[Jajak Pendapat] Perihal Mengupas dan Makan Mangga

Hey, ini sudah posting-an jajak pendapat yang kelima! 😀  Setelah pada posting-an jajak pendapat yang terakhir saya bicara tentang apel, sekarang saya bicara tentang mangga. :mrgreen:

Selain apel, mangga juga adalah salah satu buah kesukaan saya. Bukan rasa manisnya yang memikat saya (ingat, saya nggak suka yang terlalu manis), tapi tekstur daging buahnya. 🙂 Serat buahnya pas, nggak terlalu lembut dan nggak terlalu keras ketika digigit.

Khasiat mangga apa saja, Sop?

Saking banyaknya manfaat buah ini yang saya temukan di internet, saya sampai bingung yang mana yang akan saya tampilkan di sini. :mrgreen: Pastinya, buah mangga mengandung banyak senyawa antioksidan yang bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung dan kanker, juga memperlambat tanda-tanda penuaan pada kulit. Katanya sih, riboflavin dalam mangga sangat baik untuk kesehatan mata, mulut, dan tenggorokan1.

Kalau narablog sekalian pengen nambah nafsu makan, mangga juga solusinya. Masih soal perut dan pencernaan, karena kandungan serat dan beberapa enzim di dalamnya (yang saya tak tahu apa namanya), mangga jadi cocok bagi yang ingin lancar buang air besar setiap hari2. :mrgreen:  Sel serat yang bernama pektin dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap normal.

Ternyata, buah mangga sumber kalium juga, lho. Kalium ini sangat penting bagi tubuh kita, terutama bagi sistem saraf dan otot3. Sekadar info, meskipun jarang terjadi, ada yang namanya penyakit kekurangan kalium (hipokalemia). Kalau kekurangan kalium, tubuh akan terasa sangat lelah dan fungsi otot melemah (bisa terasa seperti kram otot). Bahkan efek terburuk adalah fungsi otot jantung terganggu, dan detak jantung jadi nggak teratur.

Tak usah ditanyakan kandungan vitamin dalam buah mangga. Di antaranya ada vitamin A, vitamin B3 dan B-kompleks, vitamin C, dan vitamin E. Menurut sumber ini, kandungan karbohidrat dan kalori mangga cukup tinggi, jadi bagi orang yang ingin menambah bobot badan, mangga cocok untuk dia. Eh, tapi menurut sumber yang ini, mangga rendah kalori —dan bisa menghaluskan kulit. 😳

Masuk ke jajak pendapat…

Topik kali ini memang benar-benar aneh. Ketika narablog akan memakan mangga, apakah narablog sekalian mengupasnya sampai bersih mulus bebas dari kulit? 😀

Meski potongannya kasar, yang penting terkupas mulus

Barangkali narablog sekalian lebih suka memakan mangga dengan sedikit kulit yang tertinggal di dagingnya? :mrgreen:

Masih ada sisa kulit

Saya lebih suka membiarkan sedikit kulit tersisa. Sedikiiiiiit aja, jangan banyak-banyak. 😳 Bagi saya, rasanya lebih enak, lebih keras di mulut, lebih berserat, begitu. :mrgreen: Dibanding tanpa kulit yang kalau di mulut terlalu lembut. Lagipula, rasa kulit buah mangga nggak buruk-buruk amat. Eh, bukan berarti saya mau disuruh makan kulitnya aja lho ya. 😆

Selera saya ini aneh, nggak? Ini hanya berlaku di buah mangga, lho. Kalau makan buah alpukat saya nggak pakai kulitnya. 😆

Nah, silakan mengisi jajak pendapat di bawah ini. Mudah sekali, kok, nggak pakai isi data nama dan alamat blog. Mau narablog blogspot, blogdetik, blogsome, atau mana saja, bisa ikutan. 🙂  Tinggalkan juga komentar dan beritahu kebiasaan narablog sekalian dalam mengupas dan memakan mangga. Isi poll sekaligus komentar, lebih baik lagi.  :mrgreen:

Terima kasih bagi semua yang bersedia memberi komentar ataupun mengisi jajak pendapat di atas. 🙂

******

1Sumber: http://www.untukku.com/artikel-untukku/manfaat-dan-khasiat-buah-mangga-untukku.html
2Sumber: http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2010/08/23/3040/3/Delapan-Manfaat-Utama-Mangga
3
Sumber: http://nasional.kompas.com/read/2008/07/07/22035499/kalium.atur.keseimbangan.elektrolit.tubuh

******

Ikuti jajak pendapat sebelum ini:

1. Jajak pendapat mengenai bak di kamar mandi
2. Jajak pendapat mengenai kebiasaan makan kacang
3. Jajak pendapat mengenai kebiasaan menaruh gelas minum di meja kerja
4. Jajak pendapat mengenai warna apel favorit

———————————————————————————————————————————————————–

Foto-foto di atas hasil jepret sendiri. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.

294 Comments

  1. Suka yang mana aja, yang penting mangganya bisa dimakan. Lagian kan ga jauh beda rasanya, sama-sama enak. *gembul detected* Eh, tapi bukan sama kulit-kulitnya langsung ya 😆

    Reply

  2. kulit alpukat mah pait kali sop..
    kalau aku sukanya dikupasin *biasalah manja*..
    terus sukanya itu makan dengan cara yang dibikin mekar tuh lho
    itu lho, mangganya dipotong, terus daging buahnya di iris vertikal dan horisontal, terus dimekarkan, terus digigit atu2..
    macam begini sop:

    Reply

    1. Iya makanya itu alpukat saya tulis sebagai penolakan.

      Hmmm hmmm iya aku tahu kamu, Mel, kamu emang gak mau ngupasin buah untuk orang lain. 😳

      Reply

  3. Nay tipe orang yang kaga terlalu suka mangga, klo pun suka itu cuma mangga indramayu, rasanye lebih maknyosss…:) lebih suka ninggalin kulitnya sedikit di mangga lebih legit getoloohhh *itu pendapat dari cewek manis* :))

    Reply

  4. kang, lebih seru yang ada kulitnya sedikit,
    kadang2 kalau males lebih seru lagi yang dikupas setengah trus digaris2 pake pisau, itu namanya cara apa yak?

    Reply

  5. sukaaaaaaaaaa…….. apalagi yg muanis…… tp gak beraer. ngupas cara cepat yg paling kusuka. dimekarin yg gak ush dikupas smua. tinggl krokotin aj. hehehe………

    Reply

  6. Kalo saya nggak suka ngupas pake pisau, tapi langsung dikupas pake gigi, 😉 tapi kulitnya nggak saya makan..
    N saya paling suka sama mangga yg banyak seratnya.. mmm apa ya namanya?? Kalo ditempatku tu namanya mangga telur, coz bulet2 kayak telur gitu 😛 mmm mangga kopyor kali ya.. 😉

    Reply

  7. Akang suka mangga yang rasa kari…… tetapi bukan kari ayam atau sapi…akang lebih suka mangga rasa ..kari ngahuapkeun (kalau nggak ngerti tanya aja tetangga di Bandung ya he he)

    Reply

  8. yang makan langsung sama kulitnya gimana rasanya, jadi penasaran.
    hehe
    lagi musim mangga bang asop, bagi dong..hehe

    Reply

  9. hahaha masa sih ada yang makan mangga ama kulit2nya? 😛
    anyway gua gak terlalu suka mangga sih. kalo ada ya bisa makan, tapi prefer gak makan… 😀

    Reply

  10. kalau aku tergantung sih Sop..
    kalau mangganya manis dan lunak aku kupas semua..
    kalau mangga mengkel agak asam tinggalin kulitnya, bisa ngurangi rasa asamnya.. hehehe

