[Jajak Pendapat] Tentang Apel dan Khasiatnya

Sekarang mari bicara tentang buah. :mrgreen:

Buah apel adalah salah satu buah kesukaan saya. Selain harganya relatif murah, mudah didapat di manapun, tentu rasanya enak. 🙂  Setelah pisang dan jeruk, apel adalah buah yang paling sering saya makan.

Khasiat apel apa saja, Sop?

Katanya sih, apel sangat disarankan bagi orang yang ingin menurunkan bobot badan1. Well, paling tidak bagi yang ingin menjaga bobot badannya stabil. 🙂  Kandungan serat dalam apel sangat tinggi, sekaligus kandungan lemaknya rendah. Jadi, dengan memakannya, perut cepat kenyang tanpa harus memikirkan faktor “bikin gemuk”.

Apel yang dimakan dengan kulitnya memiliki Glycemic Index (GI) rendah. 🙂 Narablog sekalian masih ingat dengan Glycemic Index yang pernah saya tulis waktu bulan puasa dulu? Glycemic Index itu adalah besarnya perubahan kadar gula dalam darah diukur terhadap satuan waktu, sesuai dengan jenis makanan yang dimakan (makasih banyak atas masukan Bang Tobing). Semakin tinggi GI sebuah makanan, artinya makanan itu cepat menaikkan kadar gula darah, dan akhirnya membuat tubuh cepat menimbun lemak. Sebaliknya, makanan dengan GI rendah hanya sedikit menaikkan kadar gula, artinya proses pelepasan glukosa lebih lambat dan stabil, dan akhirnya pengubahan glukosa untuk dijadikan energi setabil juga. Makanya, dengan makan apel, kita akan merasa kenyang lebih lama. 😀

Seperti yang telah sering kita dengar, nutrisi antioksidan dalam apel itu tinggi2. Apel dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan memperlambat kerusakan oksidatif pada tubuh. :mrgreen:  Ujung-ujungnya, jantung kita sehat, persentase kita terkena kanker mengecil, tampak awet muda, kita terhindar dari glukoma, dan tubuh jadi lebih tahan terhadap virus. 🙂

Tak hanya itu, ada lagi sebuah zat penting dalam kulit apel yang bernama asam ursolic (ursolic acid)3. Menurut penelitian terbaru, dengan memakan apel berkulit, gula darah akan stabil dan mencegah hilangnya massa otot4. Hilangnya massa otot ini biasanya terjadi pada orang yang sedang sakit berkepanjangan. 😎

Masuk ke jajak pendapat…

Nah, terlepas dari kemungkinan kandungan gizi yang berbeda-beda dalam setiap jenis apel, narablog sekalian suka makan apel apa? Lebih suka apel yang warna hijau atau merah? :mrgreen:

apel hijau granny smith dan apel merah washington

Merah: apel washington, hijau: apel granny smith

Kalau saya lebih suka apel hijau. Boleh deh jenis apa aja, Apel Manalagi atau Apel Granny Smith. *saya cuma tahu dua jenis ini aja sih* 😳  Terutama Apel Granny Smith, saya suka sekali rasa asamnya (tahu dong, saya nggak suka yang terlalu manis). Selain itu, saya suka apel warna hijau karena biasanya lebih keras (ketimbang apel merah), lebih renyah, sekaligus bertekstur cukup lembut, kalau dikunyah terasa berbunyi kraus-kraus, begitu…. 😀  Itu yang membuat saya lebih suka makan apel hijau.

apel merah washington

Apel washington

Bukan berarti saya pilih-pilih makanan lho ya. :mrgreen:  Saya akan makan apel apa saja yang ada, yang tersedia. Apel Fuji, Apel Gala, atau Apel Anna, saya makan semua. Hanya saja, kalau boleh memilih, saya memilih jenis apel yang saya sebut di atas tadi. :mrgreen:

apel hijau granny smith

Apel Granny Smith

Ayo ayo, silakan mengisi jajak pendapat di bawah ini. Mudah sekali, kok, nggak pakai isi data nama dan alamat blog. Mau narablog blogspot, blogdetik, blogsome, atau mana saja, bisa ikutan. 😀  Tinggalkan juga komentar dan beritahu apel kesukaan narablog sekalian, ya. Isi poll sekaligus komentar, lebih baik lagi. :mrgreen:

Terima kasih bagi semua yang bersedia memberi komentar ataupun mengisi jajak pendapat di atas. 🙂

******

1Sumber: http://turunberatbadan.com/588/manfaat-buah-apel-bagi-diet-menurunkan-berat-badan/
2Sumber: http://health.kompas.com/read/2011/08/13/07571157/Mengenal.Lebih.Jauh.Antioksidan
3Sumber: http://www.bee-health.com/m/articles/view/Kulit-Apel-Bantu-Perkuat-Otot
4Sumber: http://www.dailymail.co.uk/health/article-2000392/Apple-peel-helps-build-muscle-control-weight.html

———————————————————————————————————————————————————–

Foto-foto di atas hasil jepret sendiri. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.

