[Foto] Kelomang Spider-man

Saya sebenarnya sudah ingin mem-posting foto-foto ini sejak setelah lebaran yang lalu, tapi keduluan sama Mbak Dey. :mrgreen:

Jadi ceritanya, saya benar-benar terkejut waktu menemukan penjual kelomang yang tak biasa. Saya temukan penjual kelomang ini di Taman Makam Pahlawan Cikutra (di Bandung tentunya), saat saya sekeluarga dan keluarga besar berziarah. Tak biasa di sini menurut saya lho ya, karena baru sekali ini saya menemukan kelomang yang cangkangnya diwarnai. 😆 Seingat saya, di Surabaya dulu, semasa saya kecil dan masih suka bermain-main kelomang (kasihan kelomangnya 😦 ), tak pernah saya temukan kelomang dengan cangkang bermotif cat air. 😆

Saya melihat (di kotak penjual kelomang tadi) ada berbagai macam corak, termasuk corak Doraemon. 😆  Tapi saya kesengsem sama model Spider-man ini. Nggak pakai lama berpikir, saya langsung membelinya. 😳

*Klik gambar untuk melihat dalam ukuran yang lebih besar!*

Umang-umang kelomang unik

Benar, ‘kan? Benar-benar seperti Spider-man, ‘kan? 😆

Umang-umang kelomang unik

Tenang, itu bukan cangkangnya aja, ada isinya kok. :mrgreen:

Umang-umang kelomang unik

Kalau dilihat dengan seksama, kelomang atau yang biasa saya sebut umang-umang ini imut juga lho. 🙂

Umang-umang kelomang unik

Tahukah narablog sekalian apa bahasa inggris-nya kelomang? Hermit crab! 😀

Umang-umang kelomang unik

Ternyata, kelomang ini ada dua jenis, kelomang darat dan kelomang laut. Sepertinya, kelomang yang saya miliki ini adalah kelomang darat. 🙂

Umang-umang kelomang unik

Umang-umang kelomang unik

*Semua foto diambil dengan kamera Nikon Coolpix L110, tanpa crop*

Sampai saat ini, tanggal 27 september, hampir sebulan setelah saya membelinya, kelomang ini masih hidup. 🙂  Saya tidak memberinya makan apa-apa, hanya saya taruh di dalam salah satu pot tanaman di teras rumah. 🙂

Apakah narablog sekalian pernah berinteraksi dengan kelomang? Atau bahkan ada yang memeliharanya? 🙂

——————————————————————————————————————————————————————————

Foto adalah hasil jepretan saya sendiri. Jika ingin mendapatkan foto dengan resolusi lebih besar, silakan hubungi saya. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.

209 Comments

  1. O.O cangkangnya keren. Tapi seriusan tuh, gak dikasih makan apapun? Sebenarnya makannya kelomang itu apa sih mas?

    Reply

    1. Setahu saya kelomang ini omnivora, pemakan segala. Dikasih sayuran pun mau. Paling suka dia selada. 🙂

      Itu dia Mas, maunya saya lepas tapi saya lepas ke mana??

      Reply

  2. oh itu toh kelomang. kayaknya dulu banyak di jual di abang2 SD. tapi gak dilukis gitu.
    tapi kayaknya namanya bukan kelomang deh..
    aahh.. yaudin lah.. *pasrah*

    Reply

  3. aku belum pernah pelihara Sop..justru pengen tau, apa makanan hewan unik ini..:)
    by the way..yg nyeni tuh pelukis kelomang ya Sop hehehe
    patutya dibuat ajang pameran “galeri kelomang ” 😀

    Reply

  4. saya waktu kecil suka main kelomang…bahkan ada acara balapannya yg menang boleh memilih salah satu kelomang lawan untuk dbwa pulang

    Reply

  5. lucu, dan kreatif. Hampir sama sadisnya dengan penjual anak ayam yang diwarnai merah, kuning hijau biru dan menjualnya di festival Matsuri di Jepang. Tapi sudah lama tidak ada lagi yang jual anak ayam begitu. Tinggal jualan mas koki 😀
    Kasih makan dong…. sisa krupuk kek, apa kek hihihi

    Reply

  6. Wah, dulu waktu SD sering banget beli kecomang.,. (di tempat saya pake c nyebutnya).. tapi biasanya sih ilang.. kalau lagi maen ke pantai juga berburu kecomang..
    iya, kapan hari waktu gugling2 sempet liat tumpukan kecomang yang dilukis..
    kayaknya ini strategi penjualan yang baru,, soalnya anak sekarang kan udah males maen kayak begituan.. tapi kalau warna-warni jadi lucu..
    salut sama orang yang punya ide ini… 😀

    Reply

  7. buset tukang jualan makin kreatif aja ya hahahaha. Saya dulu pelihara waktu SD, kira2 segede tangan saya. diadu sama yang punya juga. kasian ya kelomangnya? biasanya sih berakhir dengan dia kabur tak tentu kemana dan tinggal sisa cangkangnya. kasihan sekali hiks

    Reply

      1. hmmm sekedar di adu2in gitu cangkangnya, trus dipaksa2 nabrak2in gitu ke kelomang lawannya, kejam sekali yah :________) kelomang di surga dimanapun kau berada maafin aku ya ;_;

        Reply

  8. ini peliharan dan mainan saya jaman SD, namanya klo di kampung saya bukan kelomang (saya baru tau lho klo namanya kelomang). ah saya lupa jadinya namanya euy *garuk2 kepala*. dan klo ada gambar spider man nya,itu juga unik

    Reply

  9. wah kelomangnya jadi cantik hehhehe..mengikuti trend mode..:) kelomang bandung sih yah..:D
    btw ramah lingkungan gak tuh catnya..kasihan kelomangnya kalo bau cat nya atau malah ada zat yang berbahayanya …hhehehe..duh segitunya yah..kayak aktivis lingkungan hidup aja..

    Reply

  10. dikasih potongan roti tawar juga mau kok, soalnya dulu pernah melihara juga dan bertahan lama. Mati karena dia keluar sendiri dari cangkangnya, mungkin cangkangnya udah kekecilan. Sementara sy gak punya cangkang yg lebih besar.
    Kalo memang kelomang ini hidup terus, sediain cangkang yg lebih besar , biar ngga keburu mati.

    Gara2 mati itu, jadi nya udah gak mau melihara kelomang, kasian ….

    Reply

  11. wahh,,, baru tau kalo itu namanya ‘kelomang’ n bisa dipelihara. lucu deh bentuknya >,<
    jadi pengen punya atu, tapi yg gambarnya stroberi (jadi berasa pengen diemut) hhohoho…

    Reply

  12. Sering banget mas… aku waktu kecil suka beli kelomang karena emang aku tinggal di kampung, jadi ya gitu, buanyaaak banget yg jualan kolomang, soal kolamang yg bermotif juga menurutku sudah tak aneh lagi, soalnya pas aku kecil udah buanyaaaak…

    Pernah kejadian, aku beli kelomang, nah si kelomangnya ga mau keluar dari sarangnya, terus aku “haaah” dekatkan si kolomong dengan lidahku, eeeeh si kelomang malah nyamber, gigit lidahku, huhu… meweklah si aku, kejer, ahahaha… pengalaman yg memalukan 😀

    Reply

    1. Aduh, berarti ini karena saya orang kota ya…. :mrgreen: Jarang liat beginian. 😀

      Hahahahaha pernah kejadian seperti itu??
      Maap maap saya ketawa… habis lucu sih… 😆

      Reply

  13. Wow keren booo. Dulu waktu SD saya hobi nih pelihara kelomang, saya bilangnya keong. Setiap pagi sebelum berangkat sekolah, saya main dulu sama si kelomang. Pernah suatu pagi saya cuma nemu cangkangnya, isinya raib entah kemana :(.

    Reply

  14. Iiiihh hidup…lucu dech…ada yang Tweety gak, Sop? he he he he

    Aku dulu saat masih SD pernah kok beli, trus ditiup2 gt biar dia keluarin kukunya…gitu kan?tapi sekarang udah gak pernah, terakhir punya peliharaan ya kura2 jenis Brazil tapi usiannya hanya 2 tahun gara-gara sama adik sepupu dimainin terus…

    Reply

  15. yaampuuunn bener2 mirip ama si laba2 yaaa, Spiderman, tapi kasian liatnya si kelomong kyk tersiksa gitu jadinya 😦

    Reply

  16. wah kreatif banget Kang, menjadi daya tarik merayu anak-anak untuk beli. Semoga bisa dipelihara dengan baik.

    OOt:
    Insya Alloh tgl 8 oktober saya ada di Bandung Kang. trus tgl 10 nya ke Kawah Putih

    Reply

  17. kasihan kelomangnya (di lombok namanya kaliomang) kagak pernah dikasih makan. 😦
    dulu pas SD saya juga termasuk yang suka main ama kelomang bahkan pernah dilombakan walau gak resmi. 🙂

    Reply

  18. kalo disini umang-umang
    jadi inget pas SD deh, ada yang jualan itu di depan sekolah

    ngomong2, kelomang menggigit ga sih?

    Reply

    1. Iya, ayah saya juga bilangnya umang-umang.
      Kelomang gak menggigit dong, cuman mencapit. 😆

      Capitannya itu kalo udah kencang sakiiiit banget. 😀

      Reply

  19. oalah… bahasa sananya kelomang ya? saya tahunya mah keong aja.

    udah lama Asop yang dicat kayak gitu. Di Surabaya juga udah ada kok. Tapi baru ini saya tau ada yg dicat spiderman. biasanya dicat abstrak aja warna-warninya.

    jadi kelihatan lucu ya kalo pake warna spiderman. jadi inget pokemon.

    Reply

  20. wiih.. baru liat yang kayak gini aku. tetangga ku dulu jual tapi gak diwarnai kayak gini.
    pernah liat di tipi, modelnya malah upin ipin, yang lucu buat aku sih yang strawberry… mirip banget ma aslinya
    tapi cuma liat di tipi….

    Reply

      1. Itu looh… Rmh dari kertas karton atau bahan untuk membuat karpet bermain yg ada tulisannya Ab Bg…. Bentuknya lucu lucu lo… Bahkan ada yg dilengkapi kolam renang dan bertingkat ( itu hotel keong kali ya?? )

        Reply

  21. Kalo Olive bilang sih Kumang sop..
    Di sekolah banyak di jual,harganya seribu aja..

    Ga tega lihat kumangnya..
    Ada di cat Dora emon,sponge bob,spiderman,bendera Amerika..
    Sungguh kasihan nasibmu Kumang..

    Olive pernah pengen beli,aku larang..
    Kasian hiks..

    Kalo Om ASop mau nanti Olive beli in ya..

    Reply

  22. Ih, kasian yaa. Tapi indah banget, senimannya jago bener ini. Dan mestinya si kelomang gak sesak napas karena bau cat ya, buktinya masih idup gitu 😀

    Salam buat kelomangnya, Asop 😀

    Reply

  23. beberapa bulan yang lalu pernah ada satu, masuk ke dalem rumah, tapi ga tau sekarang ada dimana 😀
    ga mau beli kelomang, inget dulu sd, mati kelomangnya T_T

    Reply

  24. kreatif si pedagangnya , tapi kasian si umang umangnya 😦
    sop, itu si umang umang nya kasih dedaunan aja .
    dulu, sempet juga pelihara umang umang, tapi gak bertahan lama, sebulan kemudian, mati, keluar semua isinya, tinggal cangkangnya aja 😦
    salam

    Reply

  25. jaman gue sd, abangnya jual beginian yang dikasih gerobak dibelakangnya. jadi gerobak dari korek & kertasnya diiket pake karet ke cangkang kelomangnya. trus kalo dia jalan, gerobaknya ikutan, hihihihihihi

    Reply

  26. ditempatku samanya pongpong, dulu pas saya kecil banyak banget yg jualan kelomang gitu tapi belum diwarnai.

    dari dulu sampai sekarang tetep gak tega main2in kelomang hehe.. kasihan kayaknya tersiksa banget deh 😆

    Reply

  27. hahah saya juga pernah nulis tentang kelomang atau umang-umang di blog saya.
    😀
    tapi umang2 biasa.hanya umang2 sipil.
    bukan superkelomang seperti kelomang diatas.akwakwkawka

    Reply

  28. SD kali yah saya dulu beli binatang ini 😆 … dah lama banget! punya saya sampai ganti cangkang sop :mrgreen: kalau engga salah dikasih makan makanan ikan juga mau deh, tapi jangan kebanyakan …

    Reply

  29. Umang-umanggggggggggg….

    hihihi, lucu dan keren 🙂

    Lihat postingan kopdarnya dengan pak Dhe seruuuuu
    Semoga tahun depan saya bisa ke bandung *n kopdar *halagh 😀

    Reply

  30. waaaa lucu banget! di tempatku namanya apa ya? kalau nggak salah pong-pongan deh. pas aku sd, banyak tuh yg jual kaya begitu depan sekolah. tapi nggak pakai dicat. polos aja gitu. aku belum pernah beli sih

    Reply

    1. Nah, bukan. Tapi mungkin masih satu keluarga ama kepiting.

      Soal catnya, saya gak tahu. Seharusnya jangan sampai membahayakan dirinya. 😐

      Reply

  31. Lucuuuuuuuuuuuuuu
    dulu saya dan adik2 saya sering melihara kelomang
    ga pernah ada yang mati, paling hilang :hammer:
    ada satu kelomang yang ilang lama banget
    eh tau-tau balik lagi
    entah itu kelomang yang sama atau ngga, cangkangnya mirip 😀

    Reply

  32. emm..
    q memelihara 4 kecomang (2 wrna pink, 1 hijau, n yg 1 biru) q beri mrekan nama_
    q jga px rmahx…
    q suka memeliharax cz g seribet mlihara hwan yg lain.

    ^_^
    q suka bgt mreka cz mreka sgt aktif bergerak n lucu_

    Reply

  33. Daerah aku sih nyebutnya keong… Banyak bgt yg jual di sini. Ukurannya jg beragam: dari sak kuku jari kelingking sampe sekepal anak seusiaku..
    Oh ya, itu msh hidup gk?? 🙂

    Reply

  34. Aku juga punya kelomang! Motifnya shaun the sheep 😐 huahaha kalo didiemin di air gak apa apa kan? Takutnya kalo kelamaan disimpen di darat malah dehidrasi hahaha

    Reply

    1. Aih, Shaun The Sheep? 😀 Kayak apa ya wujudnya… 😆
      Kelomang itu kalo gak salah ada kelomang darat dan air/laut. Nah, sayangnya si penjual kelomang gak memberi penjelasan detail tentang apa jenis kelomang yang ia jual. 😆 jadi, asal airnya gak menenggelamkan seluruh badan kelomang, kayaknya sih gak apa2. *sotoy* 😀

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s