13
Dec
11

Tak Sabar Menanti UEFA Euro 2012 dan Mendukung Jerman

Saya membuat posting-an ini terinspirasi dari posting-an narablog Bensdoing yang ini. Sebagai pendukung timnas Jerman, ingin rasanya saya membuat satu posting-an berisi dukungan saya pada mereka. :mrgreen:

Mengapa tentang Euro 2012, Sop?

Yap, saya tiba-tiba ingin menulis mengenai timnas Jerman (dan Euro 2012) karena saya tergugah oleh penampilan para pemain muda U-23 timnas Indonesia di perhelatan SEA Games yang lalu. Hmmm… udah terbilang lama banget ya, SEA Games… :mrgreen: Ah, ya sudahlah, pokoknya karena yang main pemain berusia muda semua, pikiran saya teringat akan pemain-pemain timnas senior Jerman yang juga berisi banyak sekali pemain muda. 😀

Sejak tahun 2000 saya mendukung Jerman. Ada beberapa posting-an saya mengenai timnas Jerman, terutama saat Piala Dunia 2010 yang lalu (lihat arsip bulan juni dan juli 2010). 😀

Para Pemain Timnas Jerman

Terjadi banyak sekali perubahan dalam sususan pemain timnas Jerman yang sekarang dibandingkan dengan susunan pemain yang dulu pernah saya tulis dalam “Tribute to Germany: The Squad” pada akhir Piala Dunia 2010 yang lalu. Banyak pemain baru yang saya sendiri baru ketahui setelah belum lama ini melihat mereka dalam pertandingan persahabatan melawan Ukraina (11/11) dan Belanda (15/11).

Ternyata pelatih jerman, Pak Joachim Löw, masih gemar dan sering mengutak-atik susunan pemainnya. Dia suka memanggil dan mencoba memainkan pemain-pemain muda yang belum pernah masuk ke dalam timnas. Sebaliknya, Pak Löw juga tak ragu untuk mengeluarkan pemain-pemain veteran agar bisa memasukkan pemain muda ke dalam timnya. Pemain lama yang keluar dari timnas tidak hanya pemain yang sudah berumur, tapi juga pemain yang masih terhitung muda. Marcell Jansen, Arne Friedrich, Piotr Trochowski, Marco Marin, Serdar Tasci, dan kiper Hans-Joerg Butt adalah contoh yang lengser.

Silakan lihat di tautan ini, di situs resmi DFB (Deutscher Fußballs-Bund, induk organisasi sepakbola Jerman), ada susunan pemain timnas Jerman terbaru yang digunakan dalam pertandingan persahabatan melawan Ukraina (11/11) dan Belanda (15/11) bulan november lalu. Di sana tidak tampak Bastian Schweinsteiger dan sang kapten Philipp Lahm. Ini bukti bahwa pelatih Löw sering mencoba pemain baru di dalam timnya. Setahu saya memang dulu itu Scheweinsteiger cedera, dan entah apa alasan Lahm nggak masuk ke dalam tim. *Mungkin karena nggak diizinkan klubnya bergabung di timnas?* 😛

Saya yakin, komposisi yang baru ini masih bisa berubah hingga perhelatan Euro 2012 berlangsung, bahkan mungkin juga saat Piala Dunia 2014 di Brasil nanti. Mungkin aja Schweinsteiger dan Lahm nggak akan dipanggil lagi ke timnas. Dan mungkin saja ada pemain muda yang baru ketika nanti Euro 2012 di Ukraina-Polandia —dan tentu saja Piala Dunia 2014 di Brasil— berlangsung. 😀  Hal yang patut dipuji dan ditiru dari pelatih Joachim Löw adalah keberaniannya dalam memasukkan dan memainkan pemain-pemain muda dalam timnya.

Seberapa muda sih, para pemain baru itu? Saya tunjukkan mereka, khusus untuk narablog sekalian. :mrgreen:  Coba simak tanggal lahir dari mereka semua. Ini adalah daftar pemain timnas Jerman yang didaftarkan pada dua pertandingan persahabatan termutakhir, melawan Ukraina dan Belanda. Inginnya sih saya masukkan juga foto mereka masing-masing, tapi nanti jadi kebanyakan gambar. 😉 Silakan klik saja nama pemain untuk langsung menuju situs resmi DFB.