186 Comments

  1. saya setuju… buah apel memang banyak khasiatnya… juga cocok buat orang yang mau cari makanan/ camilan sehat tapi tidak terlalu mengenyangkan dan bikin gemuk…
    mengenai jajak pendapatnya, saya pikir apel hijau atau merah itu sama-sama enak dan berkahsiat sama baiknya…
    he…
    he…
    😆

    Reply

  2. Waktu kecil, saya pernah nonton film Putri Salju yang mati diracun Nenek Sihir setelah makan apel merah.
    Makanya saya sekarang lebih suka apel merah, karena mungkin saya berharap kalo makan apel merah saya akan cantik seperti Putri Salju.. 😀

    *meskipun saya juga berharap jangan mati diracun dong.. :p*

    Reply

  3. merah.. karena saya ga suka rasa asam..
    jujur mel itu males makan buah,, tapi apel salah satu yang masih bisa mel makan.. lumayan suka malah..
    apalagi kalau ada yang ngupasin… 🙂

    Reply

    1. Euh, rasa asam itu enak lho, bikin kantuk hilang. 😛

      Duuuh lagi2 “kalo ada yang ngupasin”. 😐 Jangan dikupas, jangan nunggu dikasih, kalo ada, embat dan makan langsung. 😀

      Reply

      1. tapi mel susah nelen kulitnya sop.. walau dimakan langsung tetep aja kulitnya dilepeh.. kalau dipaksain malah suka mau muntah.., padahal kulitnya kaya vitamin ya sop? tapi mau gimana lagi, daripada yang udah masuk keluar lagi.. hehe

        Reply

  4. wak mostly 100 % malah vote nya apel merah….benernya apel lokal seperti apel manalagi malang lebih saya sukai..tapi nyarinya di Bintan ini yang susah sop..:)
    wah bener bener nerapin hidup sehat banget nieh narablogger yang satu ini..dari yang pernah saya baca juga kalo buat ningkatin imun tubuh apel dikukus dikasih madu…juga bagus..

    Reply

  5. Ok , Asop…saya ikutan jajak pendapat ah!

    Saya lebih suka apel yang warna hijau, terutama apel malang atau apel manalagi.
    Saya nggak suka apel anna atau yang merah itu, karena kalo digigit nggak ada airnya dan terlalu manis…jadi, nggak berasa makan buah deh 😉

    Reply

  6. kata om dokter gigi gaul, apel juga bagus buat gigi 😀

    aku pilih hijau, tapi kalau ada jeruk aku pilih jeruk aja, gg terlalu suka apel, soalnya waktu SMA aku pernah makan 15 buah dalam sehari selama tiga hari untuk ngilangin jerawat 😛 hasilnya enggak lagi deh makan apel 😛

    Reply

  7. lebih suka ama apel merah. tapi paling ga suka apel hijau yang dicat merah. bukan masalah apel hijau (saya tetep suka aja kalo dikasi apel hijau, tapi cat nya itu loh sop bahaya kan makan cat 😀

    Reply

  8. bagi aku sih, apel itu, terutama yang masih seger seger, terapi yang sangat bagus bila sedang marah atau bad mood, hehehe

    Reply

  9. di vote saya pilih point ke 1 tapi kadang saya juga suka apel hijau yang sedikit asem. Apalagi apel yang dari malang dan memetik sendiri di kebun apel 🙂

    Reply

  10. kalo saya sebenar nya lebih suka sama apel yang merah dan ada hijau nya. lebih asik aja. rasanya manis dan ada asam nya. kalo merah semua. hmm rasanya kadang kayak busa ajah.

    Reply

  11. Aku suka yang merah, tapi bukan yg merah tua banget sih, tapi lebih ke merah muda agak kekuningan, semacam apel fuji gitu, hehe. Apel fuji ini rasanya manis dan teksturnya nggak lembut-lembut banget (aku sebenarnya nggak suka apel yang tekstur dagingnya terlalu lembut, gak “asik” makannya, hahaha :P).

