20
Oct
11

[Jajak Pendapat] Tentang Apel dan Khasiatnya

Sekarang mari bicara tentang buah. :mrgreen:

Buah apel adalah salah satu buah kesukaan saya. Selain harganya relatif murah, mudah didapat di manapun, tentu rasanya enak. 🙂  Setelah pisang dan jeruk, apel adalah buah yang paling sering saya makan.

Khasiat apel apa saja, Sop?

Katanya sih, apel sangat disarankan bagi orang yang ingin menurunkan bobot badan1. Well, paling tidak bagi yang ingin menjaga bobot badannya stabil. 🙂  Kandungan serat dalam apel sangat tinggi, sekaligus kandungan lemaknya rendah. Jadi, dengan memakannya, perut cepat kenyang tanpa harus memikirkan faktor “bikin gemuk”.

Apel yang dimakan dengan kulitnya memiliki Glycemic Index (GI) rendah. 🙂 Narablog sekalian masih ingat dengan Glycemic Index yang pernah saya tulis waktu bulan puasa dulu? Glycemic Index itu adalah besarnya perubahan kadar gula dalam darah diukur terhadap satuan waktu, sesuai dengan jenis makanan yang dimakan (makasih banyak atas masukan Bang Tobing). Semakin tinggi GI sebuah makanan, artinya makanan itu cepat menaikkan kadar gula darah, dan akhirnya membuat tubuh cepat menimbun lemak. Sebaliknya, makanan dengan GI rendah hanya sedikit menaikkan kadar gula, artinya proses pelepasan glukosa lebih lambat dan stabil, dan akhirnya pengubahan glukosa untuk dijadikan energi setabil juga. Makanya, dengan makan apel, kita akan merasa kenyang lebih lama. 😀

Seperti yang telah sering kita dengar, nutrisi antioksidan dalam apel itu tinggi2. Apel dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan memperlambat kerusakan oksidatif pada tubuh. :mrgreen:  Ujung-ujungnya, jantung kita sehat, persentase kita terkena kanker mengecil, tampak awet muda, kita terhindar dari glukoma, dan tubuh jadi lebih tahan terhadap virus. 🙂

Tak hanya itu, ada lagi sebuah zat penting dalam kulit apel yang bernama asam ursolic (ursolic acid)3. Menurut penelitian terbaru, dengan memakan apel berkulit, gula darah akan stabil dan mencegah hilangnya massa otot4. Hilangnya massa otot ini biasanya terjadi pada orang yang sedang sakit berkepanjangan. 😎

Masuk ke jajak pendapat…

Nah, terlepas dari kemungkinan kandungan gizi yang berbeda-beda dalam setiap jenis apel, narablog sekalian suka makan apel apa? Lebih suka apel yang warna hijau atau merah? :mrgreen:

apel hijau granny smith dan apel merah washington

Merah: apel washington, hijau: apel granny smith

Kalau saya lebih suka apel hijau. Boleh deh jenis apa aja, Apel Manalagi atau Apel Granny Smith. *saya cuma tahu dua jenis ini aja sih* 😳  Terutama Apel Granny Smith, saya suka sekali rasa asamnya (tahu dong, saya nggak suka yang terlalu manis). Selain itu, saya suka apel warna hijau karena biasanya lebih keras (ketimbang apel merah), lebih renyah, sekaligus bertekstur cukup lembut, kalau dikunyah terasa berbunyi kraus-kraus, begitu…. 😀  Itu yang membuat saya lebih suka makan apel hijau.

apel merah washington

Apel washington

Bukan berarti saya pilih-pilih makanan lho ya. :mrgreen:  Saya akan makan apel apa saja yang ada, yang tersedia. Apel Fuji, Apel Gala, atau Apel Anna, saya makan semua. Hanya saja, kalau boleh memilih, saya memilih jenis apel yang saya sebut di atas tadi. :mrgreen:

apel hijau granny smith

Apel Granny Smith

Ayo ayo, silakan mengisi jajak pendapat di bawah ini. Mudah sekali, kok, nggak pakai isi data nama dan alamat blog. Mau narablog blogspot, blogdetik, blogsome, atau mana saja, bisa ikutan. 😀  Tinggalkan juga komentar dan beritahu apel kesukaan narablog sekalian, ya. Isi poll sekaligus komentar, lebih baik lagi. :mrgreen:

Terima kasih bagi semua yang bersedia memberi komentar ataupun mengisi jajak pendapat di atas. 🙂