No.
Kaos
Nama Pemain Tanggal Lahir Klub Jumlah
Caps

Jumlah
Gol

Kiper
1 Manuel Neuer 27 Mar 1986 FC Bayern München 25
12 Tim Wiese 17 Des 1981 Werder Bremen 5
22 Ron-Robert Zieler 12 Feb 1989 Hannover 96 1
Pemain Bertahan
4 Dennis Aogo 14 Jan 1987 Hamburger SV 9
14 Holger Badstuber 13 Mar 1989 FC Bayern München 18 1
20 Jerome Boateng 03 Sept 1988 FC Bayern München 19
3 Benedikt Höwedes 29 Feb 1988 FC Schalke 04 6
5 Mats Hummels 16 Des 1988 Borussia Dortmund 12
17 Per Mertesacker 29 Sept 1984 FC Arsenal 79 1
2 Marcel Schmelzer 22 Jan 1988 Borussia Dortmund 5
15 Christian Träsch 01 Sept 1987 VfL Wolfsburg 10
Pemain Tengah
24 Lars Bender 27 Apr 1989 Bayer Leverkusen 3
19 Mario Götze 03 Jun 1992 Borussia Dortmund 12 2
6 Sami Khedira 04 Apr 1987 Real Madrid 24 1
18 Toni Kroos 04 Jan 1990 FC Bayern München 24 2
13 Thomas Müller 13 Sept 1989 FC Bayern München 25 10
10 Lukas Podolski 04 Jun 1985 1. FC Köln 95 43
8 Mesut Özil 15 Okt 1988 Real Madrid 30 8
21 Marco Reus 31 Mei 1989 Borussia Mönchengladbach 3
7 Simon Rolfes 21 Jan 1982 Bayer 04 Leverkusen 26 2
9 André Schürrle 06 Nov 1990 Bayer 04 Leverkusen 11 5
Pemain Depan
16 Cacau 27 Mar 1981 VfB Stuttgart 21 5
23 Mario Gomez 10 Jul 1985 FC Bayern München 50 21
11 Miroslav Klose 09 Jun 1978 Lazio 113 63
Sumber: situs resmi DFB bagian daftar pemain

Kebanyakan pemain sepantaran saya! 😆  Kebanyakan pemainnya kelahiran antara tahun 1987 dan 1990, seperti kelahiran saya di tahun 1990. :mrgreen:  Hanya di barisan pemain depan aja yang bisa dibilang “tua”. Entah ya, mengapa Pak Löw tidak memanggil para forward muda. Saya tidak tahu, apakah memang Jerman kurang stok pemain depan atau gimana. 🙄  Tapi asal tahu aja, itu André Schürrle sebenarnya bisa bermain sebagai pemain depan, dan memang oleh Pak Löw di timnas dia lebih sering dipasang sebagai sayap (winger).

Sayapun penasaran sekali, pada pertandingan persahabatan nanti tanggal 29 februari 2012 melawan Perancis, Pak Löw akan menurunkan susunan pemain seperti apa. Akankah di pertandingan internasional terakhir menjelang Euro 2012 (menurut jadwal resmi DFB) itu Lahm sang kapten akan dimainkan? Atau ada beberapa pemain di susunan saat ini yang akan dikeluarkan dan diganti oleh pemain veteran? Saya akan sabar menanti. 😀

Kiprah Dua Pemain Muda yang Saya Nantikan…

Paling saya nantikan penampilan di lapangan ialah aksi Mario Götze dan André Schürrle. 😀  Dua pemain termuda di timnas senior ini digadang-gadang sebagai pemain masa depan Jerman bermasa depan cerah.

Mario Götze, brondong ganteng nih…

Mario Götze, pemain tengah bertinggi 176 cm ini bisa bermain sebagai attacking midfielder atau right winger. Bahkan di klubnya, Dortmund, dia biasa diplot sebagai central midfielder, sebagai jenderal lapangan tengah. :mrgreen: Memang sih, kreativitasnya sebagai penyuplai bola ke depan nggak usah diragukan lagi. Apalagi kecepatan dan skill gocekan bolanya. 🙂

André Schürrle, matanya biru cemerlang…

Lalu ada André Schürrle, pemain dengan tinggi badan sekitar 184 cm ini —seperti yang saya katakan di atas tadi— berposisi sebagai sayap (winger). Itu posisi yang Pak Löw berikan padanya di timnas. Padahal di klubnya, FSV Mainz 05 (sebelum musim 2011 ini bergabung dengan Bayer Leverkusen), dia biasa bermain sebagai pemain depan (forward). Dari 66 kali penampilan bersama Mainz dari musim 2008 hingga 2010, ia mencetak 20 gol. 🙂

Jerman di Grup Neraka? Tak Masalah…

Saya sebenarnya kurang setuju dengan sebutan grup neraka. Bolehlah kata orang grup yang ditempati Jerman adalah grup neraka, tapi bagi saya, semua adalah grup neraka. :mrgreen:  Well, kecuali grup A sih… 🙄

Satu-satunya penyebab grup B disebut grup neraka ialah karena di sana terdapat “tim dinamit” Denmark. 😆 Serem nggak sih, satu grup sama dinamit yang bisa meledak? :mrgreen:  *kriiik kriik garing ya, joke saya?*

Cuplikan gambar yang saya dapat dari situs resmi UEFA

Tentu saja, mau siapapun lawannya, saya yakin sekali Jerman akan melibas mereka. 😀  Mau itu Belanda, Denmark, atau Portugal, akan Jerman kalahkan. Tak peduli di Belanda ada si penendang kung-fu Nigel De Jong. Tak peduli di Portugal ada si kaki lincah Cristiano Ronaldo. Tak peduli di Denmark ada duo veteran Martin Jørgensen dan Dennis Rommedahl. Jerman dengan pasukan mudanya akan menjadi juara eropa tahun 2012! 😀

Sebagai Penutup…

Sudah panjang sekali posting-an saya ini. Mari saya cukupkan di sini aja, dengan gambar sebagai bentuk dukungan saya pada tim Jerman. Sekali lagi, Jerman akan jadi raja eropa tahun 2012 nanti! 🙂

Brüderlich mit Herz und Hand! — In brotherhood with heart and hand!