    Btw, cuma kalo makan apel kadang harus makan beberapa (minimal 3) biji nih baru “berasa” di perut (agak berasa terisi gitu maksudnya), hahaha 😆

    Reply

    1. Iya Bang, sama, saya juga gak suka apel yang terlalu lembut. Gak enak digigit. 😀

      Iya sih Bang, bener juga, harus makan dua paling dikit supaya puas. 🙂

      Reply

  12. Nggak masalah sih sebenarnya mengenai rasanya, cuma karena di tempat saya biasanya yang ada apel warna merah, jadilah saya lebih sering (dan lebih suka) makan apel warna merah. 🙂

    Reply

  13. aku suka manisnya apel merah, tapi sayangnya buahnya kurang menantang buat olahraga gigi..haha
    makanya di jajak pendapat aku pilih apel hijau, walaupun jarang sih makan apel hijau, malah lebih sering makan apel merah

    apel favoritku sebenernya sih apel yang warnanya agak kuning gitu, ada semburat merahnya, apa sih namanya? apel fuji ya? (lupa)
    manisnya dapet, renyahnya dapet..hehe

    Reply

    1. Hehehe gak apa, yang penting nge-vote. 😉

      Hmmmm iya, yang bentuknya besar bukan? Kalo iya, betul apel Fuji. 🙂
      Banyak banget ya narablog yang suka Apel Fuji. 🙂

      Reply

  14. Sudah kuvoting, Mas. Saya pilih pilihan pertama apel merah. Hem, ternyata banyak juga khasiat buah apel. Kalau saya yang lebih sering minum apel dalam bentuk juicenya, Mas. Kadang blender sendiri, kadang langsung membelinya saat makan jajan di luar 🙂

    Reply

  15. saya suka apel wana iijooooooooooooooo, soalnya saya suka ijo, xixixixixi #PLAKKK nggak nyambung..

    soalnya apel ijo biasanya lebih manis, dan dagingnya itu pasti padet, g kaya apel warna merah ^___^

    Reply

  16. Whaaa…ada postingan tentang apel….oke good 😀

    sebenernya apel punya banyak jenis terutama dari Apple Washington yang biasa ditemui di supermarket :
    1. Red delicious, warna merah orang amrik paling banyak yang suka, untuk ukuran kecil rasanya kriuk juga biasa disebut aple lengkeng , untuk ukuran besar biasa orang sebut apel washington….padahal enggak cuma itu 🙂
    2. Gala, warna phink semburat oranye, ini texture dagingnya kriuk tapi manis,
    3. Granny smith, warna hijau tua, ukuran sedang, texturenya kriuk (benar kata narablog)
    4. Fuji, warna merah, asal varietas dari jepang
    Dari 4 jenis yang biasa dijual di supermarket, ada juga jenis yang lain cuma harganya juga yahud…. misal Golden delicious (warna hijau terang) , Cripps pink, Honeycrisp, cameo, braeburn…..

    Nah tinggal pilih aja…..tapi narablog yang domisilinya di Bandung…..silakan aja langsung ke toko Yogya…whahahaha ngiklan…..maaf gan 🙂

    Reply

      1. Xixixixixi…..maklum tukang dagang…btw…dikoreksi juga apel manalagi bukan granny smith….apel manalagi itu buah apel lokal (dimana….kemana…dimana….#ayu tingting…)

        Reply

  17. beberapa hari yang lalu saya baca di detikhealth katanya apel kagak bagus untuk gigi Sop, coba deh cek kesana.. tapi kemudian ada klarifikasi oleh sang dokter gigi gaul.. jadiii, selamat menikmati apel sop, kalo dhe mah sukaaaaaaaaaaa dua-duanya.. votenya nyusul yaa, hehe ;p

    Reply

  18. KAlau disuruh memilih apel dengan pepaya, saya akan ambil pepaya tanpa pikir panjang lagi 😆
    Gak tau kenapa, meski apel manalagi ataupun apel import saya tidak suka. jadi saya tidak bisa ikut jajak pendapat ini 😛

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Reply

  19. yang pasti aku ga suka apel washington. berasa kayak makan gabus. dan apel washington yang diekspor amrik ke indonesia adalah sebenernya… makanan kuda!!!
    apel washington yang asli gede banget, sisa2nya yang kecil dibuat makanan kuda dan dijual ke negara dunia ketiga macam indonesia.
    oh ya, buat pengetahuan aja, apel di amrik itu tanaman pagar lho. jadi kalau di indonesia tanaman pagar itu semacam bunga sepatu, bugenvil, daun kemangi, dll. di amrik, apel2 merah adalah tanaman pagar tersebut. <– referensi: kawan saya yang pernah setahun tinggal di amerika serikat, Michigan