    Reply

  11. Bingung jajak pendapatnya karena gak ada pilihan lain. Kalau saya dan anak2 suka dikupas dengan kulitnya dengan catatan dagingnya rada tebal, lalu diiris berbentuk kubus kecil2, lalu kulitnya didorong sehingga daginggnya menonjol keluar. Tinggal dilahap deh dan meninggalkan kulitnya saja ^_^

    Reply

  12. kalo saya lebih suka mangga yang ada kulitnya dikit dan mengkel gitu, apalagi kalo buat rujakan.. duhh enakkk 😀
    dan kalo mangga yang masak gitu, saya lebih suka yang dagingnya udah dikit, terus bagian bijinya yang sisa dikit gitu, jatah saya.. hehehe 😀

    Reply

  13. saya makan dengan sedikit kulit yang tertinggal karena sayang aja kalo dikupas terlalu tebal, jadi banyak banget yang dibuang padahal kan lumayan buat ganjel perut *eh

    Reply

  14. saya makan mangga (keseringan sih yang “harumanis” )itu harus dengan sedikit kulitnya. karena akan ada efek “crunchiness” nya … lagi pula “after-taste”-nya itu enak lho … *emang sudah musim mangga yah di bandung sop?

    Reply

  15. saya biasanya sih suka ngupas kulitnya sampe bersih, trus dipotongi kecil-kecil, trus disimpen dulu dalam lemari es sampe dingin, trus baru deh di maem. enak tuh, udah manis, dingin lagi.
    Atauuu, biasanya saya buat puding. jadi puding asli, campuran agar-agar dan mangga. mantab tuhhh… 🙂

    Reply

  16. aku sukak mangga kalo dikupasin. kalo harus ngupas sendiri males, krn ditangan rasanya nggeluyur-nggeluyur basah-basah piyeee ngono….

    Reply

  17. aku suka ninggalin kulitnya sdikit, soalnya lebih krenyes2 jadinya.
    dan trnyata bnyk jg yg spndpt dgn saya *liat di poling td*
    ngehehe

    ah ya, kunjungan balik
    salam kenal

    Reply

  18. klo kulit nempel dikit2 kaya di gambar itu sih gpp, sayang aja klo mulus tanpa kulit tapi banyak daging yg terbuang nempel di kulitnya :p. malah hobi ngebersihin biji mangga sampe bersih dari daging buah :p

    Reply

  19. klo saya kupas ampe mulus,jaga2 ajah. saat ini memang makin banyak tanaman dan pohon serta buah yg bnyk2 diks semprot bahan kimia 😀

    Reply

  20. Saya udah Vote Sop …

    Yang jelas kalo ada pilihan … Mangga Dikupas … dengan sisa kulit sedikit … lalu di potong dadu …

    naaahhh itu lah cara makan mangga yang saya suka …
    hehehe

    Salam saya Sop

    Reply

  21. Nggak ada opsi makan mangga pake gaya kura-kura ninja ya? Mangga dibelah mepet sama bijinya, diiris dagingnya kotak-kotak terus dibalik kulitnya keluar. Jadinya “njeprak”. Hahaha.
    Sayang saya sudah berhenti makan mangga lagi sejak SMP. Dulu waktu saya masih makan mangga, saya makan pake gaya itu.

    Reply

  22. dulu mangga adalah buah favorit, setiap musim mangga datang, pasti beli mangga
    tapi sejak dikasi tau kalau mangga mengandung fat yang mayan besar, jadi nge-rem deh
    nah kemarin pas googling2 itu Sop, nemu info gitu ga ya?
    klo ga pengen beli mangga lagi hehehehe

    jadi inget dulu masa kecil, makan mangga tuh, begitu dipetik langsung digerawuti, sonder dicuci loh
    langsung gitu aja, gigi berfungsi jadi pisau hahaha … nikmatnya lebih malah daripada dikupasin gitu 😛

    Reply

    1. Mbak Mbak Nique, yang benar itu mangga mengandung banyak gula, bukan lemak.
      Mana ada buah yang berlemak… 😀

      Waaaaaah hidup jaman dulu begitu mudah ya… 🙂

      Reply

      1. menurutku juga begitu
        tapi itulah daftar buah yang dilarang dimakan waktu pernah mengikuti program diet lho
        cuma diperbolehkan makan semangka dan pepaya klo ga salah inget 😀
        mungkin bukan fat ya tapi kadar gula yg mesti dikurangi
        entahlah
        sudah ga ikutin programnya juga hehehe

        Reply

  23. aduh itu pilihan ketiga ada yang milih juga :O pembaca blog ini ada yang keturunan kambing berarti bang 😀 atau mungkin orangutan 😛
    aku lebih suka potong mangga secara vertikal dari ujung ke ujung terus dipotong dadu-dadu hmm yang buahnya masih nempel ke kulitnya gitu, lebih eksotis B)
    gg ada pilihan dikupasin sama ayah / mama / orang lain ya bang ? kalau ada ak pasti pilih itu 😀

    Reply

  24. Aku udah vote sop, haha 😉
    dan aku beneran pengen tau siapa yang doyan makan mangga sekalian kulit-kulitnya dilahap juga 😀
    Kocak !

    Reply

  25. saya suka makan mangga mulus, soalnya saya suka yang mulus2, *ups*

    tapi emang makan mangga gag akan lengkap tanpa….
    garpu! 😀

    Reply

  26. haha alhamdulillah sop saya belum pernah ngupas sekalipun. seringnya dikupasin sih. oh ya apalagi sekarang sering di kupasin ma istri. saya tinggal makan aja hap 😛

    asop gak suka yang terlalu manis ya (karena udah manis kah? :D)

    Reply

    1. Enaknya Kang, yang udah bisa dikupasin ama istri….

      Ups, saya gak bilang saya manis lho Kang, yang bilang saya manis Kang Yamin lho ya. 😆

      Reply

  27. Suka banget sama mangga,, tapi yang manis lho ya…. Heemm… apalagi kalau sudah dikupaskan dan tinggal makan. Mau…mau…mau…
    Terkadang kalau aku malas ngupasnya, mangga hanya dibelah trus diiris kotak-kotak. Kalau aku menyebutnya makan buah mangga dengan diiris kura-kura.

    Reply

  28. Jelas yang ada sisa kulitnya sedikit dooonks 😛

    AKu tau mangga bagus buat pencernaan, eh tapi ini berarti gak bagus buat diet nih soalnya nambah nafsu makan ya? 😛

    Reply

  29. saya suka yang mulus tapi orang yang ngupas mangganya itu keseringan ada kulitnya sedikit, jadi mau gak mau makan plus sedikit kulit, tapi saya ga suka mangga yang matang trus lembek, makan mangga ajah ribet ya, he…he…^_^

    Reply

  30. Untuk isi pooling yang kesatu dan kedua kayaknya pernah nyoba,untuk yang makan sama kulitnya…..enggak pernah bereksperimen untuk yang satu ini,kalau apel bolehlah :mrgreen:

    Reply

  31. Kl kata buku-buku, makan mangga yg betul itu yg dimodel kura-kura itu. Alasannya kenapa aku lupa. Kl aku yg mana aja suka tergantung jenis mangganya jg sich. Tp kl pas ngupasin anak ato suami aku pilih yg model kura-kura…. enak cepet selesai

    Reply

    1. Asalan saya gak suka makan model kura-kura itu ya, bikin mulut cemong. 😦
      Kalo lagi di rumah dan bersantai sih gak masalah… tapi kalo untuk dibekal dan dibawa-bawa, masa’ mau model kura2 juga?

      Reply

  32. udah ngisi poling, tapi sebenernya gak ada yang “gue banget” dalam hal kupas mengupas mangga. soalnya saya sukanya dibikin kura kura gitu,
    tau kan, di potong setengah (masih pake kulit full) trus bagian buahnya dipotong pake pola kotak kotak gitu, trus dibalik, yang daging buah kotak kotak tadi yang dikeluarin. trus dimakan deh. praktis gitu gak pake acara ngupas ngupas tapi puas makan daging buahnya hehehe.. (bilang aja males ngupas)

    kemaren waktu musim mangga sampe od saya gara gara kebanyakan makan mangga :p

    Reply

  33. aku cuma sekali ngupas mangga, soalnya belum ahli sih
    lebih suka kalo mangganya ada sisa2 kulitnya, soalnya lebih gimanaa gitu, ga lembek jadinya, malah kalau dikasih mangga yang udah dipotong2, aku milihnya yang agak keras

    eh itu kok pollingnya udah ga ada ya?

    Reply

  34. Saya sudah ikutan jajak pendapat, Sop 🙂

    Wah, ternyata mangga banyak manfaatnya, ya! Terus terang saya kurang tau. Padahal hampir setiap hari saya minum jus mangga, khususnya tiap makan siang. Kebetulan mangga memang salah satu buah kesukaan saya, hehe….

    Reply

  35. Aku gak begitu suka klo mangga yang matang banget soale klo di kupas jadi agak lembek… enakan yang agak matang masih kenyal gitu…. heeeemmmm enak banget tuch 😀

    Reply

  36. sebenernya aku lebih suka makan pake kulitnya. maksudnya digigit dari kulitnya, bukan sama kulit-kulitnya (diiris trus dikerok pake gigi) :mrgreen: lebih mengasyikkan walau rada ribet.

    Reply

  37. saya makan mangga dengan kulit mulus karena takut slilitan kulit mangga.
    Waktu kecil makan mangga ada beberapa gaya.
    1. Di Empot : mangga matang di pukul-pukulan ke mantai atau pohon atau dinding, setelah empuk pucuknya di lobangi lalu di sedhot..srut…srut…srut. Setelah itu mangga dibuka, pelok dan kulit yang masih ada dagingnya langsung diklamuti.

    2. DiBelah dua, lalu mangga di garis ktak-kota bagian dagingnya, lalu di pliyekno, baru dimakan.
    3. Diiris kecil2 setelah dikupas kulitnya.

    Kamu?

    Salam hangat dari Surabaya

    Reply

  38. saya biasanya di iris bagian tengah mengga, bis tu bagian yang sudah teriris lagi saya iris kotak- kotak di dalam nya, jadi bisa di balik kulitnya terus dimakan isinya. **Ah bingung ceritanya

    Reply

  39. Saya bingung jawabnya Sop. Tapi saya memutuskan untuk memilih yang makan sama kulitnya. Soalnya saya sukanya makan kalau mangganya dipotong kura-kura. Aduh, gimana ngejelasinnya ya?
    Begini:
    > mangga dipotong memanjang di bagian tengahnya (bukan dikupas lho).
    > berhubung ada bijinya (pelok), jadi agak minggir motongnya.
    > didapatkan potongan mangga yang masih ada kulitnya.
    > pada sisi buahnya, dipotong kotak-kotak pakai pisau
    > nah, kan masih ada bagian buah yang nempel di kulit
    > bagian kulitnya didorong sampai cekung
    > otomatis bagian buahnya jadi merekah
    > dimakan deh

    semoga jelas maksud saya

    Reply

  40. Saya termasuk orang yg paling suka makan mangga tapi paling malas ngupasnya. Mau kupas polos atau tersisa kulitnya sedikit tidak masalah yg penting mangga harum manis langsung embat berapapun. =))

    Reply

  41. hehe..jadi ingat gaya anak ku,, potong sama kulitnya, trus makan dikulit itu..tinggal menikamati biji bersama sisa dagingnya..katanya nikmaaat..😀

    Reply

  42. aku sukanya ngupas mangga dengan nyisain sedikit kulitnya. tapi waktu itu pernah kan ngupas mangga seperti itu di kantor, e … dikomentari temanku, “pelit amat sih ngupasnya?” hehehe… ternyata nggak semua orang suka kalau masih ada ijo2nya ya.

    Reply

  43. Sama, aku juga lebih suka kalau kulitnya tersisa sedikit 🙂

    Ah, tapi aku jarang beli mangga sih. Alasannya adalah karena: malas mengupas kulitnya! wkakakaka 😆

    Reply

      1. Yoi. Itu baru yang aku suka, wkwkwkwkw 😆

        Di supermarket sini mereka juga jual sih yang sudah dikupas gitu. Tapi harganya jadi melonjak naik banyak euy, jadi males beli deh, huahahahaha 😆 Mending beli yang kulitnya bisa dimakan sekalian kayak apel gitu, haha

        Reply

        1. Saya cuma serem aja kalo makan mangga siap makan kayak begitu. Steril nggak yang ngupasin? 😛
          Oke lah kalo mesin yang motong. Kalo yang motong orang, kalo si pemotong lagi bersin, takutnya kena ke mangga itu. 😦

          Reply

  44. Lebih enak yang mulus, Sop. Menurutku sih… rasanya lebih mulus juga 😀
    Ternyata memang ada orang yang cara mengupas mangganya dengan disisain kulitnya sedikit kek gitu ya… Kirain karena gak pandai mengupas, hehe…

    Reply

    1. Walah Bang, dulu Bang Nuel pernah juga nanya begini di posting-an jajak pendapat sebelum ini. 😀

      Ini cuma untuk lucu-lucuan aja Bang, bukan untuk keperluan kerjaan atau hal serius lain. Nggak kok. 😉

      Reply

  45. Tema yang unik … ^^
    Ternyata yg paling banyak mengupas dengan meninggalkan sedikit kulitnya?
    Hmm … saya kira memang itu yg paling mungkin dilakukan dlm mengupas mangga. Soalnya kalo org kebanyakan mengupasnya ya spt itu, mau dikupas sampai bersih mah bisa jadi kebanyakan yg dikupas daripada mangganya sendiri .. kan apes 😀

    Untung sy follow blog Asop. Tadi mau ke sini iseng2 ketik http://www.apositemus.com … eh gak nemu, jadi balik dulu ke ‘rumah’ (blog maksudnya) nyari alamat ini di daftar blog yg di follow .. 🙂

    Reply

  46. Kalo lagi nyante makan mangganya..
    Kulit di kupas,ga putus sampe akhir..
    terus daging buahnya di iris..

    Tapi kalo lagi buru2,ga sabaran,
    Di belah bagian tengah,lalu di kerat2 berbentuk kubus,..
    trus di burilek,tinggal am deh..*maksud sama kaya Pakdhe*

    Ohh aku suka juga,buah kenyot..
    yang kecil2 itu,yang banyak jarotnya,seratnya hehe..

    Reply

  47. Lucu pollingnya… dan iya, mangga juga buah favorit saya. Enak banget, terutama yang jenisnya nggak terlalu berserat #ngiler hehehe

    Reply

  48. Aku mangga maniac, aku langsung kesurupan kalo liat mangga terutama yang manis, kalo yg mengkal malah ngga suka. Mangga berada diperangkat pertama buah yang kusukai 🙂

    Reply

  49. Kenapa yang makan sama kulitnya hampir ngga ada ya? 😦
    Kalo sedang pulang kampung dan pas musim mangga saya biasanya manjat trus langsung makan mangga sekalian kulitnya diatas pohon. Rasanya lebih seger aja.. 😀

    Reply

  50. saya lebih suka menngupas dengan menyisakan kulit sedikit2 supaya ada penawar rasa manis yang kadang gatel dilidah (getahnya kali ya) kalo yang ngupas biasanya juga pacar saya yang cantik itu hehehehhe

    Reply

  51. aku suka yang bersih, mulus dari kulit. Karena katanya mamaku di kulit sisa itu yang mengandung getah, yang bisa membuat tenggorakan gatal. Apalagi aku alergi-an (rambutan-duren-manggis) jadi sebaiknya jangan membuat daftar alergi buahku bertambah hehehehe

    Reply

  52. sampe bersih ato gak, menurutku juga ada pengaruh dari pisau yang dipakai. kalo tajam, sangat memungkinkan sampai bersih. kalo gak, biasanya sekenanya saja. yang pasti, kalo ngupas mangga aku sukaknya separuh bagian dulu, trus dimakan habis dagingnya, habis gitu baru sisi yang lain dikupas. gitu 😀

    bikin potongan kura-kura kalo pas males aja. tapi sayang sih sebenernya. soalnya jadinya banyak daging yang tertinggal di kulit maupun di biji buahnya 🙂

    Reply

  53. Di Probolinggo, sekarang musimnya buah mangga. Mangga jadi murah banget. terutama yang banyak beredar, harum manis dan manalagi. Harum manis umumnya banyak air dan tak terlalu manis meski tak bisa dibilang kecut. Sedangkan manalagi-atau ada yang meneybutnya mangga madu- kalau belum matang betul gak terlalu manis. Kalau sudah kuning2 daging buahnya. Hadeuuuh manisnya minta ampuun.

    Reply

  54. meskipun mungkin jadi peserta terakhir, tapi dhe udah ikut jajak pendapatnya sop.. waaaaahh kemaren dhe dapet kiriman mangga 1 kardus dari oom, hmm sampe mabok mangga sop.. #pamer 😀

    Reply

  55. hallo bro. lama tak berkunjung… semoga sehat slalu…

    kalo mangganya matang benar. biasanya aku belah mangganya, aku iris bergaris-garis di daging buahnya terus dari bawah aku tekan ke atas sehingga berbentuk cekung di bagian bawah yang masih ada kulitnya. sedangkan yang atas adalah daging buah yang teriris kotak-kotak.

    can u imagine? hehehe

    Reply

    1. Serius? Makan sekulitnya? 😯

      Saya jadi makin heran, jangan2 Anda ini Otan yang di acara “Dunia Hewan” di Trans7 ya… 😎

      Reply

  56. Salam Kang, heheh…ane jdi ikutan Vote nih, milh yg pertama aje. Btw mangga di atas jenis Indonesia bgt ya, jdi bangga kita punya buah2an ala tropis gitu. Asyik jg tuh Sop klo ada vote gmn cra ngupas duren wkwk ^_^

    Reply

  57. aaahhh…bang asop, ngaku aja….biasanya makan kulitnya doank kan???
    kan biasanya kalo kita lagi makan mangga bareng suka dibagi…abang makan kulitnya, aku makan mangganya… :mrgreen:

    Reply

  58. Eh ternyata lebih banyak yang suka disisain sedikit kulitnya ya? Pege dari kecil terbiasa dikupasin mulus sama Ibu sih, jadi belum pernah coba yang masih berkulit 😐

    Reply

  59. wah, saya juga suka sekali sama yang namanya buah mangga, apalagi kalau buahnya masak di pohon, rasanya semacam ada bagian bertepung (atau entah apa istilahnya 😆 ) yang enak
    kalau soal cara mengupasnya tergantung mood, yang bersih enak, yang tersisa kulitnya pun enak 😆
    tapi ngomong-ngomong saya juga termasuk orang yang suka menggerogoti biji mangga… jadi kalau motong mangga bagian bijinya disisakan lumayan banyak dagingnya 😆

    Reply

    1. Hehehehe itu menggerogoti biji mangga hanya kalau makan di rumah aja dong ya, ga mungkin pas makan bareng temen2 makan dengan cara gerogot seperti itu… 😀

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s