Ups… Saya nggak tampak seperti maniak Jerman, ‘kan? Nanti saya jadi seperti Fitri “Fikamar” dan Riyan yang maniak Rusia… :mrgreen:

*******

Pada Euro 2012 nanti, negara mana yang akan narablog sekalian dukung? 🙂

———————————————————————————————————————————————————–

Gambar di atas nyomot dari sini, sini, sini, dan sini. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.
Advertisements

181 Responses to “Tak Sabar Menanti UEFA Euro 2012 dan Mendukung Jerman”


  1. 14 December 2011 at 02:36

    hohoho…. maniak aja mas, lumayan punya keunikan sendiri, bisa njelasin seluruh ttg Euro 2012 dgn rinci
    n klo bisa jelasin yg tim Rusia yaaa *becanda mas* :mrgreen:

    • 18 December 2011 at 11:38

      Waduh, saya gak paham dengan Rusia.

  2. 14 December 2011 at 04:02

    Asop, salam kenal yah 🙂

    hehehe, sejak jadi emak2 berbuntut 2 gw dah jarang nonton tipi. Kalo jaman perawan tingtong mah Piala Dunia dibela2in nonton meski tayangannya pagi. lah sekarang udah ga bisa kaya begituh, apalagi laki gw juga ga begituh fanatik sama bola, kecuali bola bekel *lho???* 🙂

    • 18 December 2011 at 11:37

      Salam kenal!

      Saya mampir ke blog Mbak nanti ya, begitu saya sempat. 🙂

  3. 14 December 2011 at 04:29

    teteuup Jerman ya Sop

    • 18 December 2011 at 11:35

      Iya dong, Bunda…

  4. 14 December 2011 at 05:30

    saya dukung spanyol mas,..
    ini dikarenakan saya mendukung barcelona, 🙂

    • 18 December 2011 at 11:33

      Boleh, boleh, semua berhak memilih tim kesayangannya.

  5. 14 December 2011 at 05:54

    woww…..toss dulu bung Asop 🙂
    ini mah sudah penggemar berat timnas Jerman….btw mmg kelebihan dari ‘Jogi’ (panggilan coach Joachim Loew) adalah selalu berani memunculkan pemain2 mudanya dan berbeda dlm penerapan strategi dengn coach2 pendahulunya yg lebih berani memainkan offensif footbal (sesuai karakter ‘young guns)….utk striker setelah era Rudy Voeller, Juergen Klinsman serta Oliver Bierhorff mmg nampak regenerasi posisi ini spt ‘jalan ditempat’ makanya Klose msh dipercaya sbg bomber timnas Jerman (yg terkadang main bersama Mario Gomez)…..:-)
    bung Asop data2 pemain mudanya lengkap sekali…..btw nggak ada yg ‘seukuran’ sya tuh:-D
    the last…..thx ya…master blog udah mejengin nama sya disini 🙂
    “Maju tim Panser Jerman”…..gilas lawan2mu !

    • 18 December 2011 at 12:02

      Walah, ini adalah kewajiban saya sebagai pendukung timnas jerman. 🙂
      Saya merasa ini adalah panggilan hati. Ahahahaha~ 😆

      Wah, ulasan Bensdoing juga melengkapi punya saya. 🙂

  6. 14 December 2011 at 06:36

    wah Asop ‘pemuja’ tim Panser juga..?
    sama dong!! XD

    Deutschland..Deutscland Uber Alles! 🙂

    • 18 December 2011 at 12:00

      Yeaaaaah! Uber Alles! 😀 😀

  7. 14 December 2011 at 07:17

    tos dulu sop.. mel juga selalu jadi pendukungnya Jerman 😀 dari 2002 hingga sekarang…
    dan setuju juga sop, siapapun lawannya, pasti dilibas.. hahahah *jumawa*
    apalagi pelatihnya ganteng kayak om Joachim Löw

    tapi sayangnya belum beli tivi, mungkin nanti nontonnya di kantor aja deh, hehehe

    • 18 December 2011 at 11:59

      hiks…. Masih banyak waktu kok, Mel, masih bulan Juni tahun depan.

  8. 14 December 2011 at 07:28

    kalo saya sih pendukungnya kroasia, berhubung kemaren piala dunia gak ikutan, kemaren dukung belanda 😀

    • 18 December 2011 at 11:57

      Hebat deh, mendukung negara kecil. 🙂

  9. 14 December 2011 at 07:54

    Aku gak paham bola sih. Tp aku mendukung dimanapun Messi berada, hahaha. Kalo Messi gak main, ya dukung Jerman wae lah. Paling deket sih posisinya ama Indonesia, JERMAN = Jejere Manukan, hahaha garing 😛

    • 18 December 2011 at 11:56

      Suami Mbak ndukung siapa? 😀

  10. 14 December 2011 at 07:55

    kalo saia sih spanyol tetap di hati 😀

    • 18 December 2011 at 11:56

      Silakan, saya Jerman tetap di hati.

  11. 14 December 2011 at 07:56

    klo ada traktiran boleh nih, ikutan dukung timnas negara kelahiran si Boss wakakakaka 🙂

    • 18 December 2011 at 11:55

      Huaduh, pendukung karena dibayar dong.

  12. 14 December 2011 at 08:04

    wah sebagai penggemar tim panser, bang asop tahu banyak tentang timnya…hehe keren 🙂

    siap-siap bertemu tim andalan saya deh, tim belanda siap mengalahkan jerman nih 😳

    • 18 December 2011 at 11:53

      Penggemar sejati harus tahu seluk beluk timnas.