    Reply

  20. Setelah pakai behel, saya ga suka makan apel. Ribet. Harus dipotong kecil-kecil dulu. Tapi kalau disuruh milih salah satu, saya lebih suka apel merah. Lebih lembut dan ga repot. Terakhir kali makan apel ijo, biji behelnya copot #tepokjidat

    Reply

  21. Saya sudah nge Vote Sop …

    Sebagai tambahan …
    Saya suka Apel hijau karena … sepertinya aromanya lebih enak menurut saya …

    (dan rasanya … lebih “lokal” dibanding yang merah)(kalau yang merah agak-agak berbau luar gituh …)(hehehe)

    Salam saya Sop

    Reply

  22. Saya sudah vote…
    Saya pilih merah.. Meski sebetulnya saya tidak terlalu suka dengan apel washington. Saya suka apel fuji. Alasannya? suka aja, haha.. 😀

    Reply

  23. Hmm,,, Apel I Like So Much!!!
    Apalagi di daerah sini Kotanya Apel Sob..jadi tiap hari adaaa ajah Apelnya!!!
    Kalo soal warnanya… Ayas lebih suka yg Merah Sob,,, selain manis juga karena yg Merah tuh katanya lebih banyak Vitaminnya o,, ya gak tau pastinya siy… !!
    Hweheheee…..

    Reply

  24. Ayah punya kebiasaan kalo makan apel pake kecap dan makan semangka pake garam. Ketularan pas tinggal di jepang katanya. Yang semangka pake garam lumayan enaak!

    Reply

  25. hmm….paling suka dengan apel fuji…
    warnanya merah kekuningan y mas….hehehehe
    suka apel fuji dr hamil anak pertma sampe kedua
    dan pas ikut program kurus jg, .. OK kok….:)

    Reply

  26. tetep yg merah tetep jd favorit ternyata ya… lebih empuk dan lebih manis..
    kalau yg hijau biasanya aku jus bareng wortel atau belimbing… soalnya keras… hehhe 😀

    Reply

  27. beberapa waktu lalu aku sering batuk kalau malam. trus aku disarankan sarapan apel (sebelum mengonsumsi makanan yg lain). sekarang aku jarang sekali batuk. entah ini karena apel atau karena apa aku juga kurang tahu. awalnya aku takut perutku bakal melilit waktu sarapan apel. tapi ternyata tidak tuh. dan sarapan apel itu praktis, nggak perlu pakai acara masak dulu hehe. oiya, aku lebih suka apel hijau. lebih segar.

    Reply

  28. Oya .. beberapa orang bilang katanya apel juga menurunkan asam urat …
    Bagus buat yang usianya sudah kepala 3. Sekarang usia kepala 3 rentan kena asam urat, kolesterol, dll.(karena gaya hidup dan pola makan kali ya)

    Reply

  29. Apel Malang emang enak,, seperti apel hijau yang ada pada gambar di atas cuma agak kekuning-kuningan (itu yang rasanya manis), adalagi yang hijau dan ada warna merahnya sedikit (kalau yang ini manis dan ada asamnya). Tinggal pilih sesuai selera.
    Kalau aku sendiri lebih suka sama apel hijau. Karena kalau apel merah terkadang ada rasanya yang agak ada pasirnya gitu, itu yang g’ aku suka. makanya lebih pilih apel hijau.
    Apapun jenis apelnya, yang penting khasiatnya selangit untuk kesehatan!!!!

    Reply

  30. aku lebih suka yang merah. karena aku suka manis. kalo kata orang jawanya, aku ini termasuk sweet tooth 😀 alias suka yang manis-manis. makanya nih badan susah kurus. cekakak. apel emang banyak manfaatnya. seperti quote yang terkenal di negara barat, “an apple a day, keeps the doctor away.” 😀

    Reply

  31. Haii, Sop.. lama ga nyambang ke sini hehe 🙂
    Hmm, suka yang hijaulah. Karena konon apel hijau itu juga berkhasiat untuk membersihkan paru-paru [gimana caranya ya? :?:] makanya adik saya yang divonis kena bronkhitis pun hobi banget makan apel hijau.. akhirnya mbak-nya pun jadi suka :mrgreen:

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s