******

1Sumber: http://turunberatbadan.com/588/manfaat-buah-apel-bagi-diet-menurunkan-berat-badan/
2Sumber: http://health.kompas.com/read/2011/08/13/07571157/Mengenal.Lebih.Jauh.Antioksidan
3Sumber: http://www.bee-health.com/m/articles/view/Kulit-Apel-Bantu-Perkuat-Otot
4Sumber: http://www.dailymail.co.uk/health/article-2000392/Apple-peel-helps-build-muscle-control-weight.html

———————————————————————————————————————————————————–

Foto-foto di atas hasil jepret sendiri. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.
Advertisements

186 Responses to “[Jajak Pendapat] Tentang Apel dan Khasiatnya”


  1. 20 October 2011 at 22:26

    saya setuju… buah apel memang banyak khasiatnya… juga cocok buat orang yang mau cari makanan/ camilan sehat tapi tidak terlalu mengenyangkan dan bikin gemuk…
    mengenai jajak pendapatnya, saya pikir apel hijau atau merah itu sama-sama enak dan berkahsiat sama baiknya…
    he…
    he…
    😆

    • 21 October 2011 at 21:16

      Bang Tobing pilih aja apa yang ada… 😆

  2. 3 Emy
    20 October 2011 at 23:21

    haduh, kalo saya c gak mau pusink milih jenis apel apa, yg penting baik ajah buat kesehatannn….

    • 21 October 2011 at 21:15

      Hebat. 😀

  3. 20 October 2011 at 23:51

    Waktu kecil, saya pernah nonton film Putri Salju yang mati diracun Nenek Sihir setelah makan apel merah.
    Makanya saya sekarang lebih suka apel merah, karena mungkin saya berharap kalo makan apel merah saya akan cantik seperti Putri Salju.. 😀

    *meskipun saya juga berharap jangan mati diracun dong.. :p*

    • 21 October 2011 at 21:14

      Hahahaha siapa juga yang mau ngeracun pake apel merah di jaman sekarang… :mrgreen:

  4. 21 October 2011 at 01:37

    suka yang merah karena lebih manis.
    kalo ijo biasanya asem dan leibh keras..

    • 21 October 2011 at 21:14

      Saya lebih suka yang ijo kalo gitu. 😆

  5. 21 October 2011 at 01:39

    untuk jajak pendapat kok gak ada pilihan untuk keduanya (merah & hijau) 😀
    saya suka keduanya.

  6. 21 October 2011 at 06:39

    suka apel fuji..

    • 21 October 2011 at 21:13

      Kesukaan nenek saya.

  7. 21 October 2011 at 06:44

    pilihannya enggak ada nih! haha… pitshu sukanya apel lokal, apel manalagi warnanya ijo wangi, garing dan manis ^^

    • 21 October 2011 at 21:12

      Sudah, pilih aja, saya yang punya hajatan. 😛

  8. 21 October 2011 at 07:07

    merah.. karena saya ga suka rasa asam..
    jujur mel itu males makan buah,, tapi apel salah satu yang masih bisa mel makan.. lumayan suka malah..
    apalagi kalau ada yang ngupasin… 🙂

    • 21 October 2011 at 21:11

      Euh, rasa asam itu enak lho, bikin kantuk hilang. 😛

      Duuuh lagi2 “kalo ada yang ngupasin”. 😐 Jangan dikupas, jangan nunggu dikasih, kalo ada, embat dan makan langsung. 😀

      • 25 October 2011 at 18:17

        tapi mel susah nelen kulitnya sop.. walau dimakan langsung tetep aja kulitnya dilepeh.. kalau dipaksain malah suka mau muntah.., padahal kulitnya kaya vitamin ya sop? tapi mau gimana lagi, daripada yang udah masuk keluar lagi.. hehe

        • 27 October 2011 at 14:52

          Iya, kulit buah itu mengandung banyak nutrisi lho. 😦

  9. 18 wahyu asyari m
    21 October 2011 at 07:44

    yang ijo lebih mantep sop.

    • 21 October 2011 at 21:10

      Sama, Mas. :mrgreen:

  10. 21 October 2011 at 09:14

    wak mostly 100 % malah vote nya apel merah….benernya apel lokal seperti apel manalagi malang lebih saya sukai..tapi nyarinya di Bintan ini yang susah sop..:)
    wah bener bener nerapin hidup sehat banget nieh narablogger yang satu ini..dari yang pernah saya baca juga kalo buat ningkatin imun tubuh apel dikukus dikasih madu…juga bagus..

    • 21 October 2011 at 21:25

      Wah? Apel dikukus? Belum pernah cobaaaa 😳

  11. 21 October 2011 at 09:34

    Ok , Asop…saya ikutan jajak pendapat ah!

    Saya lebih suka apel yang warna hijau, terutama apel malang atau apel manalagi.
    Saya nggak suka apel anna atau yang merah itu, karena kalo digigit nggak ada airnya dan terlalu manis…jadi, nggak berasa makan buah deh 😉

    • 21 October 2011 at 21:24

      Euh, apel manalagi ama apel malang itu… samakah? ❓

  12. 21 October 2011 at 09:43

    Enakan apel malang, lah. Jelas-jelas produk kebanggaan dalam negeri. 😀

    • 21 October 2011 at 21:24

      Ya pokoknya yang manapun itu, yang hijau lebih enak. 😉

  13. 21 October 2011 at 10:26

    kata om dokter gigi gaul, apel juga bagus buat gigi 😀

    aku pilih hijau, tapi kalau ada jeruk aku pilih jeruk aja, gg terlalu suka apel, soalnya waktu SMA aku pernah makan 15 buah dalam sehari selama tiga hari untuk ngilangin jerawat 😛 hasilnya enggak lagi deh makan apel 😛

    • 21 October 2011 at 21:18

      Oh, jeruk juga enak. Aku suka jeruk mandarin yang kecil2 itu. Sekali lahap habis. 😀

  14. 21 October 2011 at 11:00

    Wah, saya sih lebih suka yang apel merah. Mungkin karena lebih familiar dan lebih lembut kali, ya?

    • 21 October 2011 at 21:20

      Selera kita berbeda. 😉

  15. 21 October 2011 at 11:31

    Suka yg ijo jg Sop, seru makannya he he

    • 21 October 2011 at 21:20

      Lho, kok seru? 😆

  16. 21 October 2011 at 11:36

    lebih suka apel yang mana aja yang penting gratis dan manis 😀

    • 21 October 2011 at 21:20

      Tuh kan, kalo gratis pasti suka. 😆

  17. 21 October 2011 at 11:45

    lebih suka ama apel merah. tapi paling ga suka apel hijau yang dicat merah. bukan masalah apel hijau (saya tetep suka aja kalo dikasi apel hijau, tapi cat nya itu loh sop bahaya kan makan cat 😀

    • 21 October 2011 at 21:23

      …errrrrrrr saya mau ketawa mbaca komentar Mbak Put…. tapi…. ketawa pun rasanya bukan respons yang pas… 😛

  18. 21 October 2011 at 12:09

    Saya lebih suka Apel hijau. Soalnya daging buahnya keras… Kriuk.kriuk. Hehehehe…

    • 21 October 2011 at 21:23

      Nah, kita sama! 🙂

  19. 21 October 2011 at 12:22

    ndak ada yang selain hijau dan merah ya sop ? 😀

    • 21 October 2011 at 21:17

      Nggak ada. Pilih aja apa yang ada di pilihan ya. 😀

  20. 21 October 2011 at 13:37

    Iya nggak suka yang terlalu manis ya Sop.. Soalnya makan apel ijonya kan sambil liat saya yang manis.. :3 😛 %#$^!#^@$#%@$

    • 21 October 2011 at 21:16

      *tepok jidat* 😆

  21. 21 October 2011 at 15:18

    not my favorite fruit sih…. agak asem2 gitu soalnya ya…..

    • 21 October 2011 at 21:15

      Mbak, kalo gitu apa buah fave Mbak? 😀

  22. 21 October 2011 at 15:21

    selain mudah didapat juga murah sebagai “jinjingan” (ng)apel… :mrgreen:

    • 21 October 2011 at 21:13

      Wah, ngapel bawa apel. 😛

  23. 46 Abed Saragih
    21 October 2011 at 15:43

    kunjungan dan komentar balik ya gan

    salam perkenalan dari

    • 21 October 2011 at 21:12

      Ngapain situ komentar begini lagi? Bukannya dulu sudah pernah begini juga ya? 😦 😦 😦

      • 23 October 2011 at 20:27

        haha ternyata ga cm di blog sy ternyata.
        Sepertinya linknya sdh diedit sm Asop, maka dari … ilang, lalu ayo tukeran link 🙂

      • 23 October 2011 at 20:52

        Semua yang seperti ini, yang naruh link di komentar, saya edit, saya hapus link-nya. 😐

  24. 21 October 2011 at 18:07

    saya suka apel pink. yang besar dan kulitnya pucat. rasanya tidak begitu manis, renyah, dan menyegarkan. #eaaa

    • 21 October 2011 at 21:10

      Jangan2 itu apel Fuji? 😀

  25. 21 October 2011 at 19:29

    Aku suka apel soalnya bikin kurus, hihihi, bantu banget kalo lagi diet.. 😀

    • 21 October 2011 at 21:06

      Yap, kata sumber sih begitu. 🙂

  26. 54 jarwadi
    21 October 2011 at 21:37

    bagi aku sih, apel itu, terutama yang masih seger seger, terapi yang sangat bagus bila sedang marah atau bad mood, hehehe