      Belanda ‘kan sudah kalah sekali waktu uji coba lawan Jerman. 🙂

  13. 14 December 2011 at 09:00

    jerman memang mantep sih sop. efektif mainnya, tapi ane dukung itali aja tetep, atau spanyol juga deh, hehe galau 😛

    • 18 December 2011 at 11:49

      Waduh, saya cuma mendukung satu tim. Saya ‘kan setia.

  14. 14 December 2011 at 11:26

    Mario Götze dan Manuel Neuer pesepakbola muda yang kualitas nya di atas rata-rata…….

    di tunggu di inggris di final ia..
    hehe 🙂

    • 18 December 2011 at 11:38

      Oh iya, itu benar, Neuer adalah kiper idola saya yang baru selepas Oliver Kahn. 🙂

  15. 29 wahyu asyari m
    14 December 2011 at 11:35

    bakalan seru nih kayaknya sop 😀

    • 18 December 2011 at 11:32

      Iya dong.

  16. 31 Ahmad Alkadri
    14 December 2011 at 11:39

    Ah nggak kok, mas nggak tampak seperti maniak Jerman… mas memang maniak Jerman khan? :mrgreen: Wuaahaha. Hehe, jadi, selamat mendukung, mas! Saya juga punya tim yang didukung, meskipun… bukan Jerman! Hehehe. Kita lihat siapa yang terbaik nanti! XD XD XD

    • 18 December 2011 at 12:03

      Hahahaha sebuah paradoks. 😆

      Kasih tahu dong, Ahmad ndukung negara apa… 🙂

  17. 14 December 2011 at 13:04

    hehehe…kalo Nay mah ikutan nonton aje, tapi kalo disuruh milih siih ITALI aje dah, secara pemainnya ganteng2..hihii #teutep :p

    • 18 December 2011 at 11:59

      Yah, tapi udah tua semua. 😛

  18. 14 December 2011 at 13:17

    Wah keren ulasannya, lumayan lengkap dan menggigit hehehe. Mudah2an timnas U23 bisa menjadi awal kebangkitan pemain muda Indonesia ya, amien 🙂

    • 18 December 2011 at 11:58

      Saya sih inginnya timnas senior diganti semua dengan timnas U-23… 😐

  19. 14 December 2011 at 13:19

    deutschland über alles…indonesia (ng)über (t)alles…

    • 18 December 2011 at 11:57

      Pinter… hahahaha

  20. 14 December 2011 at 13:27

    penasaran juga sih, pengen liat kejutannya Mr Low 🙂

  21. 14 December 2011 at 13:32

    enaknya yang punya tim favorit. saya boro2 punya team favorit, nontonnya aja ga pernah. Paling banter piala dunia… Pengen sih sekali2 nonton, tapi suka ga kebangun X_X

    • 18 December 2011 at 11:55

      Tak apa, setidaknya ikut meramaikan jalannya pertandingan.

  22. 14 December 2011 at 13:32

    daku mah dukung yang kalah, kasian kan udah capek eh kalah.
    widiiiw ganteng yak si Mario Gotze itu :O #ngiler
    kalau di kuliahan seangkatan itu mah, aduh mimisan 😀

    • 18 December 2011 at 11:54

      Hahahahaha bisa2 malah gak konsen ke pelajaran ya.

  23. 14 December 2011 at 14:20

    Jerman vs Belanda partai yang patut dinanti,walaupun Belanda waktu uji coba kalah sama Jerman…tetep nggak mudah kayaknya bisa ngalahin lagi 😀

    Kalau aku di EURO ini dukung Inggris atau Itali aja deh,coz Argentina nggak ikut serta :mrgreen:

    • 18 December 2011 at 11:52

      Belanda akan mengalami kekalahan kedua nanti di Euro. 🙂

  24. 46 sianakingusan55
    14 December 2011 at 14:27

    Ternyata jerman satu grup dengan Belanda? Wah…gawat, memang grup B grup neraka. Saya juga tak sabar ingin melihat timnas Belanda bermain.

    • 18 December 2011 at 11:50

      Benar-benar neraka, soalnya ada tim dinamit sih… 😦

  25. 14 December 2011 at 14:43

    Alohaaaa mas Asopp
    aq dukung itali yah..
    heheheh

    • 18 December 2011 at 11:48

      Mbak Hanna, alooohaaaa! 😀
      Hati-hati Mbak, Italia bakal dilindas Jerman. 😉

  26. 14 December 2011 at 14:53

    saya ga punya timnas yg didukung neeh,tap ikutan taksabar menunggu semaraknya 😀

    • 18 December 2011 at 11:46

      Okeeee saya juga tak sabar menanti.

  27. 14 December 2011 at 15:55

    Heheheheh kapan lalu saja jagokan inggris dan jerman, kali ini apa sop…

    • 18 December 2011 at 11:43

      Siapa? Saya? Ya Jerman dong, Inggris udah keluar dari hati saya.

  28. 14 December 2011 at 16:25

    Saya jagokan Jerman juga, tapi tidak pernah mencari data sampai begininya. 🙂

    • 18 December 2011 at 11:42

      Mungkin karena Falzart bukan maniak Jerman.

  29. 14 December 2011 at 16:50

    ga ngerti bola sama sekali sob
    kalopun ikutan nonton bareng cuma seneng tereak tereak doang
    kayaknya seru tuh..

