilih nomor satu aja deh, kupas langsung makan, kalo di tampung bikin mubajir.. 😀

    Reply

  22. Saya kalo makan kacang tanah musti kacang rebus, yang dijual seiket itu. Praktis karena kulitnya gak berhamburan (tetep di batangnya) dan kacangnya lunak. 😉

    Reply

  23. saya sukanya kacang rebus 😆
    kalo di rumah sih sering ada yang lewat kalo sore/malem tapi disini jarang deh, cuma tau satu di simpang dago
    tau nggak mas dimana ada yang jual kacang rebus di sekitar kampus?

    Reply

  24. ada lagi low yang gak cuma dibuang kulit luar dan kulit arinya tetapi juga tunas kecil yang ada ditengah-tengah dikotil hmmm katanya sih biar gag jerawatan
    haha yang jelas makan kacangnya gag usah pakai sendok itu yang enak 😀

    Reply

  25. Dikupas kulitnyabaru dimakan kacangnya Sob. Kalau dikumpulin nanti keburu direbut orang.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    Reply

  26. makan kacang ya dibuka kulitnya trus langsung dimakan, kulitnya dibuang dst 😀
    tp dulu kata mama waktu kecil aku suka makan kacang dilempar ke atas dan mulut udah mangap siap nangkep dan pernah salah masuk bukan ke mulut tapi ke idung hehehe 😛 panik deh orang serumah

    Reply

  27. kupas langsung makan sop :mrgreen: gitu aja kok repot. kalau dikupas dulu nanti takut dimakan sama “si oportunis” hahaha 😆

    makan kacang sama minum kopi khas indonesia sop. konon kopi indonesia jauh lebih pas dengan kacang seperti ini :mrgreen: kata om Tony Wahid …

    Reply

  28. ga terlalu suka kacang tanah mentahan, tapi anehnya malah suka kacang teri yg dikasi bumbu gula jawa sama cabe (lupa namanya).
    wah mitos kacang = jerawat emang banyak kontroversi…. soalnya ada temen saya yang penggemar berat banget sama kacang tapi jerawatnya malah ga ada, trus ada juga temennya lagi yg malah bukan penggemar kacang tapi jerawatnya seabrek 😦

    Reply

  29. sayah suka banget kacang tanah..
    mau disangrai, di goreng, dikulub.. (apa itu dikulub?), di apain aja dah..
    soalnya, kacang itu emang enak banget – apa lagi kalo makannya bareng Mikha Tambayong.. beuhh!! mangstab, gan! (begitu kalo kata kaskuser)

    cuman dari kesekian hal tersebut.. ada satu sisi negatifnya,
    makan kacang itu ga bisa brenti.

    Reply

  30. Kalo sy lebih suka makan kacang yang sudah dikupasin orang hahah ya iyalah..
    Tapi kalo sy sih biasanya makan kacang sambil buka kulitnya lebih simpel dan gk ileran. Bayangkan kalo kupasin dulu uda ngiler duluan, apa lagi belum selesai dikupas anak sy langsung nyelonong makan T__T

    Reply

  31. kalo buat saya kacang itu sepertinya ada zat addictivnya karena setiap makan kacang gak bisa berhenti meski mulut dan tangan udah pegel tetep aja lanjut

    Reply

  32. tergantung mood sih. Soalnya kalo makan langsung banyakan gitu kan rasanya lebih “mantap” ya dariapda makannya satu-satu, hahaha 😛

    Kalo kacang seh aku suka kacang yang direbus (trus dikasi garam pas ngerebusnya), hehe. Menurutku lebih enak dariapda yang digoreng

    Reply

  33. Ini dia cemilan terlarang bagi yang lagi lembur 😀 sekali makan gak bisa brenti sampe kacangnya habis, hahahaha… saya suka kacang yang di sangrai n kacang rebus 🙂

    Reply

  34. aku jawab yang pertama deh, kan enak sambil ngunyah kacang juga sambil buka kulit kacang berikutnya…

    tapi aku kapok makan kacang, jerawatan banyak banget udah ky cacar =.=”

    Reply

  35. Saya kurang suka kacang. Tapi pernah sesekali memakannya dan biasanya dimakan dengan cara dikupas terus langsung dimakan. Pernah sih dikumpulin dulu kacangnya baru dimakan sekaligus. Tetapi sepertinya lebih nikmat dikupas satu-satu dan kemudian di kunyah. Kupas lagi, makan lagi. Begitu seterusnya. 😀

    Oh ya, lesitin itu untuk pengemulsi, sejenis emulsifier. 🙂

    Reply

  36. tergantung sop. kalo lagi sendirian, kadang suka gue kupas dulu trus makannya belakangan. tapi kalo lagi ngumpul rame-rame….demi keselamatan dan kesejahteraan bersama, gue milih langsung makan begitu dikupas *daripada direbut temen gue*, hahahahahah

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s