Tak Sabar Menanti UEFA Euro 2012 dan Mendukung Jerman

Saya membuat posting-an ini terinspirasi dari posting-an narablog Bensdoing yang ini. Sebagai pendukung timnas Jerman, ingin rasanya saya membuat satu posting-an berisi dukungan saya pada mereka. :mrgreen:

Mengapa tentang Euro 2012, Sop?

Yap, saya tiba-tiba ingin menulis mengenai timnas Jerman (dan Euro 2012) karena saya tergugah oleh penampilan para pemain muda U-23 timnas Indonesia di perhelatan SEA Games yang lalu. Hmmm… udah terbilang lama banget ya, SEA Games… :mrgreen: Ah, ya sudahlah, pokoknya karena yang main pemain berusia muda semua, pikiran saya teringat akan pemain-pemain timnas senior Jerman yang juga berisi banyak sekali pemain muda. 😀

Sejak tahun 2000 saya mendukung Jerman. Ada beberapa posting-an saya mengenai timnas Jerman, terutama saat Piala Dunia 2010 yang lalu (lihat arsip bulan juni dan juli 2010). 😀

Para Pemain Timnas Jerman

Terjadi banyak sekali perubahan dalam sususan pemain timnas Jerman yang sekarang dibandingkan dengan susunan pemain yang dulu pernah saya tulis dalam “Tribute to Germany: The Squad” pada akhir Piala Dunia 2010 yang lalu. Banyak pemain baru yang saya sendiri baru ketahui setelah belum lama ini melihat mereka dalam pertandingan persahabatan melawan Ukraina (11/11) dan Belanda (15/11).

Ternyata pelatih jerman, Pak Joachim Löw, masih gemar dan sering mengutak-atik susunan pemainnya. Dia suka memanggil dan mencoba memainkan pemain-pemain muda yang belum pernah masuk ke dalam timnas. Sebaliknya, Pak Löw juga tak ragu untuk mengeluarkan pemain-pemain veteran agar bisa memasukkan pemain muda ke dalam timnya. Pemain lama yang keluar dari timnas tidak hanya pemain yang sudah berumur, tapi juga pemain yang masih terhitung muda. Marcell Jansen, Arne Friedrich, Piotr Trochowski, Marco Marin, Serdar Tasci, dan kiper Hans-Joerg Butt adalah contoh yang lengser.

Silakan lihat di tautan ini, di situs resmi DFB (Deutscher Fußballs-Bund, induk organisasi sepakbola Jerman), ada susunan pemain timnas Jerman terbaru yang digunakan dalam pertandingan persahabatan melawan Ukraina (11/11) dan Belanda (15/11) bulan november lalu. Di sana tidak tampak Bastian Schweinsteiger dan sang kapten Philipp Lahm. Ini bukti bahwa pelatih Löw sering mencoba pemain baru di dalam timnya. Setahu saya memang dulu itu Scheweinsteiger cedera, dan entah apa alasan Lahm nggak masuk ke dalam tim. *Mungkin karena nggak diizinkan klubnya bergabung di timnas?* 😛

Saya yakin, komposisi yang baru ini masih bisa berubah hingga perhelatan Euro 2012 berlangsung, bahkan mungkin juga saat Piala Dunia 2014 di Brasil nanti. Mungkin aja Schweinsteiger dan Lahm nggak akan dipanggil lagi ke timnas. Dan mungkin saja ada pemain muda yang baru ketika nanti Euro 2012 di Ukraina-Polandia —dan tentu saja Piala Dunia 2014 di Brasil— berlangsung. 😀  Hal yang patut dipuji dan ditiru dari pelatih Joachim Löw adalah keberaniannya dalam memasukkan dan memainkan pemain-pemain muda dalam timnya.

Seberapa muda sih, para pemain baru itu? Saya tunjukkan mereka, khusus untuk narablog sekalian. :mrgreen:  Coba simak tanggal lahir dari mereka semua. Ini adalah daftar pemain timnas Jerman yang didaftarkan pada dua pertandingan persahabatan termutakhir, melawan Ukraina dan Belanda. Inginnya sih saya masukkan juga foto mereka masing-masing, tapi nanti jadi kebanyakan gambar. 😉 Silakan klik saja nama pemain untuk langsung menuju situs resmi DFB.

No.
Kaos
Nama Pemain Tanggal Lahir Klub Jumlah
Caps

Jumlah
Gol

Kiper
1 Manuel Neuer 27 Mar 1986 FC Bayern München 25
12 Tim Wiese 17 Des 1981 Werder Bremen 5
22 Ron-Robert Zieler 12 Feb 1989 Hannover 96 1
Pemain Bertahan
4 Dennis Aogo 14 Jan 1987 Hamburger SV 9
14 Holger Badstuber 13 Mar 1989 FC Bayern München 18 1
20 Jerome Boateng 03 Sept 1988 FC Bayern München 19
3 Benedikt Höwedes 29 Feb 1988 FC Schalke 04 6
5 Mats Hummels 16 Des 1988 Borussia Dortmund 12
17 Per Mertesacker 29 Sept 1984 FC Arsenal 79 1
2 Marcel Schmelzer 22 Jan 1988 Borussia Dortmund 5
15 Christian Träsch 01 Sept 1987 VfL Wolfsburg 10
Pemain Tengah
24 Lars Bender 27 Apr 1989 Bayer Leverkusen 3
19 Mario Götze 03 Jun 1992 Borussia Dortmund 12 2
6 Sami Khedira 04 Apr 1987 Real Madrid 24 1
18 Toni Kroos 04 Jan 1990 FC Bayern München 24 2
13 Thomas Müller 13 Sept 1989 FC Bayern München 25 10
10 Lukas Podolski 04 Jun 1985 1. FC Köln 95 43
8 Mesut Özil 15 Okt 1988 Real Madrid 30 8
21 Marco Reus 31 Mei 1989 Borussia Mönchengladbach 3
7 Simon Rolfes 21 Jan 1982 Bayer 04 Leverkusen 26 2
9 André Schürrle 06 Nov 1990 Bayer 04 Leverkusen 11 5
Pemain Depan
16 Cacau 27 Mar 1981 VfB Stuttgart 21 5
23 Mario Gomez 10 Jul 1985 FC Bayern München 50 21
11 Miroslav Klose 09 Jun 1978 Lazio 113 63
Sumber: situs resmi DFB bagian daftar pemain

Kebanyakan pemain sepantaran saya! 😆  Kebanyakan pemainnya kelahiran antara tahun 1987 dan 1990, seperti kelahiran saya di tahun 1990. :mrgreen:  Hanya di barisan pemain depan aja yang bisa dibilang “tua”. Entah ya, mengapa Pak Löw tidak memanggil para forward muda. Saya tidak tahu, apakah memang Jerman kurang stok pemain depan atau gimana. 🙄  Tapi asal tahu aja, itu André Schürrle sebenarnya bisa bermain sebagai pemain depan, dan memang oleh Pak Löw di timnas dia lebih sering dipasang sebagai sayap (winger).

Sayapun penasaran sekali, pada pertandingan persahabatan nanti tanggal 29 februari 2012 melawan Perancis, Pak Löw akan menurunkan susunan pemain seperti apa. Akankah di pertandingan internasional terakhir menjelang Euro 2012 (menurut jadwal resmi DFB) itu Lahm sang kapten akan dimainkan? Atau ada beberapa pemain di susunan saat ini yang akan dikeluarkan dan diganti oleh pemain veteran? Saya akan sabar menanti. 😀

Kiprah Dua Pemain Muda yang Saya Nantikan…

Paling saya nantikan penampilan di lapangan ialah aksi Mario Götze dan André Schürrle. 😀  Dua pemain termuda di timnas senior ini digadang-gadang sebagai pemain masa depan Jerman bermasa depan cerah.

Mario Götze, brondong ganteng nih…

Mario Götze, pemain tengah bertinggi 176 cm ini bisa bermain sebagai attacking midfielder atau right winger. Bahkan di klubnya, Dortmund, dia biasa diplot sebagai central midfielder, sebagai jenderal lapangan tengah. :mrgreen: Memang sih, kreativitasnya sebagai penyuplai bola ke depan nggak usah diragukan lagi. Apalagi kecepatan dan skill gocekan bolanya. 🙂

André Schürrle, matanya biru cemerlang…

Lalu ada André Schürrle, pemain dengan tinggi badan sekitar 184 cm ini —seperti yang saya katakan di atas tadi— berposisi sebagai sayap (winger). Itu posisi yang Pak Löw berikan padanya di timnas. Padahal di klubnya, FSV Mainz 05 (sebelum musim 2011 ini bergabung dengan Bayer Leverkusen), dia biasa bermain sebagai pemain depan (forward). Dari 66 kali penampilan bersama Mainz dari musim 2008 hingga 2010, ia mencetak 20 gol. 🙂

Jerman di Grup Neraka? Tak Masalah…

Saya sebenarnya kurang setuju dengan sebutan grup neraka. Bolehlah kata orang grup yang ditempati Jerman adalah grup neraka, tapi bagi saya, semua adalah grup neraka. :mrgreen:  Well, kecuali grup A sih… 🙄

Satu-satunya penyebab grup B disebut grup neraka ialah karena di sana terdapat “tim dinamit” Denmark. 😆 Serem nggak sih, satu grup sama dinamit yang bisa meledak? :mrgreen:  *kriiik kriik garing ya, joke saya?*

Cuplikan gambar yang saya dapat dari situs resmi UEFA

Tentu saja, mau siapapun lawannya, saya yakin sekali Jerman akan melibas mereka. 😀  Mau itu Belanda, Denmark, atau Portugal, akan Jerman kalahkan. Tak peduli di Belanda ada si penendang kung-fu Nigel De Jong. Tak peduli di Portugal ada si kaki lincah Cristiano Ronaldo. Tak peduli di Denmark ada duo veteran Martin Jørgensen dan Dennis Rommedahl. Jerman dengan pasukan mudanya akan menjadi juara eropa tahun 2012! 😀

Sebagai Penutup…

Sudah panjang sekali posting-an saya ini. Mari saya cukupkan di sini aja, dengan gambar sebagai bentuk dukungan saya pada tim Jerman. Sekali lagi, Jerman akan jadi raja eropa tahun 2012 nanti! 🙂

Brüderlich mit Herz und Hand! — In brotherhood with heart and hand!

Ups… Saya nggak tampak seperti maniak Jerman, ‘kan? Nanti saya jadi seperti Fitri “Fikamar” dan Riyan yang maniak Rusia… :mrgreen:

*******

Pada Euro 2012 nanti, negara mana yang akan narablog sekalian dukung? 🙂

———————————————————————————————————————————————————–

Gambar di atas nyomot dari sini, sini, sini, dan sini. Seluruh terbitan ini beserta gambar-gambarnya sangat dilindungi, jadi sertakan alamat tautan dan nama pemilik blog jika ingin menggunakan sebagian ataupun seluruh bagian terbitan ini.

181 Comments

  1. hohoho…. maniak aja mas, lumayan punya keunikan sendiri, bisa njelasin seluruh ttg Euro 2012 dgn rinci
    n klo bisa jelasin yg tim Rusia yaaa *becanda mas* :mrgreen:

    Reply

  2. Asop, salam kenal yah 🙂

    hehehe, sejak jadi emak2 berbuntut 2 gw dah jarang nonton tipi. Kalo jaman perawan tingtong mah Piala Dunia dibela2in nonton meski tayangannya pagi. lah sekarang udah ga bisa kaya begituh, apalagi laki gw juga ga begituh fanatik sama bola, kecuali bola bekel *lho???* 🙂

    Reply

  3. woww…..toss dulu bung Asop 🙂
    ini mah sudah penggemar berat timnas Jerman….btw mmg kelebihan dari ‘Jogi’ (panggilan coach Joachim Loew) adalah selalu berani memunculkan pemain2 mudanya dan berbeda dlm penerapan strategi dengn coach2 pendahulunya yg lebih berani memainkan offensif footbal (sesuai karakter ‘young guns)….utk striker setelah era Rudy Voeller, Juergen Klinsman serta Oliver Bierhorff mmg nampak regenerasi posisi ini spt ‘jalan ditempat’ makanya Klose msh dipercaya sbg bomber timnas Jerman (yg terkadang main bersama Mario Gomez)…..:-)
    bung Asop data2 pemain mudanya lengkap sekali…..btw nggak ada yg ‘seukuran’ sya tuh:-D
    the last…..thx ya…master blog udah mejengin nama sya disini 🙂
    “Maju tim Panser Jerman”…..gilas lawan2mu !

    Reply

    1. Walah, ini adalah kewajiban saya sebagai pendukung timnas jerman. 🙂
      Saya merasa ini adalah panggilan hati. Ahahahaha~ 😆

      Wah, ulasan Bensdoing juga melengkapi punya saya. 🙂

      Reply

  4. tos dulu sop.. mel juga selalu jadi pendukungnya Jerman 😀 dari 2002 hingga sekarang…
    dan setuju juga sop, siapapun lawannya, pasti dilibas.. hahahah *jumawa*
    apalagi pelatihnya ganteng kayak om Joachim Löw

    tapi sayangnya belum beli tivi, mungkin nanti nontonnya di kantor aja deh, hehehe

    Reply

  5. Aku gak paham bola sih. Tp aku mendukung dimanapun Messi berada, hahaha. Kalo Messi gak main, ya dukung Jerman wae lah. Paling deket sih posisinya ama Indonesia, JERMAN = Jejere Manukan, hahaha garing 😛

    Reply

  6. wah sebagai penggemar tim panser, bang asop tahu banyak tentang timnya…hehe keren 🙂

    siap-siap bertemu tim andalan saya deh, tim belanda siap mengalahkan jerman nih 😳

    Reply

  7. Ah nggak kok, mas nggak tampak seperti maniak Jerman… mas memang maniak Jerman khan? :mrgreen: Wuaahaha. Hehe, jadi, selamat mendukung, mas! Saya juga punya tim yang didukung, meskipun… bukan Jerman! Hehehe. Kita lihat siapa yang terbaik nanti! XD XD XD

    Reply

  8. daku mah dukung yang kalah, kasian kan udah capek eh kalah.
    widiiiw ganteng yak si Mario Gotze itu :O #ngiler
    kalau di kuliahan seangkatan itu mah, aduh mimisan 😀

    Reply

  9. Jerman vs Belanda partai yang patut dinanti,walaupun Belanda waktu uji coba kalah sama Jerman…tetep nggak mudah kayaknya bisa ngalahin lagi 😀

    Kalau aku di EURO ini dukung Inggris atau Itali aja deh,coz Argentina nggak ikut serta :mrgreen:

    Reply

  10. Ternyata jerman satu grup dengan Belanda? Wah…gawat, memang grup B grup neraka. Saya juga tak sabar ingin melihat timnas Belanda bermain.

    Reply

  11. walah…saya tak terlalu suka…tapi sih lebih condong suka republik ceko 😀
    tapi bukan maniak, hanya suka saja :mrgreen:
    Jerman boleh optimis, tapi juara bertahan spanyol, bukan lawan yang mudah untuk dikalahkan :p
    salam

    Reply

  12. wahh wahh…. mas asop suka tim panser ya. kalau saya sukanya the three lion, saya fan david beckham. tendangan ala beckham saya juga bisa melakukannya, bola mencari orang, bukanorang yang mencari bola wkwkwk… tapi saya dia gak main di timnas lagi mungkin karna faktor usia. jadi entar saya dukung Brazil aja deh, musuh babuyutan tim mas asop hihi 😀

    Reply

    1. Mantan pendukung Inggris? SAya prihatin atas nasib Inggris saat melawan Jerman di Piala Dunia yang lalu… 😐

      Hohoho, pendukung Brasil? Kalo gitu, mari kita berkompetisi dalam Piala Dunia 2014. 😉

      Reply

  13. Wahh…kalau saya tetap SPANYOL yang akan menjadi juara euro 2012,,,kalau dilihat semua pemain SPANYOL rata-rata pemain BARCA otomatis permainan SPANYOL udah seperti BARCA,,gak ada yang bisa ngalain dominasi permainan BARCA. 🙂

    Reply

  14. gini nih kalo bolaholic ngomongin soal UEFA EURO.. saya sih suka nontonnya kalo diajakin dan rame-rame, karena kalo bola tuh emang paling seru ditonton ramean.

    kalo saya dukung Jerman aja deh!

    Reply

  15. Belanda!!! hahaha 😛 Dan kenapa Belanda mesti segrup sama Jerman? Arrrgghh. Ah, tapi nggak papa sih, Belanda kalau lawannya kuat biasanya langsung main dengan bagus, huahahaha 😆

    Reply

  16. hwiii.. mario gotze cakeeeepp hahahhaa..

    tapi aku gak dukung jerman. jadi kita musuh Sop.. *gak manggil ‘mas’ lagi, ternyata aku lebih tua. hahahah 😀

    Reply

  17. Saya juga pendukung Timnas Jerman! #tosss 😀
    Dan baru tahu, berkat postingan ini, Gotze ternyata kelahiran 1992 #terpana
    Semoga yahh Jerman jadi juara di Euro 2012 😀

    Reply

  18. Wah ketemu pendukung rival saya nih…Saya supporter de’orange siap mendukung terus.Tapi masih lama mainnya jadi gak sabar juga menanti 8 juni 2012 semoga 1988 terulang Belanda jadi Juara

    Reply

    1. Ngawur, naturalisasi dari Hongkong?
      Itu bukan naturalisasi dong, lha wong sejak lahir udah berkewarganegaraan Jerman, bukan pindah kewarganegaraan. 😡

      Reply

  19. Karena saya suka ama tim-tim underdog, jadi saya dukung tim kayak Irlandia atau Kroasia aja 😆

    Tapi harus saya akui, Jerman saat ini adalah salah satu tim terbaik di Eropa, bahkan mungkin dunia. Satu-satunya timnas yg lebih baik dari Jerman mungkin cuma Spanyol. Tapi sekali lagi, ini cuma opini saya aja 😉

    Reply

    1. Yap, memang harus diakui Spanyol hebat. Tapi dengan hilangnya David Villa dari timnas karena cedera, saya berharap daya gedor Spanyol berkurang. Dan apa itu artinya? Predikat tim terkuat di bumi menjadi milik Jerman. 🙂

      Reply

    1. saya agak kecewa karena saya pendukung belanda semoga di fase group ini…Belanda bisa bikin kejutan seperti saat menyingkirkan Brazil di Piala Dunia 2010

      Reply

      1. Iya, saat melawan Brasil, Belanda bisa menang. Belanda bisa menang karena melawan tim dari Amerika Selatan. Kali ini lawannya beda, Bung! Dari eropa!

        Reply

  20. si pak pelatih ini sangat peduli dengan masa depan tim jerman, barangkali
    dengan cara dia banyak memasukan pemain muda dalam tim

    benar demikina? atau atas pertimbangan apalagi? 🙂

    Reply

  21. Mantaap!!
    Saya sendiri nggak begitu ngerti, karena dari dulu nggak ngikutin UEFA Euro, hehe….
    Tapi saya sedikit tahu tentang Jerman, karena memperhatikan aksi-aksi mereka pas piala dunia yg terakhir lalu. Memang hebat mereka, banyak pemain muda. Itu Pak Joachim Löw suruh ngelatih timnas Indonesia aja tuh, hehe…. 😀

    Reply

  22. walau bagaimanapun saya tetap mendukung gli azzurri..

    mudah2an jerman bisa ketemu lagi sama italia, seperti di piala dunia 2006, dimana italia menang secara epik 2-0

    Reply

  23. segrup sama favorit saya Belanda. Anyway.. feeling saya Belanda yang juara. dan feelingku itu kuat banget. dulu sebelum PD 2010, udah gadang2 Spanyol juara, eh bener juara. wakakakka. :))

    Reply

  24. Salam, I’m ikut nangkring di postingan ini, hehe ane jg suka sma Der Panzer ini, wlpun kdg2 disebut tim diesel jg kran lambat panas sih kabarnya, tpi gaya permainan mereka tetep g’boseni lah. Jadi kita sma2 nunggu juga nih critanya aksi Mesut Ozil cs di Euro 2012 bsok 🙂

    Reply

  25. sistem kepelatihan yang patut dicontoh untuk para pelatih Indonesia, selalu mementingkan kualitas pemain muda.
    dan juga saya lihat kemajuan timnas Jerman tidak lepas dari semakin majunya kualitas liga mereka, beda dengan liga kita, semakin hari semakin kisruh. 😀
    bukan maksud merendahkan, tapi bagaimana kita melihat kedepan untuk kemajuan sepakbola kita.

    Reply

    1. Gak apa2 kok, saya sendiri merendahkan sepak bola negeri ini. :mrgreen:
      Dengan lemahnya sepak bola Indonesia, saya jadi punya alasan untuk membela timnas Jerman. 😉

      Reply

  26. BRAVO GERMANY……
    Menurut saya nih MAs…Pelatihnya terlalu brani Mas,kalo kita yg nonton enak sih liat pemain2 muda tp kalo buat mereka terlalu riskan memainkan pemain2 yg msh muda krn sedikit pengalaman dan minim mental juara. Saya harap mereka sukses di EURO 2012 nanti.

    Reply

    1. Hmm hmm, kalo saya sih, saya serahkan aja ke Pak Loew. 🙂
      Saya yakin, pemain Jerman meskipun masih muda, dan meski mereka kurang pengalaman di kancah internasional, dari segi teknik dan mental mereka sangat baik. Kompetisi sepakbola di Jerman yang sangat bagus pengaturannya menghasilkan pemain2 muda berkualitas seperti sekarang ini. Jerman sedang menuai hasil pembibitan yang mereka lakukan. 😉

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s