    • 18 December 2011 at 11:37

      Gak apa2 Mas, yang penting ikut menyemarakkan, jangan ikut merusuhkan.

  30. 14 December 2011 at 17:16

    gantengnyaaaaaaaaaaaaaaa *klepek-klepek*

    • 18 December 2011 at 11:36

      SUdah saya duga bakal klepek-klepek…

  31. 14 December 2011 at 17:23

    walah…saya tak terlalu suka…tapi sih lebih condong suka republik ceko 😀
    tapi bukan maniak, hanya suka saja :mrgreen:
    Jerman boleh optimis, tapi juara bertahan spanyol, bukan lawan yang mudah untuk dikalahkan :p
    salam

    • 18 December 2011 at 11:34

      Tapi dengan cederanya David Villa akibat cedera, saya berharap daya gedor Spanyol berkurang.

  32. 14 December 2011 at 18:33

    wahh wahh…. mas asop suka tim panser ya. kalau saya sukanya the three lion, saya fan david beckham. tendangan ala beckham saya juga bisa melakukannya, bola mencari orang, bukanorang yang mencari bola wkwkwk… tapi saya dia gak main di timnas lagi mungkin karna faktor usia. jadi entar saya dukung Brazil aja deh, musuh babuyutan tim mas asop hihi 😀

    • 18 December 2011 at 11:31

      Mantan pendukung Inggris? SAya prihatin atas nasib Inggris saat melawan Jerman di Piala Dunia yang lalu… 😐

      Hohoho, pendukung Brasil? Kalo gitu, mari kita berkompetisi dalam Piala Dunia 2014. 😉

  33. 64 Abed Saragih
    14 December 2011 at 18:36

    Wahh…kalau saya tetap SPANYOL yang akan menjadi juara euro 2012,,,kalau dilihat semua pemain SPANYOL rata-rata pemain BARCA otomatis permainan SPANYOL udah seperti BARCA,,gak ada yang bisa ngalain dominasi permainan BARCA. 🙂

    • 18 December 2011 at 12:02

      Benar juga ya, spanyol identik dengan barca. Atau Barca yang identik dengan spanyol? :mrgreen:

  34. 14 December 2011 at 19:16

    wow klose masih main ya
    saya juga dukung jerman 😀
    eh eh bastian schweinsteiger ga ada?

    • 18 December 2011 at 12:01

      Itu dia, saya penasaran, Schweini cedera, semoga dia bisa bermain di Euro nanti. Masih dibutuhkan dalam tim. 🙂

  35. 14 December 2011 at 20:44

    ah jerman yang kaya bintang 😀

    • 18 December 2011 at 11:59

      Bukan kaya bintang, tapi kaya pemain muda. 😉

  36. 14 December 2011 at 21:18

    gini nih kalo bolaholic ngomongin soal UEFA EURO.. saya sih suka nontonnya kalo diajakin dan rame-rame, karena kalo bola tuh emang paling seru ditonton ramean.

    kalo saya dukung Jerman aja deh!

    • 18 December 2011 at 11:58

      Okeeeee bener ya Mas, ndukung Jerman ya, jangan sampe nanti nulis di blog ndukung spanyol atau italia. 😛

  37. 14 December 2011 at 23:18

    Belanda!!! hahaha 😛 Dan kenapa Belanda mesti segrup sama Jerman? Arrrgghh. Ah, tapi nggak papa sih, Belanda kalau lawannya kuat biasanya langsung main dengan bagus, huahahaha 😆

    • 18 December 2011 at 11:56

      Kalau begitu Jerman akan sekuat tenaga mengalahkan Belanda.

  38. 14 December 2011 at 23:31

    Ayoo kita dukung Jerman, 😀

    • 18 December 2011 at 11:55

      Ayoooooo!

  39. 14 December 2011 at 23:58

    Kalau megang kaca, Mario kayaknya mirip banget dengan saya 😛

    • 18 December 2011 at 11:54

      Cuma megang kaca ‘kan ya, bukan bercermin? :mrgreen:

  40. 15 December 2011 at 00:53

    kalo eropa ane bingung mau pilih siapa
    mungkin antara belanda sama spanyol deh
    hehehe

    • 18 December 2011 at 11:52

      Heran, kenapa gak milih Jerman?

  41. 15 December 2011 at 01:33

    Pada dukung jerman ya..

    biasanya nonton pas finalnya aja..hhe..
    emak2 bagian nyiapin pisang goreng..

    • 18 December 2011 at 11:50

      kirain Teh Nchie nunggu adegan golnya aja…

  42. 15 December 2011 at 05:47

    saya yakin lah bleh.. euro 2012 juaranya indonesia !
    hidup merah putih !!

    #SemenjakKapanIndonesiaMasukEuro #KaloBegituOrangIndonesiaPadaBule

    • 18 December 2011 at 11:47

      Eaaaaa Bang Omman mencoba melucu.

  43. 15 December 2011 at 05:50

    hwiii.. mario gotze cakeeeepp hahahhaa..

    tapi aku gak dukung jerman. jadi kita musuh Sop.. *gak manggil ‘mas’ lagi, ternyata aku lebih tua. hahahah 😀

    • 18 December 2011 at 11:44

      Lho, baru tahu kalo saya lebih muda? Saya udah tahu sejak dulu dari profil Mae, bahwa Mae lebih tua.