    • 22 October 2011 at 20:58

      Oh ya? Saya belum pernah memraktikkannya. 🙂

  27. 21 October 2011 at 22:19

    apel yang dari Malang…
    citarasa lokal ^^

    • 22 October 2011 at 20:56

      Oh iya jelas. 🙂

  28. 21 October 2011 at 22:42

    di vote saya pilih point ke 1 tapi kadang saya juga suka apel hijau yang sedikit asem. Apalagi apel yang dari malang dan memetik sendiri di kebun apel 🙂

    • 22 October 2011 at 20:55

      Hmmmmm tergantung apel yang ada aja ya. 🙂

  29. 21 October 2011 at 23:00

    sama, saya juga lebih suka yang warna hijau 😀

    • 22 October 2011 at 20:52

      Kita sama! 😀

  30. 21 October 2011 at 23:07

    yang merah mas, apalagi pas apelnya dimakan sama emma watson… aaaaaa *guling-guling* #Apasih

    http://www.urkhanblog.com

    • 22 October 2011 at 20:52

      Kyaaaaaaaaaaa~ Emma Watson! 😳
      *guling2 juga*

  31. 22 October 2011 at 01:28

    kalo saya sebenar nya lebih suka sama apel yang merah dan ada hijau nya. lebih asik aja. rasanya manis dan ada asam nya. kalo merah semua. hmm rasanya kadang kayak busa ajah.

    • 22 October 2011 at 20:48

      Huahahaha kok kayak busa sih… 😀

  32. 22 October 2011 at 01:53

    Kalau aku, kalau nggak kepaksa makan apel, nggak akan makan. Susah makannya. Kecuali ada yang ngupasin dan dipotongin, lalalala…

    • 22 October 2011 at 20:47

      Huuuuuu makan sendiri dongg… 😛

  33. 22 October 2011 at 02:06

    Aku suka yang merah, tapi bukan yg merah tua banget sih, tapi lebih ke merah muda agak kekuningan, semacam apel fuji gitu, hehe. Apel fuji ini rasanya manis dan teksturnya nggak lembut-lembut banget (aku sebenarnya nggak suka apel yang tekstur dagingnya terlalu lembut, gak “asik” makannya, hahaha :P).

    Btw, cuma kalo makan apel kadang harus makan beberapa (minimal 3) biji nih baru “berasa” di perut (agak berasa terisi gitu maksudnya), hahaha 😆

    • 22 October 2011 at 20:37

      Iya Bang, sama, saya juga gak suka apel yang terlalu lembut. Gak enak digigit. 😀

      Iya sih Bang, bener juga, harus makan dua paling dikit supaya puas. 🙂

  34. 70 Ahmad Alkadri
    22 October 2011 at 07:32

    Nggak masalah sih sebenarnya mengenai rasanya, cuma karena di tempat saya biasanya yang ada apel warna merah, jadilah saya lebih sering (dan lebih suka) makan apel warna merah. 🙂

    • 22 October 2011 at 20:36

      Waaah, keadaan juga menentukan ya. 🙂

  35. 22 October 2011 at 08:35

    tak terlalu fanatik, semuanya suka, berhubung tak ada pilihan vote-nya jadi saya gak milih, hehe..
    salam

    • 22 October 2011 at 20:54

      Yaaaaah pilih aja apa yang ada, Mas…. 😐

  36. 22 October 2011 at 09:36

    saya suka merah tapi yang merahnya nggak kayak di foto itu, merah yang merah muda sembur kuning itu lho,apelnya gede-gede 😀

    • 22 October 2011 at 20:55

      Oh, mungkin apel Fuji? 😀

      • 26 October 2011 at 17:49

        ah iyaaa betul, fuji

        • 27 October 2011 at 14:45

          Nah, itu saya kurang suka.

  37. 22 October 2011 at 10:47

    Euh, agak kurang doyan makan buah, tapi jikapun harus makan buah, ya apel ini yang akan selalu saya makan, hehehe…

    • 22 October 2011 at 20:57

      Haaaah? Kok gak doyan makan buah sih? 😦

  38. 80 amitokugawa
    22 October 2011 at 11:01

    aku suka manisnya apel merah, tapi sayangnya buahnya kurang menantang buat olahraga gigi..haha
    makanya di jajak pendapat aku pilih apel hijau, walaupun jarang sih makan apel hijau, malah lebih sering makan apel merah

    apel favoritku sebenernya sih apel yang warnanya agak kuning gitu, ada semburat merahnya, apa sih namanya? apel fuji ya? (lupa)
    manisnya dapet, renyahnya dapet..hehe

    • 22 October 2011 at 20:59

      Hehehe gak apa, yang penting nge-vote. 😉

      Hmmmm iya, yang bentuknya besar bukan? Kalo iya, betul apel Fuji. 🙂
      Banyak banget ya narablog yang suka Apel Fuji. 🙂

  39. 22 October 2011 at 11:31

    udah lama nich gk makan apel, mau donk kalo dikirimin 😀

    • 22 October 2011 at 21:00

      hihihihi saya juga mau kalo dikasih. :mrgreen:

  40. 22 October 2011 at 12:17

    apel hijaunya kayak buah pir yah?

    • 22 October 2011 at 21:03

      Hmmm warnanya sih iya. Tapi kulitnya nggak kayak kulit pir. 🙂

  41. 22 October 2011 at 15:00

    apapun warnanya….selama itu gratis….

    embat saja

    • 22 October 2011 at 21:04

      Okeeeee itu prinsip mahasiswa! 😀

  42. 22 October 2011 at 15:24

    tapi kalau ada apel dan sawo saya pilih sawo aja ya sop

    • 22 October 2011 at 21:06

      Wah kalo saya Manggis aja ya Bu. :mrgreen:

  43. 22 October 2011 at 15:37

    suka yang ijo-ijo gan…hehehe…
    enak, teksturnya gak terlalu lembut, tapi tetep aja jarang makan buah,,gak terlalu suka sih…
    🙂

    • 22 October 2011 at 20:53

      Oh, kaskuser ya? 😆

  44. 22 October 2011 at 16:07

    Selain itu, katanya apel itu banyak mengandung sisa2 pestisida ya? ==’

    Eh iya, bang, ada tugas mulia nih:
    http://ikky21.wordpress.com/2011/10/22/kamu-anak-indonesia-ayo-dukung-pulau-komodo-masuk-daftar-new-7-wonders/

    • 22 October 2011 at 20:52

      Eh iya, saya dapet tugas ya… 😳

  45. 22 October 2011 at 16:45

    Sudah kuvoting, Mas. Saya pilih pilihan pertama apel merah. Hem, ternyata banyak juga khasiat buah apel. Kalau saya yang lebih sering minum apel dalam bentuk juicenya, Mas. Kadang blender sendiri, kadang langsung membelinya saat makan jajan di luar 🙂

    • 22 October 2011 at 20:51

      Okeeee makasih Pak! 😀

      Hmmm hmmm apel dijus atau di-blender sama enaknya. 🙂

  46. 22 October 2011 at 17:09

    saya suka apel wana iijooooooooooooooo, soalnya saya suka ijo, xixixixixi #PLAKKK nggak nyambung..

    soalnya apel ijo biasanya lebih manis, dan dagingnya itu pasti padet, g kaya apel warna merah ^___^

    • 22 October 2011 at 20:49

      Eh serius gak apa2, tuh ada pilihannya kan di polling. 😀

      Yap, setuju setuju, gak padet. 🙂

  47. 22 October 2011 at 17:25

    Yak sop.. aku juga gak suka yg terlalu manis dan suka bgt rasa asem.. jadi aku pilih yg C deh :p

    • 22 October 2011 at 20:48

      Sama! 😀

  48. 22 October 2011 at 17:49

    Whaaa…ada postingan tentang apel….oke good 😀

    sebenernya apel punya banyak jenis terutama dari Apple Washington yang biasa ditemui di supermarket :
    1. Red delicious, warna merah orang amrik paling banyak yang suka, untuk ukuran kecil rasanya kriuk juga biasa disebut aple lengkeng , untuk ukuran besar biasa orang sebut apel washington….padahal enggak cuma itu 🙂
    2. Gala, warna phink semburat oranye, ini texture dagingnya kriuk tapi manis,
    3. Granny smith, warna hijau tua, ukuran sedang, texturenya kriuk (benar kata narablog)
    4. Fuji, warna merah, asal varietas dari jepang
    Dari 4 jenis yang biasa dijual di supermarket, ada juga jenis yang lain cuma harganya juga yahud…. misal Golden delicious (warna hijau terang) , Cripps pink, Honeycrisp, cameo, braeburn…..

    Nah tinggal pilih aja…..tapi narablog yang domisilinya di Bandung…..silakan aja langsung ke toko Yogya…whahahaha ngiklan…..maaf gan 🙂

    • 22 October 2011 at 20:46

      Whoooohoooo luar biasaaaa Mas Budi tahu banyaaaaak! 😀

      • 22 October 2011 at 22:15

        Xixixixixi…..maklum tukang dagang…btw…dikoreksi juga apel manalagi bukan granny smith….apel manalagi itu buah apel lokal (dimana….kemana…dimana….#ayu tingting…)

  49. 22 October 2011 at 19:30

    apel itu enak dimakan …
    kalau apple itu ………………………….. (silahkan isi sendiri)

    silahkan ditengok …

    • 22 October 2011 at 20:37

      Apple itu mahal. 😆

      • 22 October 2011 at 22:17

        apple…itu juga….termasuk jenis apple lho …

      • 24 October 2011 at 05:43

        Ini Apple macbook. 😆

  50. 22 October 2011 at 19:57

    merah, hijau asam kalau ngak ada bumbu kacang +gula mearah kurang maknyusss

    • 22 October 2011 at 20:36

      Lho, jadi rujak dong? 😛

  51. 22 October 2011 at 20:21

    mau warna apapun… yang namanya apel saya suka…

    \(^o^)/

    • 22 October 2011 at 20:35

      Sip! 😀

  52. 22 October 2011 at 21:19

    seperti kata pepatah kuno.. One Apple a day, keeps doctor away.. hehe 😀

    • 24 October 2011 at 05:43

      Iyap, seperti itulah. 😀

  53. 22 October 2011 at 22:43

    Hijau lebih enak lebih murah 🙂

    • 24 October 2011 at 05:41

      Kalo soal lebih murah apa tidak… saya ga terlau tahu. 😀

  54. 22 October 2011 at 23:14

    kalau saya suka apel yang putih, kalau gak salah namanya apple mac… haha

    • 24 October 2011 at 05:40

      Buahahaha lucuuuuu! 😆

  55. 22 October 2011 at 23:57

    beberapa hari yang lalu saya baca di detikhealth katanya apel kagak bagus untuk gigi Sop, coba deh cek kesana.. tapi kemudian ada klarifikasi oleh sang dokter gigi gaul.. jadiii, selamat menikmati apel sop, kalo dhe mah sukaaaaaaaaaaa dua-duanya.. votenya nyusul yaa, hehe ;p

    • 24 October 2011 at 05:41

      Saya malah gak percaya apel gak baik untuk gigi. 😦

  56. 23 October 2011 at 01:21

    KAlau disuruh memilih apel dengan pepaya, saya akan ambil pepaya tanpa pikir panjang lagi 😆
    Gak tau kenapa, meski apel manalagi ataupun apel import saya tidak suka. jadi saya tidak bisa ikut jajak pendapat ini 😛

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • 24 October 2011 at 05:42

      Pepaya itu mujarab sekali untuk kelancaran BAB. :mrgreen:

  57. 23 October 2011 at 01:53

    Apel merah donk karena merah warna kesukaan saya… 😆

    • 24 October 2011 at 05:43

      Kesukaan saya warna hijau. 😳

  58. 23 October 2011 at 03:20

    yang pasti aku ga suka apel washington. berasa kayak makan gabus. dan apel washington yang diekspor amrik ke indonesia adalah sebenernya… makanan kuda!!!
    apel washington yang asli gede banget, sisa2nya yang kecil dibuat makanan kuda dan dijual ke negara dunia ketiga macam indonesia.
    oh ya, buat pengetahuan aja, apel di amrik itu tanaman pagar lho. jadi kalau di indonesia tanaman pagar itu semacam bunga sepatu, bugenvil, daun kemangi, dll. di amrik, apel2 merah adalah tanaman pagar tersebut. <– referensi: kawan saya yang pernah setahun tinggal di amerika serikat, Michigan

    • 24 October 2011 at 05:44

      Oh ya? Apel washington kecil yang selama ini saya makan…. tenryata di tempat asalnya untuk makanan kudaaaaa? 😯

      • 125 nanna
        2 March 2012 at 13:28

        whaaaaaaaaaaaaaaattttttttttttttt! oh betapa gaaaagetna sahya!!

        • 2 March 2012 at 14:42

          gaget?
          Maksudnya kaget? 🙂

  59. 23 October 2011 at 05:20

    Setelah pakai behel, saya ga suka makan apel. Ribet. Harus dipotong kecil-kecil dulu. Tapi kalau disuruh milih salah satu, saya lebih suka apel merah. Lebih lembut dan ga repot. Terakhir kali makan apel ijo, biji behelnya copot #tepokjidat

    • 24 October 2011 at 05:48

      Waaahhahaha behel lepas? Itu menyusahkan. :mrgreen:

  60. 23 October 2011 at 05:50

    kalau apel malang itu asli Indonesiakan? 😀

    • 24 October 2011 at 06:18

      Nah, soal asli dari indonesia apa tidak… saya tak tahu. 😳

  61. 131 lovetiffa
    23 October 2011 at 07:49

    sy krg suka apel, mknya klo di Bali sm ortu pasti dipaksa makan apel dan pear 😦

    • 24 October 2011 at 06:19

      Nah, itu baru baik. 🙂

  62. 23 October 2011 at 09:29

    Saya sudah nge Vote Sop …

    Sebagai tambahan …
    Saya suka Apel hijau karena … sepertinya aromanya lebih enak menurut saya …

    (dan rasanya … lebih “lokal” dibanding yang merah)(kalau yang merah agak-agak berbau luar gituh …)(hehehe)

    Salam saya Sop

    • 24 October 2011 at 09:56

      Yaaaa samaaaa Om!! 😀 😀 😀

  63. 23 October 2011 at 10:03

    sya sukanya apel yg warna hijau 🙂
    sekalian mengkampanyekan “go green” 😀

    • 24 October 2011 at 09:56

      Hahahaha hebaaat apapun alasannya, boleh lah. 😀

  64. 23 October 2011 at 10:25

    saya ngga suka. kayak makan gabus hihihi *udik*

    • 24 October 2011 at 09:54

      *udik banget* 😆

  65. 23 October 2011 at 11:56

    like this post…,
    salam kenal ya…,mohon bimbingannya karena saya masih baru dala dunia blog. terima kasih…,

    • 24 October 2011 at 09:51

      Kalo mau bimbingan, tanya aja ke saya. Insya Allah saya bantu. 🙂

  66. 23 October 2011 at 14:27

    Saya sudah vote…
    Saya pilih merah.. Meski sebetulnya saya tidak terlalu suka dengan apel washington. Saya suka apel fuji. Alasannya? suka aja, haha.. 😀

    • 24 October 2011 at 09:50

      Hohoho selera memang kadang tak bisa dijelaskan dengan kata-kata. :mrgreen:

  67. 23 October 2011 at 15:42

    Hmm,,, Apel I Like So Much!!!
    Apalagi di daerah sini Kotanya Apel Sob..jadi tiap hari adaaa ajah Apelnya!!!
    Kalo soal warnanya… Ayas lebih suka yg Merah Sob,,, selain manis juga karena yg Merah tuh katanya lebih banyak Vitaminnya o,, ya gak tau pastinya siy… !!
    Hweheheee…..

    • 24 October 2011 at 09:50

      Bahasanya campuran. 😀

  68. 23 October 2011 at 16:23

    Buah Apel sebagai anti oksidan kadar tinggi , benar sekali sangat berkhasiat 🙂

  69. 23 October 2011 at 20:31

    yg pasti apel yg saya suka ya apel gratisan lah :mrgreen:

    • 24 October 2011 at 09:48

      Oh, dasar mahasiswa. 😆

  70. 23 October 2011 at 23:47

    Ayah punya kebiasaan kalo makan apel pake kecap dan makan semangka pake garam. Ketularan pas tinggal di jepang katanya. Yang semangka pake garam lumayan enaak!

    • 24 October 2011 at 09:51

      Astagaaaaa serius dua hal itu enak?? 😯 😯
      Saya gak bisa ngebayangin.

  71. 24 October 2011 at 07:30

    Darah itu merah Jendral! **loh**

    • 24 October 2011 at 10:00

      Daun itu hijau, Jendral! ** 😆 **

  72. 24 October 2011 at 14:05

    hmm….paling suka dengan apel fuji…
    warnanya merah kekuningan y mas….hehehehe
    suka apel fuji dr hamil anak pertma sampe kedua
    dan pas ikut program kurus jg, .. OK kok….:)

    • 25 October 2011 at 10:25

      Saya gak begitu suka dg apel fuji. 🙂

  73. 24 October 2011 at 16:00

    tetep yg merah tetep jd favorit ternyata ya… lebih empuk dan lebih manis..
    kalau yg hijau biasanya aku jus bareng wortel atau belimbing… soalnya keras… hehhe 😀

    • 25 October 2011 at 10:19

      Dijus dan dicampur ama buah2an lain juga enak. 🙂

  74. 24 October 2011 at 19:26

    apel abu2 ada ga yah? #demamapelkrowakabu2

    • 25 October 2011 at 10:24

      Yang ada apel putih, yang harganya muahal itu. 😳

  75. 25 October 2011 at 11:31

    beberapa waktu lalu aku sering batuk kalau malam. trus aku disarankan sarapan apel (sebelum mengonsumsi makanan yg lain). sekarang aku jarang sekali batuk. entah ini karena apel atau karena apa aku juga kurang tahu. awalnya aku takut perutku bakal melilit waktu sarapan apel. tapi ternyata tidak tuh. dan sarapan apel itu praktis, nggak perlu pakai acara masak dulu hehe. oiya, aku lebih suka apel hijau. lebih segar.

    • 27 October 2011 at 14:39

      Wah, syukurlah kalau Mbak Kris sudah nggak sakit lagi.

  76. 25 October 2011 at 15:38

    Hmm ternyata mayoritas pilih apel merah ya? 😛
    well yg ijo kadang asemnya gak nahan siy 😦

    • 27 October 2011 at 14:48

      Eeeh walah bagi saya yang asem2 itu malah lebih baik.

  77. 25 October 2011 at 17:22

    Kalau saya sih lebih suka yg merah, soalnya yg merah menurut saya rasanya lebih manis. Klo yg ijo kerasanya agak asam 😛

    • 27 October 2011 at 14:51

      Kalau saya malah sukanya yang asam-asam.

  78. 26 October 2011 at 14:06

    Oya .. beberapa orang bilang katanya apel juga menurunkan asam urat …
    Bagus buat yang usianya sudah kepala 3. Sekarang usia kepala 3 rentan kena asam urat, kolesterol, dll.(karena gaya hidup dan pola makan kali ya)

    • 27 October 2011 at 15:24

      Tuh kan, betapa sungguh bergunanya apel ini.

  79. 27 October 2011 at 12:02

    Lebih suka apel merah, teksurnya soalnya lembut. Kalau kmu ke Malang, cobain apel Malang, enak kok. Ok.

    • 27 October 2011 at 14:38

      Nah, itu kalo saya ke Malang, ‘kan? 😦
      DI Bandung sini gak ada apel malang… 😦

  80. 28 October 2011 at 09:50

    Apel Malang emang enak,, seperti apel hijau yang ada pada gambar di atas cuma agak kekuning-kuningan (itu yang rasanya manis), adalagi yang hijau dan ada warna merahnya sedikit (kalau yang ini manis dan ada asamnya). Tinggal pilih sesuai selera.
    Kalau aku sendiri lebih suka sama apel hijau. Karena kalau apel merah terkadang ada rasanya yang agak ada pasirnya gitu, itu yang g’ aku suka. makanya lebih pilih apel hijau.
    Apapun jenis apelnya, yang penting khasiatnya selangit untuk kesehatan!!!!

    • 28 October 2011 at 17:21

      Pokoknya saya suka yang asem2. Gak suka yang terlalu manis. 🙂

  81. 28 October 2011 at 10:50

    sebetulnya suka semua,tp di atas saya vote yg hijau ajah deh 😀

  82. 28 October 2011 at 14:56

    Saya suka yg oranye. Renyah banget. Entah apa namanya, tapi renyak & manis.

    • 28 October 2011 at 16:55

      Apel warna oranye? Nggak ketuker dengan markisa atau jeruk, Mas? 😀

  83. 31 October 2011 at 10:38

    saya suka apel yg garing…hehehe…salam kenal…thanx

    • 31 October 2011 at 21:45

      Apaan tuh? Yang udah jadi keripik?

  84. 31 October 2011 at 10:41

    saya suka skali dengan apel…semua jenis apel…bagus utk pencernaan…salam kenal..thanx infonya…

    • 31 October 2011 at 21:44

      Bagus! Selamat! Anda sehat!

  85. 2 November 2011 at 20:35

    aku lebih suka yang merah. karena aku suka manis. kalo kata orang jawanya, aku ini termasuk sweet tooth 😀 alias suka yang manis-manis. makanya nih badan susah kurus. cekakak. apel emang banyak manfaatnya. seperti quote yang terkenal di negara barat, “an apple a day, keeps the doctor away.” 😀

    • 2 November 2011 at 22:58

      Walah, enakan ijo dong…

  86. 9 November 2011 at 15:39

    ijo ..ijo … saya milih ijo … lokal is the best

    • 10 November 2011 at 09:54

      Luar biasa. 😀

  87. 14 November 2011 at 15:28

    Haii, Sop.. lama ga nyambang ke sini hehe 🙂
    Hmm, suka yang hijaulah. Karena konon apel hijau itu juga berkhasiat untuk membersihkan paru-paru [gimana caranya ya? :?:] makanya adik saya yang divonis kena bronkhitis pun hobi banget makan apel hijau.. akhirnya mbak-nya pun jadi suka :mrgreen:

    • 15 November 2011 at 07:45

      Iya nih, udah lama gak ke sini.

  88. 6 September 2012 at 07:41

    ada cara baru untuk mengkonsumsi apel , lihat link berikut :
    http://apel-celup.blogspot.com/2012/04/tentang-apel-celup.html

    • 7 August 2013 at 03:34

      Apel konvensional masih enak. :mrgreen:


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 972 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: