Dialog Bodoh #7

Tadi siang, tanggal 2 november, hari rabu, saya mendengar dua orang wanita ngobrol di angkot.

Wanita 1: “Ih, tuh orang brewokan.”
Wanita 2: “Iye, dicukur napa sih, jambannya.”
Wanita 1: “Jamban? Jambang kalee!”

😆

#TepokJidat — Facepalm’d

Pak SBY pun tak kuasa menahan perasaannya…

Saya nggak sukses menahan tawa saat itu. Untung sempat nutup muka pakai tas yang saya taruh di atas paha. 😆 

Jamban itu seperti gambar berikut ini. 😆

Eh tapi, jambang itu…

Setelah sampai di rumah, saya cek di KamusBahasaIndonesia.org, di sini, jambang itu bukan rambut yang tumbuh di dekat pelipis lho. 😀  Coba lihat berikut ini.

jambang jam.bang
[n] (1) tempat menaruh bunga untuk hiasan; pasu bunga; (2) pasu; belanga besar

Jadi, apa ya istilah yang benar, untuk menyebut rambut yang tumbuh di dekat telinga itu (yang seperti Ridho Roma atau Amitabh Bachan :mrgreen: )? Brewok? Brengos?

Apa ya, narablog sekalian ada yang tahu?

UPDATE!

Pertanyaan sudah terjawab oleh Mas Agung. Komentar Pertamaxxx, jawabannya benar pula. :mrgreen:

******

Ini daftar posting-an dialog bodoh saya yang terdahulu:

———————————————————————————————————————————————————–

Gambar-gambar di atas saya comot dari sini dan sini. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.

262 Comments

    1. Ha yo emang cambang, ah. Perasaan orang-orang juga ngomongnya cambang. Mungkin karena banyak orang Betawi yang makai kata itu, jadilah berasa bunyinya seperti jambang. 😀

      Reply

      1. Lho, enak aja, ini posting-an bukan gaje. 😡
        Ini bermakna sekali, sangat bermanfaat utk kelangsungan kehidupan berbahasa kita. 😡

        Reply

    2. Yang sering ke tukang cukur rambut pasti ngerti dan tahu cambang 😛
      Sumpah Mas Asop, saya ngakak abis ngebaca dialog di atas :mrgreen:

      Reply

  1. Cambang Sop, api karena jawaban saya sudah di dahului mas Agung Asudomo aku gak jadi jawab karena semua sudah pada tahu 😛

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Reply

  2. kebiasaan juga ada sebagian orang yg nyebut “n” jadi “ng” ,.,,. jdnya kyk cwe itu deh…
    #tepok jidat seratus kali ^_^

    Reply

  3. cambang = jambang = jamblang ahaha… org2 indonesia itu ga peduli sama bhsnya deh. tau gak, kata ‘saking’ sebenarnya adalah ‘sangkin’. kayaknya ada di kamus jg deh itu 😀

    bt sop, maksud komenmu di blog sy yg ini apa nih ->

    Apa?? Saya belom pernah ditembak cewek! 😛
    Yang ada saya yang nembak! 😆

    apakah km komen begitu krn mengkomentari komentar lain (blogger laki2)? ataukah karena km komen krn gak tau klo dhila13 adalah perempuan? hehe.. saya ini perempuan asop.. dan yg nembak saya adalah laki2. hehe 😛

    Reply

    1. ahaha.. menanggapi komen asop. eh sop, jgn cemberut gitu dunk hehehehe…
      iya kurang jelas sih, agak ambigu.. jd ya maaf yaa klo ane salah paham hehe…

      ya di blog kan kita udh kenal lama lah sopp.. 😀 makanya ane heran pas ngeliat komen ente. ane ragu, masa ente ga tau ane perempuan? hihi.. sekali lagi maaf ye soopp.. :mrgreen:

      Reply

  4. cambang… ! tadi juga bertanya-tanya sebenarnya nama yang bener apaan ya. sama kek beberapa hari yang lalu pas di kereta balik dari Jakarta, ada ibu-ibu ngobrol sama temen sebelahnya:

    “iya, saya kalau dari jogja ke surabaya mah naek kereta aja. santana ituloh… dua kali sehari”

    saya nahan ketawa gak tahan. padahal kereta yang dimaksud sancaka, bukan santana. santana kok dinaekin, naek gitarnya kali yak…
    hehehehhehehe

    Reply

  5. Hahaa,, kalo saya dah ngakak tuh diangkot… ibunya keseleo lidah kali sop.. jadi harusnya jambang jadi jamban 😀

    eh,, izin tuker link ya sop.. makasih sblmna

    Reply

  6. oh jadi cambang..jadi selama ini salah donk yach soalnya udah beken duluan jambang..musti dicari nich siapa yang pertama melesetin dari cambang jadi jambang… 😀

    Reply

  7. Wahahhaa…. Mas Asop ne memang unik.. Ada ada aja di posting.. hahaha…. (ngga tahan ketawa)….
    nice..nice… kreatif…

    thanks ya link blog saya sudah diganti…
    Keep post..!!!

    Reply

  8. Ada 2 pertanyaan di kepala saya bro.
    1. emang si ceweknya bilang “jamban”?
    2. ato asop salah denger? sebenernya si cewek bilangnya “jambang”.
    hahaha. 😀

    Reply

  9. jambang…aku taunya jambangan..hehe
    iya, lebiih sering denger orang ngomong jambang daripada cambang, padahal yang bener cambang

    banyak ya bahasa Indonesia yang tidak diketahui orang Indonesia

    Reply

  10. eh jauh banget ya sama arti yg ada di KBBI mah, terus apaan dong? saya biasa pake kata “Jambang.” 😀

    ngakak juga liat fotonya, masa jamban cewe dan cowo disatuin langsung kaya gitu. haha

    Reply

  11. hehehe, antara cambang dan jambang, saya dulu pernah diketawain orang karena salah memakai kata, bercanda dengan berjanda

    saya menulis berjanda padahal maksud saya bercanda, eh yang bener bercanda atau becanda? malah bingung, hehe

    Reply

  12. diantara semua yang Bang Asop tulis diatas, saya paling demen ma pemilihan foto Pak BY..benar-benar pening dah tu kepala dengar obrolan konyol si wanita..hahaha

    Reply

  13. Tapi kalau saya sama teman2 lain Kang, teman yang bercambang itu selalu diledekin “Eh tuh tali helmnya dibuka dong”,,,,he3 🙂

    Reply

  14. He….x9 kalau cambang diplesetkan jadi jambang bukannya malah kejebur jamban ?….

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog.

    Reply

  15. si pitung dipanggilnya abang jampang. Apa ‘jampang’ itu merujuk ke jambang? atau nama daerah? atau nama perguruan silat? :mrgreen:

    Reply

  16. hahaha.. macam2 kejadian di anagkot…
    wah aku baru tahu klo cambang yang benar. Mungkin karena orang kita lebih enak menyebutnya jambang.. ya sudah jadi kebiasaan… 😉

    Reply

  17. lagi ngomongin rambut di badan rupanya. saya kasih pertanyaan aja ya: apa itu Treasure Trail?! Terjemahan harafiahnya: Jalur Harta Karun. Coba gugle utk mendapatkan arti sebenarnya 😀

    Reply

  18. biar telat, dan tadi blom sempat baca komen, saya sudah tau Sop namanya cambang xiixixi
    ywd deh … klo udah kejawab, saya ga jadi jawab aja hehehe

    Reply

  19. wah bisa masuk ngupingjakarta tuh. brewok itu rambut yg tumbuh di dagu sampe pipi(bisa dibilang combo jenggot+kumis+cambang), brengos kalo ga salah istilah lain dari kumis, rambut yg tumbuh di deket kuping itu cambang, kalo jamban itu kloset, kalo gaban itu ….. (eh makin OOT ya)

    Reply

  20. oh jadi cambang yah.. bukan jamban. mukanya cambangan 😀 agak aneh juga… karena telinga kita seringan denggar “mukanya jambangan” emmm “jambangan bunga” = bunganya brewokan 😀

    Reply

  21. wah nuhun pisan ya, blog saya sudah dijamban-i oleh mas brow 🙂 Aduuuuh meuni gaya euy, komen2 di blognya hip pisan. Terharu sekali blog saya yg penuh dengan kicau galau itu dikomentari oleh mas brow yg satu ini, salam manis selalu ah 🙂

    Reply

  22. Ahahahaha ada ada aja yakss.. iya sop rambut yang di pipi deket kuping itu cambang, tapi kalo yang di dagu itu menurut KBBI adalah be.re.wok a.k bewok; cambang bauk (bulu atau rambut yg tumbuh pd dagu dan pipi belakang)

    Reply

  23. geli betul percakapan kedua orang itu..bukan percakapan biasa alias GHIBAH..
    tipis ya GHIBAH sama dialog bodoh.. hehe 🙂
    sahabat harus hati2 lo..

    tetap menginspirasi mas Asop,
    blog sudah ada di “Sahabat yang Berbagi”
    salam,

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s