  44. 15 December 2011 at 09:17

    Semoga Jerman bisa memberikan yang terbaik di EURO 2012 nanti.

    • 18 December 2011 at 11:43

      Aamiin!

  45. 15 December 2011 at 10:06

    Sama gue juga menanti euro 2012. Gue dkung Jerman juga, kyaknya ntar Spanyol bakal kalah lawan Jerman, he.. Tapi Jerman ada di grup maut nih..

    • 18 December 2011 at 11:41

      Iya euy, jangan mikir melawan Spanyol dulu deh, pikirin lolos dari grup dulu.

  46. 15 December 2011 at 11:07

    bola satu aja buat rebutan…. hehehe gak ngeh. ngehnya kalo sepakbola indonesia thok

    • 18 December 2011 at 11:37

      Waaaah masih ada ya yang berpikir “primitif” begini… hehehe…

  47. 15 December 2011 at 13:03

    Ozil menjanjikan banget sih, makanya banyak yang pengen liat dia main..

    • 18 December 2011 at 11:28

      ….Oezil sih udah bisa dibilang matang sebagai pemain. Tinggal nih si Goetze ama Schuerrle yang gue tunggu2. 🙂

  48. 15 December 2011 at 13:12

    klo aku tetep spanyol dan yg kedua itali mungkin alasan yg tepatnya suka nonton La Liga dan Seri A dan yg serunya kedua negara ini satu group.

    • 18 December 2011 at 11:12

      Wah wah, saya malah gak tertarik nonton liga spanyol. Saya tertariknya liga inggris dan italia. Dua itu aja cukup. 😉

  49. 15 December 2011 at 13:14

    Saya juga pendukung Timnas Jerman! #tosss 😀
    Dan baru tahu, berkat postingan ini, Gotze ternyata kelahiran 1992 #terpana
    Semoga yahh Jerman jadi juara di Euro 2012 😀

    • 18 December 2011 at 11:09

      Eits, Goetze memang muda sekali. 😀

      Aamiin! Semoga Jerman juara!

  50. 15 December 2011 at 13:45

    Ndukung Liverpool aja deh …. 😛

    • 18 December 2011 at 11:08

      Sama saya juga, tapi negara juga dong ayo ndukung siapa?

  51. 100 riez
    15 December 2011 at 14:47

    Wah ketemu pendukung rival saya nih…Saya supporter de’orange siap mendukung terus.Tapi masih lama mainnya jadi gak sabar juga menanti 8 juni 2012 semoga 1988 terulang Belanda jadi Juara

    • 18 December 2011 at 11:06

      Awas ya, Belanda jangan bermain keras seperti bermain kung-fu, nanti kayak di final Piala Dunia 2010 lalu pas lawan Spanyol.

  52. 15 December 2011 at 16:17

    pemain jerman sekarang banyak yang berdarah turki dan afrika ya boz…ya naturalisasi juga ky indonesia

    • 15 December 2011 at 18:23

      Ngawur, naturalisasi dari Hongkong?
      Itu bukan naturalisasi dong, lha wong sejak lahir udah berkewarganegaraan Jerman, bukan pindah kewarganegaraan. 😡

  53. 15 December 2011 at 16:40

    Karena saya suka ama tim-tim underdog, jadi saya dukung tim kayak Irlandia atau Kroasia aja 😆

    Tapi harus saya akui, Jerman saat ini adalah salah satu tim terbaik di Eropa, bahkan mungkin dunia. Satu-satunya timnas yg lebih baik dari Jerman mungkin cuma Spanyol. Tapi sekali lagi, ini cuma opini saya aja 😉

    • 18 December 2011 at 11:03

      Yap, memang harus diakui Spanyol hebat. Tapi dengan hilangnya David Villa dari timnas karena cedera, saya berharap daya gedor Spanyol berkurang. Dan apa itu artinya? Predikat tim terkuat di bumi menjadi milik Jerman. 🙂

  54. 15 December 2011 at 17:28

    Mario Gotza mirip kamu ya Sop? He he he he he

    • 15 December 2011 at 19:26

      belum selesai…tapi boong 😛

      Heheheh

      • 15 December 2011 at 20:16

        Sial, saya udah seneng2 padahal. 😆 😆 😆

        Mbak Hani lucu deh. 😆

  55. 15 December 2011 at 21:19

    Bola Bolaan aku gak paham mas…
    Yang aku tahu cuma satu,
    Miroslav Klose ganteeengg aw aw aw~

    • 15 December 2011 at 21:24

      Saya menjawab nama kamu itu ya.

      Ya tahu dong! Kamu Una dari Sitti Rasuna! 😆

  56. 15 December 2011 at 21:51

    Ah gak ngerti Asop..
    Aku masih lugu nih taunya cuman Tibo, Kurnia Mega, sama si Wanggai..
    Belum sampai level dunia 😀

    • 18 December 2011 at 11:01

      Gak apa2, semua orang punya batasan masing-masing. 😀
      *apaan sih*

  57. 113 Ely Meyer
    15 December 2011 at 22:33

    TOSS DULU …. 🙂

    lihat jerman vs Belanda yg terakhir nggak ?

    • 114 riez
      17 December 2011 at 10:03

      saya agak kecewa karena saya pendukung belanda semoga di fase group ini…Belanda bisa bikin kejutan seperti saat menyingkirkan Brazil di Piala Dunia 2010

      • 18 December 2011 at 11:11

        Iya, saat melawan Brasil, Belanda bisa menang. Belanda bisa menang karena melawan tim dari Amerika Selatan. Kali ini lawannya beda, Bung! Dari eropa!

    • 18 December 2011 at 11:00

      Nggak sih, Mbak…
      Saya cuman lihat video highlight-nya aja di youtube. 🙂
      Itu wajib bagi saya. :mrgreen:

  58. 15 December 2011 at 23:05

    Saya dukung Belanda aja deh Mas Asop.

    • 118 riez
      17 December 2011 at 10:04

      Asik ada temennya

    • 18 December 2011 at 10:59

      Gak apa2, silakan.

  59. 15 December 2011 at 23:13

    Mario Götze kalau di Indonesia laris manis jadi bintang sinetron sama bintang iklan.
    Saya pegang Spanyol, tiki taka mantaaaap…

    • 18 December 2011 at 10:57

      Iya ya, pastinya begitu.

  60. 122 jarwadi
    16 December 2011 at 06:10

    si pak pelatih ini sangat peduli dengan masa depan tim jerman, barangkali
    dengan cara dia banyak memasukan pemain muda dalam tim

    benar demikina? atau atas pertimbangan apalagi? 🙂

    • 18 December 2011 at 11:27

      TAmpaknya memang keinginan pribadi Pak Loew. Bagus, ‘kan, ciri khas beliau. 😉

  61. 16 December 2011 at 07:12

    Selalu heboh buat para penggemar bola!
    Saya yang tak suka bola ini, hanya bisa geleng-geleng kepala saja deh…. 😀

    • 18 December 2011 at 11:26

      Tak suka bola ini? Lalu suka bola yang mana? :mrgreen:

  62. 16 December 2011 at 07:51

    Kali ini saya Jerman juga, diam-diam menghanyutkan keknya wkwkwkwk
    Trims mas 🙂
    Salam

    • 18 December 2011 at 11:25

      Oh iya dong, menghanyutkan sejak dulu.

  63. 16 December 2011 at 10:16

    hidup SPANYOL 🙂 😛

    • 18 December 2011 at 11:22

      Silakan, silakan, semua berhak dukung siapa aja.

  64. 16 December 2011 at 11:11

    Semoga jagoanmu ntar menang ya, Sop 🙂

    • 18 December 2011 at 11:20

      Okeee aamiin!

  65. 16 December 2011 at 15:25

    Samaaa! Tak sabar juga…

    • 18 December 2011 at 11:19

      Toss dulu!

  66. 16 December 2011 at 17:29

    Aku seh tetep dukung england.. soalnya udah dr 2002 dan gak mau berubah.. mudah2an bs ngalahin.jerman deh :p

    • 18 December 2011 at 11:12

      Inggris harus memasukkan banyak pemain muda supaya bisa seperti Jerman.

  67. 16 December 2011 at 17:34

    Sop, nggak paham bola…numpang baca aja boleh ya 😉

    • 18 December 2011 at 11:09

      Boleh, apalagi kalo Bu Irma ninggalin komentar…

  68. 16 December 2011 at 18:58

    spain is outstanding :mrgreen:

    • 18 December 2011 at 11:07

      Yeah, spanyol memang patut diakui sangat hebat, sedang dalam masa emasnya. 😉

      • 18 December 2011 at 20:32

        lagi masa terpuruk pun jiwa raga ada buat espanyola,,, 😆

        • 23 December 2011 at 08:59

          Luar biasa. 🙂

  69. 16 December 2011 at 19:54

    kalau saya dari dulu tetap dukung Italia mas 😀

    • 18 December 2011 at 11:05

      Boleh, boleh, bisakah Italia keluar dari tekanan Spanyol dan Kroasia? Itu juga grup neraka lho, ada Spanyol.

  70. 16 December 2011 at 20:39

    Mantaap!!
    Saya sendiri nggak begitu ngerti, karena dari dulu nggak ngikutin UEFA Euro, hehe….
    Tapi saya sedikit tahu tentang Jerman, karena memperhatikan aksi-aksi mereka pas piala dunia yg terakhir lalu. Memang hebat mereka, banyak pemain muda. Itu Pak Joachim Löw suruh ngelatih timnas Indonesia aja tuh, hehe…. 😀

    • 18 December 2011 at 11:02

      Hihihihi saya pun ingin Pak Loew melatih Indonesia….

  71. 16 December 2011 at 20:50

    wah, mau dukung siapa nih ya, belum menentukan pilihan nih

    • 18 December 2011 at 11:01

      Awas jangan plin-plan.

  72. 16 December 2011 at 21:03

    walau bagaimanapun saya tetap mendukung gli azzurri..

    mudah2an jerman bisa ketemu lagi sama italia, seperti di piala dunia 2006, dimana italia menang secara epik 2-0

    • 18 December 2011 at 11:00

      Eits, boleh lah, dan Jerman akan melibas Italia yang dipenuhi pemain2 tua.

  73. 17 December 2011 at 12:09

    Asstagfirullah, beberapa hari gak BW, jadi telat gini mampir kesini. gak sabar juga nunggu yang ganteng2 main bola 🙂

    • 18 December 2011 at 11:08

      Saya juga jarang main ke blog Mbak, maap ya Mbak… 😦

  74. 17 December 2011 at 14:46

    segrup sama favorit saya Belanda. Anyway.. feeling saya Belanda yang juara. dan feelingku itu kuat banget. dulu sebelum PD 2010, udah gadang2 Spanyol juara, eh bener juara. wakakakka. :))

    • 18 December 2011 at 11:07

      Saya yakin juga bahwa feeling Bang Nuel akan salah kali ini. Yakin seyakin-yakinnya.

  75. 17 December 2011 at 19:26

    Saleum,
    Ayooo… belanda, kalahkan jerman,..!! hahaha…
    silahkan mampir diblog saya yang baru di: http://cangkirkupi.blogspot.com/
    saleum dmilano

    • 18 December 2011 at 11:04

      Belanda tak akan mampu mengalahkan Jerman.

  76. 17 December 2011 at 20:40

    Saya dukung yang menang aja dech… hehehehe…

    • 18 December 2011 at 11:01

      Pilihan cari aman.

  77. 17 December 2011 at 22:16

    meski tidka terlalu suka bola, tapi saya suka jerman.. dan tentunya mendukung jerman.. :d

    • 18 December 2011 at 10:59

      Toss dulu!

  78. 17 December 2011 at 23:24

    Salam, I’m ikut nangkring di postingan ini, hehe ane jg suka sma Der Panzer ini, wlpun kdg2 disebut tim diesel jg kran lambat panas sih kabarnya, tpi gaya permainan mereka tetep g’boseni lah. Jadi kita sma2 nunggu juga nih critanya aksi Mesut Ozil cs di Euro 2012 bsok 🙂

    • 18 December 2011 at 10:56

      Nah, diharapkan dengan banyaknya pemain muda di timnas, mesin jadi cepat panas sebagaimana anak-anak muda yang cepat panas.

  79. 18 December 2011 at 10:26

    Dukung jerman juga dong ;D
    Miroslav Klose masih main kan yaa?

    • 18 December 2011 at 10:58

      Masih dong, itu di atas sudah saya tampilkan, ‘kan?

  80. 19 December 2011 at 13:39

    sistem kepelatihan yang patut dicontoh untuk para pelatih Indonesia, selalu mementingkan kualitas pemain muda.
    dan juga saya lihat kemajuan timnas Jerman tidak lepas dari semakin majunya kualitas liga mereka, beda dengan liga kita, semakin hari semakin kisruh. 😀
    bukan maksud merendahkan, tapi bagaimana kita melihat kedepan untuk kemajuan sepakbola kita.

    • 23 December 2011 at 08:27

      Gak apa2 kok, saya sendiri merendahkan sepak bola negeri ini. :mrgreen:
      Dengan lemahnya sepak bola Indonesia, saya jadi punya alasan untuk membela timnas Jerman. 😉

  81. 20 December 2011 at 14:28

    pilihan kt sama brow…..sy juga mendukung jerman dan bahkan rela mati demin tim jerman….maksudnya mati = mau tidur

    • 23 December 2011 at 08:29

      Ealah, kalo tidur jadi gak bisa nonton dong…. 😀

  82. 21 December 2011 at 22:40

    Mengucapkan hidup indonesia.. Tim Merahputih Untuk tahun 2012 akan ikut euro ………………………… 😀

    • 23 December 2011 at 08:43

      Indonesia pindah liga ya? 😛

  83. 22 December 2011 at 07:55

    Jerman dong 😉

    Klose yang paling tua ya, tapi masih dipake 😀

  84. 22 December 2011 at 07:57

    Jerman dong 😉

    Klose yang paling tua ya, tapi masih dipake 🙂

    • 23 December 2011 at 08:32

      Iya, Klose masih berjaya. :mrgreen:

  85. 23 December 2011 at 23:51

    Kalau ngomongin bola… aku milih diem aja deh, soalnya aku bener2 gak ngerti 🙂

    • 26 December 2011 at 15:05

      Hmmmm hehehe, suami suka bola, Mbak? 😀

  86. 26 December 2011 at 12:05

    yayayay. JERMAN !!! :D~

    • 26 December 2011 at 14:11

      Riffy suporter Jerman juga? 😀 Tossss dulu! 😀

  87. 26 December 2011 at 15:23

    Saya dukung Spanyol aja kang Asop.. berartti pemain paling tua di Jerman, Klose ya..

    lah di antara suporter itu, sampean di sebelah mana ya?

    • 31 December 2011 at 09:33

      Saya di sebelah Indonesia. 😆

  88. 8 June 2012 at 15:43

    BRAVO GERMANY……
    Menurut saya nih MAs…Pelatihnya terlalu brani Mas,kalo kita yg nonton enak sih liat pemain2 muda tp kalo buat mereka terlalu riskan memainkan pemain2 yg msh muda krn sedikit pengalaman dan minim mental juara. Saya harap mereka sukses di EURO 2012 nanti.

    • 10 June 2012 at 12:03

      Hmm hmm, kalo saya sih, saya serahkan aja ke Pak Loew. 🙂
      Saya yakin, pemain Jerman meskipun masih muda, dan meski mereka kurang pengalaman di kancah internasional, dari segi teknik dan mental mereka sangat baik. Kompetisi sepakbola di Jerman yang sangat bagus pengaturannya menghasilkan pemain2 muda berkualitas seperti sekarang ini. Jerman sedang menuai hasil pembibitan yang mereka lakukan. 😉


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 972 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |

I’m a Liverpudlian!



%d bloggers like this: